Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Lada Katokkon Cabai Super Hot Khas Toraja

Hariyanto Wijoyo | 24 komentar

Lada Katokkon Cabai Super Hot Khas Toraja
Kabupaten Tana Toraja di Sulawesi Selatan sangat terkenal hingga ke manca negara karena memiliki kekayaan adat budaya yang unik dan pemandangan alam yang eksotik. Disamping itu Kabupaten Tana Toraja juga memiliki kuliner khas yang sanggup memanjakan lidah sahabat-sahibit blogger sedunia, dan salah satu di antaranya adalah yang termasuk dalam komoditas sayuran yang terkenal dengan nama Lada Katokkon.

Lada Katokkon (Capsicum annuum L.var.sinensis) adalah sejenis Cabai atau Lombok primadona khas Tana Toraja. Bentuknya seperti cabai Paprika (Capsicum Annuum var. Grossum) namun dalam bentuk mini, gemuk bulat pendek, dengan ukuran normal sekitaran 3~4 cm dengan penampang seukuran 2 hingga 3,5 cm, bewarna hijau keunguan saat masih muda, dan bewarna merah menyegarkan saat buahnya matang untuk diolah menjadi bahan kuliner penguat rasa makanan khas Tana Toraja. Lada Katokkon hanya bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi, sekitaran 1000 hingga 1500Mdpl, seperti dataran tinggi Kabupaten Tana Toraja.

Aromanya yang harum mewangi serta tingkat kepedasannya yang selangit setingkat dewa menjadikan Lada Katokkon ini menjadi lada favorit di Tana Toraja, terutama bagi para penggemar rasa pedas nan pedis, dan hal itu pulalah yang menjadikan harganya cukup tinggi di pasaran. Bagi orang Toraja, rasanya tak puas hati bila makan tanpa ditemani dengan sajian Lada Katokkon Cabai Super Hot Khas Toraja, demikian pula bagi sahabat-sahibit blogger sedunia yang berkunjung atau sedang merencanakan kunjungan ke Tana Toraja, rasanya tak lengkap bila tak mencoba sensasi pedas-pedas nikmat Lada Katokkon.

Lada Katokkon sangat menjanjikan untuk dikembangkan sebagai agrobisnis, karena harganya yang relatif stabil, tidak seperti cabe jenis lainnya. Dengan aroma khasnya dan rasa pedasnya yang luarbiasa, menjadikan Lada Katokkon selalu dicari orang untuk di konsumsi, sehingga harganya pun selalu diatas harga cabe lainnya.

Lada Katokkon Cabai Super Hot Khas Toraja
Perbandingan Ukuran Lada Katokkon dengan Sendok

Selain mengandung vitamin A dan vitamin C, serta antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker, khasiat Lada, Cabai atau Lombok itu ternyata sangat banyak loh kalau dikonsumsi secara teratur dan berkala termasuk mengkonsumsi Lada Katokkon Cabai Super Hot Khas Toraja, kalau tidak percaya, baca saja khasiatnya berikut ini :

1. Menambah Nafsu Makan
2. Obat Awet Muda karena bisa Memperlambat Penuaan
3. Anti Stress
4. Membantu Mengatasi Masalah Persendian
5. Menurunkan Kolestrol
6. Melancarkan Aliran Darah
7. Mencegah Stroke
8. Meredakan Batuk Berdahak
9. Melegakan Hidung Tersumbat
10. Meredakan Migrain

Lada Katokkon seperti pada umumnya cabai lainnya juga mengandung Zat Minyak Atsiri Capsaicin, yaitu zat yang membuat rasanya menjadi pedas dan terasa panas di lidah. Konon rasa pedas Lada Katokkon sebanding dengan 4 kali rasa pedas dari Cabai Rawit, bahkan ada yang mengatakan sebanding dengan 10 kali rasa pedas dari Cabai Rawit..wow.

Jadinya pada saat mengkonsumsi Lada Katokkon Cabai Super Hot Khas Toraja maka sahabat-sahibit blogger sedunia akan mengalami kejadian luarbiasa berupa keringat akan bercucuran membasahi seluruh wajah dan tubuh, mata berair bak telaga, telinga menjadi merah berasap, lidah menjadi panas terbakar kenikmatan dengan sensasi super pedas luarbiasa yang menendang-nendang. Nach, apakah sahabat-sahibit blogger sedunia berani untuk mencoba mencicipinya ???

Tabe, salama' ki'
Keep Happy Blogging Always, mari ki' di' :-)

Category : , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

24 komentar

  1. wah jadi pengen nanam lada katokkon nih...dimana ya bisa membeli bibitnya ???

  2. Mantap....
    Saya kangen toraja
    Lidah saya yang membuat otak saya mengarah selalu ke toraja
    Cabe inilah penyebabnya

  3. Itu yang poin pertama, hanya nafsu makan saja ya mas yang bertambah ? :D

    Apa kabar mas Har ? maaf baru bisa sowan lagi ...

  4. Widiiiih khasiatnya mantap bener kang..

  5. rasanya yang hebat dibarengi dengan khasiat yang bagus pula, tak heran memang cabai jenis ini paling khas di indonesia..

  6. jadi Lada Katokkon super iini hanya dapat tumbuh diTanatoraja ya bang?..kenapa kurang saya pahami keberadaannya ya, kayanya bukan salah saya deh kalau begini mah,pasti salah bang har yang baru sekarang membuming kannya lewat web...huuu.
    pulang lagi ah

  7. Selamat Malam Mas Hari. wah mantap lada katokon itu ya Mas pas buat yang suka selera pedas nih. saya belum pernah coba nih Mas Hari :)

  8. weh cabe ya bukan tomat, hahaha
    gede amat, cabe sekilo mahal sekarang

  9. Pasti rasa lada nya enak dan nikmat sekali ya Mas Hari?

  10. pernah lihat tu cabe di acara si bolang trans 7

    wah jadi pengen nyoba.....

  11. khasiatnya menambah nafsu makan...wah cucok nih dikonsumsi ama suamiku biar suamiku tambah gemuk :)

  12. asli khas toraja ne kang.... manfaat nya itu baik sekali kang, tapi kalau pedas sekali. bisa-bisa perut bisa mules kang..

  13. Oh cabe ini disebutnya Lada Katokkan toh, saya pernah liat mas, kebetulan tetangga saya pernah punya juga pohon cabe ini, unik banget buahnya cocok buat dijadiin tanaman hias depan rumah :)

  14. ini mirip Paprika yah Mas,,,pasti mahal,apalagi jaman sekarang cabai biasa saja harganya mulai membungbung tinggi nih,,,,Salam succes selalu...

  15. saya hobi pedas..... mauuuuu....

  16. sepertinya super hot itu cabainya.. saya kurang suka pedas mas,perut suka nggk kuat klo makan pedas hehehe..

  17. What.....Pedasnya 4 kali cabe rawit. kalau saya yang menggunakan mungkin cukup satu aja kali ya buat sambal.
    Bentuknya imut lucu tapi pedasnya gak karu-karuan.
    Untuk harganya berapa bang? kok tidak di sebutkan.

  18. baru tau kalau Lada Katokkon bisa bikin awet mudaa :D .. harus banyak makan cabai ini biar jreengg terusss hehehhe

  19. Wah luar biasa pedasnya daeng kalau 10X cabe rawit. Saya salah seorang yang tak terlalu suka makanan pedas, tapi terkadang makan juga sih. Gak kebayang gimana rasanya.

  20. PagiMas Hari baca dan simak kembali artikelnya. lada biasanya pas saya makan mie di kiaos kota Suabang enk pas terasa pedas nya :)

  21. Yang suka selera Pedas pasti lebih suak dengan Lada katokkon ini ya Mas?

  22. Kebetulan inii

    di tempatku cabe keriting biasa udah Rp 100.00 per kilo loh -____-

    harusnya warga sini membudidayakan lada ini yaa

  23. Bentuknya lucu ya, Bang.. Mirip paprika :D

  24. Sepuluh khasiat itu tentu membuat saya kepengen banget noba neh gimana rasanya lada katokkon cabai super khas Toraja.

New comments are not allowed.

24 komentar

  1. wah jadi pengen nanam lada katokkon nih...dimana ya bisa membeli bibitnya ???

  2. Mantap....
    Saya kangen toraja
    Lidah saya yang membuat otak saya mengarah selalu ke toraja
    Cabe inilah penyebabnya

  3. Itu yang poin pertama, hanya nafsu makan saja ya mas yang bertambah ? :D

    Apa kabar mas Har ? maaf baru bisa sowan lagi ...

  4. Widiiiih khasiatnya mantap bener kang..

  5. rasanya yang hebat dibarengi dengan khasiat yang bagus pula, tak heran memang cabai jenis ini paling khas di indonesia..

  6. jadi Lada Katokkon super iini hanya dapat tumbuh diTanatoraja ya bang?..kenapa kurang saya pahami keberadaannya ya, kayanya bukan salah saya deh kalau begini mah,pasti salah bang har yang baru sekarang membuming kannya lewat web...huuu.
    pulang lagi ah

  7. Selamat Malam Mas Hari. wah mantap lada katokon itu ya Mas pas buat yang suka selera pedas nih. saya belum pernah coba nih Mas Hari :)

  8. weh cabe ya bukan tomat, hahaha
    gede amat, cabe sekilo mahal sekarang

  9. Pasti rasa lada nya enak dan nikmat sekali ya Mas Hari?

  10. pernah lihat tu cabe di acara si bolang trans 7

    wah jadi pengen nyoba.....

  11. khasiatnya menambah nafsu makan...wah cucok nih dikonsumsi ama suamiku biar suamiku tambah gemuk :)

  12. asli khas toraja ne kang.... manfaat nya itu baik sekali kang, tapi kalau pedas sekali. bisa-bisa perut bisa mules kang..

  13. Oh cabe ini disebutnya Lada Katokkan toh, saya pernah liat mas, kebetulan tetangga saya pernah punya juga pohon cabe ini, unik banget buahnya cocok buat dijadiin tanaman hias depan rumah :)

  14. ini mirip Paprika yah Mas,,,pasti mahal,apalagi jaman sekarang cabai biasa saja harganya mulai membungbung tinggi nih,,,,Salam succes selalu...

  15. saya hobi pedas..... mauuuuu....

  16. sepertinya super hot itu cabainya.. saya kurang suka pedas mas,perut suka nggk kuat klo makan pedas hehehe..

  17. What.....Pedasnya 4 kali cabe rawit. kalau saya yang menggunakan mungkin cukup satu aja kali ya buat sambal.
    Bentuknya imut lucu tapi pedasnya gak karu-karuan.
    Untuk harganya berapa bang? kok tidak di sebutkan.

  18. baru tau kalau Lada Katokkon bisa bikin awet mudaa :D .. harus banyak makan cabai ini biar jreengg terusss hehehhe

  19. Wah luar biasa pedasnya daeng kalau 10X cabe rawit. Saya salah seorang yang tak terlalu suka makanan pedas, tapi terkadang makan juga sih. Gak kebayang gimana rasanya.

  20. PagiMas Hari baca dan simak kembali artikelnya. lada biasanya pas saya makan mie di kiaos kota Suabang enk pas terasa pedas nya :)

  21. Yang suka selera Pedas pasti lebih suak dengan Lada katokkon ini ya Mas?

  22. Kebetulan inii

    di tempatku cabe keriting biasa udah Rp 100.00 per kilo loh -____-

    harusnya warga sini membudidayakan lada ini yaa

  23. Bentuknya lucu ya, Bang.. Mirip paprika :D

  24. Sepuluh khasiat itu tentu membuat saya kepengen banget noba neh gimana rasanya lada katokkon cabai super khas Toraja.

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend