Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?


Moto G at Lazada
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Aneka Burung Langka Yang Ada di Pulau Sulawesi (part 2)

tularosa | 6 komentar

Ternyata di Sulawesi ada Burung Iblis yang langka dan misterius, bahkan oleh para ahli burung ini dijuluki dengan nama Setan Malam Bertelinga dan Kejam. Burung ini termasuk salah satu dari berbagai macam Burung Langka Endemik Sulawesi, yang hanya bisa ditemukan di habitat aslinya di Pulau Sulawesi.

Artikel ini merupakan artikel lanjutan kedua dari artikel pertama dengan judul Aneka Burung Langka Yang Ada di Pulau Sulawesi (part 1).
Adapun keterangan mengenai burung Iblis dan aneka burung langka lainnya dapat anda temukan dan bacadibawah ini sebagaimana data yang telah dirangkum sebagai berikut :

1. BURUNG RANGKONG JULANG SULAWESI
Burung Rangkong tergabung dalam marga Bucerotidae, dalam bahasa Inggris disebut Horbbill, di Indonesia dikenal juga sebagai Julang, Enggang, dan Kangkareng. Burung Rangkong atau Enggang , tergolong jenis burung di lindungi oleh Peraturan Pemerintah RI (PP No 7 Tahun 1999).
Burung ini terdiri dari 57 spesies yang tersebar di Benua Asia dan Benua Afrika, 14 jenis di antaranya terdapat di Negara Indonesia, dan 3 jenis adalah termasuk Burung endemik Indonesia, alias hanya hidup di habitatnya di Indonesia.

Dari ketiga jenis burung Rangkong endemic Indonesia tersebut, dua jenis merupakan Rangkong endemic Sulawesi, yaitu
(pertama ) Rangkong Sulawesi atau Julang Sulawesi Ekor Hitam (Rhyticeros Cassidix), biasa juga disebut Rangkong Buton, Burung Taon atau Burung Allo.
(kedua) Julang Sulawesi Ekor Putih atau Kangkareng Sulawesi (Penelopides exarhatus

Ciri-cirinya Burung Rangkong adalah , memiliki ciri khas berupa paruh yang sangat besar menyerupai tanduk, makanya disebut marga “Bucerotidae” (bahasa Yunani) yang artinya adalah “Tanduk Sapi”. Dimensi ukuran tubuh Rangkong Indonesia sekitar 40 – 150 cm, dengan rberat mencapai 3.6 Kilogram. Warna bulu Rangkong umumnya didominasi oleh warna hitam (bagian badan) dan putih pada bagian ekor. Sedangkan warna bagian leher dan kepala cukup bervariasi, kemudian suara dari kepakan sayap dan suara “calling”, seperti yang dipunyai Rangkong Gading (Buceros vigil) dengan “calling” seperti orang tertawa terbahak-bahak dan dapat terdengar hingga radius 3 Km.

Makanan utamanya adalah buah-buahan dan binatang kecil seperti kadal, kelelawar, tikus, ular serta berbagai jenis serangga.

Penyebaran Burung Rangkong tmulai dari daerah sub-sahara Afrika, India, Asia Tenggara, New Guinea dan Kepulauan Solomon Sebagian besar hidup di hutan hujan tropis. Rangkong banyak ditemukan di daerah hutan dataran rendah dan perbukitan (0 – 1000 m dari permukaan laut)

2. BURUNG TAKTARAU IBLIS
Burung Taktarau Iblis, wow seram banget namanya. Memang burung ini kesannya misterius, mungkin karena sangat sulit dijumpai, karena burung ini suka hidup berisitrahat di sela-selat lumut dan daun paku yang lebat, sehingga sulit ditemukan, meskipun pada siang hari.Bahkan burung ini juga aktif mencari makan pada malam hari dan memiliki kemampuan menyamarkan diri dengan lingkungan sekitarnya. Burung ini termasuk endemik Sulawesi, alias hanya bisa ditemukan di habitatnya di Sulawesi dan berada dalam daftar hewan yang terancam punah dengan status rentan (vulnerable)oleh IUCN Red List of Threatened Species.

Masyarakat lokal lembah Napu di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah menyebut burung ini Toroku yang berarti Pencabut Mata. Sedangkan dalam bahasa Inggris namanya adalah Eared Nightjar, Heinrich’s Nightjar dan Satanic Eared Nightjar (atau Setan Malam Bertelinga), ngeri tuch. Dan nama latinnya adalah Eurostopodos Diabolicus, yang kalau di Indonesiakan artinya adalah Kejam.,

Burung ini pertama kali diketahui secara ilmiah pada tahun 1931 di kaki Gunung Klabat, daerah Semenanjung Minahasa Sulawesi Utara. Kemudian setelah sekian puluh tahun tidak dijumpai, ditemukan lagi pada tahun 1993 dan kemudian 1996 di Sulawesi Tengah, tepatnya di kawasan Taman Nasional Lore Lindu,dan kembali terlihat di Minahasa tahun 2000. terakhir teridentifikasi di Tinombala tahun 2002.

Ciri-ciri burung ini adalah, ukurannya kurang lebih 27cm, tampilan gelap, dengan pita tenggorokan merah karat pucat. Tanda bintik putih yang tidak menyolok terdapat pad bulu primer ke empat (dihitung dari sayap luar). Ekornya tidak ada warna putihnya.

Spesies burung yang mirip dengan Burung Taktarau Iblis adalah Burung Taktarau Tutul (Eurostopodus argus/Spotted Nightjar) di Nusa Tenggara Timur, Taktarau Besar (Eurostopodus macrotis/Great Eared Nightjar) di Sub kawasan Sulawesi dan kep. Sula, Cabak Kelabu (Caprimulgus indicus/Grey Nightjar yang ada di Halmahera Maluku Utara, Cabak Maling (Caprimulgus macrurus/Large-Tailed Nightjar) di Maluku, Nusa Tenggara hingga pulau-pulau di laut Flores, Cabak Sulawesi (Caprimulgus celebensis/Sulawesi Nightjar) ada di sulawesi dan kep. Sula, Cabak Kota (Savana Nightjar/Caprimulgus affinis) yang ada di wilayah Sulawesi kecuali bagian utara, Nusa Tenggara.

Makanannya adalah serangga, diperoleh dengan cara menyerang secara mendadak dari tanah atau dari tempat-tempat ketinggian yang tersembunyi, atau sebaliknya dengan sabar menanti sambil menunggu waktu yang tepat sambil terbang ringan melayang melewati kawasan hutan dan lahan terbuka, cermat mengawasi calon korban yang lengah.

3. BURUNG JALAK TUNGGIR MERAH
Burung jalak Tunggir Merah (Scissirostrum dubium ) juga dikenal sebagai Myna Grosbeak, Grosbeak Starling, atau Scissor-billed Starling, adalah spesies jalak dalam keluarga Sturnidae. Ini adalah monotypic dalam Scissirostrum genus. Burung ini populasi habitat aslinya adalah endemik Pulau Sulawesi, Indonesia.

Habitat alami adalah tropis dataran rendah, dan pegunungan kadang-kadang subtropis, kawasan hutan dan lahan basah berhutan ringan.

Spesies ini bersarang di koloni dengan jumlah yang kadang mencapai ratusan pasang. Sarang batang pohon mati .
Makanannya buah, serangga, dan biji-bijian.

Daerah sebaran burung ini adalah di Sulawesi termasuk Bangka, Lembeh, Butung, Togian Apakah., Peling Apakah, dan. Banggai.

4. BURUNG KIPASAN SULAWESI
Burung Kipasan Sulawesi (Rhipidura teysmann), adalah spesies burung dalam keluarga Rhipiduridae. Burung ini adalah burung dengan populasi habitatnya endemik Pulau Sulawesi, Indonesia, alias hanya dapat ditemukan di tempat asalnya yang asli yaitu di Pulau Sulawesi.
Burung ini juga biasa disebut dengan nama, The Rusty-bellied Rhipidura teysmanni, Rusty-bellied Fantail, Kipasan Sulawesi Fantail.




5. BURUNG CIKARAK SULAWESI
Burung Cikarak Sulawesi (Myza Celebensis) termasuk dalam spesies keluarga burung Meliphagidae. Burung ini populasi habitatnya adalah endemik Sulawesi, alias hanya bisa ditemukan di Pulau Sulawesi. Kata Celebensis, diambil dari kata Celebes, yakni nama Pulau Celebes atau Pulau Sulawesi. Burung ini juga dengan nama Dark-Myza Celebensis atau Dark-Eared Myza.





6. BURUNG ANISBENTET SANGIHE
Burung Anisbentet Sangihe (Colluricincla sanghirensis), adalah spesies burung dari keluarga Colluricinclidae., dalam Bahasa Inggris burung ini disebut dengan nama Sangihe Shrike-thrush.

Burung ini diketahui merupakan endemik Sulawesi, atau hanya bisa ditemukan di habitat aslinya di Pulau Sulawesi, Indonesia, tepatnya di Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara. Dimana habitat populasinya burung ini sudah menurun dalam cakupan dan kualitas populasi semakin kecil dan terus berkurang jumlahnya . Karena situasi populasi yang mengkhawatirkan itu maka burung ini diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah.

Ciri-ciri burung ini adalah, ukurannya menengah sekitar 17cm, warna Coklat Olive pada bagian atas, coklat tua pada bagian bahu dan bawah punggung. Pada bagian bawahnya lagi coklat kepucatan, kekaratan pada perut. Kaki hitam. Coklat zaitun pada sekitar kuning tenggorokan. Suaranya keras, nadanya seperti lagu dengan banyak pengulangan dan lembut, bunyinya kedengaran seperti Chweep…chweep..chweep.
Populasinya mungkin akan sangat rendah jumlahnya (mungkin kurang dari 100 burung) mengingat daerah kecil habitat yang tersisa,dan kebanyakan dijumpai di Gunung Sahendaruman dan Gunung Sahengbalira.

| Bahan | Materi | Dari | Berbagai | Sumber | dan | Browsing | DUG8Y6832VNZ |

Category : ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

6 komentar

  1. Artikel bagus sekalih..izin sharing..trima kasih

  2. Wah... sama seperti burung khas kalimantan bos...
    kalo burung rangkong biasa kami sebut burung enggang cuman disini enggang gading yg terkenal dan merupakan ikon khas kalimantan pada umumnya. ternyata di sulawesi ada juga ya.. burung enggang... saya kira itu burung cm di kalimatan aja yg ada.. sip..sip... nice posting bos..

  3. AreL says:

    Wahh... bagus-bagus burungnya...
    Sulawesi is a beautiful island...
    :)

  4. kapan ya bisa maen ke sulawesi untuk melihat burung langka dan unik seperti ini.....

    Indah banget ya burungnya,
    pasti mpulaunya lebih indah,
    begitu juga penduduknya....

  5. Wah udah ada burung Maleo beluM?? bagus juga tuh.. n langka..

  6. bagus-bagus yach burung ini, memang negara kita kaya akan aneka satwa apalagi burung yang unik ini.

    salam sukses sobat

New comments are not allowed.

6 komentar

  1. Artikel bagus sekalih..izin sharing..trima kasih

  2. Wah... sama seperti burung khas kalimantan bos...
    kalo burung rangkong biasa kami sebut burung enggang cuman disini enggang gading yg terkenal dan merupakan ikon khas kalimantan pada umumnya. ternyata di sulawesi ada juga ya.. burung enggang... saya kira itu burung cm di kalimatan aja yg ada.. sip..sip... nice posting bos..

  3. AreL says:

    Wahh... bagus-bagus burungnya...
    Sulawesi is a beautiful island...
    :)

  4. kapan ya bisa maen ke sulawesi untuk melihat burung langka dan unik seperti ini.....

    Indah banget ya burungnya,
    pasti mpulaunya lebih indah,
    begitu juga penduduknya....

  5. Wah udah ada burung Maleo beluM?? bagus juga tuh.. n langka..

  6. bagus-bagus yach burung ini, memang negara kita kaya akan aneka satwa apalagi burung yang unik ini.

    salam sukses sobat

New comments are not allowed.
Fatbirder's Top 1000 Birding Websites
Google PageRank
ASEAN Blogger belajar komputer

celoteh backpacker Warung Blogger Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

KPK BAGUS
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend