Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Wet and Floods December Rain in Makassar City

Hariyanto Wijoyo | 44 komentar

Assalamualaikum. Senin pagi (26122011)  yang tak benderang karena sinar mentari tak mampu menembus tebalnya awan mendung yang menumpahkan air hujan membasahi bumi Kota Makassar di bulan Desember.
Sebagaimana para Sahabat-Sahibit Blogger Se-dunia ketahui bahwa Hujan yang turun di awal pekan ini, adalah peristiwa turun-nya air dari langit ke permukaan bumi, dan merupakan salah satu bahagian dari Siklus Air yaitu Sirkulasi Air yang tiada henti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfir. Permukaan bumi ALLAH yang kita tempati sebahagian besar terdiri dari air, dan air itu mengalami penguapan karena panas sinar matahari. Uap-uap air ini bergerak naik kelangit kemudian berkumpul ramai-ramai di atmosfir lalu mengalami pemadatan yang bahasa gaul-nya adalah Kondensasi, dan hasil kondensasi ini dapat dilihat dalam wujud gumpalan awan nan indah ibarat selembut kapas yang berarak di langit nan biru.
Proses penguapan air permukaan bumi terjadi setiap hari selama matahari masih bersinar terang, dan semakin banyak menghasilkan gumpalan awan ,dan karena adanya perbedaan tekanan udara yang menimbulkan angin hingga gumpalan awan bergerak ke atmosfir yang bersuhu lebih rendah sehingga membentuk butiran es air pada awan , gumpalan awan yang semakin besar dan beban massanya semakin berat tidak dapat lagi bertahan di atmosfir alias sudah jenuh dan akhirnya jatuh ke permukaan bumi dalam bentuk butiran-butiran air yang kita sebut dengan nama HUJAN.

Hujan yang turun membasahi kota Makassar hari ini sedemikian derasnya, bahkan debitnya melebihi daya tampung drainase kota, apalagi kalau selokan dan gotnya jarang dibersihkan dari sampah yang menumpuk, maka akibatnya sudah bisa dibayangkan bahkan langsung dirasakan oleh penduduk kota Makassar, yaitu banjir pun dengan senang hati mendatangi seluruh sudut kota, mulai dari pelosok kota lokasi pemukiman penduduk hingga ke pusat keramaian kota. Air meluap banjir dimana-mana hingga jalan raya-pun berubah menjadi laksana sungai di tengah kota Makassar.

Meskipun demikian, tak dapat dipungkiri bahwa Hujan adalah rahmat ALLAH, karena Siklus Air yang menghasilkan hujan ini merupakan sumber penghasil air tawar bagi bumi beserta seluruh isi alam dan penghuninya.





Dan semoga hujan juga menjadi media penebar rahmat barokah-NYA untuk seluruh hamba-NYA.

Category : , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

44 komentar

  1. Kebagian banjir juga ya pak. Di rumah saya nyaris selutut. Hujan di makassar hari ini sangatsangat lebat

  2. banjir sekarang sudah merata hampir seluruh dunia mengalaminya,semoga banjir yg melanda di negeri ini bisa di tanggulangi dengan baik.

  3. astagfirrulloh. banjir sudah sampai sini to..
    hujan memag rahmat. tapi kalau tempat tempat rahmat tidak diperhatikan jadi musibah juga ya.
    amankan elektronik dan sejenisnya sob

  4. Wah, disana hujan juga mpe banjir gitu yaaa....gak jauh berbeda dg disini, sampe detik ini hujan belum jg reda....

  5. Musim penghujan memang telah tiba. Bagi sebagian kita yang kemaren saat musim kemarau menyepelekan drainase ataupun membuang sampah sembarangan, biasanya akan gelapan dan harus basah kuyup ditengah hujan membersihkan got. Karena baru tahu bermasalah saat di aliri air..(pengalaman gue 3 hari kemaren..hehe) untungnya gak sampe banjir kayak diatas...Nice post Sob...happy blogging

  6. sama nih daeng di palopo juga hujan terus sepanjang desember ini.////

  7. desember memang banyak curah hujan
    basahi seluruh permukaan
    jadi banyak daerah yg alami kebanjiran

    semoga tanpa korban dan tetap aman... :)

  8. hujan mank sangat lebat di bulan desember ni apalagi di tambah ama kencangnya jadi kagak bisa jalan jalan dech

  9. ToPu says:

    berkunjung kembali..., maaf sob, q buru2 mo ke kampus, harap maklum :D

  10. Sebelumnya saya mohon maaf sahabat terbaikku,karena sibuk berlomba jadi telat hadir disini.hehehe gayanya ikut lomba.

    Do'a pertama di awal hujan adalah doa yang termasuk makbul.Maka berdoalah Gan,agar hujannya jadi rahmat untuk kita.Tapi klo melihat pic diatas,sobat hati-hatilah.Semoga hanya hujan biasa saja Gan,amin.

  11. wa 'alaikum salam
    kemarin tgl 25 malah dari subuh sampe magrib gak putus

    setuju : hujan adalah rahmat;

  12. dienrekang juga nih kak,hujan ga berenti2 seharian,,,,,

    benar kak,hujan itu rahmat^^
    jadi tetap harus disyukuri

  13. kunjungan pertamaku disini dah disuguhin banjir hehe., lam kenal ya.,

  14. bajir dimana-mana., apalagi jakarta., ujan dikit aja langsung banjir., :D

  15. mari kita tanamkan penghijauan., :)

  16. Menurut saya ini merupakan Fenomena linkungan yang menandakan bahwa sodara-sodara kita masih malas dan kurang perhatiannya terhadap lingkungannya sendiri. Bukti kongkritnya selokan jarang dibersihkan padahal mereka tinggal disana dan asli warga setempat. Ini bukanlah di Makasar saja Di BAli juga demikian kesadaran akan lingkungannya kurang sekali yang dampaknya akan banjir melanda pada musim penghujan seperti saat ini. Semoga hal ini lekas berlalu ya bang Har :) dan masyarakat kita cepat menyadari kesalahannya ini.

  17. wahh deres banget hujannya didaerah sana pak.sampe sampe banjir gitu..

  18. Hujan yang seharusnya menjadi rahmat karena ulah manusia sendiri, keserakahan seyang menyebabkan kerusakan sehingga timbulnya malah menjadi banjir dimana-mana diberitakan.

  19. wach,sama ditempat ku juga pada hari senin kemaren hujan dari pagi sampe malam,untung saja gak nyampe banjir kayak fhoto di atas thu om,

  20. Desember, gedhe gedhene sumber ( Artinya desember, besar besarnya sumber air, dalam hal ini air hujan)

  21. Hujan memang berkah. Aku suka hujan. meski rumahku banjir lokal (air terjun sepanjang 4 meter terjadi dlm rumah) its fun to see the rain.
    Smoga makasar ga banjir2 lg yah meksi hujan deras membasuh bumi

  22. Una says:

    Wah...
    Di sini juga lagi ujan nih x)

  23. jalan apa itu hari?
    *kalau yang sa tahu banjir di depan perintis x_X macet sekali kasian

  24. Wah, keambil Gambarnya yagh, rumah ane dekat2 situ tugh,

    tapi alhamdulillah rumah ane gak kemasukan Air mas broth

  25. iya nih disini juga sering hujan, haduhhh sudah di desa tambah becek lagi jalanan hehehe

  26. wah banjir lagi makassar???
    berarti harus siapkan perahu donk...

    makasih infonya yach

  27. semoga hujan itu lebih banyak manfaat dan barokahnya

  28. 632 says:

    di Denpasar juga hujannya ga tentu ne..
    hhhe
    :D

  29. saya selalu suka hujan, dan kalau terjadi banjir/tanah longsor dsb, sebenarnya bukan sifat alami hujan tp 'kekhilafan' kita yg menjadi penyebabbnya.

  30. wah.. kena banjir ya.. Jd inget thn 2007 rumahku kena banjir. Smoga ga terulang lg. Sbnrnya aku suka hujan.. kesannya romantis gt.. hehe.. asal ga mpe banjir aja ya

  31. selalu ada himah dibalik musibahh..
    syukuri segalanya..InsyaAllah akan terasa indah.. :)

  32. di sini lagi hujan deras daeng,,, mesti pintar2 jaga kesehatan daeng biar gak sakit ki....

  33. Allah sudah sangat adil dan rapi sekali menata dan mengatur turunnya hujan......
    jikalau tidak, ia menurunkan langsung menyiram sluruh isi air yang berada dilangit....
    namun jika kita mau berfikir, sebagian besar musibah seperti banjir karena ulah manusia sendiri.....
    tidak menjaga kebersihan, tidak ada daerah genangan air dll....
    tapi kalu disana sebabnya apa ya...!!hehe
    share yang mengingatkan kita pada hikmah hujan....

  34. wah
    di malang juga hujan terus sih
    sampe cucian lama keringnya

  35. beruntung ya banjirnya hanya segitu :) untungnya tidak sampai menenggelamkan rumah rumah di daerah makassar siu

  36. Hujan emank berkah sob.., salah satu keberkahan hujan adalah terkabulx doa di saat hujan..,

    mantap postonganx sob.. *smile

  37. hi,blogwalking...Happy New YEAR!!!

  38. kunjungan perdana disini sobat.. salam blog walking

  39. It had been raining here in Malaysia but there isn't much flooding.

  40. wah disana banjir ya

  41. wah jadi inget pas tinggal di makassar dulu :D

    Cek ke blog ane dulu gan

  42. Wah pasti banyak sampah yang bersembunyi nih jadi banjir.Atau ada saluran yang tertutup.

  43. pasty banyak orang orang yang tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan banjir tersebut..

New comments are not allowed.

44 komentar

  1. Kebagian banjir juga ya pak. Di rumah saya nyaris selutut. Hujan di makassar hari ini sangatsangat lebat

  2. banjir sekarang sudah merata hampir seluruh dunia mengalaminya,semoga banjir yg melanda di negeri ini bisa di tanggulangi dengan baik.

  3. astagfirrulloh. banjir sudah sampai sini to..
    hujan memag rahmat. tapi kalau tempat tempat rahmat tidak diperhatikan jadi musibah juga ya.
    amankan elektronik dan sejenisnya sob

  4. Wah, disana hujan juga mpe banjir gitu yaaa....gak jauh berbeda dg disini, sampe detik ini hujan belum jg reda....

  5. Musim penghujan memang telah tiba. Bagi sebagian kita yang kemaren saat musim kemarau menyepelekan drainase ataupun membuang sampah sembarangan, biasanya akan gelapan dan harus basah kuyup ditengah hujan membersihkan got. Karena baru tahu bermasalah saat di aliri air..(pengalaman gue 3 hari kemaren..hehe) untungnya gak sampe banjir kayak diatas...Nice post Sob...happy blogging

  6. sama nih daeng di palopo juga hujan terus sepanjang desember ini.////

  7. desember memang banyak curah hujan
    basahi seluruh permukaan
    jadi banyak daerah yg alami kebanjiran

    semoga tanpa korban dan tetap aman... :)

  8. hujan mank sangat lebat di bulan desember ni apalagi di tambah ama kencangnya jadi kagak bisa jalan jalan dech

  9. ToPu says:

    berkunjung kembali..., maaf sob, q buru2 mo ke kampus, harap maklum :D

  10. Sebelumnya saya mohon maaf sahabat terbaikku,karena sibuk berlomba jadi telat hadir disini.hehehe gayanya ikut lomba.

    Do'a pertama di awal hujan adalah doa yang termasuk makbul.Maka berdoalah Gan,agar hujannya jadi rahmat untuk kita.Tapi klo melihat pic diatas,sobat hati-hatilah.Semoga hanya hujan biasa saja Gan,amin.

  11. wa 'alaikum salam
    kemarin tgl 25 malah dari subuh sampe magrib gak putus

    setuju : hujan adalah rahmat;

  12. dienrekang juga nih kak,hujan ga berenti2 seharian,,,,,

    benar kak,hujan itu rahmat^^
    jadi tetap harus disyukuri

  13. kunjungan pertamaku disini dah disuguhin banjir hehe., lam kenal ya.,

  14. bajir dimana-mana., apalagi jakarta., ujan dikit aja langsung banjir., :D

  15. mari kita tanamkan penghijauan., :)

  16. Menurut saya ini merupakan Fenomena linkungan yang menandakan bahwa sodara-sodara kita masih malas dan kurang perhatiannya terhadap lingkungannya sendiri. Bukti kongkritnya selokan jarang dibersihkan padahal mereka tinggal disana dan asli warga setempat. Ini bukanlah di Makasar saja Di BAli juga demikian kesadaran akan lingkungannya kurang sekali yang dampaknya akan banjir melanda pada musim penghujan seperti saat ini. Semoga hal ini lekas berlalu ya bang Har :) dan masyarakat kita cepat menyadari kesalahannya ini.

  17. wahh deres banget hujannya didaerah sana pak.sampe sampe banjir gitu..

  18. Hujan yang seharusnya menjadi rahmat karena ulah manusia sendiri, keserakahan seyang menyebabkan kerusakan sehingga timbulnya malah menjadi banjir dimana-mana diberitakan.

  19. wach,sama ditempat ku juga pada hari senin kemaren hujan dari pagi sampe malam,untung saja gak nyampe banjir kayak fhoto di atas thu om,

  20. Desember, gedhe gedhene sumber ( Artinya desember, besar besarnya sumber air, dalam hal ini air hujan)

  21. Hujan memang berkah. Aku suka hujan. meski rumahku banjir lokal (air terjun sepanjang 4 meter terjadi dlm rumah) its fun to see the rain.
    Smoga makasar ga banjir2 lg yah meksi hujan deras membasuh bumi

  22. Una says:

    Wah...
    Di sini juga lagi ujan nih x)

  23. jalan apa itu hari?
    *kalau yang sa tahu banjir di depan perintis x_X macet sekali kasian

  24. Wah, keambil Gambarnya yagh, rumah ane dekat2 situ tugh,

    tapi alhamdulillah rumah ane gak kemasukan Air mas broth

  25. iya nih disini juga sering hujan, haduhhh sudah di desa tambah becek lagi jalanan hehehe

  26. wah banjir lagi makassar???
    berarti harus siapkan perahu donk...

    makasih infonya yach

  27. semoga hujan itu lebih banyak manfaat dan barokahnya

  28. 632 says:

    di Denpasar juga hujannya ga tentu ne..
    hhhe
    :D

  29. saya selalu suka hujan, dan kalau terjadi banjir/tanah longsor dsb, sebenarnya bukan sifat alami hujan tp 'kekhilafan' kita yg menjadi penyebabbnya.

  30. wah.. kena banjir ya.. Jd inget thn 2007 rumahku kena banjir. Smoga ga terulang lg. Sbnrnya aku suka hujan.. kesannya romantis gt.. hehe.. asal ga mpe banjir aja ya

  31. selalu ada himah dibalik musibahh..
    syukuri segalanya..InsyaAllah akan terasa indah.. :)

  32. di sini lagi hujan deras daeng,,, mesti pintar2 jaga kesehatan daeng biar gak sakit ki....

  33. Allah sudah sangat adil dan rapi sekali menata dan mengatur turunnya hujan......
    jikalau tidak, ia menurunkan langsung menyiram sluruh isi air yang berada dilangit....
    namun jika kita mau berfikir, sebagian besar musibah seperti banjir karena ulah manusia sendiri.....
    tidak menjaga kebersihan, tidak ada daerah genangan air dll....
    tapi kalu disana sebabnya apa ya...!!hehe
    share yang mengingatkan kita pada hikmah hujan....

  34. wah
    di malang juga hujan terus sih
    sampe cucian lama keringnya

  35. beruntung ya banjirnya hanya segitu :) untungnya tidak sampai menenggelamkan rumah rumah di daerah makassar siu

  36. Hujan emank berkah sob.., salah satu keberkahan hujan adalah terkabulx doa di saat hujan..,

    mantap postonganx sob.. *smile

  37. hi,blogwalking...Happy New YEAR!!!

  38. kunjungan perdana disini sobat.. salam blog walking

  39. It had been raining here in Malaysia but there isn't much flooding.

  40. wah disana banjir ya

  41. wah jadi inget pas tinggal di makassar dulu :D

    Cek ke blog ane dulu gan

  42. Wah pasti banyak sampah yang bersembunyi nih jadi banjir.Atau ada saluran yang tertutup.

  43. pasty banyak orang orang yang tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan banjir tersebut..

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend