Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Masjid Terapung Kota Palu

Hariyanto Wijoyo | 65 komentar

“Wahai orang-orang beriman! Maukah kamu AKU tunjukan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari adzab yang pedih? Yaitu kamu beriman kepada ALLAH dan Rosul-NYA dan berjihad di jalan ALLAH dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui.” [QS.ash-Shof [61]: 10-11]
Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger se-dunia di manapun kalian beraktifitas.
Mengunjungi suatu daerah yang terhitung jauh jaraknya dari tempat asal-ku adalah suatu kesenangan sendiri. Apalagi bila melaksanakan tugas , bisa menyempatkan diri untuk berwisata ke tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi. Sambil menyelam minum air, mungkin begitulah istilah kerennya, yang penting tidak sampai kelelep kemudian tenggelam. Dan itulah sebabnya kebanyakan catatan kisah perjalanan-ku terangkum sebagai tour of duty.

Kali ini saya ingin berbagi kisah wisata religi di Kota Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, yang Alhamdulillah sempat saya lakukan selama menjalankan amanah dan tugas dari office tempat saya mengabdikan diri demi mencari nafkah buat keluarga tercinta.

Adapun wisata religi yang baru saja saya lakukan saat berkunjung ke Kota Palu demi sebuah tugas, adalah berupa mengunjungi salah satu masjid yang terbilang unik, karena masjid ini terletak agak menjorok ke tengah laut, dan tiang-tiang beton nampak tegar kokoh diterpa sapuan ombak tegak menopang bangunan masjid ini ketika siang hari. Namun pada saat air laut pasang tiang-tiang beton itu akan tertutupi oleh air laut sehingga masjid ini akan nampak seolah-olah terapung, sehingga oleh masyarakat Kota Palu masjid ini sering disebut sebagai Masjid Terapung Kota Palu.

Masjid Terapung Kota Palu Sulawesi Tengah

Masjid Terapung yang saya kunjungi pada pertengahan bulan Maret 2013 ini memang sangat megah dan menjadi salah satu ikon bagi Kota Palu yang berjarak sekitar 900-an kilometer dari Kota Makassar bila ditempuh melalui daratan atau hanya sekitar lima puluh menit bila ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang.

Masjid yang lokasinya berada di Pantai Talise Kota Palu ini pembangunannya menghabiskan biaya sekitar dua milyar delapan ratus lima puluh juta rupiah dan dimulai sejak tanggal 19 Januari 2011 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Palu “Rusdy Mastura”. Yang kemudian diresmikan pada tanggal 19 Januari 2012 oleh Gubernur Sulawesi Tengah, “H. Longki Djanggola”.

Konon kabarnya masjid terapung ini didirikan dan dibiayai secara keseluruhan oleh salah seorang pengusaha sukses di Palu yang juga merupakan pemilik salah satu Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina di kota Palu bernama Muhammad Hasan Bajamal. Yang mana letak SPBU itu berhadapan dengan masjid terapung ini.

Tujuan dari pembangunan Masjid Terapung Palu ini sebenarnya adalah untuk mengenang salah seorang  yang berjasa menyebarkan Islam di Kota Palu bernama Dato Karama pada abad ke 17.  Tokoh yang berasal dari Tanah Minang, Sumatera Barat ini menyebarkan ajaran agama Islam pertama kali di Kampung Lere Kota Palu, dimana lokasi masjid terapung didirikan. Semula nama masjid direncanakan bernama Dato Karama, namun karena nama tersebut sudah digunakan untuk Sekolah Tinggi Agama Islam di Kota Palu, maka akhirnya masjid terapung itu dinamakan Masjid Terapung Arqam Bab Al Rahman.

Masjid Terapung Kota Palu Sulawesi Tengah

Masjid Terapung Kota Palu Sulawesi Tengah

Masjid Terapung Kota Palu Sulawesi Tengah

Untuk masuk kedalam masjid terapung ini kita harus melintasi jembatan yang bentuk rupanya sangat rapi berhiaskan lampu gantung yang menawan. Jembatan ini juga merupakan pintu gerbang jalan ke masjid terapung seluas seratus dua meter persegi ini.  Kapasitas masjid ini mampu menampung sekitar seratus lima puluhan jamaah dan setiap lima waktu masjid ini selalu dipadati oleh para jamaah yang ingin menunaikan sholat lima waktu. Saya berkunjung ke masjid ini ketika jarum arloji-ku sudah menunjukkan pukul 14.30 waktu sekitar Kota Palu, sehingga suasana masjid agak sunyi dari jamaah.

Dan terkait postingan-ku sebelumnya mengenai Memancing Rejeki Dengan Sedekah, apa yang dilakukan oleh pengusaha Muhammad Hasan Bajamal bisa juga dikategorikan sebagai sedekah, karena telah mengorbankan harta-nya untuk di manfaatkan di jalan ALLAH. Dan tentunya ini hanyalah salah satu contoh bagi kita sebagai hamba-NYA untuk melakukan apa yang dinamakan Berbisnis Dengan ALLAH…dan semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk memperbanyak berbuat amal kebajikan.....insyaALLAH.

Menatap keindahan Masjid Terapung Argam Bab Al Rahman Kota Palu ini seakan tak hentinya aku berguman dalam hati mengumandangkan pujian, bertasbih, bertakbir dan bertahmid ke hadirat ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala memuja segala kebesaran-NYA..subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar. Pemandangan yang menyejukkan hati ini mengingatkan-ku akan Masjid Terapung Amirul Mukminin Kota Makassar, yang juga tak kalah megahnya.

Tak terasa waktu terus bergulir hingga tiba saatnya wisata religi ini-pun kuakhiri dan kaki ini melangkah lagi melanjutkan perjalanan untuk menunaikan amanah dan tugas dari office demi mencari nafkah sesuap nasi sepiring berlian di bumi ALLAH yang Maha Luas ini. …salam :-)

“Barangsiapa membangun masjid karena mengharap wajah ALLAH, maka ALLAH akan membangunkan untuk-nya yang semisalnya di dalam syurga.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Category : , , , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

65 komentar

  1. Goiq says:

    bagus yah mesjidnya.. jadi pengen kesana

  2. terima kasih infonya sob, unik lagi indah masjidnya.

  3. ALhamdulillah dapat info menarik lagi dari kunjungan ke blog personal Blogs Of Hariyanto ini.

    btw arsitektur Masjid Terapung Arqam Bab Al Rahman ini ada sentuhan arabian stylenya ya.
    saya beru nemuin info fresh ini disini sob..

    keep sahre .pasti bermanfaat untuk dunia pariwisata, religius khususnya..

  4. ndop says:

    Kirain kecil gitu kayak musholla, ternyata gedhe juga setelah dideketin..

    Btw pas berjalan di atas jembatan menuju masjid itu, sudah musti lepas sandal belum?

    *ga bisa membayangkan panasnya lantai jembatan kalo siang*

  5. Wah....yg saya suka dr pak hariyanto ini klw bikin postingan keren dan di sertai beragam foto yg kwalitasnya bagus, pencahayaan dan pengambilan fokusnya sangat tepat. masjid di atas bagus, kirain untuk tampil beda, ternyata mengenang jasa dari dato karama yg menyebarkan agama islam di daerah itu. kerennnn

    ** utk foto yg paling bawah : sebetulnya klw tdk ada orang di depannya pemandangannya lebih bagus lagi loh...Peace pah :)

  6. Unik juga masjidnya. Hehehe

  7. hehe di baubau ngga ada yg begituan

  8. sepertinya masjidnya sama saja ya, dimana-mana.. masjidnya tetap saja sepi dengan orang yang berkegiatan mendekatkan diri kepada Allah SWT... yah, meskipun bagus tetapi terlihat dari foto itu orang yang di maupun ke masjid sepi. mungkin kalau waktu sholat berjmaah bisa ramai, siapa tahu :)

  9. masjidnya bagus, bener2 bisa dipergunakan untuk icon sebuah tempat... 2miliaran oleh seorang pengusaha ... emmm,,, rasanya patut diapresiasi. Bukan dengan penghargaan, tetapi dengan kegiatan positif yang rutin pada masjid itu

  10. tomo says:

    masjid yang indah sob
    Banyak masjid dibuat indah tapi apakah yang datang akan banyak sob ya

  11. berkunjung kembali sobat, ikut menyimak saja

  12. weiszz, keren banget ya Mas.. kuat banget tu pondasinya. saya jadi pengin ngajakin anak2 saya kesitu. pasti pada seneng banget.

  13. selama ini saya selalu dapet oleh2 bawang goreng khas Palu, kalo temen2 pada kesana.

  14. hiiii jadi pengen kesana nih saya hiiii

  15. kalo di palu makanan khasnya apa ya ?

  16. subhannallah ada masjid terapung hebaattt

  17. masya Allah, cantik sekali masjidnya...semoga juga makmur dengan jamaah ya mas...

  18. subhanalloh, masjid yang venomenal ini sob

  19. Terimakasih infonya mas.. Kapan mang bisa berkunjung kemesjid ini.

  20. wah baru tau mas di palu ada masjid terapung di palu :D megah nan unik masjidnya :)

  21. Masha Allah,,cantik bgd mesjidnya . Semoga yg membangun dapat menjadi tabungan amaliyah selama hidup di dunia...amin amin amin

  22. Subhanallah bagus ya pak mesjidnya apalagi diatas air seperti itu

  23. unik sekali ya bangunan masjid yang seolah2 terapung di atas air.

    beruntung sekali kalo bisa berkunjung kesana seperti pak hariyanto ini.

  24. wah...bagus banget masjidnya, kerenz..
    semoga saya berkesempatan mengunjungi masjid terapung yang indah itu ya..:-)

  25. salah satu kebesaran Tuhan,,,

    ini pertama saya liat masjid terapung di laut.

  26. Masya Allah.. indahnya
    pengen kapan-kapan ke sana, smoga ada rezeki dan langkah :)
    *salam kenal kembali dari Anak Aceh di Bali

  27. Maha suci Allah!mesjid nya megah.mudah2an yang silat berjamaah nya banyak

  28. maaf salah ketik,maksud saya solat

  29. Subhanallah sungguh megah dan masjid yang mahal, semoga masjidnya ngga sepi dengan jamaah ya bang.
    sukses dan berlimpahlah pahala bagi abang yang ng'share in masjid megah dan terapung ini, dan demikian juga untuk pengusaha bapak M. H Bajamal dan keluarga.

    betewe, dengan pakaian kantor abang tampak kurang ganteng bang...hehehe

  30. assalamualaikum sobat,
    seperti yang anda ketahui, bahwa link blog saya di ganti
    yang awalnya:
    -http://belajarislamituindah.blogspot.com
    menjadi
    -http://eitas.blogspot.com

    saya harap sobat segera mempebaharui link saya yang terpasang di blog sobat,

    trimakasih...

  31. indah sekali masjidnya.. tempatnya jg unik. Pemandangannya yg menyejukkan hati makin mendekatkan diri kita pd sang maha pencipta

  32. sebgai muslim, saia ikut bangga kita memeiliki ragam khasanah masjid yang unik menarik.

  33. subhanallah... indah bener...

  34. Andy says:

    bagus mas masjid'a, kalau di Jakarta ada juga sih, tp kondisi 360 derejat berbeda :(

  35. wah,sayang banget nih lokasinya jauh pak,kalau Allah ngizinin semoga kelak saya bisa berkunjung....

  36. Terimakasih atas selalu berbagi infonya gan.. Semoga masjid yg elok ini akan selalu ramai di kunjungi oleh umat buat mendirikan ibadah ya.

  37. terlambat datang bang,wah baru tahu saya ada masjid terapung,mungkin maksudnya masjid yang satu saat ada air pasang dan merendam kaki penyangga masjid ya bang.itu kayaknya untuk sholat para nelayan.

  38. Ini kan mesjid dekat tempat tinggal saya Mas Hari :D hehe.. Mesjidnya emang keren mas, udara di sekitar seger, adem klo udah masuk dalam mesjidnya. Kalau udah jalan sepanjang jembatan, berasa seperti ada di atas kapal. Soalnya di bawahnya laut.

    Apalagi kalau Mas liatnya pas malam hari. Lampu" d Mesjid dan sekitarnya itu warna-warni, pkognya mantaplah Mas. ^_^

  39. Wah sungguh indah masjidnya, menakjubkan sangat pak, jadi pengen sholat di sana saya :D, sungguh Allah maha Besar..

  40. Mesjidnya sangat unik dan indah. Foto kedua bagus banget tuh.

    Terima kasih sudah berbagi cerita Bang, maaf saya baru bisa singgah lagi :)

  41. salam mas hariyanto
    Waduh ada jua masjid terapung di sana deh.makasih sudi sharing.

    Maaf udah lama tirana aduka enggak mampir.

  42. .. masjid nya bener^ keren pak. apalagi di pante gitu. wachhhhh,, pasti semilir^ tuch angin nya. namun,, kalo pas ujan gitu gimana ya?!? apa yg sholat disana gak takut kalo ada tsunami?!? he..86x ..

  43. wah.. masjid ini benar-benar cantik.. jika air pasang pasti lebih menarik dan cantik itu

  44. Absen pagi sob. Hehehe

  45. mirip masjid apung yg di jeddah ya 0^◇^0)/

  46. ada keluarga sy di Palu.., jd penasaran pengen liat langsung.. *smile

  47. wah keren.. sapa ya yang jadi arsitekturnya .. kreativ :)

  48. Masjid Terapung seperti ini jarang sekali ada, dan saya baru melihatnya, ternyata sangat megah bahkan menjadi salah satu ikon bagi Kota Palu. ini sesuatu yg luar biasa, semoga umat islam dikota palu semakin mantap dlam beribadah.

    terima kasih sudah berbagi kawan

  49. kalo letaknya di pantai jadi gimana gitu ya ^_^ .

  50. Bangunan rumah ibadah yang indah, megah dengan gaya arsitektur menarik. Tentu detail bangunannya penuh dengan makna filosofis. Dingin, teduh, tenteram, nyaman ketika kita berada didalamnya. Langkah Bapak Muhammad Hasan Bajamal membangun masjid ini patut diteladani oleh lainnya yang dikaruniai rejeki yang melimpah.

  51. Selain megah mesjid terapung ini juga unik sekali ya karena berada persis di tepi pantai..
    Jadi pingin shalat disana..

  52. Kok pak Haryanto gak nunggu airnya pasang pas motret? jadi penasaran nih gambarnya

  53. Subhanalloh bagus banget yah masjidnya,,top banget hasil jepretannya

  54. wah mas haryanto banyak menjelajah. jadi penasaran sama suasana didalam mesjid

  55. zie says:

    selalu travel nih bapak yang satu ini, manteeeep semakin nyaman sepertinya tempat shalatnya kalau lihat di atas.

  56. kapan bisa jadi pengusaha ya :D
    enaknya jadi pengusaha itu, kalo ingin sedekah banyak, bisa tersampaikan :D

    subhanallah :D

  57. kalau mesjidnya benar2 terapung seperti perahu dan bisa jalan-jalan di atas air kira2 sholatnya gimana ya Pak? hehe

  58. Moga Masjid Terapung di Palu Lebih Ramai dikunjungi Orang2 Untuk Menjalankan Ibadah..

  59. sangat indah dan eksotik, tinggal meramaikannya dg ibadah

  60. met mlm mas trmksh bnyk infonya mas.

  61. masjidnya indah,, terapung dilaut lagi,.,,, semoga saja masjidnya banyak memberi manfaat

  62. wow! ternyata Indonesia juga punya masjid terapung ya.. kirain jeddah aja yang punya.. kereeen..

  63. subhanallah, begitu indahnya rumah Allah yang satu ini..

  64. Sangat indah masjidnya mas....saya baru melihat dari gambar diatas ternyata ada juga masjid terapung, sungguh luar biasa desainernya.

New comments are not allowed.

65 komentar

  1. Goiq says:

    bagus yah mesjidnya.. jadi pengen kesana

  2. terima kasih infonya sob, unik lagi indah masjidnya.

  3. ALhamdulillah dapat info menarik lagi dari kunjungan ke blog personal Blogs Of Hariyanto ini.

    btw arsitektur Masjid Terapung Arqam Bab Al Rahman ini ada sentuhan arabian stylenya ya.
    saya beru nemuin info fresh ini disini sob..

    keep sahre .pasti bermanfaat untuk dunia pariwisata, religius khususnya..

  4. ndop says:

    Kirain kecil gitu kayak musholla, ternyata gedhe juga setelah dideketin..

    Btw pas berjalan di atas jembatan menuju masjid itu, sudah musti lepas sandal belum?

    *ga bisa membayangkan panasnya lantai jembatan kalo siang*

  5. Wah....yg saya suka dr pak hariyanto ini klw bikin postingan keren dan di sertai beragam foto yg kwalitasnya bagus, pencahayaan dan pengambilan fokusnya sangat tepat. masjid di atas bagus, kirain untuk tampil beda, ternyata mengenang jasa dari dato karama yg menyebarkan agama islam di daerah itu. kerennnn

    ** utk foto yg paling bawah : sebetulnya klw tdk ada orang di depannya pemandangannya lebih bagus lagi loh...Peace pah :)

  6. Unik juga masjidnya. Hehehe

  7. hehe di baubau ngga ada yg begituan

  8. sepertinya masjidnya sama saja ya, dimana-mana.. masjidnya tetap saja sepi dengan orang yang berkegiatan mendekatkan diri kepada Allah SWT... yah, meskipun bagus tetapi terlihat dari foto itu orang yang di maupun ke masjid sepi. mungkin kalau waktu sholat berjmaah bisa ramai, siapa tahu :)

  9. masjidnya bagus, bener2 bisa dipergunakan untuk icon sebuah tempat... 2miliaran oleh seorang pengusaha ... emmm,,, rasanya patut diapresiasi. Bukan dengan penghargaan, tetapi dengan kegiatan positif yang rutin pada masjid itu

  10. tomo says:

    masjid yang indah sob
    Banyak masjid dibuat indah tapi apakah yang datang akan banyak sob ya

  11. berkunjung kembali sobat, ikut menyimak saja

  12. weiszz, keren banget ya Mas.. kuat banget tu pondasinya. saya jadi pengin ngajakin anak2 saya kesitu. pasti pada seneng banget.

  13. selama ini saya selalu dapet oleh2 bawang goreng khas Palu, kalo temen2 pada kesana.

  14. hiiii jadi pengen kesana nih saya hiiii

  15. kalo di palu makanan khasnya apa ya ?

  16. subhannallah ada masjid terapung hebaattt

  17. masya Allah, cantik sekali masjidnya...semoga juga makmur dengan jamaah ya mas...

  18. subhanalloh, masjid yang venomenal ini sob

  19. Terimakasih infonya mas.. Kapan mang bisa berkunjung kemesjid ini.

  20. wah baru tau mas di palu ada masjid terapung di palu :D megah nan unik masjidnya :)

  21. Masha Allah,,cantik bgd mesjidnya . Semoga yg membangun dapat menjadi tabungan amaliyah selama hidup di dunia...amin amin amin

  22. Subhanallah bagus ya pak mesjidnya apalagi diatas air seperti itu

  23. unik sekali ya bangunan masjid yang seolah2 terapung di atas air.

    beruntung sekali kalo bisa berkunjung kesana seperti pak hariyanto ini.

  24. wah...bagus banget masjidnya, kerenz..
    semoga saya berkesempatan mengunjungi masjid terapung yang indah itu ya..:-)

  25. salah satu kebesaran Tuhan,,,

    ini pertama saya liat masjid terapung di laut.

  26. Masya Allah.. indahnya
    pengen kapan-kapan ke sana, smoga ada rezeki dan langkah :)
    *salam kenal kembali dari Anak Aceh di Bali

  27. Maha suci Allah!mesjid nya megah.mudah2an yang silat berjamaah nya banyak

  28. maaf salah ketik,maksud saya solat

  29. Subhanallah sungguh megah dan masjid yang mahal, semoga masjidnya ngga sepi dengan jamaah ya bang.
    sukses dan berlimpahlah pahala bagi abang yang ng'share in masjid megah dan terapung ini, dan demikian juga untuk pengusaha bapak M. H Bajamal dan keluarga.

    betewe, dengan pakaian kantor abang tampak kurang ganteng bang...hehehe

  30. assalamualaikum sobat,
    seperti yang anda ketahui, bahwa link blog saya di ganti
    yang awalnya:
    -http://belajarislamituindah.blogspot.com
    menjadi
    -http://eitas.blogspot.com

    saya harap sobat segera mempebaharui link saya yang terpasang di blog sobat,

    trimakasih...

  31. indah sekali masjidnya.. tempatnya jg unik. Pemandangannya yg menyejukkan hati makin mendekatkan diri kita pd sang maha pencipta

  32. sebgai muslim, saia ikut bangga kita memeiliki ragam khasanah masjid yang unik menarik.

  33. subhanallah... indah bener...

  34. Andy says:

    bagus mas masjid'a, kalau di Jakarta ada juga sih, tp kondisi 360 derejat berbeda :(

  35. wah,sayang banget nih lokasinya jauh pak,kalau Allah ngizinin semoga kelak saya bisa berkunjung....

  36. Terimakasih atas selalu berbagi infonya gan.. Semoga masjid yg elok ini akan selalu ramai di kunjungi oleh umat buat mendirikan ibadah ya.

  37. terlambat datang bang,wah baru tahu saya ada masjid terapung,mungkin maksudnya masjid yang satu saat ada air pasang dan merendam kaki penyangga masjid ya bang.itu kayaknya untuk sholat para nelayan.

  38. Ini kan mesjid dekat tempat tinggal saya Mas Hari :D hehe.. Mesjidnya emang keren mas, udara di sekitar seger, adem klo udah masuk dalam mesjidnya. Kalau udah jalan sepanjang jembatan, berasa seperti ada di atas kapal. Soalnya di bawahnya laut.

    Apalagi kalau Mas liatnya pas malam hari. Lampu" d Mesjid dan sekitarnya itu warna-warni, pkognya mantaplah Mas. ^_^

  39. Wah sungguh indah masjidnya, menakjubkan sangat pak, jadi pengen sholat di sana saya :D, sungguh Allah maha Besar..

  40. Mesjidnya sangat unik dan indah. Foto kedua bagus banget tuh.

    Terima kasih sudah berbagi cerita Bang, maaf saya baru bisa singgah lagi :)

  41. salam mas hariyanto
    Waduh ada jua masjid terapung di sana deh.makasih sudi sharing.

    Maaf udah lama tirana aduka enggak mampir.

  42. .. masjid nya bener^ keren pak. apalagi di pante gitu. wachhhhh,, pasti semilir^ tuch angin nya. namun,, kalo pas ujan gitu gimana ya?!? apa yg sholat disana gak takut kalo ada tsunami?!? he..86x ..

  43. wah.. masjid ini benar-benar cantik.. jika air pasang pasti lebih menarik dan cantik itu

  44. Absen pagi sob. Hehehe

  45. mirip masjid apung yg di jeddah ya 0^◇^0)/

  46. ada keluarga sy di Palu.., jd penasaran pengen liat langsung.. *smile

  47. wah keren.. sapa ya yang jadi arsitekturnya .. kreativ :)

  48. Masjid Terapung seperti ini jarang sekali ada, dan saya baru melihatnya, ternyata sangat megah bahkan menjadi salah satu ikon bagi Kota Palu. ini sesuatu yg luar biasa, semoga umat islam dikota palu semakin mantap dlam beribadah.

    terima kasih sudah berbagi kawan

  49. kalo letaknya di pantai jadi gimana gitu ya ^_^ .

  50. Bangunan rumah ibadah yang indah, megah dengan gaya arsitektur menarik. Tentu detail bangunannya penuh dengan makna filosofis. Dingin, teduh, tenteram, nyaman ketika kita berada didalamnya. Langkah Bapak Muhammad Hasan Bajamal membangun masjid ini patut diteladani oleh lainnya yang dikaruniai rejeki yang melimpah.

  51. Selain megah mesjid terapung ini juga unik sekali ya karena berada persis di tepi pantai..
    Jadi pingin shalat disana..

  52. Kok pak Haryanto gak nunggu airnya pasang pas motret? jadi penasaran nih gambarnya

  53. Subhanalloh bagus banget yah masjidnya,,top banget hasil jepretannya

  54. wah mas haryanto banyak menjelajah. jadi penasaran sama suasana didalam mesjid

  55. zie says:

    selalu travel nih bapak yang satu ini, manteeeep semakin nyaman sepertinya tempat shalatnya kalau lihat di atas.

  56. kapan bisa jadi pengusaha ya :D
    enaknya jadi pengusaha itu, kalo ingin sedekah banyak, bisa tersampaikan :D

    subhanallah :D

  57. kalau mesjidnya benar2 terapung seperti perahu dan bisa jalan-jalan di atas air kira2 sholatnya gimana ya Pak? hehe

  58. Moga Masjid Terapung di Palu Lebih Ramai dikunjungi Orang2 Untuk Menjalankan Ibadah..

  59. sangat indah dan eksotik, tinggal meramaikannya dg ibadah

  60. met mlm mas trmksh bnyk infonya mas.

  61. masjidnya indah,, terapung dilaut lagi,.,,, semoga saja masjidnya banyak memberi manfaat

  62. wow! ternyata Indonesia juga punya masjid terapung ya.. kirain jeddah aja yang punya.. kereeen..

  63. subhanallah, begitu indahnya rumah Allah yang satu ini..

  64. Sangat indah masjidnya mas....saya baru melihat dari gambar diatas ternyata ada juga masjid terapung, sungguh luar biasa desainernya.

New comments are not allowed.
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

TOP STORY

Update My Friend