Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Donor Darah di Pasar Malam Ramadhan Masjid Al Markaz Al Islami

Hariyanto Wijoyo | 96 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger.
Sore itu jam baru menunjukkan pukul lima lewat dua puluh lima menit, namun  Masjid Al Markaz Al Islami mulai menggeliat, terlebih lagi yang berada di selasar dan lahan kosong sekitar masjid. Nampak para pedagang-pedagang mulai sibuk berbenah, mempersiapkan lapak-lapak-nya untuk tempat mereka berdagang, seakan-akan berlomba dengan waktu menjelang buka puasa yang perlahan tapi pasti jarum jam dari detik ke detik, menit ke menit akan tiba saat-nya untuk berbuka puasa. Para pedagang itu adalah peserta Pasar Malam Ramadhan, suatu kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun, saat bulan suci Ramadhan tiba hingga tiba Hari Raya Kemenangan Idul Fitri.

Masjid yang diprakarsai pembangunan-nya oleh almarhum bapak Jenderal Muhammad Yusuf , didirikan pada tanggal 8 Mei 1994, dan selesai pada tanggal 12 Januari 1996 dengan menelan biaya sekitar dua belas miliar rupiah, mulai ramai dengan kehadiran para jamaah masjid yang datang dari berbagai penjuru kota, bahkan ada yang datang dari kabupaten-kabupaten sekitar kota Makassar, tujuannya hanya satu yaitu untuk beribadah .



Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah Al Munawwarah sangat mempengaruhi arsitektur masjid kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini. Dengan menambahkan unsur arsitektur Masjid Katangka Gowa dan rumah adat Bugis Makassar pada umumnya oleh Ir. Achmad Numan, designer Masjid Al Markaz Al Islami, maka masjid ini tidak memiliki kubah bundar seperti masjid lain pada umumnya, hanya kuncup segi empat yang modelnya meniru kuncup Masjid Katangka dan rumah Bugis Makassar sebagai pengganti kubah bundar tersebut.

Setelah berbuka puasa bersama-sama dan sholat maghrib berjamaah, maka nampaklah jelas aktifitas para pedagang yang memenuhi area yang telah di siapkan oleh panitia. Berbagai macam dagangan dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para calon pembeli, mulai dari pakaian, arloji, sandal, sepatu dan berbagai macam lainnya. Dan yang paling banyak terlihat adalah pedagang yang menjual baju untuk muslim dan muslimah serta berbagai perlengkapannya seperti kopiah, sajadah dan mukenah. Bahkan buku-buku Islam pun banyak juga dijajakan oleh para pedagang.



Dan bila capek dan lelah berkeliling dari stand ke stand, serta dari lapak ke lapak, sambil menunggu waktu sholat Isya dan Taraweh, maka di sekitar lokasi telah tersedia berbagai makanan dan minuman, mulai dari yang ringan seperti Pop Ice dan Teh Botol, hingga Bakso dan Coto Makassar dan lain sebagainya, bahkan kue-kue tradisional juga tersedia seperti Jalangkote dan Kandoang, cukuplah untuk mengganjal perut yang sejak subuh belum terisi apapun.
“Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya, apabila membeli tidak mencela, apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.”
[HR. Al-Baihaqi di dalam Syu’abul Iman].



Di samping itu, bila ingin beramal, maka telah tersedia Tenda Palang Merah Indonesia, melengkapi keramaian Pasar Malam Ramadhan tersebut. Cukup mendatangi tenda tersebut untuk mendonorkan darah anda, seperti yang saya lakukan pada  29 Juli 2012. Saya memang sudah beberapa kali melakukan donor darah, terakhir adalah pada bulan Februari 2012, seharusnya saya melakukan donor pada bulan Mei lalu, namun karena berbagai kesibukan, maka baru menyempatkan diri sekarang.

Seusai sholat Maghrib, saya mendaftarkan diri dengan mengisi data diri, atau cukup memperlihatkan Kartu Donor yang saya miliki untuk di copy paste kedalam formulir data diri, kemudian di bawah masuk ke dalam tenda untuk diperiksa golongan darah, setelah ujung jari saya ditusuk dengan “Blood Lancet”, lalu dengan menggunakan micropipet darah yang keluar disedot dan hasilnya kebetulan golongan darah saya adalah “O”. Sesudah pemeriksaan golongan darah, kemudian dilanjutkan dengan pengukuran tekanan darah dengan  "Sphygmomanometer", dan hasil yang didapat adalah seratus dua puluh per sembilan puluh, kata dokter yang memeriksa, tensi saya bagus. Setelah melakukan berbagai pertanyaan tentang penyakit apa saja yang pernah diderita selama tiga bulan terakhir, akhirnya sayapun dipersilahkan menuju “Velbed” atau tempat tidur lipat.

Pada saat berbaring, lengan saya bahagian kiri diikat dengan “Torniquet” sambil susternya meminta saya untuk mengepalkan tangan saya agar kelihatan nadi yang mau ditusukin jarum untuk menyedot darah-ku. Perlahan jarum-nya ditusuk ke nadi dan setelah tembus, kepalan tangan tadi dibuka , maka mengalirlah darah-ku ke kantong darah yang telah di siapkan.



Keponakan-ku Muhammad Aryo Wisnu, yang baru kelas lima sekolah dasar, sampai terheran-heran melihat semua proses tersebut, dan pada saat saya sudah berbaring di velbed, dia-pun mengambil gambar saya yang akan diambil darahnya.
Sebelum melanjutkan cerita, tahukah anda apa saja manfaat dari donor darah ini ? Ada delapan manfaat yang dapat kita peroleh, yaitu :
  1. Menjaga Kesehatan Jantung
  2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
  3. Membantu Penurunan Berat Tubuh (sangat cocok untuk yang mau turunkan berat badan)
  4. Mendapatkan Kesehatan Psikologis
  5. Mendeteksi Penyakit Serius
  6. Menjaga kesehatan hati (qalbu) karena sudah beramal
  7. Mendapat pahala dari-NYA 
  8. Awet muda karena darah merah mengalami proses regenerasi pembentukan sel-sel darah merah yang baru menggantikan darah merah yang telah kita donorkan.
Sudah tahukan manfaat-nya, makanya setelah menginjak usia tujuh belas tahun, sebaiknya kita melakukan donor darah setiap tiga bulan sekali, senang rasa-nya bisa membantu sesama hamba ALLAH karena setiap tetes darah yang kita donorkan itu sangat berarti bagi orang lain, dan juga bermanfaat positif bagi kesehatan kita.

By the way, tak lama kemudian, mungkin hanya sekitar sepuluh atau lima belas menit, satu kantong darah telah terisi dengan darah-ku, jarum-nya kemudian dilepas demikian juga tourniquet-nya dan bekas jarum lalu diberikan kapas beralkohol, saya-pun dipersilahkan duduk setelah disuruh berbaring dulu selama lima menit. Duduk-pun sekitar sepuluh menit baru boleh berdiri, dan akhirnya setelah menerima vitamin penambah darah plus Indomie Cup , Aqua segelas serta Sebotol besar sirup Marjan, mungkin diberikan persiapan untuk lebaran ..maka proses donor darah-pun dianggap telah selesai…..alhamdulillah...sempurna.
"Setiap pendonor darah adalah pahlawan. Kebutuhan darah memang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia betapa pentingnya,"
[Nafsiah Mboi, Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada sambutan pembukaan seminar sehari dalam rangka hari donor darah se-dunia di Ruang GA Siwabessy, Gedung Sujudi Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu, 20 Juni 2012]

Category : , , , , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

96 komentar

  1. beramal sekaligus bisa menyehatkan badan kita.
    salam

  2. saya dari dulu pengen donor darah gan, tapi gak kesampaian terus
    mohon maaf lahir batin juga :)

  3. wahh bgus jugaartikel yg patut di baca gan,,
    saya saya baca balik lagi ahh,,
    biar seru,,

    hehehehe

    gmna klo kita tukaran link gan??
    link anda udah saya pasang gan,,
    thankz met mlm

  4. pasar malamnya keliatan seru. donor darahnya mulia sekali.
    terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak di blog saya.

  5. Dengan mendonorkan darah tubuh kita lebih sehat dan dapet pahala sob.

  6. Subhanallah, Alhamdulillah.. Ki Daeng sungguh telah membuat saya terkagum-kagum..! Konten blog orisinil, bahkan banyak pengalaman pribadi. Ternyata, Pawang Blog Islami ini juga sanggup menjadi donatur sukarela. Semoga Allah senantiasa menyertai dikau, Sahabatku. Salm sukses semoga makin berjaya...

  7. Seru dan penuh kesan tentu acara tersebut ya gan karena bisa ikut juga mendonorkan darah.

  8. masjidnya hidup pak.. :)

    *semumur2 saya belum pernah ikut donor darah.. :D

  9. wah, komplit.. ^_^
    emang paling senang deh kalo ada pasar malam di bulan Ramadhan. tapi dampak negatifnya yg ikut tarawih jadi sedikit. :D
    coz banyak yg ke pasar malamnya dan cuma menyempatkan sholat isya'..

  10. ke pasar malam sambil menyumbangkan sedikit darah untuk orang yang membutuhkan, subhanllah sobat...

  11. Sungguh pengalaman rohani sekaligus wisata kesehatan yang inspiratif, Pak....
    Sayangnya, saya paling takut jarum suntik.... Hhehe

  12. rame tuh kaya nya acaranya

  13. Ron says:

    this is absolutely a read/visit worthy blog sir.

    i appreciate you for taking the time to visit my blog too...

    cheers :)

    www.ronsilvoza.com

  14. selain bermanfaat utk saudara kita yg membutuhkan,ternyata bermanfaat juga buat si pendonornya sendiri ya bang :)
    great bang...smoga Allah yg membalas kebaikan abang Hari.. Amin

  15. Luar biasa, jarang sekali ketemu Masjid yang betul - betul hidup seperti ini. Jadi pengen berkunjung lagi...

  16. waduh...jadi pengen main kesana...:)

  17. Widiiwww... Ramenya. kalo di Medan seperti Ramadhan fair. Bedanya ada donor darahnya juga, Subhanallah dengan puasapun tetap bisa melakukan donor darah..

  18. habis donor darah langsung cari makanan yang banyak tersedia pasti tenaga yang berkurang akan cepat terganti ya sob, nice posting!

  19. Donor darah adalah kegiatan yang sangat mulia. Sudah lama juga saya tidak donor darah lagi. Terakhir mau donor darah, tekanan darah lagi rendah, jadi tidak dianjurkan...

    Salut deh buat penyelenggara pasar malam Ramadhan di Masjid Al Markaz Al Islami!

  20. Wa'alaikum salam

    Serunya jalan-jalan Pasar Malam Ramadhan. Stand pasar malamnya pas taraweh di tutup ya Mas?

    huaaa...saya belum pernah donor darah.

  21. wah kalau aku dekat kan kudonorkan darahku, biar makin sehat...

    ada pasar disekitar masjid serunya :)

  22. subhanallah, dibulan ramadhan masih kuat donor darah

  23. wahhh manteb nih...
    di bulan suci berbagi dengan donor darah... good banget dah :)

  24. sungguh mulia mereka, bisa memberikan donor darah kepada yang sangat membutuhkannya..
    semoga mereka mendapat sehat selalu.. aamiin

  25. masjidnya cantik , kegiatan2nya pun sangat berguna :)

  26. Wah donor darah selain banyak manfaatnya, juga bisa beramal di bulan ramadhan.

  27. ini dia tempat ibadah yang mendatangkan keberkahan pada masyarakatnya, semoga Ramadhan ini mendatangkan ampunan dan RidhoNya

  28. hadir kembali bang.. :)

  29. aku mau sih donor darah tapi takut sama jarum suntiknya :(

  30. kalau baca donor darah saya jadi teringat betapa mahalnya harga darah itu.
    Dilihat darah ini hanya merupakan sumbangan dari orang-orang dermawan
    Yang rela memberikan darahnya kepada instansi
    Namun apa yang terjadi?

    Lihat saja sendiri
    Darah dijual dengan sangat mahalnya
    Padahal kita lagi butuh mendadak
    Hutang dulu juga tak boleh
    Ironis rasanya kalau mengingat hal itu

  31. MasyaAllah, semoga tiap-tiap kebaikan dibalas olehNya. Aamiin... :)

  32. inspiratif banget tuh masjid...mengadakan donor darah di malam hari,biasanya kan siang hari,perlu di coba nih donor darah di malam hari untuk daerah dekat tinggal saya...

  33. Suasananya semarak rame...., kegiatan sangat bermanfaat dapat menjadi contoh tauladan

  34. sampe skrg lom pernah ikutan donor Daeng..takut jarumnya. huuffttt pdhl mnfaat nya gede yak..

    btw semarak perayaan ramadhan di sana yaaa

  35. kegiatan yang sangat mulia sob, selain meramaikan bulan puasa sekaligus membantu sodara2 kita :)

  36. saya baru tahu kalo donor darah itu banyak manfaatnya ya pak..

  37. donor darah dibulan ramadhan pahalanya bertambah um

  38. Wah bagus sekali artikelnya sobat,
    Postingannya sangat sempurna sekali, saya membaca dan melihat photo yg ada saja se olah^ saya sedang melihat aslinya mas haryanto, sungguh Mulia sekali Hatimu sobat, disamping itu manfaatnya juga dapat dari Donor ya sob...

    Terima kasih sahabat

  39. Masjid Al Markaz Al Islami begitu indah dan megah dengan arsitektur yang khas Makassar. Di seputar kompleks masjid diselenggarakan aktivitas ekonomi 'Pasar Malam Ramadhan' yang tentu mendapat sambutan gembira dari para pedagang mikro, kecil, dan menengah. Sektor riil ikut bergerak naik mewarnai bulan yang penuh barokah dan ampunan ini. Bulan dimana pahala amal dilipatgandakan. Salam sukses buat Admin 'BlogS of Hariyanto.

  40. kaya masjid at-taun di puncak browww.,..

  41. artikel yang komplit! tapi saya benar-benar ingin tau secara langsung suasana mesjidnya pak. kok kayaknya lengkap banget ya? mantap-lah!

  42. mau mendonorkan darah tp kokgak pede ama tubuh ini sama takut juga he he,ternyata jg bisa menyehatkan ya, sip mas

  43. saya rasa... manfaat no7 gag perlu ditampilin kang.. tapi sah sah ajja sii.. dan kebetulan juga saiia emang belum pernah sii yg namanya ikutan donor darah :( suatu saat nantu mungkin..

  44. hebat euy... puasa puasa donor darah.... kagum.... semoga makin banyak yang berdonor darah ya...

  45. wowo rame sekali, heheheh klo kaya gto lengkap bgt yah.....
    gk hanya berbelanja tapi kita beramal dengan mendonorkan darah...

  46. Menyimak cerita Abang saat proses mendonorkan darah, saya benar-benar terinspirasi, saya sangat anti dengan jarum suntik, tapi untuk mendonorkan darah rasanya ingin mencoba.

    Mendonorkan darah di bulan ramadhan, sepertinya pahalanya sungguh berlipat ya?!.

  47. waah, seru ya pasarnya,
    :D
    musti bawa duit donk, pasti kpengen beli ini dan itu

  48. seumur hidup saya belum pernah donor darah mas, pengin ini

  49. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Senang dapat mengenali blog yang banyak informasi menarik di sini. Bulan Ramadhan bulan yang berkat untuk kita semua bersatu hati meningkatkan amal ibadah dan kebaikan.

    Satu aktibiti yang menarik apabila donor darah di bulan Ramadhan. Insya Allah darah-darah di bulan Ramadhan ini, pasti penuh dengan iman yang mantap dan suci alirannya. Mudahan diredhai kepada mereka yang sudi mendonor darahnya.

    Salam kenal dari Sarikei Sarawak.

    Siti Fatimah Ahmad

  50. . . ich,, ada gorenga, pengen nich. huhh. he..86x . .

  51. :(

    golongan darah saya termasuk yg langka (AB), tapi setiap mau donor selalu ga bisa karena Hb rendah hiks hiks..

  52. Ini nich moment yang tepat,.beramal, sehat, dan bisa jalan jalan lihat suasana pasar malamnya..

  53. Anonymous says:

    SUBAHANALLOH ...
    yang mendonor darah dibuln puasa semoga dapat barokha,,,

    pengen makan gorengan ada penjual gorengan tuh ,, :)

  54. Subhanallah.. Alhamdulillah..

  55. Bagi yang mendonorkan darahnya buat kita sesama yang membutuhkan,,,suatu saat pasti ada balasan yang berlipat dari yang Kuasa.AMIN

  56. Aku belum pernah donor darah sob

  57. wah asik tuh kayanya, ane blon pernah donor nih :)

  58. sob tukeran link yah, link blog sobat sudah terpasang dihomepage blog saya :)

    mohon konfirmasinya ya :D thanks.

  59. wawa, masih belum donor juga nih :D .
    Tapi nice articel nih, mungkin kalo udah berani baru mau donor. hehe

  60. Keren tu sob. Tapi ditempatku gak ada yang seperti itu.

  61. jadi pengen belajar donor jg ni bang hehe...
    mkash bang hari buat kunjungannya :)

  62. ayo ayo ayo kita mendonorkan darakita untuk saudara-saudara kita yang membutuhkannya...

  63. kegiatan yang positif sob

  64. katanya hbs donor darah d badan bs seger ya Sob. alnya saya lom prnh donor....:D

  65. Menghabiskan biaya sekitar duabelas miliar rupiah tentunya masjid ini cukup ( sangat ) megah, semoga bukan hanya semangat membangunnya tapi juga memakmurkannya. Amin...
    Selain berdampak positif bagi kesehatan, donor darah juga bernilai ibadah, terlebih di bulan Ramadhan, pahalanya insya Allah akan dilipatgandakan. Di Tangerang saya belum menemukan kegiatan seperti ini, baik pasar malam maupun donor darah.
    Salam hangat untuk keluarga tercinta. Semoga puasa kita, ibadah kita diterima Allah swt. Amin...

  66. wah masjidnya lengkap. dari arsiteknya yang indah, plus banyak kegiatan dan jajanan. ngomong ngomong donor darah, itu sengaja malam ya, biar ga batal puasanya ya? ehm, menarik juga. ibadah bisa kapan aja lewat acara sosial

  67. foto-fotonya sangat-sangat bicara sekali. saya yang melihatnya lewat media foto saja, langsung ceria hati saya. mantap.

  68. Seumur umur saya belum pernah donor, takut sama jarumnya. Hadish tentang perniagaan saya sangat suka itu.

  69. Mudah^an ini awal kegiatan yg bagus dan berkelanjutan untuk seterusnya ya sob,..
    salam silaturahmi di bulan ramadlon semoga sukses

  70. heheh kunjungan perdana sob...^_^
    pengen bgt donor darah, tapi sayang nya aku palingk takut sama yg nama nya jarum suntik.......
    salam kenal sob..^_^

  71. Pengen coto makacar! Abis maem, di ambil darahnya 5 liter gpp deh! Hehehe

  72. hadir kembali sob untuk bersilahturahmi...

  73. Saya belum pernah donor darah, padahal manfaatnya banyak sekali ya pak :)

  74. kayaknya dimakassar pada saat ramadhan seperti terasa meriah ya.. banyak kegiatan yang diadakan.. jadi pengen ke makassar.. :D

  75. deh..ramenya al markaz kalau malam bulan puasa di...

    jadi mau pergi juga ke sana

  76. singgah ya pak... :) menjelang berbuka.. :)

  77. Anonymous says:

    setiap pendonor darah adalah pahlawan, setujuuu! tapi aku belum pernah, terlalu pengecut :|

  78. hqadir lagi untuk baca-baca nih sobat,,

    salam silaturrahim :))

  79. Ramadhan benar2 meriah dan penuh warna....

  80. wah lengkap yah bang acaranya, ada donor darah segala, semoga pahalanya berlipat ganda

  81. sungguh senang bisa mendonorkan darah... :)

  82. kalo donor darah disiang hari boleh gak bro? :D

  83. pasar malamnya di bulan Ramadhan, kelihatan ramai sekali gan dan juga dilengkapi Donor darah semoga banyak berkah gan.

    salam sukses

  84. kembali hadir menemani :)

  85. di bulan puasa berdonor darah, insyaALLAH pahalanya berlipat ganda dah... ^_^

  86. jadi pengen donor darah lagi
    dulu jaman rutin donor, badan rada gemukan
    sekarang payah kerempeng begini, hehe

  87. Semoga amal orang2 yang donor akan dilipat gandakan berkahnya oleh Allah SWT. Mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Semua amal ibadah akan dilipat gandakan pahala dan imbalannya. Semoga tambah sukses sobat

  88. wah begitu meriahnya dan ramainya

  89. Kunjungan pagi di blog sahabat. :D

  90. lama jg ni sy gk ke Al Markaz.... :)

  91. meriahnya..nampak bagus ^^

  92. sangat kental sekali suasana bulan puasa di sana ya :)

  93. wah moga barokah apalagi dibulan yg mulia..amiiin

New comments are not allowed.

96 komentar

  1. beramal sekaligus bisa menyehatkan badan kita.
    salam

  2. saya dari dulu pengen donor darah gan, tapi gak kesampaian terus
    mohon maaf lahir batin juga :)

  3. wahh bgus jugaartikel yg patut di baca gan,,
    saya saya baca balik lagi ahh,,
    biar seru,,

    hehehehe

    gmna klo kita tukaran link gan??
    link anda udah saya pasang gan,,
    thankz met mlm

  4. pasar malamnya keliatan seru. donor darahnya mulia sekali.
    terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak di blog saya.

  5. Dengan mendonorkan darah tubuh kita lebih sehat dan dapet pahala sob.

  6. Subhanallah, Alhamdulillah.. Ki Daeng sungguh telah membuat saya terkagum-kagum..! Konten blog orisinil, bahkan banyak pengalaman pribadi. Ternyata, Pawang Blog Islami ini juga sanggup menjadi donatur sukarela. Semoga Allah senantiasa menyertai dikau, Sahabatku. Salm sukses semoga makin berjaya...

  7. Seru dan penuh kesan tentu acara tersebut ya gan karena bisa ikut juga mendonorkan darah.

  8. masjidnya hidup pak.. :)

    *semumur2 saya belum pernah ikut donor darah.. :D

  9. wah, komplit.. ^_^
    emang paling senang deh kalo ada pasar malam di bulan Ramadhan. tapi dampak negatifnya yg ikut tarawih jadi sedikit. :D
    coz banyak yg ke pasar malamnya dan cuma menyempatkan sholat isya'..

  10. ke pasar malam sambil menyumbangkan sedikit darah untuk orang yang membutuhkan, subhanllah sobat...

  11. Sungguh pengalaman rohani sekaligus wisata kesehatan yang inspiratif, Pak....
    Sayangnya, saya paling takut jarum suntik.... Hhehe

  12. rame tuh kaya nya acaranya

  13. Ron says:

    this is absolutely a read/visit worthy blog sir.

    i appreciate you for taking the time to visit my blog too...

    cheers :)

    www.ronsilvoza.com

  14. selain bermanfaat utk saudara kita yg membutuhkan,ternyata bermanfaat juga buat si pendonornya sendiri ya bang :)
    great bang...smoga Allah yg membalas kebaikan abang Hari.. Amin

  15. Luar biasa, jarang sekali ketemu Masjid yang betul - betul hidup seperti ini. Jadi pengen berkunjung lagi...

  16. waduh...jadi pengen main kesana...:)

  17. Widiiwww... Ramenya. kalo di Medan seperti Ramadhan fair. Bedanya ada donor darahnya juga, Subhanallah dengan puasapun tetap bisa melakukan donor darah..

  18. habis donor darah langsung cari makanan yang banyak tersedia pasti tenaga yang berkurang akan cepat terganti ya sob, nice posting!

  19. Donor darah adalah kegiatan yang sangat mulia. Sudah lama juga saya tidak donor darah lagi. Terakhir mau donor darah, tekanan darah lagi rendah, jadi tidak dianjurkan...

    Salut deh buat penyelenggara pasar malam Ramadhan di Masjid Al Markaz Al Islami!

  20. Wa'alaikum salam

    Serunya jalan-jalan Pasar Malam Ramadhan. Stand pasar malamnya pas taraweh di tutup ya Mas?

    huaaa...saya belum pernah donor darah.

  21. wah kalau aku dekat kan kudonorkan darahku, biar makin sehat...

    ada pasar disekitar masjid serunya :)

  22. subhanallah, dibulan ramadhan masih kuat donor darah

  23. wahhh manteb nih...
    di bulan suci berbagi dengan donor darah... good banget dah :)

  24. sungguh mulia mereka, bisa memberikan donor darah kepada yang sangat membutuhkannya..
    semoga mereka mendapat sehat selalu.. aamiin

  25. masjidnya cantik , kegiatan2nya pun sangat berguna :)

  26. Wah donor darah selain banyak manfaatnya, juga bisa beramal di bulan ramadhan.

  27. ini dia tempat ibadah yang mendatangkan keberkahan pada masyarakatnya, semoga Ramadhan ini mendatangkan ampunan dan RidhoNya

  28. hadir kembali bang.. :)

  29. aku mau sih donor darah tapi takut sama jarum suntiknya :(

  30. kalau baca donor darah saya jadi teringat betapa mahalnya harga darah itu.
    Dilihat darah ini hanya merupakan sumbangan dari orang-orang dermawan
    Yang rela memberikan darahnya kepada instansi
    Namun apa yang terjadi?

    Lihat saja sendiri
    Darah dijual dengan sangat mahalnya
    Padahal kita lagi butuh mendadak
    Hutang dulu juga tak boleh
    Ironis rasanya kalau mengingat hal itu

  31. MasyaAllah, semoga tiap-tiap kebaikan dibalas olehNya. Aamiin... :)

  32. inspiratif banget tuh masjid...mengadakan donor darah di malam hari,biasanya kan siang hari,perlu di coba nih donor darah di malam hari untuk daerah dekat tinggal saya...

  33. Suasananya semarak rame...., kegiatan sangat bermanfaat dapat menjadi contoh tauladan

  34. sampe skrg lom pernah ikutan donor Daeng..takut jarumnya. huuffttt pdhl mnfaat nya gede yak..

    btw semarak perayaan ramadhan di sana yaaa

  35. kegiatan yang sangat mulia sob, selain meramaikan bulan puasa sekaligus membantu sodara2 kita :)

  36. saya baru tahu kalo donor darah itu banyak manfaatnya ya pak..

  37. donor darah dibulan ramadhan pahalanya bertambah um

  38. Wah bagus sekali artikelnya sobat,
    Postingannya sangat sempurna sekali, saya membaca dan melihat photo yg ada saja se olah^ saya sedang melihat aslinya mas haryanto, sungguh Mulia sekali Hatimu sobat, disamping itu manfaatnya juga dapat dari Donor ya sob...

    Terima kasih sahabat

  39. Masjid Al Markaz Al Islami begitu indah dan megah dengan arsitektur yang khas Makassar. Di seputar kompleks masjid diselenggarakan aktivitas ekonomi 'Pasar Malam Ramadhan' yang tentu mendapat sambutan gembira dari para pedagang mikro, kecil, dan menengah. Sektor riil ikut bergerak naik mewarnai bulan yang penuh barokah dan ampunan ini. Bulan dimana pahala amal dilipatgandakan. Salam sukses buat Admin 'BlogS of Hariyanto.

  40. kaya masjid at-taun di puncak browww.,..

  41. artikel yang komplit! tapi saya benar-benar ingin tau secara langsung suasana mesjidnya pak. kok kayaknya lengkap banget ya? mantap-lah!

  42. mau mendonorkan darah tp kokgak pede ama tubuh ini sama takut juga he he,ternyata jg bisa menyehatkan ya, sip mas

  43. saya rasa... manfaat no7 gag perlu ditampilin kang.. tapi sah sah ajja sii.. dan kebetulan juga saiia emang belum pernah sii yg namanya ikutan donor darah :( suatu saat nantu mungkin..

  44. hebat euy... puasa puasa donor darah.... kagum.... semoga makin banyak yang berdonor darah ya...

  45. wowo rame sekali, heheheh klo kaya gto lengkap bgt yah.....
    gk hanya berbelanja tapi kita beramal dengan mendonorkan darah...

  46. Menyimak cerita Abang saat proses mendonorkan darah, saya benar-benar terinspirasi, saya sangat anti dengan jarum suntik, tapi untuk mendonorkan darah rasanya ingin mencoba.

    Mendonorkan darah di bulan ramadhan, sepertinya pahalanya sungguh berlipat ya?!.

  47. waah, seru ya pasarnya,
    :D
    musti bawa duit donk, pasti kpengen beli ini dan itu

  48. seumur hidup saya belum pernah donor darah mas, pengin ini

  49. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Senang dapat mengenali blog yang banyak informasi menarik di sini. Bulan Ramadhan bulan yang berkat untuk kita semua bersatu hati meningkatkan amal ibadah dan kebaikan.

    Satu aktibiti yang menarik apabila donor darah di bulan Ramadhan. Insya Allah darah-darah di bulan Ramadhan ini, pasti penuh dengan iman yang mantap dan suci alirannya. Mudahan diredhai kepada mereka yang sudi mendonor darahnya.

    Salam kenal dari Sarikei Sarawak.

    Siti Fatimah Ahmad

  50. . . ich,, ada gorenga, pengen nich. huhh. he..86x . .

  51. :(

    golongan darah saya termasuk yg langka (AB), tapi setiap mau donor selalu ga bisa karena Hb rendah hiks hiks..

  52. Ini nich moment yang tepat,.beramal, sehat, dan bisa jalan jalan lihat suasana pasar malamnya..

  53. Anonymous says:

    SUBAHANALLOH ...
    yang mendonor darah dibuln puasa semoga dapat barokha,,,

    pengen makan gorengan ada penjual gorengan tuh ,, :)

  54. Subhanallah.. Alhamdulillah..

  55. Bagi yang mendonorkan darahnya buat kita sesama yang membutuhkan,,,suatu saat pasti ada balasan yang berlipat dari yang Kuasa.AMIN

  56. Aku belum pernah donor darah sob

  57. wah asik tuh kayanya, ane blon pernah donor nih :)

  58. sob tukeran link yah, link blog sobat sudah terpasang dihomepage blog saya :)

    mohon konfirmasinya ya :D thanks.

  59. wawa, masih belum donor juga nih :D .
    Tapi nice articel nih, mungkin kalo udah berani baru mau donor. hehe

  60. Keren tu sob. Tapi ditempatku gak ada yang seperti itu.

  61. jadi pengen belajar donor jg ni bang hehe...
    mkash bang hari buat kunjungannya :)

  62. ayo ayo ayo kita mendonorkan darakita untuk saudara-saudara kita yang membutuhkannya...

  63. kegiatan yang positif sob

  64. katanya hbs donor darah d badan bs seger ya Sob. alnya saya lom prnh donor....:D

  65. Menghabiskan biaya sekitar duabelas miliar rupiah tentunya masjid ini cukup ( sangat ) megah, semoga bukan hanya semangat membangunnya tapi juga memakmurkannya. Amin...
    Selain berdampak positif bagi kesehatan, donor darah juga bernilai ibadah, terlebih di bulan Ramadhan, pahalanya insya Allah akan dilipatgandakan. Di Tangerang saya belum menemukan kegiatan seperti ini, baik pasar malam maupun donor darah.
    Salam hangat untuk keluarga tercinta. Semoga puasa kita, ibadah kita diterima Allah swt. Amin...

  66. wah masjidnya lengkap. dari arsiteknya yang indah, plus banyak kegiatan dan jajanan. ngomong ngomong donor darah, itu sengaja malam ya, biar ga batal puasanya ya? ehm, menarik juga. ibadah bisa kapan aja lewat acara sosial

  67. foto-fotonya sangat-sangat bicara sekali. saya yang melihatnya lewat media foto saja, langsung ceria hati saya. mantap.

  68. Seumur umur saya belum pernah donor, takut sama jarumnya. Hadish tentang perniagaan saya sangat suka itu.

  69. Mudah^an ini awal kegiatan yg bagus dan berkelanjutan untuk seterusnya ya sob,..
    salam silaturahmi di bulan ramadlon semoga sukses

  70. heheh kunjungan perdana sob...^_^
    pengen bgt donor darah, tapi sayang nya aku palingk takut sama yg nama nya jarum suntik.......
    salam kenal sob..^_^

  71. Pengen coto makacar! Abis maem, di ambil darahnya 5 liter gpp deh! Hehehe

  72. hadir kembali sob untuk bersilahturahmi...

  73. Saya belum pernah donor darah, padahal manfaatnya banyak sekali ya pak :)

  74. kayaknya dimakassar pada saat ramadhan seperti terasa meriah ya.. banyak kegiatan yang diadakan.. jadi pengen ke makassar.. :D

  75. deh..ramenya al markaz kalau malam bulan puasa di...

    jadi mau pergi juga ke sana

  76. singgah ya pak... :) menjelang berbuka.. :)

  77. Anonymous says:

    setiap pendonor darah adalah pahlawan, setujuuu! tapi aku belum pernah, terlalu pengecut :|

  78. hqadir lagi untuk baca-baca nih sobat,,

    salam silaturrahim :))

  79. Ramadhan benar2 meriah dan penuh warna....

  80. wah lengkap yah bang acaranya, ada donor darah segala, semoga pahalanya berlipat ganda

  81. sungguh senang bisa mendonorkan darah... :)

  82. kalo donor darah disiang hari boleh gak bro? :D

  83. pasar malamnya di bulan Ramadhan, kelihatan ramai sekali gan dan juga dilengkapi Donor darah semoga banyak berkah gan.

    salam sukses

  84. kembali hadir menemani :)

  85. di bulan puasa berdonor darah, insyaALLAH pahalanya berlipat ganda dah... ^_^

  86. jadi pengen donor darah lagi
    dulu jaman rutin donor, badan rada gemukan
    sekarang payah kerempeng begini, hehe

  87. Semoga amal orang2 yang donor akan dilipat gandakan berkahnya oleh Allah SWT. Mengingat bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Semua amal ibadah akan dilipat gandakan pahala dan imbalannya. Semoga tambah sukses sobat

  88. wah begitu meriahnya dan ramainya

  89. Kunjungan pagi di blog sahabat. :D

  90. lama jg ni sy gk ke Al Markaz.... :)

  91. meriahnya..nampak bagus ^^

  92. sangat kental sekali suasana bulan puasa di sana ya :)

  93. wah moga barokah apalagi dibulan yg mulia..amiiin

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend