Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Idul Qurban di Masjid Miftahul Khayr Makassar

Hariyanto Wijoyo | 27 komentar

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar

Usai pelaksanaan Sholat Ied Idul Adha, sekelompok lelaki berjalan serentak penuh semangat melangkahkan kaki dengan hentakan yang cepat dan tegap menuju masjid Miftahul Khayr, Makassar. Di pinggang mereka masing-masing terselip sebilah golok yang masih bersarung. Gulungan tali nylon besar melingkar di bahu mereka.

Mereka adalah para pemuda tangguh yang mewakili sekelompok manusia untuk merealisasikan ritual sakral penyembelihan hewan qurban sebagai wujud nyata bentuk amal ketaatan dan kesyukuran yang sangat utama dari seorang hamba kepada Sang Khaliq dalam menjalankan perintah-NYA.

Gerakan mereka sungguh lincah dan tangkas, karena mereka tahu ini adalah hari Yaum Al-Nahr, hari disunnahkan untuk menyembelih hewan qurban untuk dibagikan kepada kaum fakir miskin. Dalam sekejap saja mereka mulai beraksi siap untuk menyembelih dua puluh dua ekor sapi dan sepuluh ekor kambing yang disiapkan oleh panitia Idul Adha atau Idul Qurban.

Kala kaki-kaki hewan qurban itu telah terikat erat, tubuhnya pun terhempas tergolek pasrah menerima nasib sebagai medium pelaksanaan ibadah manusia kepada Sang Khaliq, seketika itu jua seiring lantunan takbir, tahlil, dan tahmid, sebilah golok yang teramat tajam berkilau berkelebat menebas menyembelih leher hewan kurban itu. Laksana menebas dan menyembelih nafsu dan sifat kebinatangan yang teramat buas, mengendap erat lekat mencengkram dalam nurani manusia.

Sehingga sifat manusiawi yang saling menyayangi, saling merindukan, saling mengasihi antara sesama manusia, yang selama ini tertutupi oleh nafsu dan sifat kebinatangan, bisa muncul dan menyinari kehidupan manusia hingga akhir zaman.

Luapan darah hewan qurban memerah mengalir bagaikan anak sungai dari leher yang tertebas oleh sebilah golok, biarlah tumpah membasahi bumi, untuk membersihkan diri manusia dari nafsu angkara murka menumpahkan darah antara sesama manusia.

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar
Penyembelihan Hewan Qurban Kambing

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar
Penyembelihan Hewan Qurban Sapi

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar

Kulit dan bulu-bulu hewan qurban pun menjadi kotor penuh debu pasir tanah dan noda dunia, karena padanya terdapat suatu kebaikan sudah terpakai untuk membersihkan segala kekotoran yang ada melekat pada diri manusia, sehingga sang manusia menjadi lebih bersih dan lebih suci sebagai hamba Sang Khaliq.

Daging dan tulang tersayat dan terpotong untuk dibagikan kepada sesama umat muslim, sebagai wujud nyata bahwa rasa kebersamaan itu masih ada, dan berbagi untuk saudara-saudara umat muslim merupakan kebahagian dan keindahan yang sungguh luarbiasa.

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar
Pemotongan dan Penimbangan Daging Qurban oleh pengurus masjid, H. Sahlan, Pak Hamka dan pak H. Amir, Untuk Dibagikan kepada Yang Berhak

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar
Pembagian Daging Hewan Qurban oleh Saudara Ilo, Kepada Yang Berhak Menerima

Jika saja sahabat-sahibit blogger sedunia memiliki harta yang berlebih, sebaiknya melaksanakan ibadah qurban, karena itulah sebaik-baiknya ibadah pendekatan diri seorang hamba kepada ALLAH Subhanahu Wa Ta'Ala, dengan demikian semoga saja harta dan rezeki pun semakin barokah karenanya.

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar
Masjid Miftahul Khayr Makassar

Idul Qurban Masjid Miftahul Khayr Makassar
Para Pemuda Tangguh Remaja Masjid Miftahul Khayr Sedang Beristirahat Usai Menunaikan Tugasnya

"Daging dan darah qurban tidaklah sekali-kali dapat mencapai (ridla ALLAH), tetapi ketakwaan dari kamu sekalianlah yang akan dapat mencapaiNYA" [QS al-Hajj ayat 7]

أَللهُ أَكْبَرْ – أَللهُ أَكْبَرْ – أَللهُ أَكْبَرْ – اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً, لاَ اِلَهَ اِلاَّاللهُ وَلاَ نَعْبُدُ اِلاًَّ اِيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ, لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ , لاَاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ أَكْبَرْ, اَللهُ أَكْبَرْ وَلِلًَّهِ الْحَمْدُ.

Sekilas info :
Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Idul Qurban 1435 H
Tanggal Pelaksanaan : 5-6 Oktober 2014
Lokasi : Masjid Miftahul Khayr, Jalan Sungai Walanae No 50 Makassar, Sulawesi Selatan
Jumlah Hewan Qurban : 22 ekor sapi dan 10 ekor kambing

Tabe, salama ki’
Keep Happy Blogging Always
Selamat Lebaran Idul Adha, mari ki’ di’ :-)

Category : , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

27 komentar

  1. seru ya Pak acara qurbannya. Rame terlihat dari foto-fotonya..

  2. Alhamdulillah abangku tahun ini ber Qurban, semoga rezekinya kian banyak dan berkah, dan Qurban ini akan jadi kendaraan abang dan keluarga menuju surga...aaamiiin
    Maaf lahir batin ya bang, salamin sama ibue dan putra putrinya, ngga pernah denger dan update anak-anaknya deh ih.

  3. gara-gara lemot, jawaban ini tak paste ke jawaban di blog saya coba?...pikun kali ya?

  4. Alhamdulillah ya pak, acara Kurbannya berjalan sukses hehehe... wah, jadi laper kalo lihat makanan lagi xixiiii

  5. Wah selamat y pak Hari atas sukses ya penyembelihan hewan qurban... Smoga mnjadi amalan terbaik yg mengantarkan kita ke Syurga...

    Salam ukhuwah dari Pulau Dollar

  6. Acara qurban di Masjid Miftahul Khayr Makasar sangat ramai dan tentunya menjadi sebuah tradisi yang dapat mensiarkan agama ya Kang, senang melihat kegiatan yang ramai seperti ini.

    Salam

  7. semoga kurban kali ini makin membawa kita ke arah manusia yang paripurna ya Mas. aamiin.

  8. Semoga kurban tanda keimanan kita diterima di sisi Allah.

  9. Foto-foto di awal sadis amat sih mas :)

  10. Selamat hari raya idul adha...

  11. Ngga tega liat foto-fotonya.. Seharusnya disensor sikit, Bang.. :(

  12. berbagi dengan orang lain sungguh membahagiakan, semoga berkah selalu diberikan pada yang berkurban

  13. Selamat lebaran isul adha :)

  14. Nunu says:

    aku gak bisa lihat foto2nya geli duluan :(

  15. wah luamaaa sekali ndak ngunjungi blognya mas har...sehat semua to mas har...salam idul adha dari yogya :D

  16. "Luapan darah hewan qurban memerah mengalir bagaikan anak sungai dari leher yang tertebas oleh sebilah golok..", kalimatnya makin jleb, Om. apalagi didukung foto2nya gitu, hihihihi. tapi hakekatnya tetap bisa dipetik. selamat Idhul Adha :)

  17. mantap nih pak
    cuma rada ngeri kalo liat foto berdarah darah gitu

  18. ngeri pak lihat sapinya berdarah-darah gitu...
    gak tegaan saya :(

  19. Nyaris hampir sama di setiap kepanitiaan Potong Qurban ya, Setelah para petugasnya berjibaku memotong hewan qurban, dan membagikan hewan qurban kepada masyarakat yang berhak menerimanya, parfa panitia juga makan siang bersama sama. Menunya tentu istiimewa . Heiheihie. Sama sama

  20. melihat hewan disembelih, mungkin seperti itulah seharusnya seorang hamba semestinya menyerahkan diri kepada Nya

  21. wah 22 ekor sapi? banyak ya disana kurbannya pak :D

  22. memang saat idul adha begini jadi ajangnya silaturahmi antar tetangga ya kan pak :D

  23. acaranya meriah banget ya gan, di desa ane juga rame banget nyembelih hewan qurban, sayang ane nggak pulang kampung halaman gan

    salam kenal gan dari newbi

  24. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...
    Meriah sekali acara qurban di masjid tersebut. Hewan qurbannya juga banyak. Mudahan dengan melihat darah-darah hewan kurban yang mengalir akan menginsafkan kita juga memberi ganjaran untuk kita menilai betapa hikmah disebalik qurban yang dijalankan. Kantor saya, tidak jadi melaksanakan qurban sapi tahun ini kerana sapinya sangat mahal dan perlu diorder dari Australia. Mudahan tahun hadapan bisa dilakukan.
    SITI FATIMAH AHMAD

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. :)

  25. pengen kesini lagi ahh, siapa tau masih ada sate tersisa buat saya

New comments are not allowed.

27 komentar

  1. seru ya Pak acara qurbannya. Rame terlihat dari foto-fotonya..

  2. Alhamdulillah abangku tahun ini ber Qurban, semoga rezekinya kian banyak dan berkah, dan Qurban ini akan jadi kendaraan abang dan keluarga menuju surga...aaamiiin
    Maaf lahir batin ya bang, salamin sama ibue dan putra putrinya, ngga pernah denger dan update anak-anaknya deh ih.

  3. gara-gara lemot, jawaban ini tak paste ke jawaban di blog saya coba?...pikun kali ya?

  4. Alhamdulillah ya pak, acara Kurbannya berjalan sukses hehehe... wah, jadi laper kalo lihat makanan lagi xixiiii

  5. Wah selamat y pak Hari atas sukses ya penyembelihan hewan qurban... Smoga mnjadi amalan terbaik yg mengantarkan kita ke Syurga...

    Salam ukhuwah dari Pulau Dollar

  6. Acara qurban di Masjid Miftahul Khayr Makasar sangat ramai dan tentunya menjadi sebuah tradisi yang dapat mensiarkan agama ya Kang, senang melihat kegiatan yang ramai seperti ini.

    Salam

  7. semoga kurban kali ini makin membawa kita ke arah manusia yang paripurna ya Mas. aamiin.

  8. Semoga kurban tanda keimanan kita diterima di sisi Allah.

  9. Foto-foto di awal sadis amat sih mas :)

  10. Selamat hari raya idul adha...

  11. Ngga tega liat foto-fotonya.. Seharusnya disensor sikit, Bang.. :(

  12. berbagi dengan orang lain sungguh membahagiakan, semoga berkah selalu diberikan pada yang berkurban

  13. Selamat lebaran isul adha :)

  14. Nunu says:

    aku gak bisa lihat foto2nya geli duluan :(

  15. wah luamaaa sekali ndak ngunjungi blognya mas har...sehat semua to mas har...salam idul adha dari yogya :D

  16. "Luapan darah hewan qurban memerah mengalir bagaikan anak sungai dari leher yang tertebas oleh sebilah golok..", kalimatnya makin jleb, Om. apalagi didukung foto2nya gitu, hihihihi. tapi hakekatnya tetap bisa dipetik. selamat Idhul Adha :)

  17. mantap nih pak
    cuma rada ngeri kalo liat foto berdarah darah gitu

  18. ngeri pak lihat sapinya berdarah-darah gitu...
    gak tegaan saya :(

  19. Nyaris hampir sama di setiap kepanitiaan Potong Qurban ya, Setelah para petugasnya berjibaku memotong hewan qurban, dan membagikan hewan qurban kepada masyarakat yang berhak menerimanya, parfa panitia juga makan siang bersama sama. Menunya tentu istiimewa . Heiheihie. Sama sama

  20. melihat hewan disembelih, mungkin seperti itulah seharusnya seorang hamba semestinya menyerahkan diri kepada Nya

  21. wah 22 ekor sapi? banyak ya disana kurbannya pak :D

  22. memang saat idul adha begini jadi ajangnya silaturahmi antar tetangga ya kan pak :D

  23. acaranya meriah banget ya gan, di desa ane juga rame banget nyembelih hewan qurban, sayang ane nggak pulang kampung halaman gan

    salam kenal gan dari newbi

  24. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...
    Meriah sekali acara qurban di masjid tersebut. Hewan qurbannya juga banyak. Mudahan dengan melihat darah-darah hewan kurban yang mengalir akan menginsafkan kita juga memberi ganjaran untuk kita menilai betapa hikmah disebalik qurban yang dijalankan. Kantor saya, tidak jadi melaksanakan qurban sapi tahun ini kerana sapinya sangat mahal dan perlu diorder dari Australia. Mudahan tahun hadapan bisa dilakukan.
    SITI FATIMAH AHMAD

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. :)

  25. pengen kesini lagi ahh, siapa tau masih ada sate tersisa buat saya

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend