Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

TIGABELAS TANAMAN ANTI NYAMUK

tularosa | 21 komentar

      1.     ZODIA (EVODIA SUAVEOLENS)
Tanaman ini aslinya berasal dari Papua (Irian).  Orang Papua biasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tanaman ini  agar terlindung dari serangga dan nyamuk. Tanaman zodia termasuk famili Rutaceae, mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Dan bila disuling mengeluarkan zat yang mengandung linalool dan apinene. Zat linalool inilah yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk. Tanaman zodia juga cukup mudah diperbanyak, baik melalui stek ranting maupun bijinya. Ketika sudah berbunga dan berbiji, biji zodia akan jatuh dan tumbuh di sekitarnya. Hanya saja, fase pertumbuhan membutuhkan perhatian tersendiri. Bila langsung kena sinar matahari, bisa-bisa malah mati. Sebaliknya, bila kurang sinar matahari justru pertumbuhannya tidak sehat. Tanaman ini akan tumbuh subur bila dikembangkan di daerah yang cukup dingin.

      2.     BUNGA GERANIUM ( PELARGONIUM CITROSA )
Bunga Geranium merupakan tanaman perdu. Dikenal juga sebagai Cranesbill.Jenis tanaman ini mengandung aroma zat Citronella yang mudah merebak memenuhi udara sekitarnya bila tertiup angin, atau daunnya digoyang pakai tangan. Sangat mudah ditanam di dalam pot atau langsung di tanah. Jika di tanam dalam pot bisa di pindahkan ke dalam ruangan yang diinginkan. Geranium biasa juga disebut Tapak Dara tumbuh merumpun, banyak anakan. Daunnya hijau, berbentuk menjangkar (menyerupai jangkar), tepi daun bergerigi. Batangnya banyak mengandung air. Lazimnya diperbanyak dengan menggunakan stek anakan. Tanaman ini dulunya cukup mudah ditemukan di sekitara kawasan Bandung dan Sukabumi

      3.     SERAI WANGI (CYMBOPOGON NARDUS)
Selama ini sering digunakan sebagai bumbu masak atau campuran ramuan jamu herbal. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk, terutama batang dan daunnya. Untuk mengusir nyamuk, bisa dengan membakar batang serai dengan lilin dalam ruangan. Serai Wangi memiliki aroma khas yang mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik dan yang utama adalah  zat sitronelal, karena zat sitronelal mengandung Zat yang memiliki sifat racun kontak. Sebagai racun kontak, zat ini dapat menyebabkan kematian akibat kehilangan cairan secara terus-menerus sehingga tubuh nyamuk kekurangan cairan.Dan ekstrak zat ini telah digunakan sebagai bahan baku pembuatan lotion pengusir nyamuk. Perbanyakan tanaman ini dilakukan dengan pemisahan stek anakan. Stek diperoleh dengan cara memecah rumpun yang berukuran besar namun tidak beruas. Poting sebagian daun stek atau kurangi hingga 3 – 5 cm dari pelepah daun. Sebagian akar juga dikurangi dan tinggalkan sekitar 2,5 cm di bawah leher akar. Setelah itu, ditanam di halaman rumah.


      4.     BUNGA LAVENDER (LAVANDULA ANGUSTIFOLIA)
Bunga ini sering digosokkan di tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk. Tanaman ini asalnya dari Pegunungan Alpen di Negara Swiss, berwarna ungu, bergerombol di ujung tangkai.  Aromanya membuat nyamuk pusing, karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate, dan kedua zat ini bisa diperoleh dengan proses penyulingan jika ingin di buat menjadi bahan obat anti nyamuk. Tampilan bunga ini memang menarik, bunganya berwarna ungu kecil-kecil. Bunga ini dapat diperbanyak dengan menggunakan bijinya. Biji-biji yang tua dan sehat disemaikan. Bila sudah tumbuh, dipindahkan ke polybag. Ketika tingginya mencapai 15 – 20 cm. Minyak ekstrak lavender sering digunakan untuk aroma therapy, tanamannya dapat ditanam dalam pot atau langsung di tanah.
 Hariyantowijoyo.blogspot.com

      5.     BUNGA ROSEMARY (ROSMARINUS OFFICINALIS)
Rosemary merupakan sebuah tanaman yang tahan penyakit dan hama, yang dapat ditumbuhkan melalui pencangkokan.Aromanya menyerupai minyak telon, dan tidak disukai oleh nyamuk. Dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar mantahari dan membutuhkan air yang cukup. Cocok ditanam dalam pot atau di tanah dekat jendela bahkan dekat pintu. Selain perawatannya yang sangat mudah, tanaman rosemary ini sangat kuat dan tahan terhadap serangan hama





      6.     SELASIH
Orang Eropa secara tradisional mengenal Selasih, O. basilicum ("basil" atau "sweet basil") sebagai rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yang paling dikenal adalah "tlasi" atau "tulasi" ("holy basil", O. tenuiflorum syn. O. sanctum). Nama Melayu selasih diambil dari nama ini melalui bahasa Sanskerta. Warga Indocina dikenal menggunakan berbagai kultivar selasih. Di Thailand dan negara-negara lain setempat dikenal "horapa" ("Thai basil", O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan "manglak" ("Thai lemon basil", O. ×citriodorum). Horapa populer sebagai bagian dari menu Vietnam, misalnya pada sup sapi phở. Dan di Indonesia dikenal sebagai kemangi. Selasih, Tlasih, Basil atau Basilukum (Ocimum) adalah segolongan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan daunnya, bunganya dan bijiannya sebagai rempah-rempah serta penyegar (Tonikum). Memiliki aroma bau yang khas. Kadang-kadang langu, harum atau manis, tergantung kultivarnya. Bahkan ada yang dapat membuat mabuk. Tanaman ini berguna untuk mengusir nyamuk.

      7.     CITROSA MOSQUITO FIGHTER
Tumbuhan ini berasal dari Belanda, dan sangat menyukai sinar matahari. Cukup mudah perawatannya dan tidak memerlukan perlakuan khusus, cukup hanya dengan air dan pupuk. Saat disentuh tumbuhan ini mengeluarkan bau lemon yang sangat kuat yang akan mengusir serangga dan nyamuk. Hariyantowijoyo.blogspot.com







      8.     MINTROSA LADY DIANA
Tumbuhan ini berasal dari Belanda,perawatannya sangat mudah dan biasa dijadikan tanaman penghias rumah. Tumbuhan ini mengeluarkan aroma bau yang sangat kuat dan tidak disukai nyamuk.









      9.     BUNGA MARIGOLD (TAHI AYAM)
Berasal dari Mexico dan Guatemala. Ada dua jenis Marigold, yaitu Tagetes Erecta (African Marigold) dan Tagetes Patula (Dwarf French Marigold), di Indonesia dikenal dengan nama Bunga Tahi Ayam. Karena aroma baunya yang sungguh tidak sedap. Biasanya tanaman ini ditanam sebagai penghias jalan-jalan taman. Hariyantowijoyo.blogspot.com

Hariyantowijoyo.blogspot.com





      10.  AKAR WANGI
Tumbuhan ini bisa digunakan untuk mengendalikan populasi nyamuk demam berdarah, karena aroma baunya yang menyengat cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.










      11.  KECOMBRANG
Kecombrang, Kantan atau Honje (Etlingera eliator, yang sinonim Nicolaia Elatior, Phaemoria Speciosa) adalah jenis tumbuhan rempah dan merupakan tanaman tahunan berbentuk terna. Bunga, buah serta bijiannya dimanfaatkan sebagai sayuran dan bisa juga mengusir nyamuk. Kalau di Medan di sebut Kincung, di Malaysia disebut Slantan dan di Thailand disebut Kaala. Kecombrang sering  dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan di Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal di Jawa Barat. Kecombrang yang dikukus juga kerap dijadikan bagian dari pecel di daerah Banyumas. Di Pekalongan, kecombrang yang diiris halus dijadikan campuran pembuatan megana, sejenis urap berbahan dasar nangka muda. Di Malaysia dan Singapura, kecombrang menjadi unsur penting dalam masakan laksa.

      12.  SUREN (TOONA SURENI MERR)
Suren adalah jenis pohon besar. Biasanya ditanam di lahan luas, termasuk kebun dan sawah. Karena selain bisa mengusir nyamuk, tanaman ini juga dapat mengusir serangga lainnya. Suren tumbuh di hutan primair tetapi sangat umum tumbuh juga di hutan sekunder, pinggir sungai dan tebing sekitar sungai. Umumnya tumbuh pada hingga ketinggain 2100 m. Daun dan kulit kayunya beraroma cukup tajam. Secara tradisional, petani menggunakan daun suren untuk menghalau hama serangga tanaman. Pohon suren berperan sebagai pengusir serangga (repellant) dan dapat digunakan dalam keadaan hidup (insektisida hidup). Berdasarkan penelitian, suren memiliki kandungan bahan surenon, surenin dan surenolakton yang berperan sebagai penghambat pertumbuhan, insektisida dan menghambat daya makan larva serangga. Bahan-bahan tersebut juga terbukti merupakan pengusir serangga, termasuk nyamuk. Cara penempatan tanaman ini bisa diletakkan di sudut-sudut ruangan dalam rumah, sebagai media untuk mengusir nyamuk.

      13.  LIDAH BUAYA (ALOE VERA)
Lidah buaya menghasilkan gel yang diperoleh dari daging daunnya. Penggunaannya cukup dioleskan pada kulit, gel lidah buaya membuat kulit terasa dingin, melembabkan dan membantu mempercepat penyembuhan bila digunakan untuk mengatasi kulit yang telah digigit nyamuk.








| Literatur | Tanaman Anti Nyamuk | Dari Berbagai Sumber |

Category : ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

21 komentar

  1. nice post sob..jangan lupa jga komen balik di blogku ya

  2. gan banner yg agan pasang salah yg benar di sini http://ksatria-fantasy.blogspot.com/p/tukar-bannerlink.html

  3. Aku suka artikelnya, terima kasih kunjungannya.

  4. @all, terimakasih kawan :)

  5. Infonya sangatlah berguna Gan,Serui gudangnya nyamuk malaria.Disave dulu yach sambil mencari tanaman anti nyamuk yg tumbuh disini!

  6. @Er'end, ok kawan.Trims ya :)salam sukses untuk SERUI

  7. ternyata ada juga ya tanaman yang bisa usir nyamuk,

  8. wah, kalo buat lotion anti nyamuk pasti hebat tuh :)

  9. ternyata tanaman anti nyamuk banyak macamnya ya ..thanks infonya..

  10. bunga lavender itu yg dipake obat nyamuk oleh itu bukan Bang ?

  11. Baru aku tau bahwa lidah buaya juga bisa digunakan untuk penangkal nyamuk. Kebetulan di rumah ada sedikit lidah buaya.

    Thanks infonya ^_^

  12. Nice info Sobat
    Anti nyamuk alami
    Nampaknya Sudah saatnya kita kembali ke alam yang diciptakan Sang Maha untuk kepentingan hidup dan kehidupan manusian

  13. http://i39.tinypic.com/s2b29f.jpg> Wish you a very nice weekend. Hugs>

  14. wah perlu dicari nih tanamannya.. pake lotion ga mempan. parah nyamuk sekarang kebal". sepp infonya kang

  15. perlu di budi dayakan sob, biar gak ada nyamuk di rumah...

  16. Alhamdulillah dirumahku ada 1 dari 13 macam itu. Yaitu sereh.

  17. wah...ane baru tau kalo seray nlidah buaya bisa ngusir nyamuk...mantap banget infonya...soalnya keduannya tu yang paling mudah didapatkan..lha dibelakang rumah ane tuh banyak banget seray hahaha asek sekali....

  18. Kami menjual minyak atsiri/ Essensial Oil murni tanpa campuran sebagai parfume, aroma terapi, dll. Tersedia:

    Minyak Adas (Feuniculli Oil)

    Minyak Akar Wangi (Vetiver Oil)

    Minyak Akasia (Cassia Oil)

    Minyak Anis (Anise Oil)

    Minyak Bangle (Zingiber purpureum Oil)

    Minyak Bergamot (Bergamot Oil)

    Minyak Bulus

    Minyak Bunga Cengkeh (Clove Bud Oil)

    Minyak Bunga Matahari

    Minyak Cabe Biasa (Hot Chili Oil)

    Minyak Cendana Kupang (Kupang Sandalwood Oil)

    Minyak Cendana Papua (Papua Sandalwood Armyris)

    Minyak Citrus (Citrus Oil)

    Minyak Coklat (Cacao Oil)

    Minyak Daun Cengkeh (Clove Leaf Oil)

    Minyak Daun Jeruk Purut (Kaffir Lime Oil)

    Minyak Dlingu (Calamus Oil)

    Minyak Eucaliptus

    Minyak Floral (Floral Oil)

    Minyak Gagang Cengkeh (Clove Stem Oil)

    Minyak Gandapura (Wintergreen Oil)

    Minyak Gingseng

    Minyak Habatussadah

    Minyak Jahe (Fresh Ginger Oil)

    Minyak Jarak (Castor Oil/ Oleum Ricini)

    Minyak Jeruk Lemon

    Minyak Jeruk Nipis

    Minyak Jeruk Orange

    Minyak Jinten (Black Cummin Oil)

    Minyak Jojoba

    Minyak Kamboja (Frangipani Oil)

    Minyak Kanthil (Magnolia Oil)

    Minyak Kapulaga (Cardamom Oil)

    Minyak Kayu Manis (Cinnamon Oil)

    Minyak Kayu Putih (Cajupot Oil

    Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil)

    Minyak Kemangi Eropa (Sweet Basil Oil)

    Minyak Kemangi Hutan (Shrubby basil Oil)

    Minyak Kemangi Sayur (Basil Oil)

    Minyak Kemiri

    Minyak Kemukus (Cubeb Oil)

    Minyak Kenanga (Cananga Oil)

    Minyak Kencur (Caemferia Galanga Oil)

    Minyak Ketumbar (Coriander Oil)

    Minyak Kilemo (Litsea Cubeba Oil)

    Minyak Kopi (Coffee Oil)

    Minyak Krangean Cubeb Linea Oil)

    Minyak Kunyit (Turmeric Ol)

    Minyak Kunyit Putih (Caferia Rotunda Oil)

    Minyak Lada Hitam (Black Pepper Oil)

    Minyak Lavender (Lavender Oil)

    Minyak Lengkuas (Alpina Galanga Oil)

    Minyak Lily (Lily Oil)

    Minyak Massoi (Massoi Bark Oil)

    Minyak Mawar (Rose Oil)

    Minyak Melati (Jasmine Oil)

    Minyak Mint (Peppermint Oil)

    Minyak Nilam (Patchaoli Oil)

    Minyak Pala (Nutmerg Oil)

    Minyak Panili (Vanili Oil)

    Minyak Pini

    Minyak Sedap Malam (Tuberose Oil)

    Minyak Selasih (Ocinum bas. grasst. Oil)

    Minyak Sereh Dapur (Lemongrass Oil)

    Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil)

    Minyak Sirih (Piper Betle Oil)

    Minyak Strawbery (Strawberry Oil)

    Minyak Tea Tree (Tea Tree Oil)

    Minyak Temu Ireng (Curcuma Aeroginosa Oil)

    Minyak Temu mangga (Curcuma Mangga Oil)

    Minyak Temulawak (Curcuma Xanthoriza Oil)

    Minyak The hijau (Green Tea Oil)

    Minyak Wijen (Sesame Oil)

    Minyak Ylang-Ylang (Ylang-Ylang Oil)

    Minyak Zaitun (Olive Oil)

    Minyak Zodia (Zodia Oil)

    Sweet Orange Oil


    www.eterisnusantara.co.id
    eterisnusantara@yahoo.com
    02743009181
    085729611636 (Mobile)
    CS: 9246001 (Hanya Melalui SMS)

    Kami online selama 24 jam 7 hari seminggu

  19. wah didekat tempat tinggal saya ada kecombrang tuh,lumayan nih bisa buat anti nyamuk,maksih infonya pak,salam sehat.

  20. NF says:

    Lidah buaya memang banyak khasiatnya ya selain untuk jerawat juga bisa kalau di makan dagingnya bisa menyembuhkan banyak penyakit

  21. Anonymous says:

    nyari geranium dimana yaa ??

New comments are not allowed.

21 komentar

  1. nice post sob..jangan lupa jga komen balik di blogku ya

  2. gan banner yg agan pasang salah yg benar di sini http://ksatria-fantasy.blogspot.com/p/tukar-bannerlink.html

  3. Aku suka artikelnya, terima kasih kunjungannya.

  4. @all, terimakasih kawan :)

  5. Infonya sangatlah berguna Gan,Serui gudangnya nyamuk malaria.Disave dulu yach sambil mencari tanaman anti nyamuk yg tumbuh disini!

  6. @Er'end, ok kawan.Trims ya :)salam sukses untuk SERUI

  7. ternyata ada juga ya tanaman yang bisa usir nyamuk,

  8. wah, kalo buat lotion anti nyamuk pasti hebat tuh :)

  9. ternyata tanaman anti nyamuk banyak macamnya ya ..thanks infonya..

  10. bunga lavender itu yg dipake obat nyamuk oleh itu bukan Bang ?

  11. Baru aku tau bahwa lidah buaya juga bisa digunakan untuk penangkal nyamuk. Kebetulan di rumah ada sedikit lidah buaya.

    Thanks infonya ^_^

  12. Nice info Sobat
    Anti nyamuk alami
    Nampaknya Sudah saatnya kita kembali ke alam yang diciptakan Sang Maha untuk kepentingan hidup dan kehidupan manusian

  13. http://i39.tinypic.com/s2b29f.jpg> Wish you a very nice weekend. Hugs>

  14. wah perlu dicari nih tanamannya.. pake lotion ga mempan. parah nyamuk sekarang kebal". sepp infonya kang

  15. perlu di budi dayakan sob, biar gak ada nyamuk di rumah...

  16. Alhamdulillah dirumahku ada 1 dari 13 macam itu. Yaitu sereh.

  17. wah...ane baru tau kalo seray nlidah buaya bisa ngusir nyamuk...mantap banget infonya...soalnya keduannya tu yang paling mudah didapatkan..lha dibelakang rumah ane tuh banyak banget seray hahaha asek sekali....

  18. Kami menjual minyak atsiri/ Essensial Oil murni tanpa campuran sebagai parfume, aroma terapi, dll. Tersedia:

    Minyak Adas (Feuniculli Oil)

    Minyak Akar Wangi (Vetiver Oil)

    Minyak Akasia (Cassia Oil)

    Minyak Anis (Anise Oil)

    Minyak Bangle (Zingiber purpureum Oil)

    Minyak Bergamot (Bergamot Oil)

    Minyak Bulus

    Minyak Bunga Cengkeh (Clove Bud Oil)

    Minyak Bunga Matahari

    Minyak Cabe Biasa (Hot Chili Oil)

    Minyak Cendana Kupang (Kupang Sandalwood Oil)

    Minyak Cendana Papua (Papua Sandalwood Armyris)

    Minyak Citrus (Citrus Oil)

    Minyak Coklat (Cacao Oil)

    Minyak Daun Cengkeh (Clove Leaf Oil)

    Minyak Daun Jeruk Purut (Kaffir Lime Oil)

    Minyak Dlingu (Calamus Oil)

    Minyak Eucaliptus

    Minyak Floral (Floral Oil)

    Minyak Gagang Cengkeh (Clove Stem Oil)

    Minyak Gandapura (Wintergreen Oil)

    Minyak Gingseng

    Minyak Habatussadah

    Minyak Jahe (Fresh Ginger Oil)

    Minyak Jarak (Castor Oil/ Oleum Ricini)

    Minyak Jeruk Lemon

    Minyak Jeruk Nipis

    Minyak Jeruk Orange

    Minyak Jinten (Black Cummin Oil)

    Minyak Jojoba

    Minyak Kamboja (Frangipani Oil)

    Minyak Kanthil (Magnolia Oil)

    Minyak Kapulaga (Cardamom Oil)

    Minyak Kayu Manis (Cinnamon Oil)

    Minyak Kayu Putih (Cajupot Oil

    Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil)

    Minyak Kemangi Eropa (Sweet Basil Oil)

    Minyak Kemangi Hutan (Shrubby basil Oil)

    Minyak Kemangi Sayur (Basil Oil)

    Minyak Kemiri

    Minyak Kemukus (Cubeb Oil)

    Minyak Kenanga (Cananga Oil)

    Minyak Kencur (Caemferia Galanga Oil)

    Minyak Ketumbar (Coriander Oil)

    Minyak Kilemo (Litsea Cubeba Oil)

    Minyak Kopi (Coffee Oil)

    Minyak Krangean Cubeb Linea Oil)

    Minyak Kunyit (Turmeric Ol)

    Minyak Kunyit Putih (Caferia Rotunda Oil)

    Minyak Lada Hitam (Black Pepper Oil)

    Minyak Lavender (Lavender Oil)

    Minyak Lengkuas (Alpina Galanga Oil)

    Minyak Lily (Lily Oil)

    Minyak Massoi (Massoi Bark Oil)

    Minyak Mawar (Rose Oil)

    Minyak Melati (Jasmine Oil)

    Minyak Mint (Peppermint Oil)

    Minyak Nilam (Patchaoli Oil)

    Minyak Pala (Nutmerg Oil)

    Minyak Panili (Vanili Oil)

    Minyak Pini

    Minyak Sedap Malam (Tuberose Oil)

    Minyak Selasih (Ocinum bas. grasst. Oil)

    Minyak Sereh Dapur (Lemongrass Oil)

    Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil)

    Minyak Sirih (Piper Betle Oil)

    Minyak Strawbery (Strawberry Oil)

    Minyak Tea Tree (Tea Tree Oil)

    Minyak Temu Ireng (Curcuma Aeroginosa Oil)

    Minyak Temu mangga (Curcuma Mangga Oil)

    Minyak Temulawak (Curcuma Xanthoriza Oil)

    Minyak The hijau (Green Tea Oil)

    Minyak Wijen (Sesame Oil)

    Minyak Ylang-Ylang (Ylang-Ylang Oil)

    Minyak Zaitun (Olive Oil)

    Minyak Zodia (Zodia Oil)

    Sweet Orange Oil


    www.eterisnusantara.co.id
    eterisnusantara@yahoo.com
    02743009181
    085729611636 (Mobile)
    CS: 9246001 (Hanya Melalui SMS)

    Kami online selama 24 jam 7 hari seminggu

  19. wah didekat tempat tinggal saya ada kecombrang tuh,lumayan nih bisa buat anti nyamuk,maksih infonya pak,salam sehat.

  20. NF says:

    Lidah buaya memang banyak khasiatnya ya selain untuk jerawat juga bisa kalau di makan dagingnya bisa menyembuhkan banyak penyakit

  21. Anonymous says:

    nyari geranium dimana yaa ??

New comments are not allowed.
belajar komputer
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend

http://www.wikio.com
Personal
All Traveling Sites

Local Blogs