Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Propinsi Gorontalo Barisan Kota Sejuta Warna

Hariyanto Wijoyo | 96 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia.
Kali ini saya berkisah tentang perjalanan menyusuri kota yang di Propinsi Gorontalo, propinsi yang terletak di sebelah utara pulau Sulawesi ini.
Sebenarnya ini bukanlah cerita yang baru terjadi, melainkan sudah lama kejadiannya, sekitar bulan Februari 2011 (ups lama banget ya), dan sepertinya akan banyak postingan-ku yang diangkat dari kisah-kisah perjalanan yang lama tapi baru.

Berawal dari kota Gorontalo, kami , Pak Salam, Pak Abdullah dan Saya, berangkat menuju Limboto, kota yang keindahannya tidak dimiliki oleh kota-kota lainnya. Di sini kami menikmati sajian pemandangan kota yang religius, dan ada satu yang unik yaitu Menara Kota Paris atau Menara Eiffel juga ada di kota ini.

Konon ada kisah duka di menara kebangaan masyarakat Limboto ini, tentang seorang Jejaka, yang kisah asmaranya di tolak, lalu mati bunuh diri di menara ini.
Kisah yang tragis sekali, memutuskan hubungan dengan dunia nyata hanya karena cinta di tolak.
Apapun itu, menara ini tetaplah tegak berdiri sebagai symbol dan masyarakat tak henti bangga bercerita tentangnya.





Sholat Dhuhur-pun di laksanakan di Masjid Agung Limboto, alangkah nikmat dan syahdunya, sholat di tengah-tengah kekhusyukan masyarakat yang ber-ibadah. Melihat indah-nya ornamen-ornamen masjid yang ada, menunjukkan kelas dari golongan mana mereka berada.
Selepas dari Limboto, kamipun menuju ke Boalemo. Dalam perjalanan ke Boalemo sepanjang jalan yang dilalui, ada rasa yang dibarengi tanda tanya kala memandang rumah-rumah penduduknya.
Aneka warna saling tabrak menabrak, tak perduli warna apapun tetaplah sangat layak mendapat tempat di dinding rumah. Dan memang benar kata orang, Propinsi Gorontalo, dengan Barisan Kota Sejuta Warna, seakan menghiasi berbenturan tapi rapi, rumah-rumah yang beraneka bentuk dan beraneka warna hadir tertata rapi sepanjang jalan. Tak hanya dua warna dalam satu rumah, tapi bahkan ada yang berani bermain hingga empat dan lima warna dalam sapuan kuas menghias tembok-tembok rumah yang ada.


-->
Dari rumah penduduk, hingga ke rumah pejabat, lalu ke gedung-gedung ibadah dan juga tempat rakyat menitipkan nasibnya, yaitu di Kantor Bupati. Semuanya sama, berani bermain warna dengan aneka warna yang dipilih untuk meramaikannya.
Tak sabar kami-pun sempat melepas lelah di Pantai Bolihutuo Indah - Boalemo, gugusan pantai yang indah dan asri, serta tertata rapi. 
Selanjutnya mengikuti langkah kaki meneruskan langkah ke Pohuwato.

Sungguh masih banyak lagi sebenarnya yang bisa diceritakan di Pohuwato, namun suasananya tidak beda jauh dengan tempat sebelumnya. Suasananya sama saja, nuansa pelangi sejuta warna tetap saja hadir di Pohuwato. Seakan ingin menyeragamkan suasana di Propinsi Gorontalo ini, sebagai Barisan Kota Sejuta Warna. Kesan yang sangat menarik saat berkunjung ke Propinsi Gorontalo, entah kapan lagi bisa kembali datang berkunjung di sini .








Category : , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

96 komentar

  1. Wahhh Sangat - sangat indah, sayangX aku hidup di sul-sel tapi gak pernah jalan jalan hihihihi

  2. wah sulawesi lagi ya bang, emang mantap ya. sayang ane belum pernah ke sana, itu beneran seperti menara efel ya. bedanya di perancis rame, di sana belum rame. heheh,
    saya ke sana ah buat ngeramein. boleh?

  3. masih terlihat asri ya? pantainyapun bersih.... sungguh menawan hati, berbeda dengan di pulau jawa. yang sudah tidak terlihat bersih lagi.
    tapi ko terlihat sepi ya?

  4. Gorontalo daerah asal ibu saya... namun belum pernah kesana lagi.. itu masjidnya bagus banget ya gan. Alam sulawesi itu indah ya terutama pantai nya. :D saya suka sama pantai nya sulawesi khususnya tanjung karang beach (tau kan itu dimana)

  5. wah memang indah gorontalo
    buat mata melongo
    karna asrinya itu lo…

  6. Barisan Kota Sejuta Warna, ungkapan yang memang tepat untuk menggambarkan keindahannya
    apalagi masjidnya wow
    nice share mas, makasih :)

  7. wow, benar2 penuh wwarna sob, berwarna warni :D

  8. Mantap suasananya Om, suasananya nyaman.. jadi pengen kesana Ber-wisata Om. Salam

  9. Bagus benar ending fotonya Om, Gorontalo menggiurkan juga nih untuk di kunjungi.

  10. tertarik dengan menara limboto, menara mesjidkah?..ceritanya sangat tragis terbayang saat melayang dari ketinggian menara tersebut, akankah cilembu bisa menikmati panorama profinsi gorontalo, kampung halaman sohib Tonny Mondong.

    hepi selalu dan sehat lahir bathin bang...amin

  11. manteeeeeeeeeeebb uy.. ijin nyimak aja bang. :D

    nice post

  12. Wa'alaikumsalam.
    Impian ingin keluar pulau jawa belum tersampaikan. rasanya ingin berlibur ke sulawesi dan gorontalo menikmati indahnya pemandangan disana. Gorontalo memang merupakan kota sejuta warna.

  13. Jadi dari Gorontalo nih? ole2 dari sana apa yah?penasaran.... :)

  14. wahh...sumpah bang saya jadi malu nih, mestinya saya menulis tentang daerah saya tapi justru abang menulis duluan, ucapan terima kasih sebesar2nya karena sudah membuat tulisan ini bang hehe, semoga bisa balik gorontalo lagi bang ya hehe, ohya...sepertinya hampir seluruh sulawesi dah dikunjungi ya bang *smile
    ohya, ada sobat baik saya yang komen hehe, kades Cilembu *smile

  15. takkjub aku melihat salah satu masjid yg ramai dengan para jama'ah nya..

  16. hmmm perjalanan dan pemandangan yang sangat menakjubkan. lain waktu boleh ya di share lagi; seperti ada beberapa point yang sangat mearik untuk di bagi pada khalayak ramai.

  17. waaah.. makin lama makin penasaran ma gorontalo nih.. pengen kesanaaa.. :D

  18. dalam rangka pa itu pak.., sy lihat dr kemarin tema2x jalan2 melulu hehhe..., nyamanna i2.. :)

  19. ki apa so ngoni jalan2 tdk ajak pakita..,

    klo gk salah logal gorontalo gitu ya..?? heheh.. mirip2 manado.. *smile

  20. pengen rasanya maen kenegeri gorontalo,katanya disana sejarah islam disulawesi dimulai ya bang?hehe

  21. informasi yang bisa menambah wawasan pengetahuan tentang Gorontalo bagi yang selama ini hanya mengenal namanya saja Sob

  22. wah mantap juga yah gorontalo itu, ane mah belum pernah kesana sobat hehe. :) Melihat gambar2nya aja udah keren :D

  23. Woh ada menara eifelnya juga, punya cerita menarik juga dimenaranya cerita cinta seorang pemuda yang bunuh diri, kalo hal ini diangkat ke cerita film pasti akan lebih menarik dari cerita2 yang ada diluar negeri seperti cerita romeo, nice posting bang yanto

  24. Woh ada menara eifelnya juga, punya cerita menarik juga dimenaranya cerita cinta seorang pemuda yang bunuh diri, kalo hal ini diangkat ke cerita film pasti akan lebih menarik dari cerita2 yang ada diluar negeri seperti cerita romeo, nice posting bang yanto

  25. wah indah sekali sob :)
    Jadi pengen kesana nih hehe
    Nice share and Thanks for infonya

  26. Wah sobat kita ini hobby nya jalan-jalan ya, ajak2 dong..hehe..

  27. Senang baca dan lihat foto2nya, karena saya belum pernah ke Sulawesi sama sekali. Terlihat bersih dan apik...

  28. subhanallah, ternyata Gorontalo sangat amat indah sekali. Jd pengen menikmati lgsg ke sana. :-)

  29. Liat - liat kota gorontalo jadi pengen kunjung nih kesana...bagus ya kotanya...ketemu norman ga yah...heheheheehe

  30. Gorontalo,,,
    provisi muda dan itu kenapa ada balai nikah...??
    apa buat nikah massalkah...??
    :P

  31. pengen banget maen ksana., :D kapan ya.,

  32. Masya Allah....mesjid sama pantai nya indah dih :)

  33. waahh indah yaa ternyata.. apalagi ada yng mirip mmnara eifel.. tapi sayngya krna ada yg bnuh diri

  34. gorontalo, sayang saya belum pernah menginjakan kaki ke pulau sulawesi :D

    *share kota balaikarangan, kalbar donk :D

  35. Gorontalo memang patut dibanggakan, salah satu daerah yang maju di Indonesia ..

    sayangnya ane belum pernah kesana sob, doakan semoga bisa jalan-jalan menikmati indahnya Gorontalo

  36. Waw, asik bgt tuh perjalanannya, jd pengen jg pergi kesana, smoga bs segera terwujud....amin :)

  37. terlihat dari gambarnya Gorontalo memang sangat indah dan bangunanya juga Mega yach daeng???

  38. wah ane belum ke gorontalo sob, besok deh nyusul hhe

  39. kunjungan silaturahmi

    bagus nih sob artikelnya..
    promosi tempat wisata yg keren2..

  40. Nama menaranya juga menara eiffel? @_@
    Mau juga dong ke Gorontalo hehe :D

  41. Jadi lebih mengenal akan provinsi gorontalo sahabat

  42. wah,,indah juga kota gorontalo :)

    belum pernah kesana,,tapi lihat photonya indah dan sejuk jauh dari polusi :)

  43. wow...keren megah dan indah..

  44. LAMA GA BERKUNJUNG TERNYATA POSTINGANNYA MAKIN KEREN AJA
    maaf baru bisa berkunjung sob,selamat siang selamat beristirahat

  45. ada menara nya jg ya kita kaya ternyata ya he he bangunnnya bagus 2 jg

  46. wah asik banget nih jalan2 mulu,, :D

  47. dilihat dari bangunanya, pasti kotanya tertata dengan rapi ya gan, wah keren gorontalo

  48. Bangunanya mantap dan sangat menarik dengan warna-warni yang indah.Sulawesi Indah menarik untuk dikunjungi,jadi pingin berkunjung nie Gan.
    Nice share,happy blogging.

  49. hebat banget sisi arsitek bangunan masjidnya.... diatasnya kayak menara paris...
    emang indah daerah gorontalo

  50. ternyata gorontalo sangat menawan ya mas.... salut banget
    salam hangat dan happy bloging mas

  51. propinsi tetanggaku, hehe.

  52. Subhanallah,indanya...kapan ya kira2 bisa ke Gorontalo.?? :D

  53. dengan blog aku bisa tau goron talo , maksih gan

  54. Daeng, Kameranya pake apa ya..?

  55. datang lagi melihat mempesonanya
    dan cantiknya gorontalo... :)

  56. waaahh,, kapan yaa saya bisa kesana.. hihihi.. :S, sungguh alam yang merayu :o

  57. mampir lagi sobat untuk menyambung silahturahmi...

  58. bangunan disana penuh warna ya mas :D

  59. enaknya jalan-jalan terus nih hari

  60. Kisah cinta dibalik menaranya miris juga ya sob hehehe..

    Btw sob kok postingan terbaru blog ini gak pernah lewat berandaku ya sob. Kalo ane klik rss nya gak muncul tuh. kenapa ya sob?

  61. nama-nama daerah yang selama ini hanya bisa saya dengar melalui tayangan televisi. dan pemaparan ini memberikan gambaran yang lebih indah tentang gorontalo. Mudah-mudahan suatu saat bisa ke sana

  62. NURA says:

    asalamualaikum
    benar-benar sejuta warna
    rumah2 di Gorontalo selalu warna cerah cat dindingnya.

  63. waaa..bangunannya keren2 :)

  64. Sepertinya akhir-akhir ini makin sering share tentang daerahnya. Teruskan mas, daerahnya menarik dan eksotis. Banyak tempat yang indah-indah saya liat.

  65. NF says:

    kalau Gorontalo itu bahasanya sama ngga ya dengan Makassar? pakai mi - di - ji juga di akhir kalimatkah?

  66. terlihat bangunan yang megah dan penuh warna serta pantai yang asri.. nice share Sob...

  67. kunjungan pagi di blog sobat.. :D

  68. wah bagusnyaaaa :D gorontalo yg indah

  69. bangunannya megah2 ya gan :D

  70. sepertinya harus ekspansi ke sana nih, hehe

  71. kapan yah bisa main ke sanah ...

  72. masih di Gorontalo ya.. :)

  73. wewww uenak sekalii... pengen deh rasanya kesana tapi gak ada duitnya xexeex

  74. Wah...subhanalloh bagus bgt ternyata Gorontalo itu ya mas..mau tanya Gorontalo itu apa ke Islam-annya kental ya?soalnya diliat dr gaya arsitekturnya,sepertinya islam disana sgt kental.

  75. wah..teringin sekali mahu jejak kaki ke sana =D

  76. belum pernah keluar pulau Jawa..
    pengen juga ke sana :)

  77. berkunjung lagi sekedar nyambung silaturrahmi :D

  78. benar-benar indah dengan kergaman warnanya, perpaduan warna yang berani dan menarik...ternyata tdk perlu ke paris untk mnikmati mnara eifel, perjalan yg mnarik daeng.. ;)

  79. Fotonya bagus-bagus sob

    Salam kenal n sekalian izin follow ya
    terima kasih sebelumnya

  80. jadi pengen main ke gorontalo nih,baru ngelihat dari foto2nya aja udah indah gimanalagi aslinya

  81. wow..., sebuah perjalanan yang asyik neh... foto2nya juga bagus..., semoga suatu saat saya bisa ke sana....

    makasih ya pak telah berbagi ihwal yang asyik ini...

  82. Wah sangat menakjubkan !!! begitu elok di pandang. Jadi pengen kesana nih !...

  83. itu foto pertama masjid di dalam menara eiffel yah :D

  84. om,saya akhir2 ini pakai netbook,sedikit masukan nich.widget (Tebe'Ki' Daeng) menghalangi artikelnya jadi maaf agak mengganggu.

  85. Sulawesi dan Kalimantan mungkin gak lama lagi akan mengalahkan pulau jawa nih :D

  86. mampir pagi k4 ini lagii..
    xixixi

  87. very interesting, hopefully wisata lokal lebih dipromokan biar banyak dikenal dunia

  88. Wah, jadi pengen kesana...

New comments are not allowed.

96 komentar

  1. Wahhh Sangat - sangat indah, sayangX aku hidup di sul-sel tapi gak pernah jalan jalan hihihihi

  2. wah sulawesi lagi ya bang, emang mantap ya. sayang ane belum pernah ke sana, itu beneran seperti menara efel ya. bedanya di perancis rame, di sana belum rame. heheh,
    saya ke sana ah buat ngeramein. boleh?

  3. masih terlihat asri ya? pantainyapun bersih.... sungguh menawan hati, berbeda dengan di pulau jawa. yang sudah tidak terlihat bersih lagi.
    tapi ko terlihat sepi ya?

  4. Gorontalo daerah asal ibu saya... namun belum pernah kesana lagi.. itu masjidnya bagus banget ya gan. Alam sulawesi itu indah ya terutama pantai nya. :D saya suka sama pantai nya sulawesi khususnya tanjung karang beach (tau kan itu dimana)

  5. wah memang indah gorontalo
    buat mata melongo
    karna asrinya itu lo…

  6. Barisan Kota Sejuta Warna, ungkapan yang memang tepat untuk menggambarkan keindahannya
    apalagi masjidnya wow
    nice share mas, makasih :)

  7. wow, benar2 penuh wwarna sob, berwarna warni :D

  8. Mantap suasananya Om, suasananya nyaman.. jadi pengen kesana Ber-wisata Om. Salam

  9. Bagus benar ending fotonya Om, Gorontalo menggiurkan juga nih untuk di kunjungi.

  10. tertarik dengan menara limboto, menara mesjidkah?..ceritanya sangat tragis terbayang saat melayang dari ketinggian menara tersebut, akankah cilembu bisa menikmati panorama profinsi gorontalo, kampung halaman sohib Tonny Mondong.

    hepi selalu dan sehat lahir bathin bang...amin

  11. manteeeeeeeeeeebb uy.. ijin nyimak aja bang. :D

    nice post

  12. Wa'alaikumsalam.
    Impian ingin keluar pulau jawa belum tersampaikan. rasanya ingin berlibur ke sulawesi dan gorontalo menikmati indahnya pemandangan disana. Gorontalo memang merupakan kota sejuta warna.

  13. Jadi dari Gorontalo nih? ole2 dari sana apa yah?penasaran.... :)

  14. wahh...sumpah bang saya jadi malu nih, mestinya saya menulis tentang daerah saya tapi justru abang menulis duluan, ucapan terima kasih sebesar2nya karena sudah membuat tulisan ini bang hehe, semoga bisa balik gorontalo lagi bang ya hehe, ohya...sepertinya hampir seluruh sulawesi dah dikunjungi ya bang *smile
    ohya, ada sobat baik saya yang komen hehe, kades Cilembu *smile

  15. takkjub aku melihat salah satu masjid yg ramai dengan para jama'ah nya..

  16. hmmm perjalanan dan pemandangan yang sangat menakjubkan. lain waktu boleh ya di share lagi; seperti ada beberapa point yang sangat mearik untuk di bagi pada khalayak ramai.

  17. waaah.. makin lama makin penasaran ma gorontalo nih.. pengen kesanaaa.. :D

  18. dalam rangka pa itu pak.., sy lihat dr kemarin tema2x jalan2 melulu hehhe..., nyamanna i2.. :)

  19. ki apa so ngoni jalan2 tdk ajak pakita..,

    klo gk salah logal gorontalo gitu ya..?? heheh.. mirip2 manado.. *smile

  20. pengen rasanya maen kenegeri gorontalo,katanya disana sejarah islam disulawesi dimulai ya bang?hehe

  21. informasi yang bisa menambah wawasan pengetahuan tentang Gorontalo bagi yang selama ini hanya mengenal namanya saja Sob

  22. wah mantap juga yah gorontalo itu, ane mah belum pernah kesana sobat hehe. :) Melihat gambar2nya aja udah keren :D

  23. Woh ada menara eifelnya juga, punya cerita menarik juga dimenaranya cerita cinta seorang pemuda yang bunuh diri, kalo hal ini diangkat ke cerita film pasti akan lebih menarik dari cerita2 yang ada diluar negeri seperti cerita romeo, nice posting bang yanto

  24. Woh ada menara eifelnya juga, punya cerita menarik juga dimenaranya cerita cinta seorang pemuda yang bunuh diri, kalo hal ini diangkat ke cerita film pasti akan lebih menarik dari cerita2 yang ada diluar negeri seperti cerita romeo, nice posting bang yanto

  25. wah indah sekali sob :)
    Jadi pengen kesana nih hehe
    Nice share and Thanks for infonya

  26. Wah sobat kita ini hobby nya jalan-jalan ya, ajak2 dong..hehe..

  27. Senang baca dan lihat foto2nya, karena saya belum pernah ke Sulawesi sama sekali. Terlihat bersih dan apik...

  28. subhanallah, ternyata Gorontalo sangat amat indah sekali. Jd pengen menikmati lgsg ke sana. :-)

  29. Liat - liat kota gorontalo jadi pengen kunjung nih kesana...bagus ya kotanya...ketemu norman ga yah...heheheheehe

  30. Gorontalo,,,
    provisi muda dan itu kenapa ada balai nikah...??
    apa buat nikah massalkah...??
    :P

  31. pengen banget maen ksana., :D kapan ya.,

  32. Masya Allah....mesjid sama pantai nya indah dih :)

  33. waahh indah yaa ternyata.. apalagi ada yng mirip mmnara eifel.. tapi sayngya krna ada yg bnuh diri

  34. gorontalo, sayang saya belum pernah menginjakan kaki ke pulau sulawesi :D

    *share kota balaikarangan, kalbar donk :D

  35. Gorontalo memang patut dibanggakan, salah satu daerah yang maju di Indonesia ..

    sayangnya ane belum pernah kesana sob, doakan semoga bisa jalan-jalan menikmati indahnya Gorontalo

  36. Waw, asik bgt tuh perjalanannya, jd pengen jg pergi kesana, smoga bs segera terwujud....amin :)

  37. terlihat dari gambarnya Gorontalo memang sangat indah dan bangunanya juga Mega yach daeng???

  38. wah ane belum ke gorontalo sob, besok deh nyusul hhe

  39. kunjungan silaturahmi

    bagus nih sob artikelnya..
    promosi tempat wisata yg keren2..

  40. Nama menaranya juga menara eiffel? @_@
    Mau juga dong ke Gorontalo hehe :D

  41. Jadi lebih mengenal akan provinsi gorontalo sahabat

  42. wah,,indah juga kota gorontalo :)

    belum pernah kesana,,tapi lihat photonya indah dan sejuk jauh dari polusi :)

  43. wow...keren megah dan indah..

  44. LAMA GA BERKUNJUNG TERNYATA POSTINGANNYA MAKIN KEREN AJA
    maaf baru bisa berkunjung sob,selamat siang selamat beristirahat

  45. ada menara nya jg ya kita kaya ternyata ya he he bangunnnya bagus 2 jg

  46. wah asik banget nih jalan2 mulu,, :D

  47. dilihat dari bangunanya, pasti kotanya tertata dengan rapi ya gan, wah keren gorontalo

  48. Bangunanya mantap dan sangat menarik dengan warna-warni yang indah.Sulawesi Indah menarik untuk dikunjungi,jadi pingin berkunjung nie Gan.
    Nice share,happy blogging.

  49. hebat banget sisi arsitek bangunan masjidnya.... diatasnya kayak menara paris...
    emang indah daerah gorontalo

  50. ternyata gorontalo sangat menawan ya mas.... salut banget
    salam hangat dan happy bloging mas

  51. propinsi tetanggaku, hehe.

  52. Subhanallah,indanya...kapan ya kira2 bisa ke Gorontalo.?? :D

  53. dengan blog aku bisa tau goron talo , maksih gan

  54. Daeng, Kameranya pake apa ya..?

  55. datang lagi melihat mempesonanya
    dan cantiknya gorontalo... :)

  56. waaahh,, kapan yaa saya bisa kesana.. hihihi.. :S, sungguh alam yang merayu :o

  57. mampir lagi sobat untuk menyambung silahturahmi...

  58. bangunan disana penuh warna ya mas :D

  59. enaknya jalan-jalan terus nih hari

  60. Kisah cinta dibalik menaranya miris juga ya sob hehehe..

    Btw sob kok postingan terbaru blog ini gak pernah lewat berandaku ya sob. Kalo ane klik rss nya gak muncul tuh. kenapa ya sob?

  61. nama-nama daerah yang selama ini hanya bisa saya dengar melalui tayangan televisi. dan pemaparan ini memberikan gambaran yang lebih indah tentang gorontalo. Mudah-mudahan suatu saat bisa ke sana

  62. NURA says:

    asalamualaikum
    benar-benar sejuta warna
    rumah2 di Gorontalo selalu warna cerah cat dindingnya.

  63. waaa..bangunannya keren2 :)

  64. Sepertinya akhir-akhir ini makin sering share tentang daerahnya. Teruskan mas, daerahnya menarik dan eksotis. Banyak tempat yang indah-indah saya liat.

  65. NF says:

    kalau Gorontalo itu bahasanya sama ngga ya dengan Makassar? pakai mi - di - ji juga di akhir kalimatkah?

  66. terlihat bangunan yang megah dan penuh warna serta pantai yang asri.. nice share Sob...

  67. kunjungan pagi di blog sobat.. :D

  68. wah bagusnyaaaa :D gorontalo yg indah

  69. bangunannya megah2 ya gan :D

  70. sepertinya harus ekspansi ke sana nih, hehe

  71. kapan yah bisa main ke sanah ...

  72. masih di Gorontalo ya.. :)

  73. wewww uenak sekalii... pengen deh rasanya kesana tapi gak ada duitnya xexeex

  74. Wah...subhanalloh bagus bgt ternyata Gorontalo itu ya mas..mau tanya Gorontalo itu apa ke Islam-annya kental ya?soalnya diliat dr gaya arsitekturnya,sepertinya islam disana sgt kental.

  75. wah..teringin sekali mahu jejak kaki ke sana =D

  76. belum pernah keluar pulau Jawa..
    pengen juga ke sana :)

  77. berkunjung lagi sekedar nyambung silaturrahmi :D

  78. benar-benar indah dengan kergaman warnanya, perpaduan warna yang berani dan menarik...ternyata tdk perlu ke paris untk mnikmati mnara eifel, perjalan yg mnarik daeng.. ;)

  79. Fotonya bagus-bagus sob

    Salam kenal n sekalian izin follow ya
    terima kasih sebelumnya

  80. jadi pengen main ke gorontalo nih,baru ngelihat dari foto2nya aja udah indah gimanalagi aslinya

  81. wow..., sebuah perjalanan yang asyik neh... foto2nya juga bagus..., semoga suatu saat saya bisa ke sana....

    makasih ya pak telah berbagi ihwal yang asyik ini...

  82. Wah sangat menakjubkan !!! begitu elok di pandang. Jadi pengen kesana nih !...

  83. itu foto pertama masjid di dalam menara eiffel yah :D

  84. om,saya akhir2 ini pakai netbook,sedikit masukan nich.widget (Tebe'Ki' Daeng) menghalangi artikelnya jadi maaf agak mengganggu.

  85. Sulawesi dan Kalimantan mungkin gak lama lagi akan mengalahkan pulau jawa nih :D

  86. mampir pagi k4 ini lagii..
    xixixi

  87. very interesting, hopefully wisata lokal lebih dipromokan biar banyak dikenal dunia

  88. Wah, jadi pengen kesana...

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend