Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

TIPS MENGHEMAT LIMA POS BIAYA LIBURAN

Hariyanto Wijoyo | 3 komentar

Libur telah tiba !Libur telah tiba !
Bulan Juni, Juli bahkan Agustus , November dan Desember adalah waktu masa liburan bagi penduduk negeri Indonesia
Liburan adalah saat-saat dimana anda dan keluarga dapat berkumpul bersama dengan suasana yang mendukung untuk melupakan aktivitas rutin sehari-hari yang terkait dengan pekerjaan, bisnis, sekolah atau hal-hal lainnya.
Bicara mengenai liburan tentu saja bicara menyangkut biaya, karena banyak kejadian yang terjadi, selalu muncul keluhan akibat banyaknya pengeluaran biaya liburan yang tak terduga dari perkiraan biaya yang secara sekilas pernah diperkirakan sebelum berangkat liburan. 

Karena itu sebelum berangkat liburan, ada beberapa pos biaya liburan yang harus dipersiapkan dengan cermat jauh sebelumnya untuk bisa mengantisipasi, minimal bisa lebih menghemat biayatak terduga yang kerap terjadi dalam setiap perjalan liburan.
Di sini ada lima pos biaya liburan yang sangat dianjurkan untuk di persiapkan secara cermat, yaitu :

      TRANSPORTASI
Saat ini selain menggunakan kapal laut, transportasi yang umum dipakai untuk liburan adalah melalui udara dengan pesawat terbang, karena sangat menghemat waktu perjalanan dibandingkan dengan transportasi melalui laut..Sebaiknya selalu memantau periode PEAK SEASON dan
LOW SEASON dari tiap tempat tujuan perjalanan atau liburan yang diinginkan. Karena untuk kategori periode PEAK SEASON  harga pembelian tiket  akan lebih mahal dari biasanya. PEAK SEASON biasanya terjadi saat liburan sekolah, libur keagamaan dan libur akhir tahun. dan lebih sering terjadi  di bulan Juni-Juli dan November-Desember.
Untuk mengakalinya bisa dengan  berbagai cara, diantaranya :
a.    Menggunakan CREDIT CARD tertentu yang memiliki program diskon jika digunakan untuk membeli tiket.
b.    Menjadi MEMBER GROUP PROVIDER PENERBANGAN, yang akan memberikan poin untuk tiap penerbangan yang dilakukan, jika sudah mencapai jumlah tertentu bisa digunakan untuk mendapatkan tiket gratis.
c.   Memesan tiket kepada Perusahaan Tour & Travel dengan meminta kepada Customer Servicenya untuk dicarikan tiket dengan PROMO PRICE, bila sudah ada info TIKET PROMO PRICE yang harganya dianggap cukup murah, segera melakukan BOOKING TEMPORER agar harga tidak berubah lagi. Booking temporer akan hangus/batal dengan sendirinya sesuai TIME LIMIT ORDER TIKET bila tidak segera dilakukan pembayaran pembelian tiket tersebut sebelum time limitnya habis.
Tentunya hal ini hanya berlaku, bila liburan yang dilakukan adalah dengan melakukan perjalanan lintas pulau, atau lintas propinsi. Karena , bila liburannya hanya dengan melakukan perjalanan lintas antar kota, seperti misalnya dari Kota Makassar  ke Tempat Wisata Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang jarak tempuhnya hanya setengah jam dengan menggunakan mobil, tentunya tak perlu repot kasak kusuk mencari informasi harga tiket pesawat terbang. Lagipula untuk jalur penerbangan Makassar - Maros belum ada vendor flight yang buka. :-)

2.       AKOMODASI
Sebaiknya melakukan pesanan hotel tempat menginap jauh hari sebelum masa liburan tiba, karena apabila waktu pesanan semakin dekat dengan masa liburan, maka harga sewa kamar hotel juga akan lebih mahal. Sama kondisinya dengan PEAK SEASON untuk jasa penerbangan.
Ada beberapa hotel dan penginapan di Indonesia yang melayani pesanan melalui agen atau internet, dan biasanya harga yang didapatkan lebih murah dibandingkan memesan langsung ke Customer Service Hotel.
Mereservasi hotel atau penginapan dengan memberikan tanda jadi (down payment) dari jauh-jauh hari juga bisa memangkas biaya liburan.
Dan jika memiliki keluarga atau teman di tempat tujuan berlibur, maka manfaatkan bantuan  untuk menginap di tempat mereka, tentunya dengan meminta izin terlebih dahulu. Apabila diizinkan menginap di rumah keluarga atau teman dekat , maka hal itu dapat memangkas biaya liburan. Selain itu, dengan adanya keluarga atau teman, maka akan mendapatkan banyak rekomendasi tempat wisata.
3.       MAKAN DAN MINUM
Pada umumnya selama liburan yang dilakukan adalah menghabiskan waktu  berkunjung ke sejumlah tempat wisata, saat engunjungi tempat-tempat wisata, maka salah satu pengeluaran yang mungkin bisa jadi sangat besar adalah pengeluaran untuk makan dan minum.
Dengan demikian sebelum berangkat berlibur, selalu rencanakan tempat makan yang akan didatangi di tempat tujuan. Perhitungkan sesuai dengan jumlah anggota rombongan dan tempat makan yang dominan disukai.
Matangnya persiapan untuk berlibur, akan menentukan biaya yang akan keluar saat liburan. Merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari, termasuk rencana mengenai makan dan minuman, dapat memangkas biaya.
Untuk tempat tertentu ada yang memiliki tempat makanan dengan menu khas tempat tujuan di mana tempat makan tersebut berada. Untuk kepuasan liburan dan pengalaman yang mungkin tak terulang, disarankan untuk mencoba makanan khas di tempat tujuan, mungkin mengeluarkan biaya yang lebih banyak, tapi terbayarkan dengan pengalaman kuliner makanan khas yang bisa saja tidak akan pernah anda dapatkan di tempat asal anda.
Karena inti dari perjalanan liburan adalah mendapatkan pengalaman yang betul-betul berbeda dengan tempat asal anda, termasuk dalam hal makanan dan minuman tentunya.
Disamping itu siapkanlah selalu minuman air putih sebagai pelepas dahaga dalam jumlah yang cukup selama perjalanan liburan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman bersoda atau softdrink sebagai pelepas dahaga, karena hal itu akan mempercepat timbulnya rasa haus, sehingga bisa membuat anggaran makan minum jadi membengkak. Cukup minum air putih saja, selain lebih sehat juga lebih hemat.
Selain air, jangan lupa untuk menyiapkan pula makanan ringan, snack atau roti. untuk pengganjal sementara apabila perut keroncongan. Karena kalau tidak ada  pengganjal perut tersebut, saat perut keroncongan, mau tak mau  harus segera mencari penjual makanan ringan, atau warung makan agar kondisi bisa tetap fit untuk melanjutkan perjalanan liburan, dan harganya akan lebih mahal apabila membelinya di dalam lokasi obyek wisata. 
Disarankan lebih baik menyiapkan roti daripada snack, karena kebanyakan snack mengandung  penyedap rasa yang bisa menyebabkan rasa haus cepat muncul.
Air putih dan roti akan menjaga  kondisi tubuh  tetap baik untuk bisa melanjutkan aktifitas berjalan-jalan selama beberapa jam. Dan saat duduk di sebuah restoran atau rumah makan untuk istirahat, biasanya nafsu makan sudah terlalu besar lagi, karena sebelumnya sudah mengisi perut  dengan roti dan air tersebut. Jadinya bisa lebih hemat lagi kan ? :-)
4.       OBYEK WISATA
Bicara mengenai pengalaman yang betul-betul berbeda, tentunya tak lepas dari pengalaman saat mengunjungi Obyek Wisata di tempat tujuan liburan. 
Cermatlah dalam memilih tempat Obyek Wisata. Cari Obyek Wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lObyek Wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi
Untuk tarif masuk Obyek Wisata di Indonesia umumnya relative terjangkau dibandingkan dengan tarif di luar negeri seperti Malaysia, Singapura atau Thailand.
Hitunglah secara cermat pengeluaran untuk Obyek Wisata sebelum anda berpergian, agar jangan ada Obyek Wisata yang luput dari kunjungan karena ternyata sudah tidak ada lagi dana untuk membayar tarif masuknya.
Cobalah juga untuk memanfaatkan paket Obyek Wisata yang sering ditawarkan oleh biro-biro wisata. Karena biasanya harganya lebih miring dan informasi mengenai moment atau event wisatanya serta jadwal penyelenggaraannya sudah lebih jelas dan detail, sehingga resiko ketinggalan event wisata bisa dikurangi. Dan biasanya biaya untuk wahana Obyek Wisatanya juga lebih hemat dibandingkan dengan biaya regular alias tidak menggunakan jasa fasilitas dari biro-biro wisata.

5.       SOUVENIR
Souvenir tempat tujuan liburan akan menjadi sasaran utama untuk dijadikan OLEH-OLEH, buah tangan  dalam setiap perjalanan liburan. Tanpa membeli souvenir, rasanya perjalanan liburan itu tidak lengkap dan tidak menimbulkan kesan kenangan yang mendalam.


Pada masa kini, foto-foto kenangan selama liburan juga merupakan salah satu souvenir yang wajib dimiliki. Apalagi sekarang harga beli kamera digital sudah sangat terjangkau, dan yang lebih gampang lagi adalah dengan mengambil foto menggunakan handphone yang dilengkapi dengan kamera.
Foto saat berlibur sebenarnya lebih efektif dan efisien dalam biaya untuk dijadikan souvenir, apalagi bila moment dan tempat background pengambilan fotonya sangat unik dan berkesan. Hal itu bisa bercerita lebih banyak tentang kenangan liburan anda.


Namun bila tetap berkeinginan untuk membeli souvenir, sebaiknya diperhatikan souvenir yang akan dibeli, karena pada umumnya, ada beberapa barang souvenir yang seakan-akan menjadi kewajiban untuk dibeli sebagai oleh-oleh, misalnya Baju Kaos atau Gantungan Kunci, yang menggambarkan atau bermotif khas tempat tujuan liburan yang dikunjungi.
Disarankan untuk membeli souvenir tersebut pada tempat atau toko yang menjual secara umum dengan harga grosir, karena harga yang ditawarkan cenderung lebih murah dibandingkan dengan toko yang sifatnya eksklusif.


At least, itulah lima pos biaya liburan yang jadi prioritas utama dalam setiap perencanaan anggaran biaya untuk berlibur. Akan tetapi jika saat ini anggaran dana yang ada ternyata tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan di dalam kota atau ke obyek wisata yang dekat dengan kota tempat tinggal bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang kalau direncanakan dengan baik bisa menjadi liburan yang penuh kesan dan kenangan indah. Untuk kota Makassar, alternatif obyek wisata yang terdekat adalah, di obyek wisata Bantimurung di Kabupaten Maros yang terkenal sebagai wahana koleksi kupu-kupu terlengkap di dunia, obyek wisata kota dingin Malino di Kabupaten Gowa, Obyek Wisata Pantai Topejawa di Kabupaten Takalar, dimana jarak tempuh dari Kota Makassar ke masing-masing obyek wisata itu adalah sekitar setengah jam hingga satu jam perjalanan menggunakan kendaraan mobil.
Ada juga Obyek wisata Anjungan Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, pantai Akkarena, Wahana Theme Park Trans Studio, dan Pantai Pasir Putih Tanjung Bayan, dimana semua obyek wisata ini berlokasi di Kota Makassar
Ingatlah selalu untuk mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Semuanya kembali kepada perencanaan yang matang, kreatifitas dan merasa happy  selama menikmati masa liburan. 
Semoga tips-tips liburan ini bisa bermanfaat untuk merencanakan liburan yang lebih baik dan lebih hemat biaya  dengan mendapat kesan kenangan pengalaman yang sungguh menyenangkan.
SELAMAT LIBURAN, HAPPY HOLLIDAY

| Bahan | Materi | Dari | Berbagai | Sumber | Dan | Browsing |

Category :

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

3 komentar

  1. Trimakasih informasinya, Namun saya masih belum waktunya liburan, masih ujian...huft!!!

  2. Nice Post.....

    Kunjungan siang sekalian niat utk mengikat silaturrahmi dgn agan.
    Krn itu tanpa pikir panjang lagi sy sdh folow (folower 182) dan pasang banner blog keren ini di blog saya.
    Dicek ya gan di http://www.binhakim.com/p/tukar-link.html
    Trims

  3. maaf bro, ini tulisannya safir senduk ya?
    saya pernah membacanya di majalah garuda edisi Juni 2011, memang sih sdh agak dirubah sedikit tp kl boleh saran lbh baik disertakan sumber bacaannya supaya tdk dikira copas & bs bermasalah dikemudian hari :)
    mohon maaf kl saya salah...

3 komentar

  1. Trimakasih informasinya, Namun saya masih belum waktunya liburan, masih ujian...huft!!!

  2. Nice Post.....

    Kunjungan siang sekalian niat utk mengikat silaturrahmi dgn agan.
    Krn itu tanpa pikir panjang lagi sy sdh folow (folower 182) dan pasang banner blog keren ini di blog saya.
    Dicek ya gan di http://www.binhakim.com/p/tukar-link.html
    Trims

  3. maaf bro, ini tulisannya safir senduk ya?
    saya pernah membacanya di majalah garuda edisi Juni 2011, memang sih sdh agak dirubah sedikit tp kl boleh saran lbh baik disertakan sumber bacaannya supaya tdk dikira copas & bs bermasalah dikemudian hari :)
    mohon maaf kl saya salah...

Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend