Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Alhamdulillah, Buka Puasa Hari Pertama dan Sholat Tarawih Di Malam Kedua Ramadhan

Hariyanto Wijoyo | 84 komentar

dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.”
[HR. Bukhari dan Muslim]

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger sedunia.
Senja perlahan memerah di ufuk barat di hari pertama Bulan Suci Ramadhan, matahari dengan sinar kuning keemasan berpendar di manzilahnya yang kemudian tenggelam di ufuk barat. Seiring itu terdengar suara adzan Maghrib dari pengeras suara Masjid Miftahul Khayr memenuhi langit Kota Makassar, memanggil hamba-hamba ALLAH yang sehari penuh berjuang melawan hawa nafsunya demi mengharapkan ridho-NYA , dan di Bulan Suci Ramadhan ini, panggilan tersebut juga sebagai penanda telah tiba waktunya untuk berbuka puasa.

Maka bersegeralah hamba-hamba ALLAH dengan wajah-wajah bahagia penuh suka cita memenuhi panggilan itu, termasuk saya dan keponakan-ku yang bernama Muhammad Aryo Wisnu. Bahagia dan suka cita karena merasa senang atas nikmat yang diberikan oleh ALLAH kepada mereka, yaitu bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, karena betapa banyak manusia yang tidak memperoleh nikmat tersebut sehingga mereka tidak berpuasa di bulan suci Ramadhan ini. Juga bahagia dan sukacita atas makanan, minuman dan jima’ yang kembali dihalalkan ALLAH bagi mereka setelah sebelumnya diharamkan pada saat melakukan ibadah puasa.
Dan kebahagiaan serta sukacita saat kelak bertemu dengan RABB-nya dan mendapatkan balasan atas pahala ibadah puasa mereka yaitu dengan masuk kedalam surga-NYA melalui Pintu ar-Rayyan yang tidak akan dimasuki oleh seorangpun selain mereka yang melakukan ibadah puasa.

Muhammad Aryo Wisnu dan Jamaah Masjid Miftahul Khayr Saat Berbuka Puasa

Jamaah Anak-Anak Masjid Miftahul Khayr

Alhamdulillah, kami-pun para jamaah Masjid Miftahul Khayr buka puasa bersama di hari pertama Bulan Suci Ramadhan ini, sambil menikmati sajian sederhana yang disediakan oleh pengurus masjid. Menu yang disajikan, selain disediakan oleh pengurus Masjid Miftahul Khayr, juga ada berupa sumbangan kue-kue dari para jamaah yang berdomisili di sekitar masjid. Para jamaah yang terdiri dari Bapak-bapak dan Ibu-ibu serta tidak ketinggalan dari jamaah anak-anak seakan tidak mau ketinggalan menikmati menu buka puasa yang penuh barokah itu, sebelum akhirnya kamipun melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah.

Berbicara mengenai berbuka puasa, maka sebagai pengingat bagi kita, terutama bagi diri saya sendiri, saya akan mencoba menampilkan di sini catatan sederhana mengenai adab-adab berbuka puasa, yang sebaiknya kita perlu ketahui. Agar kita , terutama diri saya sendiri dapat terhindar dari perbuatan tercela dan salah memahami tentang berbuka puasa yang sebenarnya.


Adapun adab berbuka puasa yang dianjurkan untuk kita lakukan agar saat berbuka puasa mendatangkan pahala bagi kita adalah sebagai berikut :

  • Segera Berbuka Puasa Begitu Masuk Waktu Maghrib.
Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka”
[HR. Bukhari, no. 1957 dan Muslim, no. 1093]
Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengerjakan shalat Maghrib hingga berbuka puasa kendati hanya dengan seteguk air.”
[HR. Tirmidzi]

  • Berbuka Puasa Dengan Kurma ,Air Atau Menu Sederhana.

Tidak seperti yang kebanyakan terjadi di zaman sekarang, sebahagian besar dari kita saat berbuka puasa kebanyakan mengkonsumsi makanan berat hingga super berat, serba lengkap mulai dari makanan pembuka, menu utama hingga pencuci mulut.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat menganjurkan pelaksanaan berbuka puasa sesederhana mungkin, supaya terhindar dari celaan dan pengaruh perangai syaiton. Dengan demikian berbuka puasa tidak diharuskan dengan persiapan makanan minuman yang jumlahnya berlimpah, jenis yang beragam, harga yang mahal dan pada akhirnya terbuang percuma seperti banyak ditemui dalam sebahagian acara-acara berbuka puasa bersama yang sering dilakukan saat ini.
Sementara yang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam contohkan sangatlah sederhana, yakni berbuka puasa hanya dengan makan kurma beberapa biji, tiga, lima atau tujuh, atau hanya beberapa teguk air saja.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan beberapa biji ruthab (kurma masak yang belum jadi tamr) sebelum shalat Maghrib; jika tidak ada beberapa biji ruthab, maka cukup beberap biji tamr (kurma kering); jika itu tidak ada juga, maka beliau minum beberapa teguk air.”
[HR. Abu Dawud dan Tirmidzi.]

  • Berdoa Ketika Berbuka Puasa

Hendaknya kita selalu berdoa saat berbuka puasa, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Dahulu apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah berbuka puasa, beliau biasa berdoa dengan,
“Dzahaba zh- zhama-u wabtallatil ‘uruuqu, wa tsabatal ajru insyaa Allah.”
Artinya: “Telah hilang rasa haus dahaga, dan urat-urat telah basah, dan pahala akan kita peroleh, insyaa Allah.”
[HR. Abu Daud (II/306) (no.2357) dan yang lainnya. Lihat Shahihul Jami’ (IV/209) (no.4678)]
Dari Abu Hurairah ra berkata, bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Tiga orang yang do’anya tidak ditolak, do’a orang yang shaum sampai ia berbuka, do’a pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizhalimi, ALLAH mengangkat-nya di atas mega. Dan ALLAH membukakan bagi-nya pintu-pintu langit, dan berfirman, demi kemuliaan-KU, AKU akan menolong-mu walaupun sampai akhir zaman.
[HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah]

  • Ucapkan Bismillah Sebelum Makan Berbuka Puasa

Dengan mengucapkan Bismillah maka apa yang kita makan akan menjadi barokah bagi kita dan menuai kebaikan yang banyak.
Dari ‘Aisyah (ra), Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala (yaitu membaca ‘bismillah’). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirahu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.”
[HR. Abu Daud no. 3767 dan At-Tirmidzi no. 1858]

  • Memberi Makan Orang Yang Berpuasa Saat Berbuka Puasa

Berlomba-lombalah memberi makan kepada orang yang berpuasa, bilamana waktu berbuka puasa telah tiba. Karena ALLAH menjanjikan pahala sebesar pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun.
Barangsiapa memberi buka kepada orang yang berpuasa, dia mendapatkan semisal pahala mereka, tanpa mengurangi pahala-pahala mereka sedikitpun.
[HR. Ahmad; Tirmidzi, Ibnu Majah; dan Ibnu Hibban]

  • Mendoakan Orang Yang Memberi Makan Berbuka Puasa

Jikalau ada yang memberi kebaikan atau kepada kita, maka balaslah dengan kebaikan yang serupa pula. Misalkan ketika diberi makan berbuka puasa, jika kita tidak mampu membalas kebaikannya dengan memberi yang serupa, maka doakanlah ia dengan tulus dan ikhlas.
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang memberi kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika engkau tidak dapati sesuatu untuk membalas kebaikannya, maka do’akanlah ia sampai engkau yakin engkau telah membalas kebaikannya.”
[HR. Abu Daud no. 1672 dan Ibnu Hibban 8/199]
Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi makanan dan minuman saat berbuka puasa, beliau menghadapkan wajahnya kelangit dan berdoa mengucapkan :
“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqaanii”
Yang artinya ; "Ya ALLAH, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepada-ku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepada-ku”

[HR. Muslim no. 2055]

  • Berdoa Sesudah Makan Berbuka Puasa

Apabila sebelum makan berbuka puasa kita dianjurkan berdoa dan membaca bismillah, maka tentunya sesudah makan berbuka puasa kita dianjurkan membaca doa. Dan di antara doa yang shahih yang dapat diamalkan dan memiliki keutamaan luar biasa adalah doa yang diajarkan dalam hadits berikut.
Dari Mu’adz bin Anas, dari ayahnya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: “Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa razaqaniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin”
Yang artinya; "Segala puji bagi ALLAH yang telah memberi-ku makanan ini, dan merizkikan kepada-ku tanpa daya serta kekuatan dariku", maka diampuni dosanya yang telah lalu.”
[HR. Tirmidzi no. 3458]

Kesalahan Yang Biasa Terjadi Saat Berbuka Puasa

a. Tidak segera berbuka puasa, padahal waktunya telah tiba.
b. Menanti waktu berbuka puasa dengan kegiatan yang sia-sia, bahkan melanggar syariat, misalnya ngabuburit, istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan kegiatan menanti waktu berbuka puasa. Jika isi kegiatan adalah hal positif yang tidak melanggar syariat, tentunya tidak  mengapa. Namun, kebanyakan ngabuburit sekarang yang dilakukan ternyata banyak mengandung hal yang sia-sia atau bahkan melanggar syariat, hingga lupa saat ngabuburit itu kita masih dalam keadaan berpuasa, sehingga melakukan hal yang bisa membuat makruh bahkan membatalkan puasa. Misalnya, berduaan dengan non muhrim, menonton hal yang berbau maksiat, menonton konser musik dengan berdesak-desakan dan masih banyak lagi .
c. Makan dan minum dengan berlebihan.
d. Melalaikan shalat maghrib.



Malam-pun telah tiba, gelap menyelimuti langit luas kota Makassar, dan malam ini adalah malam kedua bulan suci Ramadhan. Kembali terdengar lantunan adzan dari pengeras suara Masjid Miftahul Khayr memanggil hamba-hamba ALLAH untuk menghadap-NYA. Dan di malam ini pula, selain menunaikan Sholat Wajib Isya, hamba-hamba ALLAH para pengejar ridho-NYA akan melaksanakan salah satu amalan bulan suci Ramadhan, yaitu Sholat Tarawih Berjamaah yang sebelumnya akan didahului dengan ceramah tarawih.

Masjid yang terletak di Jalan Sungai Walanae, Kelurahan Maricaya Baru, kota Makassar ini, mulai ramai dengan para jamaah-nya yang datang memenuhi panggilan-NYA. Dan usai sholat wajib Isya, subhanallah, para jamaah Masjid Miftahul Khayr masih setia duduk menanti siraman rohani ke-Islaman dari penceramah, yang kebetulan di malam kedua bulan suci Ramadhan ini, ceramah tarawih di isi oleh Ustadz Professor Muhammad Natzir.

Selepas ceramah tarawih, maka para jamaah-pun bersiap-siap melaksanakan sholat tarawih berjamaah sebanyak delapan rakaat ditambah tiga rakaat sholat sunnah Witir. Dan sebagaimana kita ketahui, para ulama sepakat bahwa sholat tarawih hukumnya adalah sunnah (dianjurkan). Bahkan menurut ulama Hanafiyah, Hanabilah, dan Malikiyyah, hukum sholat tarawih adalah sunnah mu’akkad (sangat dianjurkan). Sholat ini dianjurkan bagi laki-laki dan juga perempuan. Sholat tarawih merupakan salah satu bahagian dari syi’ar Islam. Tak terasa waktu-pun bergulir cepat , namun ini adalah awal dari  perjalanan panjang perjuangan melawan hawa nafsu.




Inilah sebuah catatan kecil adab ketika berbuka puasa. Saya berharap catatan sederhana ini bermanfaat bagi yang membaca-nya, terutama bagi diri saya sendiri, dan bisa diamalkan dan semoga Bulan Suci Ramadhan kita penuh dengan limpahan kebaikan dan keberkahan-NYA. Semoga ALLAH Subhanahu wa Ta'ala senantiasa melimpahkan lindungan-NYA dan kekuatan-NYA hingga kita semua dapat mencapai hari kemenangan sebagaimana yang dijanjikan-NYA. Aaamiinn.

Category : , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

84 komentar

  1. senang sekali rasanya ya sob, jika pada waktu berbuka kita bisa bersama-sama, terlebih dengan org ^ yg kita sayangi....
    sangat bagus dan menyentuh sekali sobat.
    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Mohon Ma'af lahir batin
    Semoga Ibadah Puasa yang kita jalani akan menjadikan momentum nagi kita utk menjadi yg terbaik
    terima kasih
    salam ramadlon

  2. wahh,,
    asik jg yahh,,,

  3. aamiiin,
    keindahan ramadhan selalu membawa kesan khas tersendiri yang tak dapat dijumpai di bulan lain
    met berpuasa bang dan makasih sharenya :)

  4. Amin, tdk terasa akhirnya sampai di bulan penuh berkah ini. Mohon maaf lahir dan batin ;)

  5. Semangat puasanya, semoga lancar sampai akhir. hehe ^_^b
    hmm, btw ngabuburit yg melanggar syariat yg kayak gimana? :/

  6. hehe.. rame bner dah.. :D saya ngikut aja deh.. :D

  7. semoga diberi kekuatan/kesehatan selama menjalankan ibadah puasanya.
    salam

  8. moga mendapar keberkatan bersama ^^

  9. SEnangnya mengerjakan segala amalan di bulan Ramadhan, rupanya tinggal di sekitar MAricaya ya PAk,Salam

  10. Sungguh sangat menyenangkan sekali saat2 berbuka solat tarwih bersama.. Trimakasih gan atas pencerahan hadist nya di atas semoga dapat lebih memperkuat keimanan kita bersama.

  11. artikel bagus sob semoga rahmadan tahun ini membawa berkah

  12. Terima kasih atas pencerahannya. Saya setuju kalau berbuka puasa sebaiknya sederhana saja.

  13. indahnya kebersamaan :D marhaban ya Ramadha sahabat2 blogger

  14. Kisah berbuka yg mebyenangkan hati yang bang..trima kasih jg share pengetahuannya tentang adab berbuka.. :)

  15. indahnya kebersmaan yh sobat :)

  16. Makasih sob tipsnya, untuk mengingatkan diri saya :)

  17. acaranya sangat mengasyikkan,.
    met berbuka puasa mr. :)
    semoga ibadah puasa kita diterima Allah.. aamiin..

  18. kalau saya nunggu saat berbuka, masak2 menu buat berbuka, jadi didapur memasak,,, dan setelah matang saat berbukapun tiba,,,

    bahagia rasanya...

    itu berbuka bersama sungguh menyenangkan kelihatannya :)

  19. wah asyik nih bukber di mesjid ya bang, buka puasa rame-rame memang selalu mengasikan, kenangan kebersamaan yang sulit dilupakan :)

  20. met malam sobat dan selamat menjalankan ibadah puasa

  21. met sahur gan
    Sungguh nikmat rasanya kala berbuka puasa
    Serasa makan apapu dan minum apapun enak di mulut
    Selamat menjalankan ibadah puasa kawan

  22. Sahur bos. Jangan lupa bangun. hehehe, met puasa

  23. Anonymous says:

    Met beribadah puasa,,,
    terimakasih ats kerja samanya...
    sukses sllu.

  24. kalau ngabuburit nya ngeblog, boleh nggak om ?

  25. yang kesalahan berbukan, point b itu perlu di camkan dan di tanamkan tu ya bang, muda mudi nie harus tau, ehm. makasih nie sudah mengingatkan. :D

  26. Semoga kita terhindar dari perbuatan yang sia-sia selama bulan puasa ini,barokalloh pencerahannya Gan,amin.

  27. Kommplit sekali Ulasannya perihal Berpuasa Om.
    Senang ngelihat suasana berbuka bersamanya. Makasih ya Om, kami dapat penyiraman Hati.

  28. Senangnya hati ini beribadah di bulan suci ini..

  29. evi says:

    Pada bagian berbuka dng sederhana, setuju sangat Pak. di negara kita sdh jadi catatan tersendiri, tiap bulan puasa inflasi meningkat di sektor sandang pangan. berpuasa hendaknya juga menahan diri dari melepas selera malam hari
    begitu pula saat hari raya, yah yg sederhana sajalah..yg pentingkan silaturahim dng keluarga :)

  30. Barokallohulakum, semoga ibadah puasa kita lancar dan berpahala... Amin ^_^

  31. Alhamdulillah...amalan di bulan mulia

  32. Selamat menjalankan ibadah puasa sob

  33. Selamat menjalankan ibadah puasa sob.

  34. selamat menjalankan ibadah puasa ya.. smoga hati dan langkah kita semakin ringan untuk berbuat amal kebaikan.. :)

  35. alhamdulillah sampai sekarang masih lulus puasanya tapi terawehnya masih blom neh karena kurang enak badan alias batuk2 mulu (*malu sayah)

  36. Popi says:

    saat yg paling menyenangkan di bulan puasa adalah saat berbuka, terus katanya acara TV favorit pada bulan puasa adalah Adzan Magrib! :D
    btw...doa berbuka itu, dulu saat aku kecil engga seperti itu bunyinya. Dan kebanyakan anak2 sudah tanggung dikasih doa "Allahumma Kasumtu..."
    Dan saya baru tau dari Radio Fajri FM bahwa doa berbuka yg sahih itu seperti yg ditulis di atas!

  37. Kok malem kedua baru traweh? Hehehe, ikutan sidang isbat eaa, sob? Mo bilang, met puasa Sob! Muga puasa kita bener2 puasa! Aamiin..

  38. buka bersama seperti gambar di atas rasanya memang sangat nikmat ya pak....:)

    selamat berpuasa ya...

  39. Suasana kebersamaannya sangat indah ya, Om. :)
    Anak2 kecilnya banyak. :)

  40. Saya sangat suka membaca hadistnya. Terimakasih atas ilmunya bisa untuk bekal dalam perjalanan ibadah puasa selama sebulan ini.

  41. terimakasih telah mendoakan ibu saya ya sobat ^_^

  42. Elsa says:

    senang sekali melihat anak anak meramaikan masjid...
    subhanallaaah

  43. Senangnya melihat suasana buka puasa diatas. Makasi ya sudah berbagi cerita dan ilmunya, merasa tercerahkan nih :)

  44. Alhamdulillah rame ya mas Tarawihnya :D

  45. infahnya dibulan ramadhan

  46. Mudah2an bulan Ramadhan ini lebih baik dari tahun kemarin ya mas...Terimakasih atas ilmu yang sudah dibagikan disini, menjadi pengingat agar berpuasa dengan lebih baik lagi ^_^

  47. Selamat menjalankan ibadat puasa.

  48. semoga puasanya sampe full ya gan :)

  49. iya buka puasa harus sederhana... biar tidak terjadi inflasi .... yang penting adalah sebuah kebersamaan...

  50. semoga kita bila melewati Pintu ar-Rayyan bersama-sama ya sob :D

  51. Sungguh menyenangkan memang bila setelah berpuasa kita berbuka bersama sama kerabat dan handaitolan walaupun dengan menu berbuka puasa itu seadanya rasa kekeluargaan,rasa iabadah shiyaam ramadhan terasa lengkap.

  52. Alhamdulillah hari pertama buka puasa saya masih sempat dirumah, walaupun kerja tapi saya sempatkan sewaktu istirahat untuk pulang dulu kerumah...

    untuk tarawih saya baru bisa melaksanakan pada hari ke tiga puasa... :( . tapi alhamdulillah saya masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk melaksanakannya... ^_^

  53. Waduh kelihatanya rame dan penuh dgn kerbersamaan

  54. Anonymous says:

    saya baru sempat tarawih tiga kali. yang keempat dan seterusnya kemungkinan bolong-bolong.
    mudah-mudahan dikuatkan, bisa tarawehan terus.

  55. alhamdulillah daeng, selamat berpuasa yach daeng...

  56. Semoga Puasa tahun ini akan lebih baik lagi daripada tahun kemarin . Maaf lahir batin Sobat

  57. senang bisa mengetahui banyak anak anak yang ikut berpartisipasi.. semoga bisa hingga hari akhir mas ya :)

  58. . . met menjalankan ibadaha puasa kawan. smoga puasanya full ya?!? amieeeeeennn,, . .

  59. mantap, marhaban y ramadhan , puasa ane juga masih lancar lancar aja

  60. suasana yg selalu kita tunggu. Kita nantikan. Kini telah tiba... Selamat menunaikan ibadah puasa

  61. sampe hr ini masih bertaham tarawihnya..insya Allah strsnya. hmmm

  62. semangat terus melakukan kebaikan karena Allah.. :)
    aku mensupportmu pak.. :)

  63. suasana bulan ramadhan memang berbeda dengan bulan lainnya, semoga tambah kusyu taraweh dan puasa kita tahun ini.
    salam sehat bang.

  64. ucapkan. Alhamdulillah...

  65. Komplit Pak infonya, mmg Ramadhan membuat keteraturan tatanan kehidupan kita....
    smg berkah Ramadhan kali ini, Pak....

  66. hari hari Ramadhan terus berjalan,
    Jangan berhenti tuk slalu rangkai amalan,
    Tiap kebaikan kan digandakan,
    Hingga dapat menggapai ridho Ar Rahman.

  67. mampir lagi untuk menjalin silaturahmi

  68. Alhamdulillah bisa dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan..
    semoga ibadah kita dari hari ke hari semakin berkualitas, dan tetap semangat menjalaninya..:)

  69. Alhamdulillah di'
    ternyata mas hariyanto ini orang makassar..

    dari dulu saya bingung baca postingannya di sini. ternyata muncul dibawahnya -____-"
    walah...

  70. Memang terasa indah ya, klo bsa buka puasa bersama.

  71. Kunjungan siang sob.

  72. info aja bahasa inggrisnya puasa fasting he he aku juga baru tau he

  73. SC says:

    Berkunjung sob
    bagus artikelnya

  74. Hanya absen subuh lihat sahabat terbaik,happy blogging.

  75. selamat menunaikan ibadah puasa nih sob..
    Semangat ya...

  76. sepertinya lumayan ramai kang iia :) asik tuh kebersamaannya ;)

  77. Alhamdulillah, mampir kesini jadi banyak ilmu.. :)

  78. Thank you for sharing this post bro.

    By the way, thank you for the comment you left. Have a great day!

  79. Catatan penting yang sudah mengingatkan saya agar selalu berdoa ketika mau berbuka puasa,selamat berbuka puasa...

  80. Selamat menjalankan ibadah puasa gan
    Semoga lancar.
    Berbuka puasa bersama sangat mengenyangkan ada canda tawanya
    Jangan lupa taraweh biar lebih afdhol

New comments are not allowed.

84 komentar

  1. senang sekali rasanya ya sob, jika pada waktu berbuka kita bisa bersama-sama, terlebih dengan org ^ yg kita sayangi....
    sangat bagus dan menyentuh sekali sobat.
    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Mohon Ma'af lahir batin
    Semoga Ibadah Puasa yang kita jalani akan menjadikan momentum nagi kita utk menjadi yg terbaik
    terima kasih
    salam ramadlon

  2. wahh,,
    asik jg yahh,,,

  3. aamiiin,
    keindahan ramadhan selalu membawa kesan khas tersendiri yang tak dapat dijumpai di bulan lain
    met berpuasa bang dan makasih sharenya :)

  4. Amin, tdk terasa akhirnya sampai di bulan penuh berkah ini. Mohon maaf lahir dan batin ;)

  5. Semangat puasanya, semoga lancar sampai akhir. hehe ^_^b
    hmm, btw ngabuburit yg melanggar syariat yg kayak gimana? :/

  6. hehe.. rame bner dah.. :D saya ngikut aja deh.. :D

  7. semoga diberi kekuatan/kesehatan selama menjalankan ibadah puasanya.
    salam

  8. moga mendapar keberkatan bersama ^^

  9. SEnangnya mengerjakan segala amalan di bulan Ramadhan, rupanya tinggal di sekitar MAricaya ya PAk,Salam

  10. Sungguh sangat menyenangkan sekali saat2 berbuka solat tarwih bersama.. Trimakasih gan atas pencerahan hadist nya di atas semoga dapat lebih memperkuat keimanan kita bersama.

  11. artikel bagus sob semoga rahmadan tahun ini membawa berkah

  12. Terima kasih atas pencerahannya. Saya setuju kalau berbuka puasa sebaiknya sederhana saja.

  13. indahnya kebersamaan :D marhaban ya Ramadha sahabat2 blogger

  14. Kisah berbuka yg mebyenangkan hati yang bang..trima kasih jg share pengetahuannya tentang adab berbuka.. :)

  15. indahnya kebersmaan yh sobat :)

  16. Makasih sob tipsnya, untuk mengingatkan diri saya :)

  17. acaranya sangat mengasyikkan,.
    met berbuka puasa mr. :)
    semoga ibadah puasa kita diterima Allah.. aamiin..

  18. kalau saya nunggu saat berbuka, masak2 menu buat berbuka, jadi didapur memasak,,, dan setelah matang saat berbukapun tiba,,,

    bahagia rasanya...

    itu berbuka bersama sungguh menyenangkan kelihatannya :)

  19. wah asyik nih bukber di mesjid ya bang, buka puasa rame-rame memang selalu mengasikan, kenangan kebersamaan yang sulit dilupakan :)

  20. met malam sobat dan selamat menjalankan ibadah puasa

  21. met sahur gan
    Sungguh nikmat rasanya kala berbuka puasa
    Serasa makan apapu dan minum apapun enak di mulut
    Selamat menjalankan ibadah puasa kawan

  22. Sahur bos. Jangan lupa bangun. hehehe, met puasa

  23. Anonymous says:

    Met beribadah puasa,,,
    terimakasih ats kerja samanya...
    sukses sllu.

  24. kalau ngabuburit nya ngeblog, boleh nggak om ?

  25. yang kesalahan berbukan, point b itu perlu di camkan dan di tanamkan tu ya bang, muda mudi nie harus tau, ehm. makasih nie sudah mengingatkan. :D

  26. Semoga kita terhindar dari perbuatan yang sia-sia selama bulan puasa ini,barokalloh pencerahannya Gan,amin.

  27. Kommplit sekali Ulasannya perihal Berpuasa Om.
    Senang ngelihat suasana berbuka bersamanya. Makasih ya Om, kami dapat penyiraman Hati.

  28. Senangnya hati ini beribadah di bulan suci ini..

  29. evi says:

    Pada bagian berbuka dng sederhana, setuju sangat Pak. di negara kita sdh jadi catatan tersendiri, tiap bulan puasa inflasi meningkat di sektor sandang pangan. berpuasa hendaknya juga menahan diri dari melepas selera malam hari
    begitu pula saat hari raya, yah yg sederhana sajalah..yg pentingkan silaturahim dng keluarga :)

  30. Barokallohulakum, semoga ibadah puasa kita lancar dan berpahala... Amin ^_^

  31. Alhamdulillah...amalan di bulan mulia

  32. Selamat menjalankan ibadah puasa sob

  33. Selamat menjalankan ibadah puasa sob.

  34. selamat menjalankan ibadah puasa ya.. smoga hati dan langkah kita semakin ringan untuk berbuat amal kebaikan.. :)

  35. alhamdulillah sampai sekarang masih lulus puasanya tapi terawehnya masih blom neh karena kurang enak badan alias batuk2 mulu (*malu sayah)

  36. Popi says:

    saat yg paling menyenangkan di bulan puasa adalah saat berbuka, terus katanya acara TV favorit pada bulan puasa adalah Adzan Magrib! :D
    btw...doa berbuka itu, dulu saat aku kecil engga seperti itu bunyinya. Dan kebanyakan anak2 sudah tanggung dikasih doa "Allahumma Kasumtu..."
    Dan saya baru tau dari Radio Fajri FM bahwa doa berbuka yg sahih itu seperti yg ditulis di atas!

  37. Kok malem kedua baru traweh? Hehehe, ikutan sidang isbat eaa, sob? Mo bilang, met puasa Sob! Muga puasa kita bener2 puasa! Aamiin..

  38. buka bersama seperti gambar di atas rasanya memang sangat nikmat ya pak....:)

    selamat berpuasa ya...

  39. Suasana kebersamaannya sangat indah ya, Om. :)
    Anak2 kecilnya banyak. :)

  40. Saya sangat suka membaca hadistnya. Terimakasih atas ilmunya bisa untuk bekal dalam perjalanan ibadah puasa selama sebulan ini.

  41. terimakasih telah mendoakan ibu saya ya sobat ^_^

  42. Elsa says:

    senang sekali melihat anak anak meramaikan masjid...
    subhanallaaah

  43. Senangnya melihat suasana buka puasa diatas. Makasi ya sudah berbagi cerita dan ilmunya, merasa tercerahkan nih :)

  44. Alhamdulillah rame ya mas Tarawihnya :D

  45. infahnya dibulan ramadhan

  46. Mudah2an bulan Ramadhan ini lebih baik dari tahun kemarin ya mas...Terimakasih atas ilmu yang sudah dibagikan disini, menjadi pengingat agar berpuasa dengan lebih baik lagi ^_^

  47. Selamat menjalankan ibadat puasa.

  48. semoga puasanya sampe full ya gan :)

  49. iya buka puasa harus sederhana... biar tidak terjadi inflasi .... yang penting adalah sebuah kebersamaan...

  50. semoga kita bila melewati Pintu ar-Rayyan bersama-sama ya sob :D

  51. Sungguh menyenangkan memang bila setelah berpuasa kita berbuka bersama sama kerabat dan handaitolan walaupun dengan menu berbuka puasa itu seadanya rasa kekeluargaan,rasa iabadah shiyaam ramadhan terasa lengkap.

  52. Alhamdulillah hari pertama buka puasa saya masih sempat dirumah, walaupun kerja tapi saya sempatkan sewaktu istirahat untuk pulang dulu kerumah...

    untuk tarawih saya baru bisa melaksanakan pada hari ke tiga puasa... :( . tapi alhamdulillah saya masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk melaksanakannya... ^_^

  53. Waduh kelihatanya rame dan penuh dgn kerbersamaan

  54. Anonymous says:

    saya baru sempat tarawih tiga kali. yang keempat dan seterusnya kemungkinan bolong-bolong.
    mudah-mudahan dikuatkan, bisa tarawehan terus.

  55. alhamdulillah daeng, selamat berpuasa yach daeng...

  56. Semoga Puasa tahun ini akan lebih baik lagi daripada tahun kemarin . Maaf lahir batin Sobat

  57. senang bisa mengetahui banyak anak anak yang ikut berpartisipasi.. semoga bisa hingga hari akhir mas ya :)

  58. . . met menjalankan ibadaha puasa kawan. smoga puasanya full ya?!? amieeeeeennn,, . .

  59. mantap, marhaban y ramadhan , puasa ane juga masih lancar lancar aja

  60. suasana yg selalu kita tunggu. Kita nantikan. Kini telah tiba... Selamat menunaikan ibadah puasa

  61. sampe hr ini masih bertaham tarawihnya..insya Allah strsnya. hmmm

  62. semangat terus melakukan kebaikan karena Allah.. :)
    aku mensupportmu pak.. :)

  63. suasana bulan ramadhan memang berbeda dengan bulan lainnya, semoga tambah kusyu taraweh dan puasa kita tahun ini.
    salam sehat bang.

  64. ucapkan. Alhamdulillah...

  65. Komplit Pak infonya, mmg Ramadhan membuat keteraturan tatanan kehidupan kita....
    smg berkah Ramadhan kali ini, Pak....

  66. hari hari Ramadhan terus berjalan,
    Jangan berhenti tuk slalu rangkai amalan,
    Tiap kebaikan kan digandakan,
    Hingga dapat menggapai ridho Ar Rahman.

  67. mampir lagi untuk menjalin silaturahmi

  68. Alhamdulillah bisa dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan..
    semoga ibadah kita dari hari ke hari semakin berkualitas, dan tetap semangat menjalaninya..:)

  69. Alhamdulillah di'
    ternyata mas hariyanto ini orang makassar..

    dari dulu saya bingung baca postingannya di sini. ternyata muncul dibawahnya -____-"
    walah...

  70. Memang terasa indah ya, klo bsa buka puasa bersama.

  71. Kunjungan siang sob.

  72. info aja bahasa inggrisnya puasa fasting he he aku juga baru tau he

  73. SC says:

    Berkunjung sob
    bagus artikelnya

  74. Hanya absen subuh lihat sahabat terbaik,happy blogging.

  75. selamat menunaikan ibadah puasa nih sob..
    Semangat ya...

  76. sepertinya lumayan ramai kang iia :) asik tuh kebersamaannya ;)

  77. Alhamdulillah, mampir kesini jadi banyak ilmu.. :)

  78. Thank you for sharing this post bro.

    By the way, thank you for the comment you left. Have a great day!

  79. Catatan penting yang sudah mengingatkan saya agar selalu berdoa ketika mau berbuka puasa,selamat berbuka puasa...

  80. Selamat menjalankan ibadah puasa gan
    Semoga lancar.
    Berbuka puasa bersama sangat mengenyangkan ada canda tawanya
    Jangan lupa taraweh biar lebih afdhol

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend