Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?


Moto G at Lazada
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tradisi Pedang Pora Seremonial Militer Yang Tetap Abadi

tularosa | 66 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger sedunia. Apakah ada diantara kalian yang pernah mendengar tentang Upacara Pedang Pora, yaitu suatu seremonial kemiliteran yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia saat melepas dan mengantar salah seorang anggotanya memasuki kehidupan yang baru. Bahkan sepertinya semua negara yang memiliki pasukan militer juga melakukan seremonial pedang pora. Sedangkan Pedang pora sendiri adalah jajaran pedang kehormatan berbentuk gapura yang akan di lewati oleh yang bersangkutan.


Nach..kali ini saya akan memposting tentang Upacara Pedang Pora yang dilaksanakan pada saat pesta pernikahan salah seorang kerabat., yaitu Santo dan Gills, di Balai Manunggal - Makassar [05092012]. Pedang Pora yang diadakan adalah ritual yang dilakukan untuk mengantar anggotanya, yang kebetulan adalah anggota dari Kesatuan Angkatan Darat, dari seorang bujangan menuju dunia yang baru, yaitu telah menjadi sepasang suami istri, dan bagi sang istri inilah awal perkenalan saat memasuki dan menjadi anggota keluarga besar Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Prosesi Pedang Pora untuk pasangan yang nama lengkapnya adalah Kapten (inf) Afrianto Dolly dengan Dokter Gavrilla Diva Amelis berlangsung dengan sangat khidmat. Mulai dari saat kedua mempelai bersiap berjalan memasuki gerbang yang terdiri dari dua belas orang pasukan pedang pora yang berdiri berhadap-hadapan dan satu orang komandan regu, lengkap dengan seragam hijau militernya, topi baret dan pedang pora atau pedang panjang yang masih berada di sarungnya dan tergantung di pinggang masing-masing. Adapun yang bertindak sebagai pasukan adalah adik-adik angkatan dari mempelai pria.

Dan ketika komandan regu telah melaporkan bahwa Pasukan Pedang Pora telah siap kepada kedua mempelai, kemudian pasukan pedang pora-pun disiapkan untuk mulai menghunus pedangnya.
Ternyata Pedang Terhunus itu mengandung makna, bahwa "dengan jiwa ksatria kedua mempelai siap menghadapi segala rintangan yang akan mereka hadapi dalam kehidupan". Maka berjalanlah secara perlahan tapi pasti kedua mempelai di bawah pedang pora yang perlahan mulai terangkat saat mereka melewatinya, sambil diringi oleh suara tambur yang ditabuh tak henti memberi semangat kepada kedua mempelai

Lalu pasukan pedang pora-pun dengan langkah tegap berjalan mengikuti dibelakang kedua mempelai kemudian pasukan membentuk formasi lingkaran lalu menghunus pedang keatas berbentuk payung. Formasi Lingkaran Pedang Berbentuk Payung atau Payung Pora bermakna "bahwa Tuhan Yang Maha Esa akan selalu melindungi kedua mempelai dalam menghadapi segala rintangan kehidupan dan selalu ingat untuk memohon lindungan dan petunjuk kepada-NYA". Lalu kedua mempelai menerima Pemasangan Cincin yang melambangkan "bahwa kedua mempelai akan bersama-sama dalam mengarungi bahtera kehidupan baru, dan bagi mempelai wanita diberikan pakaian PERSIT (Persatuan Istri Tentara) , sebagai lambang bahwa mempelai wanita telah siap mendapingi suami sebagai istri seorang prajurit dan juga sebagai pertanda bahwa telah diterima sebagai bahagian dari Persit Kartika Chandra Kirana.

Sungguh keren seremonial Pedang Pora ini, begitu banyak makna yang terkandung di dalam setiap formasinya. Setelah itu maka sebagai penutup ,melantunlah dengan lembut untaian Puisi Pedang Pora yang berbunyi :
PUISI PEDANG PORA

Abang-ku Kapten (inf) Afrianto Dolly dan kakak-ku dokter Gavrilla Diva Amelis
Hari ini menjadi begitu indah bagi-mu
Kebahagiaan dan kabanggaan mewarnai seluruh detik waktu
Senyum dan tawamu terasa begitu ceria dan merdu
Hari ini pastilah menjadi kenangan indah sepanjang hidup-mu
Namun hari ini hanyalah suatu awal
Awal dari suatu perjuangan yang panjang
Perjuangan seorang Prajurit dan Suami
Serta perjuangan istri Prajurit dan istri sejati
Hari esok tidak akan terlewati hanya dengan tawa dan canda
Hari esok adalah kerja keras, kerahkan segala usaha
Tanggung jawab atas tugas dan keluarga ada di pundak-mu
Tanggung jawab kepada bangsa dan negara menunggu setiap waktu
Kami adik-adik-mu hanya bisa berdoa
Semoga kebahagiaan hari ini akan lestari dan abadi
Dan semoga perjuangan Kakanda berdua selalu mendapat
Rahmat dan petunjuk dari-NYA
Selamat dan bahagia Abang-ku
Selamat dan bahagia Kakak-ku
Selamat menempuh hidup baru

Dan bagi sahabat-sahibit blogger yang berminat menonton video prosesi Pedang Pora, silahkan menonton video yang saja pajang khusus untuk memuaskan hasrat dahaga kalian :)

”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-NYA ialah DIA menciptakan untuk kalian dari anfus (jiwa-jiwa) kalian sendiri, azwaj (pasangan hidup), supaya kalian ber-sakinah kepada-NYA dan dijadikan-NYA diantara kalian mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”
[QS. Ar-Ruum : 21]

Category : , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

66 komentar

  1. wah ini tradisi militer yang paling berkesan memang buat para tentara maupun pasangannnya. ada janji kalau harus pasrah sih... :)

  2. saya ikut ngereviews aja ya.. :D hehehe lama gk jumpa kesini nih..

  3. . . wachhhhhhhhhhh,, jadi kalo nikah ama orangmiliter selalu kayak gitu ya?!? . .

  4. ini awalnya dulu tradisi militer mana Mas? apakah ini budaya asli militer Indonesia atau?

  5. Doeloe, saya sempat punya keinginan 'mengalami' pesta pedang pora lhoh...kayaknya seru dan kereennn getu.

    Oia, di postingan-postingan lamanya di closed comment ya bang jk sdh ada postingan baru?

  6. Malah saya baru "mengenal" lagi disini Gan.Tradisi Pedang Pora,tradisi unik upacara kehormatan.
    Jadi tau saya,maksih sudah berbagi,happy blogging.

  7. Popi says:

    itu yg nikah orang Toraja ya Mas?? ada rumah2 Toraja di belakangnya.
    Pedang Pora itu kayaknya ga hanya di Kepolisian, di semua Angkatan juga ada ya?

  8. wahhh info bagus neh sob... makasih baeud sob....

  9. jujur aku baru tau sob..
    ini udh menjadi adat ya?
    harus tetap dilestarikan sob.

  10. tradisi yang harus tetap hidup gan jangan sampai hilang di bumi tanah air.
    Memang sih saya belum pernah menikmati acara itu
    Namun rasa solidaritas dan kebangsaan tetap ada di hati
    met aktivitas

  11. Jadi keinget ma mendian Almarhum Mertua saya dengan melihat video dan foto foto diatas

  12. Wuiiih ane baru pertama kali liat yang seperti itu

  13. Kok masih ada ya seremonial seperti ini, saya sepertinya belum pernah nih lihat yang seperti ini

  14. ente dari kesatuan militer ya, brad??

    keren!!! ;)

  15. kereeeen...!! kusuka ki kalo ada orang menikah ada upacara pedang poranya :)

  16. asyik yah. z sllu suka ma prosesi2 kek gini.

  17. akhirnya saya tau juga,nama upacara pke pedang ini..pnsaran sama upacara pke pedang ini...dah pernah seh,namanya yg gak tau..

  18. keren banget ya yang punya kesempatan menikah dengan seremonial ini

  19. evi says:

    Ah seru juga menikah dengan anggota ABRI atau Polisi yah Pak..Saya tersentuh nontonnya..Sayang masa saya sdh lewat, gak punya kesempatan lagi berjumpa dengan salah seorangnya hahaha..

  20. Keren, pedang dari dulu ampe sekarang emang tetep dipakai :)

  21. acara jadi lebih kitmat dan sakral banget ya sob.. thank sharenya

  22. Waaah.. Keren banget ya upacaranya ini. Baru tahu kalo pedang pora di acara nikahan

  23. sulawesi, pulau yang penuh keanekaragaman .....

  24. tradisi yang sangat mengagumkan. tapi ngeri liatnya pke senjata segala.

  25. seru banget melihat seremonial seperti ini sobat...

  26. tradisi yang sangat terjaga nih....

  27. Saya pernah melihat secara langsung upacara pedang pora di resepsinya om saya. Keren...

  28. pernah liat upacara kaya gtu,cuma g tau namanya

  29. ehm. saya malah baru tau ada tradisi seperti ini bang. keren juga ya, filosifinya hebat dan dalam makna yang di kandungnya.

  30. tuh pedang pora kecil ya gan bntuknya,,, :)

  31. Salam...
    wa.. itu yang nikah orang Toraya apa ya? itu ada Tongkonan as backgroundnya.. :)

    upacarnya keramat yaa.. hanya pantas buat orang orang tertentu :)

  32. link nya udah ane psng..sob di home page psng blik ya...

  33. Bru dgr langsung dpt ilmu ... terima kasih mas

  34. knapa ga pakai senapan aja yah :D

  35. makasih infonya gann...

  36. Oboy says:

    Waduh,,,kapan ya bisa seperti itu,,,sangat mantap walaupun pernikahan tidak meninggalkan sifat kemiliterannya,,,waduh mantap abis kang,,,

  37. wow, baru tahu pak sy hehe :D

  38. Tradisi setiap daerah menjadi kekayaan tersendiri dan perlu di lestarikan.Karen tanpa tradisi dan budaya masyarakat itu tak dikenal dari suku dan adat istiadatnya.

  39. Nafi says:

    saya suka sama videonya... semoga budaya ini ada yang mau melestarikannya... saya kagum sama makna dari setiap gerakan yang ada

  40. sayang sekali... gak bisa donlod videonya...

    selamat menemouh hidup baru yah buat saudaranya :)

  41. jadi inget pas temen yg nikah dgn anggota abri, pake acara itu tuh sebelum naik pelaminan hehe

  42. hehe baru tau nih mas, maklum saudarakaugak ada yang jadi militer, jadi klo nikan ala petani semua. wkwkwksalam

  43. wuah, ternyata so sweet ya pernikahannya. aku baru tau kalo ada acara beginian juga di ABRI

  44. acaranya khidmad, wibawa, dan menyentuh,
    seragam militer memang membawa nuansa yg berbeda dg acara pernikahan pada umumnya

  45. memang sudah menjadi tradisi, mantap deh, lanjutkan :)

  46. WAH keren tu dapet tontonan gratis :)

  47. wew... ABRI dgn Pedang Pora vs Ninja dgn Samurai ...
    mana ya yg menang.

  48. militer juga filosofis dan romantis ya.... keren

  49. wah upacara pernikahan
    yang harus dilestarikan
    biar terjaga dalam keindahan

    ada puisi
    untuk kedua mempelai

    indah sekali... :)

  50. Wah adat istiadat yang harus dipertahankan

  51. pedang pora, mantap nih. pernikahan disambut dengan tradisi militer.

  52. tradisi militer dalam perkawinan/pernikahan salah satu pasangan anggota TNI adalah pedang pora. posting anda sangat bagus sob, inofatif.

  53. unik.


    dan selalu ter"WOW" sendiri kalau sudah menyangkut tradisi di militer.
    kayak di film-film gitu keren bangett

  54. maaf saya posting disini
    Kunjungan,, sekaligus mau lapor,

    Link juga sudah terpasang di sidebar,,

    Makasih

    mohon untuk link back ya di http://kesehatku.blogspot.com/

  55. Eh, ada yg baru nih, SMS pake SUARA, gratis untuk pelanggan telkomsel :)

    http://imajinasi-hari.blogspot.com/2012/09/smsan-pake-suara-gratis-sesama-telkomel_21.html

  56. Wa'allaiqumsalam...pernah bang, kebetulan punya kerabat yTNI juga, seru...
    kepada mempelai kang santo dan gills menjadi keluarga yang syakinah, mawadah, warohmah dan segera dikaruniai momongan...aaammiiiiin
    bang, salam sehat selalu y

  57. tradisi nya kren,,
    pake pedang smua jd takut aku,,
    heheehhehee

  58. Selamat ya sob, blogmu terpilih untuk menjadi Guest This Weeknya Penghuni 60.
    alias dipajang di homepage selama seminggu full.
    silahkan cek di sidebar kanan atas ya..
    :D
    selamat!

  59. pernah lihat upacara ini sob tapi tidak ngerti makna simbulisasinya, sekarang sudah ditulis di sini, terima kasih

  60. tentara bisa romantis juga tokh.. :p
    tapi serasa mirip penghormatannya era-era hitler ya mas ?!?!? :(

  61. Tradisi yang menarik. BTW Kalau yang militernya yang cewek dan pasangannya sipil apa diperlakukan hal yang sama ya?..

  62. hehe... kok aku baru tahu tradisi yang ini
    wah makasih udah berbagi

  63. salah satu keuntungan jadi tentara :D

  64. indonesia mank kaya akan tradisi dan budaya sob, bangga menjadi indonesia dech :)

New comments are not allowed.

66 komentar

  1. wah ini tradisi militer yang paling berkesan memang buat para tentara maupun pasangannnya. ada janji kalau harus pasrah sih... :)

  2. saya ikut ngereviews aja ya.. :D hehehe lama gk jumpa kesini nih..

  3. . . wachhhhhhhhhhh,, jadi kalo nikah ama orangmiliter selalu kayak gitu ya?!? . .

  4. ini awalnya dulu tradisi militer mana Mas? apakah ini budaya asli militer Indonesia atau?

  5. Doeloe, saya sempat punya keinginan 'mengalami' pesta pedang pora lhoh...kayaknya seru dan kereennn getu.

    Oia, di postingan-postingan lamanya di closed comment ya bang jk sdh ada postingan baru?

  6. Malah saya baru "mengenal" lagi disini Gan.Tradisi Pedang Pora,tradisi unik upacara kehormatan.
    Jadi tau saya,maksih sudah berbagi,happy blogging.

  7. Popi says:

    itu yg nikah orang Toraja ya Mas?? ada rumah2 Toraja di belakangnya.
    Pedang Pora itu kayaknya ga hanya di Kepolisian, di semua Angkatan juga ada ya?

  8. wahhh info bagus neh sob... makasih baeud sob....

  9. jujur aku baru tau sob..
    ini udh menjadi adat ya?
    harus tetap dilestarikan sob.

  10. tradisi yang harus tetap hidup gan jangan sampai hilang di bumi tanah air.
    Memang sih saya belum pernah menikmati acara itu
    Namun rasa solidaritas dan kebangsaan tetap ada di hati
    met aktivitas

  11. Jadi keinget ma mendian Almarhum Mertua saya dengan melihat video dan foto foto diatas

  12. Wuiiih ane baru pertama kali liat yang seperti itu

  13. Kok masih ada ya seremonial seperti ini, saya sepertinya belum pernah nih lihat yang seperti ini

  14. ente dari kesatuan militer ya, brad??

    keren!!! ;)

  15. kereeeen...!! kusuka ki kalo ada orang menikah ada upacara pedang poranya :)

  16. asyik yah. z sllu suka ma prosesi2 kek gini.

  17. akhirnya saya tau juga,nama upacara pke pedang ini..pnsaran sama upacara pke pedang ini...dah pernah seh,namanya yg gak tau..

  18. keren banget ya yang punya kesempatan menikah dengan seremonial ini

  19. evi says:

    Ah seru juga menikah dengan anggota ABRI atau Polisi yah Pak..Saya tersentuh nontonnya..Sayang masa saya sdh lewat, gak punya kesempatan lagi berjumpa dengan salah seorangnya hahaha..

  20. Keren, pedang dari dulu ampe sekarang emang tetep dipakai :)

  21. acara jadi lebih kitmat dan sakral banget ya sob.. thank sharenya

  22. Waaah.. Keren banget ya upacaranya ini. Baru tahu kalo pedang pora di acara nikahan

  23. sulawesi, pulau yang penuh keanekaragaman .....

  24. tradisi yang sangat mengagumkan. tapi ngeri liatnya pke senjata segala.

  25. seru banget melihat seremonial seperti ini sobat...

  26. tradisi yang sangat terjaga nih....

  27. Saya pernah melihat secara langsung upacara pedang pora di resepsinya om saya. Keren...

  28. pernah liat upacara kaya gtu,cuma g tau namanya

  29. ehm. saya malah baru tau ada tradisi seperti ini bang. keren juga ya, filosifinya hebat dan dalam makna yang di kandungnya.

  30. tuh pedang pora kecil ya gan bntuknya,,, :)

  31. Salam...
    wa.. itu yang nikah orang Toraya apa ya? itu ada Tongkonan as backgroundnya.. :)

    upacarnya keramat yaa.. hanya pantas buat orang orang tertentu :)

  32. link nya udah ane psng..sob di home page psng blik ya...

  33. Bru dgr langsung dpt ilmu ... terima kasih mas

  34. knapa ga pakai senapan aja yah :D

  35. makasih infonya gann...

  36. Oboy says:

    Waduh,,,kapan ya bisa seperti itu,,,sangat mantap walaupun pernikahan tidak meninggalkan sifat kemiliterannya,,,waduh mantap abis kang,,,

  37. wow, baru tahu pak sy hehe :D

  38. Tradisi setiap daerah menjadi kekayaan tersendiri dan perlu di lestarikan.Karen tanpa tradisi dan budaya masyarakat itu tak dikenal dari suku dan adat istiadatnya.

  39. Nafi says:

    saya suka sama videonya... semoga budaya ini ada yang mau melestarikannya... saya kagum sama makna dari setiap gerakan yang ada

  40. sayang sekali... gak bisa donlod videonya...

    selamat menemouh hidup baru yah buat saudaranya :)

  41. jadi inget pas temen yg nikah dgn anggota abri, pake acara itu tuh sebelum naik pelaminan hehe

  42. hehe baru tau nih mas, maklum saudarakaugak ada yang jadi militer, jadi klo nikan ala petani semua. wkwkwksalam

  43. wuah, ternyata so sweet ya pernikahannya. aku baru tau kalo ada acara beginian juga di ABRI

  44. acaranya khidmad, wibawa, dan menyentuh,
    seragam militer memang membawa nuansa yg berbeda dg acara pernikahan pada umumnya

  45. memang sudah menjadi tradisi, mantap deh, lanjutkan :)

  46. WAH keren tu dapet tontonan gratis :)

  47. wew... ABRI dgn Pedang Pora vs Ninja dgn Samurai ...
    mana ya yg menang.

  48. militer juga filosofis dan romantis ya.... keren

  49. wah upacara pernikahan
    yang harus dilestarikan
    biar terjaga dalam keindahan

    ada puisi
    untuk kedua mempelai

    indah sekali... :)

  50. Wah adat istiadat yang harus dipertahankan

  51. pedang pora, mantap nih. pernikahan disambut dengan tradisi militer.

  52. tradisi militer dalam perkawinan/pernikahan salah satu pasangan anggota TNI adalah pedang pora. posting anda sangat bagus sob, inofatif.

  53. unik.


    dan selalu ter"WOW" sendiri kalau sudah menyangkut tradisi di militer.
    kayak di film-film gitu keren bangett

  54. maaf saya posting disini
    Kunjungan,, sekaligus mau lapor,

    Link juga sudah terpasang di sidebar,,

    Makasih

    mohon untuk link back ya di http://kesehatku.blogspot.com/

  55. Eh, ada yg baru nih, SMS pake SUARA, gratis untuk pelanggan telkomsel :)

    http://imajinasi-hari.blogspot.com/2012/09/smsan-pake-suara-gratis-sesama-telkomel_21.html

  56. Wa'allaiqumsalam...pernah bang, kebetulan punya kerabat yTNI juga, seru...
    kepada mempelai kang santo dan gills menjadi keluarga yang syakinah, mawadah, warohmah dan segera dikaruniai momongan...aaammiiiiin
    bang, salam sehat selalu y

  57. tradisi nya kren,,
    pake pedang smua jd takut aku,,
    heheehhehee

  58. Selamat ya sob, blogmu terpilih untuk menjadi Guest This Weeknya Penghuni 60.
    alias dipajang di homepage selama seminggu full.
    silahkan cek di sidebar kanan atas ya..
    :D
    selamat!

  59. pernah lihat upacara ini sob tapi tidak ngerti makna simbulisasinya, sekarang sudah ditulis di sini, terima kasih

  60. tentara bisa romantis juga tokh.. :p
    tapi serasa mirip penghormatannya era-era hitler ya mas ?!?!? :(

  61. Tradisi yang menarik. BTW Kalau yang militernya yang cewek dan pasangannya sipil apa diperlakukan hal yang sama ya?..

  62. hehe... kok aku baru tahu tradisi yang ini
    wah makasih udah berbagi

  63. salah satu keuntungan jadi tentara :D

  64. indonesia mank kaya akan tradisi dan budaya sob, bangga menjadi indonesia dech :)

New comments are not allowed.
Fatbirder's Top 1000 Birding Websites
Google PageRank
ASEAN Blogger belajar komputer

celoteh backpacker Warung Blogger Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

KPK BAGUS
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend