Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Cara Sederhana Memulai Bisnis Online Shop

Hariyanto Wijoyo | 20 komentar

Cara Sederhana Memulai Bisnis Online Shop

Di era internet yang serba canggih sekarang ini, bisnis Online Shop atau Toko Online mulai menjadi trendsetter dan banyak dilirik, entah itu oleh para pelaku bisnis yang biasa berbisnis secara non online atau offline, atau oleh para netizen dan blogger yang sekadar mencari penghasilan tambahan, atau bisa jadi di saat lapangan kerja sudah mulai berkurang, mereka sebenarnya ingin menjadikan bisnis online shop sebagai salah satu sumber utama mata pencaharian untuk menafkahi hidup mereka.

Memulai Bisnis Online Shop itu sebenarnya sederhana saja, bahkan teramat sederhana dan tidak ribet seperti bisnis non online atau offline pada umumnya. Kali ini saya akan mencoba menguraikan pendapat pribadi saya, mengapa sehingga saya berani mengatakan bahwa memulai bisnis online shop itu sederhana, sebab cara bisnis online shop juga sederhana.

Kalian tak percaya dengan apa yang saya katakan??? Buktinya, saat berselancar di dunia maya, maka akan nampak ratusan ribu atau mungkin saja jutaan toko online. Kalau tak mudah nan sederhana, mengapa bisa demikian banyak keberadaan toko online, atau silahkan saja baca tulisan dan penjelasan saya selanjutnya di bawah ini mengenai Cara Sederhana Memulai Bisnis Online Shop.

MENENTUKAN BARANG YANG AKAN DIJUAL
Tentukan barang apa yang sahabat-sahibit blogger sedunia hendak tawarkan melalui bisnis online shop. Untuk kali pertama, jangan terlalu banyak barang yang kalian tawarkan, cobalah beberapa item terlebih dahulu. Lebih bagus lagi, kalau barang itu memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh para kompetitor yang melakukan bisnis tidak secara online.

JANGAN MENJUAL BARANG PALSU
Sebaiknya dalam melakukan bisnis online shop, jangan sekali-kali menjual barang imitasi atau palsu. Apalagi menjual barang palsu dengan harga barang asli, itu sudah penipuan namanya dan termasuk dalam tindakan melanggar hukum.

MENENTUKAN HARGA JUAL
Untuk menentukan harga jual dalam bisnis online shop, sebaiknya sahabat-sahibit blogger sedunia tidak menetapkan harga jual yang lebih tinggi daripada harga jual yang telah ditetapkan oleh para pelaku bisnis non online. Sebab hal itu bisa mengakibat para pembeli akan cenderung lebih memilih untuk belanja secara offline daripada membeli secara online. Usahakan harga barang untuk bisnis online shop lebih murah atau minimal sama dengan harga barang atau jasa para pelaku bisnis non online atau offline.

MENENTUKAN CARA PEMBAYARAN
Kebanyakan para pelaku bisnis online shop melakukan system pembayaran dengan cara COD atau Cash On Delivery, yang artinya ada uang ada barang. Cara ini cukup bagus, namun tidak semua calon pembeli menyukai cara ini. Saran saya, sebaiknya pelaku bisnis online shop juga memberikan layanan pembayaran dengan Kartu Kredit dan Barang Dibayar Ditempat, yaitu pembayaran dilakukan setelah barang diterima oleh pembeli. Dengan semakin banyak pilihan cara pembayaran, kemungkinan mendapatkan pelanggan akan semakin besar.

MENENTUKAN HOSTING, WEBSITE DAN DOMAIN
Banyak pelaku bisnis online shop yang memakai layanan hosting dan website gratisan, seperti Blogspot, Wordpress, Tumblr dan sebagainya. Hal itu tidak salah, namun demikian itu bisa menyebabkan calon pembeli akan ragu-ragu melakukan transaksi bisnis dengan anda, karena dianggap kurang bonafid dan tidak proffesional. Mereka akan berpikir, masak pelaku bisnis online shop memakai hosting dan website serta domain gratisan, padahal barang yang ditawarkan bukan gratisan.

Sebaiknya bila sahabat-sahibit blogger sedunia hendak melakukan bisnis online shop, maka gunakanlah hosting dan website berbayar. Gunakan alamat domain dengan ekstension yang tepat untuk bisnis online shop anda. Ada begitu banyak ekstensi yang bisa digunakan, misalnya .COM (dot COM) untuk badan usaha komersial.Perlu diketahui bahwa alamat domain itu sebagai enabler layanan dan bisnis di internet.

Akan tetapi, bila sahabat-sahibit blogger sedunia melakukan bisnis online shop di Indonesia, maka saya sarankan untuk menggunakan alamat domain dengan ekstension berciri khas Indonesia, yaitu yang berakhiran .ID (dot ID), seperti .CO.ID, dan .WEB.ID . Hal ini juga bisa membuat customer anda menjadi lebih yakin dan lebih percaya kepada perusahaan bisnis online shop yang anda jalankan.

Karena domain dengan ekstension yang berakhiran .ID itu, menurut PANDI [Pengelola Domain Internet Indonesia], untuk mendapatkannya harus dengan melampirkan data identitas perusahaan dan pemiliknya yang benar dan akurat, jadi bukan data abal-abal, lagipula hal itu dilakukan untuk menjaga keamanan pengguna domain tersebut beserta customernya.

Mungkin kalian masih ragu menggunakan domain dengan ekstesion .ID, karena menganggapnya kurang populer dibandingkan menggunakan domain dengan ekstension .COM. Padahal menurut APTLD yaitu Lembaga pengelola nama domain internet Asia Pacifik, nama domain internet .ID (dot ID) sebagai domain yang paling berkembang di Asia-Pasifik pada periode September 2014. Jadi semestinya kita bangga pakai .ID.

MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN
Ini adalah hal yang paling tersulit dilakukan dalam bisnis non online atau offline, akan tetapi hal ini bisa menjadi cara termudah dilakukan dalam bisnis online shop. Semua itu tergantung niat sahabat-sahibit blogger sedunia, apakah mau menjaga agar pembeli atau konsumen itu bisa menjadi pelanggan jangka panjang atau hanya jangka pendek saja.

Untuk jangka panjangnya, saat terjun ke dalam bisnis online shop, maka sebaiknya sahabat-sahibit blogger senantiasa bersikap jujur dan memberikan atau mencantumkan data perusahaan atau data pelaku bisnis online shop secara benar dan lengkap, termasuk nama penanggung jawab, alamat lengkap, Nomor Pokok Wajib Pajak bila ada, dan nomor telepon,  kalau perlu pajang juga foto penanggung jawab bisnis online shop. Bila menggunakan BBM, Facebook, Twitter, WhatsApp, Line dan semacamnya, harap ikut dicantumkan. Demikian juga mengenai nomor rekening bank, nama pemilik rekening harus sama dengan nama penanggung jawab bisnis online shop.

Dalam membangun kepercayaan, maka jasa pengiriman barang ke alamat pelanggan harus benar-benar terjaga. Bila kalian mengatakan bahwa barang akan tiba di alamat pemesan dalam waktu tiga hari, maka berarti barang itu harus benar-benar tiba dalam tiga hari di alamat pelanggan, jangan lebih dari itu, kecuali bila dalam keadaaan Force Meajure atau Bencana Alam.

Sebagai salah satu bentuk menjaga kepercayaan konsumen, maka sahabat-sahibit blogger sedunia bisa menawarkan pelayanan berupa Garansi Pengembalian/Penukaran Barang, bilamana barang yang dibeli ternyata mengalami kerusakan pada saat pengiriman, atau bila barang yang dibeli ternyata tidak cocok, maka barang bisa dikembalikan dan uang pelanggan akan dikembalikan.

Kepercayaan pelanggan terhadap kita adalah hal yang teramat penting, sebab bukan hanya kita saja yang melakukan bisnis online shop, akan tetapi ada jutaan kompetitor yang melakukan hal yang sama. Dan para pelanggan atau calon customer tidak langsung datang dan mampir di website bisnis online shop yang kita kelola, melainkan melakukan browsing terlebih dahulu, ini yang disebut sebagai Zero Momenth of Truth.

Jadi saat mereka pas datang berkunjung dan menemukan bahwa bisnis online shop yang kita kelola terpercaya, mereka bakalan datang lagi, lagi dan lagi, serta bisa saja mereka juga akan mengabarkan hal tersebut kepada kawan-kawan mereka yang lain. Akan tetapi bila sahabat-sahibit blogger sedunia hanya berpikiran untuk jangka pendek saja, maka semua yang disebutkan di atas jangan dilakukan, atau lakukan hal yang sebaliknya dari apa yang telah disebutkan di atas.

WAJIB MENDENGARKAN DAN MENJAWAB KELUHAN PELANGGAN
Sebagai pelaku bisnis online shop, sahabat-sahibit blogger sedunia harus dan berkewajiban untuk mendengarkan dan menjawab segala keluhan pelanggan mengenai barang atau jasa yang kalian tawarkan melalui bisnis online shop. Ingat, segala keluhan itu bisa kalian jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan omzet lebih besar dalam bisnis online. Dan jangan sekali-kali menghindari pelanggan yang menelepon atau mengirim melalui e-mail untuk melakukan complaint atas barang yang kalian tawarkan, karena itu bisa menghilangkan kepercayaan mereka atas usaha bisnis online shop anda. Efeknya bisa menjadi efek domino yang berakibat bisa mematikan bisnis online shop anda, jadi berhati-hatilah.

Itulah uraian menurut saya secara pribadi mengenai Cara Sederhana Memulai Bisnis Online Shop, untuk selanjutnya terserah kepada sahabat-sahibit blogger sedunia bagaimana menerapkannya, karena lain orang lain kepala, pendapat setiap orang pastilah tak ada yang bakalan sama. Akhirul kata, saya mengucapkan selamat menjalankan usaha bisnis Online Shop, semoga kesuksesan dan keberuntungan selalu menyertai kalian.

Tabe’ salama’ ki
Keep Happy Blogging Always, mari ki’ di’ :-)

Category : , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

20 komentar

  1. Kedengarannnya menarik, mungkin bisa dipraktekkan nih :)

    Have a nice weekend :)

  2. Menekuni bisnis online shop saya jadi lupa nge-blog. Hehe...

    Happy blogging

  3. makasih sharing'y mas,jdi terpikir juga bikin online shop pke domain berbayar,slma ini baru di fanpage fb aja nih ^-^

  4. Memnagun sebuah binsis online shop ternyata awalnya dengan cara sederhana, namun untuk membangun sebuah online shop yang banyak diminati penggunanya itu lah tidak mudah, perlu tekhnik dasar ketelatenan dalam membangun hubungan yang baik kepada para konsumennya ya Kang.

  5. menjual barang palsu tentu berakibat fatal ya mas, bukan hanya bisnisnya saja yang hancur, kepercayaan konsumen juga..

  6. wah,makasih pak sharingnya,kebetulan ini lagi baru buka OS :)

  7. bagi pelaku bisnis online khususnya yg pemula perlu membaca artikel ini mas.
    agar bisnis online nya segera berkembang

  8. Wah...lengkap sekali ulasannya.. Bisa dijadikan acuan dlm memulai bisnis Online Shop..

  9. Katanya mudaaahhh.... ternyata sulit... dan banyaaaakkk..... hihi....
    memang benar, bisnis online itu mudah bagi yg memudahkannya, sulit bagi yang merasa ribet. nah.,... kalau menganggapnya ribut, ada cara yg lebih ribet lagi yaitu berjualan langsung. hihi..
    terima kasih ulasan lengkapnya mas.
    Jabat erat dari Jepara

  10. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto.. jujur sangat penting dalam berjualan online ini kerana banyak saya ketahui ramai yang tertipu. Berniaga apa pun memang memerlukan cabaran dan sabar. Informasi yang bermanfaat buat semua. Salam hormat.

  11. toko online memang bisnis kepercayaan. Jadi, pentin banget untuk jaga kepercayaan pelanggan

  12. Tulisannya mantappp bener Pak. Salam hangat dari jawa timur :)

  13. Membangun kepercayaan di bisnis online sangat pwrlu banget. Kalau edit foto jangan berlebihan. Aku sering banget kecewa kalau beli sesuatu di online. Di foto keren banget, eh begitu diterima barangnya mengecewakan

  14. ulasannya lengkap sekali pak,
    kalau saya lebih memilih jualan di situs belanja, lebih aman :)

  15. Nah itu pa saya dulu Jualan pake domain gratis an jadi kurang Sukses jalannya ya

  16. Cari modal duu om :)), sambil blajar2

  17. Sip.. Makasih tipsnya, Bang.. :D

  18. membangun kepercayaan konsumen itu adalah modal penting emang Om :)

  19. lagi satu, harus kuat hati, tahan kerenah pembeli

  20. Yang terpenting dari semuanya adalah membangun kepercayaan. sekali saja kepercayaan hilang, maka musnahlah sudah harapan.

New comments are not allowed.

20 komentar

  1. Kedengarannnya menarik, mungkin bisa dipraktekkan nih :)

    Have a nice weekend :)

  2. Menekuni bisnis online shop saya jadi lupa nge-blog. Hehe...

    Happy blogging

  3. makasih sharing'y mas,jdi terpikir juga bikin online shop pke domain berbayar,slma ini baru di fanpage fb aja nih ^-^

  4. Memnagun sebuah binsis online shop ternyata awalnya dengan cara sederhana, namun untuk membangun sebuah online shop yang banyak diminati penggunanya itu lah tidak mudah, perlu tekhnik dasar ketelatenan dalam membangun hubungan yang baik kepada para konsumennya ya Kang.

  5. menjual barang palsu tentu berakibat fatal ya mas, bukan hanya bisnisnya saja yang hancur, kepercayaan konsumen juga..

  6. wah,makasih pak sharingnya,kebetulan ini lagi baru buka OS :)

  7. bagi pelaku bisnis online khususnya yg pemula perlu membaca artikel ini mas.
    agar bisnis online nya segera berkembang

  8. Wah...lengkap sekali ulasannya.. Bisa dijadikan acuan dlm memulai bisnis Online Shop..

  9. Katanya mudaaahhh.... ternyata sulit... dan banyaaaakkk..... hihi....
    memang benar, bisnis online itu mudah bagi yg memudahkannya, sulit bagi yang merasa ribet. nah.,... kalau menganggapnya ribut, ada cara yg lebih ribet lagi yaitu berjualan langsung. hihi..
    terima kasih ulasan lengkapnya mas.
    Jabat erat dari Jepara

  10. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto.. jujur sangat penting dalam berjualan online ini kerana banyak saya ketahui ramai yang tertipu. Berniaga apa pun memang memerlukan cabaran dan sabar. Informasi yang bermanfaat buat semua. Salam hormat.

  11. toko online memang bisnis kepercayaan. Jadi, pentin banget untuk jaga kepercayaan pelanggan

  12. Tulisannya mantappp bener Pak. Salam hangat dari jawa timur :)

  13. Membangun kepercayaan di bisnis online sangat pwrlu banget. Kalau edit foto jangan berlebihan. Aku sering banget kecewa kalau beli sesuatu di online. Di foto keren banget, eh begitu diterima barangnya mengecewakan

  14. ulasannya lengkap sekali pak,
    kalau saya lebih memilih jualan di situs belanja, lebih aman :)

  15. Nah itu pa saya dulu Jualan pake domain gratis an jadi kurang Sukses jalannya ya

  16. Cari modal duu om :)), sambil blajar2

  17. Sip.. Makasih tipsnya, Bang.. :D

  18. membangun kepercayaan konsumen itu adalah modal penting emang Om :)

  19. lagi satu, harus kuat hati, tahan kerenah pembeli

  20. Yang terpenting dari semuanya adalah membangun kepercayaan. sekali saja kepercayaan hilang, maka musnahlah sudah harapan.

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend