Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?


Lazada Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Coto Kuda Jeneponto Penambah Vitalitas

tularosa | 66 komentar

Coto, nama salah satu makanan khas dari begitu banyak kuliner asli  yang berasal dari Propinsi Sulawesi Selatan.
Makanan yang terbuat dari campuran bahan baku daging, jeroan, limpah, hati, otak dan jantung disertai ramuan rempah-rempah seperti sereh,lengkuas dan jahe ,adalah salah satu makanan favorit bagi penduduk yang berdomisili di Propinsi Sulawesi Selatan, apalagi yang menetap di kota Makassar, seperti saya.
Bagi para wisatawan lokal atau mancanegara biasanya belum merasa puas apabila datang berkunjung di Makassar kalau belum mencoba makanan yang namanya COTO, yang lebih dikenal dengan nama COTO MAKASSAR.
Demikan juga saya, saat sudah duduk manis di warung COTO segera memesan HALIJA yaitu Coto dengan bahan baku yang terdiri dari HAti, LIMpah dan JAntung.
Kalau keponakan saya, Agung Haryo Purnomo, lebih suka memesan coto JAHAT, yaitu COTO dengan bahan baku JAntung dan HAti.

Akronim-akronim menu COTO memang sering muncul dari campuran daging apa saja yang diminta sebagai bahan baku-nya, dan terkadang funny kedengaran-nya di telinga penikmat coto.

Biasanya bahan baku COTO dari daging hewan kerbau atau sapi, namun kebanyakan yang dijual adalah yang menggunakan daging sapi.
Selain sapi dan kerbau, ada satu lagi bahan baku COTO dari hewan yang sangat Khas Jeneponto,
yang akan saya ulas di postingan ini, sebagaimana judulnya, yaitu Coto Kuda, karena bahan bakunya berasal dari daging dari hewan yang bernama KUDA. Saya rasa semua sahabat-sahibit Blogger sedunia sudah tahu apa yang disebut hewan KUDA, kalau belum tahu, silahkan lihat gambar-nya yang di bawah ;-)

Kenapa menjadi KHAS JENEPONTO, karena hewan KUDA ini kebanyakan di temukan habitat-nya hidup di daerah Kabuapaten Jeneponto dan sekitarnya, yang jaraknya sekitar 60km dari kota Makassar. Dan COTO KUDA juga menurut kisah kuliner, asal mulanya memang berasal dari Kabupaten Jeneponto.

Menurut riwayat-nya, pada zaman dahulu COTO KUDA ini hanya disiapkan sebagai sajian hidangan khusus untuk para KARAENG, yaitu sebutan Raja atau Bangsawan di Jeneponto.
Namun dimasa kini, COTO KUDA sudah mulai umum dipasarkan dan sudah banyak WARUNG COTO KUDA yang tersebar di bahagian selatan Propinsi Sulawesi Selatan.
Dan hidangan COTO KUDA juga menjadi hidangan favorit yang ekslusif pada saat disajikan dalam suatu PESTA, apakah PESTA PERNIKAHAN, atau pesta-pesta lainnya, Karena masyarakat umum masih menilai bahwa yang mampu menyajikan COTO KUDA dalam PESTA adalah orang dengan Strata Ekonomi atau Strata Sosial yang dihormati dalam masyarakat.

Di Makassar, sudah banyak juga Warung yang Khusus menjual Coto Kuda, salah satunya adalah Warung Rezky Turatea, yang terletak di jalan Sultan Alauddin, sekitar daerah Gunung Sari Baru – Makassar.
Saya suka makan Coto Kuda di warung ini, karena daging kuda sebagai bahan baku COTO KUDA-nya memang berasal dari KUDA utuh yang pemilik warung-nya menyembelih sendiri satu ekor kuda setiap hari Minggu atau Sabtu pagi. Jadi daging-nya masih terasa lebih fresh dan empuk.



Seperti juga COTO dari daging kerbau atau sapi, COTO KUDA juga disajikan dengan Ketupat atau Nasi, sesuai selera pembelinya. Hanya rasanya agak berbeda dari daging kerbau dan sapi, karena daging kuda rasanya agak manis .

Banyak yang mengatakan bahwa COTO KUDA itu sangat ber-khasiat, karena Daging Kuda dipercayai berprotein tinggi dan kandungan lemaknya rendah, serta mengandung unsur zat Anti Biotic untuk Tetanus dan juga sebagai obat Diabetes atau Sakit Gula, juga untuk meningkatkan STAMINA DAYA TAHAN TUBUH. Ada juga informasi secara empiris dari pengalaman masyarakat yang beredar dari mulut ke mulut, bahwa Coto Kuda dapat mengatasi lesu, pegal linu, encok dan rheumatic. Selain itu juga dapat menyembuhkan Sakit Asma, Gatal-gatal dan Epilepsi

Namun yang lebih heboh lagi adalah konon kabarnya, COTO KUDA sangat dianjurkan untuk konsumsi kaum lelaki dewasa, karena coto daging Kuda kata info kabar-kabari-nya mengandung unsur asupun supplement yang bisa menambah VITALITAS LIBIDO PRIA, khususnya dalam hal hubungan PASUTRI (PAsangan SUami isTRI) yang Halal, namun sangat tidak dianjurkan untuk pasangan yang belum resmi tercatat dalam akte pernikahan.



INFORMASI KANDUNGAN GIZI DAGING KUDA.
Daging Kuda mengandung :
1. Kadar protein tinggi, yaitu 21,39%, sedikit lebih tinggi dibanding daging sapi (20 %).
2. Kadar zat besi tinggi yaitu 3,82 mg per 100g. Sementara kadar zat besi daging sapi hanya 2,2 mg per 100g, dan daging kambing 3 mg per 100g. ( Zat besi penting untuk membantu membawa oksigen dalam darah merah ke seluruh tubuh).
3. Kadar kolesterol daging kuda 50-60 mg per 100g, lebih rendah daripada daging sapi yang berkisar 70-84 mg per 100g.

DAGING KUDA MENURUT HUKUM ISLAM

Di masyrakat memang terjadi perbedaan pendapat tentang hukum mengkonsumsi Daging Kuda, dan saya juga pada awalnya termasuk yang ragu untuk mengkonsumsi, kemudian saya mencoba mencari jawabannya, dan salah satu jawaban yang saya rasa cukup detail saya dapatkan dari hasil browsing di sini.

Dimana di sini dijelaskan bahwasanya dalam agama Islam terdapat dua kelompok fuqoha' yang berbeda pendapat tentang hukum memakan daging kuda. Akan tetapi fuqoha' yang mengatakan bahwa daging kuda halal, alasannya lebih jelas dan kuat.
Dalil-dalilnya yang mengatakan Daging Kuda halal adalah sebagai berikut :
1. Jabir berkata bahwa Nabi SAW melarang kita untuk memakan daging keledai (humur al-Ahliyah) dan mengizinkan kita untuk memakan daging kuda, hal ini terjadi ketika perang Khoibar berkecamuk.(Muttafaq 'Alaihi)
2. Abu Dawud dan Nasa'i meriwayatkan bahwa suatu hari Nabi SAW bersama para sahabatnya memakan daging kuda dan melarang para sahabat untuk memakan daging keledai (humur al-ahliyah).
3. Daar al-Quthni meriwayatkan bahwa para sahabat pernah memakan daging kuda serta meminum susunya, hal ini terjadi ketika mereka sedang melakukan perjalanan bersama Nabi.
4. Asma' binti Abu bakar berkata: "Pada zaman Nabi SAW kita pernah menyembelih seekor kuda dan ketika itu kami berada di Madinah dan kemudian kami memakannya. (Mutafaq 'alaihi).
5. Ahmad berkata: "Kita pernah menyembelih seekor kuda di zaman Nabi SAW dan kemudian memakannya berserta ahlu bait Nabi.

Itulah ke-lima hadizt yang menerangkan bahwa daging kuda adalah halal dimakan.

Musa bin Isma’il menceritakan kepada kami, Hammad menceritakan kepada kami, dari Abi az-Zubair dari Jabir bin ‘Abdillah, ia berkata: Kami menyembelih kuda, bighal (peranakan kuda dan keledai), dan keledai pada hari Khaibar, maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam melarang kami dari (makan) bighal (peranakan kuda dan keledai), dan keledai, dan beliau tidak melarang kami dari (makan daging) kuda. (HR Abi Dawud (10/249))


Faidah Hadist
1. Hadizt ini diriwiyatkan oleh Imam Abi Dawud dalam kitab Sunnan
2. Jabir bin ‘Abdillah menceritakan bahwa hari Khaibar ia menyembelih kuda, bighal (peranakan kuda dan keledai), dan keledai.
3. Rasulullah melarang memakan daging bighal dan keledai tetapi membolehkan makan daging kuda.


Sedangkan hadizt yang melandasi keharamannya adalah:
1. Rasulullah SAW melarang kita untuk memakan daging keledai, kuda dan peranakan dari keduanya.
2. Nabi SAW melarang kita untuk memakan daging kuda pada waktu perang Khoibar.

Namun mengenai kedua hadizt tersebut yang mengharamkan daging kuda, Bukhori mengatakan bahwa hadizt pertama adalah hadizt mudthorib, karena di dalam sanadnya terdapat Ikrimah bin Umar yang dianggap oleh para ahli hadizt sebagai tidak dapat dipercaya. Sedangkan hadizt kedua, menurut para ahli hadizt tersebut termasuk 'syadz' dan munkar.

So, selanjutnya apakah ada diantara para Sahabat-Sahibit yang juga berminat mencoba sajian COTO KUDA JENEPONTO ;-)

Category : , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

66 komentar

  1. iya nih sob ane suka COTO MAKASAR khas banget tuh. memang sejenis dan mirip mirip soto sih, enaknya beda:) coto lebih enak
    btw : ane bukan bermaksud tidak senang sobat tidak membalas komentar ane, suer deh ane gak bermaksud seperti itu. setiap orang memang punya rasa ingin tahu koq :) bahkan orang gilla pun ingin tau :) [ingin tau jadi gila gimana hauahhaha]

  2. ekstrim....
    nggak mau nyoba...

  3. Kayanya enak GAn yach,sayang ke Serui blom nyampe.Tapi jangan salah,meski di Serui,coto Makasar tetap jadi hidangan terpavorit dan mahal.Nice share Gan,maksih cotonya,happy blogging.

  4. coto kuda ya?
    ada di dekat rumahku, ahahaha

    tapi yang pernah kumakan coto kuda di bantaeng :D

  5. Baru tau disini,kalo ada coto kuda..
    hiih..enakkah??

    kayanya ga berani nyoba deh,apalagi kepala kudanya ada di situ ..

    Lebih enak coto makassar aja deh..

    hai ..makasih ya dah berkunjung..
    salam kenal

  6. haaaaaaaaaaa?????????/ did you eat horse

  7. Belum pernah mencobanya sob

  8. mirip2 soto yah kang?? enak neh COTO Kuda 'nya,, apalagi bisa nmbah 'anu' hehehe..

  9. Keliatannya extrim tapi kayanya enak tuh. Keliatan dari kuahnya yang 'mlekoh' :D

    Ngileeeerrr

  10. Emang bener nih bisa nambah vitalitas, bapak ane orang asli sana jadi tiap lebaran sering makan daging kuda hehe

  11. Nyamanna daeng...

    tpi syangnya blumpika pernah makan kuda..haha.

    seringja napanggil temanq kerumahnya makan tapi nd berani..haha..gappa ketagihaka na mw trusmaka mkanki..

  12. Huaaa liat kepala kudanya seremm... :)

  13. hemm, oke bangat infonya nie.
    mudah-mudahan di ada cabangnya di tempat saya nie.
    huhuiiii. maknyoss

    wassalam

    online-hukum
    http://online-hukum.blogspot.com/

  14. lengkap sekali ulasannya, mulai dari bahan, khasiat dan pendapat ulama,
    kalau di jawa timur masih jarang soto memakai daging kuda.
    salam

  15. mile says:

    ciri khas orang jeneponto dan bulu kumba selalu ada daging kuda di acara pesta hajatan.

  16. di tangerang coto makasar sangat ramai pengunjung apalagi di musim hujan gini.. mereka cari yang menghangatkan badan... pokoknya khas banget dah.. ane nyampek ketagihan... makanan indonesia mantaaaaaap... follow juga sukses kawan... salam

  17. apa rasanya ya...itu kok kepala kudanya malahan ada disitu? hehe...salam kenal, tq infonya ya ...makasih atas kunjungannya.

  18. dari gambarnya keliatannya enak tuh coto kuda,, hmmm,, jadi pengen ngerasain,, hehehe

  19. menarik untuk mencobanya...serem juga tuh kepala kuda

  20. makan coto makssar uda sering sobat, tapi cotoh kuda belum pernah, dulu waktu ke jennepontoh gak sempat mkn coto kuda,,, Di palopo cuma ada coto makassar aja sobat...

  21. awalnya ragu makan daging kuda,
    ternyata halal ya.
    mau coba nih, buat nambah vitalitas,
    jadi penasaran,
    thanks mas bro...

  22. enak nih kayak nya daeng

  23. wah enak banget ya Coto Kuda nampaknya, tp lihat kepala yg dipajang itu heeeee kasihan jadinya

    hihi :)

  24. waaaa... mantaav nih sob, jdi laper nih liatnya...
    saya paling doyan nih coto ... hhe :)

  25. Was here to check out your site. Good evening. ☺

  26. tapi kok lihat penampakan kepala kuda aslinya dipotong gitu serem makannya,, ,,gak tega,,hehe

  27. Jadi pingin nyoba ni, tapi jauh kudu ke makasar, sedangkan di jogja kaga ada mas. Mungkin kalau ada rejeki baru bisa saya bertandang kesana sekalaigus nyobain coto makasarnya...

  28. Info wisata kuliner yang mantaaaaab
    Happy blogging

  29. pengen nyobain ane, soalnya bon nyobain:D

  30. aduh saya ketinggalan kereta.. eh, berita.. ada ia coto kuda waw waw rasanya kaya daging biasa kah??baru tau saya :) #lapeeeeeeeeer

  31. wah pasti enak ni coto kuda...lum pernah ngrasaain..

  32. Kirim ki daeng coto kuda ta ke palopo...

  33. Wah saya baru tau ada coto kuda hihihi bisa beringas nih ,,,

    singgah pak bilang berkenan "penyebab penis patah"

  34. datang dan berkunjung lagi ah kemari :) btw selamat hari guru all semoga guru guru menjadi lebih baik dan lebih sabar dengan murid murid :)

  35. pgen jane,,jauh baget tapi

  36. wah makin seru aja nih . .
    Kunjungan balik gan, folback sukses. Terimakasih

  37. wah jadi ngiler N laper nih liat Foto-fotonya

  38. Coto Kuda yang lezat dan berkhasiat!!! Saya jadi pingin ke Makassar... biar stamina saya makin kokoh!

  39. klo di tempatku baru ada sate ma tongseng kuda aja klo yang coto kayaknya belum ada...
    liat kepalanya...ihhh sereeeeem

  40. baru dengar coto kuda, belum pernah coba nih shob

  41. pasti setelah man coto kuda ini nafsunya juga seperti kuda,,, hahahahah

  42. mak nyust tu kayaknya.... bang bang beli satu... ckckck

  43. Jujur, Saya belum pernah merasakan dading kuda klo susu kuda saya pernah ketika tahun 2006 silam dinas di kota Bajawa. Kira2 rasanya seperti daging kambing ndak bang ?

  44. pernah nyoba juga koq pak,klo abis liburan kuliah biasanya teman dr jeneponto kadang bawah daging kuda...

  45. nambah vitalitas yah...boleh jg nih...thanks artikel.

  46. wah ane belum pernah makan daging kuda, apakah kaya daging sapi y?

  47. bukannya ngiler malah serem ane liat kepala kudanya

  48. wah sepertinya mak nyuuusss rasanya, dari surabaya ada juga yg jual Coto Makassar, sepertinya Makassar udh identik dgn Coto-nya, cuman kalo dari daging kuda baru tau sekarang.

    mantabb dah...

  49. eanknya makan coto kuda...

  50. Wow soto kuda asik ya,.... boleh dicoba. Tapi kalo di Semarang belum ada yang daaging kuda dibuat soto, yang ada kuda di buat sate. itupun takut haram kalo dimakan.

  51. nice info nih mas, btw saya belum pernah sama sekali makan daging kuda, jauh ya di makasar :) kalo di bandung ada cabangnya ga mas untuk COTO MAKASAR ini, soalnya belum pernah denger juga, tq

  52. saka says:

    seram juga lihat kepala kuda y sob..
    salam kenal

  53. kayaknya lebih maknhus dari pada sate soto ayam ato sapi, tapi pas lihat kepala kuda yang terpampang mengenaskan, jadi agak serem gan

  54. coto...lucu namanya. tapi kalo tambah kuda ga lucu lagi. apalagi sempet shock ngeliat foto kepala kudanya.. hiiiiiii atutt >,<

  55. makasi ei, info yg bermanfaat.

  56. sumpah sampai sekarang pun saya masih ngeri ma coto kuda. bnyak yg bilng enak, tp sya koq ngeri yah. perasaannya sama ngeri pas liat sate kambing, hehhehe... padahal org sulsel juga. sya cukup coto sapi sajalah. :D

  57. Thanks for sharing such valuable information.Keep posting such great info for us thanks

  58. kayak nya enak tu mas....
    mmm....

  59. penasaran dengan rasanya sob

  60. emank nyaman boss.., tp agak mahal bro..,kecuali klo ada yg traktir heheh..

  61. hemmm... kyknya enak bgt tuh,,,
    kpn ea q bsa menikmatinya....

  62. wah mau ding cotonya

    Berikan juga KOMENTAR dan LIKE anda untuk menuju Resolusi Kemajuan Bangsa 2012, karena partisipasi anda adalah wujud kepedulian terhadap bangsa...
    Terima kasih,

    Resolusi Kemajuan Bangsa 2012

  63. Enak nich sotonya...mau dong. Soto adalah makanan favorite saya sejak dahulu kala. Bundaku suka membuatkan soto untuk aku. Hmm yummy..i like it..:)

  64. gimana rasanya? apa kayak sapi ato gimana?

  65. emang enak yah??
    waduh gawat nic,semakin canibal saja yah makanan orang indonesia skrg..

New comments are not allowed.

66 komentar

  1. iya nih sob ane suka COTO MAKASAR khas banget tuh. memang sejenis dan mirip mirip soto sih, enaknya beda:) coto lebih enak
    btw : ane bukan bermaksud tidak senang sobat tidak membalas komentar ane, suer deh ane gak bermaksud seperti itu. setiap orang memang punya rasa ingin tahu koq :) bahkan orang gilla pun ingin tau :) [ingin tau jadi gila gimana hauahhaha]

  2. ekstrim....
    nggak mau nyoba...

  3. Kayanya enak GAn yach,sayang ke Serui blom nyampe.Tapi jangan salah,meski di Serui,coto Makasar tetap jadi hidangan terpavorit dan mahal.Nice share Gan,maksih cotonya,happy blogging.

  4. coto kuda ya?
    ada di dekat rumahku, ahahaha

    tapi yang pernah kumakan coto kuda di bantaeng :D

  5. Baru tau disini,kalo ada coto kuda..
    hiih..enakkah??

    kayanya ga berani nyoba deh,apalagi kepala kudanya ada di situ ..

    Lebih enak coto makassar aja deh..

    hai ..makasih ya dah berkunjung..
    salam kenal

  6. haaaaaaaaaaa?????????/ did you eat horse

  7. Belum pernah mencobanya sob

  8. mirip2 soto yah kang?? enak neh COTO Kuda 'nya,, apalagi bisa nmbah 'anu' hehehe..

  9. Keliatannya extrim tapi kayanya enak tuh. Keliatan dari kuahnya yang 'mlekoh' :D

    Ngileeeerrr

  10. Emang bener nih bisa nambah vitalitas, bapak ane orang asli sana jadi tiap lebaran sering makan daging kuda hehe

  11. Nyamanna daeng...

    tpi syangnya blumpika pernah makan kuda..haha.

    seringja napanggil temanq kerumahnya makan tapi nd berani..haha..gappa ketagihaka na mw trusmaka mkanki..

  12. Huaaa liat kepala kudanya seremm... :)

  13. hemm, oke bangat infonya nie.
    mudah-mudahan di ada cabangnya di tempat saya nie.
    huhuiiii. maknyoss

    wassalam

    online-hukum
    http://online-hukum.blogspot.com/

  14. lengkap sekali ulasannya, mulai dari bahan, khasiat dan pendapat ulama,
    kalau di jawa timur masih jarang soto memakai daging kuda.
    salam

  15. mile says:

    ciri khas orang jeneponto dan bulu kumba selalu ada daging kuda di acara pesta hajatan.

  16. di tangerang coto makasar sangat ramai pengunjung apalagi di musim hujan gini.. mereka cari yang menghangatkan badan... pokoknya khas banget dah.. ane nyampek ketagihan... makanan indonesia mantaaaaaap... follow juga sukses kawan... salam

  17. apa rasanya ya...itu kok kepala kudanya malahan ada disitu? hehe...salam kenal, tq infonya ya ...makasih atas kunjungannya.

  18. dari gambarnya keliatannya enak tuh coto kuda,, hmmm,, jadi pengen ngerasain,, hehehe

  19. menarik untuk mencobanya...serem juga tuh kepala kuda

  20. makan coto makssar uda sering sobat, tapi cotoh kuda belum pernah, dulu waktu ke jennepontoh gak sempat mkn coto kuda,,, Di palopo cuma ada coto makassar aja sobat...

  21. awalnya ragu makan daging kuda,
    ternyata halal ya.
    mau coba nih, buat nambah vitalitas,
    jadi penasaran,
    thanks mas bro...

  22. enak nih kayak nya daeng

  23. wah enak banget ya Coto Kuda nampaknya, tp lihat kepala yg dipajang itu heeeee kasihan jadinya

    hihi :)

  24. waaaa... mantaav nih sob, jdi laper nih liatnya...
    saya paling doyan nih coto ... hhe :)

  25. Was here to check out your site. Good evening. ☺

  26. tapi kok lihat penampakan kepala kuda aslinya dipotong gitu serem makannya,, ,,gak tega,,hehe

  27. Jadi pingin nyoba ni, tapi jauh kudu ke makasar, sedangkan di jogja kaga ada mas. Mungkin kalau ada rejeki baru bisa saya bertandang kesana sekalaigus nyobain coto makasarnya...

  28. Info wisata kuliner yang mantaaaaab
    Happy blogging

  29. pengen nyobain ane, soalnya bon nyobain:D

  30. aduh saya ketinggalan kereta.. eh, berita.. ada ia coto kuda waw waw rasanya kaya daging biasa kah??baru tau saya :) #lapeeeeeeeeer

  31. wah pasti enak ni coto kuda...lum pernah ngrasaain..

  32. Kirim ki daeng coto kuda ta ke palopo...

  33. Wah saya baru tau ada coto kuda hihihi bisa beringas nih ,,,

    singgah pak bilang berkenan "penyebab penis patah"

  34. datang dan berkunjung lagi ah kemari :) btw selamat hari guru all semoga guru guru menjadi lebih baik dan lebih sabar dengan murid murid :)

  35. pgen jane,,jauh baget tapi

  36. wah makin seru aja nih . .
    Kunjungan balik gan, folback sukses. Terimakasih

  37. wah jadi ngiler N laper nih liat Foto-fotonya

  38. Coto Kuda yang lezat dan berkhasiat!!! Saya jadi pingin ke Makassar... biar stamina saya makin kokoh!

  39. klo di tempatku baru ada sate ma tongseng kuda aja klo yang coto kayaknya belum ada...
    liat kepalanya...ihhh sereeeeem

  40. baru dengar coto kuda, belum pernah coba nih shob

  41. pasti setelah man coto kuda ini nafsunya juga seperti kuda,,, hahahahah

  42. mak nyust tu kayaknya.... bang bang beli satu... ckckck

  43. Jujur, Saya belum pernah merasakan dading kuda klo susu kuda saya pernah ketika tahun 2006 silam dinas di kota Bajawa. Kira2 rasanya seperti daging kambing ndak bang ?

  44. pernah nyoba juga koq pak,klo abis liburan kuliah biasanya teman dr jeneponto kadang bawah daging kuda...

  45. nambah vitalitas yah...boleh jg nih...thanks artikel.

  46. wah ane belum pernah makan daging kuda, apakah kaya daging sapi y?

  47. bukannya ngiler malah serem ane liat kepala kudanya

  48. wah sepertinya mak nyuuusss rasanya, dari surabaya ada juga yg jual Coto Makassar, sepertinya Makassar udh identik dgn Coto-nya, cuman kalo dari daging kuda baru tau sekarang.

    mantabb dah...

  49. eanknya makan coto kuda...

  50. Wow soto kuda asik ya,.... boleh dicoba. Tapi kalo di Semarang belum ada yang daaging kuda dibuat soto, yang ada kuda di buat sate. itupun takut haram kalo dimakan.

  51. nice info nih mas, btw saya belum pernah sama sekali makan daging kuda, jauh ya di makasar :) kalo di bandung ada cabangnya ga mas untuk COTO MAKASAR ini, soalnya belum pernah denger juga, tq

  52. saka says:

    seram juga lihat kepala kuda y sob..
    salam kenal

  53. kayaknya lebih maknhus dari pada sate soto ayam ato sapi, tapi pas lihat kepala kuda yang terpampang mengenaskan, jadi agak serem gan

  54. coto...lucu namanya. tapi kalo tambah kuda ga lucu lagi. apalagi sempet shock ngeliat foto kepala kudanya.. hiiiiiii atutt >,<

  55. makasi ei, info yg bermanfaat.

  56. sumpah sampai sekarang pun saya masih ngeri ma coto kuda. bnyak yg bilng enak, tp sya koq ngeri yah. perasaannya sama ngeri pas liat sate kambing, hehhehe... padahal org sulsel juga. sya cukup coto sapi sajalah. :D

  57. Thanks for sharing such valuable information.Keep posting such great info for us thanks

  58. kayak nya enak tu mas....
    mmm....

  59. penasaran dengan rasanya sob

  60. emank nyaman boss.., tp agak mahal bro..,kecuali klo ada yg traktir heheh..

  61. hemmm... kyknya enak bgt tuh,,,
    kpn ea q bsa menikmatinya....

  62. wah mau ding cotonya

    Berikan juga KOMENTAR dan LIKE anda untuk menuju Resolusi Kemajuan Bangsa 2012, karena partisipasi anda adalah wujud kepedulian terhadap bangsa...
    Terima kasih,

    Resolusi Kemajuan Bangsa 2012

  63. Enak nich sotonya...mau dong. Soto adalah makanan favorite saya sejak dahulu kala. Bundaku suka membuatkan soto untuk aku. Hmm yummy..i like it..:)

  64. gimana rasanya? apa kayak sapi ato gimana?

  65. emang enak yah??
    waduh gawat nic,semakin canibal saja yah makanan orang indonesia skrg..

New comments are not allowed.
Fatbirder's Top 1000 Birding Websites
Google PageRank

celoteh backpacker Warung Blogger Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

KPK >ASEAN Blogger BAGUS
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend