Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?


Lazada Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Trans Hotel Kota Palopo Kesan Tak Terlupakan

tularosa | 91 komentar

Assalamualaikum, senja menjelang malam, pada hari Rabu , Tanggal Dua Puluh Sembilan , Bulan Agustus tahun Dua Ribu Dua Belas, saat saya dan kawan-kawan tiba di Trans Hotel Palopo, alhamdulillah. Kota Palopo berjarak sekitar 360 kilometer lebih dari Kota Makassar. Dalam kewajiban melaksanakan tugas Tour of Duty,  jarak Makassar – Palopo yang biasa ditempuh sekitar tujuh jam perjalanan, kali ini lumayan lebih lama waktu tempuhnya.

Kami berangkat meninggalkan Kota Makassar menuju Kota Palopo jam setengah delapan pagi, setelah habis sholat subuh keliling-keliling Kota Makassar menjemput Ibu Ika dan Ibu Huda yang rumahnya ujung pukul ujung, satu di Ujung Selatan Kota Makassar, dan Satu-nya lagi di Ujung Utara Kota Makassar. Dan setelah singgah Sholat Dhuhur dan Makan Siang di Kota Pare-Pare, juga melintasi beberapa ruas jalan yang sedang dalam proses perbaikan dan dikerjakan, Alhamdulillah, akhirnya kami bisa tiba dengan selamat sekitar jam setengah enam sore di Trans Hotel – Kota Palopo.

Jauh hari sebelum berangkat, memang sudah disampaikan undangan lisan by phone oleh Pak Harbi, pengelola sekaligus owner Trans Hotel, agar kami menginap saja di hotel miliknya. Kebetulan Pak Harbi adalah salah seorang kawan lama dari Ibu Ika, saat masih bekerja di dunia Tour and Travel. Namanya undangan, mubasir-kan kalau dilewatkan begitu saja, maka persetujuan untuk mufakat menginap di Trans Hotel-pun disepakati secara bulat.

Senja itu rombongan kecil kami dijemput oleh Pak Rahimin, orang kepercayaan Pak Harbi. Karena Pak Harbi sendiri, tidak berada ditempat, dia ada di Makassar, dan sedang siap-siap melakukan perjalanan menuju Kalosi di Kabupaten Enrekang untuk melihat proses pembangunan Hotel miliknya. Melihat dari lokasi dan tata letak dari bangunan Trans Hotel  yang beralamatkan di Jalan Jenderal Sudirman nomor 1 Kota Palopo, Propinsi Sulawesi Selatan ini, mengingatkan saya akan beberapa hotel di Bali yang hampir serupa dengannya. Apalagi model dari kamar-kamarnya yang berjumlah empat belas dan letak kamar yanh terpisah mirip dengan rumah-rumah minimalis, menimbulkan kesan serasa menginap di rumah sendiri.

Bangunan Trans Hotel terletak di lereng Bukit Sampoddo, sekitar tujuh kilo sebelum mencapai pusat kota Palopo. Bukit Sampoddo terkenal dengan warung-warung yang menjajakan Jagung Manis rebus dan bakar, hampir sepanjang jalan berdiri jejeran warung-warung yang menanti para pembeli .
Saat memasuki lokasi Trans Hotel, kami melewati jalan yang agak menurun namun tidak terjal. Rupanya bangunan-bangunan yang ada di lokasi Trans Hotel, dibangun sesuai dengan kontur tanah-nya, jadi tidak merubah secara keseluruhan struktur tanah yang ada. Bangunan yang paling atas diperuntukkan buat Restorant dan Café. Kemudian saat menuruni jalan lagi, maka akan kelihatan bangunan yang diperuntukkan buat Kantor dan Front Office Hotel serta Kitchen Laundry. Saya-pun memarkir mobil di sini, meski kata Pak Rahimin kendaraan bisa diparkir di depan kamar hotel, namun melihat jalan-nya yang cukup menurun, saya berpikir untuk cari amannya saja, mendingan parkir Daihatsu Xenia di depan Front Office.


Cafe dan Restoran, serta Kantor dan Front Office

Untuk menuju kamar hotel, kami mesti menyusuri jalan menurun setelah Front Office, dan oleh Pak Rahimin kami diberikan kamar Nomor 1 untuk Ibu Ika dan Ibu Huda, kamar nomor 2 untuk saya sendiri. Kamarnya lumayan bersih, ada fasilitas AC, Lemari Es dan Televisi 14”. Namun tidak ada fasilitas air panas dan shower yang merupakan fasilitas standar hotel-hotel lainnya yang sejenis. Apalagi dengan room rate Rp.250.000,-, bagi saya dengan harga segitu seharusnya sudah ada fasilitas shower dan air panasnya. Kemudian, untuk kamar mandi, cukup bersih, namun harus berhati-hati memakai air, karena rupanya air yang ada di hotel adalah air dari PDAM yang setiap empat hari sekali tangki penampungan airnya di isi sebanyak satu mobil tangki besar. Karena mata air yang ada di sekitar Trans Hotel keruh dan asin. Jadi pemakaian air di kamar hotel dijatah, dan setiap bak air dalam kamar hotel akan diisi, kita harus memberitahukan kepada staff hotel, kemudian staff tersebut akan menyalakan pompa airnya, dan dua puluh menit kemudian, pompa airnya akan dimatikan kembali, tanpa bertanya apakah bak air sudah penuh atau tidak. Nah, bagi yang mau menginap di Trans Hotel dan punya kebiasaan menghabiskan air yang sangat banyak kalau mandi, perlu mewaspai hal ini. Apalagi kalau yang sering buang air besar…benar-benar harus waspada dan selalu waspada.


Dua Kamar Tempat Kami Menginap Terletak Di sebelah Kanan


View  sekitar hotel  indah dan alamnya sangat sejuk, apalagi kalau di pagi hari. Kita dapat melihat jelas deretan pegunungan yang mejadi jalan lintasan dari Kota Palopo menuju Kabupaten Toraja. Juga nampak hamparan empang atau tambak-tambak ikan di kaki Bukit Sampoddo. Dan soal makanan, sungguh luarbiasa, menunya sangat bisa diandalkan. Pada saat kami makan malam, disajikan Cumi Saus Padang, Udang Goreng Tepung, Ayam Goreng Kecap, Kangkung Tumis, Ikan Baronang dimasak Rica-rica dan Nasi Putih. Sementara untuk sarapan, kami disajikan nasi goreng seafood. Rupanya semua masakan itu dibuat oleh Pak Rahimin...hebat luarbiasa. Pak Rahimin dulunya dibawa oleh Pak Harbi dari Nusa Tenggara. kemudian di sekolahkan di Makassar oleh Pak Harbi, dan kini dipercayakan untuk mengelola Trans Hotel. Rupanya sudah banyak anak-anak yang dibawa oleh Pak Harbi, kemudian disekolahkan di Makassar, dan setelah besar dipekerjakan oleh Pak Harbi, lalu banyak yang sudah berhasil membuka usaha-nya sendiri. Benar-benar salut untuk kemuliaan hati Pak Harbi.

Bangunan Paling Atas adalah Villa Utama - di Bawahnya adalah Villa Karyawan

Trans Hotel Kota Palopo, memiliki lima orang karyawan, empat orang lelaki dan satu orang wanita, termasuk Pak Rahimin. Semua karyawan tersebut tinggal di villa karyawan yang letaknya di samping villa utama, tempat pemilik dan pengelola Trans Hotel menginap, kalau kebetulan pengelola dan pemiliknya berada di Trans Hotel Kota Palopo. Karena Pak Harbi adalah seorang businessman, maka beliau saat berada di Trans Hotel hanya dua hari saja, lalu beliau pergi lagi ke darah lainnya, di mana bisnis-bisnisnya berada.

Kami hanya menginap semalam di Trans Hotel Kota Palopo, dan akan melanjutkan perjalanan untuk Tour Of Duty lagi, namun kesan keramahan para karyawan Trans Hotel, dan kesempatan menikmati fasilitas Trans Hotel secara gratis akan menjadi kenangan indah tersendiri bagi kami.

Category : , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

91 komentar

  1. wah pemandanganya indah juga ya di sana, pastinya betah donk nginap di sana?

    Hehe

  2. CIT says:

    wah, tempatnya disitu sepertinya teduh nan sejuk, beda ama suasana kota

  3. pemandangannya indah mengingatkan pada kampung halamanku...

    coba berkunjung ke enrekang daeng.. suasananya g kalah kok..

  4. KY says:

    walaupun KY belum ada kesempatan ke sana, tapi bila datang ke sini seperti tengah melancong rasanya heee

  5. Wah, bener2 asik tuh sob Tour Of Duty di hotel palopo. Walaupun gak ada air panasnya hehehe...

  6. selamat menikmati perjalanan :)


    pemandangan di palopo asri sekali :)

  7. wah....palopo memang mantap, udara yg sejuk, asik nih menikmati perjalanannya sambil menginap di hotel trans palopp.

  8. Selamat nih,, menikmati perjalanannya sambil menginap di Trans Hotel Palopo. semoga perjalanannya memberi makna dan pelajaran yg bermanfaat...

  9. bagus sekali infonya sob,
    izin share ulang ya :D

  10. waaaaaaaaaah indahnya
    seindah nyatanya

    kapan ya kesana :)

  11. Suasananya tampak masing asri, hampir mirip dengan daerah Lembang di bandung, yang merupakan tempat Favorit bagi saya. Dan benar kata abang, bila melihat konsep bangunan pada Trans Hotel, akan terasa berada di rumah pribadi :)

  12. seger banget tempatnya.. bisa jadi referensi untuk liburan ni :D

  13. wah ane dulu juga pernah itu tour didaerah jawa timur waktu masih SMP,cuma berdua sama kakakQ.

    Ohya sobat saya mau nanya,kan ane sudah follow blog sobat tapi mengapa ane tidak pernah mendapat pemberitahuan ketika sobat update postingan.jadi saya tidak tahu ketika sobat telah update postingan baru,cara mengatasi masalah ini bagaimana ya sob.

  14. Saya bayangkan perjalanan sejauh itu, melalui jalan berkelok-kelok di sela-sela perut bukit, banyak pemandangan indah tentu dilalui, sungguh menyenangkan. Apalagi pemandangan alam sekitar hotel Trans Palopo kelihatan begitu indah sejuk sekali.

    Sangat menarik cerita singkat tentang pak Harbi, saya berdoa kelak sampeyan bisa meneladani kemuliaan pak Harbi

  15. Enak gk sob bsa ke Trans Hotel Palopo? Pasti enak dong?

  16. hotelnya sederhana tapi punya keunikan tersendiri ya :)
    pengen banget rasanya bisa jalan2 keliling indonesia, dan kalau ke makasar singgah juga dikota palopo ini :D

  17. sepertinya tempat yang sangat indah ya sob :)

  18. semakin banyak potensi yang dapat digali dan pasti sangat berguna informasi seperti ini, baik bagi wisatawan, maupun bagi kemajuan Trans Hotel sendiri. siapa tahu ditakdirkan bisa ke Palopo, kan bisa nginep disini...amin
    salam sehat ya bang

  19. hotelnya sederhana baget ya..bisa di bilang kayak perumahan dinas

  20. hotel menyatu dgn Alam... *smile

  21. memang harganya murah tapi pemandangannya luar biasa cuma ya airnya itu yang jadi masalah ya pak

  22. hotelnya sederhana, tapi bagus yah, ternyata banyak potensi yang belum tergali di sulsel...

  23. kapan2 klu bisa datang ke palopo nginap di trans hotel juga
    pemandanganya indah banget.

  24. wah adminnya tidur neh. :D

  25. Salam kenal !!!
    Pemandangan yang indah..bila kapan saya ke sana yek?

  26. soal air adalah biasa to Mas, yang pasti tertutupi kesannya dengan pemandangan yang bagus dan kuliner yang tak terlupakan. saya bisa merasakannya. jadi pengin ke palopo. belum pernah kesanaa..

  27. Bertugas sekalian jalan2... Mantap ya bang :)

  28. wah.. ga ngajak-ngajak nih, suejuk kelihatan nya Kang.
    salam

  29. btw, yang punya bisnis "toserba" itu Mas Haryanto to?
    hebat. salut. semoga sukses selalu bisnisnya ya Mas.

  30. Hadir pagi melihat Trans Hotel Kota Palopo yang menawan.Betapa sejuknya tinggal di hotel mungil ini
    Nice share Gan,happy weekend and happy blogging.

  31. wahhh, sebuah pemandangan yang indah....

  32. manteb tu hotelnya pak...
    btw masih belum bosen ma template agak berat ini...

  33. Menilik tarif dan 'bonus' pemandangan alam yang seperti itu, tak masalah Pak jika tak ada fasilitas pemanas air dan pembatasan penggunaan air. Terlebih, kampanye hemat air juga sedang booming juga. Hitung2 cinta bumi, hemat energi, hemat biaya, demi anak cucu...
    Hhehe

  34. Pak, mengomentari comment teman di atas, template blog Bapak sdh sip....
    Hanya loading agak lama. Dan saya lihat itu karena Bapak banyak numpang mengambil script yg berbasis Javascript dari orang lain. Sebaiknya Bapak menyimpan di Googlecode Bapak sendiri....

  35. Pasti tour yang sangat tidak terlupakan itu ya gan...ternyata polopo banyak pemandangan yg indah..

  36. . . wachhhhhhhhhhhhhh,, aq pengen kesana. ajak^ donk. he..86x . .

  37. wah.. cantik benar ya pemandangan di situ.. bisa bikin hati tenang aja..

  38. oh gitu ya, saya kalo mandi banyak make aer mesti hati" dong ya kalo make hotel itu..hehe
    seru sob ye :D

  39. kayak perumahan, enak tuh pasti :D

  40. sangat menarik, palopo cukup indah juga pemandangannya ya...
    Sejuk uey,,

  41. Pemandangannya bagus juga pak, suasana dalam kamar pun terkesan nyaman.

  42. pokok nya yang gratisan pasti asyik...

  43. Evi says:

    Agak ironis ya Pak, disekeliling hotel tampak banyak air tapi di hotel airnya di jatah..Rupanya dekat rawa2 begitu ada persoalan air bersih..:)

  44. wuiiiih sudah pemandangannnya bagus dan gratis pula. enak banget yah om, jadi pengen :(

  45. kok jauh ya 300 kiloan lebih
    kalo ada yang bilang palopo, aku pikir cuma selangkah doang dari makasar

  46. Kapan kapan saya akan mampir kesana..

  47. asik banget pemandangannya.. sayangya sekarang udah musimm berktivitas ya.. gak smpatliburan lagi deh

  48. trans hotel ini letaknya di daerah sappoddo yach sob, saya sering lewat di sini sobat...

  49. Langsung tour ke tempat saya juga pak dekat kok,palopo ke Sengkang hehe atau langsung aja jalan-jalan ke BONE.

  50. segala yang gratis memang lebih nikmat ya mas hehe

  51. Wah pemandangan na asik bener ne om, kelihatan gunung na, seperti na daerah disana dingin ya om :D

  52. ihh,, mantap ne pemandangan na sob,, gratis lagi hehehhh ;D

  53. Mantap nih lagi ada perjalanan dinas nih, sambil transit di trans hotel palopo. palopo yg sejuk

  54. kapan yaah bisa jalan2 ke Kota Palopo hehehehe.... :)

  55. Aku tolong minta do'anya saja ya bang Hari moga bisa ngesot kesana..sepertinya asyik banget tuh bang..hahahyyy

  56. pemandangan disekitar hotel trans indah juga ya pak...mirip dengan suasana di daerah kaliurang yogyakarta.

  57. bener2 indah sobat...
    doa'in ane banyak rejeki ya biar bisa kesana

  58. tempatnya adem ayem, asri dan lebih mantap lagi klo gratisan + pelayananannya luar biasa...he.he.he..

  59. konsep hotelnya bagus cuman sayangnya airnya terbatas..

  60. ehm. saya hanya bisa mengikuti dan menikmati ceritanya, belum bisa kesana :D

  61. wah bagus ya bang, murah lagi cuma dua ratus ribuan. tapi kalau tempat saya, yang seperti itu boleh di bilang filla. soalny yang namanya hotel sudah ter image gedung bertingkat dengan AC

  62. Wiuuhh,, mantep banget bang pemandangannya , jadi kepengen kesana.. hehehe

  63. Anonymous says:

    Subhanallah alam yang masih sangat indah ciptaan Illahi...

    boleh donk sewaktu-waktu saya diajak ke sana :)

  64. ehh Palopo juga ikut serta dalam Festival Keraton Nusantara di Baubau.
    tadi aku lihattt..

  65. Indahnya, jadi kepingin sekali2 liburan ke makassar, makasih infonya mas ^_^

  66. waaah asiiik banget tuuuh sob :)
    jadi pengeeen

    kalo menurut mahasiswa kaya gue siih tarifnya masih cukup mahal hehehe

  67. ckckck...bagus banget dan asri sekali bang hotelnya...sangat pas untuk persinggahan setelah rekreasi bang...

  68. Sangat Asri dan mantap Om situasi Bukit Sampoddo nya. I like it

  69. wew, indah, asri dan segar di pandang mata sob, hmmm ... jadi ngiri deh :D

  70. Perjalanan 'bisnis' yang amat mengesankan dengan layanan yang prima di Hotel 'Trans' Kota Palopo. Menu makanan yang lezat dan khas. Tampaknya air menjadi sesuatu yang harus dihemat dan dikelola dengan baik oleh manajemen hotel. Penghuni hotel tentu harus menyesuaikannya. Salam sukses buat Admin 'BlogS of Hariyanto'.

  71. Masya Allah, viewnya sangat indah ya.
    Trans Hotel harus kasih diskon nih sama pak Hariyanto karena sudah dipromosikan di sini :)

  72. suasana tenang cocok untuk yang butuh istirahat ya sob tapi sayang airnya terbatas kok bisa ya padahal disalah satu fotonya kelihatan air sungainya besar

  73. itu trans hotel salah satu kepunyaan Trans Corp juga gak?
    Soalnya di Bandung juga ada, dan aku pun pengen kesana .....

  74. Wah.. wah.. wah.. Bang Hari ini asik, jalan-jalan terus..

  75. saya pernah lewat kota Palopo, tapi tak sempat singgah dan menginap.. Kayaknya mantap jalan-jalan disana dan menginap di hotel ini.. nice review..

  76. wah kayanya asik banget temptnya,tapi jauh banget dari tempat saya,liat photo-photonya dari sini aja deh

  77. wow, keren habis. Jadi pengen berkunjung... saya baru sampai Bone dan Sengkang. Masih jauh ga ya ?

  78. r10 says:

    aku lihat fotonya, itu maksimum tinggal cuma 4 jam?

  79. kunjugan balik sob,,
    #smile

  80. kalau tidak salah.. ini dua daerah yang berada di dua ujung sulawesi bukan?!?! satu di utara, yang lainnya di selatan.. :( wahh hebat masnya menempuh perjalanan 360km.. banyak nian pengalaman suka duka yang pasti terukir dari tiap langkahnya ;)

  81. NF says:

    hotelnya mengingatkan akan rumah orang tua saya, kalau mau banyak air harus nyalain pompanya dulu :D tapi pemandangannya asri, bagus untuk mata hehe

  82. ini info yang sangat bermanfaat sob.. dan membantu rang yang sedang kemalaman atau sengaja liburan kesana,. thank sudah berbagi. slm sukses selalu

  83. lapor,link sobat sudah ane pasang.silahkan dicek,dan mohon kerja samanya untuk memasang link saya diblog sobat,terimakasih

  84. wah indahnya permandangannya dan sepertinya udaranya sejuk sekali tuh, makasih ya sob infonya

  85. bertamu sambil menunggu sholat isya disini dan mengucapkan salam sehat selalu.

  86. kembali hadir absen dimari om hariyanto :D

  87. wah kayanya mengasyikan yah jika nginap disana,
    ditambah pemandangannya indah dan masih murni alamnya..
    sungguh indah sekali..

New comments are not allowed.

91 komentar

  1. wah pemandanganya indah juga ya di sana, pastinya betah donk nginap di sana?

    Hehe

  2. CIT says:

    wah, tempatnya disitu sepertinya teduh nan sejuk, beda ama suasana kota

  3. pemandangannya indah mengingatkan pada kampung halamanku...

    coba berkunjung ke enrekang daeng.. suasananya g kalah kok..

  4. KY says:

    walaupun KY belum ada kesempatan ke sana, tapi bila datang ke sini seperti tengah melancong rasanya heee

  5. Wah, bener2 asik tuh sob Tour Of Duty di hotel palopo. Walaupun gak ada air panasnya hehehe...

  6. selamat menikmati perjalanan :)


    pemandangan di palopo asri sekali :)

  7. wah....palopo memang mantap, udara yg sejuk, asik nih menikmati perjalanannya sambil menginap di hotel trans palopp.

  8. Selamat nih,, menikmati perjalanannya sambil menginap di Trans Hotel Palopo. semoga perjalanannya memberi makna dan pelajaran yg bermanfaat...

  9. bagus sekali infonya sob,
    izin share ulang ya :D

  10. waaaaaaaaaah indahnya
    seindah nyatanya

    kapan ya kesana :)

  11. Suasananya tampak masing asri, hampir mirip dengan daerah Lembang di bandung, yang merupakan tempat Favorit bagi saya. Dan benar kata abang, bila melihat konsep bangunan pada Trans Hotel, akan terasa berada di rumah pribadi :)

  12. seger banget tempatnya.. bisa jadi referensi untuk liburan ni :D

  13. wah ane dulu juga pernah itu tour didaerah jawa timur waktu masih SMP,cuma berdua sama kakakQ.

    Ohya sobat saya mau nanya,kan ane sudah follow blog sobat tapi mengapa ane tidak pernah mendapat pemberitahuan ketika sobat update postingan.jadi saya tidak tahu ketika sobat telah update postingan baru,cara mengatasi masalah ini bagaimana ya sob.

  14. Saya bayangkan perjalanan sejauh itu, melalui jalan berkelok-kelok di sela-sela perut bukit, banyak pemandangan indah tentu dilalui, sungguh menyenangkan. Apalagi pemandangan alam sekitar hotel Trans Palopo kelihatan begitu indah sejuk sekali.

    Sangat menarik cerita singkat tentang pak Harbi, saya berdoa kelak sampeyan bisa meneladani kemuliaan pak Harbi

  15. Enak gk sob bsa ke Trans Hotel Palopo? Pasti enak dong?

  16. hotelnya sederhana tapi punya keunikan tersendiri ya :)
    pengen banget rasanya bisa jalan2 keliling indonesia, dan kalau ke makasar singgah juga dikota palopo ini :D

  17. sepertinya tempat yang sangat indah ya sob :)

  18. semakin banyak potensi yang dapat digali dan pasti sangat berguna informasi seperti ini, baik bagi wisatawan, maupun bagi kemajuan Trans Hotel sendiri. siapa tahu ditakdirkan bisa ke Palopo, kan bisa nginep disini...amin
    salam sehat ya bang

  19. hotelnya sederhana baget ya..bisa di bilang kayak perumahan dinas

  20. hotel menyatu dgn Alam... *smile

  21. memang harganya murah tapi pemandangannya luar biasa cuma ya airnya itu yang jadi masalah ya pak

  22. hotelnya sederhana, tapi bagus yah, ternyata banyak potensi yang belum tergali di sulsel...

  23. kapan2 klu bisa datang ke palopo nginap di trans hotel juga
    pemandanganya indah banget.

  24. wah adminnya tidur neh. :D

  25. Salam kenal !!!
    Pemandangan yang indah..bila kapan saya ke sana yek?

  26. soal air adalah biasa to Mas, yang pasti tertutupi kesannya dengan pemandangan yang bagus dan kuliner yang tak terlupakan. saya bisa merasakannya. jadi pengin ke palopo. belum pernah kesanaa..

  27. Bertugas sekalian jalan2... Mantap ya bang :)

  28. wah.. ga ngajak-ngajak nih, suejuk kelihatan nya Kang.
    salam

  29. btw, yang punya bisnis "toserba" itu Mas Haryanto to?
    hebat. salut. semoga sukses selalu bisnisnya ya Mas.

  30. Hadir pagi melihat Trans Hotel Kota Palopo yang menawan.Betapa sejuknya tinggal di hotel mungil ini
    Nice share Gan,happy weekend and happy blogging.

  31. wahhh, sebuah pemandangan yang indah....

  32. manteb tu hotelnya pak...
    btw masih belum bosen ma template agak berat ini...

  33. Menilik tarif dan 'bonus' pemandangan alam yang seperti itu, tak masalah Pak jika tak ada fasilitas pemanas air dan pembatasan penggunaan air. Terlebih, kampanye hemat air juga sedang booming juga. Hitung2 cinta bumi, hemat energi, hemat biaya, demi anak cucu...
    Hhehe

  34. Pak, mengomentari comment teman di atas, template blog Bapak sdh sip....
    Hanya loading agak lama. Dan saya lihat itu karena Bapak banyak numpang mengambil script yg berbasis Javascript dari orang lain. Sebaiknya Bapak menyimpan di Googlecode Bapak sendiri....

  35. Pasti tour yang sangat tidak terlupakan itu ya gan...ternyata polopo banyak pemandangan yg indah..

  36. . . wachhhhhhhhhhhhhh,, aq pengen kesana. ajak^ donk. he..86x . .

  37. wah.. cantik benar ya pemandangan di situ.. bisa bikin hati tenang aja..

  38. oh gitu ya, saya kalo mandi banyak make aer mesti hati" dong ya kalo make hotel itu..hehe
    seru sob ye :D

  39. kayak perumahan, enak tuh pasti :D

  40. sangat menarik, palopo cukup indah juga pemandangannya ya...
    Sejuk uey,,

  41. Pemandangannya bagus juga pak, suasana dalam kamar pun terkesan nyaman.

  42. pokok nya yang gratisan pasti asyik...

  43. Evi says:

    Agak ironis ya Pak, disekeliling hotel tampak banyak air tapi di hotel airnya di jatah..Rupanya dekat rawa2 begitu ada persoalan air bersih..:)

  44. wuiiiih sudah pemandangannnya bagus dan gratis pula. enak banget yah om, jadi pengen :(

  45. kok jauh ya 300 kiloan lebih
    kalo ada yang bilang palopo, aku pikir cuma selangkah doang dari makasar

  46. Kapan kapan saya akan mampir kesana..

  47. asik banget pemandangannya.. sayangya sekarang udah musimm berktivitas ya.. gak smpatliburan lagi deh

  48. trans hotel ini letaknya di daerah sappoddo yach sob, saya sering lewat di sini sobat...

  49. Langsung tour ke tempat saya juga pak dekat kok,palopo ke Sengkang hehe atau langsung aja jalan-jalan ke BONE.

  50. segala yang gratis memang lebih nikmat ya mas hehe

  51. Wah pemandangan na asik bener ne om, kelihatan gunung na, seperti na daerah disana dingin ya om :D

  52. ihh,, mantap ne pemandangan na sob,, gratis lagi hehehhh ;D

  53. Mantap nih lagi ada perjalanan dinas nih, sambil transit di trans hotel palopo. palopo yg sejuk

  54. kapan yaah bisa jalan2 ke Kota Palopo hehehehe.... :)

  55. Aku tolong minta do'anya saja ya bang Hari moga bisa ngesot kesana..sepertinya asyik banget tuh bang..hahahyyy

  56. pemandangan disekitar hotel trans indah juga ya pak...mirip dengan suasana di daerah kaliurang yogyakarta.

  57. bener2 indah sobat...
    doa'in ane banyak rejeki ya biar bisa kesana

  58. tempatnya adem ayem, asri dan lebih mantap lagi klo gratisan + pelayananannya luar biasa...he.he.he..

  59. konsep hotelnya bagus cuman sayangnya airnya terbatas..

  60. ehm. saya hanya bisa mengikuti dan menikmati ceritanya, belum bisa kesana :D

  61. wah bagus ya bang, murah lagi cuma dua ratus ribuan. tapi kalau tempat saya, yang seperti itu boleh di bilang filla. soalny yang namanya hotel sudah ter image gedung bertingkat dengan AC

  62. Wiuuhh,, mantep banget bang pemandangannya , jadi kepengen kesana.. hehehe

  63. Anonymous says:

    Subhanallah alam yang masih sangat indah ciptaan Illahi...

    boleh donk sewaktu-waktu saya diajak ke sana :)

  64. ehh Palopo juga ikut serta dalam Festival Keraton Nusantara di Baubau.
    tadi aku lihattt..

  65. Indahnya, jadi kepingin sekali2 liburan ke makassar, makasih infonya mas ^_^

  66. waaah asiiik banget tuuuh sob :)
    jadi pengeeen

    kalo menurut mahasiswa kaya gue siih tarifnya masih cukup mahal hehehe

  67. ckckck...bagus banget dan asri sekali bang hotelnya...sangat pas untuk persinggahan setelah rekreasi bang...

  68. Sangat Asri dan mantap Om situasi Bukit Sampoddo nya. I like it

  69. wew, indah, asri dan segar di pandang mata sob, hmmm ... jadi ngiri deh :D

  70. Perjalanan 'bisnis' yang amat mengesankan dengan layanan yang prima di Hotel 'Trans' Kota Palopo. Menu makanan yang lezat dan khas. Tampaknya air menjadi sesuatu yang harus dihemat dan dikelola dengan baik oleh manajemen hotel. Penghuni hotel tentu harus menyesuaikannya. Salam sukses buat Admin 'BlogS of Hariyanto'.

  71. Masya Allah, viewnya sangat indah ya.
    Trans Hotel harus kasih diskon nih sama pak Hariyanto karena sudah dipromosikan di sini :)

  72. suasana tenang cocok untuk yang butuh istirahat ya sob tapi sayang airnya terbatas kok bisa ya padahal disalah satu fotonya kelihatan air sungainya besar

  73. itu trans hotel salah satu kepunyaan Trans Corp juga gak?
    Soalnya di Bandung juga ada, dan aku pun pengen kesana .....

  74. Wah.. wah.. wah.. Bang Hari ini asik, jalan-jalan terus..

  75. saya pernah lewat kota Palopo, tapi tak sempat singgah dan menginap.. Kayaknya mantap jalan-jalan disana dan menginap di hotel ini.. nice review..

  76. wah kayanya asik banget temptnya,tapi jauh banget dari tempat saya,liat photo-photonya dari sini aja deh

  77. wow, keren habis. Jadi pengen berkunjung... saya baru sampai Bone dan Sengkang. Masih jauh ga ya ?

  78. r10 says:

    aku lihat fotonya, itu maksimum tinggal cuma 4 jam?

  79. kunjugan balik sob,,
    #smile

  80. kalau tidak salah.. ini dua daerah yang berada di dua ujung sulawesi bukan?!?! satu di utara, yang lainnya di selatan.. :( wahh hebat masnya menempuh perjalanan 360km.. banyak nian pengalaman suka duka yang pasti terukir dari tiap langkahnya ;)

  81. NF says:

    hotelnya mengingatkan akan rumah orang tua saya, kalau mau banyak air harus nyalain pompanya dulu :D tapi pemandangannya asri, bagus untuk mata hehe

  82. ini info yang sangat bermanfaat sob.. dan membantu rang yang sedang kemalaman atau sengaja liburan kesana,. thank sudah berbagi. slm sukses selalu

  83. lapor,link sobat sudah ane pasang.silahkan dicek,dan mohon kerja samanya untuk memasang link saya diblog sobat,terimakasih

  84. wah indahnya permandangannya dan sepertinya udaranya sejuk sekali tuh, makasih ya sob infonya

  85. bertamu sambil menunggu sholat isya disini dan mengucapkan salam sehat selalu.

  86. kembali hadir absen dimari om hariyanto :D

  87. wah kayanya mengasyikan yah jika nginap disana,
    ditambah pemandangannya indah dan masih murni alamnya..
    sungguh indah sekali..

New comments are not allowed.
Fatbirder's Top 1000 Birding Websites
Google PageRank

celoteh backpacker Warung Blogger Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

KPK >ASEAN Blogger BAGUS
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend