Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

CAMEO

Hariyanto Wijoyo | 51 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blooger se-dunia di manapun kalian beraktifitas. Pada suatu waktu bila kalian sedang menonton sebuah film apakah itu di bioskop atau di layar televise, bahkan mungkin juga di layar laptop serta tablet. Lalu ada satu sosok yang tampil sekilas dalam film tersebut, tanpa kata tanpa suara hanya muncul sekejap kemudian menghilang begitu saja. Kalau sosok itu adalah orang yang kita kenal, mungkin akan menjadi sebuah kejutan yang menyentak pikiran kita, saat dia muncul dan kemudian lenyap tanpa jejak. Namun bila sosoknya tak kita kenal sedikitpun, maka dia kan berlalu begitu saja bagaikan angin yang berhembus setiap hari.

cameo

Dalam dunia perfilman, sosok itu disebut sebagai Cameo, cara bacanya adalah Ka-Me-Yo. Definisi Cameo adalah suatu peran atau penampilan yang yang tidak terlalu penting, tetapi cukup besar untuk memunculkan perhatian dari penonton. Biasanya peran Cameo ini dilakukan oleh orang-orang yang telah dikenal luas oleh penonton, namun nama pemeran Cameo ini tidak muncul dalam credit tittle film tersebut. Sahabat-sahibit blogger pun sebenarnya bisa bermain dan berperan sebagai salah satu Cameo. Bagaimana cara untuk mendapatkan peran cameo ??? Ternyata cara mendapatkan peran Cameo sangat mudah sekali !! Kalau tidak percaya silahkan saja baca artikel ini sampai tuntas.

Bukan hanya dalam dunia sinema, dalam kehidupan di dunia ini yang penuh dengan berbagai macam sikap, sifat dan prilaku manusia yang beraneka ragam, laksana sebuah panggung sandiwara raksasa yang maha besar, terkadang peran Cameo ini juga bermunculan menghiasi segala kisah kehidupan yang terjadi. Cameo-cameo dunia nyata ini memainkan peranannya masing-masing, tanpa kata tanpa suara apa-apa, muncul sekilas kemudian lenyap bagaikan ditelan bumi. Bila di dalam dunia perfilman, cameo ini diharapkan bisa member efek kejutan buat para penonton, namun dalam dunia realita efek kejut-nya juga ada, namun tidak terasa, karena Cameo dunia nyata ini tenggelam dalam kesibukannya sendiri.

Misalnya saja. ketika masyarakat Indonesia lagi asyik berpesta demokrasi, masing-masing menyalurkan suara dan hak pilihnya, bahkan ada yang menyatakan bahwa dia adalah GolPut, atau Golongan Putih. Namun sebenarnya itu bukanlah masalah, karena GolPut adalah salah satu pilihan juga. Dari semua yang menentukan pendapat dan pilihannya, ternyata ada juga orang-orang yang bersikap tidak memilih siapapun, namun juga tidak menyatakan dirinya adalah GolPut, bahkan juga tidak bersikap Netral. Ketika masyarakat ramai-ramai mendatangi bilik suara, orang-orang tanpa sikap ini juga muncul sekejap kemudian pergi tanpa kata tanpa suara apa-apa. Tidak memilih dan tidak bersikap dalam menyatakan pendapat, bahkan golput juga tidak, mereka hanya diam seribu bahasa. Boleh jadi mereka adalah Cameo-cameo di dunia nyata.

Suatu waktu pada tanggal 27 November 2013, para dokter se Indonesia melakukan aksi demo, mereka para dokter itu melakukan aksi mogok sehari, tidak memberikan pelayanan kepada pasien. Maka dengan segera hal ini memicu berbagai komentar dari seluruh lapisan masyarakat, ada yang pro dengan aksi mogok para dokter, namun ada juga yang kontra. Semua pihak mengeluarkan argumennya dengan menggunakan beragam bahasa, mulai dari memakai bahasa medis, bahasa hukum, bahasa ekonomi, bahkan bahasa Alaypun hadir meramaikan. Lalu kemanakah para Cameo dunia nyata berada, mereka para Cameo itu juga ada, muncul dalam sekejap tanpa kata tanpa suara, kemudian hilang lenyap begitu saja, tanpa memberikan pandangan apapun tentang aksi mogok yang dilakukan para dokter se-Indonesia. Bahkan untuk membicarakan peristiwa yang sedang hangat-hangatnya di media cetak serta di media online ini, mereka pun enggan mengeluarkan satu patah kata apapun jua.

Satu lagi contoh bagaimana para cameo itu turut meramaikan peranan sandiwara dunia. Mungkin sahabat-sahibit blogger se-dunia pernah mengikuti kegiatan kerja bakti satu kampung, suatu aksi bersih-bersih kampung yang sangat mulia. Semua warga keluar membawa perlengkapannya masing-masing, mulai dari cangkul, sabit, sapu lidih, gerobak sampah, golok, sekopang dengan satu tujuan untuk kerja bakti membersihkan lingkungan. Ibu-ibu keluar membawa berbagai macam kue-kue dan minuman sebagai pelepas dahaga usai kerja bakti. Lalu di manakah para cameo itu. Cameo itu sebenarnya juga warga kampung itu, namun ia hanya memunculkan sekilas wajahnya dari balik pagar kemudian hilang, ataukah cameo-cameo itu sempat keluar menampakkan dirinya, namun hanya berlalu pergi dengan kendaraannya entah kemana, tanpa peduli sedikitpun pada kegiatan kerja bakti yang dilakukan warga kampung, yang nota bene adalah tetangganya sendiri.

Kenapa orang-orang bisa bersikap seperti cameo di dunia nyata. Para Cameo itu jauh lebih asyik menenggelamkan dirinya dalam kesibukan dunianya sendiri, tanpa peduli kepada lingkungan sekitarnya, bahkan cenderung bersikap acuh tak acuh dan masa bodoh. Apakah mereka tak tahu, bahwa sebagai manusia yang diciptakan Sang Khaliq, ini menunjukkan bahwa kita semua manusia di muka bumi ini sejatinya adalah hamba Allah yang sama derajatnya dalam pandangan-NYA. Yang membedakan adalah seberapa besar tingkat ketakwaan kepada Sang Khaliq. Namun bukankah sudah ditegaskan oleh Rasulullah, bahwa dari semua manusia yang ada, maka sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi sesamanya.

Ternyata untuk mendapatkan Peran Cameo itu gampang sekali khan. Bagaimana dengan sahabat-sahibit blogger se-dunia, adakah kalian menemukan peran cameo di kehidupan dan di lingkungan sekitar kalian. Atau mungkin para sahabat-sahibit blogger sedunia masih berminat untuk tetap memainkan peran cameo itu.

Tabe’ salama’ ki’
Keep Happy Blogging Always, mari ki’ di’, salam :-)

Category : , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

51 komentar

  1. Jadi lebih tau nih saya dengan istilah CAMEO padahal selama ini sering melihat orang-orang yg melakukan hal tersebutg

  2. cameo dalam sebuah film sekilas tapi berkesan kalo dalam kehidupan bermasyarakat cameo cenderung sangat tertutup dan tidak berbaur.

  3. nah kalau cameo ala kerja bakti seperti orang dikakpung kampung kita sata sering njumpai pak. hehe, malah saya sendiri kalau lagi dikejar jamatanyang, juga cuma muncul sebentar sambil basi basi kasih rokok ma tetangga ,, lalu menghilang, hehe

  4. Kalau seperti itu membahayakan atau justru malah pada dicari nih gan
    pertanyaan dari saya

  5. Iya ya gampang .... *kayaknya saya pernah memerankannya .. jadi malu*

  6. Berbagai karakter yang dimainkan manusia dalam 'panggung besar dunia ini' sangatlah komplit dari A sampai Z. Keberagaman yang sangat 'luar biasa' dalam menghiasi roda kehidupan ini. Cameo pun mengambil peranannya disini. Ulasan yang menarik dan menjadi salah satu bahan renungan kita dalam menjalani kehidupan ini. Terima kasih. Salam cemerlang!

  7. Ternyata nama perannanya Cameo ya kang, baru tahu saya dengan nama ini.

    Salam wisata

  8. ndop says:

    Kalo blogger pastinya bukan cameo kali ya. Khan blogger itu gak diam saja, justru meninggalkan jejak di dunia ini berupa tulisan..

  9. Jujur baru tahu arti cameo itu apa...denger istilahnya sih pernah, cuma ndak begitu tertarik waktu itu..
    Sudah ada adsense yah bang..sukses terus yah bang..lama tidak silaturahmi di sini soalnya

  10. Kirain Pameo dan Cameo itu sama mas..makasi infonya mas..Sepertinya, tak bisa dipungkiri, cameo ada di dunia nyata mas..:D

  11. ya biasanya kalau di film saya suka menemui sosok cameo ini. Terima kasih sudah diingatkan pak supaya saya jangan menjadi cameo di dunia nyata ini

  12. Sumpah baru tahu kalo arti Cameo dari Blog Mas Har...
    Soalnya jaman video Jokowi nyalon Gubernur itu buatan Rumah produksi Cameo...ternyata pas artinya

  13. Dalam kehidupan sehari2 sosok cameo bisa juga dibilang "musingkeun"(Bhs.sunda)

  14. ya Mas, orang yang tau posisi dan bermanfaat bagi masyarakat banyak, tentulah lebih berharga.

  15. asyik juga ya pak kalau kita bisa memerankan cameo, lumayan bisa masuk di tv hehehe :D tapi kayaknya sulit deh bagi saya hmmm :)

  16. jadi cameo mudah daaan seringnya, gak berasa, hehe
    saya juga prnah deh meraninnya >.<

  17. "Cameo" satu kata yang baru buat saya.. dan setelah baca dengan seksama akhirnya saya dapat mengambil kesimpulan tentang cameo :D

  18. Saya baru tahu tentang istilah tersebut mas ... :D Terimakasih sudah berbagi .. jadi menambah wawsan saya nih .. :D

  19. kalau urusan pemilu/golput...saya bagian dari profokator sejatinya bang...dan peran sebagai kameyo sangat saya nikmati....tapi kalau kameyo yang lain saya ngga termasuk bang...;o)

  20. Cameo kalau dalam perfilman mungkin tidak ada masalah tapi kalau dalam kehidupan jangan sampailah

  21. Ooo. istilahnya CAMEO ya mas Hary, tambah perbendaharaan buat saya..:)

    Blogwalking sore mas Har,

    Happy weekend and happy Blogging..!

  22. apa cameo kalo dalam kehidupan sama dengan egois,anti sosial ya sob...
    hehe.. saya tergolong cameo gak ya....

  23. Baru tau tentang ini. Ternyata oh ternyata :D

  24. Hmm. baru denger kata "cameo" gugling dulu aaaah... :D

  25. wah kalau bersikap acuh tak acuh pada lingkungan sekitar ya kurang baik donk mas... ntr nggak ada yang ngasih makanan heheheheh

  26. semestinya bisa menjadi manfaat bagi umat, tdk hanya sekedar sbg cameo

  27. Baru tahu istilah Cameo nih.. Tapi harusnya kita jadi pemeran uatam juga ya dalam kehidupan nyata. Biar lebih bermanfaat.

  28. Jadi comeo sepertinya asyk singkat tapi berpengaruh, tapi tetep pengin jadi pemeran utama lah walaupun sederhana tapi berkualitas dan dikenang.

  29. Saya baru denger ada istilah cameo ini, hampir mirip dengan sifat abunawas dalam dongeng ya mas :)
    Sukanya hanya ngakalin orang lain aja, hehehe :D
    Makasih sharingnya yg menambah wawasan ^_^

  30. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Saya mendapat perkataan baru - CAMEO -. dan baru mengerti maksudnya. Mungkin ia sikap acuh tidak acuh, yang sering tidak mahu mengambil tahu apa yang berlaku di sekitarnya. Sikap sebegini banyak ada kepada semua orang yang tentunya mempunyai alasan tersendiri untuk berbuat demikian.

    Namun jika bersikap ambil peduli, pastikan sesuai dengan aktiviti dan peristiwanya agar apa yang kita lakukan bisa bermanfaat buat semua orang dan bukan bertujuan untuk mencari nama atau pujian. lakukan semata-ata kerana Allah SWT.

    Terima kasih mas Hariyanto atas pesan dan ingatan yang bila ditilik saya juga antara jutaan manusia yang bersikap tunggu dan lihat kepada apa yang selalu berlaku dalam peristiwa besar, tetapi jika melibatkan tugas dan organisasi sendiri, saya ternyata bukan CAMEO tetapi turut berperan memastikan kejayaan dan kemenjadian organisasi tersebut.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. :D

    SITI FATIMAH AHMAD

  31. Wah, berarti bisa jadi kerap kali saya jadi cameo nih. Duh, semoga saya bisa berperan lebih baik di masyarakat. :)

  32. Duh aku sedikit cameo mas .. gimana nih hehe

  33. kaya aku dong, pak..?
    apapun jurnalnya, komennya entah kemana...
    *sambit handuk

  34. saya merenung dulu, apakah di dunia nyata ini sy pernah jd cameo atau tidak? :)

  35. ternyata cameo bukan peran utama ya mas, atau karena merasa bukan peran utama kemudian mengatakan ngapain sering-sering mucul nanti pada bosan

  36. wihhh postingan berkelas om :)

  37. Saya pikir membahas soal film...ndak tau....pengertiannya malah luas :)

  38. Hmmm cameo.. Aku mau jadi cameo ahhh..
    Tambsh 1 pengalama dengar yang namanya cameo

  39. ternyata cameo itu begitu ya mas, nah ane mgkn kdg suka berperan jadi cameo disaat tertentu hehe

  40. cameo sama pemeran figuran itu beda ya?

  41. berarti misterius gitu yang orangnya yang disebut cameo :/

  42. wah kalo orangnya pasif apa bisa disebut cameo juga ya ?

  43. hidupku ya aku peran utamanya mas hahahah

  44. Ada, bahkan banyak ditemukan Om Hary

  45. Jadi cameo itu "Enak" karena cuma numpang lewat, gak dituntut pertanggungjawaban apa2 hehehe

  46. paham2 pak.!, bagus ilustrasix...! klo gitu sy jg pengen jd cameo tp cameo yg membuat org kaget dan tersadar atw insaf hingga berkeinginan berbuat baik/amal *smile

  47. CAMEO tuh kayak saya.. orang yang gak penting

  48. Selamat Malam Mas Hari. ijin simak dan baca artikel yang Judul nya
    Ngirit Alias CAMEO Atau Ka me yo kata Mas Hari mah cara bacanya hehhe
    Saya pernah lihat cerita film ini namun baru tau juga tentang ini pada
    Kehidupan kita. malahan di daerah tetangga saya ada yang seperti itu
    Tapi yang ngelakuin dan masyrakat sekitar nyantai-nyantai saja

  49. Foto artikel CAMEO nya keren pol Mas Hari di pantai Losari Makasar
    Yah Mas kalau gak salah. keren dan Menajubkan tapi di tengah foto
    Ada bayangan putih itu apa an tuh Mas Hari heheheh salam sukses Mas

New comments are not allowed.

51 komentar

  1. Jadi lebih tau nih saya dengan istilah CAMEO padahal selama ini sering melihat orang-orang yg melakukan hal tersebutg

  2. cameo dalam sebuah film sekilas tapi berkesan kalo dalam kehidupan bermasyarakat cameo cenderung sangat tertutup dan tidak berbaur.

  3. nah kalau cameo ala kerja bakti seperti orang dikakpung kampung kita sata sering njumpai pak. hehe, malah saya sendiri kalau lagi dikejar jamatanyang, juga cuma muncul sebentar sambil basi basi kasih rokok ma tetangga ,, lalu menghilang, hehe

  4. Kalau seperti itu membahayakan atau justru malah pada dicari nih gan
    pertanyaan dari saya

  5. Iya ya gampang .... *kayaknya saya pernah memerankannya .. jadi malu*

  6. Berbagai karakter yang dimainkan manusia dalam 'panggung besar dunia ini' sangatlah komplit dari A sampai Z. Keberagaman yang sangat 'luar biasa' dalam menghiasi roda kehidupan ini. Cameo pun mengambil peranannya disini. Ulasan yang menarik dan menjadi salah satu bahan renungan kita dalam menjalani kehidupan ini. Terima kasih. Salam cemerlang!

  7. Ternyata nama perannanya Cameo ya kang, baru tahu saya dengan nama ini.

    Salam wisata

  8. ndop says:

    Kalo blogger pastinya bukan cameo kali ya. Khan blogger itu gak diam saja, justru meninggalkan jejak di dunia ini berupa tulisan..

  9. Jujur baru tahu arti cameo itu apa...denger istilahnya sih pernah, cuma ndak begitu tertarik waktu itu..
    Sudah ada adsense yah bang..sukses terus yah bang..lama tidak silaturahmi di sini soalnya

  10. Kirain Pameo dan Cameo itu sama mas..makasi infonya mas..Sepertinya, tak bisa dipungkiri, cameo ada di dunia nyata mas..:D

  11. ya biasanya kalau di film saya suka menemui sosok cameo ini. Terima kasih sudah diingatkan pak supaya saya jangan menjadi cameo di dunia nyata ini

  12. Sumpah baru tahu kalo arti Cameo dari Blog Mas Har...
    Soalnya jaman video Jokowi nyalon Gubernur itu buatan Rumah produksi Cameo...ternyata pas artinya

  13. Dalam kehidupan sehari2 sosok cameo bisa juga dibilang "musingkeun"(Bhs.sunda)

  14. ya Mas, orang yang tau posisi dan bermanfaat bagi masyarakat banyak, tentulah lebih berharga.

  15. asyik juga ya pak kalau kita bisa memerankan cameo, lumayan bisa masuk di tv hehehe :D tapi kayaknya sulit deh bagi saya hmmm :)

  16. jadi cameo mudah daaan seringnya, gak berasa, hehe
    saya juga prnah deh meraninnya >.<

  17. "Cameo" satu kata yang baru buat saya.. dan setelah baca dengan seksama akhirnya saya dapat mengambil kesimpulan tentang cameo :D

  18. Saya baru tahu tentang istilah tersebut mas ... :D Terimakasih sudah berbagi .. jadi menambah wawsan saya nih .. :D

  19. kalau urusan pemilu/golput...saya bagian dari profokator sejatinya bang...dan peran sebagai kameyo sangat saya nikmati....tapi kalau kameyo yang lain saya ngga termasuk bang...;o)

  20. Cameo kalau dalam perfilman mungkin tidak ada masalah tapi kalau dalam kehidupan jangan sampailah

  21. Ooo. istilahnya CAMEO ya mas Hary, tambah perbendaharaan buat saya..:)

    Blogwalking sore mas Har,

    Happy weekend and happy Blogging..!

  22. apa cameo kalo dalam kehidupan sama dengan egois,anti sosial ya sob...
    hehe.. saya tergolong cameo gak ya....

  23. Baru tau tentang ini. Ternyata oh ternyata :D

  24. Hmm. baru denger kata "cameo" gugling dulu aaaah... :D

  25. wah kalau bersikap acuh tak acuh pada lingkungan sekitar ya kurang baik donk mas... ntr nggak ada yang ngasih makanan heheheheh

  26. semestinya bisa menjadi manfaat bagi umat, tdk hanya sekedar sbg cameo

  27. Baru tahu istilah Cameo nih.. Tapi harusnya kita jadi pemeran uatam juga ya dalam kehidupan nyata. Biar lebih bermanfaat.

  28. Jadi comeo sepertinya asyk singkat tapi berpengaruh, tapi tetep pengin jadi pemeran utama lah walaupun sederhana tapi berkualitas dan dikenang.

  29. Saya baru denger ada istilah cameo ini, hampir mirip dengan sifat abunawas dalam dongeng ya mas :)
    Sukanya hanya ngakalin orang lain aja, hehehe :D
    Makasih sharingnya yg menambah wawasan ^_^

  30. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Saya mendapat perkataan baru - CAMEO -. dan baru mengerti maksudnya. Mungkin ia sikap acuh tidak acuh, yang sering tidak mahu mengambil tahu apa yang berlaku di sekitarnya. Sikap sebegini banyak ada kepada semua orang yang tentunya mempunyai alasan tersendiri untuk berbuat demikian.

    Namun jika bersikap ambil peduli, pastikan sesuai dengan aktiviti dan peristiwanya agar apa yang kita lakukan bisa bermanfaat buat semua orang dan bukan bertujuan untuk mencari nama atau pujian. lakukan semata-ata kerana Allah SWT.

    Terima kasih mas Hariyanto atas pesan dan ingatan yang bila ditilik saya juga antara jutaan manusia yang bersikap tunggu dan lihat kepada apa yang selalu berlaku dalam peristiwa besar, tetapi jika melibatkan tugas dan organisasi sendiri, saya ternyata bukan CAMEO tetapi turut berperan memastikan kejayaan dan kemenjadian organisasi tersebut.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. :D

    SITI FATIMAH AHMAD

  31. Wah, berarti bisa jadi kerap kali saya jadi cameo nih. Duh, semoga saya bisa berperan lebih baik di masyarakat. :)

  32. Duh aku sedikit cameo mas .. gimana nih hehe

  33. kaya aku dong, pak..?
    apapun jurnalnya, komennya entah kemana...
    *sambit handuk

  34. saya merenung dulu, apakah di dunia nyata ini sy pernah jd cameo atau tidak? :)

  35. ternyata cameo bukan peran utama ya mas, atau karena merasa bukan peran utama kemudian mengatakan ngapain sering-sering mucul nanti pada bosan

  36. wihhh postingan berkelas om :)

  37. Saya pikir membahas soal film...ndak tau....pengertiannya malah luas :)

  38. Hmmm cameo.. Aku mau jadi cameo ahhh..
    Tambsh 1 pengalama dengar yang namanya cameo

  39. ternyata cameo itu begitu ya mas, nah ane mgkn kdg suka berperan jadi cameo disaat tertentu hehe

  40. cameo sama pemeran figuran itu beda ya?

  41. berarti misterius gitu yang orangnya yang disebut cameo :/

  42. wah kalo orangnya pasif apa bisa disebut cameo juga ya ?

  43. hidupku ya aku peran utamanya mas hahahah

  44. Ada, bahkan banyak ditemukan Om Hary

  45. Jadi cameo itu "Enak" karena cuma numpang lewat, gak dituntut pertanggungjawaban apa2 hehehe

  46. paham2 pak.!, bagus ilustrasix...! klo gitu sy jg pengen jd cameo tp cameo yg membuat org kaget dan tersadar atw insaf hingga berkeinginan berbuat baik/amal *smile

  47. CAMEO tuh kayak saya.. orang yang gak penting

  48. Selamat Malam Mas Hari. ijin simak dan baca artikel yang Judul nya
    Ngirit Alias CAMEO Atau Ka me yo kata Mas Hari mah cara bacanya hehhe
    Saya pernah lihat cerita film ini namun baru tau juga tentang ini pada
    Kehidupan kita. malahan di daerah tetangga saya ada yang seperti itu
    Tapi yang ngelakuin dan masyrakat sekitar nyantai-nyantai saja

  49. Foto artikel CAMEO nya keren pol Mas Hari di pantai Losari Makasar
    Yah Mas kalau gak salah. keren dan Menajubkan tapi di tengah foto
    Ada bayangan putih itu apa an tuh Mas Hari heheheh salam sukses Mas

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend