Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Pantai Harapan Pomalaa Bertabur Limbah

Hariyanto Wijoyo | 95 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger sedunia.
Saat berkunjung ke Kabupaten Kolaka yang terletak di Sulawesi Tenggara, saya jadi teringat akan suatu pantai yang letaknya di Kecamatan Pomalaa, yang pernah saya kunjungi setahun yang lalu. Kalau dari Hotel Sutan Raja Kolaka menuju ke Pomalaa, menghabiskan waktu sekitar tigapuluh menit perjalanan dengan menggunakan mobil. Tak elok rasanya bila tak berbagi kisah tentang pantai yang menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Kolaka, khususnya di Kecamatan Pomalaa.

Pantai ini sungguh unik, lain dari lain, sungguh sangat berbeda dengan pantai-pantai yang pernah saya kunjungi selama ini. Karena pantai-nya terbentuk dari Limbah Pabrik, di mana setahu saya bahwa konotasi limbah itu menurut Undang-Undang No.23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah sisa suatu usaha dan/atau kegiatan/atau proses produksi yang antara lain dihasilkan dari kegiatan rumah tangga, rumah sakit, industri, pertambangan dan kegiatan lain.

Dan bagi Lembaga Swadaya Masyarakat, salah satunya adalah WALHI ( Wahana Lingkungan Hidup Indonesia), limbah merupakan musuh nomor satu. Namun dalam kenyataannya ini limbah bukan sembarang limbah, tapi limbah pabrik yang ternyata bisa digunakan untuk membentuk dan mewujudkan satu pantai yang unik di Kecamatan Pomalaa, dan diberi nama Pantai Harapan.

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara

Pantai Harapan Pomalaa dibangun oleh PT. Aneka Tambang Pomalaa atau lebih dikenal dengan nama PT. Antam Pomalaa, sebagai salah satu sarana rekreasi bagi karyawan PT. Antam beserta keluarganya dan juga untuk masyarakat umum, letak pantai ini, sangat dekat dengan Pusat Perkantoran PT. Antam. Kebetulan sekali PT. Antam adalah perusahaan BUMN yang mengelola Tambang Feronikel di Pomalaa.

Ternyata selama pabrik feronikel beroperasi, telah menghasilkan banyak sekali limbah nikel yang berukuran bulat sebesar kerikil kecil dan berwarna hitam besi dan disebut dengan nama “SLAG”. Tidak seperti limbah pabrik pada umumnya yang kebanyakan kotor dan mengandung zat-zat yang berbahaya buat kesehatan, rupanya “Slag” ini tidak memberikan efek negative dan bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk pelapisan jalan yang bisa bertahan lama, karena rupanya slag lebih keras daripada aspal.

Kalau kebanyakan pantai-pantai yang saya kunjungi, seperti Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba atau Pantai Seger di Pulau Lombok, maka sepanjang mata memandang terhampar pasir putih dan coklat yang menghiasi disertai deburan ombak dan nyiur yang melambai , hal ini sangat berbeda dengan yang terlihat di Pantai Harapan Pomalaa, karena Limbah Slag yang dijadikan sebagai material untuk menimbun sepanjang kurang lebih seratus meter menjorok ketengah laut, sehingga terbentuklah Pantai Harapan yang unik. Dan timbunan material slag ini ternyata memberikan kesan dan sensasi tersendiri yang berbeda dari pantai-pantai kebanyakan yang ada di Indonesia. Warna slag yang khas hitam besi, dan juga butiran-butiran-nya yang sebesar kerikil kecil memberikan pesona yang sangat unik yang tak ada duanya. Awalnya pantai yang tidak terbentuk secara alami ini bernama Pantai Slag, namun karena kreatifitas dan pola pikir yang sangat mengharapkan akan kebaikan di masa depan, maka akhirnya dinamakan Pantai Harapan.

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Jalan Masuk Menuju Lokasi Pantai Harapan

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Timbunan Material Slag Menjorok Ketengah Laut

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Timbunan Material Slag Nampak di Bibir Pantai

Saya berkunjung ke Pantai Harapan Pomalaa di bulan Juni tahun Dua Ribu Dua Belas yang lalu, saat melakukan tugas negara Tour Of Duty di Rumah Sakit PT. Antam. Dan saat itu saya melihat bahwa hampir tak ada deburan ombak di Pantai Harapan, air lautnya diam tenang menghanyutkan seperti saya, dan pemandangan khas ala pabrik tambang berupa kepulan-kepulan asap dari cerobong serta kapal pengangkut hasil tambang terlihat dari bibir Pantai Harapan. Air lautnya sebahagian berwarna merah, mungkin karena pengaruh tanah yang juga merah warnanya, namun sebahagian besar berwarna kebiruan sama dengan warna air laut pantai-pantai yang lain.

Keunikan lainnya adalah, hampir sepanjang jalan masuk kearah pantai di kiri kanan terlihat tumbuh puluhan ribu pohon mangrove atau pohon bakau setinggi sekitar satu meter, dan ada jembatan kayu yang dicat warna-warni dibuat melintas di atas hamparan pohon bakau tersebut, sehingga pengunjung dapat bersantai menyusuri jembatan itu sambil menikmati keindahan pohon bakau. Baru kali ini saya menemukan pantai dengan kesan yang sangat unik, khas dan memiliki karakter pantai tersendiri.

Tak ada biaya masuk yang harus dibayar bila berkunjung ke pantai ini, alias GRATIS, atau kalau bahasa Bugis-nya adalah “FREE”. Tetapi bagi para pengunjung yang akan membuat kegiatan atau event di lokasi Pantai Harapan Pomalaa, akan dikenakan charge untuk pemeliharaan sebesar Rp.250.000,- untuk satu kegiatan. Dengan bayaran sejumlah itu fasilitas dan sarana berupa panggung baruga dan sound system bebas untuk digunakan selama kegiatan berlangsung. Dan bagi semua pengunjung waktu untuk beraktifitas di pantai dibatasi mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 22.00 Waktu Indonesia Bagian Tengah.

Dalam lokasi pantai terdapat tiga kolam untuk berenang dengan standar keamanan yang benar-benar safety, lengkap dengan rambu-rambu dan papan peringatan yang menerangkan tentang kedalaman setiap kolam yang ada. Dua kolam diantaranya disediakan khusus untuk anak-anak. Bahkan oleh pihak pengelola, yakni PT. Antam, disediakan petugas keamanan pantai seperti yang ada di film serial Baywatch, yang senantiasa berpatroli, memantau jika sewaktu-waktu ada insiden atau kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi.

Pantai Harapan Pomalaa juga dilengkapi dengan fasilitas rest and relax seperti pondokan, baruga dan tempat semacam tribun yang memiliki atap, juga dilengkapi dengan kamar mandi dan toilet yang memadai serta kamar ganti pakaian.


Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Air Laut Yang Tenang dan Berwarna Kemerahan

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Air Laut Berwarna Kebiruan

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Jembatan Warna-Warni Melintas Di Atas Puluhan Ribu Pohon Bakau

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Salah Satu Sudut Kawasan Pantai Harapan

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Fasilitas Baruga Panggung Untuk Pelaksanaan Event Kegiatan Atau Acara

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Salah Satu Kolam Renang Yang Tersedia Di Pantai Harapan

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Papan Peringatan dan Penjelasan Tentang Kolam Renang

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Eskavator Sedang Beraksi Meratakan Material Slag

Pantai Harapan Pomalaa - Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara
Penulis Sedang Rest and Relax Di Pantai Harapan Pomalaa

Untuk kebersihan boleh diacungkan dua jempol, hampir tidak ada sampah yang berserakan di Pantai Harapan Pomalaa, dan ini mengingatkan saya akan Pantai Marina di Kabupaten Bantaeng yang juga memiliki standar kebersihan yang sangat terjaga.

Bila sempat berkunjung ke Kabupaten Kolaka, maka mampirlah sejenak ke Pomalaa untuk menikmati keunikan berjalan diatas hamparan biji-biji slag yang menghiasi Pantai Harapan. Memang saat saya berkunjung, Pantai Harapan sedang berhias dan sepertinya sedang dalam taraf penyelesaian, namun sudah terbayang pesonanya bila kelak sudah selesai, dan semoga segala harapan dalam kebaikan, termasuk juga harapan bagi saya yang sedang mencari rezeki di Bumi ALLAH, sesuap nasi dan sepiring berlian, bisa terwujud saat berkunjung ke Pantai Harapan Pomalaa yang sensasional dan sungguh keunikannya benar-benar luarbiasa….salam :-)

Category : , , , , , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

95 komentar

  1. hueeee,,,jd fengen tuh ke pantai naek si putih. xixixixi

  2. nah ini baru keren, gratis masuk ke pantai, nggak kayak di ancol, bayar, mahal pula.
    itu tanjungnya keren banget ya difoto begitu Mas. jadi penasaran.

  3. Walaikumsalam...
    sungguh pantai yang sangat indah,luar biasa ternyata limbah pabrik ada manfaatnya juga ya bang.

  4. kayaknya masih sepi sepi aja mas pantainya? pasir2 pun kok gak ada ya? wah cocok kalu sepi gitu hhehe.

  5. Indah Yach Lokasi Pantainya Sangat Serasi dengan Nama Patainya

  6. Salam mas Hariyanto...luar biasa keindahan pantai Harapan Pomalaa Bertabur Limbah, saya baru tahu nama pantai tersebut mas, semoga saja suatu saat bisa kesana dan sebaliknya Kapan2 Ke labuan Bajo mas, disana banyak tempat wisatanya hehe...

  7. Pantainya seperti danau, karena tidak ada gelombangnya atau deru ombak. setenang bah admintnya :D
    Gratis asik sekali, disini mah bayar sepuluh ribu.

  8. sangat cocok untuk menenangkan diri,menyejukan fikiran,.saya masih belum ngerti kenapa update terbaru blog nya sobat ga muncul di blog saya tapi saya lihat di masasha.net muncul,ada yang bisa bantu?

  9. jembatan warna warni nya...unik dan nyentrik ya bang :)

  10. waduh pantainya cantik banget tapi klo bener banyak limbahnya sayang sekali ya,

  11. pantainya indah, tapi sayang yah kalo tercemar begitu, semoga pemerintah setempat ada perhatian

  12. Selama ini saya menganggap jika limbah itu jorok,bau dan mengganggu pemandangan. ternyata disini saya menemukan sebuah limbah yg bisa di gunakan sebagai pelapis jalan. wuihhh ....fotonya keren Pak.

  13. Luar biasa, sebuah panorama alam yang ditata dengan apik, suatu saat akan berkunjung kesana, salam sukses.

  14. wah kendari belum pernah sampai kesana padahal ada mertua disana

  15. ini pake limbah ya pak pengalas jalannya

  16. hanya bisa menyimak bang,soalnya saya belum pernah kesana,tapi yang jelas kalau melihat dari potonya sipp banget bang,dan cara penataannya sudah rapi dan bagus.sipp bang.

  17. Dooh..kok kayaknya gersang banget ya Pantai Harapan itu. Adakah pondok-pondok tempat nongkrong di situ yang teduh? Atau memang warga Pomalaa di sana seneng berjemur?

  18. sungguh sangat menyenangkan sekali berpelesiran keliling daerah mengetahui alam panorama alam sekitarnya.

  19. ehh pantainya di kolaka sy kira ada di sulsel

  20. edi says:

    Sungguh kreatif limbah dipakai buat pantai, dengan demikian luas daratan bertambah! Jangan terulang lagi jual pasir ke negara lain!

  21. wow bisa masuk gratis ya,
    perlu di acungi jempol pihak dinas pariwisata disana, karena sarana utawa fasilitas berupa panggung hiburan dan lainnya sudah disiapkan,,

    dan ini strategi yang baik untuk menarik wisatawan berkunjung sambil melihat penampilan pertunjukan yang sedang berlaga sidana

  22. Pantainya indah banget, Pak...
    Dan, utk sewa tempat dipantai sana dgn segala fasilitas itu udah sangat terjangkau ya pak..

    Seneng ya pak, jalan2 terus nih.. Hehe,,
    Dari kmrn silent reader disini, blm bs komen pake gadget yg kupake soalnya., maaf baru berkunjung balik... :-) salam..

  23. Wah, om... Material slag itu bahaya nggak ya buat anak kecil? Hehehe...

  24. keren tuh.. tapi masih perlu banyak pembangunan agar terlihat lebih indah.. :D

    Ijin Share :
    Teknorun | Berita, informasi gadget dan teknologi
    Otogear | Berita, informasi otomotif
    Bolaup | Berita, informasi sepak bola

  25. wah indah ya....
    mas stiap postingannya jln2 trus ya, sumpah jd iri saya...

  26. ihh keren banget , jadi mau kesitu

  27. Anonymous says:

    Maaf sobat, saya baru bisa mampir . Jaringan di desa saya sedang tidak bersahabat :( 1 minggu hujan terus, maklum lah saya kan tinggal di gunung. Tapi saya tetap hadir kok :D

  28. salut untuk ide kreatifnya..
    moga bisa menjadi contoh bagi yang lain..keren

  29. hebat juga PT Antam merawat lingkungannya ya.... salut.

  30. apa karena airnya tenang
    maka dilarang berenang

    wah hanya bisa memandang
    indahnya laut yang membentang..

  31. Sungguh indah sobat. Hanya bisa bilang WOW ! :v

  32. tuan rumah tapi sekalipun belum pernah pergi ke pantai harapan hehe ... :) nice share!

  33. saya baru dngar bhwa ada limbah pabrik yg bs jadi manfaat dan tdk ada efek negatif. Keren juga tuh,
    brarti material slag bisa dong digunakan buat ngaspal , hhe.

    Jadi pengen kesana deh ;-)

  34. Berarti itu limbah boleh di bilang ramah lingkungan ya

  35. pantai yng indah! Tp sayang, knp sih musti jd tempat pembuangan? Sekali lagi sayang...

  36. pantai yng indah! Tp sayang, knp sih musti jd tempat pembuangan? Sekali lagi sayang...

  37. wa'alaikum'sallam..
    wahh..indah banget tuh pantai nya..
    hmm..kapan ya saya bisa berkunjung kesana..hehe

  38. Wih, pemandangannya mantep gitu ya??? Jarangnya ada pepohonan yg membuat semuanya terlihat datar seperti lapangan, mantep lah Bang, pengen ane ke sana

  39. Jadi pengen ke sana :-3 , Kapan ya saya bisa ke pantai :D

  40. selamat hari libur mas hariyanto.
    benar-benar pantai yang unik.
    kapan saya bisa berkunjung kesana yah. :D

  41. heehe kirain limbah pabrik pada umumnya.. ternyata beda, kalau semua limbah seperti ini.. biasa sangat bermanfaat ya sob..?

  42. evi says:

    Pantainya memang bersih Pak Hari. Cuma terlihat gersang ya? Mungkin karena bikinan, jadi belum banyak pohon2 yg tumbuh

  43. Hadir kembali demi pantai harapan.

  44. wow, jadi pengen ke tekape..

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

  45. Kunjungan siang kembali kesini mah Hariyanto.. :D
    salam sukses dari saya.. :D

  46. wah...yg suka bolak balik ancol...ga ajak2 ya...hehe

  47. rasanya pengen kesana sob menyaksikan langsung keindahan alamya

  48. suer dah,
    emang traveler itu enak banget,
    bisa jalan jalan kemanapun sesuka hati :D

    pengennn

  49. waduh sob,, dari tadi saya mau komen disini susah ya sudah di tutup semua,, hehe,,
    padahal udah baca semua yang tentang Jogja tadi,, tapi gpp lah,, masih ada kesempatan komen disini.

  50. hujan2 mau ngapain, bingung, akhirnya singgah di blog Mas Hary lagi

  51. wedewwww bagusnyaaa...

  52. Bagus banget mas pantainya, jarak pantai harapan dari sini cuma sekitar 15 menitan... banyak temen temen yang berpoto di jembatan warna warni itu, keren disamping ada efek-efek pohon mangrove nya :) hehe

  53. Wahh aku baru tau pak, ada pantai seperti itu. Bagus bgt limbah bisa dimanfaatkan...Semoga menjadi inspirasi bagi yang lain, untuk menciptakan sesuatu yang kreatif dan berguna bagi masyarakat. Semoga keindahan pantainya tetap terjaga ya pak...

  54. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Alhamdulillah, sepatutnya begitulah pihak berwajib melestarikan alam sekitar agar terjaga rapi, bersih dan bisa dijadikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terlihat pada foto dan makna slag ia seperti tar (batuan hitam, berminyak) yang diguna untuk melicinkan jalan agar kemas dan rata bagi penggunaan kenderaan di jalan raya.

    Memang nampak unik pantainya kerana kebiasaan kita melihat pantai berpasir dan bertanah. Mudahan Pantai Harapan tetap teguh menarik dalam posisi tersendiri. Foto-fotonya yang bermakna cukup menceritakan keadaan Pantai Harapan di mata kita semua yang belum pernah ke sana. Salut ya. 2 jempol.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  55. wa 'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

    subhanallah walhamdulillah..
    saya sangat tertarik dengan kalimat '' sesuap nasi, sepiring berlian'' sangat inspiratif...

  56. perusahaannya punya perhatian terhadap konservasi alam, limbahnya justru bermanfaat, jg banyak mangrove..pantainya lain dari pada yang lain..sangat unik dan mnarik sobat

  57. Keren pantainya :D
    Banyak sekali lahan kosong, sangat cocok untuk camping, makasih sob infonya :)

  58. bener2 unik pantainya ,,,, terbuat dari sampah (limbah) tetapi tidak terlihat seperti limbah atau sampah yang konotasinya kotor2.. pantai buatannya bersih, berbeda dengan pantai non buatan yang ada di kota ku

  59. baru ngeh kalau ternyata ada limbah yang tidak mencemari ya bang...kalau rumahku deket pasti bakal tak bawa pulang slag nya untuk dihamparkan didepan rumah...hehehe

  60. Kalau semuah limbah bermanfaat seperti ini tentu tidak ada yg namanya pencemaran ya

  61. Setahu saya, setiap pantai pasti punya keunikan & keindahan tersendiri, tapi pantai harapan ternyata jauh lebih unik & indah..
    Dengan riak gelombangnya yang tenang, hamparan kerikil slagnya & dederetan rimbunan pohon bakau serta di lengkapi fasilitas kolam renang, pemondokan & juga penjaga pengamanan pantai yang selalu bersiaga membuat pantai harapan ini mempunyai keunikan tersendiri & menjadikannya sangat berbeda dengan pantai" lainnya..
    Luar biasa..!!

  62. AZLA says:

    Kunjungan malam sobat
    kalau kebanyakan limbah juga berbahaya kawan
    terima kasih informasinya

  63. haha..
    saya juga ngelirik si putihnya mbak..
    but, nice beach ini ya..

  64. baruu tau jga ne mas..

    tpi limbahnya sdh aman kn?tdak mmbhayakn yg brkunjung ksana..

  65. Wuuiisss.. mntap ne pantainya. ajak kita dunk

  66. Cantik betul permandangan jambatan kayu atas sawah padi itu.

  67. datang berkunjung....selamat malam sobat

  68. aku suka pantai harapan Pomalaa.... tapi sayang tercemari oleh limbah :'(
    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

  69. Kalau di Makassar, ajakin jalan2 juga dong kak :) gimana kalau jalan2 ke Barru

  70. mampir lagi ke sini sambil liha2 photo nya

  71. dinas sekaligus jalan2 ya mas hary.. asiiik..

    itu pantainya kayaknya agak ngeri kalo dipake buat berenang ya..

  72. diberi nama pantai harapan, nama yang tepat sekali ya mas

  73. pgi mas mau ngantrin
    gelas kopi kemarin mas
    mksh'y. Trmksh mas infonya yng super ini hehehe

  74. asik yah bapak bisa jalan2 terus nih keliling Indonesia,,,, :) ajak2 donk pak

  75. menjadi monumen buat orang2 yang lagi punya pengharapan.

  76. Wah, keren banget nih artikelnya..

  77. wah patut diacungi jempol tuh PT Antam, karena berhasil memanfaatkan slag untuk lingkungan, selain untuk memecah ombak, ternyata menghasilkan pemandangan yang menarik

  78. kalau ane diijinin kaya, insya Allah ane main ke pantai harapan pomalaa gan :)

  79. bersama SX4 yang setia menemani ya pak :)

  80. kalau di daerah ane mirip ama G-Land banyuwangi :)

  81. asalamualaikum
    bersih pantainya dan indah pemandangannya
    suka lihatnya

  82. Mas.. kapan nih ngajak2 kalau jalan2 lagi ... Memang hobi mas yang satu ini jalan2... jadi pengen sya ..

  83. cantik..eemm...KY belum pernah lihat jambatan warna warni heee

  84. cuacanya terik banget keliatannya tuh, gak ada tempat berteduh selain didalam mobil :D

  85. Anonymous says:

    kalo ke sini selalu mata jadi segeeerrrr....!!!

  86. Wah masih ada tempat wisata yang bersih ya mas

  87. ganteng deeh dengan suzuki ertiganya keliling pomallaa...
    :)
    by the way baru saja dibangun ya atau dibuka umum kok bangunanya kesannya masih baru..

  88. Bila ke Kolaka, sekalian mesti singgah di Pomalaa neh.... Makasih banyak ya, Pak, atas infonya yang lengkap ini.

  89. seronok klu berlibur di sini..:-)

New comments are not allowed.

95 komentar

  1. hueeee,,,jd fengen tuh ke pantai naek si putih. xixixixi

  2. nah ini baru keren, gratis masuk ke pantai, nggak kayak di ancol, bayar, mahal pula.
    itu tanjungnya keren banget ya difoto begitu Mas. jadi penasaran.

  3. Walaikumsalam...
    sungguh pantai yang sangat indah,luar biasa ternyata limbah pabrik ada manfaatnya juga ya bang.

  4. kayaknya masih sepi sepi aja mas pantainya? pasir2 pun kok gak ada ya? wah cocok kalu sepi gitu hhehe.

  5. Indah Yach Lokasi Pantainya Sangat Serasi dengan Nama Patainya

  6. Salam mas Hariyanto...luar biasa keindahan pantai Harapan Pomalaa Bertabur Limbah, saya baru tahu nama pantai tersebut mas, semoga saja suatu saat bisa kesana dan sebaliknya Kapan2 Ke labuan Bajo mas, disana banyak tempat wisatanya hehe...

  7. Pantainya seperti danau, karena tidak ada gelombangnya atau deru ombak. setenang bah admintnya :D
    Gratis asik sekali, disini mah bayar sepuluh ribu.

  8. sangat cocok untuk menenangkan diri,menyejukan fikiran,.saya masih belum ngerti kenapa update terbaru blog nya sobat ga muncul di blog saya tapi saya lihat di masasha.net muncul,ada yang bisa bantu?

  9. jembatan warna warni nya...unik dan nyentrik ya bang :)

  10. waduh pantainya cantik banget tapi klo bener banyak limbahnya sayang sekali ya,

  11. pantainya indah, tapi sayang yah kalo tercemar begitu, semoga pemerintah setempat ada perhatian

  12. Selama ini saya menganggap jika limbah itu jorok,bau dan mengganggu pemandangan. ternyata disini saya menemukan sebuah limbah yg bisa di gunakan sebagai pelapis jalan. wuihhh ....fotonya keren Pak.

  13. Luar biasa, sebuah panorama alam yang ditata dengan apik, suatu saat akan berkunjung kesana, salam sukses.

  14. wah kendari belum pernah sampai kesana padahal ada mertua disana

  15. ini pake limbah ya pak pengalas jalannya

  16. hanya bisa menyimak bang,soalnya saya belum pernah kesana,tapi yang jelas kalau melihat dari potonya sipp banget bang,dan cara penataannya sudah rapi dan bagus.sipp bang.

  17. Dooh..kok kayaknya gersang banget ya Pantai Harapan itu. Adakah pondok-pondok tempat nongkrong di situ yang teduh? Atau memang warga Pomalaa di sana seneng berjemur?

  18. sungguh sangat menyenangkan sekali berpelesiran keliling daerah mengetahui alam panorama alam sekitarnya.

  19. ehh pantainya di kolaka sy kira ada di sulsel

  20. edi says:

    Sungguh kreatif limbah dipakai buat pantai, dengan demikian luas daratan bertambah! Jangan terulang lagi jual pasir ke negara lain!

  21. wow bisa masuk gratis ya,
    perlu di acungi jempol pihak dinas pariwisata disana, karena sarana utawa fasilitas berupa panggung hiburan dan lainnya sudah disiapkan,,

    dan ini strategi yang baik untuk menarik wisatawan berkunjung sambil melihat penampilan pertunjukan yang sedang berlaga sidana

  22. Pantainya indah banget, Pak...
    Dan, utk sewa tempat dipantai sana dgn segala fasilitas itu udah sangat terjangkau ya pak..

    Seneng ya pak, jalan2 terus nih.. Hehe,,
    Dari kmrn silent reader disini, blm bs komen pake gadget yg kupake soalnya., maaf baru berkunjung balik... :-) salam..

  23. Wah, om... Material slag itu bahaya nggak ya buat anak kecil? Hehehe...

  24. keren tuh.. tapi masih perlu banyak pembangunan agar terlihat lebih indah.. :D

    Ijin Share :
    Teknorun | Berita, informasi gadget dan teknologi
    Otogear | Berita, informasi otomotif
    Bolaup | Berita, informasi sepak bola

  25. wah indah ya....
    mas stiap postingannya jln2 trus ya, sumpah jd iri saya...

  26. ihh keren banget , jadi mau kesitu

  27. Anonymous says:

    Maaf sobat, saya baru bisa mampir . Jaringan di desa saya sedang tidak bersahabat :( 1 minggu hujan terus, maklum lah saya kan tinggal di gunung. Tapi saya tetap hadir kok :D

  28. salut untuk ide kreatifnya..
    moga bisa menjadi contoh bagi yang lain..keren

  29. hebat juga PT Antam merawat lingkungannya ya.... salut.

  30. apa karena airnya tenang
    maka dilarang berenang

    wah hanya bisa memandang
    indahnya laut yang membentang..

  31. Sungguh indah sobat. Hanya bisa bilang WOW ! :v

  32. tuan rumah tapi sekalipun belum pernah pergi ke pantai harapan hehe ... :) nice share!

  33. saya baru dngar bhwa ada limbah pabrik yg bs jadi manfaat dan tdk ada efek negatif. Keren juga tuh,
    brarti material slag bisa dong digunakan buat ngaspal , hhe.

    Jadi pengen kesana deh ;-)

  34. Berarti itu limbah boleh di bilang ramah lingkungan ya

  35. pantai yng indah! Tp sayang, knp sih musti jd tempat pembuangan? Sekali lagi sayang...

  36. pantai yng indah! Tp sayang, knp sih musti jd tempat pembuangan? Sekali lagi sayang...

  37. wa'alaikum'sallam..
    wahh..indah banget tuh pantai nya..
    hmm..kapan ya saya bisa berkunjung kesana..hehe

  38. Wih, pemandangannya mantep gitu ya??? Jarangnya ada pepohonan yg membuat semuanya terlihat datar seperti lapangan, mantep lah Bang, pengen ane ke sana

  39. Jadi pengen ke sana :-3 , Kapan ya saya bisa ke pantai :D

  40. selamat hari libur mas hariyanto.
    benar-benar pantai yang unik.
    kapan saya bisa berkunjung kesana yah. :D

  41. heehe kirain limbah pabrik pada umumnya.. ternyata beda, kalau semua limbah seperti ini.. biasa sangat bermanfaat ya sob..?

  42. evi says:

    Pantainya memang bersih Pak Hari. Cuma terlihat gersang ya? Mungkin karena bikinan, jadi belum banyak pohon2 yg tumbuh

  43. Hadir kembali demi pantai harapan.

  44. wow, jadi pengen ke tekape..

    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

  45. Kunjungan siang kembali kesini mah Hariyanto.. :D
    salam sukses dari saya.. :D

  46. wah...yg suka bolak balik ancol...ga ajak2 ya...hehe

  47. rasanya pengen kesana sob menyaksikan langsung keindahan alamya

  48. suer dah,
    emang traveler itu enak banget,
    bisa jalan jalan kemanapun sesuka hati :D

    pengennn

  49. waduh sob,, dari tadi saya mau komen disini susah ya sudah di tutup semua,, hehe,,
    padahal udah baca semua yang tentang Jogja tadi,, tapi gpp lah,, masih ada kesempatan komen disini.

  50. hujan2 mau ngapain, bingung, akhirnya singgah di blog Mas Hary lagi

  51. wedewwww bagusnyaaa...

  52. Bagus banget mas pantainya, jarak pantai harapan dari sini cuma sekitar 15 menitan... banyak temen temen yang berpoto di jembatan warna warni itu, keren disamping ada efek-efek pohon mangrove nya :) hehe

  53. Wahh aku baru tau pak, ada pantai seperti itu. Bagus bgt limbah bisa dimanfaatkan...Semoga menjadi inspirasi bagi yang lain, untuk menciptakan sesuatu yang kreatif dan berguna bagi masyarakat. Semoga keindahan pantainya tetap terjaga ya pak...

  54. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Alhamdulillah, sepatutnya begitulah pihak berwajib melestarikan alam sekitar agar terjaga rapi, bersih dan bisa dijadikan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terlihat pada foto dan makna slag ia seperti tar (batuan hitam, berminyak) yang diguna untuk melicinkan jalan agar kemas dan rata bagi penggunaan kenderaan di jalan raya.

    Memang nampak unik pantainya kerana kebiasaan kita melihat pantai berpasir dan bertanah. Mudahan Pantai Harapan tetap teguh menarik dalam posisi tersendiri. Foto-fotonya yang bermakna cukup menceritakan keadaan Pantai Harapan di mata kita semua yang belum pernah ke sana. Salut ya. 2 jempol.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  55. wa 'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

    subhanallah walhamdulillah..
    saya sangat tertarik dengan kalimat '' sesuap nasi, sepiring berlian'' sangat inspiratif...

  56. perusahaannya punya perhatian terhadap konservasi alam, limbahnya justru bermanfaat, jg banyak mangrove..pantainya lain dari pada yang lain..sangat unik dan mnarik sobat

  57. Keren pantainya :D
    Banyak sekali lahan kosong, sangat cocok untuk camping, makasih sob infonya :)

  58. bener2 unik pantainya ,,,, terbuat dari sampah (limbah) tetapi tidak terlihat seperti limbah atau sampah yang konotasinya kotor2.. pantai buatannya bersih, berbeda dengan pantai non buatan yang ada di kota ku

  59. baru ngeh kalau ternyata ada limbah yang tidak mencemari ya bang...kalau rumahku deket pasti bakal tak bawa pulang slag nya untuk dihamparkan didepan rumah...hehehe

  60. Kalau semuah limbah bermanfaat seperti ini tentu tidak ada yg namanya pencemaran ya

  61. Setahu saya, setiap pantai pasti punya keunikan & keindahan tersendiri, tapi pantai harapan ternyata jauh lebih unik & indah..
    Dengan riak gelombangnya yang tenang, hamparan kerikil slagnya & dederetan rimbunan pohon bakau serta di lengkapi fasilitas kolam renang, pemondokan & juga penjaga pengamanan pantai yang selalu bersiaga membuat pantai harapan ini mempunyai keunikan tersendiri & menjadikannya sangat berbeda dengan pantai" lainnya..
    Luar biasa..!!

  62. AZLA says:

    Kunjungan malam sobat
    kalau kebanyakan limbah juga berbahaya kawan
    terima kasih informasinya

  63. haha..
    saya juga ngelirik si putihnya mbak..
    but, nice beach ini ya..

  64. baruu tau jga ne mas..

    tpi limbahnya sdh aman kn?tdak mmbhayakn yg brkunjung ksana..

  65. Wuuiisss.. mntap ne pantainya. ajak kita dunk

  66. Cantik betul permandangan jambatan kayu atas sawah padi itu.

  67. datang berkunjung....selamat malam sobat

  68. aku suka pantai harapan Pomalaa.... tapi sayang tercemari oleh limbah :'(
    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

  69. Kalau di Makassar, ajakin jalan2 juga dong kak :) gimana kalau jalan2 ke Barru

  70. mampir lagi ke sini sambil liha2 photo nya

  71. dinas sekaligus jalan2 ya mas hary.. asiiik..

    itu pantainya kayaknya agak ngeri kalo dipake buat berenang ya..

  72. diberi nama pantai harapan, nama yang tepat sekali ya mas

  73. pgi mas mau ngantrin
    gelas kopi kemarin mas
    mksh'y. Trmksh mas infonya yng super ini hehehe

  74. asik yah bapak bisa jalan2 terus nih keliling Indonesia,,,, :) ajak2 donk pak

  75. menjadi monumen buat orang2 yang lagi punya pengharapan.

  76. Wah, keren banget nih artikelnya..

  77. wah patut diacungi jempol tuh PT Antam, karena berhasil memanfaatkan slag untuk lingkungan, selain untuk memecah ombak, ternyata menghasilkan pemandangan yang menarik

  78. kalau ane diijinin kaya, insya Allah ane main ke pantai harapan pomalaa gan :)

  79. bersama SX4 yang setia menemani ya pak :)

  80. kalau di daerah ane mirip ama G-Land banyuwangi :)

  81. asalamualaikum
    bersih pantainya dan indah pemandangannya
    suka lihatnya

  82. Mas.. kapan nih ngajak2 kalau jalan2 lagi ... Memang hobi mas yang satu ini jalan2... jadi pengen sya ..

  83. cantik..eemm...KY belum pernah lihat jambatan warna warni heee

  84. cuacanya terik banget keliatannya tuh, gak ada tempat berteduh selain didalam mobil :D

  85. Anonymous says:

    kalo ke sini selalu mata jadi segeeerrrr....!!!

  86. Wah masih ada tempat wisata yang bersih ya mas

  87. ganteng deeh dengan suzuki ertiganya keliling pomallaa...
    :)
    by the way baru saja dibangun ya atau dibuka umum kok bangunanya kesannya masih baru..

  88. Bila ke Kolaka, sekalian mesti singgah di Pomalaa neh.... Makasih banyak ya, Pak, atas infonya yang lengkap ini.

  89. seronok klu berlibur di sini..:-)

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend