Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tips Cara Diet Rendah Gula

BlogsOf Hariyanto | 44 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger sedunia di manapun kalian beraktifitas. Tentunya kalian pernah mendengar nama Diabetes Mellitus, nama itu sangat popular di dunia nyata dan juga di di dunia maya, bahkan kalau kalian meminta bantuan Mbah Google, maka hanya dalam waktu 0.44 second akan muncul 25.900.000 kata Diabetes Mellitus dengan segala keterangan mengenainya.

Tips Cara Diet Rendah Gula

Kalau belum terlalu kenal dengan Diabetes Mellitus, mungkin sebaiknya berkenalan dengan yang sering disebut “Kencing Manis”, atau “Kencing Madu”. Nah kalau yang ini pasti kenal kan, kalau belum kenal sungguh terlaluuuuu :-) Padahal sebenarnya keduanya sama saja, kalau “Kencing Manis” itu istilah dalam Bahasa Indonesia, dan Diabetes Mellitus istilah dalam bahasa Latin.

Diebetes Mellitus sebenarnya adalah suatu penyakit di mana glukosa atau kadar gula dalam darah meningkat tinggi karena rendahnya insulin yang dihasilkan oleh tubuh. Itu kalau bicara mengenai Diabetes Mellitus. Tapi bagaimana kalau bicara mengenai Hiperglikemia, ada yang kenal nggak sama yang satu ini. Apakah dia seorang gadis rupawan terkenal, ataukan sang pria ganteng yang diusir dari negara Arab saking tampannya. Ooohh tentu tidak, semua itu salah :-D

Hiperglikemia atau Gula Darah Tinggi adalah hal yang menakutkan bagi kesehatan tubuh, karena bisa mengundang aneka macam penyakit yang akan baris berbaris menyerang pertahanan tubuh. Kadar gula dalam darah yang terus meninggi lambat-laun dapat menyebabkan terjadi pertumbuhan bakteri dalam aliran darah, hiperlipidemia (kolesterol tinggi) dan trigeliserida darah tinggi sehingga memicu komplikasi makrovaskuler antara lain gangguan kardiovaskuler (jantung), neurovaskuler (saraf) dan peripheralvascular (perifer) serta gangguan ginjal.

Namun buka berarti Gula Darah Tinggi atau Hyperglikemia tidak bisa dihindari. Risiko Hiperglikemia ini dapat diturunkan dengan mempertahankan kadar gula darah sedatar mungkin yaitu dengan melakukan diet yang fungsinya membatasi asupan gula sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi apa sich sebenarnya Hiperglikemia itu. Kalau menurut bahasa-nya orang Bugis Makassar Toraja dan Mandar yang lebih paham tentang ilmu dan dunia kesehatan, Hiperglikemia sesungguhnya merupakan keadaan peningkatan glukosa darah daripada rentang kadar puasa normal 80 – 90 mg / dl darah, atau rentang non puasa sekitar 140 – 160 mg /100 ml darah. dan merupakan gejala klinis dari Diabetes Mellitus.

Gejala yang dirasakan pengidapnya sebenarnya hampir tidak ada, kecuali bila pengidapya mau berlatih untuk merasakannya. Pada umumnya gejala yang muncul sebelum manifes dapat ditandai dengan banyaknya semut yang mengerumun pada air seni, perasaan mudah terserang ngantuk. Setelah manifes, gejala muncul dimulai dengan terasa sangat mudah haus, sering kencing, minum, makan, gatal (pruritus), berkeringat dll. Pada jangka panjang penderita mengalami berat badan menurun, mudah merasa lelah dan gangren .

Apa penyebab Gula Darah bisa menjadi tinggi??? Penyebabnya ada disekitar kita, yaitu karena sejumlah bahan makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari sebenarnya kaya dengan kandungan gula, dan secara tak sadar makanan itu dikonsumsi secara berlebihan selama hidup. Misalnya, nasi, mie, softdrink dan roti serta aneka macam snack. Sehingga membuat lambat laun kadar gula dalam darah jadi meningkat dan beresiko mengancam kesehatan tubuh.

Dan tubuh dianjurkan harus melakukan Diet Rendah Gula sebagai solusi yang ditawarkan kalau mau tubuh menjadi lebih sehat. Dibawah ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara seksama apabila hendak melakukan program Diet Rendah Gula yang diperoleh dari kutipan berbagai sumber, termasuk tentunya juga hasil berselancar di dunia maya yang saya coba sajikan dengan gaya ala BlogS Of Hariyanto. Silahkan dilanjutkan yaa...awas kalau tidak :-)

1. Ingat !!! Label Makanan Itu Sangat Penting Diperhatikan.
Terkadang saat membeli makanan dan minuman, pada umumnya kita tidak memperhatikan label makanan yang ada dalam kemasannya. Padahal di label tersebut tercantum kandungan gizi serta komposisi bahan makanan. Sehingga dengan demikian bisa diketahui, apakah makanan itu mengandung jenis-jenis gula seperti glukosa, madu, galaktosa, sukrosa, dekstrosa, sorgum, konsetrat jus buah, maltosa, atau xilitol. Yang disarankan adalah sebaiknya membatasi penggunaan gula olahan untuk asupan tubuh, dan menggantinya dengan gula alami.

2. Pilihlah Gula Alami Yang Terbaik
Diet Gula bukan berarti berhenti sama sekali mengkonsumsi gula sebagai asupan tubuh, karena kalau tubuh kekurangan asupan gula bisa menyebabkan kondisi tubuh jauh menurun, dan bisa menjadi pemicu pusing, mual dan lemas. Sebagai solusinya, sebaiknya pilihlah gula alami yang baik yang banyak terdapat dalam buah-buahan, sayuran.

3. Konsumsi Makanan Berindeks Gilkemik Rendah
Makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat dengan indeks gilkemik yang rendah misalnya ubi-ubian serta susu dengan kadar lemak yang rendah, serta kacang-kacangan.

4. Hindari Makanan Berindeks Gilkemik Tinggi
Apa yang dimaksud dengan Indeks Gilkemik ??? Sebenarnya itu adalah kemampuan bahan makanan mengolah zat menjadi glukosa dalam darah. Dan yang termasuk berindeks Gilkemik tinggi, adalah kentang memiliki indeks gilkemik 50, olahan terigu 100, dan nasi 80. Ini;ah makanan yang perlu kita hindari, karena bisa menjadi salah satu pemicu Kadar Gula dalam Darah menjadi tinggi.

5. Banyak-banyaklah Mengkonsumsi Makanan Berserat
Makanan berserat seperti sayuran, buah, roti gandum dan oatmeal sebenarnya bisa membantu mengenyangkan tubuh dan menjaga kadar gula dalam agar tidak tinggi. Dan serat ternyata sangat baik untuk menghambat metabolism zat gizi makro dalam tubuh.

6. Minumlah Air Putih Yang Banyak
Kebutuhan tubuh akan cairan dalam sehari antara 1,5 liter hingga 2 liter. Dengan memenuhi kebutuhan ini secara maksimal dengan cara meminum air putih, maka keinginan untuk meminum minuman manis bisa dihindari. Jadi minum air putih itu lebih menyehatkan daripada minuman lainnya.

7. Membatasi Mengkonsumsi Makanan Mengandung Lemak dan Kolestrol Tinggi
Sebenarnya kadar gula dalam darah cenderung bisa meningkat karena makanan yang kita konsumsi, kadar lemaknya tinggi atau kandungan kolestrolnya juga tinggi, sehingga beresiko kena penyakit jantung. Sebagai solusinya pilihlah kacang-kacangan, atau daging dan susu rendah lemak, karena dijamin lebih sehat dan juga bisa memenuhi asupan kebutuhan protein dalam tubuh.

8. Sebaiknya Hindari Produk Makanan Dalam Kemasan
Makanan dan minuman dalam kemasan yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun satu hal yang kurang disadari adalah bahwa makanan dan minuman dalam kemasan tersebut seperti, selai kacang, mayones, sereal mengandung gula, biscuit, soda, pancake, yoghurt rasa buah dan permen serta softdrink, seperti Coca Cola, Sprite dan Fanta, dan lain sebagainya umumnya mengandung kadar gula yang tinggi yang sangat beresiko bagi kesehatan. Ini serius loh...sambil pasang mimik wajah salah satu personil OVJ (Opera Van Java).

9. Konsumsilah Gula Secukupnya Sesuai Kebutuhan Saja
Kalau diperhatikan sebenarnya kebututuhan tubuh akan gula adalah hanya sekitar 4 hingga 5 sendok makan sehari. Dan sebenarnya kebutuhan itu sudah terpenuhi melalui makanan berkadar gula tinggi yang dikonsumsi, seperti nasi dan roti. Itulah sebabnya dianjurkan untuk mengurangi konsumsi asupan gula tambahan dalam sehari. Tapi sayangnya kita lebih banyak yang tidak memperhatikannya, akibatnya kita mengkonsumsi asupan gula melebihi batas kebutuhan tubuh kita sehari-hari.

10. Merubah Pola Makan
Merubah pola makan dengan membiasakan diri untuk mengontrol diri agar tidak makan dalam porsi berlebihan sangat dianjurkan demi kesehatan tubuh, karena hal itu bisa berpotensi memicu naiknya kadar gula dalam darah. Sebagai solusinya, makanlah dalam porsi kecil namun sering dan secara teratur. Dan jangan menunda waktu makan, karena berpotensi menyebabkan tubuh membutuhkan asupan gula.

11. Semua Itu Wajib Diawali Dengan Doa
Apapun minumannya, apapun makanannya, semestinya semua itu senantiasa diawali dengan mengucapkan Doa Kepada Sang Khaliq, Sang Maha Pemurah, yang telah memberikan rejeki berlimpah berupa makanan dan minuman dari permukaan bumi-NYA yang Maha Luas ini. Dalam doa kita panjatkan segala harapan untuk kesehatan kita, baik sehat lahiriah maupun sehat batiniah, hingga batas usia yang telah ditentukan oleh-NYA.

Itulah beberapa Tips Cara Diet Rendah Gula yang kalau dilakukan dengan seksama dan secara teratur sehingga terbiasa tentunya diharapkan dapat membuat kadar gula dalam darah menjadi stabil, ini berarti tubuh menjadi lebih sehat. Diet Rendah Gula sebenarnya tidak memberatkan kalau sudah biasa dilakukan, jadi ini hanya masalah “Biasa” dan “Tidak Biasa” saja. Semoga bermanfaat untuk semua sahabat-sahibit blogger sedunia, terutama bagi diri saya sendiri.

Tabe', salama' , mari ki' di'.
Keep Happy Blogging Always, ....salam :-)

Category : , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

44 komentar

  1. Terima Kasih mas ...
    sangat bermanfaat untuk kesehatan ...

    ★ http://www.adadeny.com/

  2. pak kalo aku diet kaya apa tar bentuknya
    haha

  3. iya ya Mas, ternyata label sangat menentukan ya. fatalnya, kalo saya suka abai soal ini. yang penting enak dan lezat gitu aja. wah, makasih mas, mengingatkan.

  4. keluarga saya termasuk yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini..audzubillahhimindzalik(sori klw peniulisannya salah).
    tipsnya beberapa sudah dijalani, terutama tips yang terakhir berdo'a...
    semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keceriaan sepanjang hayat dikandung badan....aaaamiiiiin

  5. Nafi says:

    sudah beberapa tahun ini saya emang menghindari makanan dengan gula berlebih, meski usia masih 20, tetep kudu waspada..

    yang susah itu ngatur makanan yang punya kadar lemak jenuh tinggi,, hahahaha, kadang terbuai oleh nikmatnya menu :D apalagi anak kostan hahahhaa

  6. saya rentang sekali dengan penyakit ini, terimakasih pak ternyata manis juga bisa memicu penyakit jantung ya

  7. dengar juga penyakit kencing manis ni berhasil daripada beras atau nasi. tak pasti benar atau tak pendapat ni

  8. Tips yang nomor 11 itu yang saya baru baca di sini ihwal tips hidup sehat, Pak. Dahsyat Pak. Makasih ya tipsnya. Hmmm..., itu foto juga mantap :)

  9. kalau gula batu [yg model bingkahan] itu termasuk gula alami kan Bang?

    doeloe, kalau uangnya gak cukup utk beli gula ya pakai gula batu

  10. menurut ane sih gan mendingan puasa aja, itu diet yang mujarab, tapi bukanya jngan berlebihan gan :D

  11. walaupun saya tidak mungkin diet lagi, karena postur tubuh saya hampir sama dengan mas rawin,..mungkin tips ini saya bisa simpan.mudah-mudahan juga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

  12. masih susah nih kalau memaksakan diri minum banyak air putih.

  13. Info says:

    mampir siang bro :)

  14. saya tiap hari makan gula sih.
    semoga ntar kalo tua nggak penyakit gula.
    BTW sebenarnya point terpenting ntu gula ato glukosa sih?

  15. Hallo bang, lama tak BW sy. Met shaum bang :D

  16. Allhamdulillah sudah bisa kembali menhunjungi blog ini

  17. berapa berapa banyak asupan gula yang bias ditolenrasi ya?

  18. ndop says:

    Aku udah membiasakan untuk mengambil gula super sedikit ketika bikin susu. Soalnya nasi itu khan gula juga. Karbohidrat itu khan akan jadi gula. Nasi pun aku juga ngambilnya sedikit. Sing penting lawuhe sin akeh. Sayure sing akeh haha..

    Dan yang lebih penting dari itu semua: OLAH RAGA. Karena kalo kita makannya banyak, olah raga juga harus banyak. Insya Alloh gak ada masalah. Badan sehat besar kekar dan guwanteng haha..

  19. sungguh sangat bermanfaat postingannya..
    I like it..
    terima kasih mas.. ^_^

  20. tips ini bisa dijadikan sebagai pencegah untuk menghindari penyakit diabetes,, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati..

    makasih banget bang.. :)

  21. tips ini bisa dighunakaan untuk sebagai langkah pencegahan dan menghindari penyakit diabetes, makasih mas infonya salam blogger

  22. diabet menjadi penyakit menakutkan akhir2 ini
    semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT

  23. Dengan diet rendah gula pasti lebih sehat ya gan.

  24. bingung cara dietnya mas, ikut nyimak aja dulu disini ya, thanks buat kunjungan dan follownya, ijin follback mas bro,,

  25. Lengkap banget gan tips nya,. ane pelajari dulu ya gan,..
    nice info.

  26. Terima kasih untuk tips diet rendah gulanya Bang, pencegahan memang selalu lebih baik.

  27. mksh infonya pak, sangat bermanfaat

  28. ini baru tips kesehatan yg sangat perlu untuk dilakukan sobat
    Kalau boleh saya akan menambahkan sedikit untuk point ke 12 yaitu, lakukan Puasa senin kamis...tapi itu kalau setuju kalau tdk setuju juga gak apa..hehe

  29. minum air putih itu bener mas :) banyak sekali manfaat nya untuk kesehatan :)

  30. sangat bermNfaat tuk slLu jga kesehatAn

  31. Selamat menjalankan ibadah puasa Mas Hari!
    Trims Tips nya.

  32. Alhamdulillah saya sudah mengurangi hal-hal yang bermanis manis dan memperbanyak minum air putih.

  33. Tipsnya mudahan bisa berjalan di bulan puasa ini pak.

  34. Tau dong Diabetes Mellitus, ibuku adalah penderita nya...

    Perlu kecermatan tinggi kalo mau membuat makanan buat beliau :)

    Thanks postingan nya om :-D

  35. mantap nih tipsnya pak, sangat berguna bagi kesehatan nih tips dietnya :)

  36. Aku mau diet susah nya minta ampun. badan makin melar, kayak nya diet gula boleh di coba nich

  37. Aq malah kepingin gendut gk bisa-bisa..tetep kurus kerempeng. hadeuhh

  38. sangat bermanfaat pak, tapi insya allah udah minum air banyak2,,

  39. wew lumayan banyak sob tips nya dan bermanfaat semua :)

  40. wajib untuk dipraktekkan nih

  41. waah saya lagi program diet nii....
    berat badan sudah menjadi 84 kg dengan tinggi 170 cm....
    hadeeeh....

  42. tante sama mama mia kena diabetes jg. walau asupan gulanya udah mau di kontrol (ga pake gula biasa lagi dan mau hindari makanan yg manis2) tapi asupan makannya ttp ga bisa di kontrol~~ kan ada takaran nasi utk org diabetes. nah itu dia masalahnya~~

  43. Apa orang yang terkena anemia bisa terkena diabetes juga? Memang keseharian itu nggak lepas dari nasi, mie dan snack. Justru karena jarang memperhatikan itulah. Biasalah, yang ada yang dimakan., haduuuhh -_-"

  44. 11 point dari Tips Cara Diet Rendah Gula yg siap ku eksekusi karena diriku termasuk pans setia kopi...hehe.
    Postingan yg sangat bermanfaat tuk pencegahan. Makasih dah berbagi,salam sukses n happy blogging!

New comments are not allowed.

44 komentar

  1. Terima Kasih mas ...
    sangat bermanfaat untuk kesehatan ...

    ★ http://www.adadeny.com/

  2. pak kalo aku diet kaya apa tar bentuknya
    haha

  3. iya ya Mas, ternyata label sangat menentukan ya. fatalnya, kalo saya suka abai soal ini. yang penting enak dan lezat gitu aja. wah, makasih mas, mengingatkan.

  4. keluarga saya termasuk yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit ini..audzubillahhimindzalik(sori klw peniulisannya salah).
    tipsnya beberapa sudah dijalani, terutama tips yang terakhir berdo'a...
    semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keceriaan sepanjang hayat dikandung badan....aaaamiiiiin

  5. Nafi says:

    sudah beberapa tahun ini saya emang menghindari makanan dengan gula berlebih, meski usia masih 20, tetep kudu waspada..

    yang susah itu ngatur makanan yang punya kadar lemak jenuh tinggi,, hahahaha, kadang terbuai oleh nikmatnya menu :D apalagi anak kostan hahahhaa

  6. saya rentang sekali dengan penyakit ini, terimakasih pak ternyata manis juga bisa memicu penyakit jantung ya

  7. dengar juga penyakit kencing manis ni berhasil daripada beras atau nasi. tak pasti benar atau tak pendapat ni

  8. Tips yang nomor 11 itu yang saya baru baca di sini ihwal tips hidup sehat, Pak. Dahsyat Pak. Makasih ya tipsnya. Hmmm..., itu foto juga mantap :)

  9. kalau gula batu [yg model bingkahan] itu termasuk gula alami kan Bang?

    doeloe, kalau uangnya gak cukup utk beli gula ya pakai gula batu

  10. menurut ane sih gan mendingan puasa aja, itu diet yang mujarab, tapi bukanya jngan berlebihan gan :D

  11. walaupun saya tidak mungkin diet lagi, karena postur tubuh saya hampir sama dengan mas rawin,..mungkin tips ini saya bisa simpan.mudah-mudahan juga bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

  12. masih susah nih kalau memaksakan diri minum banyak air putih.

  13. Info says:

    mampir siang bro :)

  14. saya tiap hari makan gula sih.
    semoga ntar kalo tua nggak penyakit gula.
    BTW sebenarnya point terpenting ntu gula ato glukosa sih?

  15. Hallo bang, lama tak BW sy. Met shaum bang :D

  16. Allhamdulillah sudah bisa kembali menhunjungi blog ini

  17. berapa berapa banyak asupan gula yang bias ditolenrasi ya?

  18. ndop says:

    Aku udah membiasakan untuk mengambil gula super sedikit ketika bikin susu. Soalnya nasi itu khan gula juga. Karbohidrat itu khan akan jadi gula. Nasi pun aku juga ngambilnya sedikit. Sing penting lawuhe sin akeh. Sayure sing akeh haha..

    Dan yang lebih penting dari itu semua: OLAH RAGA. Karena kalo kita makannya banyak, olah raga juga harus banyak. Insya Alloh gak ada masalah. Badan sehat besar kekar dan guwanteng haha..

  19. sungguh sangat bermanfaat postingannya..
    I like it..
    terima kasih mas.. ^_^

  20. tips ini bisa dijadikan sebagai pencegah untuk menghindari penyakit diabetes,, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati..

    makasih banget bang.. :)

  21. tips ini bisa dighunakaan untuk sebagai langkah pencegahan dan menghindari penyakit diabetes, makasih mas infonya salam blogger

  22. diabet menjadi penyakit menakutkan akhir2 ini
    semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT

  23. Dengan diet rendah gula pasti lebih sehat ya gan.

  24. bingung cara dietnya mas, ikut nyimak aja dulu disini ya, thanks buat kunjungan dan follownya, ijin follback mas bro,,

  25. Lengkap banget gan tips nya,. ane pelajari dulu ya gan,..
    nice info.

  26. Terima kasih untuk tips diet rendah gulanya Bang, pencegahan memang selalu lebih baik.

  27. mksh infonya pak, sangat bermanfaat

  28. ini baru tips kesehatan yg sangat perlu untuk dilakukan sobat
    Kalau boleh saya akan menambahkan sedikit untuk point ke 12 yaitu, lakukan Puasa senin kamis...tapi itu kalau setuju kalau tdk setuju juga gak apa..hehe

  29. minum air putih itu bener mas :) banyak sekali manfaat nya untuk kesehatan :)

  30. sangat bermNfaat tuk slLu jga kesehatAn

  31. Selamat menjalankan ibadah puasa Mas Hari!
    Trims Tips nya.

  32. Alhamdulillah saya sudah mengurangi hal-hal yang bermanis manis dan memperbanyak minum air putih.

  33. Tipsnya mudahan bisa berjalan di bulan puasa ini pak.

  34. Tau dong Diabetes Mellitus, ibuku adalah penderita nya...

    Perlu kecermatan tinggi kalo mau membuat makanan buat beliau :)

    Thanks postingan nya om :-D

  35. mantap nih tipsnya pak, sangat berguna bagi kesehatan nih tips dietnya :)

  36. Aku mau diet susah nya minta ampun. badan makin melar, kayak nya diet gula boleh di coba nich

  37. Aq malah kepingin gendut gk bisa-bisa..tetep kurus kerempeng. hadeuhh

  38. sangat bermanfaat pak, tapi insya allah udah minum air banyak2,,

  39. wew lumayan banyak sob tips nya dan bermanfaat semua :)

  40. wajib untuk dipraktekkan nih

  41. waah saya lagi program diet nii....
    berat badan sudah menjadi 84 kg dengan tinggi 170 cm....
    hadeeeh....

  42. tante sama mama mia kena diabetes jg. walau asupan gulanya udah mau di kontrol (ga pake gula biasa lagi dan mau hindari makanan yg manis2) tapi asupan makannya ttp ga bisa di kontrol~~ kan ada takaran nasi utk org diabetes. nah itu dia masalahnya~~

  43. Apa orang yang terkena anemia bisa terkena diabetes juga? Memang keseharian itu nggak lepas dari nasi, mie dan snack. Justru karena jarang memperhatikan itulah. Biasalah, yang ada yang dimakan., haduuuhh -_-"

  44. 11 point dari Tips Cara Diet Rendah Gula yg siap ku eksekusi karena diriku termasuk pans setia kopi...hehe.
    Postingan yg sangat bermanfaat tuk pencegahan. Makasih dah berbagi,salam sukses n happy blogging!

New comments are not allowed.
belajar komputer
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend

http://www.wikio.com
Personal
All Traveling Sites

Local Blogs