Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Bahagia Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Hariyanto Wijoyo | 53 komentar

Bahagia Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia di manapun kalian beraktifitas. "Marhaban yaa Ramadhan, Marhaban yaa Syahra Shiyam, Marhaban yaa Syahralquran, Marhaban yaa Sayyidassyuhur". Tak terasa waktu berjalan begitu cepat, hingga akhirnya kita berada di penghujung Bulan Sya’ban, dan itu artinya tak lama lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan yang dijuluki sebagai bulan Maghfirah atau bulan Pengampunan, bulan Keberkahan dan Rahmat, bulan Kesabaran, bulan Qur’an, bulan Shadaqah, bulan menuai pahala. bulan Syahrul Amal atau bulan memperbanyak amal, dan bulan Pendidikan dan Madrasah bagi orang-orang yang beriman kepada ALLAH SWT dan Rasulullah SAW sebagai sarana untuk menjadi orang yang muttaqin, di mana pada setiap Siang dan malamnya maupun jam demi jamnya selama bulan Ramadhan adalah yang paling utama.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu kehadirannya oleh seluruh umat Islam di dunia, oleh karenanya sebagai umat muslim sudah selayaknya kita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan penuh rasa kebahagiaan. Sebagaimana sebuah kalimat yang sangat populer di masyarakat yakni “ barang siapa yang bergembira dengan kedatangan bulan suci Ramadhan niscaya ALLAH SWT mengharamkan jasadnya dari neraka”.

Saat ini banyak diantara saudara-saudari sesama Muslim yang merealisasikan wujud kebahagiaan tersebut dengan mengunjungi tempat-tempat wisata dan hiburan seperti pergi ke pantai, water park, telaga, kolam renang dan banyak lagi lokasi yang bisa digunakan oleh umum untuk mandi bersama, terutama dalam sepekan menjelang Ramadhan , yang sering disebut sebagai minggu terakhir jelang Ramadhan, dan sekarang mulai disebut sebagai minggu ceria. Berbondong-bondong masyarakat, tua muda, muda-mudi, dewasa dan kanak-kanak , semuanya berbaur melakukan hal ini dengan rasa kebahagiaan.

Padahal bukan itu yang dimaksud dengan Bahagia Menyambut Bulan Suci Ramadhan. Malahan hal tersebut bila dilakukan dapat membuka peluang dan mendekatkan diri kita kepada dosa tanpa kita sadari. Misalnya saja, dengan berasyik masyuk mandi dan bermain air di pantai, maka kita akan cenderung lupa dan mengabaikan saat waktu sholat lima waktu telah tiba. Dan mata kita akan terjebak serta terperangkap penglihatan akan aurat-aurat serba terbuka yang wara wiri di depan kita, dan akan menjerumuskan kita kedalam kemaksiatan.

Lalu bagaimanakah sebenarnya essensi kebahagiaan yang dimaksud untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. ??? Essensi Bahagia Menyambut Bulan Suci Ramadhan sesuai tuntunan syariah Islam, agar bulan Ramadhan kali ini dapat mengantarkan kita menjadi orang yang bertakwa, adalah kita harus mempersiapkan diri kita sebaik mungkin sebelum memasuki bulan Suci Ramadhan. Kita harus memperbaiki dan menyempurnakan sholat wajib yang mungkin masih bolong-bolong dilakukan, bila selama ini hanya tiga kali sehari, mungkin bisa disempurnakan menjadi lima kali sehari. dan jangan lalai untuk perbanyak sholat berjamaah.

Perbanyak sholat Taubat, dan sholat-sholat sunnah lainnya, serta memperbanyak Istighfar dan berzikir, bertasbih, bertahmid, bertahlil dan takbir. Tak lupa juga untuk menuntaskan hutang puasa tahun sebelumnya dan mengqadha puasa sesegera mungkin sebelum memasuki bulan Ramadhan. Hindarkan diri dari perbuatan mencela, mengejek, menebar fitnah, dan ber-ghibah. Menjauhkan diri dari perbuatan korup, menipu dan berrbagai macam perbuatan dan kelakuan yang hanyaakan membuat kita semakin jauh dari Sang Khaliq, dan bakalan semakin mendekatkan diri kita kepada pintu neraka.

Pada intinya adalah sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal dan ibadah, serta meng-sucikan diri dengan memohon ampunan pada ALLAH SWT atas segala dosa dan kesalahan kita selama ini. Dengan demikian kita diharapkan sudah siap lahir batin saat memasuki bulan suci Ramadhan, dan kita akan muncul sebagai pemenang pasca Bulan Suci Ramadhan, sebagaimana firman ALLAH SWT “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri” [QS. Al Baqarah ayat 222].

Akhirul kata, postingan ini terwujud untuk mengingatkan, terutama bagi diri saya sendiri, dan semoga bisa bermanfaat bagi sahabat-sahibit blogger se-dunia. Bila ada kesalahan dan kekhilafan dalam artikel ini adalah terletak pada saya sebagai manusia biasa, dan segala kebenaran itu mutlak milik ALLAH SWT.

Oleh karena itu duhai para sahabat-sahibit blogger se-dunia, di-manapun kalian berada, marilah kita semua dengan senyum ikhlas ceria penuh rasa Bahagia Menyambut Bulan Suci Ramadhan, tentunya sesuai tuntunan syariah Islam, dan Semoga ALLAH SWT mempertemukan kita semua dengan bulan suci Ramadhan….aamiiinn

Tabe', salama’ ki’.
Keep Happy Blogging Always, mari’ ki’ di’ :-)

Category : , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

53 komentar

  1. Hanya mampu tersenyum bahagia dengan datangnya bulan Ramdhan ini, karena kita masih di berikesempatan untuk bisa menikmatinya ya Kang.

    Salam

  2. Eka says:

    Marhaban yaa Ramadhan, Marhaban yaa Syahra Shiyam, Marhaban yaa Syahralquran, Marhaban yaa Sayyidassyuhur... eka mohon maaf apabila selama ngblog ada kesalahan yg disengaja atau tidak disengaja ya pak :)

  3. tabe salama' ki'...
    peluk dan dekap erat sambil m'bisiki.."maafin sayah lahir dan bathin ya kang...saya suka becanda dan ng'ledekin akang doyan handuk warna putih...maaf yain yah..moga jelang puasa ramadhan ini kita bisa melaksanakannya dengan lebih baik dan hati yang ikhlas dan bening supaya pahalanya berkah buat kita dan keluarga serta sodara sodara blogger sedunia"....kecup sdikit ah..emuah.

  4. Selamat menjalankan ibadah puasa mas Haryanto.. Semoga kita selalu dimudahkan dan lebih baik dari ramadhan tahun sebelumnya, serta seluruh amalan Ramadhan kita diterima oleh Nya :)

  5. semoga ramadhan tahun ini bisa menjadi penebus dosa diriku

  6. Alhamdulillah ya bang sbentar lagi kita akan masuk Ramadhan lagi
    Dan
    dari hati yg paling dalem..maafkan saya kalo ada salah kata dan khilaf
    semoga puasa tahun ini kita di berikan kekuatan lahir dan bathin
    Amin

  7. alhamdulillah sebentar lagi ketemu Ramadhan lagi :)
    bakalan ngerasain pulang kampung nih saya :D

  8. Tidak terasa, sebentar lagi puasa :D

  9. alhmdulillah ramadhan sebentar lagi tiba!! semoga kita bisa semakin bersemangat mengejar pahala di bulan ini :)

  10. Sambut bulan suci ramdhan dengan penuh semangat dan senyum dan tak lupa mencari pahala sebanyak banyaknya :)

  11. salah satu tanda sudah dekat bulan puasa itu muncul iklan sirup di tv ya kang hehe..

  12. Alhamdulillah,rupanya kita semua masih diberi kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Puasa,namun sebelumnya saya mohon maaf kepada semua blogger ( Mas Haryanto ) apabila selama ini ada kesalahan,,,,,,semoga amal ibadah puasa kita semua diterima Alloh swt.amiin

  13. alhamdulillah ya pak tinggal beberapa hari kita IngsyaAlloh dipertemukan dengan bulan Suci Ramadhan lagi

    terimaksih atas uraian ramadhannya.. happy blogging

  14. Alhamdulillah diingatkan lewat tulisan ini Pak, gara2 hidung meler dan batuk, bukannya makin giat, malah jadi kurang konsentrasi, hiks. Padahal itu cara DIA mengingatkan akan nikmat sehat.

  15. "Wahai orang orang yang beriman di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang orang sebelum kamu agar kamu betawqa"

    MARHABAN YA RAMADHAN

  16. Allhamdulillah sebentar lagi kita umat muslim di seluruh dunia akan dihadapkan dengan bulan penuh rahmat.
    Marhaban ya Ramadhan.

  17. bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun ini merupakan nikmat tersendiri, semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.
    Marhaban Ya Ramadhan :)

  18. semoga kita semua nanti masih bisa menyambut datangnya bulan suci ini.amiin

  19. selamat menyambut datangnya bulan suci ramadhan :)

  20. Alhamdulillah sebentar lagi bulan ramadhan.. Mudah-mudahan bisa maksimal ibdah kita ya..

  21. marhaban ya ramadhan, mohon maaf ya pak jika ada salah. semoga ibadah puasa kita nantinya diterima Allah dan mendapat berkah amiin

  22. Marhaban yaa,, Ramadhan...
    Semoga Allah melimpahkan kasih sayang, ridho, hidayah dan kerendahan hati untuk mendapatkan nilai, derajat, pangkat dan kedudukan tertinggi setelah ramadhan berlalu.

  23. bahagia sekali ya mas, saat ramadhan tiba, kita sehat dan siap fisik dan mental dalam menyambutnya. alhamdulillaah.

  24. Selamat menjalankan ibadah puasa mas, salam dari Cirebon

  25. senang sekali menyambut bulan suci ini , banyak pahala yang akan kita dapatkan :)

  26. selamat datang bulan suci, bulan yg dinanti jutaan umat di dunia ^

  27. marhaban ya ramadhan, mohon maaf bila ada salah, mudah-mudahn kita diberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah shaumnya.

  28. Alhamdulillah, puasa lagi... :)

  29. menghitung hari sudah tidak terasa Ramdhan akhirnya akan datang juga....
    semoga aja di bulan Ramadhan tahun jauh lebih baik lagi di tahun lalu....

    berikan kekuatan hati ini ya Allah.. semoga bisa tetap menjalankan ibadah Mu di bulan Ramadhan ini... :)

  30. ramadahan sudah di ambang pintu mari kita sanbut dengan rasa syukur dan tak lupa dengan segala kersndahan hati mohon dimaafkan lahir batn sob,apabila ada komen atau postingan ane yang gak berhenan di hari sob....

  31. Bulan suci Ramadhan mau tiba
    Mari sambut iman dan taqwa
    Dari hati penuh bahagia
    Berlomba-lomba mendapat pahala
    Dengan karena Allah SWT..

    Dan sebelum puasa
    Lahir batin saya meminta
    Maafkan semua salah dan khilaf kata..

    Terimakasih... :)

  32. tips untuk ramadhan, latihannya sekarang karena bulan ramadhan bulan kompetisi bukan lagi bulan "latihan puasa"

  33. harus disambut dengan bahagia ya mas, karena ini bulan adalah kesempatan untuk mendulang pahala dan berharap mencium harumnya bau sorga kelak

  34. semoga kita bisa maksimal menyambut Ramadhan tahun ini dan menjadi manusia yang lebih baik lagi setelahnya ya pak, aamiin

  35. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Saat yang ditunggu tiba lagi bersama bertambahnya umur kita untuk kesekian kalinya diizinkan Allah SWT. Mudahan Ramadhan tahun ini akan kita semarak dengan lebih khusyuk bersama ibadah yang terkandung di dalamnya.

    Semoga beroleh keberkatan dalam sedekah jariah yang dihulurkan sepanjang Ramadhan menjelma agar ada hati yang bahagia untuk bersama meraikannya.

    SELAMAT MENYAMBUT RAMADHAN AL-MUBARAK
    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak

    SITI FATIMAH AHMAD

  36. gak terasa bulan suci ramadhan udah didepan mata... marhaban ya ramadhan...

  37. Marhaban ya Ramadhan..

    Seminggu lagi kita mulai berpuasa.. In Shaa Allah..

  38. Tidak terasa Bulan suci Ramadhan hampir tiba,untuk itu marilah kita sambut dengan penuh suka cita,karena pada bulan suci ini banyak sekali kesempatan untuk berbuat kebaikan,,,

  39. aaiin, ya Allah :') aamiin..

    rindu melanda berat kalau sudah membahas ramadhan ini..

  40. berkunjung malam hari :D

  41. mari bersuka cita..ini saatnya menambah pahala bagi kita :) maaf ya mas, saya baru masuk sekarang..selain sibuk, saya bingung, kadang2 kotak komentar ga nongol :)

  42. wah, tidak terasa bulan ramadhan sudah hampir tiba
    marhaban ya ramadhan

  43. datangnya bulan ramadhan selalu disambuat gembira oleh umat islam, karena bulan ramadhan adalah bulan BONUS, dimana semua amalan sholeh kita akan mendapat pahala yang berlipat.

  44. bersiap mnyambut datangnya ramadhan dengan suka cita,yg artinya siap2 buat bersihkan hati kita ya :)
    kunjungi balik ya...

  45. Alhamdulillah sebentar lagi kita akan disapa kembali oleh bulan suci Ramadhan. semoga kita semua diberi kesehatan dan kelancaran dalam menyambut dan juga menjalankan ibadah di bulan Ramadhan kelak.

  46. bulan penuh berkah yang selalu di tunggu-tunggu ya pak. Bahagia rasnaya bisa sampai di bulan ramadhan lagi

  47. Alhamdulillah, Ramadhan sudah di depan mata

    Insya Allah, smeoga kita bisa isi dengan jauh lebih baik dan jauh lebih matang daripada tahun tahun sebelumnya ya. Amiinn

    Selamat menunaikan ibadah puasa mas.
    Mulai puasa hari apa? :)

  48. maafkan kesalahanku mas... :)

  49. Alhamdulillah... Ramadhan sebentar lagi tiba.... Harus semangat memperbaiki amal ibadah sedari sekarang.... :)

  50. semoga kita digolongkan orang yang bahagia menyambut tamu agung ini...

    marhaban ya ramadhan....

  51. senangnya udah mau Ramadhan lagi :)

  52. sebelum ramadhan datang.. mohon maaf lahir dan batin ya pak.... :)

New comments are not allowed.

53 komentar

  1. Hanya mampu tersenyum bahagia dengan datangnya bulan Ramdhan ini, karena kita masih di berikesempatan untuk bisa menikmatinya ya Kang.

    Salam

  2. Eka says:

    Marhaban yaa Ramadhan, Marhaban yaa Syahra Shiyam, Marhaban yaa Syahralquran, Marhaban yaa Sayyidassyuhur... eka mohon maaf apabila selama ngblog ada kesalahan yg disengaja atau tidak disengaja ya pak :)

  3. tabe salama' ki'...
    peluk dan dekap erat sambil m'bisiki.."maafin sayah lahir dan bathin ya kang...saya suka becanda dan ng'ledekin akang doyan handuk warna putih...maaf yain yah..moga jelang puasa ramadhan ini kita bisa melaksanakannya dengan lebih baik dan hati yang ikhlas dan bening supaya pahalanya berkah buat kita dan keluarga serta sodara sodara blogger sedunia"....kecup sdikit ah..emuah.

  4. Selamat menjalankan ibadah puasa mas Haryanto.. Semoga kita selalu dimudahkan dan lebih baik dari ramadhan tahun sebelumnya, serta seluruh amalan Ramadhan kita diterima oleh Nya :)

  5. semoga ramadhan tahun ini bisa menjadi penebus dosa diriku

  6. Alhamdulillah ya bang sbentar lagi kita akan masuk Ramadhan lagi
    Dan
    dari hati yg paling dalem..maafkan saya kalo ada salah kata dan khilaf
    semoga puasa tahun ini kita di berikan kekuatan lahir dan bathin
    Amin

  7. alhamdulillah sebentar lagi ketemu Ramadhan lagi :)
    bakalan ngerasain pulang kampung nih saya :D

  8. Tidak terasa, sebentar lagi puasa :D

  9. alhmdulillah ramadhan sebentar lagi tiba!! semoga kita bisa semakin bersemangat mengejar pahala di bulan ini :)

  10. Sambut bulan suci ramdhan dengan penuh semangat dan senyum dan tak lupa mencari pahala sebanyak banyaknya :)

  11. salah satu tanda sudah dekat bulan puasa itu muncul iklan sirup di tv ya kang hehe..

  12. Alhamdulillah,rupanya kita semua masih diberi kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Puasa,namun sebelumnya saya mohon maaf kepada semua blogger ( Mas Haryanto ) apabila selama ini ada kesalahan,,,,,,semoga amal ibadah puasa kita semua diterima Alloh swt.amiin

  13. alhamdulillah ya pak tinggal beberapa hari kita IngsyaAlloh dipertemukan dengan bulan Suci Ramadhan lagi

    terimaksih atas uraian ramadhannya.. happy blogging

  14. Alhamdulillah diingatkan lewat tulisan ini Pak, gara2 hidung meler dan batuk, bukannya makin giat, malah jadi kurang konsentrasi, hiks. Padahal itu cara DIA mengingatkan akan nikmat sehat.

  15. "Wahai orang orang yang beriman di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang orang sebelum kamu agar kamu betawqa"

    MARHABAN YA RAMADHAN

  16. Allhamdulillah sebentar lagi kita umat muslim di seluruh dunia akan dihadapkan dengan bulan penuh rahmat.
    Marhaban ya Ramadhan.

  17. bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun ini merupakan nikmat tersendiri, semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.
    Marhaban Ya Ramadhan :)

  18. semoga kita semua nanti masih bisa menyambut datangnya bulan suci ini.amiin

  19. selamat menyambut datangnya bulan suci ramadhan :)

  20. Alhamdulillah sebentar lagi bulan ramadhan.. Mudah-mudahan bisa maksimal ibdah kita ya..

  21. marhaban ya ramadhan, mohon maaf ya pak jika ada salah. semoga ibadah puasa kita nantinya diterima Allah dan mendapat berkah amiin

  22. Marhaban yaa,, Ramadhan...
    Semoga Allah melimpahkan kasih sayang, ridho, hidayah dan kerendahan hati untuk mendapatkan nilai, derajat, pangkat dan kedudukan tertinggi setelah ramadhan berlalu.

  23. bahagia sekali ya mas, saat ramadhan tiba, kita sehat dan siap fisik dan mental dalam menyambutnya. alhamdulillaah.

  24. Selamat menjalankan ibadah puasa mas, salam dari Cirebon

  25. senang sekali menyambut bulan suci ini , banyak pahala yang akan kita dapatkan :)

  26. selamat datang bulan suci, bulan yg dinanti jutaan umat di dunia ^

  27. marhaban ya ramadhan, mohon maaf bila ada salah, mudah-mudahn kita diberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah shaumnya.

  28. Alhamdulillah, puasa lagi... :)

  29. menghitung hari sudah tidak terasa Ramdhan akhirnya akan datang juga....
    semoga aja di bulan Ramadhan tahun jauh lebih baik lagi di tahun lalu....

    berikan kekuatan hati ini ya Allah.. semoga bisa tetap menjalankan ibadah Mu di bulan Ramadhan ini... :)

  30. ramadahan sudah di ambang pintu mari kita sanbut dengan rasa syukur dan tak lupa dengan segala kersndahan hati mohon dimaafkan lahir batn sob,apabila ada komen atau postingan ane yang gak berhenan di hari sob....

  31. Bulan suci Ramadhan mau tiba
    Mari sambut iman dan taqwa
    Dari hati penuh bahagia
    Berlomba-lomba mendapat pahala
    Dengan karena Allah SWT..

    Dan sebelum puasa
    Lahir batin saya meminta
    Maafkan semua salah dan khilaf kata..

    Terimakasih... :)

  32. tips untuk ramadhan, latihannya sekarang karena bulan ramadhan bulan kompetisi bukan lagi bulan "latihan puasa"

  33. harus disambut dengan bahagia ya mas, karena ini bulan adalah kesempatan untuk mendulang pahala dan berharap mencium harumnya bau sorga kelak

  34. semoga kita bisa maksimal menyambut Ramadhan tahun ini dan menjadi manusia yang lebih baik lagi setelahnya ya pak, aamiin

  35. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Saat yang ditunggu tiba lagi bersama bertambahnya umur kita untuk kesekian kalinya diizinkan Allah SWT. Mudahan Ramadhan tahun ini akan kita semarak dengan lebih khusyuk bersama ibadah yang terkandung di dalamnya.

    Semoga beroleh keberkatan dalam sedekah jariah yang dihulurkan sepanjang Ramadhan menjelma agar ada hati yang bahagia untuk bersama meraikannya.

    SELAMAT MENYAMBUT RAMADHAN AL-MUBARAK
    Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak

    SITI FATIMAH AHMAD

  36. gak terasa bulan suci ramadhan udah didepan mata... marhaban ya ramadhan...

  37. Marhaban ya Ramadhan..

    Seminggu lagi kita mulai berpuasa.. In Shaa Allah..

  38. Tidak terasa Bulan suci Ramadhan hampir tiba,untuk itu marilah kita sambut dengan penuh suka cita,karena pada bulan suci ini banyak sekali kesempatan untuk berbuat kebaikan,,,

  39. aaiin, ya Allah :') aamiin..

    rindu melanda berat kalau sudah membahas ramadhan ini..

  40. berkunjung malam hari :D

  41. mari bersuka cita..ini saatnya menambah pahala bagi kita :) maaf ya mas, saya baru masuk sekarang..selain sibuk, saya bingung, kadang2 kotak komentar ga nongol :)

  42. wah, tidak terasa bulan ramadhan sudah hampir tiba
    marhaban ya ramadhan

  43. datangnya bulan ramadhan selalu disambuat gembira oleh umat islam, karena bulan ramadhan adalah bulan BONUS, dimana semua amalan sholeh kita akan mendapat pahala yang berlipat.

  44. bersiap mnyambut datangnya ramadhan dengan suka cita,yg artinya siap2 buat bersihkan hati kita ya :)
    kunjungi balik ya...

  45. Alhamdulillah sebentar lagi kita akan disapa kembali oleh bulan suci Ramadhan. semoga kita semua diberi kesehatan dan kelancaran dalam menyambut dan juga menjalankan ibadah di bulan Ramadhan kelak.

  46. bulan penuh berkah yang selalu di tunggu-tunggu ya pak. Bahagia rasnaya bisa sampai di bulan ramadhan lagi

  47. Alhamdulillah, Ramadhan sudah di depan mata

    Insya Allah, smeoga kita bisa isi dengan jauh lebih baik dan jauh lebih matang daripada tahun tahun sebelumnya ya. Amiinn

    Selamat menunaikan ibadah puasa mas.
    Mulai puasa hari apa? :)

  48. maafkan kesalahanku mas... :)

  49. Alhamdulillah... Ramadhan sebentar lagi tiba.... Harus semangat memperbaiki amal ibadah sedari sekarang.... :)

  50. semoga kita digolongkan orang yang bahagia menyambut tamu agung ini...

    marhaban ya ramadhan....

  51. senangnya udah mau Ramadhan lagi :)

  52. sebelum ramadhan datang.. mohon maaf lahir dan batin ya pak.... :)

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend