Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Jum'at Mubarak di Masjid Agung Kota Mamuju - Propinsi Sulawesi Barat

Hariyanto Wijoyo | 115 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger sedunia.
Sang surya berbagi nikmat panas-nya yang menyengat di hari Jum’at Mubarak. Namun hal itu tak menyurutkan langkah untuk menuntaskan semua urusan duniawi selama berada di Kota Mamuju. Ini adalah kunjungan-ku yang kesekian kalinya di Kota Mamuju, ibukota propinsi Sulawesi Barat. Jarum arloji-ku menunjukkan waktu jam sebelas lewat tiga puluh menit, waktunya ISHOMA. Saya-pun menghentikan salah satu Ojek Motor yang melintas lalu lalang di depanku , untuk mengantar-ku ke Masjid Agung Mamuju untuk melaksanakan ibadah Sholat Jum’at, yang letaknya di lintas poros jalan propinsi, persis di pusat kota, di samping Lapangan Merdeka Kota Mamuju.


Tempat Wudhu dan Toilet Yang Kebersihan-nya Terjaga

Suasana Masjid Agung Mamuju , masih nampak lenggang kala aku menjejakkan kakiku di lantai-nya. Memasuki area lokasi Masjid Agung Mamuju yang pembangunannya di mulai pada tahun 2007, arsitekturnya yang penuh warna-warni menghadirkan kesan nuansa romansa dongeng negeri seribu satu malam. Di depan kedua pintunya yang terletak di sebelah utara dan selatan, masing-masing nampak sebuah kolam dengan air mancur yang mengalir dari kubah berwarna emas seolah-olah menyambut dengan ramah kedatangan hamba ALLAH yang ingin beribadah di masjid ini.

Menurut data historis-nya, masjid yang juga disebut sebagai Masjid Syuhada Mamuju dan berdiri tepat di jalan Kiyai Haji Abdul Ahadi, Kabupaten Mamuju - Propinsi Sulawesi Barat ini selesai dibangun pada tahun 2009, dan fasilitas ibadah sholat berjamaah yang terdapat pada lantai dua dapat menampung lebih dari tiga ribu jamaah. Masjid yang memiliki empat menara yang ketinggiannya masing-masing mencapai 75 meter ini, pada saat pelaksanaan Sholat Ied mampu menampung hingga 20.000 orang jamaah. Selain lantai dua yang digunakan untuk beribadah, pada lantai satu digunakan terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti Tempat Wudhu, Toilet, Perpustakaan, Islamic Centre, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) dan Poliklinik Mini.

Suasana Saat Khotib Kotbah Jum'at

Saat melangkah naik ke lantai dua, maka yang nampak seluas mata memandang adalah pesona puja-pujian ke agungan ALLAH Subhanahu wa-ta'alasubhanallah. Ventilasi yang terbuka membuat sirkulasi udara mengalir lancar, menghadir semilir angin nan sejuk berhembus saat saya menjelajahi setiap sudut-sudut masjid yangberhiaskan Kaligrafi Ayat-Ayat Suci Al Qur’an, berpadu dengan ornament-ornamen kaca-kaca penuh warna dan arsitektur khas dari Timur Tengah. Bahkan pada langit-langitnya juga tak ketinggalan di hiasi dengan kaligrafi indah ayat-ayat suci Al Qur’an. Dan benarlah apa yang yang dikatakan orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke Kota Mamuju, bahwa bila ke berkunjung ke Kota Mamuju, akan tak lengkap rasanya bila tak mampir ke Masjid Agung Mamuju untuk Berwisata Rohani.

Kaligrafi Penghias Langit-Langit Masjid

Kaligrafi lafadz "ALLAH" dan "Muhammad" terbuat dari Emas Murni

Dibagian atas Mihrab-nya, terdapat dua buah Kaligrafi yang berlafadzkan “ALLAH” dan “Muhammad”, dengan diameter kira-kira 170 centimeter. Kaligrafi yang berkilau sangat indah itu biaya pembuatan-nya mencapai Rp. 1,3 milyar pada tahun 2009. Wow..biaya yang sungguh fantastis, namun ternyata itu bisa di maklumi, karena kaligrafi yang berlafadzkan “ALLAH” dan “Muhammad” itu ternyata bahan bakunya adalah terbuat dari emas murni dengan kandungan 22 karat. Selain kaligrafi tersebut, emas murni juga digunakan untuk menghiasi sejumlah pilar yang menyangga bangunan Masjid Agung Mamuju.

Usai melaksanakan Ibadah Sholat Jum’at (21092012), para jamaah-pun kembali ke aktifitas-nya masing-masing, ada yang langsung pulang untuk melanjutkan kembali aktifitas-nyam dan ada juga yang bertahan sementara di masjid sambil melihat-lihat dagangan para pedagang yang di gelar di lantai satu Masjid Agung Mamuju. Rupanya, sama dengan kegiatan serupa di Masjid Al Markas Al Islami Kota Makassar, aktifitas ini merupakan salah satu tradisi pendukung penggiat ekonomi masyarakat kecil, yang diadakan setiap hari Jum’at di Masjid Agung Mamuju. Beraneka ragam produk yang dijual, mulai dari Buku-buku Islam, Perlengkapan Sholat, Kacamata, Dompet, Ikat Pinggang, Mainan Anak-anak hingga Jamu-jamuan, dan aneka perlengkapan rumah tangga.


Tak lama saya menikmati semua itu, namun cukup puaslah hati ini, setelah berwisata rohani memuaskan hasrat dahaga akan kebesaran ALLAH Subhanahu wa-ta'ala, dan juga sempat berfoto narsis ria, saya-pun kembali melanjutkan tugas dan amanah untuk berwara-wiri mencoba mengais rezeki di bumi ALLAH yang maha luas demi mencari sesuap nasi dan sepiring berlian.

Informasi Penting Yang Mungkin dianggap Penting Bagi Yang Berkepentingan.

Jarak dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan ke Kota Mamuju, Sulawesi Barat = +/- 450 Km.

Fasilitas Transportasi Yang Tersedia bila berangkat dari Makassar ke Mamuju adalah :
  • Transportasi Darat, dengan menggunakan mobil pribadi atau bus angkutan umum, dengan waktu tempuh sekitar 10 jam.
  • Transportasi Udara, dengan menggunakan pesawat udara, waktu tempuhnya sekitar 55 menit dari Kota Makassar untuk mencapai Kota Mamuju.
  • Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan transportasi Sepeda dan Bentor atau Becak Motor saat hendak berkunjung ke Kota Mamuju, karena jaraknya yang lumayan jauh...dikuatirkan juga anda akan kecapekan dan berhenti ditengah jalan, sebelum tiba di Kota Mamuju.

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid ALLAH ialah orang-orang yang beriman kepada ALLAH dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada ALLAH, maka mereka-lah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.
[QS. At-Taubah 9 : 18]

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Category : , , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

115 komentar

  1. seno says:

    Kemajuan Islam di Mamuju sangat pesat ya sob,

  2. Mesjid Agung dengan arsitektur yang megah ditambah hiasan kaligrafi yang sangat mengesankan, sungguh indah 'Rumah Allah' yang satu ini. Dan fasilitas lain yang cukup lengkap, menambah keunikan Mesjid ini. Ingin rasanya merasakan Shalat disana, tapi apa boleh buat, Bandung-Mamuju terasa terlalu jauh Bang hehe...

  3. indah bnget, trasa nyaman dan sejuk...

  4. Anonymous says:

    Kebayang kalo masjid ini sejuk pas siang yang panas.. :)
    Makasih Pak sudah berbagi. :D

  5. bukan saya materialis. tapi saya pikir, ini yang bisa menjadi katalis untuk menggiatkan kembali semangat beribadah. keren habis masjidnya. apalagi kalo yang menggunakan mesjid ini merasa bersama memiliki dan menjaganya, bakalan awt nih bagusnya.

  6. subhanAllah maha suci allah dengan segala firmannya, masjid yang sangat megah ini pasti sangat dirindukan, mas hari tukar link-nya donk buat nambahlist blogroll :D?

  7. subhanallah,keren masjidnya bang :'')
    oya, ini ada award buat bang har http://rakyanwidhowati.blogspot.com/2012/09/liebster-award.html :)

  8. Maha suci Allah masjid megah seperti ini pasti akan mempunyai kesan tersendiri, semoga senantiasa dalam lindungan-NYA.
    mas hari tukar link-nya yah buat nambah blogroll teman :)

  9. wah..sangat2 cantiklah binaan masjid ni.. kagum!

  10. itu mesjid apa hotel bisa bersih gitu..?
    coba kalo semua masjid bisa kayak gitu ya..?

  11. berbanding terbalik sama masjid didaerahku.hehe

  12. subhannallah sob, saya jadi pengen ke masjid mamuju tersebut sobat...

  13. sungguh megah sekali tuh masjid... mantap

  14. Rumah Allah memang tak akan pernah habis untuk kita bahas, beruntung masih banyak yang mau untuk mempercantik Rumah Allah itu dan semoga itu semua berbanding lurus dengan juga niat kita semua untuk semakin memamkmurkan mesjid. ;)

  15. Mesjid dengan menara kembar yang mempesona,membuat ibadah semakin khusuk.
    Moga Mamuju makin berjaya dengan ke-Islamannya,amin.

  16. subhanallah, masjid yang indah dan megah, semoga kemegahannya seperti diiringi dengan kemakmurannya, amin

    oya bang, biar bisa ngikutin update postingan, ane taruh link di blogku ya bang, salam sukses selalu

  17. masjidnya bagus bgt sob.......
    Salam persahabatan sll dr MENONE

  18. melihatnya saja sudah bikin hati nyaman, apalagi kalau sudah masuk kedalamnya.. jadi ingin kesana jika masih diberi umur panjang..

    mesjidnya megah ya bang :D

  19. bener" masjid yang bikin nyaman dan tenang beribadah ya sob,apalagi dengan hiasannya yang keren dan mahal itu,mantap banget ya biayanya,,bikin geleng" kepala liatnya,,hem...
    tapi gak papalah,,yang penting anggarannya jangan di korupsi aja,bisa gak afdol nanti ibadahnya.

    akhirnya bisa ikut koment juga di blog keren ini,,thanks sob.

  20. Masya allah, indah sekali masjidnya....pastinya membuat para jamaahnya betah berada didalamnya ya...

  21. wah sudah lama rasa nya tidak berjumpa, maaf yah baru bisa mampir lagi ke blog sobat....

  22. wah bgto megah yah masjid nya.....
    pasti kusyu deh solat nya.......

  23. insting bloggernya ngga ada matinya ni abang...lagi khutbah azh sempet angkat kamera sejenak untuk mengabadikan.
    kaligrafi dengan emas murninya bener bener jadi istimewa bang.

    salam sehat y bang

  24. ini masjid kemegahannya hampir mirip ditempat saya mas,,, btw bagaimana cara njepret photo dalam masjid? bukannya ndak boleh?

  25. . . wachhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,, bagus banget masjidnya. luas lagi . .

  26. wah masjidnya megah
    terlihat indah
    nyamankan yang mau ibadah

    sangat ramah ...

  27. wew.. narsisnya abang.. hihihi :D
    sulawesi barat yah... belum pernah saya merantau diluar jawa.. :D
    disana mesjidnya indah ya bang... :D

  28. wah, mesjid semegah ini bikin betah tinggal di dalamnya
    makaih sharenya :)

  29. Saya termasuk yang kuper, belum pernah menginjakkan kaki di luar Jawa selain Bali.
    Jangankan ke Sulawesi, ke Sumatra aja belum pernah.

  30. sc says:

    wah, sungguh megah mesjidnya
    pasti makin khusu tuh ibadahnya :)

  31. subhanallah indah sekali masjidnya..
    pasti adem sekali yah didalam masjid itu..
    dan pastinya shalatnya pada khusuk.. :)

  32. kesanya sangat megah itu mesjid tapi tetap terjaga ya kebersihanya..pasti membuat jema.ah yg sholat terasa lebih abdhol tentunya

  33. terlihat begitu indah dan anggun masjid agungnya. pasti jumatannya bisa lebih khusuk ya sob. Alhamdulillah ya bisa sholat jamaah disana

  34. subhanallah.... indah banget nih mas...
    menara mesjid, taman, dan dalam masjidnya juga indah... akan selalu betah tuk beribadah disana...

  35. subhanaullah, enak plus betah deh disana entar :)

  36. megah , bersih , nyaman dan hidup aktifitas ibadahnya,
    seandainya tiap masjid seperti ini....

  37. evi says:

    Woe keren! Masjidnya megah sekali Pak..Dan hiasan kaligrafinya, artistik sekali. Melihat fotonya saja sudah sangat membetahkan kalau berada di dalam :)

  38. indah banget masjidnya ya om.. mudah mudahan tidak hanya ramai di hari hari tertentu aja... om kok komentar ada 2?

  39. Subhanallah, indah nian masjidnya :)

  40. keren gan sungguh mengagumkan...

  41. Masjid yg sangat indah ;)

    Kaligrafi yg luar biasa, bida jadi ini pertanda penduduk Mamuju makmur ya, kalau tdk kan bisa dicuri emas tsb...

  42. indah sekali mesjid nya..

  43. viewnya bagus - bagus mas.. suka.. ^__^

  44. tempat wudhunya kelihatan bener-bener bersih

  45. Hmm, semoga kemegahan mesjid membuat orang beramia-ramai ke mesjidnya.heeh

  46. mantab bener arsitekturnya , bersih lagi....
    Bikin betah di dalamnya....

  47. ehm, saya takjub mbacanya. dan untuk kali grafi atapnya keren juga ya. indah... btw emang kerjaan ente berpergian atau gimana ya? ko ceritanya tentan objek objek tertentu dan juga makanan.wah enak nie kerjanya.

  48. Subhanallah ... keren sekali masjidnya, muat ribuan orang pula. Itu ikon kota ya? Btw .... emang ada yang mau naik bentor dari Mks ke sana, Pak? hehehe

  49. jadi pengen bilang WOW liat masjidnya heheheee

  50. indahnya islam ya pak,tapi saya terkadang cukup heran, mesjid di bangun dengan megah tapi yang sholat hanya segelintir orang...

  51. jiah says:

    kaya masjid yg pernah dikunjungi smash ^^
    jama'ahnya banyak g tuh? eman" wong masjidnya bagus gitu

  52. Anonymous says:

    semoga jamaah masjid agung mamuju ramai terus subuh - isya 7 x 24 jam :D

  53. Arsitektunya hebat, sehingga masjid ini tampil keren, sangat nyaman beribadah di sini

  54. wew keren sangat masjidnya..
    sy blum pernah lihat ni di tipi tipi maupun di internet...
    ternyata bagusan mesjid disitu dari pada mesjid raya kota BAUBAU

  55. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Subhanallah... foto-fotonya sungguh keren dan menyejuk hati. Saya menyukai sudut ketikan yang sangat menampakkan keindahan masjid agung tersebut.

    Pasti melihatnya secara mata telanjang akan lebih menghasilkan getaran dan kekaguman terutama saat mencari sudut foto yang memuaskan hati bagi kongsian bersama ini.

    Tidak dinafikan rata-rata masjid yang dibina kini banyak mengambil hasil seni yang dipengaruhi oleh seni bina Timur Tengah yang memperlihatkan kehalusan buatannya dengan dekorasi kaligrafi indah yang menyejuk hati dan menjinakkan mata.

    Semoga keindahan masjid akan diraikan oleh seluruh umatnya dengan solat berjemaah di setiap waktu solat mengundang.

    Semoga dirahmati Allah selalu. Salam sejahtera.

    Siti Fatimah Ahmad
    Sarikei, Sarawak.

  56. dr depan penampakanx seprti Al MArkaz makassar.., gk nyangka dalamx trelihat lebih indah..., tenang rasax melihatx walaupun hny lewat gambar...! *smile

  57. bagus mesjidnya dan sangat terawat,,,

  58. Mas dalam rangka kerja apa ya,kok muter-muter di sulawesi hehe

  59. Pasti besar masjidnya
    Ada kebanggaan tersendiri bisa jamaah di Masjid Agung

  60. masjid nya bagus n indah sekali ya...pasti jamaahnya pun nyaman betah berlama2 dlm menjalankan ibadah... :)

  61. masjid nya bagus n indah sekali ya...pasti jamaahnya pun nyaman betah berlama2 dlm menjalankan ibadah... :)

  62. Oboy says:

    Mantap sob, ingin rasanya bisa melakukan travelling ke seluruh mesjid yang ada di Indonesia ini,,,,setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri,,,,,mudah2an dengan berdirinya mesjid yang indah di kota Mamuju ini memberikan semangat bagi seluruh muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

  63. Wah tempat ibadahnya bersih dan megah sekali. Foto foto nya juga sangat keren, fotografer ya gan :D Visit back ya

  64. Subhanallah, megah sekali... semoga jamaah lima wkatunya tetap ramai...

  65. mampir lagi nih sobat, malem2 sambil jalan2.. :D

  66. itu kaligrafinya sungguh indah mas, moga suatu masa bisa mampir kesana ye...amin

  67. indah banget masjid nya.. ane belum pernah kesana :)

  68. saya belum pernah nih ke mamuju sobat...

  69. Masjid dengan desain arsitektur yang indah dan mengagumkan. Tentu didalam setiap detail bangunannya mengandung makna filosofis yang amat mendalam, seperti menara, tiang, kubah, anak tangga, luas lantai, tinggi bangunan, luas lantai, hiasan kaligrafi, dan sebagainya.

    Salut dengan kebijakan takmir masjid yang juga memperkenankan aktifitas ekonomi di lingkungan masjid pada saat tertentu. Berbagai produk bernuansa Islami dapat diperoleh disitu. Dengan hati dan pikiran yang jernih sehabis melaksanakan shalat, mereka tentu menjalani hidup ini dengan optimis dan sukses.

  70. Anonymous says:

    sungguh mengagumkan masjidnya,
    makasih infonya

  71. hebat perjalanan selama 10 jam menjadi tidak percuma... untuk meliht masjid yang megah dan bersih itu... luar biasa..

  72. masih tergolong muda, namun kesan kemegahannya sangat kentara pada kubahnya hingga walau muda usia, tapi ttp penuh berkah

  73. subhanallah...indah banget masjidnya ya bang
    fasilitasnya juga oke.

  74. wah mantep mas artikelnya

  75. ine teh kotaku.. kenapa g kontak biar bs ktemu.. tp masi jauh sy di mamuju tengah tepat.y di topoyo butuh wkt 3 jam tuk ksana,, masjid agung keren ya sob

  76. Masjidnya besar dan tampak bersih. Suasananya terasa adem.

  77. wah klo masjid nya seperti ini sech..? bisa betah lama-lama di dalam masjid...? pasti suasana nya adem bgt tu sob..hehehehe

  78. Mesjid2 yang indah semoga banyak yang sholat disana ya

  79. wah, bagus banget, mas, masjidnya. :)

  80. mesjidnya sangat bagus dan indah sekali kalau di lihat dari luarnya dan saya lihat dari foto tersebut Mesjidnya luas ya mas?

  81. Abangku ini memang petualang sejati.
    Segala detail mulai dari tempat, keindahan, dan yang paling sudut pun dapat terjepret.

    Masjidnya Indah, Subhanallah.

  82. Insya Allah kalo ke Mamuju, bakalan kesini ah..

  83. masjid yg megah, dengan ibadah yg khusuh menambah kesempurnaan iman. menuju sulbar kepan nih ke sulteng....

  84. Masjidnya istimewa bangeeeeeet gan, bersihlagi :)

  85. Masjid yang Indah dan Nyaman Om.
    Kaligrafi "ALLAH" dan "Muhammad" nya kalau bisa di Upload Ulang dong Om dengan Ukuran besar.

  86. bapak keliling sulawesi ya senangnya , saya belum sempat ke Mamuju baru sampai Majene saja

  87. kunjungan silaturahmi sob...

    subhanallah... mesjidnya indah banget sob...

  88. Ngliat dokumentasinya...mesjid Syuhada tak kalah dengan Mesjid Akbar di Surabaya. Maklum...mesjid terbesar yg pernah saya kunjungi ya baru yg di surabaya itu.

    Btw, saya juga gak bakal mau kok naik becak/motor apalagi sepeda pancal dari Makassar ke Mamuju Bang

  89. wachh.. masjidnya baguss banget..

  90. enk bgt ya bisa keliling ke sulawesi.. shiva pengen lah.
    #salam kenal xD

  91. subhanallah.. mesjid na sangat bagus sekali..dan besar juga luas banget mesjidnya.. cantik lagi..

  92. saya heran kok diini kalo sya coment bener2 back link ya. (maaf oot) berarti ini blog sudah benar2 bagus ya >.< haduh punya saya apaan? heu duplikat content pula, mau bikin dengan karangan/ketikan sendiri tapi dolarnya belum nemu, buat bikin unimuslim.com hikz hikz hikz... m9ohon bimbinganya selalu ya bapak, makasih wa jazakumulloh

  93. masjidnya bersih indah , serta agung..
    subhannallah

  94. Beck says:

    salam.
    Dilihat dari segi arsitekturnya, mirip dengan Al-Markas Makasssar ya. ada yang mengatakan bahwa mesjid yang megah adalah salah satu simbol kemajuan masyarakat sekitarnya terhdp pemahamannya terhadap Islam, tapi saya jadi teringat sebuah sabda dari Rasullah bahwa kemegahan sebuah mesjid di sebuah daerah, bisa jadi berbanding terbalik dengan kemajuan pemahaman keislaman masyarakat sekitarnya.
    Wallahu wa-alam Bissawab.

  95. Sungguh indah dan menawan kalau saya lihat arsitektur masjidnya.

  96. Masjid'nya megah bgt ya sob.
    Foto no.2 dari atas itu foto apa sob?

  97. Subhanallah, masjidnya bagus banget...

  98. semoga hati para jama'ah semegah masjidnya....
    aamiin,,! :)

  99. wah masjidnya indah sekali... pengen jalan-jalan mengunjungi masjid-masjid di Indonesia...

  100. hadir lagi nih sob.. :D

    masih blum klur nih artikel terbarunya?? hehehe

  101. Wah bagusnya masjidnya kawan jadi inggin berkunjung

  102. Masya Allah :)
    masjidnya keren sekali ^^

  103. Subhanallah..pasti betah berlama2 di sana.

  104. Adorei tudo o que vi!
    Lugares lindos e acolhedores para reflexões intimas de fé.
    Muito bom conhecer parte do mundo através de você, amigo!
    Um forte abraço com carinho Brasileiro.
    Ivany Fulini Sversuti

  105. Goiq says:

    bagus banget Masjid nya... pasti nyaman banget sholat disana yah mas

  106. Kapan Kapan saya akan mamprir kesana

  107. megah bgt, pasti adem dan nyaman beribadah di dalamnya
    so tambah khusuk ibadahnya

  108. wah,, masjidny keren ya..
    apalagi klo d dalemnya adem..

New comments are not allowed.

115 komentar

  1. seno says:

    Kemajuan Islam di Mamuju sangat pesat ya sob,

  2. Mesjid Agung dengan arsitektur yang megah ditambah hiasan kaligrafi yang sangat mengesankan, sungguh indah 'Rumah Allah' yang satu ini. Dan fasilitas lain yang cukup lengkap, menambah keunikan Mesjid ini. Ingin rasanya merasakan Shalat disana, tapi apa boleh buat, Bandung-Mamuju terasa terlalu jauh Bang hehe...

  3. indah bnget, trasa nyaman dan sejuk...

  4. Anonymous says:

    Kebayang kalo masjid ini sejuk pas siang yang panas.. :)
    Makasih Pak sudah berbagi. :D

  5. bukan saya materialis. tapi saya pikir, ini yang bisa menjadi katalis untuk menggiatkan kembali semangat beribadah. keren habis masjidnya. apalagi kalo yang menggunakan mesjid ini merasa bersama memiliki dan menjaganya, bakalan awt nih bagusnya.

  6. subhanAllah maha suci allah dengan segala firmannya, masjid yang sangat megah ini pasti sangat dirindukan, mas hari tukar link-nya donk buat nambahlist blogroll :D?

  7. subhanallah,keren masjidnya bang :'')
    oya, ini ada award buat bang har http://rakyanwidhowati.blogspot.com/2012/09/liebster-award.html :)

  8. Maha suci Allah masjid megah seperti ini pasti akan mempunyai kesan tersendiri, semoga senantiasa dalam lindungan-NYA.
    mas hari tukar link-nya yah buat nambah blogroll teman :)

  9. wah..sangat2 cantiklah binaan masjid ni.. kagum!

  10. itu mesjid apa hotel bisa bersih gitu..?
    coba kalo semua masjid bisa kayak gitu ya..?

  11. berbanding terbalik sama masjid didaerahku.hehe

  12. subhannallah sob, saya jadi pengen ke masjid mamuju tersebut sobat...

  13. sungguh megah sekali tuh masjid... mantap

  14. Rumah Allah memang tak akan pernah habis untuk kita bahas, beruntung masih banyak yang mau untuk mempercantik Rumah Allah itu dan semoga itu semua berbanding lurus dengan juga niat kita semua untuk semakin memamkmurkan mesjid. ;)

  15. Mesjid dengan menara kembar yang mempesona,membuat ibadah semakin khusuk.
    Moga Mamuju makin berjaya dengan ke-Islamannya,amin.

  16. subhanallah, masjid yang indah dan megah, semoga kemegahannya seperti diiringi dengan kemakmurannya, amin

    oya bang, biar bisa ngikutin update postingan, ane taruh link di blogku ya bang, salam sukses selalu

  17. masjidnya bagus bgt sob.......
    Salam persahabatan sll dr MENONE

  18. melihatnya saja sudah bikin hati nyaman, apalagi kalau sudah masuk kedalamnya.. jadi ingin kesana jika masih diberi umur panjang..

    mesjidnya megah ya bang :D

  19. bener" masjid yang bikin nyaman dan tenang beribadah ya sob,apalagi dengan hiasannya yang keren dan mahal itu,mantap banget ya biayanya,,bikin geleng" kepala liatnya,,hem...
    tapi gak papalah,,yang penting anggarannya jangan di korupsi aja,bisa gak afdol nanti ibadahnya.

    akhirnya bisa ikut koment juga di blog keren ini,,thanks sob.

  20. Masya allah, indah sekali masjidnya....pastinya membuat para jamaahnya betah berada didalamnya ya...

  21. wah sudah lama rasa nya tidak berjumpa, maaf yah baru bisa mampir lagi ke blog sobat....

  22. wah bgto megah yah masjid nya.....
    pasti kusyu deh solat nya.......

  23. insting bloggernya ngga ada matinya ni abang...lagi khutbah azh sempet angkat kamera sejenak untuk mengabadikan.
    kaligrafi dengan emas murninya bener bener jadi istimewa bang.

    salam sehat y bang

  24. ini masjid kemegahannya hampir mirip ditempat saya mas,,, btw bagaimana cara njepret photo dalam masjid? bukannya ndak boleh?

  25. . . wachhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,, bagus banget masjidnya. luas lagi . .

  26. wah masjidnya megah
    terlihat indah
    nyamankan yang mau ibadah

    sangat ramah ...

  27. wew.. narsisnya abang.. hihihi :D
    sulawesi barat yah... belum pernah saya merantau diluar jawa.. :D
    disana mesjidnya indah ya bang... :D

  28. wah, mesjid semegah ini bikin betah tinggal di dalamnya
    makaih sharenya :)

  29. Saya termasuk yang kuper, belum pernah menginjakkan kaki di luar Jawa selain Bali.
    Jangankan ke Sulawesi, ke Sumatra aja belum pernah.

  30. sc says:

    wah, sungguh megah mesjidnya
    pasti makin khusu tuh ibadahnya :)

  31. subhanallah indah sekali masjidnya..
    pasti adem sekali yah didalam masjid itu..
    dan pastinya shalatnya pada khusuk.. :)

  32. kesanya sangat megah itu mesjid tapi tetap terjaga ya kebersihanya..pasti membuat jema.ah yg sholat terasa lebih abdhol tentunya

  33. terlihat begitu indah dan anggun masjid agungnya. pasti jumatannya bisa lebih khusuk ya sob. Alhamdulillah ya bisa sholat jamaah disana

  34. subhanallah.... indah banget nih mas...
    menara mesjid, taman, dan dalam masjidnya juga indah... akan selalu betah tuk beribadah disana...

  35. subhanaullah, enak plus betah deh disana entar :)

  36. megah , bersih , nyaman dan hidup aktifitas ibadahnya,
    seandainya tiap masjid seperti ini....

  37. evi says:

    Woe keren! Masjidnya megah sekali Pak..Dan hiasan kaligrafinya, artistik sekali. Melihat fotonya saja sudah sangat membetahkan kalau berada di dalam :)

  38. indah banget masjidnya ya om.. mudah mudahan tidak hanya ramai di hari hari tertentu aja... om kok komentar ada 2?

  39. Subhanallah, indah nian masjidnya :)

  40. keren gan sungguh mengagumkan...

  41. Masjid yg sangat indah ;)

    Kaligrafi yg luar biasa, bida jadi ini pertanda penduduk Mamuju makmur ya, kalau tdk kan bisa dicuri emas tsb...

  42. indah sekali mesjid nya..

  43. viewnya bagus - bagus mas.. suka.. ^__^

  44. tempat wudhunya kelihatan bener-bener bersih

  45. Hmm, semoga kemegahan mesjid membuat orang beramia-ramai ke mesjidnya.heeh

  46. mantab bener arsitekturnya , bersih lagi....
    Bikin betah di dalamnya....

  47. ehm, saya takjub mbacanya. dan untuk kali grafi atapnya keren juga ya. indah... btw emang kerjaan ente berpergian atau gimana ya? ko ceritanya tentan objek objek tertentu dan juga makanan.wah enak nie kerjanya.

  48. Subhanallah ... keren sekali masjidnya, muat ribuan orang pula. Itu ikon kota ya? Btw .... emang ada yang mau naik bentor dari Mks ke sana, Pak? hehehe

  49. jadi pengen bilang WOW liat masjidnya heheheee

  50. indahnya islam ya pak,tapi saya terkadang cukup heran, mesjid di bangun dengan megah tapi yang sholat hanya segelintir orang...

  51. jiah says:

    kaya masjid yg pernah dikunjungi smash ^^
    jama'ahnya banyak g tuh? eman" wong masjidnya bagus gitu

  52. Anonymous says:

    semoga jamaah masjid agung mamuju ramai terus subuh - isya 7 x 24 jam :D

  53. Arsitektunya hebat, sehingga masjid ini tampil keren, sangat nyaman beribadah di sini

  54. wew keren sangat masjidnya..
    sy blum pernah lihat ni di tipi tipi maupun di internet...
    ternyata bagusan mesjid disitu dari pada mesjid raya kota BAUBAU

  55. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto....

    Subhanallah... foto-fotonya sungguh keren dan menyejuk hati. Saya menyukai sudut ketikan yang sangat menampakkan keindahan masjid agung tersebut.

    Pasti melihatnya secara mata telanjang akan lebih menghasilkan getaran dan kekaguman terutama saat mencari sudut foto yang memuaskan hati bagi kongsian bersama ini.

    Tidak dinafikan rata-rata masjid yang dibina kini banyak mengambil hasil seni yang dipengaruhi oleh seni bina Timur Tengah yang memperlihatkan kehalusan buatannya dengan dekorasi kaligrafi indah yang menyejuk hati dan menjinakkan mata.

    Semoga keindahan masjid akan diraikan oleh seluruh umatnya dengan solat berjemaah di setiap waktu solat mengundang.

    Semoga dirahmati Allah selalu. Salam sejahtera.

    Siti Fatimah Ahmad
    Sarikei, Sarawak.

  56. dr depan penampakanx seprti Al MArkaz makassar.., gk nyangka dalamx trelihat lebih indah..., tenang rasax melihatx walaupun hny lewat gambar...! *smile

  57. bagus mesjidnya dan sangat terawat,,,

  58. Mas dalam rangka kerja apa ya,kok muter-muter di sulawesi hehe

  59. Pasti besar masjidnya
    Ada kebanggaan tersendiri bisa jamaah di Masjid Agung

  60. masjid nya bagus n indah sekali ya...pasti jamaahnya pun nyaman betah berlama2 dlm menjalankan ibadah... :)

  61. masjid nya bagus n indah sekali ya...pasti jamaahnya pun nyaman betah berlama2 dlm menjalankan ibadah... :)

  62. Oboy says:

    Mantap sob, ingin rasanya bisa melakukan travelling ke seluruh mesjid yang ada di Indonesia ini,,,,setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri,,,,,mudah2an dengan berdirinya mesjid yang indah di kota Mamuju ini memberikan semangat bagi seluruh muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT

  63. Wah tempat ibadahnya bersih dan megah sekali. Foto foto nya juga sangat keren, fotografer ya gan :D Visit back ya

  64. Subhanallah, megah sekali... semoga jamaah lima wkatunya tetap ramai...

  65. mampir lagi nih sobat, malem2 sambil jalan2.. :D

  66. itu kaligrafinya sungguh indah mas, moga suatu masa bisa mampir kesana ye...amin

  67. indah banget masjid nya.. ane belum pernah kesana :)

  68. saya belum pernah nih ke mamuju sobat...

  69. Masjid dengan desain arsitektur yang indah dan mengagumkan. Tentu didalam setiap detail bangunannya mengandung makna filosofis yang amat mendalam, seperti menara, tiang, kubah, anak tangga, luas lantai, tinggi bangunan, luas lantai, hiasan kaligrafi, dan sebagainya.

    Salut dengan kebijakan takmir masjid yang juga memperkenankan aktifitas ekonomi di lingkungan masjid pada saat tertentu. Berbagai produk bernuansa Islami dapat diperoleh disitu. Dengan hati dan pikiran yang jernih sehabis melaksanakan shalat, mereka tentu menjalani hidup ini dengan optimis dan sukses.

  70. Anonymous says:

    sungguh mengagumkan masjidnya,
    makasih infonya

  71. hebat perjalanan selama 10 jam menjadi tidak percuma... untuk meliht masjid yang megah dan bersih itu... luar biasa..

  72. masih tergolong muda, namun kesan kemegahannya sangat kentara pada kubahnya hingga walau muda usia, tapi ttp penuh berkah

  73. subhanallah...indah banget masjidnya ya bang
    fasilitasnya juga oke.

  74. wah mantep mas artikelnya

  75. ine teh kotaku.. kenapa g kontak biar bs ktemu.. tp masi jauh sy di mamuju tengah tepat.y di topoyo butuh wkt 3 jam tuk ksana,, masjid agung keren ya sob

  76. Masjidnya besar dan tampak bersih. Suasananya terasa adem.

  77. wah klo masjid nya seperti ini sech..? bisa betah lama-lama di dalam masjid...? pasti suasana nya adem bgt tu sob..hehehehe

  78. Mesjid2 yang indah semoga banyak yang sholat disana ya

  79. wah, bagus banget, mas, masjidnya. :)

  80. mesjidnya sangat bagus dan indah sekali kalau di lihat dari luarnya dan saya lihat dari foto tersebut Mesjidnya luas ya mas?

  81. Abangku ini memang petualang sejati.
    Segala detail mulai dari tempat, keindahan, dan yang paling sudut pun dapat terjepret.

    Masjidnya Indah, Subhanallah.

  82. Insya Allah kalo ke Mamuju, bakalan kesini ah..

  83. masjid yg megah, dengan ibadah yg khusuh menambah kesempurnaan iman. menuju sulbar kepan nih ke sulteng....

  84. Masjidnya istimewa bangeeeeeet gan, bersihlagi :)

  85. Masjid yang Indah dan Nyaman Om.
    Kaligrafi "ALLAH" dan "Muhammad" nya kalau bisa di Upload Ulang dong Om dengan Ukuran besar.

  86. bapak keliling sulawesi ya senangnya , saya belum sempat ke Mamuju baru sampai Majene saja

  87. kunjungan silaturahmi sob...

    subhanallah... mesjidnya indah banget sob...

  88. Ngliat dokumentasinya...mesjid Syuhada tak kalah dengan Mesjid Akbar di Surabaya. Maklum...mesjid terbesar yg pernah saya kunjungi ya baru yg di surabaya itu.

    Btw, saya juga gak bakal mau kok naik becak/motor apalagi sepeda pancal dari Makassar ke Mamuju Bang

  89. wachh.. masjidnya baguss banget..

  90. enk bgt ya bisa keliling ke sulawesi.. shiva pengen lah.
    #salam kenal xD

  91. subhanallah.. mesjid na sangat bagus sekali..dan besar juga luas banget mesjidnya.. cantik lagi..

  92. saya heran kok diini kalo sya coment bener2 back link ya. (maaf oot) berarti ini blog sudah benar2 bagus ya >.< haduh punya saya apaan? heu duplikat content pula, mau bikin dengan karangan/ketikan sendiri tapi dolarnya belum nemu, buat bikin unimuslim.com hikz hikz hikz... m9ohon bimbinganya selalu ya bapak, makasih wa jazakumulloh

  93. masjidnya bersih indah , serta agung..
    subhannallah

  94. Beck says:

    salam.
    Dilihat dari segi arsitekturnya, mirip dengan Al-Markas Makasssar ya. ada yang mengatakan bahwa mesjid yang megah adalah salah satu simbol kemajuan masyarakat sekitarnya terhdp pemahamannya terhadap Islam, tapi saya jadi teringat sebuah sabda dari Rasullah bahwa kemegahan sebuah mesjid di sebuah daerah, bisa jadi berbanding terbalik dengan kemajuan pemahaman keislaman masyarakat sekitarnya.
    Wallahu wa-alam Bissawab.

  95. Sungguh indah dan menawan kalau saya lihat arsitektur masjidnya.

  96. Masjid'nya megah bgt ya sob.
    Foto no.2 dari atas itu foto apa sob?

  97. Subhanallah, masjidnya bagus banget...

  98. semoga hati para jama'ah semegah masjidnya....
    aamiin,,! :)

  99. wah masjidnya indah sekali... pengen jalan-jalan mengunjungi masjid-masjid di Indonesia...

  100. hadir lagi nih sob.. :D

    masih blum klur nih artikel terbarunya?? hehehe

  101. Wah bagusnya masjidnya kawan jadi inggin berkunjung

  102. Masya Allah :)
    masjidnya keren sekali ^^

  103. Subhanallah..pasti betah berlama2 di sana.

  104. Adorei tudo o que vi!
    Lugares lindos e acolhedores para reflexões intimas de fé.
    Muito bom conhecer parte do mundo através de você, amigo!
    Um forte abraço com carinho Brasileiro.
    Ivany Fulini Sversuti

  105. Goiq says:

    bagus banget Masjid nya... pasti nyaman banget sholat disana yah mas

  106. Kapan Kapan saya akan mamprir kesana

  107. megah bgt, pasti adem dan nyaman beribadah di dalamnya
    so tambah khusuk ibadahnya

  108. wah,, masjidny keren ya..
    apalagi klo d dalemnya adem..

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend