Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Cara Sederhana Mengusir Tikus Rumah

Hariyanto Wijoyo | 17 komentar

Cara Sederhana Mengusir Tikus Rumah

Apakah rumah hunian sahabat-sahibit blogger sedunia sering diganggu oleh hewan pengerat sang tikus rumahan atau Rattus rattus, binatang omnivora yang hobbynya panjat memanjat serta melompat, dengan ukuran 15-20 cm, yang sanggup memakan apapun yang bisa mereka temukan di rumah kalian???

Jangan kuatir, kalian bisa mengusir dan memberantas hewan nokturnal tersebut, yaitu hewan yang tidur di siang hari dan beraktifitas di malam hari, dan membebaskan rumah kalian dari invasi tuan tikus terhormat. Berikut ini adalah Cara Sederhana Mengusir Tikus Rumah yang saya sajikan khusus untuk sahabat-sahibit blogger sedunia, yang dijamin aman bin ampuh.

a. Kebersihan Rumah Wajib Dijaga
Kebersihan rumah, terutama dapur sahabat-sahibit blogger sedunia wajib dijaga. Sebagaimana kita ketahui, tikus sangat menyukai tempat yang kotor bin jorok. Dengan menjaga serta memelihara rumah dan dapur menjadi bersih, maka hal itu membuat tuan dan nyonya tikus-tikus terhormat menjadi enggan untuk datang membuat sarang dan kemudian berpesta pora di rumah anda. Perlu diketahui bahwa tikus betina itu bisa beranak kapan saja loh, dengan jumlah anak 3 hingga 10 ekor sekali melahirkan.

b. Jangan Menumpuk Sampah Sisa-Sisa Makanan
Sampah dan sisa-sisa makanan yang ada harus segera dibuang selambatnya setiap malam hari. Jangan sampai jadi menumpuk didapur sahabat-sahibit blogger sedunia, apalagi bila bermalam hingga esok hari. Karena itu sama saja dengan memberikan undangan terbuka kepada tuan dan nyonya tikus-tikus terhormat untuk hadir berpesta pora menikmati sampah dari sisa-sisa makanan yang ada.

Untuk makanan yang akan dikonsumsi penghuni rumah, sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup, letakkan di dalam lemari, atau di rak yang menempel pada dinding, sebab tikus secara teknis tidak dapat berjalan di dinding. Akan tetapi tikus masih bisa memanjat pipa saluran air, tiang kayu, atau apa saja bahan lain yang memungkinkan bagi tikus untuk mencengkramnya.

c. Tetap Nyalakan Lampu di Malam Hari
Pada umumnya tuan dan nyonya tikus terhormat tidak menyukai tempat yang terang, jadi sebaiknya sahabat-sahibit blogger sedunia menghidupkan lampu di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tikus tersebut pada malam hari, misalnya di dapur. Hal ini bisa mencegah kehadiran tikus-tikus tersebut, karena indra penglihatan tikus sangat sensitif terhadap cahaya. Meskipun efeknya, tarif listrik rumah anda akan bertambah boros, apalagi pemerintah saat ini berencana menaikkan tarif listrik untuk rumah tangga.

d. Hindari Penggunaan Racun Tikus
Kalau ada pedagang yang mengatakan bahwa racun tikus yang mereka jajakan sangat mematikan, bisa menewaskan tikus seketika itu juga, maka bisa dipastikan mereka itu berkata bohong. Karena sehabis menyantap sajian racun tikus, tuan dan nyonya tikus terhormat tidak akan langsung mati seketika di lokasi racun tikus diletakkan. Mereka masih berkeliaran beberapa saat setelah mengkonsumsi racun tikus yang sahabat-sahibit blogger sajikan, akibatnya kalian akan kesulitan menemukan bangkainya, sehingga baunya menimbulkan aroma busuk yang menyengat hidung.

Lagipula racun tikus juga berbahaya bagi lingkungan, terutama bagi manusia-manusia penghuni rumah, terutama anak-anak. Pada umumnya komposisi dari racun tikus adalah 80% berupa Zink Posphide, bahan ini bisa membentuk gas fosfin yang sangat beracun bagi manusia bila terkena air atau uap air.

e. Gunakan Lem Tikus / Perangkap Tikus
Daripada menggunakan racun tikus untuk memberantas tuan dan nyonya tikus terhormat, lebih baik bila sahabat-sahibit blogger sedunia menggunakan lem tikus atau perangkap tikus. Hal ini merupakan metode paling sederhana, serta mudah diaplikasikan. Selain itu sangat aman serta tidak berisiko terhadap lingkungan, terutama bagi anak-anak.

f. Gunakan Efek Bunyi Aneh
Peralatan yang bisa menghasilkan efek suara bunyi yang kedengaran aneh dapat juga digunakan sahabat-sahibit blogger sedunia untuk mengusir tuan dan nyonya tikus terhormat. Peralatan itu bisa dtempatkan di sekitar tempat yang sering dilalui oleh tikus yang akan merasa terusik dengan bunyi suara aneh yang dikeluarkan oleh alat tersebut, sehingga mengakibatkan tikus tersebut enggan kembali ke tempat yang sering dilaluinya.

g. Jangan Biarkan Ada Lobang/Celah di Rumah Anda
Sebaiknya periksalah kondisi dan situasi rumah sahabat-sahibit blogger se-dunia, pastikan bahwa tidak ada lobang atau celah yang bisa dijadikan akses jalan keluar masuk rumah, atau tempat-tempat yang bisa dijadikan sarang oleh tuan dan nyonya tikus terhormat. Untuk menemukan sarangnya sebenarnya sangatlah mudah, karena mereka sangat gemar membuang kotorannya disekitar sarang mereka.

Kita ketahui tubuh tikus itu sangat kecil, sehingga hal itu memudahkan bagi tuan dan nyonya tikus terhormat untuk masuk dari lobang atau celah yang ada di rumah kalian, jadi bila kalian menemukan lobang, celah atau tempat yang bakalan dijadikan jalan masuk atau sarang tikus, maka segeralah tutup lobang/celah tersebut, dan bersihkan tempat yang bakalan jadi sarang tikus, bersihkan juga kotorannya dengan menggunakan campuran air dan pemutih, atau gunakan pembersih enzimatik.

h. Gunakan Cairan Amonia
Zat Amonia (NH3) adalah gas tidak berwarna dan berbau tajam serta larut dalam air terdiri dari nitrogen dan hydrogen. Cairan amonia digunakan untuk menghilangkan tanda-tanda atau batas wilayah kekuasaan territorial dari tuan dan nyonya tikus terhormat. Biasanya mereka menandai wilayah kekuasaannya dengan menyebarkan kotoran atau air kencingnya.

Dengan menyemprotkan cairan zat amonia ini, maka jejak-jejak batas kekuasaannya di rumah sahabat-sahibit blogger sedunia akan terhapus, sehingga menyebabkan tuan dan nyonya tikus terhormat akan kebingungan kehilangan arah, dan mencari daerah baru lagi untuk dijadikan wilayah kekusaan teritorialnya.

Zat Amonia juga terdapat dalam kandungan air kencing manusia, meskipun demikian, sangat dianjurkan bagi sahabat-sahibit blogger sedunia agar tidak kencing sembarangan dengan tujuan untuk mengusir tikus, karena bisa saja bukan tikusnya yang kabur, malah orang-orang seisi rumah yang lari terbirit-birit karena tak tahan dengan bau pesing dari air kencing yang kalian sebarkan.

i. Gunakan Predator
Predator atau hewan pemangsa seperti kucing dapat sahabat-sahibit blogger sedunia gunakan untuk membasmi tuan dan nyonya tikus terhormat. Apalagi tikus merupakan salah satu rantai makanan kegemaran para kucing. Jadi jangan heran bila kalian melihat aksi kucing mengejar-ngejar tikus di rumah anda, seperti kalian menonton film animasi Tom and Jerry.

Itu kalau kalian menggunakan kucing sebagai hewan predatornya. Tapi kalau kalian menggunakan macan atau harimau, lain lagi ceritanya…bukan lagi aksinya seperti Tom and Jerry yang lagi kejar-kejaran, karena bisa jadi harimau atau macan tersebut tidak mengejar tuan dan nyonya tikus terhormat, melainkan mengejar kalian untuk dijadikan mangsanya...peace dech ach :-)

j. Siapkan Snipper
Kalau yang ini benar-benar tindakan khusus bin spesial, sahabat-sahibit blogger sedunia harus menyiapkan Snipper atau Penembak Jitu, bisa juga sediakan Kursi Listrik atau Tali Gantungan untuk menghukum mati gerombolan tuan dan nyonya tikus-tikus koruptor yang sudah menggerogoti kekayaan negeri Indonesia, rumah besar bangsa Indonesia demi keuntungan dan kesenangan pribadi mereka semata.

Tak ada lagi kata ampun untuk mereka, sebab tikus koruptor ini kerakusannya sungguh luarbiasa, bahkan besi, aspal dan beton pun bisa dimakannya. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama menyatukan langkah dan tekad, bergandengan tangan membasmi para tikus koruptor ini, agar Indonesia bisa terbebas dari cengkraman maut mereka.


Tabe salama' ki'
Keep Happy Blogging Always, mari ki' di' :-)

Category : ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

17 komentar

  1. Whew.. banyak juga cara-caranya... di sini saya lebih suka lem tikus, karena tidak akan susah mencari bangkainya.. hanya sayang ya Kang, demi sesuap makanan saja nyawa taruhannya... hahahahahaa

  2. Cukup liat kamu tersenyum dan tertawa aku sudah tau km pasti bisa tanpa aku disisimu lagi . . byee :-(

  3. Kak ... mmg efektif lampu nyala buat ngusir tikus ??? kayak nya tikus sekarang pemberani mati deh hahaha

  4. WAhh..aku sellau menggunakan racun tikus. Udah kadung cocok dengan racun yg efekny bikin tikus mati kering tanpa bau. Beneran loh tikus mati kering tanpa bau.

  5. Maaf menurut saya kox malah ribet ya pak, Mending pelihara kucing yang banyak hehe... pasti kabur tikusnya

  6. ndop says:

    di kamarku sering dimasukin tikut clurut, itu lo tikus yg gak bisa manjat ke atas. Tapi aku biarin aja, anggap aja dia pembawa rejeki hahaha...

  7. awalnya tak kirain tiukus perlambang korupsi, cuman di tengah perjalanan menuju kesini, masa di rumah abang ada "tikus"(baca. koruptor), pas baca isinya segala ada di kasih amonia...terpaksa saya baca ulang dari awal...oooo rupanya tikusnya..tikus beneran ya bang...maaf salah duga.

    SELAMAT TAHUN BARU 2015 Mohon Maaf lahir dan batin, saya dan keluarga ya bang.
    salam sehat dan ceria selalu

  8. kalau aku pakai cara ampuh selalu sewa KPK (Kucing Penangkap tiKus) untuk sementara tikus ga brani keluar hehe..

  9. terakhir saya pake lem tikus, lumyan efektif...klo pake racun kadang bangkainya ntah dimana

  10. hahahaha iya om beres aku loh suka sekali menumpuk sampah di dapur, soalnya malas yg buang ke bak sampah di luar :)

  11. Lem tikus kayaknya paling efektif, gampang nyari bangkainya :)

  12. nh18 says:

    Yang saya pakai di rumah adalah yang ...
    i. Gunakan Predator

    Terutama kucing kampung ... waahhh itu ganas dan sigap memburu tikus tuh ...
    hahaha

    salam saya Pak Har
    (2/1 : 16)

  13. kalo saya biasanya pake suara jangkrik mas, jd kadang kalo sore suka nyari jangkrik didepan rumah trus dimasukin ke kandang bambu :D

  14. Biasanya pun di rumah pakek lem tikus, Bang.. Mereka diem aja karena ngga bisa gerak. Hahah.. :D

  15. tikus ii bikin jengkel banget ya Pak. katanya buah bintaro bisa juga dipakai buat ngusir tikus

  16. tetep nyalakan lampu di malam hari, hmm.. kayaknya ga bisa deh om.. mending hemat listrik daripada usir tikus. haha

  17. paling males kalau sudah ada tikus msk ke rumah . .rasanya tips ini hrus saya terapkan,,trim infonya kang

New comments are not allowed.

17 komentar

  1. Whew.. banyak juga cara-caranya... di sini saya lebih suka lem tikus, karena tidak akan susah mencari bangkainya.. hanya sayang ya Kang, demi sesuap makanan saja nyawa taruhannya... hahahahahaa

  2. Cukup liat kamu tersenyum dan tertawa aku sudah tau km pasti bisa tanpa aku disisimu lagi . . byee :-(

  3. Kak ... mmg efektif lampu nyala buat ngusir tikus ??? kayak nya tikus sekarang pemberani mati deh hahaha

  4. WAhh..aku sellau menggunakan racun tikus. Udah kadung cocok dengan racun yg efekny bikin tikus mati kering tanpa bau. Beneran loh tikus mati kering tanpa bau.

  5. Maaf menurut saya kox malah ribet ya pak, Mending pelihara kucing yang banyak hehe... pasti kabur tikusnya

  6. ndop says:

    di kamarku sering dimasukin tikut clurut, itu lo tikus yg gak bisa manjat ke atas. Tapi aku biarin aja, anggap aja dia pembawa rejeki hahaha...

  7. awalnya tak kirain tiukus perlambang korupsi, cuman di tengah perjalanan menuju kesini, masa di rumah abang ada "tikus"(baca. koruptor), pas baca isinya segala ada di kasih amonia...terpaksa saya baca ulang dari awal...oooo rupanya tikusnya..tikus beneran ya bang...maaf salah duga.

    SELAMAT TAHUN BARU 2015 Mohon Maaf lahir dan batin, saya dan keluarga ya bang.
    salam sehat dan ceria selalu

  8. kalau aku pakai cara ampuh selalu sewa KPK (Kucing Penangkap tiKus) untuk sementara tikus ga brani keluar hehe..

  9. terakhir saya pake lem tikus, lumyan efektif...klo pake racun kadang bangkainya ntah dimana

  10. hahahaha iya om beres aku loh suka sekali menumpuk sampah di dapur, soalnya malas yg buang ke bak sampah di luar :)

  11. Lem tikus kayaknya paling efektif, gampang nyari bangkainya :)

  12. nh18 says:

    Yang saya pakai di rumah adalah yang ...
    i. Gunakan Predator

    Terutama kucing kampung ... waahhh itu ganas dan sigap memburu tikus tuh ...
    hahaha

    salam saya Pak Har
    (2/1 : 16)

  13. kalo saya biasanya pake suara jangkrik mas, jd kadang kalo sore suka nyari jangkrik didepan rumah trus dimasukin ke kandang bambu :D

  14. Biasanya pun di rumah pakek lem tikus, Bang.. Mereka diem aja karena ngga bisa gerak. Hahah.. :D

  15. tikus ii bikin jengkel banget ya Pak. katanya buah bintaro bisa juga dipakai buat ngusir tikus

  16. tetep nyalakan lampu di malam hari, hmm.. kayaknya ga bisa deh om.. mending hemat listrik daripada usir tikus. haha

  17. paling males kalau sudah ada tikus msk ke rumah . .rasanya tips ini hrus saya terapkan,,trim infonya kang

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend