Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Terlelap Dalam Kenikmatan Secangkir Kopi

Hariyanto Wijoyo | 77 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahabit blogger se-dunia.
Tahukah para sahabat-sahibit blogger, bahwa salah satu kampung halaman-ku, tempat di mana almarhumah My Lovely Mother di lahirkan ke dunia ini merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di dunia. Sehingga kopi hasil produksi-nya sudah menjadi jenis kopi tersendiri, karena setiap nama kopi itu disebut, maka nama daerahnya juga akan ikut disebutkan.

Pasti bingungkan dengan penjelasan yang dibolak balik seperti itu. Daripada menerka-nerka, langsung saja saya sebutkan, nama kampung halaman dimana almarhumah My Lovely Mother berasal dari Kabupaten Tana Toraja, salah satu kabupaten yang berada dalam wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Dan nama kopinya adalah Kopi Toraja.

Terlelap Dalam Kenikmatan Secangkir Kopi

Kopi Toraja terdiri dari dua jenis kopi lagi, yaitu Kopi Robusta dan Kopi Arabika. Kedua kopi ini sama-sama terkenal dan namanya sudah sangat harum di jagat kopi internasional, seharum aroma kopinya. .

Di Kota Makassar banyak warung-warung yang menyediakan minuman kopi sebagai sajian utamanya. Beraneka ragam warung kopi atau warkop yang ada di Kota Makassar ini. Ada yang menggunakan resep pembuatan asli bergaya kampung hingga ada yang menggunakan mesin pembuat kopi yang super canggih. Kopinya mau terasa tipis atau tebal, tergantung kepada selera pemesan kopi, Dan semua itu memiliki penggemar setia masing-masing.

Jujur saya, saya sebenarnya tidak terlalu cocok dengan kopi yang telah diolah dalam pabrikan kemudian mencampurnya dengan aneka bahan yang kandungannya tidak jelas lalu dijual dalam bentuk kemasan, apalagi kopi instant, rasanya kurang pas dengan lidahku, dan juga bisa membuat kepala bukan tambah segar, malahan jadi tambah pusing setelah meminumnya. Namun kalau pulang kampung, saya malah ketagihan untuk merasakan nikmatnya Kopi Toraja. Paling enak memang kopi tradisionil yang asli, misalnya Kopi Toraja Asli, atau Kopi Lampung Asli (kalau yang terakhir disebutkan ini oleh-oleh khusus dari Mertua buat anak mantu tersayangnya).
Bagi saya, menikmati Kopi Robusta atau Kopi Arabika langsung dari buah kopi segar yang dipetik dari pohon, kemudian digoreng dan digiling sampai halus, lalu diseduh air panas,hhmm itu merupakan kenikmatan tersendiri yang takkan terlupakan saat meminumnya

Kopi itu sebenarnya mengandung kafein atau caffeine dengan kadar yang sangat tinggi. Di mana diketahui bahwa Kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang berbentuk kristal dan rasanya pahit. Biasanya zat ini di gunakan sebagai salah satu obat perangsang dalam system pusat saraf serta dapat mengusir rasa kantuk sementara. Itulah sebabnya apabila sahabat-sahibit blogger mengkonsumsi minuman kopi,dingin atau panas, maka kandungan kafein yang ada dalam kopi tersebut akan bereaksi secara stimulant dalam tubuh merangsang agar otak tetap aktif sehingga memacu peningkatan kerja psikomotor tubuh yang bisa membuat tubuh tetap bugar dan terjaga.

Karena efek yang ditimbulkan kafein tersebut ternyata dapat membuat mata ngantuk kembali berbinar, tubuh lesu dan lemah kembali bersemangat, sehingga kopi menjadi sajian minuman paling favorit bagi orang-orang yang suka beraktifitas di malam hari. Apakah orang itu sedang lembur dengan pekerjaannya , atau lembur menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah, bisa juga sedang kumpul rame-rame main domino plus gaplek. Bahkan saat seseorang diam-diam beraksi ditengah malam hendak menyantroni rumah mewah buat menguras harta benda yang adapun wajib minum kopi.

Tapi, ini ada tapinya, hal itu ternyata tidak berlaku bagi saya. Iya, beneran tidak berlaku..suer dech, berani disumpahin bakalan jadi orang kaya plus ganteng serta banyak amal ibadahnya buat masuk sorga, kalau apa yang saya katakana itu adalah bohong. Bahwa minum kopi membuat orang jadi tidak mengantuk, segar bugar dan fit.., tapi itu tidak berlaku bagi saya.

Saya bisa menjadi terlelap dalam kenikmatan secangkir kopi. Apapun kopinya, Kopi Arabika atau Kopi Robusta, Kopi Tubruk atau Kopi Susu, Kopi Hitam atau Kopi Expresso, disajikan dingin atau panas, setiap saya usai meminum kopi tersebut, otomatis tak lama kemudian saya akan merasa ngantuk dan mata ini berat untuk dibuka lagi, palingan saya segera mencari tempat empuk untuk merebahkan kepalaku dan pulas tertidur Zzzzzzzzzzzz.

Lalu apa yang menyebabkan saya bisa terlelap dalam kenikmatan secangkir kopi. Ternyata penyebabnya adalah zat yang sama, yang bernama kafein. Kafein diketahui memiliki efek simpatis yang bisa mempengaruhi kelenjar adrenal, sehingga pupil mata jadi melebar serta jantung bekerja lebih cepat, demikian juga yang terjadi pada saluran pernafasan. Akibatnya para penikmat kopi bisa begadang sepanjang malam.

Akan tetapi, kelenjar adrenal ini ternyata memiliki batas atau tingkatan ke-sensitif-itan, yakni apabila kelenjar adrenal ini secara terus menerus dirangsang maka akan akan mengalami rasa lelah yang bisa memicu penghambatan jalur simpatis sehingga mengakibatkan tubuh menjadi kebal, atau tubuh mengalami proses kebalikan, yaitu pupil mata jadi mengecil, kinerja jantung jadi menurun, dan ini semua bisa menyebabkan munculnya rasa ngantuk setelah minum kopi.

Terlelap Dalam Kenikmatan Secangkir Kopi

Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa Zat Kafein dalam kopi bisa menyebabkan kelelahan pada insulin. Perlu diketahui insulin adalah hormon pengatur metabolism karbohidrat dan kadar gula darah di dalam tubuh. Akibat yang ditimbulkan karena kelelaha insulin adalah, kadar gula darah bisa melejit naik, dan hal ini menjadikan darah menjadi lebih kental sehingga aliran darah dalam tubuh melambat. Akhirnya organ-organ pada tubuh-pun bekerja dengan lambat, sehingga tubuh menjadi tidak bergairah. lemas dan akhirnya mengantuk setelah minum kopi.

Walau demikian, apapun pendapat orang tentang kopi..i still love coffee. Jadi sebagai jurus pamungkas postingan ini, apabila sahabat-sahibit blogger ingin begadang atau kerja lembur dari subuh sampai subuh, maka senantiasa disarankan untuk meminum kopi. Tetapi bagi saya malah kebalikannya, kalau saya mau tidur dan ternyata belum ngantuk, maka solusinya adalah saya terpaksa minum kopi agar bisa ngantuk, Zzzzzzz... mari’ ki’ di’,…salam :-)

Tulisan ini dinyatakan sebagai pemenang oleh Blog Lisa Gopar dalam kategori
Artikel Keren
.

Category : , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

77 komentar

  1. Anonymous says:

    tapi tetep aja bang, kalo ngopinya sendiri mah ada yang kurang.
    enaknya kalo ngopinya ditemenin kamidia radisty baru nikmat.

    *DiGamparSuaminyaKamidia*

  2. berarti abang ini termasuk orang sakti, karena ternyata punya ilmu kebal terhadap kopi, buktinya orang lain begadang karena minum kopi, saking kebalnya malah ngga mempan, pasti abang salah satu muridnya sinto gendeng atau mungkin adik seperguruannya wiro sableng y bang...o iya hampir lupa, gara gara minum kopi, abang jadi tambah ganteng dan imut deh....hehe
    moga kontesnya menang.

  3. penikmat kopi ya pak semoga sukses ngontesnya

  4. Kopi toraja mahal banget :)

    Sukses kontesnya ya, Pak... :)

  5. mantap Kang, saya tunggu kiriman kopinya. nyuruput kopi bagian dari gaya hidup saya juga kang.
    salam

  6. tampans sekali sedang menyeruput kopi..

  7. emang bener-bener mantap y mas..

  8. belom pernah ngrasain kopi toraja mas, enak tuh kayaknya

  9. selamat Pagi Sob,,,hm ternyata Kopi bisa juga bikin mengantuk yaa Sob,,hehehe,,,kalau saya mau begadang biasanya sih minum Kopi,,,kalau saya dulu waktu di makassar sering juga ngopi di warkop sambil Online karena ada fasilitas Wifinya...

  10. Anonymous says:

    Wah katanya kopi itu menjadikan sakit mata, ini tentunya kopinya terkena mata ya! wah jadi kepingin dikirimin kopi Torajanya sobat, kira2 sampai Magetan tidak ya?!hehe, kunanti lho kirimannya!haha

  11. Saya pernah nyoba ngopi, katanya biar gak ngantuk. Ternyata tetep saja nglempus. Sudah gitu di kepala pakai acara cenat-cenut lagi.

  12. kopi pun tidak terlalu berpengaruh bagi saya pak, kalo ngantuk ya tetep ngantuk kalo seger ya tetep seger. hhe

  13. kopi memang nikmat, apalagi kalo lagi ngantuk nikmatinnya..tapi jangan sampe bikin terlena hehe...

  14. sy blom prnh nyoba yg namax kopi toraja.. sekali2 traktir dunk pak.., kita msh satu kota *smile

  15. Hmmm. bau harum kopi toraja semerbak sampai jogja ne.. ya ya ya, coffeinnya berasa sekali ya.. saya 7 tahun lalu pernah mencicipi kopi toraja oleh oleh salah satu teman pemusik balianto namanya.. memang suegeeer banget ya. HMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM jadi ngeces neeeeeeeeeee, hahaha, ngebayangin aja di otak berasa mak pyar terang dimata. hehehe

  16. saya baru tahu kalau di kabupaten Tanah Toraja ada kopi saingan Mandeling Coffee of Sumatra - Lampung , tersohor di dunia ..yang ku cinta sebab aku kalo ga ngopi diawal hari bisa pusing kepala karna dah kecanduan kopi hehe

  17. Jadi pengen nyoba kopi Toraja, kayaknya nikmat banget tu... sayangnya di kota ku belum ada. moga sukses kontesnya.

  18. Boleh minta traktir kopi buat oleh" saya pak... hehheee :)

  19. mampir lagi sore ini, mau numpang ngopi dan ngobrol ah

  20. ternyata kita sama ya pak,.
    pecandu kopi,.
    wkwkwkkwk :D

  21. ndop says:

    aku doyan kopi tapi nggak ngopi :D

  22. Selamat malam dan selamat meminum kopi hangat. sahabat. ^_^

  23. wah toraja ya kang, ada temen yg bekerja disana kalau pulang membawa kopi khas sana, entah itu yang kw atau supernya kopi sana,rasanya sungguh kopi beneran, kalau saya minum kopi tergantung dari kondisi badan,kalau fit ya mintak begadang kalau tidak fit ya pasti tidur walau habis 2 cangkir kopi sekalipun. Kang hari memang sudah kebal dengan kopi.

  24. bawa ubi bakar gak?saya tak bawa sukun manis rebus

  25. apa lagi yang suka begadang. haha biasanya blogger nih yang suka begadang.. saya juga suka ngopi kalau pagi sobat....

  26. sukses slalu,,,,moga lolos kontesnya sob,,,

  27. saya lebih suka kopi yg instan tinggal seduh mas. Haha..

    Sama dngan kota asal saya jenis kopinya. Tiap tahun selalu rutin ekspor ke luar negeri. Malah ada jenis kopi dngan rasa kecut, ktanya sich namax kopi kecut, cman saya blm pernah mencobanya.

  28. Kalau saya termauk orang yang tidak menyukai jenis minuman ini, hehe... soalnya suka deg-degan gak karuan kalau habis minum kopi,

  29. wah saya nggak supa kopi :))

  30. wew,sangat cocok untuk teman ngeblog kayaknya,kopinya pasti harun dan nikmat ya bang.tapi sayang mau nyobain jauh huk..huk..huk.

  31. Hmm. . . Saya suka banget yang namanya kopi,,apalagi waktu pagi hari. Tambah nikmat deh.

  32. Tanah toraja memang sangat terkenal sebagai penghasil kopi yang nikmat nya luar biasa..
    Sayang saya sendiri belum pernah mencoba kenikmatannya..

    Di simak dari paparan di atas, sepertinya sobat ini spesialis kopi..hehe..

    Aneh juga ya kalau effek dari kopi malah kebalikan dari kebanyakan orang..
    Tapi apapun itu kopi memang the best untuk pengisi waktu luang sambil ngobrol sama teman segenk atau pun untuk teman ngeblog..

    I love coffe..

  33. Saya kalo minum kopi malah gak bisa tidur. :v

  34. Terima Kasih Partisipasinya
    Good Luck :)

    Salam hangat,
    Lisa Gopar

  35. aneh ya ??? kok bisa tidur klo minum kopi???
    saya klo minum kopi malah ga bisa tidur

  36. haduh jadi kpngen,ni bos hehehd. Trmksh bos infonya buat kopi jga xixixi.

  37. saya kalo ke Makassar pasti beli kopi ini Mas, kadang malah kelupaan, jadinya beli di bandara. buat oleh2 yang pada siskamling, hehe... kalo saya sih asyik aja, mau yang robusta atau arabica. semua asyiik.

  38. waqh kopi robusta asalnya dari sulawesi ya cak. Makasih telah dishare jadinya aku mengetahuinya. Kopi terbaik menjadi incaran para konsumen. Tapi dengar2 ada kopi bungus baru yang lagi diiklankan di tv dengan nama (LK) yang mana dia mengandung bahan berupa minyak babi. Benarkah demikian adanya.

    Tapi kalau asli toraja sana pastinya sangat steril dari itu semua, saya yakin.
    Apalagi kekhasan dalam menciptkan rasa kopiny

  39. waduh ane jadi ngiler sama kopinya mas,,hehe

  40. Sbg coffeeholic, dr dulu gue pengen bgt nyobain kopi toraja! Tapi belom pernah kesampean... ;-(

  41. Mantafff nih, Pak, Salam Nikmat Kopi!
    Kalo saya ngopi tidak setiap hari, setidaknya pada setiap malam Jum'at karena teman2 ngumpul, dan biasanya sambil ngopi, hehehe...

  42. Anonymous says:

    Kayaknya kopinya nikmat banget Pak..sukses ngontesnya yaa

  43. sesama penikmat kopi ingin juga menikmati kopi toraja mas, kopi memang si hitam manis yang bikin ketagihan

  44. Nik says:

    Kopi Indonesia memang mantap-mantap termasuk Kopi Toraja sudah terkenal kenikmatannya.

  45. R10 says:

    aku sebenarnya menghindari kopi, tapi kalau ngantuk saat berkendara maka aku butuh kopi :D

  46. Seperti dengan judul postingannya Mas Hary ini, aku pecandu kopi, kata orang kalo dah minum kopi gak bisa ngantuk, tapi aku meskipun dah minum kopi, ngantuk ya tetap ngantuk langsung bisa tidur.

  47. ada ga pak, kopi yang ga bikin sakit di lambung

  48. emmm kita orang asli toraja ya OM...? yg lagi merantau ke makassar bener gak..?

  49. iya bang bener, saya kalau minum kopi sasetan malah badan nggak karuan, pala pusing perut jadi kembung, kayaknya enak tuh minum kopi toraja :)

  50. temenku prnh blg kalau minum kopi malah ngantuk, owalah ini toh alasannya hahaha

  51. penikmat kopi ya? sama saya juga, tapi biasanya saya beli yang sasetan.. murah meriah he he

  52. saya jupa begitu, minum kopi tetap saja mata ngantuk. Seharian saya bisa lebih dari limg gelas kopi. Pecandu berat kopi.

  53. saya dan istri di rumah hanya suka dg jenis kopi yang ndak berampas bang..... plus creamer...hehhee

  54. kalau saya ga ngantuk om kalau minum kopi.., dah sehati kali yah..heuheuheu

  55. kopi itu sumber insprasi saya om

  56. baru tau saya kalo ternyata minum kopi bisa bikin ngantuk juga, kl saya justru malah ga bisa tidur berarti saya blm kebal kopi ya mas,hehe...tapi bahaya ga ya kalo tubuh sudah kebal seperti itu...

  57. FS says:

    Hhhh... Kebalik ya bang !
    Huft belum pernah nyoba kopi yg natural..
    Semoga kesampaian bisa ke toraja tahun ini..
    Nice info

  58. Wah pengen dong kopi Torajanya pak sob, yang terkenal dengan kualitas kopinya. Saya belum pernah nycip hehe, tapi kta org2 rasanya beda dari kopi biasa. Wow jadi ngiler saya pak :D

  59. aku suka minum kopi
    hanya tiap pagi
    maaf aku hadir disini
    sembari menikmati kopi

    hehehe

  60. kalau saya mas minum kopi kayaknya nggak ngaruh, sehabis ngopi kalau ingin tidur ya tidur, mungkin kebalikannya itu ya mas...

  61. enak2 tuh kayaknya :p hehe

  62. fotonya ganteng mas. hehehe\\

    btw saya minta kopinya boleh??

  63. Anonymous says:

    Saya salah satu penggemar Kopi Toraja, cita rasanya khas, BTW blognya cantik bro..

  64. ehm... artikelnya keren, membahas tentang kopi dan kenikmatanya. memang pantas untk penikmat kopi, tapi pas di lihat terakhir. lombah toh, pantesan ulasannya menarik. ok gan, ane dukung aja buat ente. :D

  65. wah, ngopi ya.. jujur saya juga suka sama kopi, tapi bukan kopi hitam karena kandungan kafeinnya lbh tinggi. meski tidak tiap hari.. setiap membutuhkan gadang utk mengerjakan tugas, ya ngopi pilihannya. dan saya baru tahu ternyata sebagian orang justru mengantuk klo abis minum kopi, karena terlalu sering jd kebal ya, hihii... :D
    benar ya bahwa segala sesuatu itu kurang baik klo berlebihan.

  66. ope says:

    kopinya boleh juga tuh on :D

  67. tapi sayangnya sya kurang suka kopi mas, walau di aceh sendiri juga punya kopi andalan yang diekspor, kopi uleekareeng namanya

  68. Ayu says:

    kopi menjadi minuman yang paling wajib di kantor..

  69. klo saya lebih memilih teh, sebagai minuman wajib.. apalagi klo makan bakso, temennya pasti teh

  70. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Memang aroma kopi sangat mengasyikkan, lembut dan mesra... bagaimana begitu ya... Yang dahsyatnya... kalau buang air, bau kopi akan melekat dan saya tidak senang mencium baunya...hehehe.

    Kerana itulah saya tidak menyukai kopi dan lebih memilih minuman coklat/milo dan susu.

    Pelik ya, kalau mas tidak dapat dipengaruhi oleh kafeien kopi yang rata-ratanya "menyegarkan" mata sesiapa yang meminumnya. Salut buat kopi Toraja yang sudah terkenal seantera dunia.

    Salam ukhuwwah dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD


  71. Anonymous says:

    jangan terlalu banyak ngopi mas , nanti gak ngantuk2 . hehe

  72. Iya gw jg suka banget ngopi Pak. Kalo gak ngopi berasa ada yg kurang,, hehe..

  73. Nah ini saya jadi bingung antara taste yang membedakan robusta dan arabika perbedaan rasanya di apa ya mas, soalnya saya pernah rasain kopi tapi tak tau jenisnya Robusta apa Arabika. Mantap kapan-kapan kalau bisa kita ngopi bareng bang

  74. wah nggak terlalu suka ngopi mas >.< palingan kalo bwat kopi juga white coffe :D

New comments are not allowed.

77 komentar

  1. Anonymous says:

    tapi tetep aja bang, kalo ngopinya sendiri mah ada yang kurang.
    enaknya kalo ngopinya ditemenin kamidia radisty baru nikmat.

    *DiGamparSuaminyaKamidia*

  2. berarti abang ini termasuk orang sakti, karena ternyata punya ilmu kebal terhadap kopi, buktinya orang lain begadang karena minum kopi, saking kebalnya malah ngga mempan, pasti abang salah satu muridnya sinto gendeng atau mungkin adik seperguruannya wiro sableng y bang...o iya hampir lupa, gara gara minum kopi, abang jadi tambah ganteng dan imut deh....hehe
    moga kontesnya menang.

  3. penikmat kopi ya pak semoga sukses ngontesnya

  4. Kopi toraja mahal banget :)

    Sukses kontesnya ya, Pak... :)

  5. mantap Kang, saya tunggu kiriman kopinya. nyuruput kopi bagian dari gaya hidup saya juga kang.
    salam

  6. tampans sekali sedang menyeruput kopi..

  7. emang bener-bener mantap y mas..

  8. belom pernah ngrasain kopi toraja mas, enak tuh kayaknya

  9. selamat Pagi Sob,,,hm ternyata Kopi bisa juga bikin mengantuk yaa Sob,,hehehe,,,kalau saya mau begadang biasanya sih minum Kopi,,,kalau saya dulu waktu di makassar sering juga ngopi di warkop sambil Online karena ada fasilitas Wifinya...

  10. Anonymous says:

    Wah katanya kopi itu menjadikan sakit mata, ini tentunya kopinya terkena mata ya! wah jadi kepingin dikirimin kopi Torajanya sobat, kira2 sampai Magetan tidak ya?!hehe, kunanti lho kirimannya!haha

  11. Saya pernah nyoba ngopi, katanya biar gak ngantuk. Ternyata tetep saja nglempus. Sudah gitu di kepala pakai acara cenat-cenut lagi.

  12. kopi pun tidak terlalu berpengaruh bagi saya pak, kalo ngantuk ya tetep ngantuk kalo seger ya tetep seger. hhe

  13. kopi memang nikmat, apalagi kalo lagi ngantuk nikmatinnya..tapi jangan sampe bikin terlena hehe...

  14. sy blom prnh nyoba yg namax kopi toraja.. sekali2 traktir dunk pak.., kita msh satu kota *smile

  15. Hmmm. bau harum kopi toraja semerbak sampai jogja ne.. ya ya ya, coffeinnya berasa sekali ya.. saya 7 tahun lalu pernah mencicipi kopi toraja oleh oleh salah satu teman pemusik balianto namanya.. memang suegeeer banget ya. HMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM jadi ngeces neeeeeeeeeee, hahaha, ngebayangin aja di otak berasa mak pyar terang dimata. hehehe

  16. saya baru tahu kalau di kabupaten Tanah Toraja ada kopi saingan Mandeling Coffee of Sumatra - Lampung , tersohor di dunia ..yang ku cinta sebab aku kalo ga ngopi diawal hari bisa pusing kepala karna dah kecanduan kopi hehe

  17. Jadi pengen nyoba kopi Toraja, kayaknya nikmat banget tu... sayangnya di kota ku belum ada. moga sukses kontesnya.

  18. Boleh minta traktir kopi buat oleh" saya pak... hehheee :)

  19. mampir lagi sore ini, mau numpang ngopi dan ngobrol ah

  20. ternyata kita sama ya pak,.
    pecandu kopi,.
    wkwkwkkwk :D

  21. ndop says:

    aku doyan kopi tapi nggak ngopi :D

  22. Selamat malam dan selamat meminum kopi hangat. sahabat. ^_^

  23. wah toraja ya kang, ada temen yg bekerja disana kalau pulang membawa kopi khas sana, entah itu yang kw atau supernya kopi sana,rasanya sungguh kopi beneran, kalau saya minum kopi tergantung dari kondisi badan,kalau fit ya mintak begadang kalau tidak fit ya pasti tidur walau habis 2 cangkir kopi sekalipun. Kang hari memang sudah kebal dengan kopi.

  24. bawa ubi bakar gak?saya tak bawa sukun manis rebus

  25. apa lagi yang suka begadang. haha biasanya blogger nih yang suka begadang.. saya juga suka ngopi kalau pagi sobat....

  26. sukses slalu,,,,moga lolos kontesnya sob,,,

  27. saya lebih suka kopi yg instan tinggal seduh mas. Haha..

    Sama dngan kota asal saya jenis kopinya. Tiap tahun selalu rutin ekspor ke luar negeri. Malah ada jenis kopi dngan rasa kecut, ktanya sich namax kopi kecut, cman saya blm pernah mencobanya.

  28. Kalau saya termauk orang yang tidak menyukai jenis minuman ini, hehe... soalnya suka deg-degan gak karuan kalau habis minum kopi,

  29. wah saya nggak supa kopi :))

  30. wew,sangat cocok untuk teman ngeblog kayaknya,kopinya pasti harun dan nikmat ya bang.tapi sayang mau nyobain jauh huk..huk..huk.

  31. Hmm. . . Saya suka banget yang namanya kopi,,apalagi waktu pagi hari. Tambah nikmat deh.

  32. Tanah toraja memang sangat terkenal sebagai penghasil kopi yang nikmat nya luar biasa..
    Sayang saya sendiri belum pernah mencoba kenikmatannya..

    Di simak dari paparan di atas, sepertinya sobat ini spesialis kopi..hehe..

    Aneh juga ya kalau effek dari kopi malah kebalikan dari kebanyakan orang..
    Tapi apapun itu kopi memang the best untuk pengisi waktu luang sambil ngobrol sama teman segenk atau pun untuk teman ngeblog..

    I love coffe..

  33. Saya kalo minum kopi malah gak bisa tidur. :v

  34. Terima Kasih Partisipasinya
    Good Luck :)

    Salam hangat,
    Lisa Gopar

  35. aneh ya ??? kok bisa tidur klo minum kopi???
    saya klo minum kopi malah ga bisa tidur

  36. haduh jadi kpngen,ni bos hehehd. Trmksh bos infonya buat kopi jga xixixi.

  37. saya kalo ke Makassar pasti beli kopi ini Mas, kadang malah kelupaan, jadinya beli di bandara. buat oleh2 yang pada siskamling, hehe... kalo saya sih asyik aja, mau yang robusta atau arabica. semua asyiik.

  38. waqh kopi robusta asalnya dari sulawesi ya cak. Makasih telah dishare jadinya aku mengetahuinya. Kopi terbaik menjadi incaran para konsumen. Tapi dengar2 ada kopi bungus baru yang lagi diiklankan di tv dengan nama (LK) yang mana dia mengandung bahan berupa minyak babi. Benarkah demikian adanya.

    Tapi kalau asli toraja sana pastinya sangat steril dari itu semua, saya yakin.
    Apalagi kekhasan dalam menciptkan rasa kopiny

  39. waduh ane jadi ngiler sama kopinya mas,,hehe

  40. Sbg coffeeholic, dr dulu gue pengen bgt nyobain kopi toraja! Tapi belom pernah kesampean... ;-(

  41. Mantafff nih, Pak, Salam Nikmat Kopi!
    Kalo saya ngopi tidak setiap hari, setidaknya pada setiap malam Jum'at karena teman2 ngumpul, dan biasanya sambil ngopi, hehehe...

  42. Anonymous says:

    Kayaknya kopinya nikmat banget Pak..sukses ngontesnya yaa

  43. sesama penikmat kopi ingin juga menikmati kopi toraja mas, kopi memang si hitam manis yang bikin ketagihan

  44. Nik says:

    Kopi Indonesia memang mantap-mantap termasuk Kopi Toraja sudah terkenal kenikmatannya.

  45. R10 says:

    aku sebenarnya menghindari kopi, tapi kalau ngantuk saat berkendara maka aku butuh kopi :D

  46. Seperti dengan judul postingannya Mas Hary ini, aku pecandu kopi, kata orang kalo dah minum kopi gak bisa ngantuk, tapi aku meskipun dah minum kopi, ngantuk ya tetap ngantuk langsung bisa tidur.

  47. ada ga pak, kopi yang ga bikin sakit di lambung

  48. emmm kita orang asli toraja ya OM...? yg lagi merantau ke makassar bener gak..?

  49. iya bang bener, saya kalau minum kopi sasetan malah badan nggak karuan, pala pusing perut jadi kembung, kayaknya enak tuh minum kopi toraja :)

  50. temenku prnh blg kalau minum kopi malah ngantuk, owalah ini toh alasannya hahaha

  51. penikmat kopi ya? sama saya juga, tapi biasanya saya beli yang sasetan.. murah meriah he he

  52. saya jupa begitu, minum kopi tetap saja mata ngantuk. Seharian saya bisa lebih dari limg gelas kopi. Pecandu berat kopi.

  53. saya dan istri di rumah hanya suka dg jenis kopi yang ndak berampas bang..... plus creamer...hehhee

  54. kalau saya ga ngantuk om kalau minum kopi.., dah sehati kali yah..heuheuheu

  55. kopi itu sumber insprasi saya om

  56. baru tau saya kalo ternyata minum kopi bisa bikin ngantuk juga, kl saya justru malah ga bisa tidur berarti saya blm kebal kopi ya mas,hehe...tapi bahaya ga ya kalo tubuh sudah kebal seperti itu...

  57. FS says:

    Hhhh... Kebalik ya bang !
    Huft belum pernah nyoba kopi yg natural..
    Semoga kesampaian bisa ke toraja tahun ini..
    Nice info

  58. Wah pengen dong kopi Torajanya pak sob, yang terkenal dengan kualitas kopinya. Saya belum pernah nycip hehe, tapi kta org2 rasanya beda dari kopi biasa. Wow jadi ngiler saya pak :D

  59. aku suka minum kopi
    hanya tiap pagi
    maaf aku hadir disini
    sembari menikmati kopi

    hehehe

  60. kalau saya mas minum kopi kayaknya nggak ngaruh, sehabis ngopi kalau ingin tidur ya tidur, mungkin kebalikannya itu ya mas...

  61. enak2 tuh kayaknya :p hehe

  62. fotonya ganteng mas. hehehe\\

    btw saya minta kopinya boleh??

  63. Anonymous says:

    Saya salah satu penggemar Kopi Toraja, cita rasanya khas, BTW blognya cantik bro..

  64. ehm... artikelnya keren, membahas tentang kopi dan kenikmatanya. memang pantas untk penikmat kopi, tapi pas di lihat terakhir. lombah toh, pantesan ulasannya menarik. ok gan, ane dukung aja buat ente. :D

  65. wah, ngopi ya.. jujur saya juga suka sama kopi, tapi bukan kopi hitam karena kandungan kafeinnya lbh tinggi. meski tidak tiap hari.. setiap membutuhkan gadang utk mengerjakan tugas, ya ngopi pilihannya. dan saya baru tahu ternyata sebagian orang justru mengantuk klo abis minum kopi, karena terlalu sering jd kebal ya, hihii... :D
    benar ya bahwa segala sesuatu itu kurang baik klo berlebihan.

  66. ope says:

    kopinya boleh juga tuh on :D

  67. tapi sayangnya sya kurang suka kopi mas, walau di aceh sendiri juga punya kopi andalan yang diekspor, kopi uleekareeng namanya

  68. Ayu says:

    kopi menjadi minuman yang paling wajib di kantor..

  69. klo saya lebih memilih teh, sebagai minuman wajib.. apalagi klo makan bakso, temennya pasti teh

  70. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Memang aroma kopi sangat mengasyikkan, lembut dan mesra... bagaimana begitu ya... Yang dahsyatnya... kalau buang air, bau kopi akan melekat dan saya tidak senang mencium baunya...hehehe.

    Kerana itulah saya tidak menyukai kopi dan lebih memilih minuman coklat/milo dan susu.

    Pelik ya, kalau mas tidak dapat dipengaruhi oleh kafeien kopi yang rata-ratanya "menyegarkan" mata sesiapa yang meminumnya. Salut buat kopi Toraja yang sudah terkenal seantera dunia.

    Salam ukhuwwah dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD


  71. Anonymous says:

    jangan terlalu banyak ngopi mas , nanti gak ngantuk2 . hehe

  72. Iya gw jg suka banget ngopi Pak. Kalo gak ngopi berasa ada yg kurang,, hehe..

  73. Nah ini saya jadi bingung antara taste yang membedakan robusta dan arabika perbedaan rasanya di apa ya mas, soalnya saya pernah rasain kopi tapi tak tau jenisnya Robusta apa Arabika. Mantap kapan-kapan kalau bisa kita ngopi bareng bang

  74. wah nggak terlalu suka ngopi mas >.< palingan kalo bwat kopi juga white coffe :D

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend