Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah

Hariyanto Wijoyo | 67 komentar

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia di manapun kalian beraktifitas. Apakah di antara sahabat-sahibit blogger se-dunia ada yang punya hobby jalan-jalan ke MALL, untuk memenuhi hasrat shopping atau sebagai ajang rekreasi have and fun bersama keluarga atau hanya sekedar Windows Shooping alias melihat-lihat pajangan segala macam aneka baju sepatu dan barang-barang yang harganya sungguh mengharubirukan karena tak mampu terbeli…kalau yang terakhir itu sering aku lakukan saat nggak punya duit :-)

Di Kota Makassar ada beberapa MALL yang menjadi tempat favorit untuk dikunjungi, diantaranya adalah MALL RATU INDAH atau MARI, MALL PANAKUKKANG atau MP, MALL MAKASSAR TOWN SQUARE atau MTOS, MALL GTC serta MTC KAREBOSI. Dari MALL yang ada, saya cenderung lebih memilih MALL RATU INDAH sebagai ajang Windows Shooping dibandingkan MALL lainnya. Karena disamping outlet-outletnya hampir serupa dengan mall lainnya, namun MALL RATU INDAH memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh MALL lainnya, yaitu MASJID DI DALAM MALL..Subhanallah Alhamdulillah Allahuakbar.

Bila sahabat-sahibit blogger se-dunia berkunjung ke mall-mall lainnya selain Mall ratu Indah di Kota Makassar, dan apabila telah tiba waktu sholat maka kalian akan menuju ke mushola-mushola yang disediakan oleh pihak pengelola mall. Dan kalian akan menemukan bahwa mushola-mushola itu hanya dibuat seadanya saja, kapasitasnya juga hanya bisa menampung beberapa orang untuk sholat berjamaah, bisa dihitung jarilah. Jadinya kita harus bersabar antri untuk melaksanakan sholat lima waktu, padahal afdolnya kan sholat lima waktu itu ditunaikan sesegera mungkin bila sudah masuk waktu sholat. Coba kalian bayangkan bagaimana panjang antrian yang ada bila seluruh pengunjung mall hendak melaksanakan sholat lima waktu di mushola sekecil itu :-)

Selain itu kebanyakan mushola-mushola itu tidak memiliki ventilasi udara yang baik bahkan tidak menggunakan AC sama sekali sebagai pendingin udara, sehingga udara dalam mushola terasa gerah, entah kenapa pengelola mall-nya tidak berniat memasang AC dalam mushola-mushola di mall mereka, padahal seluruh ruangan dalam Mall yang mereka kelola itu semuanya ber-AC. Mushola-mushola itu juga tidak memilki sarana toilet sehingga umat muslim yang hendak membuang air sebelum sholat harus mencari-cari lagi di mana gerangan toiletnya yang letaknya kebanyakan cukup jauh dari mushola, selain itu mushola hanya memiliki tempat wudhu saja yang jumlah kran airnya juga terbatas. Sungguh sedih dan miris membayangkan hal ini bisa terjadi, di Kota Makassar yang mayoritas penduduknya adalah umat Islam.

Namun hal itu sahabat-sahibit blogger sedunia tak akan temukan bila berkunjung ke MALL RATU INDAH. Di Mall ini oleh pengelolanya sudah disediakan sebuah Masjid  Di Dalam Mall yang cukup mewah dan luas buat menampung para pengunjung mall yang akan melaksanakan sholat lima waktu. Ya benar, memang Masjid yang disediakan, bukan lagi sebuah mushola kecil seperti mall-mall lainnya. Nama Masjid dalam Mall Ratu Indah ini adalah Masjid Babussalam. Babussalam diambil dari nama salah satu pintu yang ada di Masjid Nabawi, yang artinya adalah Pintu Keselamatan. Letaknya di lantai tiga , diantara oulet Planet Surf dan Ace Hardware. Jadi tidak tersembunyi, seperti mushola-mushola kecil yang ada di mall-mall lainnya.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Terletak Di Antara Outlet Planet Surf dan Ace Hardware

Toilet-nya terletak terpisah dengan Masjid Babussalam, namun tidak jauh, letaknya hanya diruangan depan masjid, karena toilet itu memang selayaknya dipisahkan dari batas suci sebuah masjid. Bila sahabat-sahibit blogger memasuki Masjid Babussalam, maka suasana mall langsung akan hilang seketika.

Di bahagian luar masjid, depan pintu kaca yang lebar sudah ada teras pertama yang di kiri kanannya ada sebuah kursi panjang untuk kita duduk buat melepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam masjid. Saat masuk ke dalam di teras kedua udara sejuk dari pendingin udara sudah menyambut kita, jamaah pria dan wanita terpisah tempat wudhu dan tempat sholatnya. Pria belok ke kiri dan wanita belok ke kanan. Sebelum tempat wudhu ada sebuah rak untuk menyimpan alas kaki kita. Jumlah kran air untuk berwudhu juga cukup banyak, seperti yang kita biasa temui di masjid-masjid pada umumnya.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Pintu Masuk Masjid Yang Terbuat Dari Kaca

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Dari tempat wudhu kita langsung menuju sebuah ruangan yang digunakan sebagai tempat sholat. Ruangan ini cukup luas, lantainya terbuat dari bahan marmer yang dipotong sebesar ukuran sajadah, jadi ini juga menjadi tuntunan bagi para jamaah saat merapikan dan merapatkan shaf. Di bagian depan lantainya terbuat dari bahan kayu yang diawetkan yang lazim disebut bahan parkit kualitas nomor satu. Disitu sudah ada sebuah karpet panjang yang terbuat dari bahan berbulu sangat halus Dindingnya dilapisi dengan berbagai macam profil serta ornament berhiaskan kaligrafi dan ukiran yang beraroma seni Islam. Sebuah dinding terbuat dari bahan kayu yang sangat indah berwarna keabu-abuan setinggi tubuh manusia terletak ditengah-tengah masjid, ini digunakan sebagai hijab pembatas antara jamaah lelaki dan wanita.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Dinding Hijab Sebagai Pembatas Jamaah Pria dan Jamaah Wanita

Adem ayem rasanya berada dalam Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar ini, sehingga sholatpun terasa lebih kusyuk lagi…Subhanallah, Alhamdulillah Allahuakbar. Tahukah sahabat-sahibit blogger se-dunia siapa sebenarnya pemilik Mall Ratu Indah Kota Makassar ini. Mall Ratu Indah yang terletak di jalan Ratulangi Nomor 15 Makassar ini, didirikan pada tahun 1999. Mall yang terdiri dari empat lantai ini memiliki konsep Family Mall yaitu Mall yang menyediakan kebutuhan satu keluarga dalam satu tempat, salah satunya adalah membangun Masjid sebagai sarana ibadah keluarga. Mall ini dikelola dan dimiliki oleh Kalla Group, dimana kita ketahui salah pemilik dari Kalla Group adalah Bapak Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla yang biasa disebut JK saja, mantan Wakil Presiden Indonesia yang menjabat pada periode 2004-2009 bersama SBY sebagai presiden Indonesia.

Tetapi alasannya bukan karena Pak JK yang memiliki Mall Ratu Indah sehingga Masjid Babussalam dibangun dan dikelola dengan baik dalam Mall tersebut. Namun bagaimana sikap dari para pemilik dan pengelola mall-mall yang ada di Kota Makassar khususnya dalam memberi perhatian dan apresiasi yang cukup baik untuk menghadirkan sebuah tempat ibadah yang layak pakai bagi umat muslim di dalam mall-mall yang mereka kelola. Sehingga lebih memudahkan buat saudara-saudara kita dalam menunaikan kewajiban sholat lima waktu, dan tentunya berharap bisa lebih kusyuk saat menghadap dan sujud di hadapan Sang Khaliq..itu saja kok, tidak lebih dan tidak kurang. Dengan demikian dunia terpenuhi dan akhirat juga terealisasi.

Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar
Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar

Melihat dan merasakan serta melaksanakan sholat dalam Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar ini, angan-angan saya tiba melompat jauh tinggi ke angkasa luas. Seandainya saja semua mall yang ada di Indonesia mau membangun masjid semacam ini dalam mall mereka, tentunya sangat menyenangkan bila berkunjung ke mall-mall mereka, karena kita tak perlu kerepotan atau kuatir bakalan ketinggalan waktu sholat. Ataukah ada diantara sahabat-sahibit blogger se-dunia yang juga punya pengalaman sholat di sebuah masjid yang teletak dalam mall, atau setidak mengetahui bahwa ada masjid-masjid lainnya yang juga dibangun dalam sebuah mall ???
”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan ALLAH SWT, maka ALLAH akan membangun untuk-nya sebuah rumah di surga. [H.R Bukhari dan Muslim]

Tabe’…Salama’ Ki’
Keep Happy Blogging …salam :-)

Category : , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

67 komentar

  1. Subhanallah, baru kali ini saya tahu ada masjid di mall. Kami di tangerang mall nya hanya menyediakan mushola kecil sehingga harus ngantri kalau mau sholat. Pengusaha memang seharusnya peduli dengan nasabahnya.

  2. kalau Mushola di mall dikasih AC nanti pengunjung pada betah di Mushola Pak. nggak jadi belanja dong...:)

  3. hihihihi....sudah pernah maka ke sana puang.
    nice share lah ;)

  4. wah enak banget ya musholla ada acnya jadi bisa lebih khusu' ibadahnya :-)

  5. wah keren ni Makassar, di kota saya belom ada Mall yang punya masjid

  6. masjid tampak depannya g kelihatan itu mas, kalau lihat fotonya sih kalau berada di dalam terasa adem mas yah

  7. Subhannalloh, luar biasa yang punya itu... selama ini paling hanya tempat kecil yang disedikan tuk sholat

  8. pantesan megah, nyaman dan bikin jadi lebih khusyu sholatnya saking dibikin para jamaah dibuat senyaman dan senikmat mungkin sholatnya....pak JK yang punya, tentu konsepnya bukan hanya bikin Mall untuk mencari laba semata tentunya.
    mantap tenan wis lah bang.

  9. bener mas.. memang sangat jarang ada mall yang ada masjidnya.. mungkin karena kebanyakan pemilik mall adalah orang china, dan kebanyakan orang china bukan orang muslim.. jadi mungkin itu penyebabnya mas... (mungkin) hehehehe

  10. mall andalangku juga ini ehh, hahah :D

  11. Wah boleh di bilang langka tapi nyata itu gan sebuah Mall ada mesjid nya.

  12. Luar biasa indah mesjid Babussalam ini ya Mas...

    Nah, di mall Giant Bekasi (apa sebenarnya nama mall nya ya? Lupa nih.) ada juga mesjid yg kurang lebih mirip lah bagus dan rapi nya seperti mesjid Babussalam ini. Terletak di lantai bawah dan betul, merupakan mesjid bukan mushala.
    Sangat berbeda jauh dg yg ada di Metropolitan Mall, yg letaknya di seberang Mall Giant itu. Di Metropolitan Mall, hanya ada mushala, di lantai bawah, dan terkesan seadanya...

    Salam,

  13. Kalau setiap mall menyediakan failitas sarana peribadatan sholat yang bersih dan seluas ini enak juga ya kang. Sebab saya jarang menemukan, paling di dekat area parkir. Ataua di lantai dasar etaknya pun disudut. Hm.....

    Semoga hal ini bisa menjadi contoh para pengelola gedung atau pun para pemilik mall untuk dapat memikirkan masalah ini.

    Salam,

  14. Saya belum pernah liat ada masjid dalam mall. Yg ada hanya mushola kecil, tp saya pilih ngemall yg tidak pas waktu sholat karna males antri :).

    Ya mungkin pengusahanya ga mau rugi, daripada dibikin masjid mending dibikin stand kali yak.

    Semoga kedepannya bermunculan masjid2 dalam mall. Amin

  15. kreatif masjid di mall bang
    biasanya ya jua musola yang pengap

  16. keliatan sejuk dari fotonya. pasti juga menyejukkan hati ya Mas..

  17. Bersih sekali masjidnya, pak
    Semoga sebersih hati pak Kalla dalam membawa bangsa ini...

  18. di mall tapi masjidnya.. MasyaAllah... semoga barokah ya

  19. di beberapa mall di Jakarta mempunya masjid atau tempat sholat yang layak, bagus tidak sekedar numpang sholat. Suka sekali kalau ke Mall tempat sholatnya indah

  20. masjid tak harus mewah atau besar,yang penting nyaman dan bersih,sholatpun khusyu

  21. wah, nyaman ya masjidnya. memang sayang, kadang mallnya bagus tapi tempat ibadahnya seadanya banget :(

  22. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto.....

    Saya yakin, Mall Ratu Indah mempunyai visi dan misi untuk menarik para pelanggan muslim mereka agar betah membeli belah di sana. Jika pemiliknya juga muslim, tentu akan mendapat keuntungan dunia dan akhirat. Tidak semua mall membina masjid di dalam mall mereka. Sekadar musolla, itu biasa kita lihat. Bagus ya, saya juga tenang dan senang kalau musollanya ada AC.

    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  23. saya belum mengunjungi mari dalam bbrp tahun terakhir. subhanallah sudah ada mesjid di sana. saya kagum sama pengelolanya. sebelum adanya mesjid ini ex.musholla sebelumnya pun paaaaliiing bagus di antara semua mal yg ada di makassar ya pak. cukup luas dan bagus hijabnya. semalam sy baru ke mp dan mengunjungi musholla di sana juga, kupikir mp seharusnya jg sudah harus membenahi mushollanya, mengingat pengunjung di sana jauh lebih banyak ketimbang mari. semoga mp kedepannya jg lebih baik aamiin.

  24. Kereenn ^^
    Miris memang, mengapa Mall2 tidak begitu memperhatikan kenyamanan mesjidnya, padahal mayoritas pengunjung adalah muslim.

    Di Palopo juga ada tempat perbelanjaan (Mall kecil) yang menematkan Musholla nya di dalam gedung lantai teratas. Awal2 saat mengunjungi Mall itu, saya sangat respect, tetapi makin kesini jadi agak mendongkol, karena ruang di depan mushollah sekarang di isi sama Time Zone yang sangat berisik, dan tentunya mengganggu orang yang sedang shalat, hiks hiks :(

    http://anistahara.blogspot.com/2011/06/opsal-plaza-adalah-mall-pertama-yang.html

  25. Wah megah sekali ya pak masjid nya. Luas banget dan indah banget. Pasti nyaman untuk tempat beribdah. Tapi kok yang jamaah sedikit ya pak :)

  26. Jarang-jarang nih ada Masjid di Mall :)

  27. saya 4 Tahun di Makassar tapi tidak pernah masuk ke Masjid Babussalam, saya hanya pernah masuk ke Mall Ratu Indah. Iya betul sekali Sob, saya merasa miris, ketika berkunjung di Mall Selain MARI, Contohnya di MP, Mall Panakkukang adalah Mall yang paling sering saya kunjungi karena paling dekat dengan Kontrakan saya dulu. Fasilitas tempat shalat di MARI sangat Kecil padahal ini ada;ah Mall yang paling besar di Kota Makassar. Seandainya saya adalah Owner dari MP, maka saya akan membangun tempa shalat di dalam Mall yang besar juga...

  28. maaf Mas tadi ada yang salah di komentar saya, maksud saya MP yang Fasilitas Tempat shalatnya Kecil...

  29. Masjid Babussalam Mall Ratu Indah memang benar-benar indah ya mas...andai saja semua mall di Indonesia masjidnya seperti itu...karena kebanyakan hanya menyisakan sedikit lahan saja di mallnya untuk dijadikan mushala

  30. Sy baru tau di sini..ada di bangun masjid di dlm mall..

    Bener bang..sy ikut mengamini..semoga para pengelola mall di seluruh nusantara..menerapkan langkah ini :)

  31. fb says:

    Bisa jadi contoh buat mall lain untuk membuat mesjid yang bagus di dalam mallnya.

  32. wowwwwwww..! ruarr biasa.., sy baru tau.., sempat dlu sholat di Mari tp msh dlm musholla, salut tuk pengutus Mari.., lama jg sy gk ke sana.., makasih infox Pak :)

  33. Kalau pihak pengelola gedung-gedung bisa menyediakan mushola/mesjid, biasanya justru akan bisa 'menyedot' lebih banyak pengunjung.

  34. ndop says:

    Wah memang harusnya begitu ya. Kalau di Surabaya, mol favoritku justru mol yg banyak orang chinanya, Galaxy Mall, karena di situ ada mushollanya yg lumayan gedhe dan airnya melimpah buat wudlu hehehe..

  35. Saya baru 2 hari yang lalu ke sini . Iya benar ... keren. Dan tenpat wudhunya ndak gabung. Tertutup lagi bagian perempuannya.

  36. Bagus masjidnya tapi yang sholat dikit :(

  37. Saya juga berangan-angan seperti itu mas, seandainya semua mall menyediakan masjid yang megah seperti itu kayanya indah yah..padahal mall kan tempat belanja yang sudah pasti ramai...salut deh, semoga bisa ditiru..

  38. Rupi says:

    baru kali ini saya liat ada masjid di dalam mall
    biasanya cuma mushala sederhana *o*)
    seandainya kantor saya juga ngikuin :(

  39. besar ya masjidnya. kalau seperti ini sih saya bakal betah berlama-lama ngemall disini. Kalau duatu hari nanti berkesempatan ke makassar,saya mau berkunjung ke mall ini lah,hehe

  40. subhanallah masjid yang megah tapi jama'ah nya sedikit. ^^

  41. Memang jaran mall yang menyediakan tempat ibadah dengan layak atau memadai. Nama masjinya seperti nama masjid dikampungku, babussalam ( nama salah satu pintu surga ) . Di Bekasi dan Jakarta ada juga yang menyediakan tempat ibadah yang semewah di mall ratu indah kota makasar. adem dan tenang rasanya, saat lelah jalan-jalan dan jajan keliling area mal.

  42. Subhanallah, semoga banyak mall yang meniru kebaikan ini
    Karena sepengalaman saya, yang butuh shalat ketika di mall itu sangat banyak :)

  43. masjid di kawasan mall jarang ini mas yang banyak biasanya musholla kecil yang letaknya setengah mati mencarinya, salut pokoknya

  44. luar biasa pengelola mallnya kang, sampai di bikinkan masjid yang besar dan daya tampung yang banyak, cocok untuk jum'atan

  45. jauh nih masjidnya dari kota ane gan,, nice share. mantap..

  46. Saya sendiri belum pernah menjumpai sebuah masjid yang begitu representatif ada di sebuah mall seperti yang dimiliki Mall Ratu Indah Makassar ini. Yang saya jumpai hanyalah musholla dengan ukuran relatif kecil. Tentu tidak akan muat bila waktu tiba sebagian besar pengunjung mall yang muslim shalat disitu. Mereka harus antri menunggu ada tempat yang kosong. Saya kira sudah cukup bagus manajemen mall telah menyediakan tempat ibadah. Bila ada kekurangan disana-sini tentu perlu dipikirkan oleh manajemen untuk dilengkapi. Ruangannya bersih, harum, ber-AC, dan nyaman. Ada toilet dan tempat wudhu yang bersih dan harum. Saya salut dengan pendiri dan pengelola Mall Ratu Indah Makassar. Walau relatif kecil kemungkinannya, semoga nantinya ada yang mengikuti jejak Mall Ratu Indah. Salam cemerlang!

  47. saya berharap, pengelola Masjid Babussalam Mall Ratu Indah ditambahkan rezki di dunia dan akhiratnya.. dan posting dan komaentar positif dlm artikel ini bisa jadi surat amal untuk semua penggagas dan pemilik mal tersebut

  48. masjidnya suasananya kok seperti di dalam mall ya mas? salam kenal saya blogger baru masih belajar berkomentar di blog mas :P

  49. Maju terus kota Semarang, melihat perkembangannya terus berjalan dengan baik. Salam

  50. ada masjid berarti menjauhkan dari segala bencana,itupun kalau dimanfaatkan

  51. Lumayan besar juga ya mesjidnya...hebat pengelola malnya om, sampai sempatin buat rumah ibadah didalam mal. Coba semua mal gitu ya :)
    Trims infonya...salam kenal.

  52. mesjid nya begitu indah
    dengan aroma ibadah
    sungguh bikin yang lihat kerasa waaaaah

  53. Subhanallah keren mas...
    jarang2 lho..ada masjid dalam mall..dikota saya aja..mallnya trletak dipojokan..bhkan ada trletak dkat parkiran..

  54. mantab bgt!d mall ada mesjid ,yang solat nya jg banyak.Subhanallah!

  55. Keren pak. Biasanya dibuat seadanya sempit dan kusam. Tapi akan lebih asyik kalau dibuat di halaman luas dengan ruang terbuka jadi tak perlu ac

  56. subhanalloh, luas sekali masjidnya ya Pak...biasanya di pusat perbelanjaan masjid atau mushalanya hanya berukuran mungil, pun letaknya pasti nyempil di ujung koridor yang dekat dengan toilet..bahkan di Soetta pun mushalanya nyempil

  57. Subhanallah Allahu Akbar....luar biasa itu pak...memang seharusnya seperti ini. Pusat belanja dibesarkan, namun tempat ibadahnya nyempil di pojokan yang ukurannya cuma 2X3 (Astaghfirullah....) shalat harus gantian sementara waktu shalat tetap berjalan.......semoga menjadi bahan renungan para pengembang gedung2 lainnya di Jakarta....(y)

  58. Link nya sudah saya pasang di http://benkelakhlak.blogspot.com/

  59. Manteb, bener! Iya, Bang ... Di Jakarta ada banyak mall, gede2 juga, tapi tempat ibadah/mushola-nya seadanya aja dan ngumpet ampe gak keliatan, pokoknya kayak yg digambarin di atas deh!

    Dan liputan ttg mesjid dalam mall ini inspiratif bgt! Moga bisa ngasih masukan buat pengelola mall di seluruh nusantara. Aamiin ... :-)

  60. Masjidnya bagus, sayang jamaahnya seperti masjid lainnya (dikit). Seharsunya masjid dalam mall bisa menyerap jamaah sebanyak-banyaknya ya ^^
    tapi ini udah bagus, daripada mushola kecil sering antri sholatnya...

  61. bisa ngga ya komunitas blogger membangun mesjid?

  62. masjid nan indah
    bagaimana hukumnya memugar masjid yg sdh tua dan bersejarah

  63. inilah tempat yang palink tenang,sejuk yaitu mesjid
    nice info kang
    oa kang dtunngu follow back-nya y

  64. Subhanallah. saya baru tahu nih kalo di dalam mall ada masjid. wah keren. mudah mudahan saja semua mall di indonesia juga ada masjidnya. terima kasih sudah share :-)

  65. Subhanalloh Indah sekali mesjidnya apa lagi ini di dalam Mall, jarang sekali mal menyediakan Mesjid seluas dan seindah ini.
    Andai saja semua Mall besar di indonesia ada fasilitas masjid seperti ini, pasti betah berbelanja tanpa meninggalkan kewajiban yang lima waktu.
    Artikelnya sangat menarik Mas.

  66. Bisa dijadikan untuk contoh buat mall lain untuk membuat mesjid yang bagus dan nyaman.

    sayang saya belum pernah ke makasar...

  67. Suasana yang sangat strategis, masjidnya nyaman, bersih, indah. pokoknya segalanya. alhamdulillah.

New comments are not allowed.

67 komentar

  1. Subhanallah, baru kali ini saya tahu ada masjid di mall. Kami di tangerang mall nya hanya menyediakan mushola kecil sehingga harus ngantri kalau mau sholat. Pengusaha memang seharusnya peduli dengan nasabahnya.

  2. kalau Mushola di mall dikasih AC nanti pengunjung pada betah di Mushola Pak. nggak jadi belanja dong...:)

  3. hihihihi....sudah pernah maka ke sana puang.
    nice share lah ;)

  4. wah enak banget ya musholla ada acnya jadi bisa lebih khusu' ibadahnya :-)

  5. wah keren ni Makassar, di kota saya belom ada Mall yang punya masjid

  6. masjid tampak depannya g kelihatan itu mas, kalau lihat fotonya sih kalau berada di dalam terasa adem mas yah

  7. Subhannalloh, luar biasa yang punya itu... selama ini paling hanya tempat kecil yang disedikan tuk sholat

  8. pantesan megah, nyaman dan bikin jadi lebih khusyu sholatnya saking dibikin para jamaah dibuat senyaman dan senikmat mungkin sholatnya....pak JK yang punya, tentu konsepnya bukan hanya bikin Mall untuk mencari laba semata tentunya.
    mantap tenan wis lah bang.

  9. bener mas.. memang sangat jarang ada mall yang ada masjidnya.. mungkin karena kebanyakan pemilik mall adalah orang china, dan kebanyakan orang china bukan orang muslim.. jadi mungkin itu penyebabnya mas... (mungkin) hehehehe

  10. mall andalangku juga ini ehh, hahah :D

  11. Wah boleh di bilang langka tapi nyata itu gan sebuah Mall ada mesjid nya.

  12. Luar biasa indah mesjid Babussalam ini ya Mas...

    Nah, di mall Giant Bekasi (apa sebenarnya nama mall nya ya? Lupa nih.) ada juga mesjid yg kurang lebih mirip lah bagus dan rapi nya seperti mesjid Babussalam ini. Terletak di lantai bawah dan betul, merupakan mesjid bukan mushala.
    Sangat berbeda jauh dg yg ada di Metropolitan Mall, yg letaknya di seberang Mall Giant itu. Di Metropolitan Mall, hanya ada mushala, di lantai bawah, dan terkesan seadanya...

    Salam,

  13. Kalau setiap mall menyediakan failitas sarana peribadatan sholat yang bersih dan seluas ini enak juga ya kang. Sebab saya jarang menemukan, paling di dekat area parkir. Ataua di lantai dasar etaknya pun disudut. Hm.....

    Semoga hal ini bisa menjadi contoh para pengelola gedung atau pun para pemilik mall untuk dapat memikirkan masalah ini.

    Salam,

  14. Saya belum pernah liat ada masjid dalam mall. Yg ada hanya mushola kecil, tp saya pilih ngemall yg tidak pas waktu sholat karna males antri :).

    Ya mungkin pengusahanya ga mau rugi, daripada dibikin masjid mending dibikin stand kali yak.

    Semoga kedepannya bermunculan masjid2 dalam mall. Amin

  15. kreatif masjid di mall bang
    biasanya ya jua musola yang pengap

  16. keliatan sejuk dari fotonya. pasti juga menyejukkan hati ya Mas..

  17. Bersih sekali masjidnya, pak
    Semoga sebersih hati pak Kalla dalam membawa bangsa ini...

  18. di mall tapi masjidnya.. MasyaAllah... semoga barokah ya

  19. di beberapa mall di Jakarta mempunya masjid atau tempat sholat yang layak, bagus tidak sekedar numpang sholat. Suka sekali kalau ke Mall tempat sholatnya indah

  20. masjid tak harus mewah atau besar,yang penting nyaman dan bersih,sholatpun khusyu

  21. wah, nyaman ya masjidnya. memang sayang, kadang mallnya bagus tapi tempat ibadahnya seadanya banget :(

  22. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto.....

    Saya yakin, Mall Ratu Indah mempunyai visi dan misi untuk menarik para pelanggan muslim mereka agar betah membeli belah di sana. Jika pemiliknya juga muslim, tentu akan mendapat keuntungan dunia dan akhirat. Tidak semua mall membina masjid di dalam mall mereka. Sekadar musolla, itu biasa kita lihat. Bagus ya, saya juga tenang dan senang kalau musollanya ada AC.

    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  23. saya belum mengunjungi mari dalam bbrp tahun terakhir. subhanallah sudah ada mesjid di sana. saya kagum sama pengelolanya. sebelum adanya mesjid ini ex.musholla sebelumnya pun paaaaliiing bagus di antara semua mal yg ada di makassar ya pak. cukup luas dan bagus hijabnya. semalam sy baru ke mp dan mengunjungi musholla di sana juga, kupikir mp seharusnya jg sudah harus membenahi mushollanya, mengingat pengunjung di sana jauh lebih banyak ketimbang mari. semoga mp kedepannya jg lebih baik aamiin.

  24. Kereenn ^^
    Miris memang, mengapa Mall2 tidak begitu memperhatikan kenyamanan mesjidnya, padahal mayoritas pengunjung adalah muslim.

    Di Palopo juga ada tempat perbelanjaan (Mall kecil) yang menematkan Musholla nya di dalam gedung lantai teratas. Awal2 saat mengunjungi Mall itu, saya sangat respect, tetapi makin kesini jadi agak mendongkol, karena ruang di depan mushollah sekarang di isi sama Time Zone yang sangat berisik, dan tentunya mengganggu orang yang sedang shalat, hiks hiks :(

    http://anistahara.blogspot.com/2011/06/opsal-plaza-adalah-mall-pertama-yang.html

  25. Wah megah sekali ya pak masjid nya. Luas banget dan indah banget. Pasti nyaman untuk tempat beribdah. Tapi kok yang jamaah sedikit ya pak :)

  26. Jarang-jarang nih ada Masjid di Mall :)

  27. saya 4 Tahun di Makassar tapi tidak pernah masuk ke Masjid Babussalam, saya hanya pernah masuk ke Mall Ratu Indah. Iya betul sekali Sob, saya merasa miris, ketika berkunjung di Mall Selain MARI, Contohnya di MP, Mall Panakkukang adalah Mall yang paling sering saya kunjungi karena paling dekat dengan Kontrakan saya dulu. Fasilitas tempat shalat di MARI sangat Kecil padahal ini ada;ah Mall yang paling besar di Kota Makassar. Seandainya saya adalah Owner dari MP, maka saya akan membangun tempa shalat di dalam Mall yang besar juga...

  28. maaf Mas tadi ada yang salah di komentar saya, maksud saya MP yang Fasilitas Tempat shalatnya Kecil...

  29. Masjid Babussalam Mall Ratu Indah memang benar-benar indah ya mas...andai saja semua mall di Indonesia masjidnya seperti itu...karena kebanyakan hanya menyisakan sedikit lahan saja di mallnya untuk dijadikan mushala

  30. Sy baru tau di sini..ada di bangun masjid di dlm mall..

    Bener bang..sy ikut mengamini..semoga para pengelola mall di seluruh nusantara..menerapkan langkah ini :)

  31. fb says:

    Bisa jadi contoh buat mall lain untuk membuat mesjid yang bagus di dalam mallnya.

  32. wowwwwwww..! ruarr biasa.., sy baru tau.., sempat dlu sholat di Mari tp msh dlm musholla, salut tuk pengutus Mari.., lama jg sy gk ke sana.., makasih infox Pak :)

  33. Kalau pihak pengelola gedung-gedung bisa menyediakan mushola/mesjid, biasanya justru akan bisa 'menyedot' lebih banyak pengunjung.

  34. ndop says:

    Wah memang harusnya begitu ya. Kalau di Surabaya, mol favoritku justru mol yg banyak orang chinanya, Galaxy Mall, karena di situ ada mushollanya yg lumayan gedhe dan airnya melimpah buat wudlu hehehe..

  35. Saya baru 2 hari yang lalu ke sini . Iya benar ... keren. Dan tenpat wudhunya ndak gabung. Tertutup lagi bagian perempuannya.

  36. Bagus masjidnya tapi yang sholat dikit :(

  37. Saya juga berangan-angan seperti itu mas, seandainya semua mall menyediakan masjid yang megah seperti itu kayanya indah yah..padahal mall kan tempat belanja yang sudah pasti ramai...salut deh, semoga bisa ditiru..

  38. Rupi says:

    baru kali ini saya liat ada masjid di dalam mall
    biasanya cuma mushala sederhana *o*)
    seandainya kantor saya juga ngikuin :(

  39. besar ya masjidnya. kalau seperti ini sih saya bakal betah berlama-lama ngemall disini. Kalau duatu hari nanti berkesempatan ke makassar,saya mau berkunjung ke mall ini lah,hehe

  40. subhanallah masjid yang megah tapi jama'ah nya sedikit. ^^

  41. Memang jaran mall yang menyediakan tempat ibadah dengan layak atau memadai. Nama masjinya seperti nama masjid dikampungku, babussalam ( nama salah satu pintu surga ) . Di Bekasi dan Jakarta ada juga yang menyediakan tempat ibadah yang semewah di mall ratu indah kota makasar. adem dan tenang rasanya, saat lelah jalan-jalan dan jajan keliling area mal.

  42. Subhanallah, semoga banyak mall yang meniru kebaikan ini
    Karena sepengalaman saya, yang butuh shalat ketika di mall itu sangat banyak :)

  43. masjid di kawasan mall jarang ini mas yang banyak biasanya musholla kecil yang letaknya setengah mati mencarinya, salut pokoknya

  44. luar biasa pengelola mallnya kang, sampai di bikinkan masjid yang besar dan daya tampung yang banyak, cocok untuk jum'atan

  45. jauh nih masjidnya dari kota ane gan,, nice share. mantap..

  46. Saya sendiri belum pernah menjumpai sebuah masjid yang begitu representatif ada di sebuah mall seperti yang dimiliki Mall Ratu Indah Makassar ini. Yang saya jumpai hanyalah musholla dengan ukuran relatif kecil. Tentu tidak akan muat bila waktu tiba sebagian besar pengunjung mall yang muslim shalat disitu. Mereka harus antri menunggu ada tempat yang kosong. Saya kira sudah cukup bagus manajemen mall telah menyediakan tempat ibadah. Bila ada kekurangan disana-sini tentu perlu dipikirkan oleh manajemen untuk dilengkapi. Ruangannya bersih, harum, ber-AC, dan nyaman. Ada toilet dan tempat wudhu yang bersih dan harum. Saya salut dengan pendiri dan pengelola Mall Ratu Indah Makassar. Walau relatif kecil kemungkinannya, semoga nantinya ada yang mengikuti jejak Mall Ratu Indah. Salam cemerlang!

  47. saya berharap, pengelola Masjid Babussalam Mall Ratu Indah ditambahkan rezki di dunia dan akhiratnya.. dan posting dan komaentar positif dlm artikel ini bisa jadi surat amal untuk semua penggagas dan pemilik mal tersebut

  48. masjidnya suasananya kok seperti di dalam mall ya mas? salam kenal saya blogger baru masih belajar berkomentar di blog mas :P

  49. Maju terus kota Semarang, melihat perkembangannya terus berjalan dengan baik. Salam

  50. ada masjid berarti menjauhkan dari segala bencana,itupun kalau dimanfaatkan

  51. Lumayan besar juga ya mesjidnya...hebat pengelola malnya om, sampai sempatin buat rumah ibadah didalam mal. Coba semua mal gitu ya :)
    Trims infonya...salam kenal.

  52. mesjid nya begitu indah
    dengan aroma ibadah
    sungguh bikin yang lihat kerasa waaaaah

  53. Subhanallah keren mas...
    jarang2 lho..ada masjid dalam mall..dikota saya aja..mallnya trletak dipojokan..bhkan ada trletak dkat parkiran..

  54. mantab bgt!d mall ada mesjid ,yang solat nya jg banyak.Subhanallah!

  55. Keren pak. Biasanya dibuat seadanya sempit dan kusam. Tapi akan lebih asyik kalau dibuat di halaman luas dengan ruang terbuka jadi tak perlu ac

  56. subhanalloh, luas sekali masjidnya ya Pak...biasanya di pusat perbelanjaan masjid atau mushalanya hanya berukuran mungil, pun letaknya pasti nyempil di ujung koridor yang dekat dengan toilet..bahkan di Soetta pun mushalanya nyempil

  57. Subhanallah Allahu Akbar....luar biasa itu pak...memang seharusnya seperti ini. Pusat belanja dibesarkan, namun tempat ibadahnya nyempil di pojokan yang ukurannya cuma 2X3 (Astaghfirullah....) shalat harus gantian sementara waktu shalat tetap berjalan.......semoga menjadi bahan renungan para pengembang gedung2 lainnya di Jakarta....(y)

  58. Link nya sudah saya pasang di http://benkelakhlak.blogspot.com/

  59. Manteb, bener! Iya, Bang ... Di Jakarta ada banyak mall, gede2 juga, tapi tempat ibadah/mushola-nya seadanya aja dan ngumpet ampe gak keliatan, pokoknya kayak yg digambarin di atas deh!

    Dan liputan ttg mesjid dalam mall ini inspiratif bgt! Moga bisa ngasih masukan buat pengelola mall di seluruh nusantara. Aamiin ... :-)

  60. Masjidnya bagus, sayang jamaahnya seperti masjid lainnya (dikit). Seharsunya masjid dalam mall bisa menyerap jamaah sebanyak-banyaknya ya ^^
    tapi ini udah bagus, daripada mushola kecil sering antri sholatnya...

  61. bisa ngga ya komunitas blogger membangun mesjid?

  62. masjid nan indah
    bagaimana hukumnya memugar masjid yg sdh tua dan bersejarah

  63. inilah tempat yang palink tenang,sejuk yaitu mesjid
    nice info kang
    oa kang dtunngu follow back-nya y

  64. Subhanallah. saya baru tahu nih kalo di dalam mall ada masjid. wah keren. mudah mudahan saja semua mall di indonesia juga ada masjidnya. terima kasih sudah share :-)

  65. Subhanalloh Indah sekali mesjidnya apa lagi ini di dalam Mall, jarang sekali mal menyediakan Mesjid seluas dan seindah ini.
    Andai saja semua Mall besar di indonesia ada fasilitas masjid seperti ini, pasti betah berbelanja tanpa meninggalkan kewajiban yang lima waktu.
    Artikelnya sangat menarik Mas.

  66. Bisa dijadikan untuk contoh buat mall lain untuk membuat mesjid yang bagus dan nyaman.

    sayang saya belum pernah ke makasar...

  67. Suasana yang sangat strategis, masjidnya nyaman, bersih, indah. pokoknya segalanya. alhamdulillah.

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend