Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Cara Cerdas Mengetahui Gejala Gangguan Pendengaran

Hariyanto Wijoyo | 36 komentar

Cara Cerdas Mengetahui Gejala Gangguan Pendengaran

Telinga adalah salah satu panca indra terpenting pada tubuh manusia, dengan adanya organ pendengaran tersebut sahabat-sahibit blogger sedunia bisa mendengarkan dan mengetahui apa saja mengenai kabar-kabari dan perkembangan yang terjadi di dunia hanya dengan mendengarkan berita melalui telinga. Itulah sebabnya sedapat mungkin organ telinga selalu dijaga dan dirawat agar terpelihara dari apa yang disebut dengan gangguan pendengaran.

Di era teknologi internet yang serba canggih ini, sebagian besar sahabat-sahibit blogger sedunia secara tidak langsung tidak menyadari kalau terjadi gangguan pendengaran pada diri mereka. Gangguan pendengaran tersebut apabila dibiarkan begitu saja dan tidak tertangani secara tepat bisa berakibat fatal dan mengakibatkan organ pendengaran tidak berfungsi sama sekali alias menjadi tuli.

Banyak penyebab yang bisa membuat pendengaran mengalami gangguan, misalnya saja paparan suara keras dan bising yang sering diterima oleh organ pendengaran, baik itu dari suara musik, ataukah kebisingan suara di jalan raya atau suara dari tempat kerja, bahkan mendengarkan percakapan telepon cellular dengan bantuan headset atau headphone apabila frekuensi dan volume suaranya terlalu besar, maka hal itu bisa menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Bahkan penggunaan cotton bud saat membersihkan telinga, apabila tidak berhati-hati saat menggunakannya juga beresiko menyebabkan pendengaran menjadi terganggu. Oleh karena itu, sebaiknya sahabat-sahibit blogger sedunia mengenali indikasi gangguan pendengaran sejak awal, agar bisa dengan segera dilakukan penanganan medis yang tepat, dan mencegah menjadi lebih parah.

Adapun cara cerdas mengetahui gejala gangguan pendengaran adalah dengan mempelajari indikasi-indikasi yang bisa dideteksi secara dini adalah sebagai berikut :

1. Pada saat suasana sepi dan hening telinga sering berdengung atau terdengar seperti ada suara yang mengganggu, di mana saat sepi dan hening seharusnya telinga kita tidak mendapatkan banyak paparan suara, apalagi kalau berada di tempat shooting dunia lain yang di buat seolah-olah benar sepi dan senyap, tak boleh ada suara lain yang terdengar, kecuali suara hantu-hantuan yang entah benar adanya atau tidak.

2. Bila berada di tempat keramaian seperti di pinggir jalan atau pasar, telinga merasa kesulitan mendengarkan suara teman anda atau suara orang lain dengan jelas, karena dalam keadaan normal, telinga sahabat-sahibit blogger sedunia seharusnya bisa mendengarkan suara orang yang ada di dekat anda bila berbicara dengan anda. Kalau kondisi ini menimpa saat anda sebagai prajurit berada dalam sebuah peperangan..bisa bisa pasukan anda mengalami kekalahan, karena menyalah artikan perintah serang menjadi perintah menyerah…

3. Pada saat volume suara pada perangkat audio dan video diatur ke posisi suara yang pelan, maka organ pendengaran sahabat-sahibit blogger sedunia mengalami kesulitan dalam mendengarkan dengan jelas suara audio tersebut. Hal ini biasanya kita anggap sepele, apalagi bila menonton film asing yang ada sub title-nya.

4. Indra telinga sahabat-sahibit blogger sedunia kemungkinan bisa mendengar suara dari orang yang berbicara, akan tetapi tak semua kata bisa terdengar dengan jelas, dan mengakibatkan kita harus meminta pengulangan pembicaraan lagi untuk dapat mendengarkan dan memahami seluruh perkataannya. Bayangkan saja seandainya ini terjadi ketika kita lagi diinterview saat melamar kerja…kira-kira apa yang bakalan terjadi.

5. Suara yang didengarkan adalah suara yang pelan dan bisa jadi yang terlihat hanyalah mulut yang komat kamit saja, mirip seperti nonton film bisu, saat berada dan bercakap-cakap dengan orang disekitar lingkungan kita, misalnya di tempat kerja dan sebagainya.

6. Terkadang komunikasi yang tidak lancar dan menyebabkan seringnya terjadi kesalah pahaman karena informasi dalam percakapan yang tidak tertangkap secara utuh menjadi salah satu indikasi telah terjadinya gangguan pada indra pendengaran. Apalagi kalau telinganya benar-benar budeq alias bolot, bisa menyebabkan miss komunikasi yang sungguh gawat, bahkan bisa menyebabkan terjadinya pertengkaran yang hebat, bagi sepasang kekasih kemungkinan besar bisa menjadi akhir dari hubungan indah,,sehingga mereka pun sepakat berkata….sakitnya tuch di sini ;-(

7. At least, mungkin saja pada suatu waktu sahabat-sahibit blogger sedunia merasa ada orang yang berteriak-teriak memanggil anda, atau ada yang mengajak anda untuk berbicara, namun anda tak merasa mendengar suara mereka, meskipun mulut mereka terlihat jelas berkomat kamit. Bahkan saat ada sebuah bom yang meledak di dekat anda, tak satupun suara yang terdengar, walau mata anda melihat secara visual orang-orang berlarian karena panik….bisa jadi ini adalah salah satu gangguan pendengaran yang anda alami, tapi tunggu dulu….coba anda periksa dengan seksama telinga anda….dan ternyata benar…anda lupa melepaskan headphone stereo dari telinga anda…pantesan nggak ada satupun suara yang terdengar :-)

Itulah beberapa cara cerdas mengetahui gejala gangguan pendengaran yang mungkin saja terjadi pada sahabat-sahibit blogger sedunia. Bila anda mengalami salah satunya, sebaiknya segera periksakan telinga anda ke dokter THT terdekat sekarang juga, jangan tunggu sampai semua menjadi parah….terlebih lagi jangan menunggu sampai anda menjadi tuli. semoga bermanfaat.

Tabe’ salama’ ki’
Keep Happy Blogging Always, mari ki’ di’ :-)

Category : , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

36 komentar

  1. wah harus cek neh, apakah ada indikasi gangguan pada pada pendengaran saya..
    terimakasih bang har

  2. terimakasih pak. Jadi nambah ilmunya.. :)

  3. Alhamdulillah blogwalking pagi dapat ilmu dari Pak Hariyanto, terima kasih artikelnya Pak.

    Salam sukses dari Pulau Dollar

  4. Mau tanya Wak, kalo sering menggunakan cutton bat di telinga berbahaya gak yah? karena sejak kecil Neng suka maenin telinga dengan alat tersebut...

  5. berarti emang harus rajin cek ya Om biar pendengaran kita selalu sehat,,,kadang kalau sehabis renang bunyinya dung dung dung,,,

  6. 7 cara cerdas yang bener banget itu, Pak, kayaknya saya juga perlu mencoba tes deh, karena kadang saya harus meminta teman yang bercerita untuk mengulang bagian tertentu karena saya mendengarnya kurang jelas.

  7. memang begitu tanda2 nya mas, saya juga pernah mengalaminya saat ke dokter ternyata tanpa saya duga banyak sekali bekas kapas menempel di gendang telinga sya, akhirnay dimabil dan sakitnya luar biasa. dan suara kembali nyaring. Sekarang saya gak berani lagi membersihkan telinga dengan kapas

  8. Serem juga ya ... Saya malah lama gak datang ke THT ... Kapan-kapan rencana mau kesana biar bisa dibersihin telinga saya ... Sepertinya saya juga terkena gangguan pendengaran ,,,

  9. waduhh aku memang sedang mencari informasi seperti ini bang,,,

  10. yang paling sebel tuh Mas, saat nonton tipi, suaranya kecil malah ilustrasi musiknya yang kenceng. jadinya kan saya bingung. kasihan sayanya nggak paham yang ada di tipi.

  11. Iya nih, kuping ku kadang sukak dengung. Kayaknya mesti ke THT deh :(

  12. wah boleh dicoba nih pak tips nya agar kita terhindar dari pendengaran yang sakit ya ;)

  13. ndop says:

    Di umur2 menuju bilangan tertentu memang berkurang ya pendengarannya, terutama dalam mendengar nada2 tinggi. Coba sekalian postingan ditambahi video yutub ini mas: watch?v=VxcbppCX6Rk

  14. semoga dengan membaca ini semua sahabat blogger bisa belajar dan menjauhi hal2 yang menyebabkan kebudekan, hehehe.... nice pos mas, salam kenal juga

  15. hehehe kiranya tadi yg point 7 seram Karaeng..!,,ternyata sakitnya tuh di sitong..!

  16. cerdas, juga unik dengan bermodalkan kepintaran, cukup murah untuk mengetahui kelemahan pendengaran.. admin memang pinter..

  17. saya pernah baca artikel soal pemakaian Earphone di telinga. Headphone atau headset sebaiknya dengan volume yang rendah saja. Selain untuk kesehatan Gendang musik eh gendang telinga, kita masih bisa mendengar orang lain yang memanggil nama kita. Bener kan ya

  18. kalo udah nemuin gejala memang mending lekas cek ke dokter ya pak :)

  19. Kalau di tempat ramai ya memang sulit apalagi kalau ada bajaj lewat. :D

  20. oh iya, poin yang ke enam itu mantep banget mas, kalau sampai terjadi pertengkaran sakitnya tuh hehe..

  21. untungnyasaya mah sudah cerdas, jadinya udah tahu ke tujuh poin penting untuk di ketahui tentang gejala gangguan pendengaran saya mah

  22. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    ternyata banyak gangguan pada pendengaran kita yang bisa mengganggu kosentrasi kehidupan. Satu lagi perkara yang secara tidak disedari juga boleh membuat gangguan pada pendengaran adalah memakan pil paracetamol dengan banyak atau kerap terutama diganggu oleh pusing kepala.

    Gejala akhirnya di usia tua akan menyebabkan kurang pendengaran dan kita akan bersuara kuat saat bercakap dengan golongan ini.

    Salam takzim hormat dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

  23. kalau pendengaran sehat, kita harus mensyukuri nya ya pak ;)

  24. Alhamdulillah pendengaran saya masih normal dan saya selalu mensyukuri semua ini, trims atas tipsnya mas

  25. sepertinya saya harus praktek dulu satu persatu cara diatas, biar pasti bener apa kagak, hahaha

  26. Waah si albar sudah lebih dahulu ke sini.

    Kalau telinga terasa berat, apa itu termasuk kategori akan terjadi gangguan pada telinga?

  27. trims sharingnya, Pak Har :)

  28. alhamdulillah pendengaranku masih normal nih, tapi tidak ada salah nya untuk mencoba tips ini agar bisa sehat selalu ya pak telinga kita ;)

  29. jangan lupa datang ke THT juga ya pak untuk memastikan

  30. kalau hanya mengalami satu gejala saja berarti belum parah kan hgangguan pendengarannya?

  31. hehe, keren ,unik dan langka bahasan hari ini..
    tapi kadang ada juga orang yang pura pura budeg ya, pak terutama klo orang lagi emosi, sudah dengar sekali masih tanya lagi, hehe

  32. nah kali ini saya baca serius nih kang, soalnya sejak sakit gigi pendengaransaya rada berkurang deh

  33. Segera harus di atasi nih kalau ada gangguan pada telinga, nanti bisa bahaya

  34. sungguh luar biasa isi artikelnya..
    saya suka sering sakit teling karena sering nelp..
    mudah2an dengan saran2 kawan.. bisa saya lakukan..
    terima kasih kawan...

  35. buru2 cek pendengaran he2

New comments are not allowed.

36 komentar

  1. wah harus cek neh, apakah ada indikasi gangguan pada pada pendengaran saya..
    terimakasih bang har

  2. terimakasih pak. Jadi nambah ilmunya.. :)

  3. Alhamdulillah blogwalking pagi dapat ilmu dari Pak Hariyanto, terima kasih artikelnya Pak.

    Salam sukses dari Pulau Dollar

  4. Mau tanya Wak, kalo sering menggunakan cutton bat di telinga berbahaya gak yah? karena sejak kecil Neng suka maenin telinga dengan alat tersebut...

  5. berarti emang harus rajin cek ya Om biar pendengaran kita selalu sehat,,,kadang kalau sehabis renang bunyinya dung dung dung,,,

  6. 7 cara cerdas yang bener banget itu, Pak, kayaknya saya juga perlu mencoba tes deh, karena kadang saya harus meminta teman yang bercerita untuk mengulang bagian tertentu karena saya mendengarnya kurang jelas.

  7. memang begitu tanda2 nya mas, saya juga pernah mengalaminya saat ke dokter ternyata tanpa saya duga banyak sekali bekas kapas menempel di gendang telinga sya, akhirnay dimabil dan sakitnya luar biasa. dan suara kembali nyaring. Sekarang saya gak berani lagi membersihkan telinga dengan kapas

  8. Serem juga ya ... Saya malah lama gak datang ke THT ... Kapan-kapan rencana mau kesana biar bisa dibersihin telinga saya ... Sepertinya saya juga terkena gangguan pendengaran ,,,

  9. waduhh aku memang sedang mencari informasi seperti ini bang,,,

  10. yang paling sebel tuh Mas, saat nonton tipi, suaranya kecil malah ilustrasi musiknya yang kenceng. jadinya kan saya bingung. kasihan sayanya nggak paham yang ada di tipi.

  11. Iya nih, kuping ku kadang sukak dengung. Kayaknya mesti ke THT deh :(

  12. wah boleh dicoba nih pak tips nya agar kita terhindar dari pendengaran yang sakit ya ;)

  13. ndop says:

    Di umur2 menuju bilangan tertentu memang berkurang ya pendengarannya, terutama dalam mendengar nada2 tinggi. Coba sekalian postingan ditambahi video yutub ini mas: watch?v=VxcbppCX6Rk

  14. semoga dengan membaca ini semua sahabat blogger bisa belajar dan menjauhi hal2 yang menyebabkan kebudekan, hehehe.... nice pos mas, salam kenal juga

  15. hehehe kiranya tadi yg point 7 seram Karaeng..!,,ternyata sakitnya tuh di sitong..!

  16. cerdas, juga unik dengan bermodalkan kepintaran, cukup murah untuk mengetahui kelemahan pendengaran.. admin memang pinter..

  17. saya pernah baca artikel soal pemakaian Earphone di telinga. Headphone atau headset sebaiknya dengan volume yang rendah saja. Selain untuk kesehatan Gendang musik eh gendang telinga, kita masih bisa mendengar orang lain yang memanggil nama kita. Bener kan ya

  18. kalo udah nemuin gejala memang mending lekas cek ke dokter ya pak :)

  19. Kalau di tempat ramai ya memang sulit apalagi kalau ada bajaj lewat. :D

  20. oh iya, poin yang ke enam itu mantep banget mas, kalau sampai terjadi pertengkaran sakitnya tuh hehe..

  21. untungnyasaya mah sudah cerdas, jadinya udah tahu ke tujuh poin penting untuk di ketahui tentang gejala gangguan pendengaran saya mah

  22. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    ternyata banyak gangguan pada pendengaran kita yang bisa mengganggu kosentrasi kehidupan. Satu lagi perkara yang secara tidak disedari juga boleh membuat gangguan pada pendengaran adalah memakan pil paracetamol dengan banyak atau kerap terutama diganggu oleh pusing kepala.

    Gejala akhirnya di usia tua akan menyebabkan kurang pendengaran dan kita akan bersuara kuat saat bercakap dengan golongan ini.

    Salam takzim hormat dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

  23. kalau pendengaran sehat, kita harus mensyukuri nya ya pak ;)

  24. Alhamdulillah pendengaran saya masih normal dan saya selalu mensyukuri semua ini, trims atas tipsnya mas

  25. sepertinya saya harus praktek dulu satu persatu cara diatas, biar pasti bener apa kagak, hahaha

  26. Waah si albar sudah lebih dahulu ke sini.

    Kalau telinga terasa berat, apa itu termasuk kategori akan terjadi gangguan pada telinga?

  27. trims sharingnya, Pak Har :)

  28. alhamdulillah pendengaranku masih normal nih, tapi tidak ada salah nya untuk mencoba tips ini agar bisa sehat selalu ya pak telinga kita ;)

  29. jangan lupa datang ke THT juga ya pak untuk memastikan

  30. kalau hanya mengalami satu gejala saja berarti belum parah kan hgangguan pendengarannya?

  31. hehe, keren ,unik dan langka bahasan hari ini..
    tapi kadang ada juga orang yang pura pura budeg ya, pak terutama klo orang lagi emosi, sudah dengar sekali masih tanya lagi, hehe

  32. nah kali ini saya baca serius nih kang, soalnya sejak sakit gigi pendengaransaya rada berkurang deh

  33. Segera harus di atasi nih kalau ada gangguan pada telinga, nanti bisa bahaya

  34. sungguh luar biasa isi artikelnya..
    saya suka sering sakit teling karena sering nelp..
    mudah2an dengan saran2 kawan.. bisa saya lakukan..
    terima kasih kawan...

  35. buru2 cek pendengaran he2

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend