Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Iwan Tompo Maestro Lagu Daerah Makassar

Hariyanto Wijoyo | 46 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger sedunia di manapun kalian beraktifitas.
Suaranya yang khas mengalun merdu ibarat ombak Selat Makassar membawa pendengarnya terombang-ambing dalam buaian keindahan musik dan lirik setiap lagu yang dinyanyikannya. Seusai menyanyikan lagunya para penonton serentak bertepuk tangan yang meriah memberikan apresiasi atas karya seni berlagu yang ditampilkannya.

Namanya terkenal di seluruh dataran Sulawesi Selatan, apalagi di Kota Makassar, semua mengenal bila disebutkan nama Iwan Tompo Maestro Lagu Daerah Makassar Bugis ternama. Bahkan namanya dan juga lagu-lagunya sudah menyebar ke seluruh Nusantara, hingga ke negeri jiran Malaysia.

Iwan Tompo Maestro Lagu Daerah Bugis Makassar
Benting Berua, Kelong Bawang, Bankenga Cini, dan Sailong adalah sebahagian dari ratusan lagu daerah Makassar hasil karya cipta Iwan Tompo yang sudah direkam sebanyak sekitar 50-an album. Jumlah yang sangat fantastis tentunya.

Iwan Tompo mulai jadi penyanyi sejak tahun 1960-an, dan rekaman perdananyas saat itu di Libel Record dengan lagu Kelong Bawang dan Mangge Pallaka Ri Ana. Dalam catatan rekamannya, Iwan Tompo pernah mencetak satu album sebanyak sekitar 140 ribu kopi pada tahun 1981, dan lagunya yang terkenal pada saat itu adalah yang berjudul Jera’nu Mami.

Tapi ternyata Iwan Tompo tidak pernah merasakan hak royalty dari setiap lagu yang diciptakannya sebagaimana para penyanyi saat ini. Oleh pihak Libel Record yang merekam dan mengedarkan album-albumnya ke seluruh Indonesia, selalu dinyatakan bahwa rekamannya tidak laku atau tidak mencapai target. Padahal setelah dicek sendiri oleh Iwan Tompo pada setiap daerah yang dikunjunginya, ternyata albumnya laris manis bagaikan kacang goreng.

Sehingga demi untuk mempertahankan hidup dan eksistensi kehidupannya, akhirnya seorang Iwan Tompo yang sudah memiliki nama besar sebagai salah seorang Maestro Lagu Daerah Bugis  Makassar melakukan pentas dan aksi panggungnya dari panggung rakyat ke panggung rakyat lainnya, dari satu kota ke kota lainnya. Dan dalam setiap pertunjukkan yang menghadirkan Iwan Tompo sebagai artis penyanyi, penontonnya selalu membludak.

Inilah salah satu bukti bahwa lagu-lagu karya cipta Iwan Tompo memang sudah dikenal dimana-mana. Hampir tak ada penonton-nya yang tak tahu lagu yang dinyanyikan Iwan Tompo, minimal mereka bersenandung saat mendengar suara Iwan Tompo menembus gendang telinga sehingga merasuk ke dalam sukma membuai jiwa seakan terlena melayang di angkasa biru.

Rezeki sepenuh-nya ada di tangan ALLAH SWT, asalkan mau berusaha dan ikhlas menerima apa adanya maka ALLAH tidak akan membiarkan umat-NYA mati kelaparan, itulah adalah sikap dan jalan hidup yang dipilih Iwan Tompo saat mengetahui bahwa ternyata ia telah terpedaya oleh perusahaan rekaman yang menaunginya selama ini. Tak ada perasaan marah karena merasa tertipu, tetapi Iwan Tompo mengambil hikmah atas segala kejadian yang menimpanya. Sungguh bijak cara Iwan Tompo menyikapi setiap persoalah hidup yang dialaminya, sama dengan lirik-lirik dari setiap lagu ciptaannya yang sungguh mengandung makna yang sangat dalam.

Tanggal 28 September 2012 pada perayaan Hari Ulang Tahun I Celebes TV, salah satu studio TV lokal yang ada di Sulawesi Selatan, Iwan Tompo melakukan Konser Tunggal Perdana-nya dengan menyanyikan sepuluh lagu andalannya yang diciptakannya sejak tahun 1970 hingga yang direkam pada tahun ini. Ini adalah Konser Tunggal Pedana Iwan Tompo sejak rekaman pertama tahun 1974. Sejumlah artis turut serta meramaikan Konser Tunggal tersebut, seperti artis penyanyi Anci La Ricci, Dian Ekawaty, Meity Baan, Udihein Leaders, Inha KDI, Anggy KDI, Aty Ridwan, Vierra KDI, Duo Musel, Rahmy Hatta, Ilyas Syafar serta dua anak kandung dari Iwan Tompo sendiri, yaitu Iswan Tompo dan Ilham Iwan Tompo .

Iwan Tompo yang sering dipanggil dengan julukan Daeng Liwang, lahir pada tanggal 6 September 1952. Dia telah berkarir dalam dunia nyanyi selama kurang lebih 40 tahun, dan bagi Iwan Tompo lagu-lagu daerah adalah salah satu kekayaan yang wajib dijaga serta dilestarikan, oleh karena itu Iwan Tompo selalu bertekad untuk giat memperkenalkan lagu-lagu Bugis Makassar bukan hanya di daerah sendiri, tetapi juga di tingkat nasional, bahkan kalau perlu ke tingkat Internasional..

Namun semangat dan cita-cita Iwan Tompo Maestro Lagu Daerah Bugis Makassar ternyata dibatasi oleh usia yang diberikan ALLAH SWT. Pada hari Kamis, 23 Mei 2013, Iwan Tompo Maestro Lagu Daerah Bugis Makassar meninggal dunia, beliau menghembuskan nafas terakhirnya di saat tubuhnya sudah tak mampu lagi bertahan dengan penyakit gula yang dideritanya selama ini.

Innalillahi wa innailaihi rodjiun, selamat jalan Iwan Tompo, saya dan seluruh penggemarmu turut berduka cita dan merasa kehilangan atas kepergianmu memenuhi panggilan Sang Khaliq. Sulawesi Selatan dan khususnya Kota Makassar bersujud dalam doa dan airmata saat melepas kepergian-mu. Selamat jalan Sang Maestro Iwan Tompo, segala karya ciptamu akan menjadi kenangan abadi yang selalu mengingatkan kepada-mu sebagai Maestro Lagu Daerah Bugis Makassar. Semoga ALLAH melapangkan jalan-mu menuju surga-NYA….aamiiiin ya rabbal 'alamin.

Category : , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

46 komentar

  1. salah bukti nyata dari kurang di apresiasinya musisi kita ya pak. tapi mudah2an dgn mulai diliriknya ekonomi kreatif (sekarang sdh masuk ke dalam nomenkaltur kementerian negara) musisi bisa lebih untuk diperhatikan.

  2. R10 says:

    aku sendiri kurang setuju dgn sistem royalti yg sekarang ini

    lebih islami bila pakai sistem jual putus, produsen membeli lagu iwan dgn harga sekian tergantung perjanjian

  3. memang tak adil pula bila seseorang artis itu tidak dibayar royalti nya.. sedangkan dia bertungkus lumus menghasilkan segala karya..

  4. apresiasi atas karya seniman tak boleh di lupakan,,,,

  5. Anonymous says:

    bagus banget mas ... :)

  6. innalillahi waa inna illaihi rooji'un,,,,,,

  7. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un, semoga karya-karya beliau memberikan kemanfaatan untuk orang lain sehingga menjadi ladang pahala

  8. semoga amal ibadah sang maestro di terima dan karya2nya beliau bisa dikenang sepanjang masa

  9. Innalillahiwainnaillaihi rodziun, seorang seniman murni yang mengabdi pada profesinya tanpa pamrih, semoga amal baiknya diterima ALLAH SWT.
    kalau dijawa barat, sekelasnya Doel Sumbang kali y bang.

  10. semoga beliau ada dalam ampunan dan ridho Allah aamiin..

  11. yup.. saya sudah lama dengar nama iwon tompo ini. ketepatan saya juga punya teman akrab pencipta dan penyanyi kondang nasional dari makassar..yang pernqah hit dengan lagu reggenya

    BTW - Bisa jadi produser itu benar, tapi bisa jadi salah,, maksutnya,,, selama 10 tahun ini pangsa kaset/vcd indoneisa habis dibajak.(menurut laporan asiri. setiap tahunnya negara dirugikan sekitar 4 trilyun rupiah)..

    jadi yang dibeli konsumen itu vcd bajakannya....karena perbandingan vcd original ekonomi biasanya sampai ketangan konsumen itu 10ribu sudah berikut stiker pajak.. sedang bajakannya 5000 dapat 3 pcs.

    semoga saja sahabat iwan ini tidak dapat royalti karena bukan dari faktor produser yang nakal ya.

  12. semoga amal ibadahnya diterima disisi ALLAH SWT..dan karya-karyanya selalu di kenamg sepanjang zaman

  13. Apapapun namanya dan profesinya, hasil dari kreatifitas seseorang itu yang menjadi tolak ukur biasanya komitmen orangnya tersebut akan karyanya yang akan membawa dirinya dalam sebuah masa kenangan yang indah.

    Salam wisata

  14. innalillahi wainna ilaihi rojiun..
    tetap berkarya dan berjuang, walopun sempet dicurangi pihak rekaman. Sikap optimis Iwan Tompo patut diteladani. Dan mendidik masyarakat dgn karya2nya yg indah, sungguh mengagumkan

  15. innalillahi wainna ilaihi rojiun, kemarin aku juga lihat beritanya di makassar tv...........
    hai sahabat kami maaf baru bisa berkunjung lagi

  16. inilah persoalan mengapa sebagian besar musisi Indonesia ogah berkarya,
    AlFatihan semoga arwahnya dicucuri rahmat Amin

  17. waaah.. saya malah baru denger nama penyanyi ini :)

  18. Yup....jauh disini saja saya melihat sendiri di pasar,tak ada penjual kaset vcd yang tidak menjual kaset Iwan Tompo,hanya sayang semua bajakan.
    Saya yakin almarhum hanya wafat raganya saja,karena karyanya akan tetap hidup dan memberi manfaat pada generasi penerusnya.
    Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un.
    Maksih sudah berbagi,salam.

  19. Turut mengucapkan innalillahi wainna ilaihi rojiun..Selamat jalan Sang Maestro Iwan Tompo, segala karya ciptamu akan menjadi kenangan abadi dan semoga Sikap optimis Pak Iwan Tompo bisa jadi teladan kita semua

  20. innalillahi wa innalllah rodji'un

    semoga damai disana
    dan amal ibadahnya diterima Allah SWT

    Amin..

  21. bijak dan besar hatinya seorang iwan tompo,,
    biar Allah yang balas semuanya,,
    semoga amal dan ibadahnya di terima Allah SWT, amin .

    btw sekilas mirip menteri olahraga sekarang ya mas ? hehe

  22. komentar saya terdahulu ngumpet dimana ya bang?..ke'nya penjaga blog ini mulai galak nih...?!

  23. saya turut berduka kang, saya baru tahu ini nama iwan tompo sepertinya sangat melegenda di makasar sana. Benar rejeki memang sudah ada yang atur dengan tidak ngoyo dan tidak mempermasalahkan tipu menipu

  24. Iwan Tompo memang sangat terkenal namanya sampai disebut dan menjadi inspirasi musisi asal sulawesi tengah. terima kasih telah berbagi. salam sukses

  25. Sang Maestro yang sangat terkenal, banyak musisi yang menjadi bimbingan dari sang maestro ini. menjadi sukses dan berhasil di kanca musik indonesia.

  26. semoga amal ibadahnya diterima disisi ALLAH SWT.


    saya pribadi turut berduka cita mas!!

  27. turut berduka cita ya sob, semoga beliau di terima di sisi Allah SWT

  28. Innalillahi wainnaillahi roji'un ... semoga arwahnya bisa diterima disisiNya dan hasil karyanya bisa bermanfaat buat kita semua...

  29. semoga arwah beliau mendapat tempat etrbaik di sisiNya

  30. Anonymous says:

    iwan flas maestro indonesia hahahahha. ndak kalah

    Kunjungan Rutin Malam Sobat, Saya Tunggu Kunjungan Baliknyaa..... :D

  31. semoga arwahnya bisa diterima disisi yang maha kuasa, dan karya-karyanya bisa bermanfaat untuk orang lain :)

  32. Innaalillaahi wa innaa ilaihii raaji'uun.
    semoga beliau diterima di sisi-NYA. aamiin.

  33. saya kalo bertandang ke suatu tempat tertentu, baiasnya saya beli kaset asli daerah itu Mas. lah pas di makassar saya juga beli sih, cuma bukan album dari beliau, tapi kaset insrumental lagu2 Makassar.

  34. Innalilahi wa ina ilahi rojiun.
    Semoga karya nya tetap abadi dan senantiasa di dengar orang hingga bertahun2 kemudian

  35. saya tidak mengenal beliau pak, turut berduka cita atas kepergian beliau

  36. Innalillahi wainnailaihi rajiun

    semoga karya2nya tetap dicintai dan tidak dilupakan
    sosok yang sangat menginspirasi

  37. Inalillahi wainaillaihi rojiun.. Turut berduka dan semoga kebaikannya dan diterima dan medapat tempat terbaik di sana. Walau selama ini belum mengenalnya namun salut akan perjuangan dan dedikasinya memperjuangkan eksistensi lagu daerahnya.

  38. Ndop says:

    Penyanyi daerah biasanya memiliki suara yg khas soalnya dia nggak akan meniru niru penyanyi lainnya. Lha memang sudah terlahir menjadi penyanyi..

  39. innalillaahi wa inna ilaihi raajiuun,,,,

  40. .. Inalillahiwainaillaihirojiun,, smoga karya terbaiknya n suara nya akan slalu terkenang. smoga amal ibadahnya diterima oleh Allah. aamiin,, ..

  41. Goiq says:

    innalillahi wa innailaihi rojiun

  42. Innalillahi wa Inna IIIaihi Raaji'uun
    semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya, diampuni segala dosanya...dan diberikan tempat terbaik di surga, amin

  43. Seniman lagu daerah banyak bertebaran di Nusantara ini. Mereka menghasilkan karya yang selalu dikenang sepanjang jaman. Lirik lagu yang memikat, mudah diingat, dan merakyat. Selamat jalan. Semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmatNya, amin.

  44. innalillahi wa inna lillahi raaji'un... semoga amal ibadah nya diterima disisi-Nya

  45. Anonymous says:

    Turut berduka cita mas atas meninggalnya Iwan Tompo, ya walaupun aku sendiri ga begitu tau mengenai sosok beliau setidaknya aku menghargai atas jasa2nya dalam bermusik.

    Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, amin.

New comments are not allowed.

46 komentar

  1. salah bukti nyata dari kurang di apresiasinya musisi kita ya pak. tapi mudah2an dgn mulai diliriknya ekonomi kreatif (sekarang sdh masuk ke dalam nomenkaltur kementerian negara) musisi bisa lebih untuk diperhatikan.

  2. R10 says:

    aku sendiri kurang setuju dgn sistem royalti yg sekarang ini

    lebih islami bila pakai sistem jual putus, produsen membeli lagu iwan dgn harga sekian tergantung perjanjian

  3. memang tak adil pula bila seseorang artis itu tidak dibayar royalti nya.. sedangkan dia bertungkus lumus menghasilkan segala karya..

  4. apresiasi atas karya seniman tak boleh di lupakan,,,,

  5. Anonymous says:

    bagus banget mas ... :)

  6. innalillahi waa inna illaihi rooji'un,,,,,,

  7. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un, semoga karya-karya beliau memberikan kemanfaatan untuk orang lain sehingga menjadi ladang pahala

  8. semoga amal ibadah sang maestro di terima dan karya2nya beliau bisa dikenang sepanjang masa

  9. Innalillahiwainnaillaihi rodziun, seorang seniman murni yang mengabdi pada profesinya tanpa pamrih, semoga amal baiknya diterima ALLAH SWT.
    kalau dijawa barat, sekelasnya Doel Sumbang kali y bang.

  10. semoga beliau ada dalam ampunan dan ridho Allah aamiin..

  11. yup.. saya sudah lama dengar nama iwon tompo ini. ketepatan saya juga punya teman akrab pencipta dan penyanyi kondang nasional dari makassar..yang pernqah hit dengan lagu reggenya

    BTW - Bisa jadi produser itu benar, tapi bisa jadi salah,, maksutnya,,, selama 10 tahun ini pangsa kaset/vcd indoneisa habis dibajak.(menurut laporan asiri. setiap tahunnya negara dirugikan sekitar 4 trilyun rupiah)..

    jadi yang dibeli konsumen itu vcd bajakannya....karena perbandingan vcd original ekonomi biasanya sampai ketangan konsumen itu 10ribu sudah berikut stiker pajak.. sedang bajakannya 5000 dapat 3 pcs.

    semoga saja sahabat iwan ini tidak dapat royalti karena bukan dari faktor produser yang nakal ya.

  12. semoga amal ibadahnya diterima disisi ALLAH SWT..dan karya-karyanya selalu di kenamg sepanjang zaman

  13. Apapapun namanya dan profesinya, hasil dari kreatifitas seseorang itu yang menjadi tolak ukur biasanya komitmen orangnya tersebut akan karyanya yang akan membawa dirinya dalam sebuah masa kenangan yang indah.

    Salam wisata

  14. innalillahi wainna ilaihi rojiun..
    tetap berkarya dan berjuang, walopun sempet dicurangi pihak rekaman. Sikap optimis Iwan Tompo patut diteladani. Dan mendidik masyarakat dgn karya2nya yg indah, sungguh mengagumkan

  15. innalillahi wainna ilaihi rojiun, kemarin aku juga lihat beritanya di makassar tv...........
    hai sahabat kami maaf baru bisa berkunjung lagi

  16. inilah persoalan mengapa sebagian besar musisi Indonesia ogah berkarya,
    AlFatihan semoga arwahnya dicucuri rahmat Amin

  17. waaah.. saya malah baru denger nama penyanyi ini :)

  18. Yup....jauh disini saja saya melihat sendiri di pasar,tak ada penjual kaset vcd yang tidak menjual kaset Iwan Tompo,hanya sayang semua bajakan.
    Saya yakin almarhum hanya wafat raganya saja,karena karyanya akan tetap hidup dan memberi manfaat pada generasi penerusnya.
    Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un.
    Maksih sudah berbagi,salam.

  19. Turut mengucapkan innalillahi wainna ilaihi rojiun..Selamat jalan Sang Maestro Iwan Tompo, segala karya ciptamu akan menjadi kenangan abadi dan semoga Sikap optimis Pak Iwan Tompo bisa jadi teladan kita semua

  20. innalillahi wa innalllah rodji'un

    semoga damai disana
    dan amal ibadahnya diterima Allah SWT

    Amin..

  21. bijak dan besar hatinya seorang iwan tompo,,
    biar Allah yang balas semuanya,,
    semoga amal dan ibadahnya di terima Allah SWT, amin .

    btw sekilas mirip menteri olahraga sekarang ya mas ? hehe

  22. komentar saya terdahulu ngumpet dimana ya bang?..ke'nya penjaga blog ini mulai galak nih...?!

  23. saya turut berduka kang, saya baru tahu ini nama iwan tompo sepertinya sangat melegenda di makasar sana. Benar rejeki memang sudah ada yang atur dengan tidak ngoyo dan tidak mempermasalahkan tipu menipu

  24. Iwan Tompo memang sangat terkenal namanya sampai disebut dan menjadi inspirasi musisi asal sulawesi tengah. terima kasih telah berbagi. salam sukses

  25. Sang Maestro yang sangat terkenal, banyak musisi yang menjadi bimbingan dari sang maestro ini. menjadi sukses dan berhasil di kanca musik indonesia.

  26. semoga amal ibadahnya diterima disisi ALLAH SWT.


    saya pribadi turut berduka cita mas!!

  27. turut berduka cita ya sob, semoga beliau di terima di sisi Allah SWT

  28. Innalillahi wainnaillahi roji'un ... semoga arwahnya bisa diterima disisiNya dan hasil karyanya bisa bermanfaat buat kita semua...

  29. semoga arwah beliau mendapat tempat etrbaik di sisiNya

  30. Anonymous says:

    iwan flas maestro indonesia hahahahha. ndak kalah

    Kunjungan Rutin Malam Sobat, Saya Tunggu Kunjungan Baliknyaa..... :D

  31. semoga arwahnya bisa diterima disisi yang maha kuasa, dan karya-karyanya bisa bermanfaat untuk orang lain :)

  32. Innaalillaahi wa innaa ilaihii raaji'uun.
    semoga beliau diterima di sisi-NYA. aamiin.

  33. saya kalo bertandang ke suatu tempat tertentu, baiasnya saya beli kaset asli daerah itu Mas. lah pas di makassar saya juga beli sih, cuma bukan album dari beliau, tapi kaset insrumental lagu2 Makassar.

  34. Innalilahi wa ina ilahi rojiun.
    Semoga karya nya tetap abadi dan senantiasa di dengar orang hingga bertahun2 kemudian

  35. saya tidak mengenal beliau pak, turut berduka cita atas kepergian beliau

  36. Innalillahi wainnailaihi rajiun

    semoga karya2nya tetap dicintai dan tidak dilupakan
    sosok yang sangat menginspirasi

  37. Inalillahi wainaillaihi rojiun.. Turut berduka dan semoga kebaikannya dan diterima dan medapat tempat terbaik di sana. Walau selama ini belum mengenalnya namun salut akan perjuangan dan dedikasinya memperjuangkan eksistensi lagu daerahnya.

  38. Ndop says:

    Penyanyi daerah biasanya memiliki suara yg khas soalnya dia nggak akan meniru niru penyanyi lainnya. Lha memang sudah terlahir menjadi penyanyi..

  39. innalillaahi wa inna ilaihi raajiuun,,,,

  40. .. Inalillahiwainaillaihirojiun,, smoga karya terbaiknya n suara nya akan slalu terkenang. smoga amal ibadahnya diterima oleh Allah. aamiin,, ..

  41. Goiq says:

    innalillahi wa innailaihi rojiun

  42. Innalillahi wa Inna IIIaihi Raaji'uun
    semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya, diampuni segala dosanya...dan diberikan tempat terbaik di surga, amin

  43. Seniman lagu daerah banyak bertebaran di Nusantara ini. Mereka menghasilkan karya yang selalu dikenang sepanjang jaman. Lirik lagu yang memikat, mudah diingat, dan merakyat. Selamat jalan. Semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmatNya, amin.

  44. innalillahi wa inna lillahi raaji'un... semoga amal ibadah nya diterima disisi-Nya

  45. Anonymous says:

    Turut berduka cita mas atas meninggalnya Iwan Tompo, ya walaupun aku sendiri ga begitu tau mengenai sosok beliau setidaknya aku menghargai atas jasa2nya dalam bermusik.

    Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, amin.

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend