Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Sembilan Tips Mengemudi Saat Hujan

Hariyanto Wijoyo | 66 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia dimanapun kalian beraktifitas.
Musim hujan sepertinya sudah semakin dekat. Walau sebenarnya saya agak bingung juga dengan musim yang terjadi sepanjang tahun ini. Karena cuaca masih sangat panas dengan sinar mentari yang begitu terik mewarnai hingga medio bulan Mei ini, namun ditengah cuaca yang panas membakar itu, tiada angin tiada mendung plus guntur bin gledek apalagi Gundala Putra Petir, tiba-tiba hujan deras turun bagaikan air tumpah dari langit mengguyur membasahi seluruh Kota Makassar, termasuk sekujur tubuhku yang sedang mengendarai motor, basah kuyup jadinya oleh air hujan yang turun tanpa permisi.

sembilan tips mengemudi saat hujan

Daripada pusing memikirkan cuaca dan musim yang tak menentu, apalagi memikirkan tentang berita Kapolda SulSel Perintahkan Geng Motor Anarkis Tembak Ditempat yang lagi hangat saat ini. Mungkin lebih baik kalau saya berbagi sembilan tips mengemudi saat hujan buat para sahabat-sahibit blogger se-dunia  di tengah-tengah hujan yang turun dengan derasnya. Apakah itu saat menuju ke tempat kerja ataukah saat pulang dari tempat kerja, atau mungkin juga saat sedang berasyik ria berboncengan mesra dengan kekasih pujaan hati.

Saat hujan turun maka jalanan yang sahabat-sahibit blogger se-dunia lintasi akan menjadi licin, dan genangan air yang menutupi jalan membuat kita tak tahu dengan kondisi jalan sebenarnya, bisa-bisa ada lobang besar yang tertutup oleh genangan air menjebak kita sehingga membuat kendaraan terjerembab ke dalam lobang tersebut. Tentunya hal-hal tersebut dapat mengancam keselamatan jiwa kita , juga bagi pengendara lainnya.

Oleh karena itu saya mencoba berbagi tips untuk sahabat-sahibit blogger sedunia agar bisa mengendarai kendaraan dengan safety aman terkendali saat hujan turun. Tips ini bisa untuk mengemudi kendaraan apa saja, apakah itu mobil, motor, becak ataupun bentor alias becak motor, bahkan sepeda juga bisa kok, tergantung bagaimana cara menyesuaikannya saja.

Langkah Pertama.
Pastikan bahwa hujan benar-benar sudah turun dari langit ke bumi. Karena bila hujan-nya ternyata masih meragukan, apakah akan turun atau tidak, maka sebaiknya tips ini tidak dianjurkan untuk membacanya sampai tuntas. Sebab tips ini hanya manjur diterapkan bila hujan benar-benar turun. Nach,,setelah hujannya benar-benar turun, silahkan melanjutkan untuk membaca langkah berikutnya.

Langkah Ke Dua
Kembali sahabat-sahibit blogger memastikan bahwa memang ada niatan untuk mengendarai kendaraan saat hujan sedang turun dari langit. Baik itu berupa sepeda motor, mobil, atau sepeda, Kalau naik becak atau bentor alias becak motor, tips ini hanya berlaku buat pengendaranya, bagi penumpangnya silahkan duduk manis saja. Tapi kalau sahabat-sahibit blogger sedunia hanya bermaksud berjalan kaki saja, maka sebaiknya tips ini cukup sampai di sini saja membacanya, tak usah lah dilanjutkan. Akan tetapi kalau memang benar hendak mengendarai salah satu kendaraan tersebut di atas, silahkan melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah Ke Tiga
Periksa kondisi kendaraan yang akan dipakai saat hujan terus. Cek baik-baik ban-nya, bagaimana tekanan angin-nyam serta bagaimana dengan kedalaman tapak atau bungan ban-nya. Kemudian rem-nya, apakah berfungsi dengan baik. Periksa juga kondisi busi, serta segala hal yang berkaitan dengan kelistrikan pada kendaraan , dan jangan lupa tangki bensin juga wajib untuk dicek, apakah terisi bahan bakar yang cukup atau tidak.

Langkah Ke Empat
Setelah memeriksa kondisi kendaraan , sahabat-sahibit blogger se-dunia, wajib hukumnya untuk memeriksa kondisi tubuh sendiri, Apakah benar dalam keadaan fit dan siap menerjang hujan yang turun membasahi bumi. Dan bisa mengemudikan kendaraan dengan baik. Kalau kondisinya sedang dalam keadaan kurang fit, sebaiknya jangan dipaksakan untuk membawa kendaraan, saran saya segeralah minum obat dan beristirahat. Bila sakit berlanjut hunbungi segera dokter terdekat. Tapi kalau memang yakin kondisi tubuh-nya benar-benar fit, silahkan melanjutkan membacanya.

Langkah Ke Lima
Dalam curah hujan yang turun, wajib bagi sahabat-sahibit blogger sedunia untuk tidak melajukan kendaraan dengan cepat alias ngebut. Sebaiknya mengurangi kecepatan kendaraan. Karena banyak hal yang harus dikontrol, misalnya menyalakan lampu hazard dan wiper bila sedang mengendarai mobil. Bila sedang mengendarai motor, becak , atau bentor, disamping menyalakan lampu besar, harus juga menahan udara dingin yang menerpa seiring dengan turunnya hujan. Hal ini juga berlaku bagi pengendara sepeda. Dengan demikian maka konsentrasi saat mengemudikan kendaraan jadi terbagi. Solusinya adalah mengurangi kecepatan, dan hal ini bisa membantu kita untuk memperhatikan kondisi jalanan, juga kendaraan yang ada di depan ataupun di belakang kita.

Langkah Ke Enam
Selalulah menjaga jarak aman saat berkendara. Amati kendaraan yang ada di depan ketika melintasi genangan air hujan yang menutupi jalan. Dengan menjaga jarak, anda akan terhindar dari kejadian yang bisa berakibat fatal bila mobil di depan anda tiba-tiba berhenti secara mendadak. Ataukah apabila anda harus menginjak rem secara mendadak, karena tiba-tiba melintas di depan kendaraan anda seorang gadis cantik berbaju merah menyala ditengah derasnya hujan yang turun.

Namun disarankan untuk selalu berada di jalur jalan yang tidak tergenang air. Meskipun tinggi genangan hanya sebatas mata kaki saja, namun genangan itu kemungkinan sudah mengandung kotoran-kotoran yang ada di jalanan, dan bisa saja salah satu dari kotoran tersebut bisa menusuk ban kendaraan sehingga bocor, atau ada benda tajam lainnya yang bisa masuk ke caliper rem, sehingga merusak piringan serta komponen lainnya.

Langkah Ke Tujuh
Bila kendaraan sahabat-sahibit blogger se-dunia terlanjur menerjang genangan air yang ada, sebaiknya tetap menjaga kecepatan dan jangan menginjak rem secara mendadak.. Bila ingin mengurangi kecepatan, maka cukuplah dengan melepaskan kaki dari pedal gas bila mengendarai mobil, atau mengendorkan putaran gas pada motor, kemudian melakukan penge-rem-an secara halus. Bila bisa sebaiknya melakukan dengan cara rem halus, lalu lepas, rem lagi, lepaskan, begitu seterusnya hingga laju kendaraan melambat seperti yang diinginkan. Dan usahakan jangan panik. Ini untuk mencegah agar tidak terjadi gejala slip yang timbul akibat rem mengunci saat melakukan penge-rem-an secara mendadak. Apalagi bila seluruh perangkat rem terendam oleh genangan air. Apabila rem dalam kondisi basah, jangan terlalu percaya pada performa-nya, Kalau sepeda sich, bisa langsung segera berhenti saat pedal-nya tidak digerakkan, dan kedua rem di tekan serta dibantu dengan kedua kaki yang berfungsi sebagai rem yang sangat pakem. Sebaiknya segera keringkan rem anda bila sudah melewati genangan air dengan cara menge-rem secara perlahan-lahan.

Langkah Ke Delapan.
Ingatlah untuk selalu menggenggam stir atau kemudia dengan erat saat berkendara di tengah hujan deras. Dengan demikian sahabat-sahibit blogger se-dunia tidak akan kehilangan kendali bila terjadi hal-hal yang mengagetkan dan bisa membuat anda kehilangan konsentrasi, meskipun kejadiannya hanya sekejap saja, namun bila stir atau kemudi tidak tergenggam dengan erat, maka arah kendaraan anda bisa berpindah dengan seketika, dan akibatnya bisa fatal.

Langkah Ke Sembilan
Jangan lupa sahabat-sahibit blogger se-dunia, untuk mengenakan rain coat atau jas hujan sebelum mengendarai motor, becak, bentor maupun sepeda. Selain melindungi dari curah hujan dan udara dingin, juga bisa melindungi suhu tubuh anda. Sebaiknya mengenakan rain coat yang model setelan baju dan celana. Kalau rain coat model ponco, sangatlah tidak dianjurkan. Bagi yang mengendarai mobil, juga sangat tidak dianjurkan untuk mengenakan rain coat, baik itu model setelan baju dan celana, ataupun yang model ponco. Sebenarnya ini semestinya diletakkan pada urutan langkah ke lima, namun saya letakkan paling akhir karena ini adalah hal yang paling penting, karena terkadang yang pertama dan yang terakhir lah yang menjadi sasaran pengunjung BlogS Of Hariyanto untuk dibaca... :-)

Semoga saja sembilan tips mengemudi saat hujan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, ingatlah selalu untuk  berdoa dan mengucapkan bismillahirromahnirrohim sebelum naik di atas kendaaran...salam, salama ki',  mari ki' di'

Category : , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

66 komentar

  1. pertamax,premium sebentar lagi naik bang,wah tips yang sangat saya butuhkan,kebetulan sekarang lagi musim hujan,tadi saja saya kehujanan.terima kasih bang tipsnya sangat membantu sekali.

  2. Langkah ke Sepuluh:
    Kalau kendarannya lagi dipinjem temen,abaikan postingan ini,hehe...dasar!

    Memang seharusnya kita memperhatikan langkah-langkah keselamatan berkendaran,baik cuaca lagi hujan atau cerah,karena sedikitnya bisa mengurangi resiko kecelakaan.
    Nice share Gan,makasih sudah berbagi,salam sukses!

  3. komentarnya kemana ? ilang bang,ada apa yah.

  4. Anonymous says:

    hahaha lampu merah x bang ... bukan cewe pake baju merah ... :D

  5. aku ga bisa mengemudi
    tapi aku dibonceng bisa
    tips yang baik sekali
    aku jadi sangat seneng membaca

  6. wah jas ujan model ponco ternyata nggak boleh yah mas :)

  7. saya punya pengalaman pada langkah ke enam mas, pas hujan dan licin, saya cukup kenceng bawa motor, taunya ada mobil ngerem mendadak di depan, motor di rem juga tetep nyelonong, untungnya cuma motor yang rusak..ya itulah karena terlalu dekat dengan kendaraan depannya

  8. wah keren nih mas tipsnya, terimakadih mas sudah berbagi.
    semoga bermanfaat buat kta smua agar tdk trjadi hal yg d inginkan pada saat mngendarai spda mtor saat hujan

  9. buwahahaaa.....ngenes saya bacanya,kenapa juga baca sampe akhir, padahal biasanya cuman kepala sama buntutnya doang yang di incer....

    (artikelnya kali ini, imbas terlalu erat berteman dengan kpk...beginilah jadinya)

    balik ke laptop, langkah 1 dan 2 okeh, langkah yang ada gadis berbaju merah melintas ditengah hujan..nah itu biasanya kerjaan m'ba Indah P yang suka iseng jailin bang har kalau pas lagi hujan hujanan....melintas ngga pake salam....jaka sembung naik onta kan jadinya...;o)

  10. masalah jas hujan ini mas yang terkadang membuat saya kehujanan, satria fu tidak ada bagasinya, dan saya sendiri tidak terbiasa menggunakan box di motor hehehe...

  11. Wah pas nih buat aku tipsnya mas . Waktu it juga prnah ngerem mendadak pas ujan kan licin,
    malah rem depan duank .
    Lupa ga di seimbangin sama rem belakang .
    Alhasil motornya muter .
    Gedebruuuukk . Mantab .

  12. bener mas, yang soal raincoat, memang harusnya yang simpel, berbentuk baju dan celana saja. kalo yang berkibar2 itu bisa bahaya manakala nyerimpet ke roda. pernah ada kejadian mengerikan terkait soal ini

  13. nomor tujuh dan sembilan yang menjadi poin utama bagi saya.

  14. Sama dengan Kang Djangkaru Mas Hary, ªķku̶̲̥̅̊ juga seneng motor2an, brgkat kerja  Ĕňǎ̜̣̍
    κ̣̝̇
    κ̣̝̇
     naik motor, macet dimana2, tidak hanya ϑĭ Jakarta Mas, terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat.

  15. Lha...aku mentok baca sampai langkah kedua, soalnya aku lagi gak ingin kemana-mana nih, Bang. hihihi

  16. Sip. Tips terhindar dari kecelakaan.

  17. pilih yang aman nunggu hujannya reda saja deh

  18. banyak sekali para pengendara motor yg tidak mengindahkan keselamatan dirinya, apalagi ketika hujan datang biasanya terburu2 alias makin mengencangkan laju kendaraannya. postingan yg bermanfaat utk mengingatkan kita utk lbh waspada

  19. dari 6 langkah tersebut hanya beberapa yang dilakuin... thanks tipsnya mas bro...

  20. AZLA says:

    sembilan tips ini memang sangat penting sekali sobat
    saya jadi yakin kalau sembilan tips ini kita laksanakan pasti semua aman ...dan tetap sehat
    terima kasih atas tips yg berguna ini sobat

  21. Hmm... apalagi sekarang makassar mulai mi lagi hujan, wah pas sekali ini postingan! great news!

  22. karena saya keseharian berpredikat sbg penumpang sejati...tips ini ini sy akan ingatkan dan share...ke para supirnya nanti yang bang...hehe(guyon)

    9tipsnya...hampir semuanya masuk ke teknis ya bang...mungkin menurut saya nomor satu...yg paling utama...menunggu hujannya....lalu berdoa dan melanjutkan kembali perjalanannya... :)
    Keep happy blogging...bang :)

  23. hahaha tipsnya sedikit lucu sobat.. tapi oke juga sih.. kalau saya sih malah senang ketika hujan sob, basah nasahan sambil naik motor.. segerrrr banget rasanya.. hehehe

  24. wah trimakasih ms bro sudah berbagi tips yang sangat bermanfaat sekali
    selamat berisitrahat

  25. berkendara saat hujan memang sangat gak menyenangkan bang, apalagi jika ditambah rame petir, bikin lebih merinding lagi. jadi alangkah baiknya jika sempat untuk berhenti nungguin terang dulu baru lanjut perjalanan kembali. terimakasih atas tipsnya bang sangat bermanfaat

  26. tips yg akan selalu kuingat..

    dmi keselmtan diri sndri

  27. eta says:

    Terimakasih tipsnya bang.. sangat mengejutkan saya, karena setiap hari saya berkendara, tidak pernah terpikir tentang ini semua.

  28. eta says:

    This comment has been removed by the author.

  29. tipsnya bermanfaat gan .. harus dishare teman2 yg hobi jalan2 nih :D

  30. makasih tips nya pak, kebetulan mau musim hujan nih :D

  31. saya kalau kebetulan hujan dan sedang pake motor, lebih suka pake baju besi dari pada pake jas hujan, kelihatan lebih gagah gituh....;o)

  32. Tips yang keren om.
    tapi saya cuma baca sampai langkah ke-2. Soalnya saya cuma berjalan kaki. hahah

  33. info yang sangat bermanfaat sobat trmakasih banyak sobat dah berbagi

  34. Amy says:

    Aku yang heran bulan mei kok masih hujan. salah musim

  35. sip, tips yg sngat bermanfaat sobat. Btw, knpa kotak komentarnya ada dua sob? hehehe

  36. Anonymous says:

    Kebetulan saya belum memakai sepeda motor masih ngontel.. okelah nanti saya terapkan tips ini kalo nanti sudah punya.. hehehe :D

  37. R10 says:

    Jalanan mulus sangat membantu

    Di jakarta banyak jalan rusak, kalau hujan berbahaya

  38. Tipsnya bagus Mas... no 7 saya perhatikan betul

    Saya jarang hujan-hujanan, kalo hujan pilih nyerah aja Mas....
    Berangkat ke kantor pakai payung karena dekat..., Kalo lagi di jalan pilih nginap..... hhe

  39. ni musim dah akir musim ujan juga dikata mo hujan saja, emang beda di belahan indonesia yang lain sana apa? Dan dari semua langkah tadi yang paling ogah adalah memeriksa kesehatan badan sebelum berkendara. Enakan dokter lah tiap ada orang mau berkendara dapat pasient. Pantes aja dokter pada kaya kaya gimana coba?

  40. Wah, langkah-langkah yang bagus! Bisa dipraktekin, tp di daerahku cuacanya gak menentu.

  41. Allhamdulillah kalau harus menggunakan motor saya selalu sedia jas hujan pak

  42. langkah yang pas mas,

    sebagian saya praktekkan terkadang sebagian juga saya abaikan, hehehe

  43. saya malah seneng banget kalo berkendara saat hujan. sekalian nyuci, hehe. tapi ternyata salah ya posisi demikian, haha. payah memang sayah

  44. lagi ngapain mas, malem-malem begini? di bogor hujan nihh

  45. kalau pakai jas hujan yg model ponco itu...berbahaya sekali ya mas
    di tempat saya sampai ada yang meninggal. karena ujung rain coatnya masuk ke gear motor,
    yang mengendarai motor terpental dan tercekik

  46. Inspiratif tipsn ya, tapi yang utama baca Bismillah dulu sebelum berangkat ^_^

  47. kalau saya sih biasanya menyiapkan mantelhujan dulu mas..
    tapi kalau ga bawa langsung tabrak aja..basah kuyup deh..alhasil sepatu jadi bauk...hahhaaha

    makasi tipsnya mas :)

  48. Mengemudi di saat turun hujan memang memerlukan kewaspadaan extra agar tidak menimbulkan hal" yang tidak kita inginkan di karenakan jalanan yang licin dengan sudut pandang yang terbatas & 9 tip di atas sepertinya memang sangat tepat buat mengemudi di saat hujan..

  49. Kunjungan pagi sob. Selamat beraktifitas.

  50. Waaah, sembilan tips yang penting ini, Pak, apalagi ini sudah di bulan Mei, tapi rasanya masih di bulan Januari, maksudnya masih sering hujan...

  51. tips mengemudi dah tertata rapi
    untuk cara mengemudi
    aku belum tahu , boleh donk aku diajari

  52. salah satu kesulitan sy saat bersepeda motor kemudian hujan adalah berembunnya kacamata ini (sy minus 6), menyulitkan pandangan, kalau sudah begitu lebih aman berhenti, berteduh dan menunggu reda...

  53. tips yang menarik mas, humoris. saya suka point pertama, sampai saat saya membaca point pertama masih belum turun hujan mas, entah sampai kapan saya harus menunggu lanjut ke point berikutnya, wkk

  54. He...e..e..e....Langkah pertamanya tepat sekali sob. Tips yang tepat mengemudi saat hujan.

  55. tentunya poin pertama yang benar benar harus diperhatikan sebelum membaca tuntas tips jitu mengemudi saat hujan ini. karena ini adalah tips cerdas nan mantab, hahahaha

    thank sudah dishare
    tulisan kreatif sob, lanjut

  56. jas hujan kadang rish makenya,apalagi kalo habs pake lupa cuci lsg msk jok....huahahahaha apeknya minta ampun.
    tapi mantep mas tulisan ni....

  57. Kalau hujan sudah turun biasanya saya memutuskan untuk berhenti Kang, takut kalau masih dilanjutkan tubuh tidak kuat nahan dingin.

    Salam wisata

  58. toopp banget dah tipsnya. terutama bagian milih raincoat.. buat yang cewek2 especially yg berjilbab, ada baiknya utk gak pake jas ujan yg bawahannya rok.. bahayaaa, kalo keselip ih ngeri :(

  59. Saat hujan memang saat-saat yang rawan mengenderai kenderaan apalagi motor .

  60. ope says:

    sip lah om tipsnya, kalo saya mending nunggu hujan reda deh.. sering was-was soalnya.. hehe :D

  61. Hadir kembali demi tips mengemudi saat musim hujan.

  62. kalau ga punya rain coat jd pakenya payung boleh ngga? :p
    nice share :)

  63. Terima kasih share informasinya, akan saya informasikan lagi sama bapak, kakak dan adik saya yang kemana-kemana hobi banget naik motor, oh iya maaf baru sempat mampir dan bersilaturahmi lagi disini :)

  64. Lengkap sekalimi tipsnya bro. Btw sudah terpasangmi linkta' di blogku

New comments are not allowed.

66 komentar

  1. pertamax,premium sebentar lagi naik bang,wah tips yang sangat saya butuhkan,kebetulan sekarang lagi musim hujan,tadi saja saya kehujanan.terima kasih bang tipsnya sangat membantu sekali.

  2. Langkah ke Sepuluh:
    Kalau kendarannya lagi dipinjem temen,abaikan postingan ini,hehe...dasar!

    Memang seharusnya kita memperhatikan langkah-langkah keselamatan berkendaran,baik cuaca lagi hujan atau cerah,karena sedikitnya bisa mengurangi resiko kecelakaan.
    Nice share Gan,makasih sudah berbagi,salam sukses!

  3. komentarnya kemana ? ilang bang,ada apa yah.

  4. Anonymous says:

    hahaha lampu merah x bang ... bukan cewe pake baju merah ... :D

  5. aku ga bisa mengemudi
    tapi aku dibonceng bisa
    tips yang baik sekali
    aku jadi sangat seneng membaca

  6. wah jas ujan model ponco ternyata nggak boleh yah mas :)

  7. saya punya pengalaman pada langkah ke enam mas, pas hujan dan licin, saya cukup kenceng bawa motor, taunya ada mobil ngerem mendadak di depan, motor di rem juga tetep nyelonong, untungnya cuma motor yang rusak..ya itulah karena terlalu dekat dengan kendaraan depannya

  8. wah keren nih mas tipsnya, terimakadih mas sudah berbagi.
    semoga bermanfaat buat kta smua agar tdk trjadi hal yg d inginkan pada saat mngendarai spda mtor saat hujan

  9. buwahahaaa.....ngenes saya bacanya,kenapa juga baca sampe akhir, padahal biasanya cuman kepala sama buntutnya doang yang di incer....

    (artikelnya kali ini, imbas terlalu erat berteman dengan kpk...beginilah jadinya)

    balik ke laptop, langkah 1 dan 2 okeh, langkah yang ada gadis berbaju merah melintas ditengah hujan..nah itu biasanya kerjaan m'ba Indah P yang suka iseng jailin bang har kalau pas lagi hujan hujanan....melintas ngga pake salam....jaka sembung naik onta kan jadinya...;o)

  10. masalah jas hujan ini mas yang terkadang membuat saya kehujanan, satria fu tidak ada bagasinya, dan saya sendiri tidak terbiasa menggunakan box di motor hehehe...

  11. Wah pas nih buat aku tipsnya mas . Waktu it juga prnah ngerem mendadak pas ujan kan licin,
    malah rem depan duank .
    Lupa ga di seimbangin sama rem belakang .
    Alhasil motornya muter .
    Gedebruuuukk . Mantab .

  12. bener mas, yang soal raincoat, memang harusnya yang simpel, berbentuk baju dan celana saja. kalo yang berkibar2 itu bisa bahaya manakala nyerimpet ke roda. pernah ada kejadian mengerikan terkait soal ini

  13. nomor tujuh dan sembilan yang menjadi poin utama bagi saya.

  14. Sama dengan Kang Djangkaru Mas Hary, ªķku̶̲̥̅̊ juga seneng motor2an, brgkat kerja  Ĕňǎ̜̣̍
    κ̣̝̇
    κ̣̝̇
     naik motor, macet dimana2, tidak hanya ϑĭ Jakarta Mas, terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat.

  15. Lha...aku mentok baca sampai langkah kedua, soalnya aku lagi gak ingin kemana-mana nih, Bang. hihihi

  16. Sip. Tips terhindar dari kecelakaan.

  17. pilih yang aman nunggu hujannya reda saja deh

  18. banyak sekali para pengendara motor yg tidak mengindahkan keselamatan dirinya, apalagi ketika hujan datang biasanya terburu2 alias makin mengencangkan laju kendaraannya. postingan yg bermanfaat utk mengingatkan kita utk lbh waspada

  19. dari 6 langkah tersebut hanya beberapa yang dilakuin... thanks tipsnya mas bro...

  20. AZLA says:

    sembilan tips ini memang sangat penting sekali sobat
    saya jadi yakin kalau sembilan tips ini kita laksanakan pasti semua aman ...dan tetap sehat
    terima kasih atas tips yg berguna ini sobat

  21. Hmm... apalagi sekarang makassar mulai mi lagi hujan, wah pas sekali ini postingan! great news!

  22. karena saya keseharian berpredikat sbg penumpang sejati...tips ini ini sy akan ingatkan dan share...ke para supirnya nanti yang bang...hehe(guyon)

    9tipsnya...hampir semuanya masuk ke teknis ya bang...mungkin menurut saya nomor satu...yg paling utama...menunggu hujannya....lalu berdoa dan melanjutkan kembali perjalanannya... :)
    Keep happy blogging...bang :)

  23. hahaha tipsnya sedikit lucu sobat.. tapi oke juga sih.. kalau saya sih malah senang ketika hujan sob, basah nasahan sambil naik motor.. segerrrr banget rasanya.. hehehe

  24. wah trimakasih ms bro sudah berbagi tips yang sangat bermanfaat sekali
    selamat berisitrahat

  25. berkendara saat hujan memang sangat gak menyenangkan bang, apalagi jika ditambah rame petir, bikin lebih merinding lagi. jadi alangkah baiknya jika sempat untuk berhenti nungguin terang dulu baru lanjut perjalanan kembali. terimakasih atas tipsnya bang sangat bermanfaat

  26. tips yg akan selalu kuingat..

    dmi keselmtan diri sndri

  27. eta says:

    Terimakasih tipsnya bang.. sangat mengejutkan saya, karena setiap hari saya berkendara, tidak pernah terpikir tentang ini semua.

  28. eta says:

    This comment has been removed by the author.

  29. tipsnya bermanfaat gan .. harus dishare teman2 yg hobi jalan2 nih :D

  30. makasih tips nya pak, kebetulan mau musim hujan nih :D

  31. saya kalau kebetulan hujan dan sedang pake motor, lebih suka pake baju besi dari pada pake jas hujan, kelihatan lebih gagah gituh....;o)

  32. Tips yang keren om.
    tapi saya cuma baca sampai langkah ke-2. Soalnya saya cuma berjalan kaki. hahah

  33. info yang sangat bermanfaat sobat trmakasih banyak sobat dah berbagi

  34. Amy says:

    Aku yang heran bulan mei kok masih hujan. salah musim

  35. sip, tips yg sngat bermanfaat sobat. Btw, knpa kotak komentarnya ada dua sob? hehehe

  36. Anonymous says:

    Kebetulan saya belum memakai sepeda motor masih ngontel.. okelah nanti saya terapkan tips ini kalo nanti sudah punya.. hehehe :D

  37. R10 says:

    Jalanan mulus sangat membantu

    Di jakarta banyak jalan rusak, kalau hujan berbahaya

  38. Tipsnya bagus Mas... no 7 saya perhatikan betul

    Saya jarang hujan-hujanan, kalo hujan pilih nyerah aja Mas....
    Berangkat ke kantor pakai payung karena dekat..., Kalo lagi di jalan pilih nginap..... hhe

  39. ni musim dah akir musim ujan juga dikata mo hujan saja, emang beda di belahan indonesia yang lain sana apa? Dan dari semua langkah tadi yang paling ogah adalah memeriksa kesehatan badan sebelum berkendara. Enakan dokter lah tiap ada orang mau berkendara dapat pasient. Pantes aja dokter pada kaya kaya gimana coba?

  40. Wah, langkah-langkah yang bagus! Bisa dipraktekin, tp di daerahku cuacanya gak menentu.

  41. Allhamdulillah kalau harus menggunakan motor saya selalu sedia jas hujan pak

  42. langkah yang pas mas,

    sebagian saya praktekkan terkadang sebagian juga saya abaikan, hehehe

  43. saya malah seneng banget kalo berkendara saat hujan. sekalian nyuci, hehe. tapi ternyata salah ya posisi demikian, haha. payah memang sayah

  44. lagi ngapain mas, malem-malem begini? di bogor hujan nihh

  45. kalau pakai jas hujan yg model ponco itu...berbahaya sekali ya mas
    di tempat saya sampai ada yang meninggal. karena ujung rain coatnya masuk ke gear motor,
    yang mengendarai motor terpental dan tercekik

  46. Inspiratif tipsn ya, tapi yang utama baca Bismillah dulu sebelum berangkat ^_^

  47. kalau saya sih biasanya menyiapkan mantelhujan dulu mas..
    tapi kalau ga bawa langsung tabrak aja..basah kuyup deh..alhasil sepatu jadi bauk...hahhaaha

    makasi tipsnya mas :)

  48. Mengemudi di saat turun hujan memang memerlukan kewaspadaan extra agar tidak menimbulkan hal" yang tidak kita inginkan di karenakan jalanan yang licin dengan sudut pandang yang terbatas & 9 tip di atas sepertinya memang sangat tepat buat mengemudi di saat hujan..

  49. Kunjungan pagi sob. Selamat beraktifitas.

  50. Waaah, sembilan tips yang penting ini, Pak, apalagi ini sudah di bulan Mei, tapi rasanya masih di bulan Januari, maksudnya masih sering hujan...

  51. tips mengemudi dah tertata rapi
    untuk cara mengemudi
    aku belum tahu , boleh donk aku diajari

  52. salah satu kesulitan sy saat bersepeda motor kemudian hujan adalah berembunnya kacamata ini (sy minus 6), menyulitkan pandangan, kalau sudah begitu lebih aman berhenti, berteduh dan menunggu reda...

  53. tips yang menarik mas, humoris. saya suka point pertama, sampai saat saya membaca point pertama masih belum turun hujan mas, entah sampai kapan saya harus menunggu lanjut ke point berikutnya, wkk

  54. He...e..e..e....Langkah pertamanya tepat sekali sob. Tips yang tepat mengemudi saat hujan.

  55. tentunya poin pertama yang benar benar harus diperhatikan sebelum membaca tuntas tips jitu mengemudi saat hujan ini. karena ini adalah tips cerdas nan mantab, hahahaha

    thank sudah dishare
    tulisan kreatif sob, lanjut

  56. jas hujan kadang rish makenya,apalagi kalo habs pake lupa cuci lsg msk jok....huahahahaha apeknya minta ampun.
    tapi mantep mas tulisan ni....

  57. Kalau hujan sudah turun biasanya saya memutuskan untuk berhenti Kang, takut kalau masih dilanjutkan tubuh tidak kuat nahan dingin.

    Salam wisata

  58. toopp banget dah tipsnya. terutama bagian milih raincoat.. buat yang cewek2 especially yg berjilbab, ada baiknya utk gak pake jas ujan yg bawahannya rok.. bahayaaa, kalo keselip ih ngeri :(

  59. Saat hujan memang saat-saat yang rawan mengenderai kenderaan apalagi motor .

  60. ope says:

    sip lah om tipsnya, kalo saya mending nunggu hujan reda deh.. sering was-was soalnya.. hehe :D

  61. Hadir kembali demi tips mengemudi saat musim hujan.

  62. kalau ga punya rain coat jd pakenya payung boleh ngga? :p
    nice share :)

  63. Terima kasih share informasinya, akan saya informasikan lagi sama bapak, kakak dan adik saya yang kemana-kemana hobi banget naik motor, oh iya maaf baru sempat mampir dan bersilaturahmi lagi disini :)

  64. Lengkap sekalimi tipsnya bro. Btw sudah terpasangmi linkta' di blogku

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend