Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Ramadhan Islamic Books Fair Masjid Raya Makassar

Hariyanto Wijoyo | 100 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger se-dunia.
Suara adzan membahana membelah langit Kota Metro Makassar di siang hari, panggilan untuk Sholat Dzuhur seakan menyentuh relung kalbu dan iman hamba ALLAH yang sedang menikmati bulan suci Ramadhan untuk bersegera menghadap Sang Khaliq. Perlahan motor-ku kubelokkan memasuki pelataran parkir Masjid Raya Makassar, masjid yang terdekat bagi-ku yang sedang wara-wiri seputar Kota Metro Makassar mencari rejeki-NYA.


Masjid Raya Makassar adalah masjid megah yang merupakan salah satu kebanggaan masyarakat kota Metro Makassar, selain tentunya ada juga Masjid Al Markaz Al Islami. Masjid ini berdiri sejak tahun 1947, dan di design awal oleh Muhammad Soebardjo atas petunjuk seorang ulama asal Kabupaten Bone, yaitu K.H. Ahmad Bone. Kala itu pembangunan masjid ini menelan biaya awal sebesar enam puluh ribu rupiah. Kemudian diresmikan pada tanggal 25 Mei 1945, dan pada tahun 1957, Presiden Pertama Republik Indonesia, Presiden Soekarno melaksanakan Sholat Jum’at di masjid ini.

Dua puluh sembilan tahun kemudian, Masjid Raya Makassar mengalami perombakan total, sehingga bentuk aslinya sudah tidak nampak lagi. Dengam design arsitek yang bergaya Timur Tengah Masjid Raya Makassar akhirnya menjadi land mark baru Kota Metro Makassar, yang kemudian diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs.H. Muhammad Jusuf Kalla, pada hari Jum’at, tanggal 27 Mei 2005, bertepatan dengan 18 Rabiul Akhir 1426 H.

Bacalah dengan (menyebut) nama RABB-mu Yang menciptakan. DIA telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan RABB-mulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. DIA mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
[QS Al-Alaq (96):1-5]
Selepas sholat dzuhur, saya menyempatkan diri hunting buku di lantai satu Masjid Raya Makassar. Karena pada saat sebelum sholat dzuhur, ketika sedang memarkir motor, mata ku tertuju pada salah satu spanduk yang terpajang di lapangan parkir motor. Spanduk itu bertuliskan “Islamic Books Fair”, dan barulah saya ingat, bahwa memang di setiap bulan suci Ramadhan, di Masjid Raya ini selalu di adakan Pameran Buku dan Produk Penunjang, yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi “Islamic Books Fair”. Kok sepertinya tidak nyambung ya, tapi begitulah tulisan yang tercantum dalam spanduk tersebut. Sudahlah, yang penting makna-nya dipahami dan dimaklumi, mumpung bulan suci Ramadhan, perbanyak amal sajalah..jadi harap maklum dan ikhlaskan.

Kalau di Masjid Al Markaz Al Islami, tenar dengan kegiatan rutinitas tahunan bulan Ramadhan berupa Pasar Malam Ramadhan, nah kalau Masjid Raya Makassar, terkenal dengan kegiatan tahunan berupa Islamic Books Fair. Sekilas melihat lokasi yang terletak di lantai satu, rupanya peserta-nya tidak sebanyak tahun sebelumnya, karena saya melihat banyak tempat yang pada tahun lalu terisi oleh peserta pameran, sekarang malah kosong. Tapi hal itu tidak mengurangi antusias para pengunjung masjid ini, yang pada berjubel mencari buku-buku kesukaan-nya, tentunya setelah melakukan sholat dzuhur.

Bukan hanya buku-buku Islam saja yang dipamerkan di sini, tetapi ada juga pernak-pernik lain-nya yang berkaitan dengan ibadah dan kesehatan. Selain buku-buku, ada juga kopiah, ghamis, baju muslim, mukenah dan sajadah, hingga obat herbal, yang sangat terkenal dan dijamin halal.



Namun dari semua yang dipamerkan, belum ada yang mengalahkan pamor dan ketenaran Kitab Suci Al Qur’an, terbukti dari begitu banyak stand buku yang ada, saya lebih suka menyebut Lapak, karena barang pameran-nya mereka gelar di lantai,  dipastikan semuanya juga ikut memamerkan Kitab Suci Al Qur’an, karena Al Qur’an ini adalah kitab suci umat Islam yang sangat mulia dan pembelinya luarbiasa banyaknya. Setiap lapak buku yang saya datangi, maka sekali lagi dipastikan ada Al Qur’an yang terjual, mulai dari Kitab Suci Al Qur’an ukuran paling kecil, hingga ukuran paling besar semuanya banyak peminatnya.. …sungguh laris manis.. Dan ALLAH sudah menjanjikan bagi hamba-NYA, bahwa diluar bulan suci Ramadhan membaca satu huruf Al Qur’an saja kan diberi pahala sepuluh kebaikan , apalagi di bulan suci Ramadhan, pahalanya kan berlipat ganda…subhanallah.
Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab ALLAH maka baginya satu kebaikan karenanya, dan satu kebaikan itu dengan sepuluh perbandingannya, aku tidak mengatakan “alif laam miim” itu satu huruf, tetapi alif itu satu huruf, lam itu satu huruf, dan mim itu satu huruf.
[HR At-Tirmidzi].
Seperti pengunjung yang lain, saya juga ikutan hunting buku, siapa tahu ada yang bagus dan cocok untuk menambah dan melengkapi koleksi pustaka-ku di rumah. Dan, alhamdulillah, akhirnya setelah tengok sana tengok sini, bongkar sana bongkar sini, ketemu juga buku yang sangat menarik minat saya untuk membaca dan memilikinya. Judulnya Kitab Shalat Eleven In One, isinya mengenai dalil-dalil setiap gerakan sholat lengkap dengan sejarah dan haditznya, serta pendapat para ulama dan juga berbagai dalil yang berkaitan dengan sholat itu sendiri.

Bukunya cocok, minat untuk membacanya sangat besar, apalagi minat untuk memilikinya. Buku yang lumayan gede itu dan tebal itu sangat menggoda iman. Dan ketika kutanya harganya kepada penjualnya, diapun menjawab, harganya setelah discount menjadi Rp.250.000,-.

Terpana saya berdiri mematung sambil memegang buku itu setelah mengetahui harganya. Walaupun demikian kata penjual-nya, harga Rp.250.000,- itu termasuk wajar untuk ukuran dan kualitas buku seperti Kitab Shalat Eleven In One ini. Dan harganya special untuk Islamic Books Fair, kalau dipasaran harganya mendekati tiga ratus ribuan. Masih memegang buku itu, saya pun perlahan duduk bersila, sambil memangku buku yang sangat menarik minat minal beliku, benar-benar menggoda iman-ku. Di spanduk tertulis pameran kan berakhir pada tanggal sepuluh agustus, kalau memang rejeki, buku itu kan jadi milikku, sekarang waktunya kembali wara-wiri untuk mengejar dan mengais rejeki-NYA, semoga ada limpahan rejeki dari-NYA, agar saya bisa membeli buku tersebut…insya ALLAH.

Category : , , , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

100 komentar

  1. AZLA says:

    Sangat luar biasa masjid di kota Metro Makasar sobat...
    Banyak sekali kegiatan di bulan ramadlon, selain masyarakatnya memang kuat dalam menjalankan ibadah, banyak juga kegiatan yg berhububgan dg pengetahuan Islam, salah satunya adalah “Islamic Books Fair”yg disertai dg penunjang lainnya.
    yg jelas intinya adalah Syiar Islam mumpung bulan ramadlon...
    tujuannya menguatkan iman ....
    terima kasih atas info dan pencerahannya sobat..

  2. Eka says:

    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BUAT SOBAT-SOBATKU DI MAKASAR, SEMOGA DI BULAN RAMADHAN YANG SUCI INI MENAMBAH IMAN DAN TAQWA KITA KEPADA ALLAH SWT, Aamiin... :)
    Semoga sukses dan tetap semangat ya pak ... :)

  3. Isalamic Books Fair? wah keren juga tuh acaranya. sepertinya di sini gak ada. asik dong ya bisa mborong buku di sana.

  4. wah.. mesti meluangkan waktu ke mesjid raya nih..

    saya baru tau kalau ada acara tahunan seperti ini dimesjid raya..

  5. asyik tuh ngabuburit sambil nyari-nyari buku

  6. Alquran memang tidak ada tandingan nya sob. Laris. ! :D

  7. wah ternyata ada islamic book fair di masjid raya ya pak. baru sy tau. terima kasih infonya pak

  8. Sayang sekali, di Tangerang saya tidak menemukan event semacam ini, yang ada hanyalah acara buka bersama. Bicara soal buku, ada beberapa buku yang saya beli di Indonesian Book Fair tahun lalu yang masih terbungkus plastik, belum sempat dibaca., nunggu giliran.

  9. Hunting buku? Whaa ikut dong Bang....:D

  10. Timingnya tepat banget, pas Ramadhan ada pasar buku Islami...
    Semoga yg beli makin lurus pemahamannya tentang Islam

  11. seru aklau ada book fair

  12. dulu waktu saya diMakassar Mesjid Raya belum sebagus sekarang malah jadi tempat Pengemis mangkal dan tidur, AL markas saya selalu jumatan disana suka beli majalah bekas yang seribu 3 lumayan buat nambah ilmu maklum Mahasiswa waktu itu kantong tipis, Selamat Berpuasa Pak, Kapan Kopdar ya PAk

  13. Pameran buku memamng menyenangkan dan layak dikunjungi karena banyak manfaatnya.
    Masjidnya bagus dan megah ya mas
    Salam hangat dari Surabaya

  14. Rindu Rasanya Kampung halaman, namun apalah daya diriku dirantau, tapi dengan membaca artikel mas hariyanto Rindu saya jadi terobati Akan suasana di mesjid Raya Makassar

  15. Saya sangat tertarik dengan buku Himpunan Fadilah Amal karangan MM Zakarya al-Kandahlawi Rah.a
    Isinya sangat bermakna dan bermanfaat.
    Lebih tertarik lagi setelah mengetahui di Mesjid Raya Makasar ada Islamic Books Fair yang menjual buku Eleven In One,jadi kepingin memiliki Gan.
    Nice share,semoga tak hanya di Masjid Raya Makasar ada Islamic Books Fair,kutunggu ke kotaku,hehe.
    Nice share Gan,makasih.

  16. seno says:

    Masjidnya kelihatan megah banget dan artistik.

  17. aku tertarik dengan buku2nya mr.. ^_^..
    boleh pesan satu.. hhehehee

  18. Enam puluh ribu rupiah untuk membangun masjid di kala itu. Kira-kira kalau sekarang berapa ya?

  19. . . buku nya ocae juga tuch. kirim 1 donk buat aq. he..86x . .

  20. Masjidnya megah banget sob.
    Keren pokoke...

  21. Luar biasa ya mas,,kayaknya bulan ramadhan kali ini terasa berbagi bersama :)

  22. Pasti suasana dan acara pameran seperti itu jarang sekali di temukan di hari-hari biasa ya gan..

  23. mesjidnya sangat megah banget ya bang..
    dan suasana Ramadhan disana begitu terasa dengan berbagai kegiatan.. :D

  24. Selamat.. bang hariyanto mendapatkan Award Top Commentators di The Likers Blog.. Silahkan diambil.. :D

  25. evi says:

    Memang seharusnya begini fungsi Masjid ya Pak, tak hanya melaksanakan ritual ibadah tapi juga berfungsi sebagai pusat peradaban seperti menjadikannya pasar buku.Jadi orang keluar dari Masjid tak hanya membawa pahala ke rumah tapi juga buku :)

  26. masjidnya megah, semoga semakin makmur saja:}

  27. subhanallah... luar biasa.. semoga kerukunan terjaga selalu..

  28. masjid yang sangat indah sekali.... itu lah kehebatan masjid... selalu ramai dengan buku buku.... dan aktifitas yang mengikutinya... semoga setelah itu cepat bersih bersihnay ya... :)

  29. ok, sukses ya ramadan nya, semoga puasanya bisa tetap konsisten.

  30. Mampir lagi bang. Sudah dibeli bukunya ? :D

  31. ane mau dong bukunya !!!!

  32. pasti buku-bukunya murah meriah tuh sobat...

  33. Pesta bukunya meriah sekali, cocok bagi saya yang hoby buku. Jika dekat pasti saya mampir dan beli buku. Masjidnya sangat elok !

  34. kapan ya bisa jalan-jalan ke makassar?

  35. acara seperti ini sangat bagus gan
    Bisa memacu gairah untuk membaca]
    Isengpun akhirnya jadi ketagihan membaca
    Meriah kan acaranya walau bulan puasa gini

  36. wah, pasti banyak buku-buku tentang islam di sana,

  37. semoga kegiatan seperti itu bisa semakin meningkat dan semakin sering....
    :)

  38. Ramadhan yang penuh dengan ke indahan....

  39. WAhh... jadi kepengen ke situ... tapi jauh bget sob

  40. wihh rame juga ya sob dimasjid raya.,

  41. waduh rame bgt acaranya disana,,
    menambah ilmu dan pahala kalau kesana,senang bgt bisa kesana ,,
    saya pengen kesana sob, kapan ya,,,

  42. Masjid Raya Makassar begitu megah dan indah tempat ibadah yang representatif bagi umat muslim. Terasa sejuk dan damai berada didalamnya untuk menghadap Sang Khaliq. Aktifitas seperti yang dilakukan panitia setiap bulan suci Ramadhan ini, pameran buku-buku Islami dan produk penunjang lainnya, menjadi contoh bagi masjid lain yang belum menyelenggarakan. Aktifitas ekonomi di sektor riil terus bergerak naik di bulan yang penuh ampunan dan barokah. Masyarakat yang sejahtera lahir dan batin, dunia dan akhirat menjadi idaman setiap insan. Salam sukses buat Admin BlogS of Hariyanto.

  43. lokasih cukup jauh nih daeng :)
    event yang menyenangkan tentunya...

  44. kemegahan yang juga membawa banyak manfaat untuk banyak umat.
    o iya bang, di kaskus kemarin liat ada info lomba poto ramadhan berhadiah THR.
    ane bakalan ikut seandainya punya poto keren2 seperti punya bang hari :D

  45. Assalamu'alaikum bang.. di bulan yang suci ini saya mengharapkan atas kesediaan abang untuk bertukar link dengan saya... bagaimana bang.. linknya abang udah nempel di blog saya.. terima kasih bang Hariyanto.. :D

  46. Masjidnya indah sekali seperti juga dengan kegiatannya di bulan suci ini,semoga banyak memberi manfaat kegiatan ini...

  47. wah suatu saat harus ke makasar nih..amiin :)

  48. Ron says:

    great post sir. added you on my link exchange page

    Cheers :)

  49. kunjungan lagi gan..

  50. wahhhh.... mahal sekali ya bukunya. Ehm, kalau saya yang belum kerja, pikir pikir, tapi klo agan yang ud kerja.. ya wajar lah :D semoga di baca, itu yang paling penting.

  51. salam kenal

    ditunggu followbacknya ya

  52. mas hari rajin jalan2 ya... tiap ada acara seru pasti datang terus ditulis :)

  53. pas Ramadhan ada pasar buku Islami...
    tp mahal sekali ya bukunya ya

  54. saya ngebayangin berburu buku di acara itu. kayaknya asyik ya. lagian masjidnya bagus banget tu. salam sehat Mas Har.

  55. sepertinya bukunya berkualitas ya bang. mahal banger soalnya :D

  56. Masjidnya bagus dan megah

  57. mampir sore sambil nunggu buka puasa om hehe,...wah book fair islamic bagus ini pernah d adain d kampusku dulu tp skr dah jarang liat lagi padhl bagus2 buku2nya ..ini mesjidnya megah banget bagus om ambil gambarnya, met buka puasa ea om.. ^^

  58. wah...ramai sekali nih di pelataran masjid makassar selain buku ada juga perlengkapan untuk lebaran....makassar memang top, mantap.
    maaf sob baru bisa berkunjung.....

  59. patut dicontoh oleh daerah lain acara srperti ini ya bang :)

  60. aku ingin bukunya untuk menambah ilmu tentang islami..

    sip banget ya disana... :)

  61. dimakasar meriah banget :)

  62. Mesjid yang megah ya. Semoga bukunya bisa dimiliki :)

  63. saya jadi penasaran pingin melahap isi bukunya Pak, semoga segera saya bisa memilikinya karena perihal shalat sangat penting kita pahami, karena ia adalah amalan utama kelak yang akan ditanyakan

  64. bagus yh sobat masjidnya :)

  65. luarbiyasa indah sekali masjidnya

  66. hadir lagi malam ini

  67. kunjungan pagi.

    Boleh tukar link gan ?? PR1

  68. Apakah abang orang makassar yah ? ....

    Wah rame bnget kalau bsa mudik k'mks ...

  69. wahhh asyik banget nih, bisa baca-baca saat menunggu waktu buka puasa, lagian buka puasa di masjid raya makassar kan gratisan :D

  70. wah bkny mahal bnget tu..ilmu it mmang mahal harganya..

  71. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Subhanallah, aktivitas yang sangat bagus di bulan Ramadhan dengan mengajak umat Islam membudaya dan menghidupkan Ramadhan dengan membaca.

    Di tempat saya, jarang berlaku Islamic Books Fair dalam bula Ramadhan. Sebagai peminat buku yang tegar, jika bertemu dengan acara book fair sebegini pasti akan membeli banyak untuk menambah ilmu dan pengetahuan.

    Selamat berpuasa dan berkongsi hikmah yang baik di bulan barakah ini. Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. :D

    Siti Fatimah Ahmad

  72. Mampir lagi di blog sahabat. :D

  73. Masjidnya indah dan megah. Hmmm..., apalagi ada kegiatan Islamic Book Fair, tentu menambah wawasan dan keilmuan yang penting untuk kenajuan dan kebaikan agama ini. Mantaps..., al-Qur'an menjadi primadona ya...

  74. dan says:

    kembali berkunjung daeng...

    salam ramadhan..

  75. tepat memang mengadakan islamic book fair pada saat romadlon, sayang di jakarta diadainnya di luar romadlon. belanja belanja

  76. banyak kegiatan ya um dimasjidnya

  77. Wah ... asyiknya membaca buku-buku Islami

  78. Masjidnya megah, jamaahnya melimpah, masyarakatnya dapat berkah....moga istiqomah

  79. melihat suasana ramadhan disana sptnya sangat meriah ya mas, barokah Allah moga selalu menyertai...amin

  80. Anonymous says:

    nah, ini kegiatan yang mencerdaskan umat.
    keren :D

  81. Luar biasa, masjidnya sangat megah.

  82. Mesjid yang megah dan aktifitasnya yg hiudp dan ramai...tentu merupakan hal yg luar biasa.

    Oia, kenapa URL blog Bang Hariyanto ta taruh di blog list up date sahabat muncul keterangan "Tidak dapat mendeteksi feed untuk URL ini. Entri blog dan waktu pembaruan tidak akan ditunjukkan. Tetap tambah URL?"

  83. Bermanfaat tuh beli buku harganya murah murah lagi

  84. sobat, link soba udah saya pasang di navbar(bagian atas) yg tulisannya "Friend List terpilih / special"
    Belajar Islam Itu Indah

  85. Anonymous says:

    di makasar meriah yah .., saya suka baca buku sob ... tp di sini ga semeriah di sono yah ,, :D
    yang penting hati selalu ceriah menikmati bulan penuh berkah ini :)

  86. hadir lagi dimari gan :D

  87. Alhamdulillah, saya sungguh sangat senang dan betah berada di sini. Konten yang kreatif dan orisinil, berangkat dari fakta sekitar penulisnya. Ki Daeng sungguh memiliki mobilitas tinggi mencari tema-tema yang bermanfaat bagi ummat. Any way, Masjid ini dan kegiatan Islami yang dipaparkan, sungguh membuat saya merinding karena terharu, bahagia sekaligus bangga: Saudara saya seiman di seberang sana terbukti selalu berjihad mengibarkan bendera Islam. Thanks.. Brada, salam Sahabat. Zajakhumulloh khoyron katsiron.

  88. Ramadhan yang indah..dikota Makassar banyak kegiatan islami..aku do'akan Insya Allah daeng bisa dapatkan buku tersebut..Aamiinn..

  89. jadi pengen beli juga.... mantap.. buku is the best

  90. Salam ukhuwah sob,kebetulan ana juga suka baca buku. terutama karya muhammad isa dawud. :D

  91. wah.. ada book fair yang islamic juga ya.. :D (ya maklumlah.. bulan ramadhan gitu loh.. : hehehe)

  92. waah ada book fair.. kegiatan seperti yg paling menarik minatku. Bukunya banyak sekali bikin mupeng.. hehe..

  93. gambaran dari salah satu masjid yang hidup (makmur) ya sob, tidak hanya kegiatan ubudiyah kegiatan lain pendidikan dan sosial kemasyarakatanpun ada lengkap pokoknya

  94. Mampir lagi sob. Hehehe

New comments are not allowed.

100 komentar

  1. AZLA says:

    Sangat luar biasa masjid di kota Metro Makasar sobat...
    Banyak sekali kegiatan di bulan ramadlon, selain masyarakatnya memang kuat dalam menjalankan ibadah, banyak juga kegiatan yg berhububgan dg pengetahuan Islam, salah satunya adalah “Islamic Books Fair”yg disertai dg penunjang lainnya.
    yg jelas intinya adalah Syiar Islam mumpung bulan ramadlon...
    tujuannya menguatkan iman ....
    terima kasih atas info dan pencerahannya sobat..

  2. Eka says:

    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BUAT SOBAT-SOBATKU DI MAKASAR, SEMOGA DI BULAN RAMADHAN YANG SUCI INI MENAMBAH IMAN DAN TAQWA KITA KEPADA ALLAH SWT, Aamiin... :)
    Semoga sukses dan tetap semangat ya pak ... :)

  3. Isalamic Books Fair? wah keren juga tuh acaranya. sepertinya di sini gak ada. asik dong ya bisa mborong buku di sana.

  4. wah.. mesti meluangkan waktu ke mesjid raya nih..

    saya baru tau kalau ada acara tahunan seperti ini dimesjid raya..

  5. asyik tuh ngabuburit sambil nyari-nyari buku

  6. Alquran memang tidak ada tandingan nya sob. Laris. ! :D

  7. wah ternyata ada islamic book fair di masjid raya ya pak. baru sy tau. terima kasih infonya pak

  8. Sayang sekali, di Tangerang saya tidak menemukan event semacam ini, yang ada hanyalah acara buka bersama. Bicara soal buku, ada beberapa buku yang saya beli di Indonesian Book Fair tahun lalu yang masih terbungkus plastik, belum sempat dibaca., nunggu giliran.

  9. Hunting buku? Whaa ikut dong Bang....:D

  10. Timingnya tepat banget, pas Ramadhan ada pasar buku Islami...
    Semoga yg beli makin lurus pemahamannya tentang Islam

  11. seru aklau ada book fair

  12. dulu waktu saya diMakassar Mesjid Raya belum sebagus sekarang malah jadi tempat Pengemis mangkal dan tidur, AL markas saya selalu jumatan disana suka beli majalah bekas yang seribu 3 lumayan buat nambah ilmu maklum Mahasiswa waktu itu kantong tipis, Selamat Berpuasa Pak, Kapan Kopdar ya PAk

  13. Pameran buku memamng menyenangkan dan layak dikunjungi karena banyak manfaatnya.
    Masjidnya bagus dan megah ya mas
    Salam hangat dari Surabaya

  14. Rindu Rasanya Kampung halaman, namun apalah daya diriku dirantau, tapi dengan membaca artikel mas hariyanto Rindu saya jadi terobati Akan suasana di mesjid Raya Makassar

  15. Saya sangat tertarik dengan buku Himpunan Fadilah Amal karangan MM Zakarya al-Kandahlawi Rah.a
    Isinya sangat bermakna dan bermanfaat.
    Lebih tertarik lagi setelah mengetahui di Mesjid Raya Makasar ada Islamic Books Fair yang menjual buku Eleven In One,jadi kepingin memiliki Gan.
    Nice share,semoga tak hanya di Masjid Raya Makasar ada Islamic Books Fair,kutunggu ke kotaku,hehe.
    Nice share Gan,makasih.

  16. seno says:

    Masjidnya kelihatan megah banget dan artistik.

  17. aku tertarik dengan buku2nya mr.. ^_^..
    boleh pesan satu.. hhehehee

  18. Enam puluh ribu rupiah untuk membangun masjid di kala itu. Kira-kira kalau sekarang berapa ya?

  19. . . buku nya ocae juga tuch. kirim 1 donk buat aq. he..86x . .

  20. Masjidnya megah banget sob.
    Keren pokoke...

  21. Luar biasa ya mas,,kayaknya bulan ramadhan kali ini terasa berbagi bersama :)

  22. Pasti suasana dan acara pameran seperti itu jarang sekali di temukan di hari-hari biasa ya gan..

  23. mesjidnya sangat megah banget ya bang..
    dan suasana Ramadhan disana begitu terasa dengan berbagai kegiatan.. :D

  24. Selamat.. bang hariyanto mendapatkan Award Top Commentators di The Likers Blog.. Silahkan diambil.. :D

  25. evi says:

    Memang seharusnya begini fungsi Masjid ya Pak, tak hanya melaksanakan ritual ibadah tapi juga berfungsi sebagai pusat peradaban seperti menjadikannya pasar buku.Jadi orang keluar dari Masjid tak hanya membawa pahala ke rumah tapi juga buku :)

  26. masjidnya megah, semoga semakin makmur saja:}

  27. subhanallah... luar biasa.. semoga kerukunan terjaga selalu..

  28. masjid yang sangat indah sekali.... itu lah kehebatan masjid... selalu ramai dengan buku buku.... dan aktifitas yang mengikutinya... semoga setelah itu cepat bersih bersihnay ya... :)

  29. ok, sukses ya ramadan nya, semoga puasanya bisa tetap konsisten.

  30. Mampir lagi bang. Sudah dibeli bukunya ? :D

  31. ane mau dong bukunya !!!!

  32. pasti buku-bukunya murah meriah tuh sobat...

  33. Pesta bukunya meriah sekali, cocok bagi saya yang hoby buku. Jika dekat pasti saya mampir dan beli buku. Masjidnya sangat elok !

  34. kapan ya bisa jalan-jalan ke makassar?

  35. acara seperti ini sangat bagus gan
    Bisa memacu gairah untuk membaca]
    Isengpun akhirnya jadi ketagihan membaca
    Meriah kan acaranya walau bulan puasa gini

  36. wah, pasti banyak buku-buku tentang islam di sana,

  37. semoga kegiatan seperti itu bisa semakin meningkat dan semakin sering....
    :)

  38. Ramadhan yang penuh dengan ke indahan....

  39. WAhh... jadi kepengen ke situ... tapi jauh bget sob

  40. wihh rame juga ya sob dimasjid raya.,

  41. waduh rame bgt acaranya disana,,
    menambah ilmu dan pahala kalau kesana,senang bgt bisa kesana ,,
    saya pengen kesana sob, kapan ya,,,

  42. Masjid Raya Makassar begitu megah dan indah tempat ibadah yang representatif bagi umat muslim. Terasa sejuk dan damai berada didalamnya untuk menghadap Sang Khaliq. Aktifitas seperti yang dilakukan panitia setiap bulan suci Ramadhan ini, pameran buku-buku Islami dan produk penunjang lainnya, menjadi contoh bagi masjid lain yang belum menyelenggarakan. Aktifitas ekonomi di sektor riil terus bergerak naik di bulan yang penuh ampunan dan barokah. Masyarakat yang sejahtera lahir dan batin, dunia dan akhirat menjadi idaman setiap insan. Salam sukses buat Admin BlogS of Hariyanto.

  43. lokasih cukup jauh nih daeng :)
    event yang menyenangkan tentunya...

  44. kemegahan yang juga membawa banyak manfaat untuk banyak umat.
    o iya bang, di kaskus kemarin liat ada info lomba poto ramadhan berhadiah THR.
    ane bakalan ikut seandainya punya poto keren2 seperti punya bang hari :D

  45. Assalamu'alaikum bang.. di bulan yang suci ini saya mengharapkan atas kesediaan abang untuk bertukar link dengan saya... bagaimana bang.. linknya abang udah nempel di blog saya.. terima kasih bang Hariyanto.. :D

  46. Masjidnya indah sekali seperti juga dengan kegiatannya di bulan suci ini,semoga banyak memberi manfaat kegiatan ini...

  47. wah suatu saat harus ke makasar nih..amiin :)

  48. Ron says:

    great post sir. added you on my link exchange page

    Cheers :)

  49. kunjungan lagi gan..

  50. wahhhh.... mahal sekali ya bukunya. Ehm, kalau saya yang belum kerja, pikir pikir, tapi klo agan yang ud kerja.. ya wajar lah :D semoga di baca, itu yang paling penting.

  51. salam kenal

    ditunggu followbacknya ya

  52. mas hari rajin jalan2 ya... tiap ada acara seru pasti datang terus ditulis :)

  53. pas Ramadhan ada pasar buku Islami...
    tp mahal sekali ya bukunya ya

  54. saya ngebayangin berburu buku di acara itu. kayaknya asyik ya. lagian masjidnya bagus banget tu. salam sehat Mas Har.

  55. sepertinya bukunya berkualitas ya bang. mahal banger soalnya :D

  56. Masjidnya bagus dan megah

  57. mampir sore sambil nunggu buka puasa om hehe,...wah book fair islamic bagus ini pernah d adain d kampusku dulu tp skr dah jarang liat lagi padhl bagus2 buku2nya ..ini mesjidnya megah banget bagus om ambil gambarnya, met buka puasa ea om.. ^^

  58. wah...ramai sekali nih di pelataran masjid makassar selain buku ada juga perlengkapan untuk lebaran....makassar memang top, mantap.
    maaf sob baru bisa berkunjung.....

  59. patut dicontoh oleh daerah lain acara srperti ini ya bang :)

  60. aku ingin bukunya untuk menambah ilmu tentang islami..

    sip banget ya disana... :)

  61. dimakasar meriah banget :)

  62. Mesjid yang megah ya. Semoga bukunya bisa dimiliki :)

  63. saya jadi penasaran pingin melahap isi bukunya Pak, semoga segera saya bisa memilikinya karena perihal shalat sangat penting kita pahami, karena ia adalah amalan utama kelak yang akan ditanyakan

  64. bagus yh sobat masjidnya :)

  65. luarbiyasa indah sekali masjidnya

  66. hadir lagi malam ini

  67. kunjungan pagi.

    Boleh tukar link gan ?? PR1

  68. Apakah abang orang makassar yah ? ....

    Wah rame bnget kalau bsa mudik k'mks ...

  69. wahhh asyik banget nih, bisa baca-baca saat menunggu waktu buka puasa, lagian buka puasa di masjid raya makassar kan gratisan :D

  70. wah bkny mahal bnget tu..ilmu it mmang mahal harganya..

  71. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Subhanallah, aktivitas yang sangat bagus di bulan Ramadhan dengan mengajak umat Islam membudaya dan menghidupkan Ramadhan dengan membaca.

    Di tempat saya, jarang berlaku Islamic Books Fair dalam bula Ramadhan. Sebagai peminat buku yang tegar, jika bertemu dengan acara book fair sebegini pasti akan membeli banyak untuk menambah ilmu dan pengetahuan.

    Selamat berpuasa dan berkongsi hikmah yang baik di bulan barakah ini. Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. :D

    Siti Fatimah Ahmad

  72. Mampir lagi di blog sahabat. :D

  73. Masjidnya indah dan megah. Hmmm..., apalagi ada kegiatan Islamic Book Fair, tentu menambah wawasan dan keilmuan yang penting untuk kenajuan dan kebaikan agama ini. Mantaps..., al-Qur'an menjadi primadona ya...

  74. dan says:

    kembali berkunjung daeng...

    salam ramadhan..

  75. tepat memang mengadakan islamic book fair pada saat romadlon, sayang di jakarta diadainnya di luar romadlon. belanja belanja

  76. banyak kegiatan ya um dimasjidnya

  77. Wah ... asyiknya membaca buku-buku Islami

  78. Masjidnya megah, jamaahnya melimpah, masyarakatnya dapat berkah....moga istiqomah

  79. melihat suasana ramadhan disana sptnya sangat meriah ya mas, barokah Allah moga selalu menyertai...amin

  80. Anonymous says:

    nah, ini kegiatan yang mencerdaskan umat.
    keren :D

  81. Luar biasa, masjidnya sangat megah.

  82. Mesjid yang megah dan aktifitasnya yg hiudp dan ramai...tentu merupakan hal yg luar biasa.

    Oia, kenapa URL blog Bang Hariyanto ta taruh di blog list up date sahabat muncul keterangan "Tidak dapat mendeteksi feed untuk URL ini. Entri blog dan waktu pembaruan tidak akan ditunjukkan. Tetap tambah URL?"

  83. Bermanfaat tuh beli buku harganya murah murah lagi

  84. sobat, link soba udah saya pasang di navbar(bagian atas) yg tulisannya "Friend List terpilih / special"
    Belajar Islam Itu Indah

  85. Anonymous says:

    di makasar meriah yah .., saya suka baca buku sob ... tp di sini ga semeriah di sono yah ,, :D
    yang penting hati selalu ceriah menikmati bulan penuh berkah ini :)

  86. hadir lagi dimari gan :D

  87. Alhamdulillah, saya sungguh sangat senang dan betah berada di sini. Konten yang kreatif dan orisinil, berangkat dari fakta sekitar penulisnya. Ki Daeng sungguh memiliki mobilitas tinggi mencari tema-tema yang bermanfaat bagi ummat. Any way, Masjid ini dan kegiatan Islami yang dipaparkan, sungguh membuat saya merinding karena terharu, bahagia sekaligus bangga: Saudara saya seiman di seberang sana terbukti selalu berjihad mengibarkan bendera Islam. Thanks.. Brada, salam Sahabat. Zajakhumulloh khoyron katsiron.

  88. Ramadhan yang indah..dikota Makassar banyak kegiatan islami..aku do'akan Insya Allah daeng bisa dapatkan buku tersebut..Aamiinn..

  89. jadi pengen beli juga.... mantap.. buku is the best

  90. Salam ukhuwah sob,kebetulan ana juga suka baca buku. terutama karya muhammad isa dawud. :D

  91. wah.. ada book fair yang islamic juga ya.. :D (ya maklumlah.. bulan ramadhan gitu loh.. : hehehe)

  92. waah ada book fair.. kegiatan seperti yg paling menarik minatku. Bukunya banyak sekali bikin mupeng.. hehe..

  93. gambaran dari salah satu masjid yang hidup (makmur) ya sob, tidak hanya kegiatan ubudiyah kegiatan lain pendidikan dan sosial kemasyarakatanpun ada lengkap pokoknya

  94. Mampir lagi sob. Hehehe

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend