Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Once Upon A Time In Memories Of eSeMPe

Hariyanto Wijoyo | 52 komentar

Assalamualaikum.
This article is my first homework, setelah terdaftar sebagai NEW STUDENT dan mendapat tugas HOMEWORK dengan tingkat pemaksaan yang sempurna dari Ibu Guru, Nurmayanti Zain, owner dari Blog Kemilau Cahaya Emas :-D .
Alhamdulillah, terimakasih ya Bu Guru sudah mendaftarkan saya sebagai NEW STUDENT dan memberi saya tugas HOMEWORK yang mulia ini. Homework about berbagi kisah lima kenangan-ku yang berharga saat di Sekolah Menengah Pertama.

Saya sering membaca Postingan  para Sahabat-Sahibit Blogger Se-Dunia yang saling berbagi Pekerjaan Rumah Berantai, dan ternyata alhamdulillah, tak diduga tak disangka kali ini saya kecipratan rejeki mendapat giliran menyelesaikan HOMEWORK, Postingan Pekerjaan Rumah Berantai  :-)

Apapun itu namanya, TUGAS TETAP TUGAS, dan HOMEWORK harus terlaksana kalau tidak mau dapat KARTU MERAH, RAPORT MERAH

Once upon a time in memories of eSeMPe, there lived a young man, that is my own. Saya menjalani dan menyelesaikan pendidikan tingkat menengah pertama di Sekolah Menengah Pertama Negeri Enam, yang saat itu dan hingga saat ini terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Sebenar-nya bagi saya, semua kenangan masa lalu yang telah kualami dalam kehidupan-ku adalah merupakan KENANGAN BERHARGA sebagai pijakan langkah kaki menuju kehidupan yang lebih baik di hari esok.
Namun, karena yang diREQUEST hanya lima saja, maka bertualang-lah saya kembali dalam FLASHBACK kenangan masa eS eM Pe. Saya-pun menggali kembali semua harta karun kenangan-ku, dan mengsortir-nya dari JUTAAN KENANGAN menjadi LIMA KENANGAN untuk dijadikan bahagian isi dari tulisan ini, dan alhamdulillah, terpilih-lah LIMA KENANGAN BERHARGA –ku saat di eSeMPe.

Kenangan Pertama :  
TOPI SAYA BUNDAR
Saat masih berada dalam habitat eSeMPe, saya termasuk pencinta dan kolektor topi. Setiap ada topi yang menarik minat mata dan hati, maka saya-pun berusaha memilikinya dengan cara membeli atau meminta, walaupun dalam kenyataannya pada masa itu saya lebih banyak menggunakan cara meminta.
Setiap bepergian keluar rumah , kemana saja, kapan saja, bahkan kesekolah saya suka menggunakan topi sebagai penutup kepala (kecuali dalam kelas topi harus di buka, karena tidak diperbolehkan memakai topi dalam ruangan). Padahal saat itu rambut saya lumayan lebat dan tebal, namun tidak gondrong :-)
Hingga Ibu dari salah seorang temanku, kalau mendengar nama-ku disebut, kebetulan ada beberapa nama kawan sekolah yang sama, sang ibu selalu bertanya, “nak, nak..yang kalian maksud dengan Hariyanto, yang suka pakai topi ya ?"
Kebalikannya dengan masa sekarang, disaat rambut kepalaku selalu tercukur pendek, kadang-kadang hampir plontos, entah kenapa saya malah agak enggan untuk menggunakan topi :-)

Kenangan Ke-Dua :  
SAYA BUTUH PRESTASI, BUKAN PRESTISE
Salah satu Golden Memories saat eSeMPe adalah, kenangan kebersamaan dengan guru-guru yang telah meluangkan waktu dan tenaga-nya untuk meng-transfer segala ilmu pengetahuannya bagi semua murid-murid-nya, sehingga memiliki bekal dasar pendidikan untuk menghadapi dunia persilatan kehidupan duniawi.  Dan bagi saya, semua Guru-ku merupakan sosok yang wajib saya hormati hingga akhir zaman.
Ada beberapa guru yang memang sangat gampang teringat oleh-ku, karena memiliki identitas karakter yang khas, misalnya, Pak Subari (Guru Fisika) dan Pak Marten (Guru Olahraga).
Berkisah tentang Pak Marten, saya jadi teringat satu peristiwa tentang beliau. Saat itu jam istirahat, saya dan kawan-kawan mengisinya dengan bermain gelantungan panjat memanjat di dahan pohon yang banyak tumbuh di halaman sekolah. Mungkin karena kuatir murid-kurid kesayangan-nya (hmmm) terjatuh dari pohon hingga pak Marten menegur dan melarang kami panjat memanjat pohon sambil berkata “YANG SAYA BUTUH PRESTASI, BUKAN PRESTISE”.
Saya jadi bertanda-tanya saat itu , Prestise apa ya, yang terlihat dari panjat memanjat pohon dengan seragam sekolah, kecuali hanya aktifitas meniru gerak laku salah satu mahluk hidup yang menurut Teori Evolusi Om Darwin adalah leluhur manusia zaman kini.

Kenangan Ke-Tiga :  
WHO WHY , I AM ALONE, BUT NOT LONELY
Itu adalah kalimat dalam bahasa Inggris yang terjemahan Indonesia-nya adalah SIAPA MENGAPA,
tetapi tahukah para sahabat-sahibit blogger se-dunia, that it also is the name of my English teacher, a woman with a truly motherly nature, and very considerate to his disciples, like their own children.
Dalam vokal berbahasa Indonesia kami memanggil namanya dengan nama IBU HUWAI :-)
Ada satu kalimat mutiara yang sering beliau ungkapkan saat mengajar di kelas, dan selalu teringat olehku hingga saat ini yaitu “ I AM ALONE, BUT NOT LONELY

Kenangan Ke-Empat :  
KELILING KOTA MAKASSAR NAIK KANDANG PUYUH
Keliling kota naik KANDANG PUYUH, bagaimana caranya ya ? Jangan heran para sahabat-sahibit blogger se-dunia, KANDANG PUYUH yang saya maksud bukanlah kandang burung puyuh dalam arti sebenarnya, tapi KANDANG PUYUH ini adalah julukan yang diberikan oleh masyararakat kota Makassar kepada sarana angkutan umum kota milik DAMRI, yaitu BUS TINGKAT.
BUS TINGKAT !?, Yups, bus yang dua tingkat seperti rumah berlantai dua itu adalah salah satu sarana transport umum milik perusahaan DAMRI yang ada di kota Makassar, kala saya masih menjadi siswa eSeMPe, kalau sekarang sudah tidak ada lagi. 
Biasalah....gampang beli-nya pakai uang rakyat, tapi maintenance-nya tidak bisa.
Kala itu ada satu route Bus Tingkat yang melintas lewat di jalan depan sekolahku, sehingga saya dan kawan-kawan terkadang mengisi waktu jam istirahat dengan naik Bus Tingkat keliling kota, dimana route yang dilewati sebenarnya tidak terlalu jauh, karena dari kami naik Bus Tingkat pada saat awal jam istirahat, hingga saat Bus Tingkat itu kembali berhenti di depan sekolah, selalu menjelang bel berbunyi,tanda masuk kembali dalam kelas.
Nah, kala ramai-ramai naik Bus Tingkat itu, saya dan kawan-kawan senantiasa saling mengingatkan, “JANGAN PERNAH NAIK DAN DUDUK DI LANTAI DUA BUS TINGKAT, BAHAYA !!!"
Alasannya adalah 
"KARENA DI LANTAI DUA TIDAK ADA SUPIRNYA !!!”

Kenangan ke-Lima :  
TOURING DADAKAN KE BANTIMURUNG DENGAN SEPEDA
Suatu hari, pada hari minggu pagi, saya dan teman-teman eSeMPe , lagi kumpul di rumah salah seorang kawan, yaitu DIDI PRAFIDIAH, di jalan Gunung Bulukunyi. Kami semua memakai sepeda. Sepeda merupakan sarana transport utama bagi saya dan kawan-kawan masa Sekolah Menengah Pertama, bahkan kesekolah-pun kami naik sepeda. Saat itu belum ada istilah BIKE TO WORK seperti sekarang, atau BIKE TO SCHOOL.
Selain TOPI, saya juga senang ber-sepeda. Saat itu aya memiliki dua sepeda, satu sepeda type balap dengan stang stir yang melengkung seperti tanduk domba dan satunya lagi sering disebut SEPEDA MINI.
Hari Minggu itu saya menggunakan sepedaku yang type balap, usul punya usul, kami sepakat mengunjungi rumah teman kami yang bernama WIN. Rumah-nya di sekitar daerah DAYA, sekitar 16 kilometer arah utara kota Makassar. Kalau saat sekarang, dengan menggunakan sepeda motor,hanya butuh waktu sekitar dua puluh menit sudah bisa sampai di DAYA.
Tapi pada masa eSeMPe-ku dulu, dengan bersepeda..wow..lumayan juga tuh jarak-nya untuk anak se-usia kami saat itu.
Singkat cerita, dengan sedikit ngos-ngosan full ceria, karena Alhamdulillah, ternyata bisa juga kami sampai di rumah-nya WIN.
Di rumah WIN-pun ngobrol kiri kanan, entah siapa yang mulai lempar ide, kami sepakat naik sepeda touring ke BANTIMURUNG, tempat wisata air terjun dan taman kupu-kupu di Kabupaten Maros, yang jaraknya sekitar 40 kilometer dari Makassar, atau sekitar 24 kilo dari rumah WIN.
Maka kami-pun segera meluncur kesana dengan semangat muda-nya anak eSeMPe.
Maklum, anak SMP :-), padahal persiapan untuk itu sebenarnya tidak ada sama sekali. Kami tidak mempersiapkan bekal, bahkan uang sakupun pas-pasan di kantong, sementara matahari mulai tinggi.
Dasar nekat atau sok pintar ya, kami tetap melanjutkan niat ke Bantimurung, lupa bahwa kami juga ternyata belum makan siang, dan Alhamdulillah, akhirnya kami-pun tiba di Bantimurung, tentunya dengan semangat plus ngos-ngosan serta keroncongan merdu dalam perut.
Karena kondisi lapar dan waktu yang berjalan cepat, kamipun tak bisa berlama-lama menginjakkan kaki di Bantimurung, dan aktifitas mengayuh pedal sepeda kembali dilakukan untuk secepat mungkin BACK TO HOME, karena sudah terbayang, kalau terlambat bisa-bisa tiba malam hari di kota Makassar.
Dalam perjalanan pulang, topi kesayangan-ku diambil secara kilat oleh pengendara motor yang melaju mendahuluiku.
Ngos-ngosan dan kelaparan agak terlupakan, karena lebih fokus kepada bagaimana caranya agar bisa sampai di rumah kami masing-masing.
Alhamdulillah, menjelang senja kami bisa tiba kembali di rumah tercinta masing-masing, HOME SWEET HOME, dan dengan segera pula kami mendengar kabar manis dari para orang tua kami, bahwa sejak siang tadi, mereka sudah panik dan mencari informasi berkeliling dari rumah ke rumah teman sekolah kami, untuk mengetahui di mana keberadaan kami sebenarnya, karena memang pada saat itu saya dan kawan-kawan tidak bilang-bilang dan tidak minta izin kalau kami mau ke BANTIMURUNG.
Maka spontan mengalirlah kata-kata mutiara nan indah dari mulut orang tua-ku pada saat itu, setelah mengetahui anak terkasih-nya (hmmm again) ternyata pergi ke BANTIMURUNG, tempat yang lumayan jauh bagi anak seusia saya pada saat itu. 
Dan rupanya, semua teman-ku yang turut berpartisipasi dalam TOURING DADAKAN KE BANTIMURUNG, juga mengalami hal yang sama, mendapat bingkisan kata-kata mutiara dari orang tua masing-masing.

Alhamdulillah, tugas HOMEWORK sudah terlaksana. Dan menurut tradisi yang entah darimana awalnya, namun harap dimaklumi, maka saya-pun  mohon izin melanjutkan berbagi tugas HOMEWORK ini kepada para sahabat-sahibit Blogger se-dunia sebagai berikut :

Bagi para Sahabat-Sahabit Blogger yang nama-nya sudah tersebut diatas, mohon maaf sebelumnya, hal ini tanpa pemaksaan kok, bila Sahabat-Sahibit Blogger berkenan dipersilahkan dengan hormat untuk mengerjakan tugas HOMEWORK-nya dengan ikhlas berupa berbagi kisah MENULISKAN LIMA KENANGAN BERHARGA SEMASA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA :-)
Namun bila Sahabat-Sahibit Blogger tidak berkenan, dipersilahkan dengan hormat untuk tetap melanjutkan berbagi kisah lima kenangan berharga semasa sekolah menengah pertama :-)
Selamat Berpartisipasi.
Selamat Bertugas.
Selamat Berkarya.


Category : , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

52 komentar

  1. bismillah

    bu guru datang ^___^

    SMPN 6 yahh :)

    ---ternyata penyuka topi pas smp :p
    ---hahahaha :D manjat pohon, luar biasa
    ---wahh ^^ boleh juga, kita seorang diri tapi tidak kesepian
    ---hahahaha pengen naik =D sayang, gak ada deh di jamanku :(
    ---dengan sepeda? yang bener aja :o super sekali ^^

    masyaAllah ^__^
    kenangannya begitu berharga :)

    terima kasih hari :D

    saatnya penilaian
    -------------------
    nilai :
    100

    alasan :
    selamat berkarya

    tdt
    ibu guru

  2. hahahaha ketiban tugas rupanya,, topi saya bundar itu lho yang megesankan. wek kek kek. Ok selamat atas terselesaikan PR sobat. Happy blogging

  3. ehm...memori waktu smp memang tiada tara Sob..Maklum pada masa segitu lagi peralihan banget. Jika diingat kayaknya gue banyak sedihnya...mulai menyukai seseorang yang gak suka sama kita...hikksss.. Nice post and happy blogging!

  4. pastinya esempe yang mengesankan dan penuh kenangan. Salam kenal Hariyanto

  5. curhatan perihal abang Harianto ketika SMP dulu memang seru terasa. Saya akan lakukan hal ini semampu saya akan berbagi terhadap orang sesama blogger lainnya. :) terimakasih atas kepercayaannya bang har ^_^

  6. Jaman biru putih emang gak terlupakan kang. :D

  7. masa2 SMP sangat indah sob,, sulit untuk ngelupainnya,, hehhe

  8. Haha,benar kawan saya jadi keingatan bahwa naik bis tingkat ternyata bahaya tuk duduk diatas.Banyak cerita lucunya sob.Nice post.
    Tak ada yang tak bisa dan tak ada istilah pemaksaan,dengan senang hati segera ku eksekusi tagnya,hanya mungkin waktunya saja,bila tidak hari ini, mungkin lusa saya publish.Makasih kawan,happy weekend and happy blogging.

  9. Sedang mengerjakan PR ya sobat...Wah nilainya sempurna tuh dari bu guru heheehe

  10. Hadir dan absen malam sobat...tugasnya sam kaya pena dapat PR

  11. Sangat terima kasih saya diberi kehormatan menerima "selendang" Home Work Berantai; Insyaallah akan segera saya tindaklanjuti, dalam beberapa hari ini... Salam sahabat

  12. sekarang udah RSBI belum esempe nya sob ? :)

  13. wah dapat tugas dan selesai dengan indah, jika ingat masa2 esempe senyum s2p2rtinya mudah dan terasa semringah

    cerita nya sangat indah ya.... :)

  14. Untungnya saya belum dapat PR ini,sahabat sudah merampungkannya dengan cerita tempo dulu yang menarik.Nice post,happy blogging.

  15. saat itu gayanya pasti masih duran duran kan

  16. masa masa yang indah tentunya mengenang sewaktu smp dulu mas.teringat masa laluku dulu saya..

    oia,saya juga udah follow blognya mas. :)

  17. lima kenangan berharga,waow super sekali

  18. cinta pertama di eSemPe memang lucu tapi indah juga, hehehe. Orang bilang cinta monyet, tapi tak sepakat aku :)
    Kisahnya mengingatkanku kawan

  19. menarik pengalaman masa SMPnya,love,peace and gaul.

  20. Wah ketelaluan ini yg ngasih PR, ngerjain orang tua aja...

  21. Saya suka juga topi bundar, sesuai dengan kepala saya..
    heheeee

  22. sore sobat ane dah follow balik...thanks ya...

  23. Homeworknya mantap gan
    semoga kenangan yang telah lalu bisa menjadi pelajaran buat agan dan semuanya.

    Masa depan belum tentu semulus masa lalu begitu juga sebaliknya.
    Namun kalau kita selalu ikhtiar dan berusaha pasti Alloh akan membantu, memberikan yang terbaik untuk kita

  24. banyak nilai positifnya di masa lalu SMP ente :)) banyak pula juga hal hal yang seru seperti Sepeda itu huahahaha

  25. nice memories from your schooling days.

  26. Wah, suatu pengalaman masa lalu yang dikupas dengan sangat gamblang dan sudut pandang yang positive thingking,
    I Like this Post.....
    kebetulan saya tidak pernah merasakan masa SMP mas, dulu lulus SD sampai kuliah hidup dalam penjara Suci, (Pondok Pesantren),hhihiiii.
    mantab man Haryanto

  27. “ I AM ALONE, BUT NOT LONELY”...
    Wow, my friend Hariyanto.... What powerful words! I really enjoyed what you wrote ... You write very well!
    Life is full of changes and turn our lives in a great mistery! Warm regards from other side of the world!

  28. kunjungan rutin sob, hppy blogwalking :D

  29. Hhahaha, wah ini bisa jadi contoh materi bahasa Indonesia SMP tentang Menulis Buku Harian, nih. Jadi terpikir mau menulis yang seperti ini juga deh.... Hhaha, happy blogging, sob.... (Keinget masa SMP juga....)

  30. wah suka topi y gan?? sama dong kalau gitu ckck

  31. Wuih.. PRnya diselesaikan dgn MANTAAFF BGT tuh Sob...HEBAT!!!
    Ayas aja uda lupa2 inget tuh,, Hwehe
    ^_^
    Ternyata Kenangan masa Esempe Sobat.. seru juga yach.. coba kalo bisa dijadikan Film... Hmmmm???
    Hwehehe..

  32. wah cerita kenangan yang menarik nih di masa esempe...
    salam sahabat, maaf baru sempat kunjung balik.. ohya terima kasih untuk follownya, untuk saat ini berapa kali dicoba tapi saya gagal untuk follow balik, ntar saya coba lagi...

  33. Thank you for your visit!
    Have a good new week...

    Greetings from Germany
    Mia Lorena

  34. wow .. gedung SMPnya megah banget, ada satpamnya lagi :)

    memang menyenangkan bicara ttg masa lalu yg berhubungan dgn sekolahan ya

  35. NURA says:

    asalamualaikum
    menuliskan 5 kenangan berharga dikala SMP.
    semua menarik dan kenangan indah mas.
    selamat buat sahabat yang dapat tugas.

  36. kenangan yang tak pernah usang walaupun seragam putih birunya mungkin sudah hilang,
    jadi ingat juga nih masa-masa itu

  37. Anonymous says:

    puanjuangnya cerita nya...heheheh

    but overall, bagus sekali, inspiratif....

  38. Gan PRmu sudah selesai ane kerjakan,cuma ga nyampe 5 pengalaman karena postingannya terlalu banyak,ga bisa merangkum,hehe.Silahkan dicek yach.Makasih and happy blogging.

  39. waaaaaaaaaahhh sama nich menone juga dapet tugas dr temen2 hehehehehehe

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

  40. Hello dear friend.
    Good Tuesday.
    Teb.

  41. hahaha.. namanya kandang puyuh toh mas nya sebutnya :) hehehe saya juga pernah tuh dulu di jakarta.. bus tingkat :)

  42. joka-joka ke tempat saudara sambil baca nostalgianya..adakah yg tertinggal kenangan yg tak terlupakan bersamanya?sstttt....itu dulu, sekarang ? Oya..bgmn dgn kabar kambing2 kita?

  43. wah kenangan yang sangat menakjubkan sob, masa2 SMP memang masa2 indah soalnya pertama kali kita mencari jati diri. Pasti sesuatu yang terjadi sangat berkesan

  44. waaah sepertinya seru juga ya...
    KANDANG PUYUH itu apa ya??maklum saya orang sunda he..he...
    nice posting!

  45. SMP, masa masa indah dan paling berkenang pastinya :)

  46. wah terima kasih atas PR-nya, sy akan berusaha secepatnya mengerjakan dan menggulirkan kehormatan ini pada sohib yang lain...

  47. Hey, how are you this weekend? Thanks for the visit. Here to repay your kindness. Take care and too bad I really can't understand the post. Hehe. Good morning!

  48. memori smpku sdh fading away

  49. mohon maaf baru bisa berkunjung lagi daeng, banyak sekali kasihan kerjaan offline ku...

  50. hemm, boleh tuh kalimatnya : aLone but not lonely

  51. Masa muda masa paling indah...hehe..

  52. memang yah masa masa SMP itu masa masa lucunya kita bersekolah,kelas 1 jadi kacung para senior karna unyu unyu nurut aja,kelas 2 mulai menjadi sombong menjadi senior walaupun baru kelas dua,nah kelas tiga tuh,kelakuan udah kaya apa tau perintah perintah adik kelas klo males beli makan,mentang mentang high senior..
    wkwkwk
    pokoknya lucu deh..

New comments are not allowed.

52 komentar

  1. bismillah

    bu guru datang ^___^

    SMPN 6 yahh :)

    ---ternyata penyuka topi pas smp :p
    ---hahahaha :D manjat pohon, luar biasa
    ---wahh ^^ boleh juga, kita seorang diri tapi tidak kesepian
    ---hahahaha pengen naik =D sayang, gak ada deh di jamanku :(
    ---dengan sepeda? yang bener aja :o super sekali ^^

    masyaAllah ^__^
    kenangannya begitu berharga :)

    terima kasih hari :D

    saatnya penilaian
    -------------------
    nilai :
    100

    alasan :
    selamat berkarya

    tdt
    ibu guru

  2. hahahaha ketiban tugas rupanya,, topi saya bundar itu lho yang megesankan. wek kek kek. Ok selamat atas terselesaikan PR sobat. Happy blogging

  3. ehm...memori waktu smp memang tiada tara Sob..Maklum pada masa segitu lagi peralihan banget. Jika diingat kayaknya gue banyak sedihnya...mulai menyukai seseorang yang gak suka sama kita...hikksss.. Nice post and happy blogging!

  4. pastinya esempe yang mengesankan dan penuh kenangan. Salam kenal Hariyanto

  5. curhatan perihal abang Harianto ketika SMP dulu memang seru terasa. Saya akan lakukan hal ini semampu saya akan berbagi terhadap orang sesama blogger lainnya. :) terimakasih atas kepercayaannya bang har ^_^

  6. Jaman biru putih emang gak terlupakan kang. :D

  7. masa2 SMP sangat indah sob,, sulit untuk ngelupainnya,, hehhe

  8. Haha,benar kawan saya jadi keingatan bahwa naik bis tingkat ternyata bahaya tuk duduk diatas.Banyak cerita lucunya sob.Nice post.
    Tak ada yang tak bisa dan tak ada istilah pemaksaan,dengan senang hati segera ku eksekusi tagnya,hanya mungkin waktunya saja,bila tidak hari ini, mungkin lusa saya publish.Makasih kawan,happy weekend and happy blogging.

  9. Sedang mengerjakan PR ya sobat...Wah nilainya sempurna tuh dari bu guru heheehe

  10. Hadir dan absen malam sobat...tugasnya sam kaya pena dapat PR

  11. Sangat terima kasih saya diberi kehormatan menerima "selendang" Home Work Berantai; Insyaallah akan segera saya tindaklanjuti, dalam beberapa hari ini... Salam sahabat

  12. sekarang udah RSBI belum esempe nya sob ? :)

  13. wah dapat tugas dan selesai dengan indah, jika ingat masa2 esempe senyum s2p2rtinya mudah dan terasa semringah

    cerita nya sangat indah ya.... :)

  14. Untungnya saya belum dapat PR ini,sahabat sudah merampungkannya dengan cerita tempo dulu yang menarik.Nice post,happy blogging.

  15. saat itu gayanya pasti masih duran duran kan

  16. masa masa yang indah tentunya mengenang sewaktu smp dulu mas.teringat masa laluku dulu saya..

    oia,saya juga udah follow blognya mas. :)

  17. lima kenangan berharga,waow super sekali

  18. cinta pertama di eSemPe memang lucu tapi indah juga, hehehe. Orang bilang cinta monyet, tapi tak sepakat aku :)
    Kisahnya mengingatkanku kawan

  19. menarik pengalaman masa SMPnya,love,peace and gaul.

  20. Wah ketelaluan ini yg ngasih PR, ngerjain orang tua aja...

  21. Saya suka juga topi bundar, sesuai dengan kepala saya..
    heheeee

  22. sore sobat ane dah follow balik...thanks ya...

  23. Homeworknya mantap gan
    semoga kenangan yang telah lalu bisa menjadi pelajaran buat agan dan semuanya.

    Masa depan belum tentu semulus masa lalu begitu juga sebaliknya.
    Namun kalau kita selalu ikhtiar dan berusaha pasti Alloh akan membantu, memberikan yang terbaik untuk kita

  24. banyak nilai positifnya di masa lalu SMP ente :)) banyak pula juga hal hal yang seru seperti Sepeda itu huahahaha

  25. nice memories from your schooling days.

  26. Wah, suatu pengalaman masa lalu yang dikupas dengan sangat gamblang dan sudut pandang yang positive thingking,
    I Like this Post.....
    kebetulan saya tidak pernah merasakan masa SMP mas, dulu lulus SD sampai kuliah hidup dalam penjara Suci, (Pondok Pesantren),hhihiiii.
    mantab man Haryanto

  27. “ I AM ALONE, BUT NOT LONELY”...
    Wow, my friend Hariyanto.... What powerful words! I really enjoyed what you wrote ... You write very well!
    Life is full of changes and turn our lives in a great mistery! Warm regards from other side of the world!

  28. kunjungan rutin sob, hppy blogwalking :D

  29. Hhahaha, wah ini bisa jadi contoh materi bahasa Indonesia SMP tentang Menulis Buku Harian, nih. Jadi terpikir mau menulis yang seperti ini juga deh.... Hhaha, happy blogging, sob.... (Keinget masa SMP juga....)

  30. wah suka topi y gan?? sama dong kalau gitu ckck

  31. Wuih.. PRnya diselesaikan dgn MANTAAFF BGT tuh Sob...HEBAT!!!
    Ayas aja uda lupa2 inget tuh,, Hwehe
    ^_^
    Ternyata Kenangan masa Esempe Sobat.. seru juga yach.. coba kalo bisa dijadikan Film... Hmmmm???
    Hwehehe..

  32. wah cerita kenangan yang menarik nih di masa esempe...
    salam sahabat, maaf baru sempat kunjung balik.. ohya terima kasih untuk follownya, untuk saat ini berapa kali dicoba tapi saya gagal untuk follow balik, ntar saya coba lagi...

  33. Thank you for your visit!
    Have a good new week...

    Greetings from Germany
    Mia Lorena

  34. wow .. gedung SMPnya megah banget, ada satpamnya lagi :)

    memang menyenangkan bicara ttg masa lalu yg berhubungan dgn sekolahan ya

  35. NURA says:

    asalamualaikum
    menuliskan 5 kenangan berharga dikala SMP.
    semua menarik dan kenangan indah mas.
    selamat buat sahabat yang dapat tugas.

  36. kenangan yang tak pernah usang walaupun seragam putih birunya mungkin sudah hilang,
    jadi ingat juga nih masa-masa itu

  37. Anonymous says:

    puanjuangnya cerita nya...heheheh

    but overall, bagus sekali, inspiratif....

  38. Gan PRmu sudah selesai ane kerjakan,cuma ga nyampe 5 pengalaman karena postingannya terlalu banyak,ga bisa merangkum,hehe.Silahkan dicek yach.Makasih and happy blogging.

  39. waaaaaaaaaahhh sama nich menone juga dapet tugas dr temen2 hehehehehehe

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

  40. Hello dear friend.
    Good Tuesday.
    Teb.

  41. hahaha.. namanya kandang puyuh toh mas nya sebutnya :) hehehe saya juga pernah tuh dulu di jakarta.. bus tingkat :)

  42. joka-joka ke tempat saudara sambil baca nostalgianya..adakah yg tertinggal kenangan yg tak terlupakan bersamanya?sstttt....itu dulu, sekarang ? Oya..bgmn dgn kabar kambing2 kita?

  43. wah kenangan yang sangat menakjubkan sob, masa2 SMP memang masa2 indah soalnya pertama kali kita mencari jati diri. Pasti sesuatu yang terjadi sangat berkesan

  44. waaah sepertinya seru juga ya...
    KANDANG PUYUH itu apa ya??maklum saya orang sunda he..he...
    nice posting!

  45. SMP, masa masa indah dan paling berkenang pastinya :)

  46. wah terima kasih atas PR-nya, sy akan berusaha secepatnya mengerjakan dan menggulirkan kehormatan ini pada sohib yang lain...

  47. Hey, how are you this weekend? Thanks for the visit. Here to repay your kindness. Take care and too bad I really can't understand the post. Hehe. Good morning!

  48. memori smpku sdh fading away

  49. mohon maaf baru bisa berkunjung lagi daeng, banyak sekali kasihan kerjaan offline ku...

  50. hemm, boleh tuh kalimatnya : aLone but not lonely

  51. Masa muda masa paling indah...hehe..

  52. memang yah masa masa SMP itu masa masa lucunya kita bersekolah,kelas 1 jadi kacung para senior karna unyu unyu nurut aja,kelas 2 mulai menjadi sombong menjadi senior walaupun baru kelas dua,nah kelas tiga tuh,kelakuan udah kaya apa tau perintah perintah adik kelas klo males beli makan,mentang mentang high senior..
    wkwkwk
    pokoknya lucu deh..

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend