Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Perlahan Mewujudkan Green Hospital

Hariyanto Wijoyo | 76 komentar

RSUD Daya Kota Makassar Menuju Green Hospital

Saat ini perkembangan dan pertumbuhan rumah sakit di Indonesia sudah semakin pesat. Khususnya di Kota Makassar dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini rumah sakit yang ada sudah semakin bertambah jumlahnya. Bahkan rumah sakit bertaraf Internasional juga sudah hadir di Kota Makassar. Hal ini membuktikan bahwa rumah sakit sebagai salah satu penunjang pelayanan kesehatan sudah semakin dibutuhkan, dan dengan teknologi yang semakin berkembang dan semakin canggih rumah sakit yang ada seakan-akan berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaiknya buat menarik simpati masyarakat.

Penggunaan teknologi canggih pada peralatan medis dan penerapannya dalam pelayanan medis maupun non medis di rumah sakit yang ternyata memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Walaupun sudah ada pelayanan kesehatan gratis yang difasilitasi oleh pemerintah setempat, namun pada umumnya masyarakat rela mengeluarkan biaya asalkan mereka bisa merasa puas atas pelayanan yang diperoleh. Demikian juga sebaliknya, meskipun gratis namun masyarakat akan mengeluh bila pelayanannya ternyata tidak memuaskan.

Salah satu yang menjadi tuntutan masyarakat pada saat ini adalah pelayanan kesehatan dengan berbasis keamanan dan kenyamanan yang bisa dirasakan oleh pasien dan pengunjung apabila berada dalam lingkungan rumah sakit. Menilik dari itu berarti lingkungan rumah sakit selayaknya tidak nampak sebagai rumah sakit. Rumah sakit harus bisa memberikan rasa tentram, damai, nyaman dan aman bagi pasien dan semua orang yang berkunjung.

Saat ini masyarakat medis sudah mulai mendengar dan mengetahui tentang konsep rumah sakit hijau atau green hospital. Dan Green Hospital ini merupakan jawaban atau solusi atas semua permasalahan keamanan, kenyamanan, ketentraman dan kedamaian bagi pasien selama menjalani perawatan dan bagi para pengunjung.

Green Hospital sendiri bukan berarti bangunan rumah sakit semuanya dicat warna hijau. Namun Green Hospital berarti rumah sakit yang ramah lingkungan, ini berarti rumah sakit tidak hanya hijau asri karena banyaknya pepohonan, namun juga wajib memiliki penyaluran limbah yang tidak merugikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Rumah sakit juga wajib untuk hemat energy dan air, selain itu sumber daya rumah sakit yang ada harus bisa dikelola secara baik dan efisien.

Green Hospital adalah konsep yang memadukan pelayanan medis dengan lingkungan dan alam sekitar. Ini sudah menjadi tren dunia saat ini, melihat perkembangan dunia kesehatan yang ternyata erat kaitannya dengan lingkungan, karena sudah terbukti bahwa suatu lingkungan yang bersih ternyata bisa menjadi penunjang utama kesehatan itu sendiri.

Sebenarnya konsep Green Hospital di Indonesia sudah lama diterapkan, yakni sejak jaman Belanda masih berkuasa di Indonesia. Kalau diperhatikan bangunan-bangunan rumah sakit peninggalan jaman penjajahan Belanda memang sudah ramah lingkungan bahkan designnya seakan-akan menyatu dengan lingkungan alam sekitarnya. Meskipun pada saat itu mungkin belum dikenal istilah Green Hospital.

Bangunan asli dari rumah sakit peningggalan Belanda yang belum mengalami perombakan, gedungnya didesign dengan langit-langit yang tinggi dengan jendela yang besar membuat udara bebas masuk mengalir membuat ruangan menjadi sejuk dan segar. Jadi tidak perlu memakai Air Conditioner yang sangat boros pemakaian listriknya untuk menyejukkan ruangan. Apalagi dengan taman yang terletak ditengah-tengah gedung, selain membuat pemandangan jadi lebih asri. Bahkan sinar mataharipun bebas menyinari seluruh ruangan sehingga tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari.

Dengan demikian konsep dari Green Hospital ini sebenarnya berusaha memaksimalkan pemanfaatan lahan ruang terbuka hijau sebagai salah satu penunjang rumah sakit. Dengan adanya ruang hijau yang terbuka dan penuh dengan pepohonan, maka udara akan menjadi lebih segar karena berlimpahnya O2 (oksigen) yang dihasilkan oeh pohon-pohon tersebut.

Disamping itu rumah sakit dengan konsep Green Hospital harus bisa memenuhi dan memperhatikan unsur-unsur utama yang sifatnya inisiatif sebagai penunjang konsep Green Hospital, yaitu , Penggunaan air secara hemat dan bijak di rumah sakit, pengolahan limbah medis,cair dan padat yang tidak mencemari lingkungan sekitar rumah sakit. Juga perlu dilihat apakah toiletnya bersih atau tidak serta bagaimana dengan tempat pembuangan sampah tersedia atau tidak. Selain itu rumah sakit juga harus bisa memberikan makanan dari bahan segar dan sehat untuk pasien

Bangunan rumah sakit harus dirancangan berwawasan ramah lingkungan dan dibangun dengan fasilitas daur ulang yang bisa mengurangi limbah dan menghasilkan udara bersih. Pencahayaan alam harus lebih banyak dimanfaatkan secara maksimal, demikian juga ventilasi dan sirkulasi udara harus dioptimalkan, sehingga ruangan bisa terasa segar dan sejuk tanpa perlu menggunakan Air Conditioner.

Rumah sakit juga harus memperhatikan pemanfaat energi alternatif seperti pemanfaatan solar cell atau tenaga surya sebagai pengganti energi yang diperoleh dari hasil pengolahan fosil seperti minyak bumi yang mulai berkurang jumlahnya. Dan karena energi minyak bumi sudah mulai semakin menipis maka perlu dilakukan efisiensi energi di rumah sakit, jadi energi tidak perlu dihabiskan untuk sesuatu yang tidak terlau diperlukan.

Dan yang paling sering dinggap sepele tapi sangat penting adalah rumah sakit harus bebas dari polusi, apakah itu polusi kebisingan suara atau polusi udara yang berasal dari asap kendaraan, asap pabrik serta asap rokok. Termasuk polusi dari fasilitas medis yang harus bisa dikurangi.

Dengan konsep Green Hospital ini sebenarnya kualitas rumah sakitpun bisa meningkat dan tentunya sebagai sebuah konsep rumah sakit masa depan tidak bisa dilakukan sendiri oleh pihak manajemen rumah sakit. Masyarakat juga harus terlibat aktif turut serta dalam mengsukseskan konsep Green Hospital ini. Masyarakat harus bisa mematuhi dan memahami segala aturan yang muncul demi menjaga konsep Green Hospital ini agar bisa berjalan secara konsisten.

RSUD Daya Kota Makassar Menuju Green Hospital

RSUD Daya Kota Makassar Menuju Green Hospital

Sebenarnya RSUD Daya sebagai salahsatu rumah sakit ternama di Kota Makassar secara perlahan sudah mulai menerapkan beberapa aspek dari konsep Green Hospital. Saat memasuki halaman rumah sakit maka pohon-pohon besar sudah menyambut para pasien dan pengunjung yang datang berkunjung ke RSUD Daya.

Kemudian diantara gedung-gedung perawatan terdapat lahan yang cukup luas penuh ditanami aneka pepohonan menjadikan udara di RSUD Daya menjadi lebih segar. Juga terdapat himbauan untuk dilarang merokok selama berada di area rumah sakit, menjadikan RSUD Daya terbebas dari asap rokok.

Untuk itu pihak manajemen rumah sakit perlu melakukan sosialisasi tentang konsep Green Hospital ini ke masyarakat luas. Masyarakat harus tahu bahwa betapa pentingnya menjadikan RSUD Daya sebagai Green Hospital yaitu rumah sakit yang ramah lingkungan, berdaya guna, memberikan manfaat kenyamanan, dan keamanan serta bisa memberikan pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat dengan dukungan segala aspek yang terkait.

Karena yang akan merasakan manfaat dari Green Hospital ini tak lain tak bukan adalah masyarakat sendiri.

Artikel Ini Diikutkan Sebagai Peserta

Category : , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

76 komentar

  1. diamankan dulu pertamaz nya :D nyehehehe

  2. wah berasa seger gitu yah mas :) kalo dirumah sakit ada greenhospital

  3. warna catnya bikin sejuk bang green banget sesuai dengan cita cita RSUD ini.
    sekelas Makasar emang sudah sangat layak untuk memiliki RSUD yang Super lengkap sarana prasarana penunjangnya, supaya ngga perlu lagi rujuk ke jakarta atau singapura kalau ada pasien sakit gawat.

    semoga kontesnya menang ye, rupanya lagi semangat ikutan kontes nih?

  4. bagus rumah sakitnya bang, adem ngeliatnya... banyak pepohonan :)

  5. Dengan Rumah Sakit Bersih..Pasienpun juga Ikut SEhat...Segar juga Udaranya

  6. Anonymous says:

    Pasti Segar Tuh tempat..banyak pepohonan lagi

  7. Foolowback ya gan..makasih sebelumnya

  8. SC says:

    Terlihat sejuk ya gan

  9. wah jarang-jarang mas rumah sakit mengusung Green Hospital, kebanyakan RS menggunakan lahan yg ada dibuat untuk lahan parkir kendaraan...
    terima kasih untuk artkelnya mas

  10. RSUD Daya memang keren, terasa bukan di rumah sakit. Pastinya pasien akan lebih terhibur dan cepat sembuh jika keadaan rumah sakit bersih dan hijau.
    Ternyata RSUD Daya sudah menerapkan akan penggunaan air secara hemat dan bijak, pengolahan limbah medis,cair dan padat yang tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

  11. Anonymous says:

    aku ingin sekali ada rumah sakit dengan pelayanan vip tapi gratis :D

    aku tak suka pelayanan kesehatan bernilai komersil

  12. Well ya, rumah sakit yang hijau, nyaman dan bersih dari polusi bisa sangat membantu dalam proses pemulihan kesehatan pasien,, warna hijau dan pepohonan yang hijau juga memberikan rasa adem, ya serasa berada di taman dimana pikiran akan tenang,
    semoga sukses kontesnya.
    salama

  13. selain menciptakan rasa kenyamanan dan keamanannya tadi di harapkan nantinya bisa...memberi kemudahan masyarkt luas utk dpt berobat..tanpa melihat baju luarnya aja...ya bang :)

  14. betul pak, tapi saya kembali teringat dgn salah satu masukan teman saya yang berujar bahwa kita terlalu fokus pada kuratif bukan preventif..

  15. Anonymous says:

    saya harap rumah sakitnya tidak seperti rumah sakit di Ciamis :D

    pelayanan dokternya sih bagus, tapi pelayanan di loketnya haduh parah >.<

  16. keren kang
    bisa jadi inspirasi buar RS yang lainnya

  17. warna hijau bikin mata dan hati kerasa bersemi
    indah dan sehat alami

  18. afan says:

    GreenHospital, kampanye rumah sakit warna hijau? hehehhe..
    btw buat saya yang penting suasana RS jangan menyengat bau obat dan lembab.
    Di pekanbaru sudah ada RS yang jauh dari kesan spt itu, jadi saat kita besuk atau periksa kesehatan terasa nyaman

  19. wah ikutan lomba ya,mantap pak, semoga menang

  20. enak klo semua rumah sakit jadi green hospital tapi lebih enak lagi klo rumah sakit itu juga tidak membedakan pasien kaya dan miskin yang hanya menggunakan jamkesmas, karena masih banyak rumah sakit yang membeda - bedakan pasien.

  21. ijo..ijo royo2x, ijo memang bikin adem hati

  22. Konsep ramah lingkungan mmg harus diaplikasikan pd semua bilang, klo sblm ini yg trending topic green techno, dan sekarang mulai ke ranah rumah sakit.

    Semoga konsep green dan ramah lingkungan swmakin meluas, termasuk ke moda transportasi ya bang

    # semoga sukses kontesnya:)

  23. Anonymous says:

    mantap abiz klau RS sprti itu maz

  24. Menurut hemat kami butuh lahan yang cukup luas untuk mewujudkan Green Hospital ini sedangkan rumah sakit yang ada saat ini banyak yang berada di kawasan padat sehingga untuk pengembangannya terkendala. Karena itu dengan luasan yang terbatas banyak rumah sakit yang bertingkat. Rumah Sakit telah memiliki acuan/standar dalam pembangunan gedung, perlengkapan medis dan pelayanan kepada pasiennya. Akan lebih baik bila setiap RS memiliki sertifikat ISO. Konsep Green Hospital ini amat baik sebagai bentuk model rumah sakit masa depan. Semoga sukses. Salam cemerlang.

  25. betul, rumah sakit yang didirikan saat penjajahan Belanda pasti punya taman yang luas untuk pasien atau yg menjenguk untuk duduk-duduk menikmati udara segar. Kalau rumah sakit yang sekarang lbh banyak kamar boro2 mikirin utk taman

  26. Anonymous says:

    mari sama-sama wujudkan green hospital
    back yah mas

  27. harusss.
    makassar sangat layak memiliki RSUD tipikal seperti ini.
    green hospital, yang tak hanya menghijau di rumah sakitnya
    tapi juga di hati para dokter, tenaga medis, dan pasiennya. viva!

  28. semoga sukses ya Mas, kontesnya. kupasannya memikat.

  29. kalo saya jurinya, pasti saya menangkan

  30. hidup PSM Makassar! ehh

  31. Betul kang, walau gratis tapi tak nyaman dan aman percuma saja.

  32. wah bagus juga tuh.
    Jadi yang dirawat di green hospital akan cepat sembuh dengan suasana yang segar. Jadi nggak hanya bau obat aja disana.

  33. Maju terus blog nya .. tambah semangat posting

  34. Kalau rumah sakitnya sejuk dan nyaman, pasti akan cepat sembuh :)

  35. wah udah catnya nuansa hijau.. ditambah banyak pepohonan.. hmm seger banget ??
    sekalian aku ijin follow ea blognya... artikelnya bagus2 dan menarik mas, :)

  36. wah.. lagi satu, kehijauan bumi sebenarnya juga merupakan salah satu terapi minda kita.. jadi, para pesakit mungkin dapat mengatasi kesakitannya bila dia menjiwai dan bersatu dengan ketenangan kehijauan bumi ini.. :)

  37. mo kasih kecup hangat ah untuk abangku...dukungan dan do'a selalu menyertai kontesnya...semoga jadi juaranya....kalau saya jurinya artikel inilah yang layak menjadi nomer satu.

  38. AZLA says:

    Green Hospital ini merupakan langkah terbaik, apalagi untk rumah sakit yg sangat diperlukan guna menimbulkan kesehatan, saya sangat setuju dengan postingan ini sobat
    terima kasih sudah berbagi

  39. wah...asyik ya, andai semua rumah sakit menerapkan konsep green seperti ini, pasti akan sangat membantu kesembuhan pasien... habis nyaman, hati pasti tenang, kesembuhan segera datang :-)
    salam khidmad buat abang hary, maaf jarang ol, sukses buat lombanya, semoga abang menang...Aamiin....

  40. bikin adem aja kalau lihat yang ijo2x

  41. wah go green sekali ya mas rumah sakitnya :)

  42. rumah sakit yang hijau, kelihatan asri dan segar...apalagi kalau lokasinya nyaman strategis itu sangat cocok untuk kesegaran rumah sakit tersebut.

  43. wah kalau seperti ini pasti pasiennya cepet sembuh nih mas... selain karena obat obatan yg di beri oleh dokter.. suasana sejuk juga bisa jadi terpi hehehehe

  44. hijau memang menjadi daya tarik, dan konsep rs hijau ini memang layak dimiliki makassar sebagai kota metropolitan yang jadi salah sati barometer kota kota di indonesia

  45. wow di foto langsung di RSUD daya hehe

    semoga sukses untuk lombanya daeng, dan Sukses dan segala hal

  46. Semoga green hospital bisa semakin banyak di Indonesia.
    Sukses dgn kontesnya ya.

  47. para pasien pun pastinya sangat nyaman dengan keadaan rumah sakit yang seperti itu.,

    nice info gan :D

  48. Tak mampu berkata banyak...sungguh saya takjub,banyak sekali artikel bermutu.. Ijinkan saya belajar dan mencari manfaat disini. Nice share,senang sudah berbagi,salam kenal Bang,
    Makasih juga kunjungannya,salam kenal n salam kompak selalu.

  49. bisa juga obatnya menggunakan toga lho kang, semakin green aja dong.
    konsep yang bagus yang sudah di laksanakan

  50. semoga semua bangunan bisa menerapkan konsep green ini ya. Tp klo di Jkt jarang ada RS yang punya lahan hijau. Bahkan krn keterbatasan ruang, ruangannya jd sempit dan pengap

  51. kalau rumah sakit semua hijau seperti ini rasanya nggak terlalu berat jika berada disana menjaga teman atau sahabat

  52. support dan semoga sukses dan menang kontesnya ya bang :)

  53. sudah menang belum Mas, kontesnya?

  54. kalo nggak menang, jurinya perlu dikritik nanti

  55. kalo menang, makan-makan yaaa

  56. Akan menjadi selangkah lebih baik kalo ada rumah sakit yang benar-benar Green Hospital, karena ini akan banyak banget manfaat yang di hasilkan dengan lingkungan hijau. Salam! :D

  57. Sepertinya rumah sakit harus mengikuti trend ini agar tidak ditinggalkan pasien, namun hendaknya harus diikuti dengan penataan SDM, misal para bidan yg harus ramah pasa pasien...

  58. hijau
    warna penghanyut galau
    dan bukan gurau
    asli memukau ..

  59. wahhhh...sangat indah sob...semoga bukan hanya bangunannya sob tapi penghuninya juga tentunya

  60. Hidupan yg menghijau mempunyai kuasa therapeutic yg dapat menyembuhkan.

  61. ndop says:

    Kalo di Nganjuk sini, rumah sakitnya masih sejuk2 aja soalnya hawa di Nganjuk masih bagus udaranya, polusi masih sangat sedikit heheh

  62. Wah oke banget tuh konsep rumah sakit dari greend hospital sangat mendukung ramah lingkungan

  63. memang RS sekarang wajib Grren Hospital style kalo ndak bisa2 jadi rumah sakit2an ya mas :)
    Salam kenal mas

  64. kalo rumah sakit nya seperti itu bisa ganti nama rumah sehat tuh,,,keren,,udaranya juga sejuk sepertinya

  65. kalau rumah sakit kaya gini bisa hilangin image kalau RS itu serem

  66. Emg sharusnya suasana rumah sakit yg baek harus bisa jadi terapi gak langsung buat penghuninya ... :-)

  67. Ayu says:

    Rumah sakit yang bersih itu perlu, apalagi dengan suasana yang asri dan hijau seperti itu. Pernah saya menjumpai sebuah rumah sakit yang kotor, banyak nyamuk, dan kamar mandinya ya ampuunnn.. pengen muntah rasanya. Dan saya rasa, dengan kondisi rumah sakit seperti itu, pasien tidak akan kunjung sembuh.
    Semoga green hospital semakin banyak di indonesia.
    semoga sukses lombanya ^^

  68. ijo royo royo ya RS nya :)

  69. wuih..
    rindang banget hospitalnya, kang.. :D

    bener bener green hospital ini..
    semoga terwujud, kang..
    amiin

  70. Anonymous says:

    wih tindakan yang baik gan :)
    lanjutkan

    comeback

  71. sejuk dipandang nih rumah sakitnya

  72. pasiennya pasti jadi lekas sembuh tuh kalo suasananya green kaya begitu :)

  73. menyapa abang sebelum bubuk....halaaa'

  74. Hadir kembali demi green hospital

New comments are not allowed.

76 komentar

  1. diamankan dulu pertamaz nya :D nyehehehe

  2. wah berasa seger gitu yah mas :) kalo dirumah sakit ada greenhospital

  3. warna catnya bikin sejuk bang green banget sesuai dengan cita cita RSUD ini.
    sekelas Makasar emang sudah sangat layak untuk memiliki RSUD yang Super lengkap sarana prasarana penunjangnya, supaya ngga perlu lagi rujuk ke jakarta atau singapura kalau ada pasien sakit gawat.

    semoga kontesnya menang ye, rupanya lagi semangat ikutan kontes nih?

  4. bagus rumah sakitnya bang, adem ngeliatnya... banyak pepohonan :)

  5. Dengan Rumah Sakit Bersih..Pasienpun juga Ikut SEhat...Segar juga Udaranya

  6. Anonymous says:

    Pasti Segar Tuh tempat..banyak pepohonan lagi

  7. Foolowback ya gan..makasih sebelumnya

  8. SC says:

    Terlihat sejuk ya gan

  9. wah jarang-jarang mas rumah sakit mengusung Green Hospital, kebanyakan RS menggunakan lahan yg ada dibuat untuk lahan parkir kendaraan...
    terima kasih untuk artkelnya mas

  10. RSUD Daya memang keren, terasa bukan di rumah sakit. Pastinya pasien akan lebih terhibur dan cepat sembuh jika keadaan rumah sakit bersih dan hijau.
    Ternyata RSUD Daya sudah menerapkan akan penggunaan air secara hemat dan bijak, pengolahan limbah medis,cair dan padat yang tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

  11. Anonymous says:

    aku ingin sekali ada rumah sakit dengan pelayanan vip tapi gratis :D

    aku tak suka pelayanan kesehatan bernilai komersil

  12. Well ya, rumah sakit yang hijau, nyaman dan bersih dari polusi bisa sangat membantu dalam proses pemulihan kesehatan pasien,, warna hijau dan pepohonan yang hijau juga memberikan rasa adem, ya serasa berada di taman dimana pikiran akan tenang,
    semoga sukses kontesnya.
    salama

  13. selain menciptakan rasa kenyamanan dan keamanannya tadi di harapkan nantinya bisa...memberi kemudahan masyarkt luas utk dpt berobat..tanpa melihat baju luarnya aja...ya bang :)

  14. betul pak, tapi saya kembali teringat dgn salah satu masukan teman saya yang berujar bahwa kita terlalu fokus pada kuratif bukan preventif..

  15. Anonymous says:

    saya harap rumah sakitnya tidak seperti rumah sakit di Ciamis :D

    pelayanan dokternya sih bagus, tapi pelayanan di loketnya haduh parah >.<

  16. keren kang
    bisa jadi inspirasi buar RS yang lainnya

  17. warna hijau bikin mata dan hati kerasa bersemi
    indah dan sehat alami

  18. afan says:

    GreenHospital, kampanye rumah sakit warna hijau? hehehhe..
    btw buat saya yang penting suasana RS jangan menyengat bau obat dan lembab.
    Di pekanbaru sudah ada RS yang jauh dari kesan spt itu, jadi saat kita besuk atau periksa kesehatan terasa nyaman

  19. wah ikutan lomba ya,mantap pak, semoga menang

  20. enak klo semua rumah sakit jadi green hospital tapi lebih enak lagi klo rumah sakit itu juga tidak membedakan pasien kaya dan miskin yang hanya menggunakan jamkesmas, karena masih banyak rumah sakit yang membeda - bedakan pasien.

  21. ijo..ijo royo2x, ijo memang bikin adem hati

  22. Konsep ramah lingkungan mmg harus diaplikasikan pd semua bilang, klo sblm ini yg trending topic green techno, dan sekarang mulai ke ranah rumah sakit.

    Semoga konsep green dan ramah lingkungan swmakin meluas, termasuk ke moda transportasi ya bang

    # semoga sukses kontesnya:)

  23. Anonymous says:

    mantap abiz klau RS sprti itu maz

  24. Menurut hemat kami butuh lahan yang cukup luas untuk mewujudkan Green Hospital ini sedangkan rumah sakit yang ada saat ini banyak yang berada di kawasan padat sehingga untuk pengembangannya terkendala. Karena itu dengan luasan yang terbatas banyak rumah sakit yang bertingkat. Rumah Sakit telah memiliki acuan/standar dalam pembangunan gedung, perlengkapan medis dan pelayanan kepada pasiennya. Akan lebih baik bila setiap RS memiliki sertifikat ISO. Konsep Green Hospital ini amat baik sebagai bentuk model rumah sakit masa depan. Semoga sukses. Salam cemerlang.

  25. betul, rumah sakit yang didirikan saat penjajahan Belanda pasti punya taman yang luas untuk pasien atau yg menjenguk untuk duduk-duduk menikmati udara segar. Kalau rumah sakit yang sekarang lbh banyak kamar boro2 mikirin utk taman

  26. Anonymous says:

    mari sama-sama wujudkan green hospital
    back yah mas

  27. harusss.
    makassar sangat layak memiliki RSUD tipikal seperti ini.
    green hospital, yang tak hanya menghijau di rumah sakitnya
    tapi juga di hati para dokter, tenaga medis, dan pasiennya. viva!

  28. semoga sukses ya Mas, kontesnya. kupasannya memikat.

  29. kalo saya jurinya, pasti saya menangkan

  30. hidup PSM Makassar! ehh

  31. Betul kang, walau gratis tapi tak nyaman dan aman percuma saja.

  32. wah bagus juga tuh.
    Jadi yang dirawat di green hospital akan cepat sembuh dengan suasana yang segar. Jadi nggak hanya bau obat aja disana.

  33. Maju terus blog nya .. tambah semangat posting

  34. Kalau rumah sakitnya sejuk dan nyaman, pasti akan cepat sembuh :)

  35. wah udah catnya nuansa hijau.. ditambah banyak pepohonan.. hmm seger banget ??
    sekalian aku ijin follow ea blognya... artikelnya bagus2 dan menarik mas, :)

  36. wah.. lagi satu, kehijauan bumi sebenarnya juga merupakan salah satu terapi minda kita.. jadi, para pesakit mungkin dapat mengatasi kesakitannya bila dia menjiwai dan bersatu dengan ketenangan kehijauan bumi ini.. :)

  37. mo kasih kecup hangat ah untuk abangku...dukungan dan do'a selalu menyertai kontesnya...semoga jadi juaranya....kalau saya jurinya artikel inilah yang layak menjadi nomer satu.

  38. AZLA says:

    Green Hospital ini merupakan langkah terbaik, apalagi untk rumah sakit yg sangat diperlukan guna menimbulkan kesehatan, saya sangat setuju dengan postingan ini sobat
    terima kasih sudah berbagi

  39. wah...asyik ya, andai semua rumah sakit menerapkan konsep green seperti ini, pasti akan sangat membantu kesembuhan pasien... habis nyaman, hati pasti tenang, kesembuhan segera datang :-)
    salam khidmad buat abang hary, maaf jarang ol, sukses buat lombanya, semoga abang menang...Aamiin....

  40. bikin adem aja kalau lihat yang ijo2x

  41. wah go green sekali ya mas rumah sakitnya :)

  42. rumah sakit yang hijau, kelihatan asri dan segar...apalagi kalau lokasinya nyaman strategis itu sangat cocok untuk kesegaran rumah sakit tersebut.

  43. wah kalau seperti ini pasti pasiennya cepet sembuh nih mas... selain karena obat obatan yg di beri oleh dokter.. suasana sejuk juga bisa jadi terpi hehehehe

  44. hijau memang menjadi daya tarik, dan konsep rs hijau ini memang layak dimiliki makassar sebagai kota metropolitan yang jadi salah sati barometer kota kota di indonesia

  45. wow di foto langsung di RSUD daya hehe

    semoga sukses untuk lombanya daeng, dan Sukses dan segala hal

  46. Semoga green hospital bisa semakin banyak di Indonesia.
    Sukses dgn kontesnya ya.

  47. para pasien pun pastinya sangat nyaman dengan keadaan rumah sakit yang seperti itu.,

    nice info gan :D

  48. Tak mampu berkata banyak...sungguh saya takjub,banyak sekali artikel bermutu.. Ijinkan saya belajar dan mencari manfaat disini. Nice share,senang sudah berbagi,salam kenal Bang,
    Makasih juga kunjungannya,salam kenal n salam kompak selalu.

  49. bisa juga obatnya menggunakan toga lho kang, semakin green aja dong.
    konsep yang bagus yang sudah di laksanakan

  50. semoga semua bangunan bisa menerapkan konsep green ini ya. Tp klo di Jkt jarang ada RS yang punya lahan hijau. Bahkan krn keterbatasan ruang, ruangannya jd sempit dan pengap

  51. kalau rumah sakit semua hijau seperti ini rasanya nggak terlalu berat jika berada disana menjaga teman atau sahabat

  52. support dan semoga sukses dan menang kontesnya ya bang :)

  53. sudah menang belum Mas, kontesnya?

  54. kalo nggak menang, jurinya perlu dikritik nanti

  55. kalo menang, makan-makan yaaa

  56. Akan menjadi selangkah lebih baik kalo ada rumah sakit yang benar-benar Green Hospital, karena ini akan banyak banget manfaat yang di hasilkan dengan lingkungan hijau. Salam! :D

  57. Sepertinya rumah sakit harus mengikuti trend ini agar tidak ditinggalkan pasien, namun hendaknya harus diikuti dengan penataan SDM, misal para bidan yg harus ramah pasa pasien...

  58. hijau
    warna penghanyut galau
    dan bukan gurau
    asli memukau ..

  59. wahhhh...sangat indah sob...semoga bukan hanya bangunannya sob tapi penghuninya juga tentunya

  60. Hidupan yg menghijau mempunyai kuasa therapeutic yg dapat menyembuhkan.

  61. ndop says:

    Kalo di Nganjuk sini, rumah sakitnya masih sejuk2 aja soalnya hawa di Nganjuk masih bagus udaranya, polusi masih sangat sedikit heheh

  62. Wah oke banget tuh konsep rumah sakit dari greend hospital sangat mendukung ramah lingkungan

  63. memang RS sekarang wajib Grren Hospital style kalo ndak bisa2 jadi rumah sakit2an ya mas :)
    Salam kenal mas

  64. kalo rumah sakit nya seperti itu bisa ganti nama rumah sehat tuh,,,keren,,udaranya juga sejuk sepertinya

  65. kalau rumah sakit kaya gini bisa hilangin image kalau RS itu serem

  66. Emg sharusnya suasana rumah sakit yg baek harus bisa jadi terapi gak langsung buat penghuninya ... :-)

  67. Ayu says:

    Rumah sakit yang bersih itu perlu, apalagi dengan suasana yang asri dan hijau seperti itu. Pernah saya menjumpai sebuah rumah sakit yang kotor, banyak nyamuk, dan kamar mandinya ya ampuunnn.. pengen muntah rasanya. Dan saya rasa, dengan kondisi rumah sakit seperti itu, pasien tidak akan kunjung sembuh.
    Semoga green hospital semakin banyak di indonesia.
    semoga sukses lombanya ^^

  68. ijo royo royo ya RS nya :)

  69. wuih..
    rindang banget hospitalnya, kang.. :D

    bener bener green hospital ini..
    semoga terwujud, kang..
    amiin

  70. Anonymous says:

    wih tindakan yang baik gan :)
    lanjutkan

    comeback

  71. sejuk dipandang nih rumah sakitnya

  72. pasiennya pasti jadi lekas sembuh tuh kalo suasananya green kaya begitu :)

  73. menyapa abang sebelum bubuk....halaaa'

  74. Hadir kembali demi green hospital

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend