Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Nasi Kuning Riburane Kesukaan SBY

Hariyanto Wijoyo | 73 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia.
Kali ini saya mau berbagi kisah cerita tentang wisata kuliner yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kota yang menjadi home base domisili saya saat ini. Banyak sekali tempat-tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi di Makassar, mulai dari warung kakilima yang sederhana  hingga restorant yang eksklusive, dan semua kuliner tersebut memiliki cita rasa unik yang masing-masing rasanya berbeda satu sama lainnya.

Diantara berbagai aneka kuliner itu, pada postingan ini saya ingin mengajak sahabat-sahibit blogger sedunia untuk menikmati salah satu kuliner yang sudah terkenal baik secara lokal di Kota Makassar, maupun secara nasional. Konon kabarnya kuliner yang satu ini bukanlah kuliner asli Kota Makassar, namun walau demikian sudah menjadi salah satu kuliner wajib bagi warga Kota Makassar. Dan salah satu tempat kuliner yang popular di Kota Makassar adalah Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj Istiah.

Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj Istiah - Makassar Sulawesi Selatan

Sebagaimana sahabat-sahibit blogger sedunia ketahui bahwa nasi kuning adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sudah menjadi makanan nasional, karena nasi kuning bisa didapatkan di semua daerah yang terdapat di Indonesia. Makanan ini dibuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit dan rempah-rempah serta santan sehingga rasanya menjadi lebih gurih apabila dibandingkan dengan nasi putih. Warna kuning pada nasi kuning dalam budaya Indonesia melambangkan emas yang bermakna kemakmuran, kekayaan serta moral yang adiluhur. Sehingga nasi kuning sering disajikan dalam perayaan syukuran seperti pertunangan, pernikahan dan kelahiran.

Nasi Kuning Riburane yang terletak di Jalan Riburane Makassar, di depan Gedung Radio Republik Indonesia Makassar, persis di sudut jalan antara Jalan Sulawesi dan jalan Riburane, sudah dirintis sejak tahun 1980-an silam oleh pemiliknya yang bernama Hajjah Istiah. Karena selalu mempertahankan Cita Rasa Asli Khas Makassar yang berkualitas serta mutu sehingga Nasi Kuning Riburane memperoleh penghargaan Makassar Most Favourite (MMF) kategori Award Culinary tiga kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2010, 2011 dan tahun 2012 yang diberikan oleh Majalah Makassar Terkini yang bekerja sama dengan Makassar Research.

Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj Istiah - Makassar Sulawesi Selatan

Arloji-ku menunjukkan waktu sudah jam delapan pagi lewat sepuluh menit saat saya bersama istriku Wieka Wintari, kakakku Triyatni, keponakanku Purwanti Nur Maharani serta Tina melangkah masuk ke dalam Rumah Makan Nasi Kuning Riburane [12032013]. Melihat sekeliling, ternyata tak ada meja dan kursi yang kosong, semuanya terisi oleh para penikmat nasi kuning. Memang beginilah situasi dan kondisinya sehari-hari, selalu dipadati pengunjung yang hendak makan di tempat ataupun di bawah pulang. Artinya harus bersedia sabar menunggu antrian sampai ada meja dan kursi yang kosong.

Hampir lima belas menit menunggu di dalam ruangan yang tata letak meja kursi-nya hampir tidak pernah berubah sejak tahun 1980an, akhirnya kamipun mendapatkan meja dan kursi yang kosong. Pelayanan di Rumah Makan Nasi Kuning Riburane termasuk cepat, karena belum lama kami duduk telah ada disajikan lima gelas air minum teh tawar, dan menyusul kemudian lima piring nasi kuning. Semuanya tersaji dengan cepat di atas meja, siap untuk di santap.

Porsi nasi kuning-nya cukup besar, ukuran jumbo, sepertinya kalau makan nasi kuning ini, pastilah perutku cukup bertahan kalau tak makan lagi hingga malam hari. Dalam setiap piringnya tersaji lengkap nasi kuning komplit lauknya berupa telur pindang rebus, sayur nangka dan sayur labu, paru goreng, semur daging, dan abon serta sambal goreng memakai potongan kecil ubi jalar kering. Saat disajikan aroma nasi kuningnya benar-benar tercium wangi merebak menjadikan iman tergoda untuk segera mencicipinya, dan rasanya di lidah cenderung sedikit asin, namun tidak menggigit sehingga sangat enak plus nikmat disantap.

Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj Istiah - Makassar Sulawesi Selatan

Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj Istiah - Makassar Sulawesi Selatan

Dahulu harga Nasi Kuning Riburane masih sekitar seribu lima ratus rupiah perporsi, itu pada tahun 1980-an silam, dan kini, harganya sudah mencapai sekitar tiga puluh ribu per-porsi. Namun meskipun harganya cukup mahal bila dibandingkan harga nasi kuning yang ada di tempat lainnya di Kota Makassar, namun warung ini tak pernah sepi dari pembeli. Ada harga ada rasa, harganya berbanding lurus dengan rasanya, mungkin begitu istilahnya. Saking ramainya, Nasi Kuning Riburane ini sudah habis terjual sebelum jam sebelas pagi. Dan diantara pembeli itu banyak juga para pendatang atau turis yang menjadikannya sebagai Oleh-Oleh Buah Tangan Wisata Kuliner Kota Makassar.

Nasi Kuning Riburane ternyata bisa berhasil memancing selera para penikmat kuliner untuk menjajal cicipan rasanya yang khas Makassar. Mulai dari orang biasa seperti saya, hingga para pejabat lokal dan pejabat level nasional serta para selebritis, semuanya akan menyempatkan diri mampir ke Rumah Makan Nasi Kuning Riburane bila berada di Makassar. Dan konon kabarnya Walikota Makassar setiap hari selalu memesan minimal lima puluh bungkus Nasi Kuning Riburane dan Gubernur Sulawesi Selatan memesan tujuh puluh bungkus.

Oh iya, dengar-dengar slentingan berita terkini, Presiden Republik Indonesia, Soesilo Bambang Yudhoyono [SBY], beserta Ibu Ani Yudhoyono kabarnya sangat suka dengan nasi kuning ini, dan selalu memesan Nasi Kuning Riburane ini bila melakukan kunjungan ke Kota Makassar, atau kalau kebetulan Pesawat yang ditumpanginya transit di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, seperti saat Presiden SBY hendak melakukan Lawatan Kenegaraan ke Negeri China beberapa waktu yang lalu.

Dan kabar berita itu akhirnya menjadi rahasia umum warga Kota Makassar. Pantasan nasi kuningnya semakin laris, karena mendapatkan promosi iklan secara gratis yang menyebarkan kabar berita itu dari mulut ke mulut. Jadinya akan memunculkan rasa penasaran bagi orang-orang yang tentunya akan bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya rasa Nasi Kuning Riburane itu, sehingga Presiden SBY pun selalu membelinya, akhirnya berbondong-bondonglah para pembeli berdatangan ingin mencoba dan mencicipi rasa Nasi Kuning Riburane, dan ternyata memang enaknya terasa sangat khas Makassar, luarbiasa.

Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj Istiah - Makassar Sulawesi Selatan


Nasi Kuning Riburane Asuhan Hj Istiah - Makassar Sulawesi Selatan

Ada satu hal yang menggelitik bagi saya, yaitu tulisan pemberitahuan yang melekat pada kaca  showcase aluminium Rumah Makan Nasi Kuning Riburane yang bertuliskan “Pelanggan Yang Terhormat, Kami Nasi Kuning Riburane Tidak Buka Cabang !!!”. Hmm mungkin saja ada yang coba-coba mengeruk keuntungan dengan menjual nama besar Nasi Kuning Riburane, sehingga akhirnya dibuatkan pemberitahuan seperti itu. Biasalah, kalau merek popular selalu ada saja yang berniat menumpang keuntungan dengan cara memalsukannya. Tapi kalau-pun ada, rasanya pastilah akan sangat berbeda antara Nasi Kuning Riburane yang asli dengan yang palsu. Jadi sebaiknya para sahabat-sahibit blogger sedunia berhati-hati bila hendak ber-Wisata Kuliner di Kota Makassar, dan berniat mencicipi Nasi Kuning Riburane, karena yang asli hanya ada di Jalan Riburane No. 11 Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Tapi kalau belum sempat berkunjung ke Rumah Makan Nasi Kuning Riburane, dalam postingan ini saya juga melampirkan Resep Masakan Nasi Kuning Khas Makassar. Mungkin rasanya tidak sama dengan Nasi Kuning Riburane, tapi setidaknya bisa mengobati rasa penasaran akan rasa Nasi Kuning Asli Khas Makassar. Selamat ber-Wisata Kuliner dan semoga sahabat-sahibit blogger sedunia bisa menderita kepuasaan akan kenikmatan nasi kuning khas Makassar….salam.

RESEP NASI KUNING KHAS MAKASSAR

Bahan-bahan :
  • 1 liter beras
  • 1¼ liter santan encer dari 1 butir kelapa
  • 1 sendok makan kunyit diparut, direbus dengan 50 cc air dan disaring
  • 2 lembar daun pandan ikat
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh air perasan jeruk nipis
Lauk dan Sayuran sebagai pelengkap :
  • Semur daging
  • Abon
  • Sayuran nangka dan labu
  • Paru goreng
  • Telur Pindang Rebus
  • Sambal Goreng  Ubi Kering
Cara Memasak Nasi Kuning Khas Makassar:
  • Campurkan santan dengan air kunyit yang sudah disaring, daun pandan, salam, serai dan garam, rebus sampai mendidih.
  • Kukus beras setengah matang, letakkan dalam panci, tuangi santan mendidih sambil diaduk sampai santannya habis terserap oleh beras.
  • Beri air jeruk nipis, aduk sampai rata.
  • Kukus lagi sampai nasi kuning-nya menjadi matang.
  • Sajikan dalam piring kemudian lengkapi dengan lauk dan sayuran yang tersedia

  • Jalan Riburane No. 11 Makassar, Sulawesi Selatan - Indonesia
  • Harga Rp. 30.000,- per satu porsi
[Maret 2013]

Category : , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

73 komentar

  1. Wah kalau untuk urusan kuliner, saya memang sangat tertarik sobat..

    Apalagi jika kulinernya menarik & sedap seperti nasi kuning riburane ini, wah makin penasaran aja nih..

    Untungnya ada resepnya sekalian untuk bisa ikut membuat & merasakan kelezatannya..

    Nggak pake basa basi lagi, minta ijin langsung mau saya comot aja nih resepnya buat di serahkan ke istri untuk urusan selanjutnya..

    Terima kasih sobat untuk info & resep kuliner nasi kuning nya..

  2. Kelihatannya enak banget. Saya ingin sekali ke sana mungkin-mungkin May mendatang. Mudah-mudahan bisa merasa nasi kunyit yang terkenal itu ya.

  3. Jadi ingin mencoba menu nasi kuning riburane ini...mungkin tidak sama rasanya dengan nasi kuning yang ada di Pulau Jawa

  4. wah Pak SBY suka nasi kuning rupanya ya gan
    Memang enak kok nasi kuning itu
    Apalagi ditambahi dengan sayur, aku ya makin mak nyoss tenan

  5. wowowowowowwww, rame bangeeet tempatnyaaa.. dapet award gara2 pak SBY apa gara2 rasanya yg cetar itu ya? hehe..

    tempat makan yg enak2 begitu emang biasanya gak buka cabang ya mas hary.. demi menjaga orisinalitas :)

    duh, brarti saya harus ke makassar nih buat nyicip nasi kuningnya..

  6. Saya malah belum pernah merasakan makan nasi kuning gan, yg ada cuma nasi putih, semoga suatu sa'at bisa mencicipi kuliner tersebut.

  7. ijin tukar link gan, sudah aku pasang

  8. GAGAL PERTAMAX :'(

    but nasi kuning riburane emang favorit gue nih :D

  9. saya paling suka nasi kuning mas terutama waktu masih kos, murah soalnya waktu itu hehehe

  10. sayangnya, setiap kali kesana mesti sabar mengantri :)

    tapi yg jelas, itulah seru nya.. Ngantri di warung makan..

  11. aduh jadi ngiler bang :~

    padahal bahan racikannya sama yah? trus yang khas apanya ya bang? apa ada air jeruk nipisnya itu? :D

  12. ciri hasnya barangkali ya bang,sebenarnya nasi kuningnya hampir sam apa rasanya sama nggak ya,penasaran sya ingin mencicipnya.tapi apan ya bang.thks infonya.

  13. kalau itu sii saiia juga suka kang :p

    wahhh blog akangnya lama gag saiia kunjungin...
    tau2 bgitu masuk ada dewan penyambutnya kang iia.. :) huehehe..

  14. nasi kuning ini kayaknya termasuk salah satu masakan nasional sebagaimana soto yang ada di seluruh nusantara. soal beda-beda bumbu aku kira wajar terpengaruh kondisi setempat. seperti nasi kuning di jawa yang cuma berteman kacang goreng, abon dan sedikit sayuran. nasi kuning banjarmasin yang pake ikan gabus.
    kuliner indonesia memang mantap, pak...

  15. gara-gara postingan ini saya tengah malam begini jadi laparr.
    akhirnya masak supermie nihh.

  16. blogging di malam hari tahunya disuguhi postingan nasi kuningan wah jadi laparrrrr

  17. makanan lagi? aii... mak, laper kali aku ni! hehehe

  18. Anonymous says:

    Kayaknya asli dari jawa, hmm...nasi kuning riburane, jadi kepingin makan, dan memasak! di sini lengkap dengan resepnya. Apa ada bumbu yang di rahasiakan ya?

  19. Una says:

    Wah kalau enak sih oke ya.
    Di sini banyak tempat makan yang dapet penghargaan makanan terbaik dan sejenisnya gitu,
    eh dicoba, ternyata gak enak >_<

  20. SBY sendiri suka pasti sangat berkelas kuliner ini

  21. sering ke makasar tapi ngak pernah tau ini. pernah sih makan nasi kuning tapi sepertinya bukan ya ini. next time harus coba neh, thansk review nya ;)

  22. ckckckck...30 ribu, lumayan mahal yah..tapi wajar sih SBY juga suka tuh, berarti sebanding rasa enak dengan harganya

  23. nasi kuning salah satu kesukaan saya kang hari, kalau lagi pengen banget, saya suruh isri bikinkan nasi kuning, kalau beli gak cukup porsinya bagi saya, kurang banget. hehehe

  24. Saya juga suka banget nasi kuning. Hehehe

  25. sekilas penampakannya sama dgn nasi kuning yg di jawa ya mas..tp mgkn rasanya khas jd lain sm nasi kuning biasa..hhmm jadi pengeeennn... ^_^

  26. kalau dari fotonya, persis spt nasi kuning di daerah jawa timur, namun apakah rasanya sama juga?

  27. Kalau di daerah saya nasi kuningnya nggak cuma pake kucit bang, tapi pake daging pohon bungli, khasiatnya buat menambah nafsu makan. Waktu nenek saya masih ada beliau sering banget masakin itu buat cucu-cucunya. Iya nasi kuning ini udah jadi makanan nasional, sampe di kantin-kantin sekolah juga ada yang jual waktu sma dulu.

  28. gilaa....ada award makanan favorit ya... 3 kali pula - manteb banget tuh.

    Tapi harganya dang...kayak makan di restoran mahal ya...

  29. beberapa waktu lalu, temen saya seperjalanan, pas dari Makassar ke Toraja, ngebet banget pengen makan bebek khas makassar yang katanya udah pernah dia baca di blognya Mas Hary (dia juga blogger, Mas). tapi nggak ketemu juga tuh bebek, hehe

  30. waduh mas jadi laper sama pengen saya bacanya

  31. wah resepnya juga pasti didapat dari Ibu HJ.Istiah sendiri ya mas ...melihat menunya jadi pingin nich mas

  32. ow, disitu ya SBY suka nya, hmmm ... di catet ah, siapa tau ke pepet disitu, hahaha

  33. wah bisa dicoba nih jika berkunjung ke makkasar, sayangnya enggak buka cabang yah mastah :D

  34. RESEP nya perlu di simpan dulu nih,kapan2 bisa di coba.terimakasih mas.

  35. Harganya Rp 30.000,- tapi porsinya besar, bisa untuk dua orang. Kalau makan bareng kakak2 ipar saya yang makannya sedikit, bisa untuk makan bertiga :)
    Ngeliat gambarnya aja sudah bikin laperrr.
    Eh, Abang paling ganteng sendiri tuh :D

  36. Waah..., memang ga salah kalo dikata kuliner terfavorit, lengkap gitu ya, Pak, lauknya, mantap.....

  37. Nasi kuningnya lengkap banget lauk-pauknya. Biken ngiler aja. Rame lagi pengunjungnya. Cita rasa nggak di ragukan lagi

  38. Absen pagi sobat. . . Hehehe

  39. nasi kuning ada warungnya ya sob, kalau disini nasi ini umumnya masakan khusus jika ada acara tertentu, slamatan atau syukuran misalnya

  40. Anonymous says:

    Ngileerrrrrr :)

  41. Ternyata di tempat daerah agan banyak beragam macam kuliner ya.

  42. Sepertinya enak tuh..hehee

    mksh infonya sobat

  43. wah, jika saya ke sana, saya pasti akan cari menu ini. nampak sangt menarik..

  44. wih, enak tuh kayak nya sob,.

    pesan 5 ya.,

  45. Saya Pun Doyan dengan Makanan yang disukai oleh SBY, Makanan Nasi Kuning Ribune adalah Makanan Favorit saya Waktu Kuliah dulu di Makassar :D

  46. R10 says:

    pengin nyobain brbagai makanan khas daerah, bosan kalau cuma pempek palembang, siomay bandung, bakwan malang :D

  47. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Banyak sekali masakan enak yang terdapat di Makassar khususnya dan Indonesia amnya. Ingin sekali saya ke sana dan merasai keenakannya seperti yang dikhabarkan melalui tulisan dan foto-fotonya.

    Nasi kuning juga ada di Malaysia dan selalunya dibuat sama seperti acara yang ditulis oleh mas Hariyanto di atas. Cumanya, nasi kuning tidak menjadi nasi makan harian.

    Melihat kepada jenis lauk yang dihidang bersama nasi kuning Riburane di atas, sangat banyak sekali. Memang sangat mengenyangkan sehingga malam. Sayangnya, saya kini tidak makan nasi seperti dahulu. Kalau ingin makan sahaja akan merasa nasi, dalam satu atau dua sudu sahaja.

    Selamat berwisata kuliner lagi dan menghidangkan banyak makanan yang ebak dari Makassar.

    Salam hormat selalu dari Sarikei, Sarawak. :D

  48. mampir lagi nii kang di hari rabu sore yang menyenangkan :p
    sambil bawa es doger mantap :)

  49. Anonymous says:

    ciri khas indonesia nasi kuning, di daerah saya juga nasi kuning masih favorit bang hihihi :D

  50. hot banget nihh bang, rahat kayaknya buat makan bersama :)

  51. blogwalking sore hari sekalian silaturahmi

  52. mahal ya Bang.. hehe..

    tapi boleh lah di coba...

    biasanya saaya makan yang murah2 aja.. hihi

  53. wah sayangya gak buka cabang nih

  54. Salam buat Pak SBY kalo ketemu ya gan.
    Kuliner di Makasar katanya yang terkenal adalah coto Makasar mas ya

  55. wah enak banget tuh mas bos liburan makan nasih kuning jadi kepengen heheheh...?

  56. Azim says:

    harganya bikin pikir2 dulu pak hhehehe... hebat, nasi kuningnya favorit se makassar euy

  57. wah, jadi pengen nih sob,, apalagi sepertinya sudah terpercaya nasi kuning riburane ini

  58. sayang ga buka cabang di jakarta ya bang,....
    jadi cuma bisa ngebayangin lewat foto nya aja deh :)

  59. wow klo sudah pernah menyabet juara 3 kali berturut 2 dala ajang festival (MMF) kategori Award Culinary ber arti rasanya mantab pakai buanget tu sob. hehe jadi ngebayangin rasanya,,

  60. wah sepertinya Nasi Kuning Riburane ini sudah lama dirintis, berarti pengalaman yg didapat sudah banyak dan rasanya khas seseuai dengan selera penduduk setempat, ini benar^ sangat istimewa sobat. penghargaannya juga sudah sering.

    Oke sobat, saya ijin save resepnya mungkin suatu saat perlu dicoba nih, pasti enak....

    terima kasih sudah berbagi kawan

  61. Terkenal memang tong ini. Pasti mahal sekali mi rasanya sekarang di' Pak? Berapaan mi?

  62. Eka says:

    aku baru denger nasi kuning Riburane Pak, apalagi termasuk salah satu kesukaan Bapak Presiden dan Ibu, jdi pengen ngrasain rasanya Nasi Kuning Riburane hehehe... :)

  63. wah wah.. mantep bgt dech sob plesiran kulinernya..? mungkin nasi kuning ini yang biasa di pake buat tumpeng ya sob..? harganya 30rb perporsi.. lumayan mahal juga ya sob. tp setelah lihat ada telor di atasnya, saya jadi laper nih sob hehehe

  64. mantab sob sampai di posting resepnya hhee...
    kapan-kapan saya posting juga dah tentang kuliner makassar :)

  65. Harganya fantastis, tapi sesuai dengan menu dan cipta rasanya. Sudah menjadi tradisi, jika nama top terus ada yang meniru dan menjiplak nama. Luka pelipisnya belum sembuh ya om.

  66. Liat gambarnya jadi ingat nasi kuning bibi saya... ueenak... lidah agak sulit menerima masakkan selain masakkan kalimantan... tapi lihat khas makasar mirip masakkan kalimantan..

  67. ndop says:

    Walaupun resepnya udah dibocorin di sini, kayaknya gak bisa 100 persen sama rasanya. Hehehe..

  68. Wedew.. T_T, padahal lagi niat diet nih, baca ini jadi pengen.. hukzz

  69. ditambah sambal rasanay makin enak ya pak, hampir tiap hari sarapan nasi kuning tapi bukan khas makasar

  70. mahal nya hiks! tapi musti dicoba lah sekali2 kalo ke makasar hehehee..
    dicatet info nya

  71. Baru lihat gambarnya aja udah ngiler, pasti rasanya enak dan lezat jadim kepingin mas.....

  72. jadi pengin nyicipin :O

New comments are not allowed.

73 komentar

  1. Wah kalau untuk urusan kuliner, saya memang sangat tertarik sobat..

    Apalagi jika kulinernya menarik & sedap seperti nasi kuning riburane ini, wah makin penasaran aja nih..

    Untungnya ada resepnya sekalian untuk bisa ikut membuat & merasakan kelezatannya..

    Nggak pake basa basi lagi, minta ijin langsung mau saya comot aja nih resepnya buat di serahkan ke istri untuk urusan selanjutnya..

    Terima kasih sobat untuk info & resep kuliner nasi kuning nya..

  2. Kelihatannya enak banget. Saya ingin sekali ke sana mungkin-mungkin May mendatang. Mudah-mudahan bisa merasa nasi kunyit yang terkenal itu ya.

  3. Jadi ingin mencoba menu nasi kuning riburane ini...mungkin tidak sama rasanya dengan nasi kuning yang ada di Pulau Jawa

  4. wah Pak SBY suka nasi kuning rupanya ya gan
    Memang enak kok nasi kuning itu
    Apalagi ditambahi dengan sayur, aku ya makin mak nyoss tenan

  5. wowowowowowwww, rame bangeeet tempatnyaaa.. dapet award gara2 pak SBY apa gara2 rasanya yg cetar itu ya? hehe..

    tempat makan yg enak2 begitu emang biasanya gak buka cabang ya mas hary.. demi menjaga orisinalitas :)

    duh, brarti saya harus ke makassar nih buat nyicip nasi kuningnya..

  6. Saya malah belum pernah merasakan makan nasi kuning gan, yg ada cuma nasi putih, semoga suatu sa'at bisa mencicipi kuliner tersebut.

  7. ijin tukar link gan, sudah aku pasang

  8. GAGAL PERTAMAX :'(

    but nasi kuning riburane emang favorit gue nih :D

  9. saya paling suka nasi kuning mas terutama waktu masih kos, murah soalnya waktu itu hehehe

  10. sayangnya, setiap kali kesana mesti sabar mengantri :)

    tapi yg jelas, itulah seru nya.. Ngantri di warung makan..

  11. aduh jadi ngiler bang :~

    padahal bahan racikannya sama yah? trus yang khas apanya ya bang? apa ada air jeruk nipisnya itu? :D

  12. ciri hasnya barangkali ya bang,sebenarnya nasi kuningnya hampir sam apa rasanya sama nggak ya,penasaran sya ingin mencicipnya.tapi apan ya bang.thks infonya.

  13. kalau itu sii saiia juga suka kang :p

    wahhh blog akangnya lama gag saiia kunjungin...
    tau2 bgitu masuk ada dewan penyambutnya kang iia.. :) huehehe..

  14. nasi kuning ini kayaknya termasuk salah satu masakan nasional sebagaimana soto yang ada di seluruh nusantara. soal beda-beda bumbu aku kira wajar terpengaruh kondisi setempat. seperti nasi kuning di jawa yang cuma berteman kacang goreng, abon dan sedikit sayuran. nasi kuning banjarmasin yang pake ikan gabus.
    kuliner indonesia memang mantap, pak...

  15. gara-gara postingan ini saya tengah malam begini jadi laparr.
    akhirnya masak supermie nihh.

  16. blogging di malam hari tahunya disuguhi postingan nasi kuningan wah jadi laparrrrr

  17. makanan lagi? aii... mak, laper kali aku ni! hehehe

  18. Anonymous says:

    Kayaknya asli dari jawa, hmm...nasi kuning riburane, jadi kepingin makan, dan memasak! di sini lengkap dengan resepnya. Apa ada bumbu yang di rahasiakan ya?

  19. Una says:

    Wah kalau enak sih oke ya.
    Di sini banyak tempat makan yang dapet penghargaan makanan terbaik dan sejenisnya gitu,
    eh dicoba, ternyata gak enak >_<

  20. SBY sendiri suka pasti sangat berkelas kuliner ini

  21. sering ke makasar tapi ngak pernah tau ini. pernah sih makan nasi kuning tapi sepertinya bukan ya ini. next time harus coba neh, thansk review nya ;)

  22. ckckckck...30 ribu, lumayan mahal yah..tapi wajar sih SBY juga suka tuh, berarti sebanding rasa enak dengan harganya

  23. nasi kuning salah satu kesukaan saya kang hari, kalau lagi pengen banget, saya suruh isri bikinkan nasi kuning, kalau beli gak cukup porsinya bagi saya, kurang banget. hehehe

  24. Saya juga suka banget nasi kuning. Hehehe

  25. sekilas penampakannya sama dgn nasi kuning yg di jawa ya mas..tp mgkn rasanya khas jd lain sm nasi kuning biasa..hhmm jadi pengeeennn... ^_^

  26. kalau dari fotonya, persis spt nasi kuning di daerah jawa timur, namun apakah rasanya sama juga?

  27. Kalau di daerah saya nasi kuningnya nggak cuma pake kucit bang, tapi pake daging pohon bungli, khasiatnya buat menambah nafsu makan. Waktu nenek saya masih ada beliau sering banget masakin itu buat cucu-cucunya. Iya nasi kuning ini udah jadi makanan nasional, sampe di kantin-kantin sekolah juga ada yang jual waktu sma dulu.

  28. gilaa....ada award makanan favorit ya... 3 kali pula - manteb banget tuh.

    Tapi harganya dang...kayak makan di restoran mahal ya...

  29. beberapa waktu lalu, temen saya seperjalanan, pas dari Makassar ke Toraja, ngebet banget pengen makan bebek khas makassar yang katanya udah pernah dia baca di blognya Mas Hary (dia juga blogger, Mas). tapi nggak ketemu juga tuh bebek, hehe

  30. waduh mas jadi laper sama pengen saya bacanya

  31. wah resepnya juga pasti didapat dari Ibu HJ.Istiah sendiri ya mas ...melihat menunya jadi pingin nich mas

  32. ow, disitu ya SBY suka nya, hmmm ... di catet ah, siapa tau ke pepet disitu, hahaha

  33. wah bisa dicoba nih jika berkunjung ke makkasar, sayangnya enggak buka cabang yah mastah :D

  34. RESEP nya perlu di simpan dulu nih,kapan2 bisa di coba.terimakasih mas.

  35. Harganya Rp 30.000,- tapi porsinya besar, bisa untuk dua orang. Kalau makan bareng kakak2 ipar saya yang makannya sedikit, bisa untuk makan bertiga :)
    Ngeliat gambarnya aja sudah bikin laperrr.
    Eh, Abang paling ganteng sendiri tuh :D

  36. Waah..., memang ga salah kalo dikata kuliner terfavorit, lengkap gitu ya, Pak, lauknya, mantap.....

  37. Nasi kuningnya lengkap banget lauk-pauknya. Biken ngiler aja. Rame lagi pengunjungnya. Cita rasa nggak di ragukan lagi

  38. Absen pagi sobat. . . Hehehe

  39. nasi kuning ada warungnya ya sob, kalau disini nasi ini umumnya masakan khusus jika ada acara tertentu, slamatan atau syukuran misalnya

  40. Anonymous says:

    Ngileerrrrrr :)

  41. Ternyata di tempat daerah agan banyak beragam macam kuliner ya.

  42. Sepertinya enak tuh..hehee

    mksh infonya sobat

  43. wah, jika saya ke sana, saya pasti akan cari menu ini. nampak sangt menarik..

  44. wih, enak tuh kayak nya sob,.

    pesan 5 ya.,

  45. Saya Pun Doyan dengan Makanan yang disukai oleh SBY, Makanan Nasi Kuning Ribune adalah Makanan Favorit saya Waktu Kuliah dulu di Makassar :D

  46. R10 says:

    pengin nyobain brbagai makanan khas daerah, bosan kalau cuma pempek palembang, siomay bandung, bakwan malang :D

  47. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Banyak sekali masakan enak yang terdapat di Makassar khususnya dan Indonesia amnya. Ingin sekali saya ke sana dan merasai keenakannya seperti yang dikhabarkan melalui tulisan dan foto-fotonya.

    Nasi kuning juga ada di Malaysia dan selalunya dibuat sama seperti acara yang ditulis oleh mas Hariyanto di atas. Cumanya, nasi kuning tidak menjadi nasi makan harian.

    Melihat kepada jenis lauk yang dihidang bersama nasi kuning Riburane di atas, sangat banyak sekali. Memang sangat mengenyangkan sehingga malam. Sayangnya, saya kini tidak makan nasi seperti dahulu. Kalau ingin makan sahaja akan merasa nasi, dalam satu atau dua sudu sahaja.

    Selamat berwisata kuliner lagi dan menghidangkan banyak makanan yang ebak dari Makassar.

    Salam hormat selalu dari Sarikei, Sarawak. :D

  48. mampir lagi nii kang di hari rabu sore yang menyenangkan :p
    sambil bawa es doger mantap :)

  49. Anonymous says:

    ciri khas indonesia nasi kuning, di daerah saya juga nasi kuning masih favorit bang hihihi :D

  50. hot banget nihh bang, rahat kayaknya buat makan bersama :)

  51. blogwalking sore hari sekalian silaturahmi

  52. mahal ya Bang.. hehe..

    tapi boleh lah di coba...

    biasanya saaya makan yang murah2 aja.. hihi

  53. wah sayangya gak buka cabang nih

  54. Salam buat Pak SBY kalo ketemu ya gan.
    Kuliner di Makasar katanya yang terkenal adalah coto Makasar mas ya

  55. wah enak banget tuh mas bos liburan makan nasih kuning jadi kepengen heheheh...?

  56. Azim says:

    harganya bikin pikir2 dulu pak hhehehe... hebat, nasi kuningnya favorit se makassar euy

  57. wah, jadi pengen nih sob,, apalagi sepertinya sudah terpercaya nasi kuning riburane ini

  58. sayang ga buka cabang di jakarta ya bang,....
    jadi cuma bisa ngebayangin lewat foto nya aja deh :)

  59. wow klo sudah pernah menyabet juara 3 kali berturut 2 dala ajang festival (MMF) kategori Award Culinary ber arti rasanya mantab pakai buanget tu sob. hehe jadi ngebayangin rasanya,,

  60. wah sepertinya Nasi Kuning Riburane ini sudah lama dirintis, berarti pengalaman yg didapat sudah banyak dan rasanya khas seseuai dengan selera penduduk setempat, ini benar^ sangat istimewa sobat. penghargaannya juga sudah sering.

    Oke sobat, saya ijin save resepnya mungkin suatu saat perlu dicoba nih, pasti enak....

    terima kasih sudah berbagi kawan

  61. Terkenal memang tong ini. Pasti mahal sekali mi rasanya sekarang di' Pak? Berapaan mi?

  62. Eka says:

    aku baru denger nasi kuning Riburane Pak, apalagi termasuk salah satu kesukaan Bapak Presiden dan Ibu, jdi pengen ngrasain rasanya Nasi Kuning Riburane hehehe... :)

  63. wah wah.. mantep bgt dech sob plesiran kulinernya..? mungkin nasi kuning ini yang biasa di pake buat tumpeng ya sob..? harganya 30rb perporsi.. lumayan mahal juga ya sob. tp setelah lihat ada telor di atasnya, saya jadi laper nih sob hehehe

  64. mantab sob sampai di posting resepnya hhee...
    kapan-kapan saya posting juga dah tentang kuliner makassar :)

  65. Harganya fantastis, tapi sesuai dengan menu dan cipta rasanya. Sudah menjadi tradisi, jika nama top terus ada yang meniru dan menjiplak nama. Luka pelipisnya belum sembuh ya om.

  66. Liat gambarnya jadi ingat nasi kuning bibi saya... ueenak... lidah agak sulit menerima masakkan selain masakkan kalimantan... tapi lihat khas makasar mirip masakkan kalimantan..

  67. ndop says:

    Walaupun resepnya udah dibocorin di sini, kayaknya gak bisa 100 persen sama rasanya. Hehehe..

  68. Wedew.. T_T, padahal lagi niat diet nih, baca ini jadi pengen.. hukzz

  69. ditambah sambal rasanay makin enak ya pak, hampir tiap hari sarapan nasi kuning tapi bukan khas makasar

  70. mahal nya hiks! tapi musti dicoba lah sekali2 kalo ke makasar hehehee..
    dicatet info nya

  71. Baru lihat gambarnya aja udah ngiler, pasti rasanya enak dan lezat jadim kepingin mas.....

  72. jadi pengin nyicipin :O

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend