Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Penyebab Tidak Sholat Isya dan Tarawih Berjamaah

Hariyanto Wijoyo | 86 komentar

Beribadahlah di bulan suci Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, seolah-olah ini adalah bulan Ramadhan terakhirmu [hariyanto wijoyo 25072013]
Penyebab Tidak Sholat Isya dan Sholat Tarawih Berjamaah

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se dunia di manapun kalian beraktifitas. Artikel ini sebenarnya re-post atau pengulangan dari artikel yang pernah saya posting beberapa abad yang lampau…, kok abad ya, kebangetan lamanya, lagian blog kan baru muncul pada abad 20. Ya ya ya maksudnya beberapa waktu yang lampau. Namun berhubung masih dalam bulan suci Ramadhan, jadi artikel ini masih relevan, itu menurut saya, kalau menurut sahabat-sahibit blogger se dunia manalah kutahu, hati manusia siapa yang tahu..iya nggak iya nggak ???

Sahabat-sahibit blogger se dunia, menjelang malam-malam terakhir bulan suci Ramadhan, kalau diperhatikan dan dihitung-hitung secara seksama, maka Jamaah yang datang ke masjid untuk sholat Isya dan sholat Tarawih berjamaah selalu mengalami “KEMAJUAN” yang luarbiasa, yaitu “Semakin Maju Ke Depan Jumlah Shaf-nya”, alias jumlah orang-orang yang melaksanakan sholat berjamaah semakin lama semakin berkurang.

Setelah diselidiki melalui laboratorium forensik KPK ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan sehingga orang-orang menjadi enggan untuk sholat berjamaah di masjid, apalagi menjelang malam-malam terakhir bulan suci Ramadhan, baik itu sholat Isya maupun sholat tarawih. Bahkan menurut hasil penelitian ditemukan ternyata ada orang yang tidak mau ke masjid gara-gara keasyikan di depan tembok, . Kok bisa sich. Lah memang bisa kok :-)

Kenapa hal itu bisa terjadi dan mengapa sering berulang kali terjadi pada setiap bulan suci Ramadhan!!!???? Ternyata menurut temuan laboratorium forensik KPK yang telah dilegalisir oleh Kementrian Dinas Pendidikan Republik Indonesia, penyebabnya adalah karena beberapa hal yang telah disesuaikan dengan tingkatan usia masing-masing orang, sehingga mereka tidak datang lagi ke masjid untuk melaksanakan Sholat Isya dan Sholat Tarawih secara berjamaah, terutama menjelang malam-malam terakhir bulan suci Ramadhan.

Berikut ini beberapa hal yang menjadi dasar alasan sehingga banyak jamaah yang tidak datang ke masjid. Ditulis dalam dialek bahasa Makassar versi Gayana Makassar ala BlogS Of Hariyanto, sekaligus mencoba mengajak sahabat-sahibit blogger se dunia untuk Belajar Bahasa Makassar. Inilah Penyebab Tidak Sholat Isya dan Sholat Tarawih Berjamaah berurutan sesuai dengan tingkatan umurnya sebagai berikut :

1.Anak-anak ka tidak datang mi di masjid.

  • Di manai !?
  • Di luar masjid ki..!!
  • Apa na bikin !?
  • Main lappo lappo, kembang api’ siagang’ palappo’ mercon..!!

2.Anak mudaya tidak ada tongmi di masjid.

  • Di manai !?
  • Di mall..!!
  • Apa na bikin !?
  • Beli baju baru, sepatu baru siagan’ sandal berua..skalian tong mi foto narsis pake baju berua baru na upload ki di pesbuk !!

3.Ibu-ibu ka tidak ada tong mi di masjid.

  • Di manai !?
  • Di depan na open’nga !!
  • Apa na bikin !?
  • Appare’ ki kanrejawa.siagan a’boya ki gorden berua.!!

4.Bapak bapak ka tidak ada tongmi di masjid.

  • Di manai !?
  • Asyik ki berdiri depan na tembok ka !!
  • Apa na bikin !?
  • Accet ki tembok !!

5.Nenek ka tidak ada tongmi di masjid.

  • Di manai !?
  • Ada ji di rumah na !!
  • Apa na bikin !?
  • Na urut ki kulantu’ na. Na tabai keseleo siagan’ rematik !!

6. Yang baca postingan ini tidak ada tongmi di masjid.

  • Di manai !?
  • Asyikki di depan layar komputerna!!
  • Apa na bikin !?
  • Makkalla kale-kale na ki baca postingan ini, sibuk tong ki mo kasih komentar bela. Ada tong cuma battu towa-towa jadi silent reader!!!

Untuk terjemahan dalam bahasa Indonesia ada di bagian bawah artikel ini.
Terjemahan sebebas-bebasnya dalam bahasa Indonesia ala BlogS Of Hariyanto :

1.Anak-anak tidak ada masjid karena ada di luar masjid, main lappo’-lappo’ (permainan khas Makassar, senapan bambu dengan peluru kertas basah yang menimbulkan bunyi keras) , kembang api dan mercon (petasan).

2.Anak muda (remaja dan dewasa) juga tidak ada di masjid karena ada di mall, beli baju baru, sepatu baru dan sandal baru. Sekalian ber foto narsis dengan baju barunya, kemudian di upload ke facebook.

3.Ibu-ibu juga tidak ada di masjid karena ada di depannya oven (alat masak/kukus kue), sedang membuat kue, sekalian juga mencari kain gorden baru.

4.Bapak-bapak juga tidak ada di masjid karena asyik berdiri di depan tembok, sedang mengecat tembok (rumah).

5.Nenek juga tidak ada di masjid karena ada di rumah sedang mengurut lututnya yang keseleo dan kena rheumatik.

6.Yang baca postingan ini juga tidak ada di masjid karena asyik di depan layar komputernya, sedang ketawa-ketawa sendirian saat membaca postingan ini, baru sibuk juga untuk memberi komentar. Ada juga yang datang lihat-lihat hanya jadi silent reader !!! :-D

Tabe, salama' ki'
Keep Happy Blogging Always. mari ki' di' :-)

Category : , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

86 komentar

  1. Thanks for your visite. Always welcome. Have a great day with joy and health. Hugs from Moni

  2. posting yg menggelitik,.. tp sangat mengena .... mksih artikelnya Boss ..

  3. hahahaha.. tepat sekali.. astagfirullah.. mdh mdhan nda begitu k..

  4. Semoga kita bisa mengisi akhir-akhir ramadhan ini dengan kebaikan dan amalan yang terdapat dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah aamiin

  5. COF says:

    He..he.., pantesan shafnya makin maju ke depan, rupanya semua pada sibuk...

  6. hhah... gokiel sob...
    moga2 saia ndak bgtu... :)

  7. Hahahah bener juga emang :P

  8. waah fakta apa realita tu...

    hehe

  9. Humor yg membawa pesan kehidupan. *halah bahasanya*
    Emang faktanya seperti itu x yacha seperti itu x yach

  10. terima kasih Pak, sudah berkunjung!!! Salam Kenal :)

  11. NURA says:

    ass
    nice info
    marhaban ya ramadhan
    trims visitnya ke Yogyakarta

  12. assalamu'alaikum..
    postingan yang menarik, spt sebuah humor tp memang itu adanya :)

  13. Tapi suamiku ngecat rumah selepas tarawih, kok. :D

    Nice post, Mas. Makasih udah berkunjung ke blog saya :D

  14. hahaha...semua sibuk ya...
    semoga di ramadan yg akan berakhir ini, ibadah kita makin baik ya ^^

  15. hahahahahaha, itu memang benar seh.

  16. Salah satu godaan dalam beribadah di akhir bulan Ramadhan.

  17. Kayana pernah dengar dari ustadz sob, hehehe

  18. simple ceritanya, mudah dipahami dan bikin geli dibelakangnya....hehehe
    Bahasa Makasar baru tau saya.....

  19. ini memang jamak kita lihat disekitar kita ...skalian blajar bahsa makasar ya sob..

  20. Hello my friend ! I wish you a wonderful weekend. Greetings from Rio deJaneiro/Brasil
    Thanks for visiting! Come again!

  21. tak terasa ini sudah hari ke 27 puasa..bentar lagi lebaran coy...mari saling berkunjung dan menjalin silahturahmi... tabe daeng... selamat berhari minggu

  22. Selamat menyambut Idul Fitri juga gan..mohon maaf lahir batin..mari kita rayakan kemenangan dengan hati yang fitri..

  23. Selamat menyambut Idul Fitri 1432H juga kawanku.Mohon maaf lahir batin.Semoga
    kita bisa meraih kemenangan dan kembali fitrah.

  24. NURA says:

    ass
    Jadi tahu lima perkara tersebut diatas.
    selamat hari raya idul fitri
    1 syawal 1432 H

  25. artikel yg bagus dan menarik untuk dibaca dan senang terasa... :)

  26. KAMI SEGENAP CREW CERITA dan ILMU MENGUCAPKAN
    “MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN – MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN”

  27. http://i56.tinypic.com/347hh1y.gif Happy friday evening and a great weekend to you. Hugs

  28. Benar juga :)
    tidak ada motivasi dari orang sekitar jadinya...

    met idul fitri

    "Taqobalallahu minna wa minkum"

    http://www.karyafikri.tk/2011/08/idul-fitri-1432-h-kartu-ucapan.html

  29. gak pa pa deh, asal shalat wajibnya jalan terus.

    met idul fitri..
    ditunggu kunjungan baliknya

  30. Ana says:

    Thank you, very nice your blog.

    http://s2-linda-mulher.blogspot.com/

    http://britney-spears-linda-mulher.blogspot.com/

  31. assalamualaikum...
    aih menarik juga niwh..
    hiihi
    sangat bermanfaat
    salam

  32. nice posting... ada benarnya juga

  33. postingannya bermanfaat sekali,, mampir yah di www.manusiakardos.blogspot.com

  34. ada yang sibuk menyiapkan kue lebaran dan ada yang sibuk mudik.

  35. Hihihihi

    jangan sampai nge-blog ikut2an bikin gak pergi salat tarawih :))

    Btw remaja skrg byk yang gak pergi tarawehan gara2 acara buka bersama lho mas..
    soalnya kalo udah ngumpul itu pasti lama ngobrol2nya

  36. Makin akhir Ramadhan shaft masjid makin ke depan ya bang... Hmm :)

  37. Bias alasan klise"Sibuk",semoga tidak bertambah banyak yang mengaku sibuk,,,

  38. saya malam-malam kok baca blog Bang Hariyanto? Kenapa? karena saya tarawih di rumah, karena anak saya kurang bisa diajak kerja sama, di masjid main lari-larian sama kawan-kawannya, padahal lokasi masjid di tepi jalan, bahaya...

  39. iya yah bener... biasanya udh masuk pertengahan puasa emg pada sukanya main petasan.. hohoo

    met bulan ramadhan. :)

  40. hehehe... bener banget tuch, kebanyakan memang begitu.. oya ini bahasa daerah mana ya..? saya kok sedikit kurang paham dengan bahasanya.. saya cuma nebak nebak saja hehehehe

  41. selamat mlm sobat. artikel yang bagus mas.

  42. Nafi says:

    terlalu banyak orang yang sudah sibuk mempersiapkan hari raya, ketimbang memperbanyak Qiyammula lail.. ckckckckkc, terutama ibu2 ini :D

  43. Untung berarti saya komen di blognya pas tidak waktunya buka puasa. bisa lupa gk berbuka nih.wkwkwkwkw

  44. hahahahaha. nombor 6 terkena sedas pada saya.. hahaha

  45. ndop says:

    Barusan ibuk nyuruh aku beli cat hahaha.. Kok ya tradisinya samaaa...

  46. memang betul semua point di atas, itu semua saya rasa benar adanya, he...he...

  47. tiap malem pasti taraweh berjamaah dong, blogwalkingnya pagi2 sebagai pengganti walking morning (jalan2 pagi/olahraga) :p

  48. teraweh? cuma beberapa kali ini aja mas, yang rutin shalat isya dan baca qurannya :)

  49. Sudah umum terjadi dimana-mana banyak yang di awal bulan Ramadhan masjid/langgar/mushalla penuh dengan jamaah shalat Isya' dan Tarawih namun ketika mendekati akhir bulan Ramadhan shaf shalat semakin sedikit.

    Sebaliknya terjadi di pasar/swalayan/mall/supermarket ketika mendekati Lebaran semakin ramai dan berjubel pengunjungnya. Toko baju laris manis begitu juga toko mebelair dan elektronik.

    Bila tidak salah di hadits menyebutkan, di jaman Nabi dulu beliau tidak shalat Tarawih berjamaah sebulan penuh dengan para sahabatnya. Beliau hanya beberapa hari shalat Tarawih berjamaah di masjid.

    Gambar ilustrasi yang menarik. Masjid yang megah dengan arsitektur yang mempesona. Salam cemerlang.

  50. Ramadhan ini saya cm 2x sholat taraweh. Kebetulan emak batuk, jadi milih di rumah aja jagain baby. Setelah sembuh, saya lg dech yg di rumah. Hikz

  51. ada juga anak" berbicara dibelakang...
    jad dia nda ikut solat jamaah

  52. hahahaaa.... yang terakhir itu loooo....

  53. ada lagi, gak jamaah di masjid karna jamaah ngopi di warung =))

  54. Yassalam, bener iki pak *tepok jidat sendiri* haha

  55. Hehe bisa saja, kalau saya saat ini biasanya alasannya karena sedang bertugas di kedai, karena hujan, karena kekenyangan dan ke masjid memang jauh :D

  56. kalau saya tidak sholat tarawih karena tuntuntan kerjaan om T_T

  57. saya ndak paham mas xixi

  58. Tradisi mengecat ulang rumah biar bersih dan kelihatan rapih juga sering di lakukan oleh sebagian masyarakat kita di dalam menghadapi hari raya Kang. Tapi yang jelas saya meninggalkan komentar ini pada siang hari Kang. he,,, he,,, he,,,

    Salam wisata

  59. Hahahaha saya nggak mau jadi silent reader ah, nih mas saya komentar sambil senyum-senyum :))

  60. yaaah masak yang baca juga kebagian sih, gak adil nih yang nulis juga dong

  61. wah kesindir nih..heheheee...

  62. hahaah untung ada terjemaahannya heheeh....

  63. :D bisaa aja :D sumpah jadi malu ngeliat kalimat yg paling terakhir :$

  64. Artikelnya sangat menarik Pak. Bisa bikin kita ketawa semua. Hehehehe :D

    Memang tulisan Pak Hariyanto tidak ada duanya. Salut :)

  65. Hahaha.... ada2 aja.. tapi aku baca postingan ini sore lo, jadi gak ngaruh dg sholat taraweh :p

  66. aku lagi asik ngelog dan koment disini, berarti dosanya ditanggung berdua...:)

  67. hahaha, bener bener, sip sip, setuju saya pak

  68. hihihi..
    untung saya bacanya gak pas waktu tarawih ya, kang.. :p

  69. hihi..
    saya gak pas tarawih kok kang, bacanya.. :D

  70. Udah kelar terawih di masjid kok kang. Hehe..

    Insya Allah, Semoga ane full shalat terawih berjamaah dari awal sampai akhir di masjid. HAPPY BLOGGING

  71. Alamak, nge-scroll kolom komentarnya jauh banget nih mas huhuhu ^^

  72. Masjidnya jadi kayak kmar sendiri. tidur sana tidur sini haha :D

  73. hehehee...ada jugalah sedikit kebenarannya di situ hihih

  74. hahahaha... kena dah saya. emang selalu ada alasan untuk tidak beribadah. ini fenomena klasik dan klise, alay banget. mudahan akhir ramadhan ini kita semua semakin banyak beribadah, ibadah ramadhan kan gak hanya terawih. (bilang sj ngeles)

  75. walau saya blogger, saya tidak masuk point ke 6 hehe.....

  76. belum sempat Om...biasane msh krj

  77. tojeng, tapi tenaja rinni ri blogger aganta, lampa ngaseng ja ri masjidka punna banggimi allo ngasenji, na online Gan, he he

  78. Bhahaha, fakta ini fakta, Bang! Huft! miris.com

  79. aku juga ga tarawih
    bukan karena sedih
    tapi bulan dihari ini aku yang dipilih

    tapi setelah jadi jernih
    akan kembali tarawih

  80. wkwkwk sempat bingung sama bhsanya tapi tak scroll kebawah ketemu deh translate nya :D

    wkwkwk yang nomer 6 betul bnget pak >.< hwahahaha saya jadi silent reader aja deh :P

  81. alhamdulilah ada translatenya :) jadi bisa paham maksud menulis artikel ini!

  82. Saya Kadang Berjamaah Di masjid kadang di rumah ... :)

New comments are not allowed.

86 komentar

  1. Thanks for your visite. Always welcome. Have a great day with joy and health. Hugs from Moni

  2. posting yg menggelitik,.. tp sangat mengena .... mksih artikelnya Boss ..

  3. hahahaha.. tepat sekali.. astagfirullah.. mdh mdhan nda begitu k..

  4. Semoga kita bisa mengisi akhir-akhir ramadhan ini dengan kebaikan dan amalan yang terdapat dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah aamiin

  5. COF says:

    He..he.., pantesan shafnya makin maju ke depan, rupanya semua pada sibuk...

  6. hhah... gokiel sob...
    moga2 saia ndak bgtu... :)

  7. Hahahah bener juga emang :P

  8. waah fakta apa realita tu...

    hehe

  9. Humor yg membawa pesan kehidupan. *halah bahasanya*
    Emang faktanya seperti itu x yacha seperti itu x yach

  10. terima kasih Pak, sudah berkunjung!!! Salam Kenal :)

  11. NURA says:

    ass
    nice info
    marhaban ya ramadhan
    trims visitnya ke Yogyakarta

  12. assalamu'alaikum..
    postingan yang menarik, spt sebuah humor tp memang itu adanya :)

  13. Tapi suamiku ngecat rumah selepas tarawih, kok. :D

    Nice post, Mas. Makasih udah berkunjung ke blog saya :D

  14. hahaha...semua sibuk ya...
    semoga di ramadan yg akan berakhir ini, ibadah kita makin baik ya ^^

  15. hahahahahaha, itu memang benar seh.

  16. Salah satu godaan dalam beribadah di akhir bulan Ramadhan.

  17. Kayana pernah dengar dari ustadz sob, hehehe

  18. simple ceritanya, mudah dipahami dan bikin geli dibelakangnya....hehehe
    Bahasa Makasar baru tau saya.....

  19. ini memang jamak kita lihat disekitar kita ...skalian blajar bahsa makasar ya sob..

  20. Hello my friend ! I wish you a wonderful weekend. Greetings from Rio deJaneiro/Brasil
    Thanks for visiting! Come again!

  21. tak terasa ini sudah hari ke 27 puasa..bentar lagi lebaran coy...mari saling berkunjung dan menjalin silahturahmi... tabe daeng... selamat berhari minggu

  22. Selamat menyambut Idul Fitri juga gan..mohon maaf lahir batin..mari kita rayakan kemenangan dengan hati yang fitri..

  23. Selamat menyambut Idul Fitri 1432H juga kawanku.Mohon maaf lahir batin.Semoga
    kita bisa meraih kemenangan dan kembali fitrah.

  24. NURA says:

    ass
    Jadi tahu lima perkara tersebut diatas.
    selamat hari raya idul fitri
    1 syawal 1432 H

  25. artikel yg bagus dan menarik untuk dibaca dan senang terasa... :)

  26. KAMI SEGENAP CREW CERITA dan ILMU MENGUCAPKAN
    “MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN – MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN”

  27. http://i56.tinypic.com/347hh1y.gif Happy friday evening and a great weekend to you. Hugs

  28. Benar juga :)
    tidak ada motivasi dari orang sekitar jadinya...

    met idul fitri

    "Taqobalallahu minna wa minkum"

    http://www.karyafikri.tk/2011/08/idul-fitri-1432-h-kartu-ucapan.html

  29. gak pa pa deh, asal shalat wajibnya jalan terus.

    met idul fitri..
    ditunggu kunjungan baliknya

  30. Ana says:

    Thank you, very nice your blog.

    http://s2-linda-mulher.blogspot.com/

    http://britney-spears-linda-mulher.blogspot.com/

  31. assalamualaikum...
    aih menarik juga niwh..
    hiihi
    sangat bermanfaat
    salam

  32. nice posting... ada benarnya juga

  33. postingannya bermanfaat sekali,, mampir yah di www.manusiakardos.blogspot.com

  34. ada yang sibuk menyiapkan kue lebaran dan ada yang sibuk mudik.

  35. Hihihihi

    jangan sampai nge-blog ikut2an bikin gak pergi salat tarawih :))

    Btw remaja skrg byk yang gak pergi tarawehan gara2 acara buka bersama lho mas..
    soalnya kalo udah ngumpul itu pasti lama ngobrol2nya

  36. Makin akhir Ramadhan shaft masjid makin ke depan ya bang... Hmm :)

  37. Bias alasan klise"Sibuk",semoga tidak bertambah banyak yang mengaku sibuk,,,

  38. saya malam-malam kok baca blog Bang Hariyanto? Kenapa? karena saya tarawih di rumah, karena anak saya kurang bisa diajak kerja sama, di masjid main lari-larian sama kawan-kawannya, padahal lokasi masjid di tepi jalan, bahaya...

  39. iya yah bener... biasanya udh masuk pertengahan puasa emg pada sukanya main petasan.. hohoo

    met bulan ramadhan. :)

  40. hehehe... bener banget tuch, kebanyakan memang begitu.. oya ini bahasa daerah mana ya..? saya kok sedikit kurang paham dengan bahasanya.. saya cuma nebak nebak saja hehehehe

  41. selamat mlm sobat. artikel yang bagus mas.

  42. Nafi says:

    terlalu banyak orang yang sudah sibuk mempersiapkan hari raya, ketimbang memperbanyak Qiyammula lail.. ckckckckkc, terutama ibu2 ini :D

  43. Untung berarti saya komen di blognya pas tidak waktunya buka puasa. bisa lupa gk berbuka nih.wkwkwkwkw

  44. hahahahaha. nombor 6 terkena sedas pada saya.. hahaha

  45. ndop says:

    Barusan ibuk nyuruh aku beli cat hahaha.. Kok ya tradisinya samaaa...

  46. memang betul semua point di atas, itu semua saya rasa benar adanya, he...he...

  47. tiap malem pasti taraweh berjamaah dong, blogwalkingnya pagi2 sebagai pengganti walking morning (jalan2 pagi/olahraga) :p

  48. teraweh? cuma beberapa kali ini aja mas, yang rutin shalat isya dan baca qurannya :)

  49. Sudah umum terjadi dimana-mana banyak yang di awal bulan Ramadhan masjid/langgar/mushalla penuh dengan jamaah shalat Isya' dan Tarawih namun ketika mendekati akhir bulan Ramadhan shaf shalat semakin sedikit.

    Sebaliknya terjadi di pasar/swalayan/mall/supermarket ketika mendekati Lebaran semakin ramai dan berjubel pengunjungnya. Toko baju laris manis begitu juga toko mebelair dan elektronik.

    Bila tidak salah di hadits menyebutkan, di jaman Nabi dulu beliau tidak shalat Tarawih berjamaah sebulan penuh dengan para sahabatnya. Beliau hanya beberapa hari shalat Tarawih berjamaah di masjid.

    Gambar ilustrasi yang menarik. Masjid yang megah dengan arsitektur yang mempesona. Salam cemerlang.

  50. Ramadhan ini saya cm 2x sholat taraweh. Kebetulan emak batuk, jadi milih di rumah aja jagain baby. Setelah sembuh, saya lg dech yg di rumah. Hikz

  51. ada juga anak" berbicara dibelakang...
    jad dia nda ikut solat jamaah

  52. hahahaaa.... yang terakhir itu loooo....

  53. ada lagi, gak jamaah di masjid karna jamaah ngopi di warung =))

  54. Yassalam, bener iki pak *tepok jidat sendiri* haha

  55. Hehe bisa saja, kalau saya saat ini biasanya alasannya karena sedang bertugas di kedai, karena hujan, karena kekenyangan dan ke masjid memang jauh :D

  56. kalau saya tidak sholat tarawih karena tuntuntan kerjaan om T_T

  57. saya ndak paham mas xixi

  58. Tradisi mengecat ulang rumah biar bersih dan kelihatan rapih juga sering di lakukan oleh sebagian masyarakat kita di dalam menghadapi hari raya Kang. Tapi yang jelas saya meninggalkan komentar ini pada siang hari Kang. he,,, he,,, he,,,

    Salam wisata

  59. Hahahaha saya nggak mau jadi silent reader ah, nih mas saya komentar sambil senyum-senyum :))

  60. yaaah masak yang baca juga kebagian sih, gak adil nih yang nulis juga dong

  61. wah kesindir nih..heheheee...

  62. hahaah untung ada terjemaahannya heheeh....

  63. :D bisaa aja :D sumpah jadi malu ngeliat kalimat yg paling terakhir :$

  64. Artikelnya sangat menarik Pak. Bisa bikin kita ketawa semua. Hehehehe :D

    Memang tulisan Pak Hariyanto tidak ada duanya. Salut :)

  65. Hahaha.... ada2 aja.. tapi aku baca postingan ini sore lo, jadi gak ngaruh dg sholat taraweh :p

  66. aku lagi asik ngelog dan koment disini, berarti dosanya ditanggung berdua...:)

  67. hahaha, bener bener, sip sip, setuju saya pak

  68. hihihi..
    untung saya bacanya gak pas waktu tarawih ya, kang.. :p

  69. hihi..
    saya gak pas tarawih kok kang, bacanya.. :D

  70. Udah kelar terawih di masjid kok kang. Hehe..

    Insya Allah, Semoga ane full shalat terawih berjamaah dari awal sampai akhir di masjid. HAPPY BLOGGING

  71. Alamak, nge-scroll kolom komentarnya jauh banget nih mas huhuhu ^^

  72. Masjidnya jadi kayak kmar sendiri. tidur sana tidur sini haha :D

  73. hehehee...ada jugalah sedikit kebenarannya di situ hihih

  74. hahahaha... kena dah saya. emang selalu ada alasan untuk tidak beribadah. ini fenomena klasik dan klise, alay banget. mudahan akhir ramadhan ini kita semua semakin banyak beribadah, ibadah ramadhan kan gak hanya terawih. (bilang sj ngeles)

  75. walau saya blogger, saya tidak masuk point ke 6 hehe.....

  76. belum sempat Om...biasane msh krj

  77. tojeng, tapi tenaja rinni ri blogger aganta, lampa ngaseng ja ri masjidka punna banggimi allo ngasenji, na online Gan, he he

  78. Bhahaha, fakta ini fakta, Bang! Huft! miris.com

  79. aku juga ga tarawih
    bukan karena sedih
    tapi bulan dihari ini aku yang dipilih

    tapi setelah jadi jernih
    akan kembali tarawih

  80. wkwkwk sempat bingung sama bhsanya tapi tak scroll kebawah ketemu deh translate nya :D

    wkwkwk yang nomer 6 betul bnget pak >.< hwahahaha saya jadi silent reader aja deh :P

  81. alhamdulilah ada translatenya :) jadi bisa paham maksud menulis artikel ini!

  82. Saya Kadang Berjamaah Di masjid kadang di rumah ... :)

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend