Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Dilarang Pacaran Di Candi Prambanan

Hariyanto Wijoyo | 71 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger sedunia.
Candi adalah sebuah kata yang memiliki makna mewakili aneka ragam bentuk serta fungsi bangunan, misalnya tempat beribadah atau tempat pemujaan atau tempat bersemayam para dewa serta tempat pengajaran agama. Secara umum candi tidak terlepas dari kegiatan keagamaan bagi Agama Hindu maupun Agama  Budha, oleh karenanya, sejarah pembangunan candi-candi yang ada di Indonesia, terkait erat dengan historikal kerajaan-kerajaan dan tentunya juga perkembangan agama Hindu dan agama Budha di Indonesia.

Postingan kali ini mengulas tentang salah satu candi yang sangat terkenal di Jogjakarta, karena memang setting dan latar backgroundnya masih berkisah tentang Jogjakarta dengan segala karakteristiknya, Setelah puas bertualang Jeep Offroad di Bawah Langit Merapi dan melakukan study tour di Museum Gunung Merapi, maka postingan kali ini adalah bertutur tentang kunjungan selanjutnya yang sangat exotic di Jogjakarta yaitu Candi Prambanan.

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia

Candi Prambanan terletak sekitar tujuh belas kilometer dari pusat Kota Jogjakarta dan merupakan Candi Hindu Terbesar di Indonesia karena ketinggiannya yang mencapai 47 meter dan lebar 34 meter untuk bangunan Candi Siwa, dan Candi Prambanan juga merupakan mahakarya arsitektur budaya Hindu pada abad ke sembilan Masehi yang tak tertandingi, sehingga candi Prambanan juga dijuluki sebagai Candi Hindu Tercantik dan Terindah di Asia Tenggara, dan termasuk salah satu Situs Warisan Dunia Unesco (1991).

Sebelum memasuki kawasan candi, maka para pengunjung di wajibkan menggunakan Sarung Batik yang disediakan oleh pengelola Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Sarungnya bermotif batik, berwarna dasar putih dengan corak batik berwarna hitam. Jangan khuatir..sarung ini disediakan secara percuma kok, alias gratis…tetapi harus dikembalikan pada saat akan meninggalkan Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan

Bangunan Candi Prambanan ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan kemudian secara berkelanjutan disempurnakan serta diperluas oleh Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu. Lalu dalam perjalanan waktu, bangunan candi kemudian mengalami renovasi dan pemugaran kemudian rampung pada tahun 1953 dan diresmikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno. Kemudian oleh pemerintah orde baru, pada tahun 1990, dibuatlah Taman Purbakala yang akhirnya berubah nama menjadi Kompleks Taman Wisata. Di dalam Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan yang diresmikan pada tanggal 6 Juli 1989 oleh Presiden Soeharto, terdapat tiga candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa. Dari ketiga candi tersebut, Candi Siwa adalah candi yang terbesar, dan di dalamnya terdapat Arca Patung Dewa Siwa setinggi tiga meter. Konon kabarnya, nama Kompleks Candi Prambanan sebenarnya dalam bahasa Sansekerta adalah SIWAGRHA atau SIWALAYA, yang berarti Rumah Siwa, sebagaimana yang tertulis pada Prasasti Siwagrha.

Bila diperhatikan saat berkunjung ke Candi Prambanan, Candi Siwa ini sepertinya mendapat perlakuan khusus dari pengelola Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, karena dari sejumlah candi yang terdapat dalam kompleks tersebut, hanya Candi Siwa yang dipasangi sekelilingnya dengan pagar BRC. Dan apabila para pengunjung hendak memasuki kawasan Candi Siwa, maka para pengunjung wajib antri, kemudian menggunakan helm proyek, dan setiap pengunjung dibatasi waktunya selama di Candi Siwa, yakni sekitar 10 sampai 15 menit perorang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah akibat gempa yang pernah menimpa Jogjakarta pada tahun 2006 lalu.

Dengan demikian mau tak mau para pengunjung harus mengikuti peraturan yang telah diterapkan, dan akhirnya antrian yang terjadi menjadi sangat panjang sekalia…seperti ular naga.

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia
Prasasti Peresmian Kawasan Taman Wisata Candi Prambanan Oleh Presiden Soeharto

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia
Rombongan AWA Bersarung Ria Sambil Mendegarkan Arahan Pemandu Wisata

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia
Antrian Panjang Pengunjung Di Depan Pintu Masuk Candi Siwa

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia
Pak Irzan dan Ibu Ayu Narsis DI Tangga Paling Atas Sambil Memakai Helm Proyek Di Candi Siwa

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia
View Kompleks Candi Prambanan Di Lihat Dari Atas Candi Siwa

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia
Saya Pakai Helm Proyek Di Halaman Lokasi Candi Siwa - Kompleks Candi Prambanan

Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan terdiri atas tiga zona, yaitu Zona Luar, lalu Zona Tengah yang diisi oleh ratusan candi, kemudian Zona Dalam, yaitu zona suci tempat berdirinya 8 candi utama dan 8 candi kecil

Adapun Candi-candi yang ada didalam kompleks adalah sebagai berikut :
  • 3 Candi Trimurti: Candi Siwa, Wisnu, dan Brahma
  • 3 Candi Wahana: Candi Nandi, Garuda, dan Angsa
  • 2 Candi Apit: terletak antara barisan Candi-Candi Trimurti dan Candi-Candi Wahana di sisi Utara dan Selatan
  • 4 Candi Kelir: terletak di 4 penjuru mata angin tepat di balik pintu masuk halaman dalam atau Zona Inti
  • 4 Candi Patok: terletak di 4 sudut halaman dalam atau Zona Inti
  • 224 Candi Perwara: tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar: 44, 52, 60, dan 68
Kalau sesuai aslinya, maka jumlah total candi dalam Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan adalah berjumlah 240 buah candi. Namun kini hanya tersisa 18 candi; yaitu 8 candi utama dan 8 candi kecil di Zona Inti serta 2 candi perwara. Masih banyak candi perwara yang belum dipugar dan direnovasi, dan dari 224 buah candi perwara hanya 2 yang sudah dipugar, sisanya hanya berupa tumpukan batu yang berserakan.

Di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan pada malam hari apalagi disaat bulan purnama senantiasa di gelar pertunjukkan Sendratari Ramayana di panggung terbuka. Candi Prambanan yang berhias indah dengan sinar-sinar lampu sorot menjadi latar belakang Sendratari Ramayana tersebut. Panggung terbuka ini hanya bisa digunakan pada saat musim kemarau, dan bila musim penghujan tiba, maka pertunjukkan dipindahkan ke panggung tertutup. Namun sangat disayangkan, karena keterbatasan waktu, maka saya dan seluruh rombongan tidak sempat menyaksikkan pertunjukkan yang konon sangat megah dan spektakuler itu. Maybe next time.

DILARANG PACARAN DI CANDI PRAMBANAN.
Ada sebuah kisah legenda terkait dengan Candi Prambanan, yang selalu diceritakan masyarakat Jawa, yaitu kisah tentang Roro Jonggrang. Dimana dalam legenda tersebut, Roro Jonggrang dicintai oleh Bandung Bondowoso, namun rupanya cinta itu hanya bertepuk sebelah tangan. Dan karena Roro Jonggrang tak mencintai Bandung Bondowoso, maka dimintalah Bandung Bondowoso untuk membuat candi dengan 1000 patung arca dalam semalam.

Oleh Bandung Bondowoso permintaan itu dipenuhi, namun ketika candi itu hampir selesai, Roro Jonggrang meminta warga desa untuk menumbuk padi serta membuat api dengan kobaran yang sangat besar, sehingga suasananya seperti menjelang pagi hari dan ayam-pun berkokok. Maka gagal-lah usaha Bandung Bondowoso untuk mebuat candi dengan seribu patung arca, karena patung arca yang sudah jadi hanya berjumlah 999 saja. Dan karena merasa dicurangi, maka Bandung Bondowoso pun akhirnya mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung arca yang ke 1000.

Candi Prambanan - Kompleks Candi Hindu Terbesar Di Indonesia
Pose Narsis Rombongan AWA Yang Luarbiasa

Mengenai legenda Bandung Bondowoso beserta pasukan jinnya,  bila anda termasuk salah satu orang yang percaya, bahwa memang benar adanya kalau Candi Prambanan di bangun dan didirikan oleh pasukan jin, maka ini adalah suatu hal yang patut dipertanyakan.

Dan dari sekian banyak historikal dan sejarah riwayat pembuatan bangunan-bangunan bersejarah selalu saja ada legenda yang mengikutinya, dan kebanyakan legenda tersebut bersifat sebagai pembodohan terhadap generasi penerus bangsa. Dimana legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso dengan pasukan jinnya ternyata kalau dipikir-pikir hal legenda semacam ini bisa membuat tumpul otak keilmuan yang terkait dengan kemajuan peradaban bangsa, sehingga apa yang dianggap sebagai Masterpiece atau Mahakarya Spektakuler warisan para leluhur pun seakan-akan tertutupi  dan menjadi absurd  dengan legenda-legenda yang ada.

Marilah menempatkan sejarah yang sebenarnya dalam sudut pandang yang real sebagai sebuah kisah nyata yang disusun dari kejadian yang benar-benar ada serta terbukti, baik secara lisan maupun tulisan atau secara ilmiah, demi membangun semangat peradaban bangsa Indonesia yang lebih baik dan lebih nyata. Dan marilah letakkan posisi legenda sebagai sebuah batas-batas kisah yang hanya berlatar belakang dongeng belaka, dengan demikian kita dapat melangkah maju ke masa depan dengan pikiran nyata serta intelektual yang lebih terasah, yang semua itu sebagai semangat juang untuk bisa menjadi lebih baik lagi, hari ini dan esok hari serta untuk selamanya...demi bangsa dan negara Indonesia.

Lanjut kisah cerita legenda, akhirnya setelah mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung arca ke seribu, Bandung Bondowoso juga mengeluarkan sumpah yang mengutuk siapa saja yang memadu kasih di Candi Prambanan, akan mengalami derita putus cinta seperti yang dialaminya. Dan ternyata kisah ini sangat diyakini oleh masyarakat setempat , bahwa pasangan yang berpacaran ataupun memadu kasih di Candi Prambanan akan mengalami derita putus cinta. Jadi waspada dan waspadalah bagi anda yang sedang asyik masyuk di mabuk cinta kala sedang berkunjung dengan pasangannya ke Candi Prambanan. Believe Or Not. ...salam :-)


Category : , , , , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

71 komentar

  1. detail dan cermat dalam menulis tetang larangan pacaran di prambanan ini sob, keren

    saya permah mendengar kisah itu memang, tapi yang pasti sampai sekarang dan masih terjadi, apa bila perawan yang lahir disekitar prambanan tidak keluar dari wilayah tersebut pasti jadi perawan tua..

    dan kalau sobat perhatikan para ibuk ibuk yang jualan disekitar pramban itu kebayakan perawan tua lho, masih ting ting, hehehe

    ngomong ngomong posting ini kok tidak nonggol di dasbhorku bloggerku ya.

  2. wah yg pasti pengalaman yg menyenangkan bisa berkunjung ke candi prambanan ya mas :)

  3. Kok Dilarang Pacaran sih... waduh rupanya orang-orang pada takut kena sumpah Bondowoso. Im Not Belive :D

  4. Saya sendiri pernah mengalami putus cinta setelah berwisata ke Prambanan, entah kebetulan kale. Sudah nyentuh patung lara jongrang belum ? yang katanya bisa awet muda. Rumah saya dekat sama Candi Prambanan.

  5. hya..he...mantap kang,n infonya.namun itu memang betul masih di pegang kukuh kayaknya.soalnya saya pernah hidup disan selama 2 tahunan.kalau nggak salah waktu itu tahun 1997 sampai dengan 1999,malah saya sering main ke candi prambanan aini.namun dulu nggak seindah sekarang.

  6. oh ya saya mu ralat tutorial scrollnya bang untuk demo scrollnya,kotak komentar yang di pakai bang.terima kasih.

  7. hehe... sepupu saya pernah sengaja ngajak pacarnya ke prambanan, Mas. dan sampai sekarang Alhamdulillah, anaknya udah 3 dan rukun damai sentosa. tentu ini mitos yang kadang ditafsirkan secara turun menurun. yah, namanya juga mitos. nggak papa, asik aja, bagian dari kekayaan budaya.

  8. Waduh dulu si gak papa kesana ma ce q. Tp sekarang mikir deh setelah baca diatas. . Takut ntar kaya roro jonggrang lg. Tp mungkin itu hanya dongeng saja (MUNGKIN).

  9. .. wachhhhhhh,, jd keinget waktu ke jogya aq. huhh ..

  10. sangat indah sekali keadaan candinya.
    adi kepingin kesana, tapi sayang sekali ia kita tidak bole berpacaran heee.
    padahal asik sekali kalo kita mengunjungi candi tersebut bersama orang yang kita sayangi.

  11. terima kasih infonya mas,...
    cuman bisa menikmati keindahannya dari postingan ini,....
    :)

  12. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Pemandangan yang indah dan penuh historis. Cuma saya mahu tanya ya, kenapa harus memakai kain sarung batik untuk masuk ke candi ini ? Apakah syaratnya seperti itu agar tidak putus cinta ?

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

  13. Foto2nya keren banget Bang! Banyak yang bilang sunset di Candi Prambanan indah banget. Saya pernah lihat beberapa foto sunset di Prambanan, memang luar biasa.

    Kebun Raya Bogor juga punya mitos sama. Pengunjung yang pacaran ke KRB katanya sih banyak yang putus.

  14. Wah prambanan, saya dulu pernah kesana tapi cuma sebentar, mantep deskripsinya..

  15. thanks infonya :)

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

  16. Hadir untuk silaturahmi, sambil melihat-lihat candi prambanan.

  17. waallaiqumsalam.wr.wb.
    disetiap candi memang unsur mistis selalu ada dan memang terasakan oleh pengunjung, baik diPrambanan maupun Brorobudur mungkin karena sugesti yang selalu ditanamkan oleh pengelola, dan namanya bangunan bersejarah yang dibangun 850 masehi tentu pengaruhnya akan terasa.

    maaf bang soal link abang di desa yang disidebar"Blogroll terpanas" entah error disebelah mananya, kalau diklik judul, dibawanya ke...(seperti yang udah saya sampaikan dikomentar saya sebelumnya)
    yang penting salam sehat selalu untuk keluarga

  18. cerita muasal memang penuh mistis ya bang....byk yg percaya namun ga sedikit juga...yg cuek soal itu... :)

  19. wah sudah sampai Prambanan ya bang? mampir ke Jogja

  20. saya belum pernah ke perambanan..hehe
    berarti bahaya nih kalau bawa pacar ke perambanan..

  21. seperti biasa ,klo datang ke sini yang pertama saya lihat photo2 nya dulu,selalu keren dan menarik.oh ia saya kan masukin link sobat ke daftar sahabat blog saya.tapi update artikel terbaru nya ga muncul.itu kenapa ya

  22. Jadi kangen pengen main ke prambanan lagi.
    Maskish sharingnya, mas. :)

  23. selamat pagi mas Hariyanto,,,saya baru tahau kalau ada larangan pacaran di candi Prambanan....saya juga belum pernah ke candi Prambanan,,,yaa saya masih berputar putar saja di kampung halaman, tidak pernah keluar dari Sulawsi selatan,,,,owgh iya hampir lupa,,,kesebelah mas yaa,,, ada award lagi untuk sobat,,,semoga tidak bosan yaa menerima Award dari saya....

  24. wah ada mitosnya ya mas, benar atau tidak sebaiknya jangan melakukan hal - hal yang buruk ya mas, jika ingin berwisata ya wisata aja...

  25. seputaran klaten kan yah ini... :)

    wah, iya... dulu waktu kecil juga pernah tuh nonton legenda prambanan ini. tapi soalnya mitosnya, belum tahu... :)

  26. reki says:

    oke buat siapa saja yang mau jalan2 ke sana, diharapkan tidak membawa pacarnya XD

  27. Tanpa pacaran di prambanan kalau memang cinta harus putus tetap putus juga gan..

  28. Saya suka Pose Narsis Rombongan Ke Candi Prambanan pada Foto yang terakhir Pada Postinagan diatas :D

  29. dilarang brpacaran tp suami istri boleh kan brpacaran? *smile

  30. keren banget sob artikelnya :D
    salam kenal yah, wktu itu baru ke candi burobudur aja cos mau ke candi prambanan gak jadi :(

  31. Seyogyanya menjali tali percintaan janganlah di tempat umum layaknya kerumunan orang banyak sebaiknya menikah saja dari pada timbul fitnah dari masyarakat. Dari historikal ini kita sebagai generasi muda dapat menghargai serta melestarikan kebudayaan negeri kita sendiri dengan menjaga serta berusaha mempromosikannya ke luar negeri.

  32. wah bukan hanya di candi prambanan sobat..
    di tempat saya di candi muaro jambi juga nggak boleh pacaran sobat. karena tempatnya sudah di keramatkan...

  33. Sungguh indah tempat itu :)
    makasih ya mass :)

    comment balik :)

  34. bener jika dikatakan ini tempat indah. saya sepakat. saya lebih menyukai pemandangan disini daripada di borobudur. tapi ini soal selera aja sih

  35. entah hanya mitos atau bneran dilarang pacaran. yang penting dpt pembelajaran tentang candi prambanan.

  36. sulit dimengerti khususnya tuk orang2 indonesia.. ada tempat yang kira kira nyaman dikit aja, langsung deh.. buat asyik masyuk.. padahal kan tempat2 seperti ini terlalu indah buat dirusak sama pemandangan seperti itu :(

  37. kasian dah kalo sampe putus, bisa nelangsa ya, hehehe ...

    entahlah kisah tsb benar atau tidak, otak saya cuma mencerna sebisanya aja sob, namun satu yang pasti, melihat foto foto diatas, mendadak jadi kangen pingin ke candi candi itu, wew :(

  38. dilarang pacaran di candi prambanan..
    nah ini cerita terkait yg menyakut post ini. ya roro jonggrang. :)

  39. Eka says:

    iya sih, katanya memang klo lgi pacaran dilarang berkunjung ke candi prambanan, katanya nanti bisa putus hubungan hehehe.... tapi ga tau deh, masalah nya waktu berkunjung kesana pasti lgi jomblo alias nyari wangsit biar punya pacar hehehhe

  40. Foto fotonya keren bro .. jadi pengen ke sana lagi :)

  41. artikel yang sangat bermanfaat,,
    mksh info nya sobat :D

  42. kalo ada orang yang bosen sama pacarnya disarankan mengajak pacarnya berlibur disini :p *otak tumpul :D

    whatever lah sama legendanya yang masyhur itu.. yang pasti memang benar bahwa candi ini merupakan maha karya anak bangsa yang begitu indah :)

  43. tapi kalo jalan2 ama pacar kesana gak apa2 kan? hehe

  44. Kerreeen...
    prambanan dan legendanya paling saya sukai waktu SD, entah kapan bisa menginjakkan kaki disana.
    semoga ada kesempatan.

  45. selamat malam mas..:)
    alhamdulillah, aku masih belum punya pacar.. :)
    ngomong-ngomong candinya indah juga yah..

  46. Banyak tempat-tempat istimewa terutama di pulau jawa terdapat mitos begitu, kita tak tahu mengapa orangtua dulu suka membuat cerita seperti itu ya Mas....

    Membaca artikel dan melihat gambarnya serasa saya berada di prambanan......

  47. Kisah Rorojongrang ini merupakan legenda yang sudah lama, dan itu kita ambil saja hikmahnya. kalau masalah pacaran dilarang sebenarnya bukan cuma di candi ini saja, sebenarnya yg namanya pacaran boleh saja yg penting jangan melakukan hal yg dilarang, dan itu berlaku untuk semua tempat. Sesuatu yg dilarang itu karena melakukan pelanggaran yg dilarang oleh agama yg sebanrnya. Terkecuali kalau sudah suami istri..hehe..bukankan begitu sobat
    Terima kasih informasinya kawan, saya terus terang salut dengan Pengalaman sahabatku Mas Haryanto ini, pengalamannya banyak sekali.
    terima kasih kawan

  48. bagus gan, sangat lengkap

  49. mungkin saja bila orang yang mempercayai mitos ini,maka kana kejadian beneran.Tapi bagi yang ngga percaya,kayaknya juga ngga apapa pacaran disitu ya pak...?

  50. Benar saya juga pernah berkunjung kesana dan larangannya seperti yang telah dijelasakan. namun mungkin pada intinya dilarang melakukan hal yang buruk ditempat tersebut, bagi yang pacaran dan hanya sekedar jalan2 kesana, sepertinya tidak jadi soal.

    Tetap semngat mas dan sukses selalu....Semoga artikel ini bisa membuka, mata, pikiran dan hati kita pada larangannya,.

    Salam....

  51. wah, keren banget ya candi prambanan ini,. jadi pengen juga berkunjung ke sana, tapi kapan ya ?! hehe :)

  52. terimakasih pak sudah berbagi pengalaman mengesankan ini semoga suatu hari bisa juga kesana

  53. hebat banget tour liburannya kali ini ya pak

  54. Wah bang Hary sudah sampai juga ke Prambanan.......
    SAelamat menikmati liburan bang.

  55. Memang cantik dan exotic tempat ini dan akan saya lawati.

  56. hihi kalo malam prambana kan agak gelap.. :D asik bgt tuh buat orang2 yang suka maksiat.. :D

    meramaikan sob.. :D

  57. Wah, prambanan ya . . .
    belum pernah sih kesana, dan juga kayaknya nggak mungkin juga sih saya pacaran di sono

  58. kalo pacarannya sama suami mungkin gapapa yah, hihihi... eh mas ada bingkisan kecil dari saya untuk Blogs of Hariyanto, ada di postingan saya yang berjudul "award pertama di 2013", semoga berkenan :)

  59. jd pgen ke candi prambanan nih, tp gk da uang buat kesana...

  60. Wah, kisah Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso itu agak mirip dengan kisah Sangkuriang ya?, hanya saja kalau Sangkuriang diminta membuat Perahu oleh Dayang Sumbi.

    Jadi kangen Prambanan nih hehe

  61. Jadi ingin berkunjung ke candi.. Terimakasih gan infonya.

  62. Wah sekarang harus pake jarik ya mas,,, mantap juga jadinya kalo pake jarik itu.

  63. candi satu ini memang punya cerita tersendiri deh ^^

  64. pasti angker ya bang nggak boleh pacaran..hehehe

  65. ajibb dahh,,, maksih kang mas infonya,,,jadi harus waspada nih pacaran disembarang tempat :D, lama tak bersua artikel disini makin menarik aja nih :D, gimana kabar kang mas? salam sehat selalu :)

  66. Belum pernah ke candi prambanan dan juga gak tau mitos yang itu om.
    tpai kalau dipikir-pikir bener juga kat aom.
    legenda menutup-nutupi maha karya para leluhur.

  67. Candi prambanan menyimpan banyak misteri :D
    Saya malah baru tau kalau tidak boleh pacaran di situ, harus hati2 nih :)

  68. fb says:

    Kalo cari pacar boleh enggak ya :)

  69. tomi says:

    percaya gak percaya tp banyak beberapa tmn yg pacaran dan pergi ke prambanan bareng2.. akhirnya putus mas

  70. ya karena itu sebenanrnya adlaah tempat ibadah...
    sama saja dengan dilarang pacaran di mesjid..
    :)

  71. candi yang sarat sejarah, warisan yg tak ternilai..
    nah loo yg lagi pacaran, hati2 klo kesini:)
    pngalaman mnarik sobat, smoga sukses sllu

New comments are not allowed.

71 komentar

  1. detail dan cermat dalam menulis tetang larangan pacaran di prambanan ini sob, keren

    saya permah mendengar kisah itu memang, tapi yang pasti sampai sekarang dan masih terjadi, apa bila perawan yang lahir disekitar prambanan tidak keluar dari wilayah tersebut pasti jadi perawan tua..

    dan kalau sobat perhatikan para ibuk ibuk yang jualan disekitar pramban itu kebayakan perawan tua lho, masih ting ting, hehehe

    ngomong ngomong posting ini kok tidak nonggol di dasbhorku bloggerku ya.

  2. wah yg pasti pengalaman yg menyenangkan bisa berkunjung ke candi prambanan ya mas :)

  3. Kok Dilarang Pacaran sih... waduh rupanya orang-orang pada takut kena sumpah Bondowoso. Im Not Belive :D

  4. Saya sendiri pernah mengalami putus cinta setelah berwisata ke Prambanan, entah kebetulan kale. Sudah nyentuh patung lara jongrang belum ? yang katanya bisa awet muda. Rumah saya dekat sama Candi Prambanan.

  5. hya..he...mantap kang,n infonya.namun itu memang betul masih di pegang kukuh kayaknya.soalnya saya pernah hidup disan selama 2 tahunan.kalau nggak salah waktu itu tahun 1997 sampai dengan 1999,malah saya sering main ke candi prambanan aini.namun dulu nggak seindah sekarang.

  6. oh ya saya mu ralat tutorial scrollnya bang untuk demo scrollnya,kotak komentar yang di pakai bang.terima kasih.

  7. hehe... sepupu saya pernah sengaja ngajak pacarnya ke prambanan, Mas. dan sampai sekarang Alhamdulillah, anaknya udah 3 dan rukun damai sentosa. tentu ini mitos yang kadang ditafsirkan secara turun menurun. yah, namanya juga mitos. nggak papa, asik aja, bagian dari kekayaan budaya.

  8. Waduh dulu si gak papa kesana ma ce q. Tp sekarang mikir deh setelah baca diatas. . Takut ntar kaya roro jonggrang lg. Tp mungkin itu hanya dongeng saja (MUNGKIN).

  9. .. wachhhhhhh,, jd keinget waktu ke jogya aq. huhh ..

  10. sangat indah sekali keadaan candinya.
    adi kepingin kesana, tapi sayang sekali ia kita tidak bole berpacaran heee.
    padahal asik sekali kalo kita mengunjungi candi tersebut bersama orang yang kita sayangi.

  11. terima kasih infonya mas,...
    cuman bisa menikmati keindahannya dari postingan ini,....
    :)

  12. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Pemandangan yang indah dan penuh historis. Cuma saya mahu tanya ya, kenapa harus memakai kain sarung batik untuk masuk ke candi ini ? Apakah syaratnya seperti itu agar tidak putus cinta ?

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

  13. Foto2nya keren banget Bang! Banyak yang bilang sunset di Candi Prambanan indah banget. Saya pernah lihat beberapa foto sunset di Prambanan, memang luar biasa.

    Kebun Raya Bogor juga punya mitos sama. Pengunjung yang pacaran ke KRB katanya sih banyak yang putus.

  14. Wah prambanan, saya dulu pernah kesana tapi cuma sebentar, mantep deskripsinya..

  15. thanks infonya :)

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

  16. Hadir untuk silaturahmi, sambil melihat-lihat candi prambanan.

  17. waallaiqumsalam.wr.wb.
    disetiap candi memang unsur mistis selalu ada dan memang terasakan oleh pengunjung, baik diPrambanan maupun Brorobudur mungkin karena sugesti yang selalu ditanamkan oleh pengelola, dan namanya bangunan bersejarah yang dibangun 850 masehi tentu pengaruhnya akan terasa.

    maaf bang soal link abang di desa yang disidebar"Blogroll terpanas" entah error disebelah mananya, kalau diklik judul, dibawanya ke...(seperti yang udah saya sampaikan dikomentar saya sebelumnya)
    yang penting salam sehat selalu untuk keluarga

  18. cerita muasal memang penuh mistis ya bang....byk yg percaya namun ga sedikit juga...yg cuek soal itu... :)

  19. wah sudah sampai Prambanan ya bang? mampir ke Jogja

  20. saya belum pernah ke perambanan..hehe
    berarti bahaya nih kalau bawa pacar ke perambanan..

  21. seperti biasa ,klo datang ke sini yang pertama saya lihat photo2 nya dulu,selalu keren dan menarik.oh ia saya kan masukin link sobat ke daftar sahabat blog saya.tapi update artikel terbaru nya ga muncul.itu kenapa ya

  22. Jadi kangen pengen main ke prambanan lagi.
    Maskish sharingnya, mas. :)

  23. selamat pagi mas Hariyanto,,,saya baru tahau kalau ada larangan pacaran di candi Prambanan....saya juga belum pernah ke candi Prambanan,,,yaa saya masih berputar putar saja di kampung halaman, tidak pernah keluar dari Sulawsi selatan,,,,owgh iya hampir lupa,,,kesebelah mas yaa,,, ada award lagi untuk sobat,,,semoga tidak bosan yaa menerima Award dari saya....

  24. wah ada mitosnya ya mas, benar atau tidak sebaiknya jangan melakukan hal - hal yang buruk ya mas, jika ingin berwisata ya wisata aja...

  25. seputaran klaten kan yah ini... :)

    wah, iya... dulu waktu kecil juga pernah tuh nonton legenda prambanan ini. tapi soalnya mitosnya, belum tahu... :)

  26. reki says:

    oke buat siapa saja yang mau jalan2 ke sana, diharapkan tidak membawa pacarnya XD

  27. Tanpa pacaran di prambanan kalau memang cinta harus putus tetap putus juga gan..

  28. Saya suka Pose Narsis Rombongan Ke Candi Prambanan pada Foto yang terakhir Pada Postinagan diatas :D

  29. dilarang brpacaran tp suami istri boleh kan brpacaran? *smile

  30. keren banget sob artikelnya :D
    salam kenal yah, wktu itu baru ke candi burobudur aja cos mau ke candi prambanan gak jadi :(

  31. Seyogyanya menjali tali percintaan janganlah di tempat umum layaknya kerumunan orang banyak sebaiknya menikah saja dari pada timbul fitnah dari masyarakat. Dari historikal ini kita sebagai generasi muda dapat menghargai serta melestarikan kebudayaan negeri kita sendiri dengan menjaga serta berusaha mempromosikannya ke luar negeri.

  32. wah bukan hanya di candi prambanan sobat..
    di tempat saya di candi muaro jambi juga nggak boleh pacaran sobat. karena tempatnya sudah di keramatkan...

  33. Sungguh indah tempat itu :)
    makasih ya mass :)

    comment balik :)

  34. bener jika dikatakan ini tempat indah. saya sepakat. saya lebih menyukai pemandangan disini daripada di borobudur. tapi ini soal selera aja sih

  35. entah hanya mitos atau bneran dilarang pacaran. yang penting dpt pembelajaran tentang candi prambanan.

  36. sulit dimengerti khususnya tuk orang2 indonesia.. ada tempat yang kira kira nyaman dikit aja, langsung deh.. buat asyik masyuk.. padahal kan tempat2 seperti ini terlalu indah buat dirusak sama pemandangan seperti itu :(

  37. kasian dah kalo sampe putus, bisa nelangsa ya, hehehe ...

    entahlah kisah tsb benar atau tidak, otak saya cuma mencerna sebisanya aja sob, namun satu yang pasti, melihat foto foto diatas, mendadak jadi kangen pingin ke candi candi itu, wew :(

  38. dilarang pacaran di candi prambanan..
    nah ini cerita terkait yg menyakut post ini. ya roro jonggrang. :)

  39. Eka says:

    iya sih, katanya memang klo lgi pacaran dilarang berkunjung ke candi prambanan, katanya nanti bisa putus hubungan hehehe.... tapi ga tau deh, masalah nya waktu berkunjung kesana pasti lgi jomblo alias nyari wangsit biar punya pacar hehehhe

  40. Foto fotonya keren bro .. jadi pengen ke sana lagi :)

  41. artikel yang sangat bermanfaat,,
    mksh info nya sobat :D

  42. kalo ada orang yang bosen sama pacarnya disarankan mengajak pacarnya berlibur disini :p *otak tumpul :D

    whatever lah sama legendanya yang masyhur itu.. yang pasti memang benar bahwa candi ini merupakan maha karya anak bangsa yang begitu indah :)

  43. tapi kalo jalan2 ama pacar kesana gak apa2 kan? hehe

  44. Kerreeen...
    prambanan dan legendanya paling saya sukai waktu SD, entah kapan bisa menginjakkan kaki disana.
    semoga ada kesempatan.

  45. selamat malam mas..:)
    alhamdulillah, aku masih belum punya pacar.. :)
    ngomong-ngomong candinya indah juga yah..

  46. Banyak tempat-tempat istimewa terutama di pulau jawa terdapat mitos begitu, kita tak tahu mengapa orangtua dulu suka membuat cerita seperti itu ya Mas....

    Membaca artikel dan melihat gambarnya serasa saya berada di prambanan......

  47. Kisah Rorojongrang ini merupakan legenda yang sudah lama, dan itu kita ambil saja hikmahnya. kalau masalah pacaran dilarang sebenarnya bukan cuma di candi ini saja, sebenarnya yg namanya pacaran boleh saja yg penting jangan melakukan hal yg dilarang, dan itu berlaku untuk semua tempat. Sesuatu yg dilarang itu karena melakukan pelanggaran yg dilarang oleh agama yg sebanrnya. Terkecuali kalau sudah suami istri..hehe..bukankan begitu sobat
    Terima kasih informasinya kawan, saya terus terang salut dengan Pengalaman sahabatku Mas Haryanto ini, pengalamannya banyak sekali.
    terima kasih kawan

  48. bagus gan, sangat lengkap

  49. mungkin saja bila orang yang mempercayai mitos ini,maka kana kejadian beneran.Tapi bagi yang ngga percaya,kayaknya juga ngga apapa pacaran disitu ya pak...?

  50. Benar saya juga pernah berkunjung kesana dan larangannya seperti yang telah dijelasakan. namun mungkin pada intinya dilarang melakukan hal yang buruk ditempat tersebut, bagi yang pacaran dan hanya sekedar jalan2 kesana, sepertinya tidak jadi soal.

    Tetap semngat mas dan sukses selalu....Semoga artikel ini bisa membuka, mata, pikiran dan hati kita pada larangannya,.

    Salam....

  51. wah, keren banget ya candi prambanan ini,. jadi pengen juga berkunjung ke sana, tapi kapan ya ?! hehe :)

  52. terimakasih pak sudah berbagi pengalaman mengesankan ini semoga suatu hari bisa juga kesana

  53. hebat banget tour liburannya kali ini ya pak

  54. Wah bang Hary sudah sampai juga ke Prambanan.......
    SAelamat menikmati liburan bang.

  55. Memang cantik dan exotic tempat ini dan akan saya lawati.

  56. hihi kalo malam prambana kan agak gelap.. :D asik bgt tuh buat orang2 yang suka maksiat.. :D

    meramaikan sob.. :D

  57. Wah, prambanan ya . . .
    belum pernah sih kesana, dan juga kayaknya nggak mungkin juga sih saya pacaran di sono

  58. kalo pacarannya sama suami mungkin gapapa yah, hihihi... eh mas ada bingkisan kecil dari saya untuk Blogs of Hariyanto, ada di postingan saya yang berjudul "award pertama di 2013", semoga berkenan :)

  59. jd pgen ke candi prambanan nih, tp gk da uang buat kesana...

  60. Wah, kisah Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso itu agak mirip dengan kisah Sangkuriang ya?, hanya saja kalau Sangkuriang diminta membuat Perahu oleh Dayang Sumbi.

    Jadi kangen Prambanan nih hehe

  61. Jadi ingin berkunjung ke candi.. Terimakasih gan infonya.

  62. Wah sekarang harus pake jarik ya mas,,, mantap juga jadinya kalo pake jarik itu.

  63. candi satu ini memang punya cerita tersendiri deh ^^

  64. pasti angker ya bang nggak boleh pacaran..hehehe

  65. ajibb dahh,,, maksih kang mas infonya,,,jadi harus waspada nih pacaran disembarang tempat :D, lama tak bersua artikel disini makin menarik aja nih :D, gimana kabar kang mas? salam sehat selalu :)

  66. Belum pernah ke candi prambanan dan juga gak tau mitos yang itu om.
    tpai kalau dipikir-pikir bener juga kat aom.
    legenda menutup-nutupi maha karya para leluhur.

  67. Candi prambanan menyimpan banyak misteri :D
    Saya malah baru tau kalau tidak boleh pacaran di situ, harus hati2 nih :)

  68. fb says:

    Kalo cari pacar boleh enggak ya :)

  69. tomi says:

    percaya gak percaya tp banyak beberapa tmn yg pacaran dan pergi ke prambanan bareng2.. akhirnya putus mas

  70. ya karena itu sebenanrnya adlaah tempat ibadah...
    sama saja dengan dilarang pacaran di mesjid..
    :)

  71. candi yang sarat sejarah, warisan yg tak ternilai..
    nah loo yg lagi pacaran, hati2 klo kesini:)
    pngalaman mnarik sobat, smoga sukses sllu

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend