Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Wisata Kelapa Muda di Pantai Ujung Timur Kabupaten Jeneponto

Hariyanto Wijoyo | 102 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia.
Jeneponto adalah nama salah satu kabupaten yang ada di Propinsi Sulawesi Selatan - Republik Indonesia :-) ,letaknya sekitar sembilan puluhan kilometer ke arah selatan dari Kota Makassar, dengan jarak tempuh normal kurang lebih dua jam menggunakan mobil angkutan umum.
Salah satu ciri khas yang menjadi ikon populer Kabupaten Jeneponto adalah IKON KULINER-nya yaitu masakan khas COTO KUDA, yang dipercaya apabila mengkonsumsi masakan berbahan daging kuda itu dapat menambah stamina dan vitalitas, terutama untuk kaum pria. Ulasan lengkapnya dapat sahabat-sahibit blogger sedunia baca pada postingan saya sebelumnya yang berjudul COTO KUDA JENEPONTO PENAMBAH VITALITAS.

Selain kuliner, Kabupaten Jeneponto juga memiliki pemandangan alam yang indah dengan karakter yang sangat khas dan karena letaknya berada di sepanjang pesisir pantai, maka Kabupaten Jeneponto juga memiliki potensi wisata Pantai yang sangat bernuansa tropis.
Salah satunya adalah KAWASAN PANTAI UJUNG TIMUR, yang terletak di desa Ujung Timur, bahagian paling selatan Kabupaten Jeneponto, kira-kira sekitar lima kilometer sebelum mencapai PINTU GERBANG PERBATASAN ANTARA KABUPATEN JENEPONTO dan KABUPATEN BANTAENG.


Kawasan Pantai Ujung Timur ini sejatinya adalah KAWASAN WISATA KELAPA MUDA, karena sepanjang pinggir jalan poros propinsi ramai dengan warung rakyat yang menjajakan Kelapa Muda hasil kebun mereka sendiri. Namun di antara sekian banyak pedagang kelapa muda, ada seseorang bernama PAK SABDA yang memiliki ide inovasi luarbiasa bagaimana menggabungkan Dagangan Kelapa Muda-nya dengan Potensi Wisata Pantai yang ada di Pantai Ujung Timur. Apalagi potensi Pantai Ujung Timur, sepertinya belum tergarap dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten setempat, sehingga menurut saya pribadi Areal Pantai Ujung Timur masih orisinil ting-ting, belum banyak terkontaminasi oleh wisata modern.

Maka dengan bekal pengetahuan yang Pak Sabda peroleh dari hasil merantau di luar pulau Sulawesi, Pak Sabda dan istrinya yang sedang hamil tua mulai membersihkan lahan pinggiran pantai yang dia tempati dan menyiapkan beberapa Gazebo alam yang terbuat dari Batang Kelapa dan Atap Daun Nipah. Meja Gazebo-nya terbuat dari kayu bundar gelondongan bekas  Gulungan Kabel PLN. Tempat duduk-nya terbuat dari material batang kelapa yang di potong-potong.

Saya pertama kali berkunjung di Pantai Ujung Timur, sekitar akhir bulan September 2011, saat itu lahan-nya memang sudah bersih, dan gazebonya sudah ada yang jadi..namun belum ada kursi, dan fasilitas lainnya.
Saya beberapa kali mampir ke tempat Pak Sabda di  Pantai Ujung Timur saat melakukan Tour of Duty ke Bulukumba, dan saya terakhir kali berkunjung ke Pantai Ujung Timur, 25 Desember 2011, bersama keponakanku yang sedang liburan sekolah, wow..its amazing, meskipun belum selesai semua, namun lokasi dan pemandangan serta suasananya yang berada dalam areal kebun kelapa di tepi pantai membuat saya seakan-akan tidak berada di Kabupaten Jeneponto, tapi berada di sebuah kawasan wisata pantai seperti di yang ada di Pulau Dewata - Bali.
LOKASI DALAM PROSES AWAL PERSIAPAN SEBELUM FINISHING

LOKASI SETELAH FINISHING

KELAPA MUDA FRESH FROM COCONUT TREE
Pak Sabda memang punya bakat seni dan bakat dagang yang patut diacungkan dua jempol. Di saat pedagang lain masih menjajakan kelapa muda di warung-warung dengan gaya konvesional, yang model kupasan kelapa-nya hanya membabat satu sisi untuk membuat lubang seperti model bola saja, Pak Sabda tampil beda dengan menyajikan potongan khas berbentuk krucut, yang topping-nya bisa disesuaikan selera pembeli, apakah mau pakai Jeruk Nipis, Gula Merah atau Natural saja tanpa campuran apa-apa. Kalau saya lebih suka memilih yang Natural saja.
Bahkan para Penikmat Kelapa Muda juga bisa meminta pesanan khusus yaitu memesan buah kelapa yang segar yang baru dipetik dari pohon-nya alias FRESH FROM COCONUT TREE. Dan harga-nya tidak berubah, tetap sama saja, tetap Rp. 5.000,- perbuah.
Sungguh nikmat kala merasakan tegukan air kelapa muda mengalir membasahi kerongkongan sembari menatap langit biru di tepian pantai bersamaan semilir angin yang menyapa membelai tubuh bertiup di antara sela-sela dedaunan pohon kelapa yang nyiurnya melambai-lambai saling bergesekan menghadirkan suara musik harmoni alam yang merdu..., Subhanallah Alhamdulillah Allahuakbar   
sesungguhnya nikmat ALLAH tidak akan pernah dapat didustakan.

TUMPUKAN KELAPA MUDA dan KELAPA MUDA SIAP SAJI

PASUKAN PEMETIK KELAPA MUDA UNTUK PESANAN KONSUMEN

FOTO BARENG DENGAN PAK SABDA DAN KELUARGA

Akhirul kisah, Pak Sabda, ayah dari dua orang anak dan seorang istri, yang sedang menunggu kelahiran anak-nya yang ketiga, ternyata orang-nya sangat supel dan punya wawasan yang jauh kedepan untuk mengembangkan Kawasan Wisata Kelapa Muda di Pantai Ujung Timur. Jangan kuatir saat berkunjung ke tempat Pak Sabda di Pantai Ujung Timur, karena Pak Sabda cepat sekali akrab dengan orang yang baru dikenal-nya, dan mungkin karena saya sering kali mampir ke tempat-nya, kamipun menjadi akrab dan seakan-akan kami bukanlah orang yang baru berkenalan, melainkan seolah-olah kami adalah dua kerabat yang sudah lama berkenalan.
Semoga ALLAH mengabulkan semua harapan Pak Sabda dan keluarga-nya dalam kebaikan.

Category : , , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

102 komentar

  1. wow keliatannya sangat menarik sekali cerita liburan dengan keluarga di wisata kelapa.. ijin lain waktu ini dishare lagi di tips wisata murah sob. nice share, happy blogging

  2. sepertinya suasannya tenang,asyik nih kalau buat berwisata bersama keluarga

  3. pantai yang indah, hampir mirip anyer sepertinya nih...lihat gambarnya sepertinya tenang dan menenangkan, apalagi bila ketemu dengan pa sabda yang ramah pasti kenangan tak terlupakan dan segera ingin kembali.

  4. wah seru sepertinya, pantainya terlihat bersih di banding pantai yang ada di tempatku. tapi sayangnya itu ada di pulau yang jauh, saya hanya sekali keluar pulau jawa, dan itu ke sumatra bukan ke sulawesi. andai ada di sini, ane langsung ke TKP dah. unik, cara penyajian kelapanya pun asik. mantap dah, kapan kapan entah kapan jadi pengen kesana.

  5. wah bersih ya tempatnya, indah. penyajiannya menarik pula. potongan kelapanya itu loh. unik. kapan ya bisa kesana?

  6. Hem... keren :) apalagi klo kesana pas liburan weekend ya sob :) kapan ya aku punya kesempatan untuk kesana *ngayal tapi ngomong2 itu bisa dipake Diving gak sob pantainya?

  7. Lihat artikelnya jadi pengen plesiran ke daerah kawan, memang suasana desa, pantai dapat menenangkan hati. nice artikel. Salam.

  8. Oh ya Om. Link nya sudah terpasang di side bar blog kami. Sudi kiranya bertukar Link dengan kami. Salam

  9. wah kelapa mudanya itu sob bikin ngileeeeeeeeeeeeeer

  10. Wuihhh, jadi pengen nenangin suasana pelesiran Om, I like it.

  11. Jadi pingin ke pantai nih, makasih mas, jadi nambah referensi....

  12. hmmm.. asyik banget suasananya om..
    da lama ni ngga ke pantai.. heheu

  13. Baru ka' Liat namaX pantai di jeneponto hehehe namaX orang hidup di desa...heheh jauh dari kota

  14. Sangant menarik nih, kebetulan ini tempat wisata dekat dari rumah saya, makasih daeng hariyanto dah mempromosikan JENEPONTO

  15. segarnya minum kelapa muda
    sambil duduk dipantai berwisata
    mata memandang kesamudra
    terasa begitu indahnya

    hehe :)

  16. nampak masih ting-ting pantainya bang, panorama alami yang begitu indah, bisa dinikmati sambil meneguk air kelapa muda yg masih segar langsung diambil dari pohonnya, luar biasa, bisa mnjadi paket wisata yg mnarik, thanks bang, smoga aset wisata janeponto smkin brkembang

  17. wah wisatanya sepertinya seru sob... Jadi pengen kesana nih hehe

  18. pantainya cantik dan masih alami ya Daeng...apalagi disuguhi dg buah2 kelapa muda yg nyegerin ...hmmm

  19. idih, bisa aja nih bikin ngilernya, apalagi bercengkramanya bersama keluarga ya, jadi pengen nih, nice sob :D

  20. hmmm.. asyik banget suasananya bro..
    dah lama nih ngga ke pantai.. hehe

  21. Tempatnya romatis bos hehe disana ada bungalownya ga mas?

  22. pantainya cuantik,sambil minum kelapa muda ditambah menu cotonya..
    sore gini jadi lapperrr bang bayanginya :D
    makasih tlah berbagi :)

  23. bagi dong kelapa mudanya hehe
    coto makasar kalo di jakarta ada sih
    tapi kalo coto kuda, apalagi pantainya; cuman ada di jeneponto.. indah nian :)
    jeneponto masih jauh gak bang dari pinrang ? *inget pak guru smp3lembang*

  24. keren sob....

    dulu saya pernah berkemah di pantai...
    asiik pokoknya...

  25. Cantik pantai ini dgn kelapa mudanya yg berisi tebal.

  26. nyaaamanna tawwa..., coba dekat2 insya allah aq datang.., jauh dudu bela.., hehh..., nice info pak :)

  27. Wah, mantab bangett nih pantainya kang bro hehehe. Sukses terus dahh

  28. ahh bang,jadi teringat masa lalu saat aq tinggal deket pantai :D,tapi trauma dengan sunami dan gempa :'(
    aq dulu tinggal dipesisir pariaman

  29. wah..pantai yang indah sob
    kapan yah bisa kesana hehe....

  30. Mantap! Pantainya keren, bersih. Apalagi bisa menikmati kelapa muda sambil menikmati indahnya pantai.

  31. wuih muantefnya....jadi ngiler nich...

  32. jadi ngiler daeng mau mkn kelapa muda, wah asik tuh bisa jalan-jalan ke jenneponto sobat...

  33. daging kuda kayak apa ya rasanya :D takut mau makannya :P

    kalau lagi dipantai mang enaknya minum es kelapa muda, panas2 seger :D

  34. NURA says:

    asalamualaikum
    wah segernya minum kelapa muda
    jadi pingin wisata kesana

  35. wah.. mantab nih kayaknya.. someday, i'll be there :D

    nice info sob :)

  36. Pantainya terlihat indah, bersih dan tertata rapi. Kalau dekat, pasti sudah mampir :)
    Saya belum pernah makan makanan dari kuda, rasanya ngga tega.

  37. Subhanallah... Pantainya cakep banget, bersiih yaa.. :)
    Ngebaca cerita teman2 blogger tentang daerahnya jd tau betapa ternyata Indonesia itu cantiikkk.. :)

  38. uwaahhhh... pengeeeennnn....
    pengen ke pantai.. udah lama nggak ke pantai...

    btw ngambil fotonya mantab banget. bisa jadi fotofgrafer nih mas

  39. waaaah asiiik banget.. keknya damai banget tuh.. leyeh2 memandang pantai sambil menikmati es kelapa muda.. aaah.. segarnya..
    mupeng pengen kesana :D

  40. wew,, keren,,, daging kuda jadi coto,,, pasti mahal

  41. enak neh coto kuda, mau mau mau

  42. COF says:

    Minum air kelapa muda sambil lihat pemandangan laut sangat menyenangkan apalagi sm keluarga.

  43. enak banget y pak... jadi pingin :D cuma icon kulinernya dari daging kuda? yg benar itu pak?

    hmmm... jalan2 bersama keluarga mang begitu indah y pak. kebersamaan yg tiada tara bahagianya.

    trims dah berbagi pengalaman. salam sukses n semangat selalu pak^^

  44. Anonymous says:

    masih alami yahhh bang...segerr nya tuhh kelapa muda..hehe
    happy blogging

  45. risa says:

    saya pernah lewat pantai ini berarti ya, waktu menuju ke bira :))

  46. klo dengar ato baca jeneponto mmg yg paing duluan diingt yah coto kudanya yah. berkali2 lewat disana malah dak pernah mampir menikmati wisata pantainya. maunya sllu bira-nya bulukumba. padahal dak kalah bagus rupanya.

  47. hooo haussss degan degan... :DD

  48. Wuih jauh di Sulawesi... kapan2 deh. :D

  49. terlihat nuansa yang indah, sejuk, adem, apalagi berwisata sambil menikmati air kelapa muda tentu menjadikan semakin seger hhehe... semoga wisata kelapa muda ini semakin dikenali..

    maaf Sobat baru dapat hadir di sini..

  50. Kunjungan pagi hari mas
    Maf baru berkunjung
    Wah coto itu apa seperti soto ya?
    Wah 5000/buah?kok murah mas??di sini sudah sekitar 5000 lebih sampai 10.000 mas, padahal rasanya standart

  51. masih asri banyak pohon kelapa,,,
    tempatnya asyik buat berwisata nih,,,

  52. hmmm baru denger sob ada Pantai yang namanya PANTAI UJUNG TIMUR. klo diliat digambar cukup keren tuh. apalagi ada banyak kelapa mudanya :D

  53. wah jadi haus nih liat kelapa begitu banyak

  54. wuaaaaaaa cantik banget pantainya, jeneponto memng terkenal coto kuda nya tak dinyana pantainya indah jua...

    i like it!


    lama tdak menyapa abang kita di makasar : 'apa kabar...smoga sukses selalu buat abang :)'

  55. wuuuiiiihhhh
    panas-panas minm es kelapa muda
    muantaaaabbbbb

  56. wah suatu waktu bisa maen kesitu.. kebetulan dekat dari kota kelahiran saya di palu... mohon dukungannya kbetulan blog sy lg mengikuti kontes sob.. thanks ya

  57. amin...
    semoga doanya terkabul ^_^

  58. Wisata Kelapa Muda sudah di terbut di situs tips wisata murah sob. sukses selalu

  59. maaf baru bisa berkunjung sob...
    pantainya bagus keliatannya sob

  60. wah pantainya masih asri dan terawat....
    keep it ya....
    :)

  61. wah kayaknya pantainya asri enak buat santai tidur"

  62. ahh,bikin aus tu kelapa mudahnya kak ditambah suasana pantai yang keren

    damai deh rasanya:)

  63. Subhanallah... pemandangannya apik bangeett :D kapaaan ye bisa jalan2 ke sulawesi nyobain kelapa mudanya pak sabda *ngileerrrrrrrrrr*

  64. Subhanallah..
    inovatif sekali ya Pak Sabda...
    semoga sukses terus Pak Sabda!
    :D

  65. Always here supporting your nice site.

  66. air kelapa muda. hmm enak yah, tp gk kebayang mahalny. d rumah ane es air kelapa muda yg asli aj 10rb :D

    *salam kenal sob, jgn lipa mampir+like fanpage yah

  67. benarkah??
    saya dari bandung tempatnya jauh dari tempat ku

  68. This comment has been removed by the author.

  69. Hi There!

    thanks to visit me!

    I love stay on the beach, the wind are so fresh and invigorating, here where I live may take 6 hour by car to arrive at the coast, Brazil are so bigger,

    this beach you are showing on your page are calm and fresh, I like beaches like that,

    I have never saw a way to cut the coconut like that, cool!

    hugs ;)

  70. asri banged.. jadi kepingin manjat pohon deh :(

  71. Memang ciptaan Allah itu indah ya pak..
    Subhanallah..
    Semoga berkah terus pak Sabdanya :)

  72. Wah,..keren tempat wisata yang Indah dan menarik, jadi pingin mampir gan. terimakasih informasinya

  73. wahhh..jalan2 terus ni bang :), foto2nya mantab...
    happy blogging ya

  74. justru yang alami lebih indah, mungkin yang perlu di benahi air tawar dan toilet... selama itu ada sudah cukup nyaman maen disana...

  75. Hi, friend Hariyanto!
    I think that you live on paradise!
    It's really a marvelous place!
    Congratulations for this blog and this post!
    Warm regards from Brasil!

  76. harga kelapa mudanya ternyata sama mas.. di Palembang juga 5000 rupiah.. :D

    eh itu beneran yaa, coto kuda itu dari daging kuda?? kok serem yaa..

  77. Pantainya indah di tambah lagi dgn buah kelapanya yang segar2...jadi kepingin pergi ke pantai menikmati buah kelapa dan desiran pantai.
    Salam KKISP :)

  78. @_@ wow melihat pantainya jadi pengen ke patnai..

    sejuk sekali saya melihatnya..
    nini masi katro belum penah ke pantai -__-

  79. indahnya kawasan ni... ^,^

  80. Haya says:

    Penguasaha memang harus kreatif ya... pantainya indah ^^d

  81. Pemandangan alam yang indah untuk dinikmati.

  82. sungguh indah pemandangan nya bang....makasih share nya

  83. Elis says:

    menarik sekali mas,,,, enak buat liburan ya...ah mau bulan madu ke sana deh hehe

  84. sungguh tempat yang indah...
    sepertinya bagus kalau jln" disana.
    hehe..

  85. jadi pengen maen ke pantai gitu deh, tapi sibuk sama kerjaan :(
    Waduhh :(
    Luar biasa si abang satu ini, liburan terus :D

  86. Kelapa muda ... nyamanna bela :)

    Kenapa tdk diikutkan lomba blog ttg pariwisata tulisan ini? Keren ...

  87. Kelapa muda ... nyamanna bela :)

    Kenapa tdk diikutkan lomba blog ttg pariwisata tulisan ini? Keren ...

  88. mantap gan
    degan ijo sangat nikmat

  89. wah.. wah blognya keren kanda+konten yang menarik.....

  90. Berwisata ke pantai itu sangat menyenangkan... apalagi pantainya cantik begitu. Liat pohon kelapa jadi ingin minum es kelapa muda deh hehehe

  91. ni pantai keren banget gan,seger ya bisa main kesana.nuansanya alami :D

  92. benar-benar menggoda kelapa mudanya... seger

  93. baru denger tentang Jeneponto, masih bersih ya pasti, sepi sepi lagi bisa teriak puas deh.hehe jadi mau libuuran ke sana rasanya, tapi jauh juga.

    Ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai, info lebih lanjut langsung saja ke blog saya.

  94. You're right, I like plants a lot!
    Beautiful place you live!

  95. Menyenangkan rasanya bisa berlibur ke pantai.. Sudah lama juga aku tidak ke pantai :)

  96. pagi-pagi jadi kepnegn makan keplapa muda nih daeng...

  97. wah,pemandangannya menakjubkan.

New comments are not allowed.

102 komentar

  1. wow keliatannya sangat menarik sekali cerita liburan dengan keluarga di wisata kelapa.. ijin lain waktu ini dishare lagi di tips wisata murah sob. nice share, happy blogging

  2. sepertinya suasannya tenang,asyik nih kalau buat berwisata bersama keluarga

  3. pantai yang indah, hampir mirip anyer sepertinya nih...lihat gambarnya sepertinya tenang dan menenangkan, apalagi bila ketemu dengan pa sabda yang ramah pasti kenangan tak terlupakan dan segera ingin kembali.

  4. wah seru sepertinya, pantainya terlihat bersih di banding pantai yang ada di tempatku. tapi sayangnya itu ada di pulau yang jauh, saya hanya sekali keluar pulau jawa, dan itu ke sumatra bukan ke sulawesi. andai ada di sini, ane langsung ke TKP dah. unik, cara penyajian kelapanya pun asik. mantap dah, kapan kapan entah kapan jadi pengen kesana.

  5. wah bersih ya tempatnya, indah. penyajiannya menarik pula. potongan kelapanya itu loh. unik. kapan ya bisa kesana?

  6. Hem... keren :) apalagi klo kesana pas liburan weekend ya sob :) kapan ya aku punya kesempatan untuk kesana *ngayal tapi ngomong2 itu bisa dipake Diving gak sob pantainya?

  7. Lihat artikelnya jadi pengen plesiran ke daerah kawan, memang suasana desa, pantai dapat menenangkan hati. nice artikel. Salam.

  8. Oh ya Om. Link nya sudah terpasang di side bar blog kami. Sudi kiranya bertukar Link dengan kami. Salam

  9. wah kelapa mudanya itu sob bikin ngileeeeeeeeeeeeeer

  10. Wuihhh, jadi pengen nenangin suasana pelesiran Om, I like it.

  11. Jadi pingin ke pantai nih, makasih mas, jadi nambah referensi....

  12. hmmm.. asyik banget suasananya om..
    da lama ni ngga ke pantai.. heheu

  13. Baru ka' Liat namaX pantai di jeneponto hehehe namaX orang hidup di desa...heheh jauh dari kota

  14. Sangant menarik nih, kebetulan ini tempat wisata dekat dari rumah saya, makasih daeng hariyanto dah mempromosikan JENEPONTO

  15. segarnya minum kelapa muda
    sambil duduk dipantai berwisata
    mata memandang kesamudra
    terasa begitu indahnya

    hehe :)

  16. nampak masih ting-ting pantainya bang, panorama alami yang begitu indah, bisa dinikmati sambil meneguk air kelapa muda yg masih segar langsung diambil dari pohonnya, luar biasa, bisa mnjadi paket wisata yg mnarik, thanks bang, smoga aset wisata janeponto smkin brkembang

  17. wah wisatanya sepertinya seru sob... Jadi pengen kesana nih hehe

  18. pantainya cantik dan masih alami ya Daeng...apalagi disuguhi dg buah2 kelapa muda yg nyegerin ...hmmm

  19. idih, bisa aja nih bikin ngilernya, apalagi bercengkramanya bersama keluarga ya, jadi pengen nih, nice sob :D

  20. hmmm.. asyik banget suasananya bro..
    dah lama nih ngga ke pantai.. hehe

  21. Tempatnya romatis bos hehe disana ada bungalownya ga mas?

  22. pantainya cuantik,sambil minum kelapa muda ditambah menu cotonya..
    sore gini jadi lapperrr bang bayanginya :D
    makasih tlah berbagi :)

  23. bagi dong kelapa mudanya hehe
    coto makasar kalo di jakarta ada sih
    tapi kalo coto kuda, apalagi pantainya; cuman ada di jeneponto.. indah nian :)
    jeneponto masih jauh gak bang dari pinrang ? *inget pak guru smp3lembang*

  24. keren sob....

    dulu saya pernah berkemah di pantai...
    asiik pokoknya...

  25. Cantik pantai ini dgn kelapa mudanya yg berisi tebal.

  26. nyaaamanna tawwa..., coba dekat2 insya allah aq datang.., jauh dudu bela.., hehh..., nice info pak :)

  27. Wah, mantab bangett nih pantainya kang bro hehehe. Sukses terus dahh

  28. ahh bang,jadi teringat masa lalu saat aq tinggal deket pantai :D,tapi trauma dengan sunami dan gempa :'(
    aq dulu tinggal dipesisir pariaman

  29. wah..pantai yang indah sob
    kapan yah bisa kesana hehe....

  30. Mantap! Pantainya keren, bersih. Apalagi bisa menikmati kelapa muda sambil menikmati indahnya pantai.

  31. wuih muantefnya....jadi ngiler nich...

  32. jadi ngiler daeng mau mkn kelapa muda, wah asik tuh bisa jalan-jalan ke jenneponto sobat...

  33. daging kuda kayak apa ya rasanya :D takut mau makannya :P

    kalau lagi dipantai mang enaknya minum es kelapa muda, panas2 seger :D

  34. NURA says:

    asalamualaikum
    wah segernya minum kelapa muda
    jadi pingin wisata kesana

  35. wah.. mantab nih kayaknya.. someday, i'll be there :D

    nice info sob :)

  36. Pantainya terlihat indah, bersih dan tertata rapi. Kalau dekat, pasti sudah mampir :)
    Saya belum pernah makan makanan dari kuda, rasanya ngga tega.

  37. Subhanallah... Pantainya cakep banget, bersiih yaa.. :)
    Ngebaca cerita teman2 blogger tentang daerahnya jd tau betapa ternyata Indonesia itu cantiikkk.. :)

  38. uwaahhhh... pengeeeennnn....
    pengen ke pantai.. udah lama nggak ke pantai...

    btw ngambil fotonya mantab banget. bisa jadi fotofgrafer nih mas

  39. waaaah asiiik banget.. keknya damai banget tuh.. leyeh2 memandang pantai sambil menikmati es kelapa muda.. aaah.. segarnya..
    mupeng pengen kesana :D

  40. wew,, keren,,, daging kuda jadi coto,,, pasti mahal

  41. enak neh coto kuda, mau mau mau

  42. COF says:

    Minum air kelapa muda sambil lihat pemandangan laut sangat menyenangkan apalagi sm keluarga.

  43. enak banget y pak... jadi pingin :D cuma icon kulinernya dari daging kuda? yg benar itu pak?

    hmmm... jalan2 bersama keluarga mang begitu indah y pak. kebersamaan yg tiada tara bahagianya.

    trims dah berbagi pengalaman. salam sukses n semangat selalu pak^^

  44. Anonymous says:

    masih alami yahhh bang...segerr nya tuhh kelapa muda..hehe
    happy blogging

  45. risa says:

    saya pernah lewat pantai ini berarti ya, waktu menuju ke bira :))

  46. klo dengar ato baca jeneponto mmg yg paing duluan diingt yah coto kudanya yah. berkali2 lewat disana malah dak pernah mampir menikmati wisata pantainya. maunya sllu bira-nya bulukumba. padahal dak kalah bagus rupanya.

  47. hooo haussss degan degan... :DD

  48. Wuih jauh di Sulawesi... kapan2 deh. :D

  49. terlihat nuansa yang indah, sejuk, adem, apalagi berwisata sambil menikmati air kelapa muda tentu menjadikan semakin seger hhehe... semoga wisata kelapa muda ini semakin dikenali..

    maaf Sobat baru dapat hadir di sini..

  50. Kunjungan pagi hari mas
    Maf baru berkunjung
    Wah coto itu apa seperti soto ya?
    Wah 5000/buah?kok murah mas??di sini sudah sekitar 5000 lebih sampai 10.000 mas, padahal rasanya standart

  51. masih asri banyak pohon kelapa,,,
    tempatnya asyik buat berwisata nih,,,

  52. hmmm baru denger sob ada Pantai yang namanya PANTAI UJUNG TIMUR. klo diliat digambar cukup keren tuh. apalagi ada banyak kelapa mudanya :D

  53. wah jadi haus nih liat kelapa begitu banyak

  54. wuaaaaaaa cantik banget pantainya, jeneponto memng terkenal coto kuda nya tak dinyana pantainya indah jua...

    i like it!


    lama tdak menyapa abang kita di makasar : 'apa kabar...smoga sukses selalu buat abang :)'

  55. wuuuiiiihhhh
    panas-panas minm es kelapa muda
    muantaaaabbbbb

  56. wah suatu waktu bisa maen kesitu.. kebetulan dekat dari kota kelahiran saya di palu... mohon dukungannya kbetulan blog sy lg mengikuti kontes sob.. thanks ya

  57. amin...
    semoga doanya terkabul ^_^

  58. Wisata Kelapa Muda sudah di terbut di situs tips wisata murah sob. sukses selalu

  59. maaf baru bisa berkunjung sob...
    pantainya bagus keliatannya sob

  60. wah pantainya masih asri dan terawat....
    keep it ya....
    :)

  61. wah kayaknya pantainya asri enak buat santai tidur"

  62. ahh,bikin aus tu kelapa mudahnya kak ditambah suasana pantai yang keren

    damai deh rasanya:)

  63. Subhanallah... pemandangannya apik bangeett :D kapaaan ye bisa jalan2 ke sulawesi nyobain kelapa mudanya pak sabda *ngileerrrrrrrrrr*

  64. Subhanallah..
    inovatif sekali ya Pak Sabda...
    semoga sukses terus Pak Sabda!
    :D

  65. Always here supporting your nice site.

  66. air kelapa muda. hmm enak yah, tp gk kebayang mahalny. d rumah ane es air kelapa muda yg asli aj 10rb :D

    *salam kenal sob, jgn lipa mampir+like fanpage yah

  67. benarkah??
    saya dari bandung tempatnya jauh dari tempat ku

  68. This comment has been removed by the author.

  69. Hi There!

    thanks to visit me!

    I love stay on the beach, the wind are so fresh and invigorating, here where I live may take 6 hour by car to arrive at the coast, Brazil are so bigger,

    this beach you are showing on your page are calm and fresh, I like beaches like that,

    I have never saw a way to cut the coconut like that, cool!

    hugs ;)

  70. asri banged.. jadi kepingin manjat pohon deh :(

  71. Memang ciptaan Allah itu indah ya pak..
    Subhanallah..
    Semoga berkah terus pak Sabdanya :)

  72. Wah,..keren tempat wisata yang Indah dan menarik, jadi pingin mampir gan. terimakasih informasinya

  73. wahhh..jalan2 terus ni bang :), foto2nya mantab...
    happy blogging ya

  74. justru yang alami lebih indah, mungkin yang perlu di benahi air tawar dan toilet... selama itu ada sudah cukup nyaman maen disana...

  75. Hi, friend Hariyanto!
    I think that you live on paradise!
    It's really a marvelous place!
    Congratulations for this blog and this post!
    Warm regards from Brasil!

  76. harga kelapa mudanya ternyata sama mas.. di Palembang juga 5000 rupiah.. :D

    eh itu beneran yaa, coto kuda itu dari daging kuda?? kok serem yaa..

  77. Pantainya indah di tambah lagi dgn buah kelapanya yang segar2...jadi kepingin pergi ke pantai menikmati buah kelapa dan desiran pantai.
    Salam KKISP :)

  78. @_@ wow melihat pantainya jadi pengen ke patnai..

    sejuk sekali saya melihatnya..
    nini masi katro belum penah ke pantai -__-

  79. indahnya kawasan ni... ^,^

  80. Haya says:

    Penguasaha memang harus kreatif ya... pantainya indah ^^d

  81. Pemandangan alam yang indah untuk dinikmati.

  82. sungguh indah pemandangan nya bang....makasih share nya

  83. Elis says:

    menarik sekali mas,,,, enak buat liburan ya...ah mau bulan madu ke sana deh hehe

  84. sungguh tempat yang indah...
    sepertinya bagus kalau jln" disana.
    hehe..

  85. jadi pengen maen ke pantai gitu deh, tapi sibuk sama kerjaan :(
    Waduhh :(
    Luar biasa si abang satu ini, liburan terus :D

  86. Kelapa muda ... nyamanna bela :)

    Kenapa tdk diikutkan lomba blog ttg pariwisata tulisan ini? Keren ...

  87. Kelapa muda ... nyamanna bela :)

    Kenapa tdk diikutkan lomba blog ttg pariwisata tulisan ini? Keren ...

  88. mantap gan
    degan ijo sangat nikmat

  89. wah.. wah blognya keren kanda+konten yang menarik.....

  90. Berwisata ke pantai itu sangat menyenangkan... apalagi pantainya cantik begitu. Liat pohon kelapa jadi ingin minum es kelapa muda deh hehehe

  91. ni pantai keren banget gan,seger ya bisa main kesana.nuansanya alami :D

  92. benar-benar menggoda kelapa mudanya... seger

  93. baru denger tentang Jeneponto, masih bersih ya pasti, sepi sepi lagi bisa teriak puas deh.hehe jadi mau libuuran ke sana rasanya, tapi jauh juga.

    Ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai, info lebih lanjut langsung saja ke blog saya.

  94. You're right, I like plants a lot!
    Beautiful place you live!

  95. Menyenangkan rasanya bisa berlibur ke pantai.. Sudah lama juga aku tidak ke pantai :)

  96. pagi-pagi jadi kepnegn makan keplapa muda nih daeng...

  97. wah,pemandangannya menakjubkan.

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend