Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Dont Worry Be Smart Fren

Hariyanto Wijoyo | 67 komentar

Dont Worry Be Smart Fren

Assalamualaikum friends of blogger globally wherever you are. This time I invite you to join to discuss the word of smart. What exactly is the definition of the word of smart, when translated into Indonesian. Especially if we also talk about the title of this article, dont worry be smart fren. Cut cut cut, pengantar berbahasa Inggris cukup sampai disini saja. Ternyata belagak seperti orang Smart yang pandai berbahasa Inggris itu tak gampang juga ya, harus bisa menguasai kata demi kata dengan susunannya secara tepat, kalau tidak demikian, bisa berbeda konotasinya.

Don’t Worry Be Smart Fren, atau kalau diterjemahkan secara kasar ke dalam Bahasa Indonesia kira-kira artinya adalah Jangan Khawatir Untuk Menjadi Cerdas Teman. Loh tapi kata Fren-nya itu kurang dua huruf, seharusnya berbunyi Don’t Worry Be Smart Friend. Tak apalah, karena kata Friend itu kalau dilafaskan bunyinya jadi Fren, jadi saya menulisnya sesuai bunyinya saja. Lalu kenapa kita harus Smart ?

Secara Etimologi, kata Smart itu dalam bahasa Indonesia bisa berarti pintar, cerdas atau bijak. Salah satu dari ketiga arti kata itulah yang konon kabarnya terdapat pada diri saya sendiri. Bukannya mau bersikap pongah atau sombong, tapi jujur saya katakan bahwa apa yang saya lakukan ini bisa digolongkan sebagai tindakan yang Smart, pada saat saya memilih seorang wanita untuk menjadi istriku dunia akhirat. Sahabat-sahibit blogger se-dunia pastilah mengatakan saya ini berbicara terlalu angkuh dan itu tak pantas dilakukan oleh seseorang seperti saya.

Sekali lagi saya katakan, bahwa tiada maksud membusungkan dada, atau berbesar kepala saat membicarakan tentang predikat Smart yang kurasa ada dalam diriku. Karena saya juga sadar diri, saya bahwa saya hanyalah The Ordinary Man, orang yang biasa-biasa saja, tak ada kelebihan yang bisa dibanggakan layaknya orang-orang terkenal lainnya yang selalu wara wiri melintas nama dan wajahnya di media cetak, media televisi, media digital dan media sosial. Dan satu-satunya kelebihanku adalah bahwa saya memang tak punya kelebihan.

Namun perkenankanlah saya menjelaskan melalui artikel ini, mengapa tindakan saya ini bisa dikategorikan sebagai tindakan yang Smart. Semoga saja bila sudah membaca hingga tuntas artikel ini, saya berharap, para sahabat-sahibit juga akan ikut berlomba-lomba mengambil sikap dan tindakan yang sama, sehingga kalian juga bisa dikategorikan termasuk orang-orang yang Smart. Tapi, ada tapinya loh, artikel ini harus dibaca dari awal hingga selesai, jangan dibaca sepotong-sepotong ya. Karena kalau sepotong-sepotong, pemahamannya pastilah sepotong-sepotong juga hasilnya.

Dont Worry Be Smart Fren
Istriku bersama saudari2-ku dan keponakanku hendak Sholat Iedul Fitri

Sejak dulu saya berniat dalam hati ingin mencari seorang wanita yang akan kujadikan sebagai istri yang sah, pasangan hidupku demi menyempurnakan agama dan ibadahku. Yang bisa saling melengkapi antara saya dan dia,bisa saling menutupi kekurangan satu sama lain, karena saya tahu, manusia itu tak ada yang sempurna, karena kesempurnaan itu hanya milik Sang Khaliq. Namun dalam ketidak sempurnaan itulah, manusia selalu berusaha mencari jalan menuju kesempurnaan, yang bagi saya, menuju kesempurnaan ibadah kepada Sang Khaliq.

Saya telah memutuskan, bahwa wanita yang menjadi istriku, akan menjadi teman hidupku tidak hanya untuk satu-dua hari saja akan tetapi seumur hidup, insya ALLAH. Sehingga saya berhati-hati, teliti dan penuh pertimbangan saat memilih pasangan hidup. Dalam agama Islam yang saya anut diajarkan bahwa wanita biasanya dinikahi karena empat hal, yaitu karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan arena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya, sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi. Peraturan untuk memilih wanita yang akan diperistri sudah jelas rambu-rambunya di dalam Islam, maka tentunya saya wajib mengikuti rambu-rambu itu yang sudah jelas arah kebenarannya, karena kalau tidak mengikuti, bisa kena tilang nantinya.

Namun memilih wanita berdasarkan agama juga ada peraturannya, yakni bukan yang ISLAM KTP, melainkan dia itu Islam secara keseluruhan, atau setidaknya wanita itu memiliki niat untuk kelak berprilaku secara Islamiah dalam keseharian, dan niat itu kelihatan dari pola hidupnya yang tak penah lepas dari ajaran-ajaran Islam yang tiap saat selalu semakin baik dan semakin berkembang. Saya juga bukanlah orang yang sempurna dalam beragama, namun dengan saling menasihati satu sama lain, saling mengingatkan akan kebaikan yang harus dilakukan dan keburukan yang harus ditinggalkan, bukankah itu adalah tindakan yang Smart sebagai suami istri dalam menggapai ridho Allah SWT.

Tentunya saya menginginkan istriku taat kepada saya suaminya, namun bukan ketaatan dalam keburukan dan kemaksiatan dunia, melainkan ketaatan kepada kebaikan dunia akhirat. Sebagai seorang istri, istriku berhak menegur diriku bila saya melakukan kesalahan dan melanggar perintah-perintah agama. Jadi bukan taat dengan memakai kacamata kuda, namun taat dengan mata hati sesuai tuntunan ajaran Islam. Saya juga menginginkan seorang istri yang selalu berhijab menjaga auratnya dan tidak memamerkan kecantikannya kecuali kepada suaminya, lah iyalah, aku pastinya tidak mau seluruh dunia dengan bebas menikmati dan memandangi tubuh istriku, karena aku suaminya, maka akulah yang berhak melihat dan menikmati kecantikan istriku.

Dont Worry Be Smart Fren
Istriku Kumpul Bersama Keluarga Besarku  Yang Berasal Dari Tana Toraja, di Toraja

Dont Worry Be Smart Fren
Istriku Kumpul Bersama Keluarga Besarku di Makassar

Dont Worry Be Smart Fren
Istriku Bersama Keponakanku Merayakan Ulang Tahun Rani sambil bawa Gambar Smart Fren

Alhamdulillah, saya benar-benar beruntung, karena hampir semua yang saya inginkan itu ada pada wanita yang menjadi pilihan hidupku saat ini, dan sudah menjadi istriku melalui pernikahan yang sah dihadapan Sang Khaliq dan disaksikan oleh dunia beserta akhirat. Bahkan Istriku itu juga tahu bagaimana membahagiakan pasangan, mengambil hati keluarga suami, dan pandai menempatkan dirinya. Dengan menikah, saya dan istriku telah meraih Nisfaddiin, separuh nilai kemuliaan agama, insya Allah. Menikah juga sebagai bukti akan kecintaan kami kepada Rasulullah, karena Rasulullah bersabda, "bahwa nikah sunnahku, siapa yang membencinya bukan umatku."

Benarkan, semua tindakan saya saat memilih istri layak dikategorikan tindakan yang Smart, sebab memprioritaskan kebaikan masa depan di akhirat daripada kebaikan di dunia. Namun bukan berarti urusan dunia kita abaikan, tetap saja kita mengejar urusan dunia demi kehidupan keluarga kita, tetapi tetap dengan mengikuti rambu-rambu lalu lintas yang telah ditetapkan oleh ajaran agama Islam., dan jangan sekali-kali mencoba melanggarnya. Oleh karena itu saya mengajak sahabat-sahibit sedunia, terutama bagi yang masih jomblo, Jangan Khawatir Menjadi Orang Pintar/Cerdas/Bijak Teman atau Don’t Worry Be Smart Fren saat mencari wanita yang akan menjadi istri kalian, dan senantiasa bersikap Fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan.

Dont Worry Be Smart Fren
Ini benar-benar narsis habis-habisan :-D

Yakinlah, bila kita sudah bersikap Smart kemudian membulatkan tekad, menguatkan hati dan meluruskan niat demi menjemput masa depan serta melakukan perubahan yang lebih baik dalam kehidupan di dunia dan di akhirat yakinku ALLAH SWT kan melapangkan jalan-NYA untuk mewujudkan impian kita membentuk keluarga yang Sakinah Mawaddah Wa Rahma, insya ALLAH.


Category : , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

67 komentar

  1. ndop says:

    pertamax di amankan..

  2. ndop says:

    Sebenanya jadi istri dan jadi suami itu sama sama susah ya Pak. Makanya kalo ada yg nyeletuk "Enakan jadi cowok ya, dilayani istri terus" padahal sang suami khan bekerja mencari nafkah.. Sama halnya dg jadi istri, harus tunduk sama suami selama itu baik buat keluarganya..

  3. Jadi intinya dont worry be smart fren di sini kita tinggal mengikuti apa yang telah menajdi ketetapan Tuhan ya Kang, dan semuanya sudah di berikan contoh dan kriterianya. Tinggal harus jeli saja ya. Trims sharingnya, Semoga uskses kontesnya ya.

    Salam,

  4. saya malah lebih tertarik liat foto yang lagi disuapin mas, hehehehhe keliatannya gimana gitu................

  5. Foto-foto kenangan memang mengasyikkan

  6. Dont worry mas, pasti kontesnya menang, aminn... :)

  7. Foto yang terakhir romantis sekali Mas, kayak yang di felm felm :)

  8. semoga langgeng selalu, ya :)

  9. Pilihan yang smart .., semoga sakinah mawadah warohmah, semoga jodohnya dilanggengkan sampai di akhirat ...

  10. Lama tak berkunjung, semoga sukses slalu buat mas Hariyanto

  11. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto.....

    Wah, pasti seneng hati mbak Wieka atas penghargaan yang dibuat oleh mas Hariyanto dalam lomba kali ini. Insya Allah, pilihan mas Hariyanto akan diredhai Allah SWT hingga ke akhirat. Aamiin.

    Setiap tindakan yang jelas untuk mencari kejayaan hidup di dunia dan akhirat bagi mencapai redha Ilahi adalah tindakan smart kerana ia disertai dengan, akal dan ilmu.

    Oleh itu, orang smart dalam hidup adalah mereka yang mempunyai rencana dan tahu apa yang patut dilakukannya. Saya setuju dengan maksud yang dipaparkan oleh mas Hariyanto dalam tulisan ini. "Don't Worry, Be Smart, Be Happy.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  12. joe says:

    selamat deh semoga rukun selalu, juga semoga kontesnya beruntung

  13. Alhamdulillah, saya turut bahagia mendengar kabar ini,, tapi ngomong ngomong saya jadi ngiri lihat poto paling bawah.. karena sudah lama gha disupin sih, hehe// ah mau minta disupin binik dulu ah, mau ikutan manja manjaan. hehe

  14. Aku juga baru saja beli (kartu) smartfren..

    hehe

    belum dicoba sih

    Good luck mas!
    Semoga menang

  15. Bahagianya istri mas hari
    jika membaca artikel ini

    Andai suatu hari
    saya dipilih jadi istri
    dari seorang lelaki
    yang sholeh dan baik hati
    Apa aku masih boleh ya bikin puisi

    Hehehe

  16. wah sukses pak untuk lomba nya. Saya dukung 100% semoga pak hariyanto bisa menang :)

  17. pembahasan yang serba smart, dan pastinya yang nulisnya pun very smart hehe

  18. ngiri deh bang Har..liat fotonya yang lagi suap suapan.....romantis banget :)

    semoga menjadi yg terbaik...GA nya ya bang :)

  19. keluarga yg bahagia
    semoga menang

  20. Anonymous says:

    Waduhhh......meliat foto dia atas terasa yg hidup hariyanto sekeluarga sgt bahagia...

    Sy juga manusia yg biasa2......

    Selamat malam hariyanto.....

  21. Duh jadi ngiri ni lihat yg suap-suapan :)
    Tampaknya keluarga ini sangat bahagia ya, dengan meihat fotonya :)

  22. Yuni says:

    disana smart disini smart.... :)

    sukses ngontes paK Har, makin deket dengan GA ni kayae...hahaha

  23. semoga senantiasa mnjdi keluarga yang Sakinah Mawaddah Wa Rahma, insya ALLAH

    saya juga punya smartfren :) #my ponsel
    smoga sukses tulisannya

  24. Panjang dan lengkap sekali mas, semoga menjadi yang terdepan dan sukses selalu ya mas Har.

  25. Pelajaran yang smart buai saya yah Mas Hari, pastinya
    Mas Adminya Super Smart semoga saja saya Sebagai
    User atau member dar blog ini terbawa Smart deh amien

  26. pas baca judulnya kirain tentang modem smart friend sob hehehe... potonya bagus - bagus sob kayanya seru tuh disuapin :)

  27. keluarga yang romantis ya.. Dibalik Kesuksesan seorang suami, pasti ada seorang istri yang mendukungnya..
    Dont Worry Be Smart Fren. pilihan tepat dan hemat ya smart..sampai saat ini jaringan smart di rumah saya masih normal dan lumayan cepat.

  28. Salut sama keharmonisannya :D

  29. Anonymous says:

    Bersyukur mendapatkan pasangan yang saling membahagiakan.Semoga ke depannya selalu kompak dan rukun serta bahagia ya Pak..

  30. Alhamdulillah ya mas mendapatkan istri impiannya :D semoga langgeng terus
    Good Luck ya mas lombanya ^^

  31. Tabe' datanga lagi kodong, hehehe....

    Keluarga ta' bahagianya sa liat :)

  32. Duh bikin sirik aja nih yg suap-suapan.

  33. haha.. asik nih bagi yang jomblooo seperti diriku ini, paragraf terahir itu lho hmm

  34. Semoga tetap sakinah mawadah wa rahmat ya
    Tetap harmonis tetap romantis :)

  35. cie..cie.. mas hery sama mbak wieka romantis banget sih, makannya pake suap suapan segala... hmmm saya jadi pengen deh, siapa yang mau suapin saya ya...?? hehehehe

  36. sebenernya saya juga pengen ikutan nih lomba smartfren tapi takut kalah hehehe :D

  37. Kalau keluarga rukun adem ayem pasti nggak pernah worry lagi kan pak

  38. Sungguh romantis menjadi keluarga yang harmonis semoga tetep terjaga kerukunan dan silaturrahim antar keluarga mas...

  39. Succes selalau mas Hariyanto,,,kalau melihat gambar-gambar diatas saya jadi ngiri hehehe,,,,

  40. Berbahagialah buat mas Hari yang sudah mendapatkan pendamping hidup yang nyaris sempurna (maaf yah, nyaris, karena kesempurnaan milik Allah)...

    Semoga sukses juga buat artikel yang ikut lomba

  41. Berbahagialah buat mas Hari yang sudah mendapatkan pendamping hidup yang nyaris sempurna (maaf yah, nyaris, karena kesempurnaan milik Allah)...

    Semoga sukses juga buat artikel yang ikut lomba

  42. Baru pertama blogwalking ke sini
    semoga keluarganya samara dg istrinya pak
    smart banget pilih istrinya pak
    so sweet kisahnya

  43. semoga keluarga kecilnya diberi keberkahan ya mas..

    aduuh..saya jadi ngiler ama makanannya ne mas..laperr..hehe

  44. weihh.. built in-nya keren sekali..
    sungguh menyentuh
    apalagi yang pas nyari wanita untuk menyempurnakan ibadah,
    saya juga jadi pengen dah.
    ahahahaha

  45. memilih istri juga harus smart ya Pak. agak sulit juga sih, karena waktu pacaran yang kelihatan cuma yang indah indah saja.

  46. fotonya bagus mas .. kangen deh sama keluarga ku yang jauh :D

  47. Milih Istri yang smart itu sih bagi ku gampang tapi gak tau apakah kelak dia nya mau.. buahahaha
    Intinya untuk mencari Istri yang smart kita harus smart juga :D

  48. Setelah sekian lama hiatus dari dunia blog, akhirnya sekarang bisa lagi ngunjungin blog nya om dan langsung disambut dengan postingan yang smart abis.
    Smart penjelasan nya, Smart ceritanya, Smart juga nasihat nya. :D
    Semoga bisa ngikutin jejak om, mendapatkan pendamping hidup yang smart. :)

  49. saya salut sama Mas Hary, rajin sekali bikin tulisan simpatik untuk GA yang simpatik. hebat Mas. top tenan

  50. Dwi says:

    duhhh suap suapan, jadi pengen :D

  51. jadi suami dan istri memang harus saling melengkapi, tidak ada kata ini tugas suami dan ini tugas isstri.
    oleh karena itu berpikir smart akan menjadi solusi tersendiri

  52. Duh Smart nya keluarganya, sukses terus ya Mas

  53. Ngikik ngelihat fotonya :D
    Saya sih sudah berusaha buat menjadi smart, etapi keknya belum smart2 juga :D

  54. Wah Smart sekali nih antara keinginan dunia nyata dan dunia maya telah terkabulkan gan, dan fotonya mesra banget nih..

  55. ciyeee, gaul abiiss.. :D
    pasti menang nih...

  56. romatis juga fotonya...
    emang kita harus smart,,, smart dalam memilih pasangan,,, saya pengen banget dapet jodoh sesuai dengan keinginan saya,,, sesuai dengan apa yang saya pikirkan,, tapi disisi lain, saya juga harus memperbaiki diri terlebih dahulu sebelum mengharapkan mendapatkan istri yang baik,,,, hmmm well istri yang baik untuk suami yang baik,,, tapi kadang tuhan punya jalan lain,, yang baik bisa juga dengan yang buruk,,,, heheheh *****Duhhh komen saya kok berbelit belit,,,,

  57. foto yang terakhir,, cie cie,, romantis nya

  58. Datang lagi Mas Hari saya di artikel ini turut meramaikan dont worry be smart fren
    Salam sejahtera selalu dan selamat jelang Tahun Baru 2014 semoga semakin sukses
    Pada tahun 2014 ini yah Mas.

  59. ga bisa ngomong apa2.. smoga menang :)

  60. sangat ideal sekali mas, pengalamannya bisa digunakan siapapun yang sedang mencari jodoh,
    semakin lama perjodohannya Mas Haryanto romatisme ndak surut tapi semakin hari semakin nampak kompak, semoga ini terus dan terus terjaga, aamiin

  61. smg langgeng dunia akhirat ya pak.., aamiin..,
    mf baru sempat datang.., hujan di Makassar bikin malas BW *smile

  62. siapa lagi yang tau kalau istri kitalah yang paling smart sedunia dan seakherat selain kita suaminya sendiri atuh bang.....apalagi ditulis sebagai sebuah artikel, kalau ngga banyak nyebutin kalau istrinyalah yang paling smart....pasti belum lagi abang masuk pintu rumah...panci dan bakiak butut udah berterbangan melewati dan bahkan mampir dikepalanya.
    saya sering mampir keblog ibue'.....emang smart banget seh....;o)

  63. semoga menang lombanya pak muehehehe~ :D

  64. Foto yang terakhir mantap pak :)

  65. keren, Bang! Moga menang ya kontesnya.. hehehe

New comments are not allowed.

67 komentar

  1. ndop says:

    pertamax di amankan..

  2. ndop says:

    Sebenanya jadi istri dan jadi suami itu sama sama susah ya Pak. Makanya kalo ada yg nyeletuk "Enakan jadi cowok ya, dilayani istri terus" padahal sang suami khan bekerja mencari nafkah.. Sama halnya dg jadi istri, harus tunduk sama suami selama itu baik buat keluarganya..

  3. Jadi intinya dont worry be smart fren di sini kita tinggal mengikuti apa yang telah menajdi ketetapan Tuhan ya Kang, dan semuanya sudah di berikan contoh dan kriterianya. Tinggal harus jeli saja ya. Trims sharingnya, Semoga uskses kontesnya ya.

    Salam,

  4. saya malah lebih tertarik liat foto yang lagi disuapin mas, hehehehhe keliatannya gimana gitu................

  5. Foto-foto kenangan memang mengasyikkan

  6. Dont worry mas, pasti kontesnya menang, aminn... :)

  7. Foto yang terakhir romantis sekali Mas, kayak yang di felm felm :)

  8. semoga langgeng selalu, ya :)

  9. Pilihan yang smart .., semoga sakinah mawadah warohmah, semoga jodohnya dilanggengkan sampai di akhirat ...

  10. Lama tak berkunjung, semoga sukses slalu buat mas Hariyanto

  11. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto.....

    Wah, pasti seneng hati mbak Wieka atas penghargaan yang dibuat oleh mas Hariyanto dalam lomba kali ini. Insya Allah, pilihan mas Hariyanto akan diredhai Allah SWT hingga ke akhirat. Aamiin.

    Setiap tindakan yang jelas untuk mencari kejayaan hidup di dunia dan akhirat bagi mencapai redha Ilahi adalah tindakan smart kerana ia disertai dengan, akal dan ilmu.

    Oleh itu, orang smart dalam hidup adalah mereka yang mempunyai rencana dan tahu apa yang patut dilakukannya. Saya setuju dengan maksud yang dipaparkan oleh mas Hariyanto dalam tulisan ini. "Don't Worry, Be Smart, Be Happy.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  12. joe says:

    selamat deh semoga rukun selalu, juga semoga kontesnya beruntung

  13. Alhamdulillah, saya turut bahagia mendengar kabar ini,, tapi ngomong ngomong saya jadi ngiri lihat poto paling bawah.. karena sudah lama gha disupin sih, hehe// ah mau minta disupin binik dulu ah, mau ikutan manja manjaan. hehe

  14. Aku juga baru saja beli (kartu) smartfren..

    hehe

    belum dicoba sih

    Good luck mas!
    Semoga menang

  15. Bahagianya istri mas hari
    jika membaca artikel ini

    Andai suatu hari
    saya dipilih jadi istri
    dari seorang lelaki
    yang sholeh dan baik hati
    Apa aku masih boleh ya bikin puisi

    Hehehe

  16. wah sukses pak untuk lomba nya. Saya dukung 100% semoga pak hariyanto bisa menang :)

  17. pembahasan yang serba smart, dan pastinya yang nulisnya pun very smart hehe

  18. ngiri deh bang Har..liat fotonya yang lagi suap suapan.....romantis banget :)

    semoga menjadi yg terbaik...GA nya ya bang :)

  19. keluarga yg bahagia
    semoga menang

  20. Anonymous says:

    Waduhhh......meliat foto dia atas terasa yg hidup hariyanto sekeluarga sgt bahagia...

    Sy juga manusia yg biasa2......

    Selamat malam hariyanto.....

  21. Duh jadi ngiri ni lihat yg suap-suapan :)
    Tampaknya keluarga ini sangat bahagia ya, dengan meihat fotonya :)

  22. Yuni says:

    disana smart disini smart.... :)

    sukses ngontes paK Har, makin deket dengan GA ni kayae...hahaha

  23. semoga senantiasa mnjdi keluarga yang Sakinah Mawaddah Wa Rahma, insya ALLAH

    saya juga punya smartfren :) #my ponsel
    smoga sukses tulisannya

  24. Panjang dan lengkap sekali mas, semoga menjadi yang terdepan dan sukses selalu ya mas Har.

  25. Pelajaran yang smart buai saya yah Mas Hari, pastinya
    Mas Adminya Super Smart semoga saja saya Sebagai
    User atau member dar blog ini terbawa Smart deh amien

  26. pas baca judulnya kirain tentang modem smart friend sob hehehe... potonya bagus - bagus sob kayanya seru tuh disuapin :)

  27. keluarga yang romantis ya.. Dibalik Kesuksesan seorang suami, pasti ada seorang istri yang mendukungnya..
    Dont Worry Be Smart Fren. pilihan tepat dan hemat ya smart..sampai saat ini jaringan smart di rumah saya masih normal dan lumayan cepat.

  28. Salut sama keharmonisannya :D

  29. Anonymous says:

    Bersyukur mendapatkan pasangan yang saling membahagiakan.Semoga ke depannya selalu kompak dan rukun serta bahagia ya Pak..

  30. Alhamdulillah ya mas mendapatkan istri impiannya :D semoga langgeng terus
    Good Luck ya mas lombanya ^^

  31. Tabe' datanga lagi kodong, hehehe....

    Keluarga ta' bahagianya sa liat :)

  32. Duh bikin sirik aja nih yg suap-suapan.

  33. haha.. asik nih bagi yang jomblooo seperti diriku ini, paragraf terahir itu lho hmm

  34. Semoga tetap sakinah mawadah wa rahmat ya
    Tetap harmonis tetap romantis :)

  35. cie..cie.. mas hery sama mbak wieka romantis banget sih, makannya pake suap suapan segala... hmmm saya jadi pengen deh, siapa yang mau suapin saya ya...?? hehehehe

  36. sebenernya saya juga pengen ikutan nih lomba smartfren tapi takut kalah hehehe :D

  37. Kalau keluarga rukun adem ayem pasti nggak pernah worry lagi kan pak

  38. Sungguh romantis menjadi keluarga yang harmonis semoga tetep terjaga kerukunan dan silaturrahim antar keluarga mas...

  39. Succes selalau mas Hariyanto,,,kalau melihat gambar-gambar diatas saya jadi ngiri hehehe,,,,

  40. Berbahagialah buat mas Hari yang sudah mendapatkan pendamping hidup yang nyaris sempurna (maaf yah, nyaris, karena kesempurnaan milik Allah)...

    Semoga sukses juga buat artikel yang ikut lomba

  41. Berbahagialah buat mas Hari yang sudah mendapatkan pendamping hidup yang nyaris sempurna (maaf yah, nyaris, karena kesempurnaan milik Allah)...

    Semoga sukses juga buat artikel yang ikut lomba

  42. Baru pertama blogwalking ke sini
    semoga keluarganya samara dg istrinya pak
    smart banget pilih istrinya pak
    so sweet kisahnya

  43. semoga keluarga kecilnya diberi keberkahan ya mas..

    aduuh..saya jadi ngiler ama makanannya ne mas..laperr..hehe

  44. weihh.. built in-nya keren sekali..
    sungguh menyentuh
    apalagi yang pas nyari wanita untuk menyempurnakan ibadah,
    saya juga jadi pengen dah.
    ahahahaha

  45. memilih istri juga harus smart ya Pak. agak sulit juga sih, karena waktu pacaran yang kelihatan cuma yang indah indah saja.

  46. fotonya bagus mas .. kangen deh sama keluarga ku yang jauh :D

  47. Milih Istri yang smart itu sih bagi ku gampang tapi gak tau apakah kelak dia nya mau.. buahahaha
    Intinya untuk mencari Istri yang smart kita harus smart juga :D

  48. Setelah sekian lama hiatus dari dunia blog, akhirnya sekarang bisa lagi ngunjungin blog nya om dan langsung disambut dengan postingan yang smart abis.
    Smart penjelasan nya, Smart ceritanya, Smart juga nasihat nya. :D
    Semoga bisa ngikutin jejak om, mendapatkan pendamping hidup yang smart. :)

  49. saya salut sama Mas Hary, rajin sekali bikin tulisan simpatik untuk GA yang simpatik. hebat Mas. top tenan

  50. Dwi says:

    duhhh suap suapan, jadi pengen :D

  51. jadi suami dan istri memang harus saling melengkapi, tidak ada kata ini tugas suami dan ini tugas isstri.
    oleh karena itu berpikir smart akan menjadi solusi tersendiri

  52. Duh Smart nya keluarganya, sukses terus ya Mas

  53. Ngikik ngelihat fotonya :D
    Saya sih sudah berusaha buat menjadi smart, etapi keknya belum smart2 juga :D

  54. Wah Smart sekali nih antara keinginan dunia nyata dan dunia maya telah terkabulkan gan, dan fotonya mesra banget nih..

  55. ciyeee, gaul abiiss.. :D
    pasti menang nih...

  56. romatis juga fotonya...
    emang kita harus smart,,, smart dalam memilih pasangan,,, saya pengen banget dapet jodoh sesuai dengan keinginan saya,,, sesuai dengan apa yang saya pikirkan,, tapi disisi lain, saya juga harus memperbaiki diri terlebih dahulu sebelum mengharapkan mendapatkan istri yang baik,,,, hmmm well istri yang baik untuk suami yang baik,,, tapi kadang tuhan punya jalan lain,, yang baik bisa juga dengan yang buruk,,,, heheheh *****Duhhh komen saya kok berbelit belit,,,,

  57. foto yang terakhir,, cie cie,, romantis nya

  58. Datang lagi Mas Hari saya di artikel ini turut meramaikan dont worry be smart fren
    Salam sejahtera selalu dan selamat jelang Tahun Baru 2014 semoga semakin sukses
    Pada tahun 2014 ini yah Mas.

  59. ga bisa ngomong apa2.. smoga menang :)

  60. sangat ideal sekali mas, pengalamannya bisa digunakan siapapun yang sedang mencari jodoh,
    semakin lama perjodohannya Mas Haryanto romatisme ndak surut tapi semakin hari semakin nampak kompak, semoga ini terus dan terus terjaga, aamiin

  61. smg langgeng dunia akhirat ya pak.., aamiin..,
    mf baru sempat datang.., hujan di Makassar bikin malas BW *smile

  62. siapa lagi yang tau kalau istri kitalah yang paling smart sedunia dan seakherat selain kita suaminya sendiri atuh bang.....apalagi ditulis sebagai sebuah artikel, kalau ngga banyak nyebutin kalau istrinyalah yang paling smart....pasti belum lagi abang masuk pintu rumah...panci dan bakiak butut udah berterbangan melewati dan bahkan mampir dikepalanya.
    saya sering mampir keblog ibue'.....emang smart banget seh....;o)

  63. semoga menang lombanya pak muehehehe~ :D

  64. Foto yang terakhir mantap pak :)

  65. keren, Bang! Moga menang ya kontesnya.. hehehe

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend