Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?


Lazada Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senam Kesegaran Jasmani Sebelum Kerja Bakti

tularosa | 95 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia.
Hari Minggu (13052012) seluruh warga lortus dan walanae dan sekitarnya di ajak berpartisipasi dalam kerja bakti. Sehari sebelumnya sudah beredar bajakannya surat penyampaian untuk kerja bakti, dimulai jam 06:00 pagi sampai selesai. Waduh..alamat harus bangun pagi-pagi nich, padahal rencana-nya mau istirahat panjang di hari minggu. Untunglah saya sudah terbiasa bangun pagi, subuh sebelum adzan insya Allah sudah tersadar dari mimpi lelap untuk melaksanakan sholat subuh. 
Dan ketika hari Minggu-pun tiba, usai sholat subuh, oleh pengurus masjid Miftahul Khayr dibacakan lagi surat penyampaian kepada seluruh warga, agar berpartisipasi dalam kerja bakti. 

Sesudah sholat subuh, saya dan keponakan-ku, Krisna, berjalan keluar rumah, hmm masih sepi, kami melanjutkan ke ujung lorong, nampak Archilles dan Echos sedang sibuk memasang speaker pengeras suara, mungkin sebagai hiburan pada saat kerja bakti.
Saya dan Krisna-pun melanjutkan olahraga pagi, berjalan-jalan kaki keliling seputaran jalan yang ada. Segarnya udara subuh melonggarkan paru-paru yang sudah seminggu terkontaminasi polusi debu dan asap. 
Akhirnya kami kembali ke lorong, namun di ujung lorong yang saya lihat beberapa orang sibuk memasang sebuah panggung. Ada apa ini, kerja bakti kok pake panggung !? 

Usut punya usut ternyata panggung itu akan dipakai oleh Instruktur Senam yang khusus di undang oleh warga, dan rupanya sebelum kerja bakti warga akan senam kesegaran jasmani dulu. Kenapa tidak dicantumkan dalam surat penyampaian ya, agar yang ikut bisa lebih banyak lagi. Maka jadilah saat itu  warga-pun mulai ber senam ria. 




Lumayan ramai juga peserta-nya, mulai dari ibu-ibu, anak gadis yang sudah remaja hingga dewasa, bahkan anak-anakpun ikut serta, hingga yang masih balita-pun ikut serta. Nampak juga ibu Sekretaris Kelurahan, Hj, Wahbah (pakai kupluk haji warna putih dan baju biru celana putih ) ikut bergoyang mengikuti arahan instruktur senam yang didatangkan khusus dari Taman Macan. Taman Macan bukan taman untuk macan, namun taman kota yang di dalam-nya terdapat patung macan, dan di sinilah biasa dilakukan senam bersama pada hari minggu pagi.

Kemana ya gerangan para lelaki dan bapak-bapaknya. Kalau bapak-bapaknya sich masih malu-malu, kecuali bapak yang satu ini, namanya Syhaerul, aktif juga ia senam kesegaran jasmani. Mungkin sudah ada tertanam dalam diri-nya pepatah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.




Karena sifat-nya indentil, maka banyak rupanya warga yang ikut berpartisipasi tidak menyiapkan dirinya dengan baik, apakah itu berupa kostum seperti baju kaos training atau sepatu untuk senam. Bahkan ada yang hanya memakai Sandal Jepit saja, juga ada yang bertelanjang kaki, bahkan hanya memakai Jacket Jeans dan Short-Pants sudah ikut jadi peserta.

Dan yang lebih heboh lagi, ada seorang ibu yang ikut senam kesegaran jasmani dengan hanya memakai High-Hells alias sepatu hak tinggi, tapi semua tetap semangat..pokoknya yang penting turut meramaikan-lah. Apalagi di penghujung senam kesegaran jasmani ditutup dengan senam poco-poco.



Setelah lelah dan capek ber-senam ria selama kurang lebih satu setengah jam, ternyata lapar dan dahaga-pun segera menyerang tanpa kompromi. Dan segera-lah sajian kue-kue serta teh dan kopi panas yang disiapkan oleh warga akhirnya diserbu begitu usai akhir senam kesegaran jasmani .

Nah, kalau pada moment ini, baru kelihatan  dech  para lelaki dan bapak-bapaknya. Tak tahu pada sembunyi kemana mereka ya, tapi bagus juga radar-nya, berfungsi dengan baik, tepat jam untuk menyantap kue-kue, pada bermunculan-lah mereka.
Tapi, sebenarnya sich tidak begitu, karena para lelaki dan bapak-bapaknya sudah siap dari tadi untuk kerja bakti, namun karena ada kegiatan senam dadakan jadi mereka terpaksa menunda dulu.
Bukti-nya pak Babinsa, Bapak Ghofur, masih ber-seragam lengkap sudah mulai beraksi membersihkan selokan yang mulai buntu karena ada bangunan yang sementara dikerjakan dan belum selesai.



Dont Stop Komandan, ayo maju pantang mundur dengan Semangat Baru , setelah memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat kini saat-nya kita membersihkan lingkungan. Karena kebersihan adalah bahagian dari iman, sebagaimana yang diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata, 
"Rasulullah SAW bersabda : Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.” 
[HR. Muslim]
 
Berikut ini adalah cuplikan rekaman video senam kesegaran jasmani  yang diikuti oleh para warga walanae dan lortus sekitarnya, silahkan ya ditonton videonya, siapa tahu ada yang ikutan senam di tempat atau bakalan senam di tempat lain.




Category : , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

95 komentar

  1. Pic no 1 ane khawatir sekali Gan,apa tidak besar pasak daripada beban tuh,hehe?!
    Senam baik untuk kesehatan,galakan terus sambil kerja bakti.
    Nicw Gan,happy blogging.

  2. kompak bin..rajin ya... kerjabaktinya..om.. lha mana poto om har nyang lagi senam...he.he.e..

  3. memang perlu sekali gerak tubuh bagi seseorang yang bekerja selama seminggu penuh, dan dengan berolah raga dipagi hari akan menghilangkan stress karena beban kerja. dan dengan gerakan gerakan ringan pun dapat membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik, dan artikel diatas itu sangat membantu sekali. trims mas atas artikel ini semoga ini bisa menjadi masukan bagi bos-bos yg memeliki karyawan.

  4. wah rame n asik tuh kayanya :)

  5. asiik rame gtw , mantap gan :)

  6. hahaha ramenyaaaa :DD

  7. Wah .. blog yang keren. Makasih banyak Bang, sudah mampir ke blog sederhana saya ...

  8. ngga perduli mau pake apapun, pake daster pun boleh, yang penting berkeringat dan bersama2...indah banget bermasyarakat, kalau seperti ini.
    usul..kalau boleh acara kerja baktinya 2 minggu sekali bang....:o)

  9. wah.. diliat dari gambar2nya kayaknya warganya kompak-kompak ya sob.. daripada dirumah saya sepi melempem gini.. hehehe...

  10. kesehatan adalah terpenting daeng... naice share daeng...!!!

  11. wah keren uy.. pasti seru nih acaranya. :)

  12. bentar lagi jogednya sambil nyanyi..
    jadi deh grup band...
    woman and man band...
    :P
    atau bisa disebut people band.....

  13. senam kayak gini banyak diadakan di komplek-komplek loh... badan jadi segar stelah olahraga

  14. 1. koq y emak2 kabeh daeng ???
    2. yg moto berarti ga ikutan senam dong ...ketauaaaaan hehe

  15. hehe lucu lihat ibuk ibuk pakai trening. pateng pleketot. wkwkwkwk

  16. Ya Allah.. terakhir ikut senam kesegaran ini waktu SD :O jadi kangen senam lagi

  17. hehe sama sama yang di atas,, terakir kelas 6

  18. Di daerah saya juga banyak yang ngadain senam kayak beginian. Khususnya ibu rumah tangga yang gemuk badannya. :-D

  19. Menambah semangat kerja bhakti. Semangat Kerukunan dan kebersamaan yang perlu dilestarikan

  20. Harus diakui, pengurus kampung memang cerdas! Warga jadi kerja bhakti penuh antusias dan gembira!
    Tabe' Ki Daeng....!
    Salam sahabat...

  21. kegiatan yang bermanfaat, membuat tubuh dan lingkungan menjadi sehat, nice share gan

  22. wah..., kerja bakti tambah bersemangat ya Sob setelah senam yang seru itu....

  23. Terasa begitu guyup suasananya. Acara kerja bhakti dg dimulai senam kesegaran jasmani membuat lebih semarak. Ini tak akan pernah terjadi jika belum ada kebiasaan dari warga dan pengurus kampungnya. Budaya ini sepertinya layak diterapkan untuk kampung lain dan di kota lainnya, agar warga bisa lebih dekat dan membaur.

    Terima kasih atas share postingan ini bang Har :)

  24. haha. Senam biar keringetan dulu. Ototnya yg kendor biar kenceng lagi

  25. Wah ini ni,disamping menyehatkan juga melatih kekompakan dan kebersamaan. Rame juga ya acaranya.

    Sayang di daerah saya jarang diadakan acara semacam ini :(

  26. kerja bakti sdh termasuk senam jg sebenarx heheh..., jd nti usai kerja jd tambah cape deh *smile

  27. hehe... asiiikk bgt kayanya. :D biasanya abis bangun tidur.. ato mau berangkat ngerjain apappun.. sy gk pake senam2an.. hehe:D (kagak sehat amat nih)

  28. wah ikut gabung senam pasti menyenangkan ya?

  29. wah sehat bener neh udah senam ehehe aku jarang senam :D

  30. Perlu banget tuh Om peduli terhadap lingkungan. Nice Artikel Om

  31. Senam Buat kesehatan dan membersihkan lingkungan juga buat kesehatan. Wah komplit nih Om kegiatannya, patut untuk diteladani

  32. Mas hariyanto koq ga ada keliatan digambarnya, jangan-jangan mas hariyanto jadi seksi dokumentasi neh, semoga dengan menggalakan SKJ ini kita semua sehat wal'afiat

  33. semangat ya buat bapak bapak ibuk ibuk
    abis senam sarapan pisang goreng
    manteff bener

  34. wah asik banget om yg namanya senam,, apalagi dihari libur kyk gini,, :D

  35. dulu waktu masih sekolah sering banget nih saya senam mas,, tapi skrg udah jarang,, hehehe,.,

  36. Hany says:

    Wie, keren kak. andai desaku juga gt, hehe pengen

  37. wah seharusnya seperti itu gan biar otot regang jadi tidak mudak keseleo sewaktu kerja bakti :)

  38. kunjungan silaturahmi

    agar semakin akrab dan saling support...
    semoga bermanfaat berkunjung di blog sobat ini...
    sukses yaa sob..

  39. Ikutan senam sore disini Gan,makasih,happy weekend and happy blogging.

  40. asyik ya SKJ tubuh sehat sekaligus bisa becandaan.hehe

    kalau ane sih.hehe

  41. beuuhhh... nii baru seru... kebayang ajja jadinya.. tingkat kebersamaan makin tinggi.. apalagi ada acara cemilannya segala setelahnya :)

  42. Ini yg mendokumentasikan ga ikutan senam yaaah.

  43. selama jadi anak kos'an, ane kok malas olahraga ya, wah payah saya.. #mewek

  44. bersih - bersih biar lingkungan sehat.......senam biar baddan sehat....tapi gambar sobat yang mana nih kalo liat di fotonya....

  45. kesehatan adalah hal utama....betulkan sob?

    nice share..lanjutkan happy blogging

  46. datang kembali disini mas bro, salam manis dari potret pertanian...

  47. Wah bagus tuh sob, kalau Senam sebelum kerja bakti... Menambah kesehatan!

  48. Wah budaya yang sudah langka banget yak, padahal penting itu setidaknya sebelum kerja jadi press.. apalagi kalau kerjanya harus duduk terus...

  49. Hihi seru ya... nggak ikutan kontesnya pakde cholik yang temanya indonesia bangkit om?
    Kayaknya postingan ini masuk tema, hemm @_@

  50. . . wauwww,, kompak banget ya?!? he..86x . .

  51. Senaman menyihatkan badan
    tetapi permakanan perlu dijaga juga.

  52. dah lama ga senam... :)

  53. kompak bener mas masyarakatnya,,tapi emng dimana2 kalau urusan senam,yg demen para ibu2 aja,nth napa para bapak2 malu,,

  54. ini salah satu contoh kegiatan yang sangat positif dan perlu di contoh oleh semua lapisan masyarakat,olah raga sebelum kerja bakti akan menambah semangat dan juga menyehatkan.
    happy blogging

  55. selain sehat, sebagai sarana silaturahmi dan bersosialisasi semakin erat ya sob, btw pakai High-Hells, hihihiy, apa gak repot ya :D

  56. heheheh,weh..emak-emak nya pada semangat nich....Lanjutkan.

  57. wah asik ya kalau senam rame2 jadi semakin semangat
    rasa ngantuk segera minggat... :)

  58. Hhehee,,, jadi inget jaman sekolah ya sob,, senam pagi setiap hari jumat :)

  59. wow... rame n seru sob + kompak
    jadi pengen ikutan :)

  60. Ikutan nanya, lha ini ngrekam live senam warga walanae dan lortus berarti gak ikutan senam dunk? Iya seringnya kalau ada senam massal yg ikutan banyak ibu-ibunya. Oia, lha kalau saya ikutan senam massal seringya juga gak pakai alas kaki alias nyeker, memberi kesempatan untuk menyerap energi tanah...hehehehe

  61. Mampir kesini lagi mas hariyanto sambil menunggu update terbaru

  62. gak tanggung-tanggung nih lorong jalan di jadikan tempat untuk senam, senam membuat badan seht dan bugar...

  63. itu pemandunya ga ada yang lebih seksian dikit gan biar lebih semangat senamnya? hehehe.

  64. asik ya, bareng-bareng udah gitu bukan di tempat yang biasa.. :)

  65. Ada yang baru ni, LOMBA BLOG dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia". Buruan ikut lombanya mulai 1 Juni 2012, cek di sini :

    http://www.ngawur.org/2012/ngawur-writing-contest-pemanfaatan-teknologi-digital-untuk-indonesia.html

  66. kompak banget penduduk kampungnya...
    ngomong2 sampe di upload ke youtube juga lagi muantabbzzzz dagh

  67. wah seru juga tuh rame rame
    pengen coba ah

  68. wah rme dan semakin sehat jasmani dan rohani, jika gitu mau aja tiap hari senam

  69. seru nya berSKJ rame-rame ya.....unik juga ada ibu2 senam dengan high heels ..hehe

  70. wuihh,, rame masBroo..
    ekspresinya macem2.. ekspresi antusias masyarakat yg sadar terhadap lingkungan. perlu dipertahankan.

  71. mas Haryanto yang senam bajunya kuning bukan? hehe...

  72. wah seru nie bang, di tempat saya ud jarang yang beginian. heheh.

  73. Wahh asik bnget kayaknya tinggal dikampung situ,,, kebersamaan n solidaritasnya masih sangat tinggi yaa.. kereen dah gan. salut ama lingkungan tempat tinggal agan

  74. wah, kegiatan yg sgt positif d tengah globalisasi, pak.....

  75. Salut buat Daeng, kita jd bisa tau aktivitas saudara2 kita di Indonesia Timur..salam sukses

  76. Aktifitas yang menyenangkan. Tidak hanya menyehatkan juga makin mempererat kerukunan. Tuk senamnya lebih bagus di undang instruktur senam yang rada "ehm" gitu...pengalaman di tempat saya biasanya bapak2 dah ngantri pengen kerja bakti. Asal ada senamnya dulu...haha...nice share

  77. waduh mas,,kalau saya jarang tuh senam,,,makanya sekarang agak gemukan :)

  78. yuk yaaaaak yukk!!
    senam kesegaran jasmani :D
    wahhh jadi inget masa SMA hihihi SMP juga eh SD juga
    hahaha mari ki di'

  79. Mantap senam senam bergembira, susahmi dapat yg kek begini kl dikompleks2..

  80. Wauuuu yang senam. ehem ehem.... ibu ibu semangat banget. :D
    Nice Post :)

  81. Wah.. kompak sekali warga disana.... coba seandainya semua komplek kayak gitu di Indonesia..

    Patut dijadikan contoh mas Hariyanto..

    Ouh ya. dah lama ngilang ni mas.,. maaf.. saya jarang colek2..

  82. Kebiasaan yg baik tuh. Lanjutkan sob.

  83. wah terlihat sangat kompak sekali, senam kesegaran jasmani sebelum kerja selain mengasyikkan tentunya dapat menyehatkan tubuh... nice share Sobat n happy blogging.

  84. waah.. seru bgt ya senamnya.. heboh gt.. pokoknya apapun kostumnya yg penting ikut senam ya.. hihi.. *ga kebayang senam pk highheels* :D

  85. wah.. seru banget ! jadi keinget jadwal senam tiap jum'at, walo sering ngga hapal gerakan *ganti2 terus senamnya*

    btw, mas, link blognya udah saya pasang ya di homepage saya. link back ya,mas. trims

  86. asik neh,, ikutan snam pgi donk kang har :D

  87. Senam pake high heels ? Nda pake tank top ji? :P
    Oooh di Sungai Walanae ki' tinggal? Lortus itu apa?

  88. mengisi hari libur dengan Senam & Kerja Bakti...
    wah menyenangkan ya mas...

    banyak manfaat yang didapat... :)

New comments are not allowed.

95 komentar

  1. Pic no 1 ane khawatir sekali Gan,apa tidak besar pasak daripada beban tuh,hehe?!
    Senam baik untuk kesehatan,galakan terus sambil kerja bakti.
    Nicw Gan,happy blogging.

  2. kompak bin..rajin ya... kerjabaktinya..om.. lha mana poto om har nyang lagi senam...he.he.e..

  3. memang perlu sekali gerak tubuh bagi seseorang yang bekerja selama seminggu penuh, dan dengan berolah raga dipagi hari akan menghilangkan stress karena beban kerja. dan dengan gerakan gerakan ringan pun dapat membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik, dan artikel diatas itu sangat membantu sekali. trims mas atas artikel ini semoga ini bisa menjadi masukan bagi bos-bos yg memeliki karyawan.

  4. wah rame n asik tuh kayanya :)

  5. asiik rame gtw , mantap gan :)

  6. hahaha ramenyaaaa :DD

  7. Wah .. blog yang keren. Makasih banyak Bang, sudah mampir ke blog sederhana saya ...

  8. ngga perduli mau pake apapun, pake daster pun boleh, yang penting berkeringat dan bersama2...indah banget bermasyarakat, kalau seperti ini.
    usul..kalau boleh acara kerja baktinya 2 minggu sekali bang....:o)

  9. wah.. diliat dari gambar2nya kayaknya warganya kompak-kompak ya sob.. daripada dirumah saya sepi melempem gini.. hehehe...

  10. kesehatan adalah terpenting daeng... naice share daeng...!!!

  11. wah keren uy.. pasti seru nih acaranya. :)

  12. bentar lagi jogednya sambil nyanyi..
    jadi deh grup band...
    woman and man band...
    :P
    atau bisa disebut people band.....

  13. senam kayak gini banyak diadakan di komplek-komplek loh... badan jadi segar stelah olahraga

  14. 1. koq y emak2 kabeh daeng ???
    2. yg moto berarti ga ikutan senam dong ...ketauaaaaan hehe

  15. hehe lucu lihat ibuk ibuk pakai trening. pateng pleketot. wkwkwkwk

  16. Ya Allah.. terakhir ikut senam kesegaran ini waktu SD :O jadi kangen senam lagi

  17. hehe sama sama yang di atas,, terakir kelas 6

  18. Di daerah saya juga banyak yang ngadain senam kayak beginian. Khususnya ibu rumah tangga yang gemuk badannya. :-D

  19. Menambah semangat kerja bhakti. Semangat Kerukunan dan kebersamaan yang perlu dilestarikan

  20. Harus diakui, pengurus kampung memang cerdas! Warga jadi kerja bhakti penuh antusias dan gembira!
    Tabe' Ki Daeng....!
    Salam sahabat...

  21. kegiatan yang bermanfaat, membuat tubuh dan lingkungan menjadi sehat, nice share gan

  22. wah..., kerja bakti tambah bersemangat ya Sob setelah senam yang seru itu....

  23. Terasa begitu guyup suasananya. Acara kerja bhakti dg dimulai senam kesegaran jasmani membuat lebih semarak. Ini tak akan pernah terjadi jika belum ada kebiasaan dari warga dan pengurus kampungnya. Budaya ini sepertinya layak diterapkan untuk kampung lain dan di kota lainnya, agar warga bisa lebih dekat dan membaur.

    Terima kasih atas share postingan ini bang Har :)

  24. haha. Senam biar keringetan dulu. Ototnya yg kendor biar kenceng lagi

  25. Wah ini ni,disamping menyehatkan juga melatih kekompakan dan kebersamaan. Rame juga ya acaranya.

    Sayang di daerah saya jarang diadakan acara semacam ini :(

  26. kerja bakti sdh termasuk senam jg sebenarx heheh..., jd nti usai kerja jd tambah cape deh *smile

  27. hehe... asiiikk bgt kayanya. :D biasanya abis bangun tidur.. ato mau berangkat ngerjain apappun.. sy gk pake senam2an.. hehe:D (kagak sehat amat nih)

  28. wah ikut gabung senam pasti menyenangkan ya?

  29. wah sehat bener neh udah senam ehehe aku jarang senam :D

  30. Perlu banget tuh Om peduli terhadap lingkungan. Nice Artikel Om

  31. Senam Buat kesehatan dan membersihkan lingkungan juga buat kesehatan. Wah komplit nih Om kegiatannya, patut untuk diteladani

  32. Mas hariyanto koq ga ada keliatan digambarnya, jangan-jangan mas hariyanto jadi seksi dokumentasi neh, semoga dengan menggalakan SKJ ini kita semua sehat wal'afiat

  33. semangat ya buat bapak bapak ibuk ibuk
    abis senam sarapan pisang goreng
    manteff bener

  34. wah asik banget om yg namanya senam,, apalagi dihari libur kyk gini,, :D

  35. dulu waktu masih sekolah sering banget nih saya senam mas,, tapi skrg udah jarang,, hehehe,.,

  36. Hany says:

    Wie, keren kak. andai desaku juga gt, hehe pengen

  37. wah seharusnya seperti itu gan biar otot regang jadi tidak mudak keseleo sewaktu kerja bakti :)

  38. kunjungan silaturahmi

    agar semakin akrab dan saling support...
    semoga bermanfaat berkunjung di blog sobat ini...
    sukses yaa sob..

  39. Ikutan senam sore disini Gan,makasih,happy weekend and happy blogging.

  40. asyik ya SKJ tubuh sehat sekaligus bisa becandaan.hehe

    kalau ane sih.hehe

  41. beuuhhh... nii baru seru... kebayang ajja jadinya.. tingkat kebersamaan makin tinggi.. apalagi ada acara cemilannya segala setelahnya :)

  42. Ini yg mendokumentasikan ga ikutan senam yaaah.

  43. selama jadi anak kos'an, ane kok malas olahraga ya, wah payah saya.. #mewek

  44. bersih - bersih biar lingkungan sehat.......senam biar baddan sehat....tapi gambar sobat yang mana nih kalo liat di fotonya....

  45. kesehatan adalah hal utama....betulkan sob?

    nice share..lanjutkan happy blogging

  46. datang kembali disini mas bro, salam manis dari potret pertanian...

  47. Wah bagus tuh sob, kalau Senam sebelum kerja bakti... Menambah kesehatan!

  48. Wah budaya yang sudah langka banget yak, padahal penting itu setidaknya sebelum kerja jadi press.. apalagi kalau kerjanya harus duduk terus...

  49. Hihi seru ya... nggak ikutan kontesnya pakde cholik yang temanya indonesia bangkit om?
    Kayaknya postingan ini masuk tema, hemm @_@

  50. . . wauwww,, kompak banget ya?!? he..86x . .

  51. Senaman menyihatkan badan
    tetapi permakanan perlu dijaga juga.

  52. dah lama ga senam... :)

  53. kompak bener mas masyarakatnya,,tapi emng dimana2 kalau urusan senam,yg demen para ibu2 aja,nth napa para bapak2 malu,,

  54. ini salah satu contoh kegiatan yang sangat positif dan perlu di contoh oleh semua lapisan masyarakat,olah raga sebelum kerja bakti akan menambah semangat dan juga menyehatkan.
    happy blogging

  55. selain sehat, sebagai sarana silaturahmi dan bersosialisasi semakin erat ya sob, btw pakai High-Hells, hihihiy, apa gak repot ya :D

  56. heheheh,weh..emak-emak nya pada semangat nich....Lanjutkan.

  57. wah asik ya kalau senam rame2 jadi semakin semangat
    rasa ngantuk segera minggat... :)

  58. Hhehee,,, jadi inget jaman sekolah ya sob,, senam pagi setiap hari jumat :)

  59. wow... rame n seru sob + kompak
    jadi pengen ikutan :)

  60. Ikutan nanya, lha ini ngrekam live senam warga walanae dan lortus berarti gak ikutan senam dunk? Iya seringnya kalau ada senam massal yg ikutan banyak ibu-ibunya. Oia, lha kalau saya ikutan senam massal seringya juga gak pakai alas kaki alias nyeker, memberi kesempatan untuk menyerap energi tanah...hehehehe

  61. Mampir kesini lagi mas hariyanto sambil menunggu update terbaru

  62. gak tanggung-tanggung nih lorong jalan di jadikan tempat untuk senam, senam membuat badan seht dan bugar...

  63. itu pemandunya ga ada yang lebih seksian dikit gan biar lebih semangat senamnya? hehehe.

  64. asik ya, bareng-bareng udah gitu bukan di tempat yang biasa.. :)

  65. Ada yang baru ni, LOMBA BLOG dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia". Buruan ikut lombanya mulai 1 Juni 2012, cek di sini :

    http://www.ngawur.org/2012/ngawur-writing-contest-pemanfaatan-teknologi-digital-untuk-indonesia.html

  66. kompak banget penduduk kampungnya...
    ngomong2 sampe di upload ke youtube juga lagi muantabbzzzz dagh

  67. wah seru juga tuh rame rame
    pengen coba ah

  68. wah rme dan semakin sehat jasmani dan rohani, jika gitu mau aja tiap hari senam

  69. seru nya berSKJ rame-rame ya.....unik juga ada ibu2 senam dengan high heels ..hehe

  70. wuihh,, rame masBroo..
    ekspresinya macem2.. ekspresi antusias masyarakat yg sadar terhadap lingkungan. perlu dipertahankan.

  71. mas Haryanto yang senam bajunya kuning bukan? hehe...

  72. wah seru nie bang, di tempat saya ud jarang yang beginian. heheh.

  73. Wahh asik bnget kayaknya tinggal dikampung situ,,, kebersamaan n solidaritasnya masih sangat tinggi yaa.. kereen dah gan. salut ama lingkungan tempat tinggal agan

  74. wah, kegiatan yg sgt positif d tengah globalisasi, pak.....

  75. Salut buat Daeng, kita jd bisa tau aktivitas saudara2 kita di Indonesia Timur..salam sukses

  76. Aktifitas yang menyenangkan. Tidak hanya menyehatkan juga makin mempererat kerukunan. Tuk senamnya lebih bagus di undang instruktur senam yang rada "ehm" gitu...pengalaman di tempat saya biasanya bapak2 dah ngantri pengen kerja bakti. Asal ada senamnya dulu...haha...nice share

  77. waduh mas,,kalau saya jarang tuh senam,,,makanya sekarang agak gemukan :)

  78. yuk yaaaaak yukk!!
    senam kesegaran jasmani :D
    wahhh jadi inget masa SMA hihihi SMP juga eh SD juga
    hahaha mari ki di'

  79. Mantap senam senam bergembira, susahmi dapat yg kek begini kl dikompleks2..

  80. Wauuuu yang senam. ehem ehem.... ibu ibu semangat banget. :D
    Nice Post :)

  81. Wah.. kompak sekali warga disana.... coba seandainya semua komplek kayak gitu di Indonesia..

    Patut dijadikan contoh mas Hariyanto..

    Ouh ya. dah lama ngilang ni mas.,. maaf.. saya jarang colek2..

  82. Kebiasaan yg baik tuh. Lanjutkan sob.

  83. wah terlihat sangat kompak sekali, senam kesegaran jasmani sebelum kerja selain mengasyikkan tentunya dapat menyehatkan tubuh... nice share Sobat n happy blogging.

  84. waah.. seru bgt ya senamnya.. heboh gt.. pokoknya apapun kostumnya yg penting ikut senam ya.. hihi.. *ga kebayang senam pk highheels* :D

  85. wah.. seru banget ! jadi keinget jadwal senam tiap jum'at, walo sering ngga hapal gerakan *ganti2 terus senamnya*

    btw, mas, link blognya udah saya pasang ya di homepage saya. link back ya,mas. trims

  86. asik neh,, ikutan snam pgi donk kang har :D

  87. Senam pake high heels ? Nda pake tank top ji? :P
    Oooh di Sungai Walanae ki' tinggal? Lortus itu apa?

  88. mengisi hari libur dengan Senam & Kerja Bakti...
    wah menyenangkan ya mas...

    banyak manfaat yang didapat... :)

New comments are not allowed.
Fatbirder's Top 1000 Birding Websites
Google PageRank

celoteh backpacker Warung Blogger Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

KPK >ASEAN Blogger BAGUS
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend