Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Bahaya Kirim E-mail Dari Ponsel

Hariyanto Wijoyo | 92 komentar

Assalamualaikum para sahabat-sahibit blogger pemilik handphone yang semakin hari semakin canggih. Ide postingan ini muncul pada saat saya memperhatikan lingkungan kerja yang saya geluti. Dimana saya melihat dan menyaksikan dengan mata kepala sendiri, bahwa ternyata sudah banyak sekali aktifitas para pengguna handphone yang menggunakan handphonenya sebagai salah satu sarana untuk menyelesaikan pekerjaannya. Seakan-akan memiliki handphone adalah suatu kewajiban. Pokoknya nggak rame kalau nggak ada handphone.

Bahaya Kirim E-mail Kantor Dari Ponsel

Setelah mengobrak-abrik gudang data Mbah Google dan mengambil referensi dari berbagai sumber yang layak dan terpercaya, maka akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba menuliskan mengenai apa yang mau saya tulis pada postingan ini. Ya pastilah itu…mosok saya mau menulis tentang apa yang sahabat-sahibit blogger mau tulis. Meskipun artikel ini sebenarnya rada-rada berbeda dengan postingan-postingan saya sebelumnya. But it's okey, karena tujuannya hanya saya berbagi kebaikan kepada sahabat-sahibit blogger se-dunia tentang apa yang saya lihat, saya baca dan saya alami serta saya ketahui.

Lanjut kisah sambung cerita, tidak seperti jaman dahulu, saat handphone sebagai perangkat selular digunakan hanya untuk sarana komunikasi saja, yaitu untuk menelpon dan juga SMS-an. Tapi sekarang hampir tak ada yang tidak bisa dikerjakan dengan menggunakan fasilitas handphone. Mulai dari menelepon, kirim eSeMeS atau short messages, menghitung dengan aplikasi kalkulator yang ada di handphone, kemudian menggunakan kamera handphone untuk memotret ria. Bahkan kini kamera handphone sudah mencapai megapixel dan konon kabarnya Nokia Pureview 808 sudah memiliki sensor kamera sebesar 41 megapixel, sehingga kalau dipakai berfoto narsis hasil jepretannya pastilah keren banget sehingga upil-pun bisa nampak dalam hasil potretan-nya, tentunya itu menurut pendapat obyek yang difoto narsis.

Selain itu, handphone juga bisa jadi sarana hiburan untuk mendengarkan lagu dan menonton film atau video. Tapi ada yang lebih canggih lagi, yaitu handphone yang masuk kategori Smartphone atau handphone pintar atau bisa juga disebut sebagai handphone cerdas. Dengan handphone cerdas atau smartphone, sahabat-sahibit blogger sedunia bisa mengerjakan tugas-tugas kantor secara mobile. Apakah itu membaca dokumen kantor ataukah menulis dan mengedit-nya dan kemudian mengirimnya melalui fasilitas e-mail yang ada dalam smartphone tersebut. Kalau bisa mengirim e-mail, berarti tentunya kita juga bisa menerima dan membaca e-mail kan.

Dan hampir semua smartphone dari berbagai merek bisa melakukan hal itu, apakah itu Smartphone Iphone produk Apple, smartphone Blackberry atau smartphone Samsung, misalnya Samsung Galaxy S3 Mini. Bahkan smartphone buatan China-pun juga bisa dipakai untuk menerima dan mengirim e-mail. Nach, saat menerima atau mengirim e-mail melalui handpone atau ponsel inilah, maka bahaya selalu mengintai, terutama bila menerima atau mengirim e-mail kantor dari ponsel pribadi. Lok kok bisa…ya bisa dong. Apakah para sahabat-sahibit blogger se-dunia tahu tentang bahaya tersebut. Kalau sudah tahu, Alhamdulillah, tolong beritahu juga kepada sahabat-sahibit blogger lainnya yang belum tahu.

Tapi kalau belum tahu, maka marilah kita bersama-sama mencari tahu, tentunya dengan cara membaca dengan tuntas artikel postingan ini hingga usai. Mudah-mudahan saja ketemu jawabannya.

Fenomena menggunakankan ponsel pintar atau ponsel cerdas sudah jamak kita temukan di manapun kita berada, dan yang menggunakan ponsel untuk menerima atau mengirim e-mail juga sudah banyak kita temui di sekitar kehidupan kita. Bahkan bila muncul pertanyaan, seberapa seringkah sahabat-sahibit blogger se-dunia menggunakan handphne untuk menerima dan mengirim email. Kemungkinan-nya sebagian besar akan menjawab sering melakukannya. Hal ini tak lepas dari kemudahan yang diperoleh dari sebuah ponsel pintar, sehingga pekerjaan kantor-pun menjadi sangat mudah dilakukakan dengan cara mobile, hal yang tak terpikirkan beberapa masa sebelumnya.

Pada saat ini ada istilah yang sedang popular dikalangan pengguna gadget yaitu Bring Your Own Device disingkat menjadi BYOD atau Bring Your Own Technology yang disingkat BYOT. Kalau di Indonesiakan artinya adalah situasi atau kebijakan saat suatu perusahaan yang memperbolehkan karyawannya membawa barang-barang atau peralatan komunikasi miliknya, seperti laptop atau handphone yang digunakan buat mengakses data-data dan informasi penting milik perusahaan. Istilah ini menjadi trend karena saat ini semakin banyak orang yang membawa perangkat sendiri untuk keperluan tugas atau pekerjaan. Terutama karyawan-karyawan yang melakukan pekerjaan kantor secara mobile.

Kenapa malah karyawan yang dibicarakan, bukan pengguna smartphone terdiri dari semua golongan. Yups..judulnya kan Bahaya Mengirim Email Kantor Dari Ponsel Pribadi. Karena ada kata Kantor berarti ada Karyawan-nya, jadi itulah fokus sebenarnya pembahasan kita kali ini. Oke..kembaliii ke laptop :-)

Yang berhubungan dengan aktifitas saat menerima dan mengirim e-mail itu adalah tentunya yang berhubungan dengan Data Perusahaan. Dan bilamana perusahaan ternyata tidak membuat aturan tentang bagaimana smartphone atau ponsel pintar milik karyawan-nya mengakses infrastruktur Teknologi Informasi milik perusahaan, maka apa yang disebut sebagai Data Perusahaan Yang Dianggap Sebagai Informasi Rahasia milik perusahaan suatu waktu akan mengalami kebocoran data yang tentunya bisa mengganggu perusahaan yang bersangkutan, dan bisa berakibat buruk buat perusahaan.

Penyebabnya kebocoran data bisa bermacam-macam, bisa karena adanya malware atau bisa juga smartphone milik karyawan hilang saat bertugas, yang bisa menyebabkan data perusahaan jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Itu hanyalah salah satu akibat aktifitas Mengirim E-mail Kantor dari Ponsel Pribadi.

Berbicara tentang perusahaan, bukan berarti hanya perusahaan besar yang bisa beresiko bila mengirim dan menerima e-mail dari ponsel pribadi, bahkan perusahaan kecil-pun bisa mengalami resiko yang sama, tidak terkecuali usaha rumah tangga. Karena semua data perusahaan, termasuk tentunya transaksi bisnis yang terjadi ataupun kontrak dan perjanjian bisnis, dan lain sebagainya, semua itu adalah termasuk data penting perusahaan yang bisa jatuh ke tangan yang salah.

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan oleh lembaga yang berwenang atas sekuritas IT, ternyata sebahagian besar perusahaan mengabaikan tentang keamanan fasilitas perangkat alat komunikasi mobile milik perusahaan termasuk data-data yang ada di dalamnya. Dan rata-rata perusahaan mengakui bahwa perusahaan-nya tidak menggunakan fasilitas Mobile Device Management atau MDM sebagai perlindungan atau sekuritas data perusahaan di perangkat komunikasi mobile

Meskipun demikian, ada juga perusahaan yang memanfaatkan solusi Mobile Device Management secara parsial dan ada juga yang mengaplikasikan solusi Mobile Device Management secara penuh. Meskipun diketahui bahwa memanfaatkan secara parsial belum bisa menjamin tingkat keamanan perangkat mobile yang ada di perusahaan termasuk data-data di dalamnya.

Itu adalah hasil penelitian di luarnegeri yang dilakukan oleh Kapersky Lab pada bulan November tahun dua ribu dua belas lalu. Lalu bagaimana dengan di Indonesia sendiri ??? Apakah perusahaan tempat sahabat-sahibit blogger berkerja sudah menerapkan system manajemen keamanan data yang baku terhadap penggunaan perangkat mobile. Kalau sudah, ya Alhamdulillah. Tetapi kalau jawabnya ternyata belum, ya kita serahkan semua kebijakan kepada manajement perusahaan karena mereka-lah yang menentukan bagaimana akan bersikap menghadapai resiko keamanan saat mengetahui bahaya kirim e-mail kantor dari ponsel pribadi, karena sebagai karyawan kita hanya bisa mengusulkan, termasuk juga saya…hanya bisa mengusulkan dan juga menulis artikel tentang hal tersebut kemudian meng-posting-nya..berharap siapa tahu big boss menyempatkan diri untuk membaca-nya…alhamdulillah.

Meskipun beberapa perusahaan multinasional telah menyatakan diri siap untuk mendukung Indonesia dalam menerapkan system keamanan untuk konsep Bring Your Own Device atau Bring Your Own Technology, karena pengguna perangkat mobile berteknologi tinggi di Indonesia cenderung meningkat secara signifikan. Sehingga kita akan semakin sering melihat para karyawan yang menggunakan ponsel pintar-nya untuk bekerja, bahkan juga Laptopnya serta Tablet PC-nya , yang semuanya itu bisa menjadi perangkat mobile yang super canggih. Namun semua itu baru wacana yang memang secara pasti akan terwujud, terutama dalam mengamankan data-data perusahaan yang berisi aplikasi-aplikasi vital tentang perusahaan yang belum terjamin keamanannya. Dan kita tinggal menunggu kapankan hal itu akan terealisasi, yang pasti waktunya tak lama lagi...sehingga karyawan-pun bisa bekerja dengan rasa aman dan nyaman.

Akan tetapi kalau sahabat-sahibit blogger tetap ngotot ingin memakai ponsel sebagai sarana untuk menerima dan mengirim e-mail, meskipun tingkat keamanan perusahaan tempat sahabat-sahibit blogger berkerja ternyata masih rawan , maka yang dapat saya sarankan adalah setelah melakukan aktifitas pengiriman dan penerimaan e-mail sebaiknya segera Logout dari akun email tersebut. Dan selalu-lah berganti password e-mail. Demi meminimalisir kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi dan tidak kita inginkan. Akhirul kata semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua..keep smile and keep happy blogging always mari' ki' di' .. salam :-)

Category : , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

92 komentar

  1. saya malah baru ngeh soal ini Mas. ternyata bahaya begitu ya.
    tapi alhamdulillah, kalo saya nggak pernah sih kirim dari hp. karena hp saya cuma bisa buat nelfon dan sms, juga komen blog, hehe

  2. kantor saya dirumah Pak alias iobu rumah tangga :) berarti tidak masalah ya kirim dari ponsel

  3. mmang sngat riskan, slain mlwre, hp jg rentan hilang
    klo ane paling pake pswrd scren n ponsel

  4. Saya juga baru tahu ternyata ada bahayanya juga ber-email pake hape yah...

    Makasih infonya mas Hari, happy blogging

  5. sejak pyur jadi tukang ubi, hpku malah banyak nganggur alias ngga laku, jarang yang nelpon sih, kemaren kecucipun ngga nyesel2 banget, cuman ya gituh kalau ngga pegang hp hidup jadi kurang pas,aktivitas lebih banyak depan laptop, semua telpon dan email sudah ada tempat khusus dan yang hendelnyapun saya pilih gadis cantik, jadi ngga pernah punya resiko buruk akibat email via Hp, lagian engga bisa juga sih

  6. jujur saja mas, saya baru ngerti soal yang diatas2 itu,,lagi pula saya jarang menggunakan hp

  7. belum beruntung memliki ponsel cerdas pak nanti kalau sudah punya harus hati-hati ya

  8. Wah terimakasih Pak atas infonya sangat bermanfaat dengan membaca artikel ini. Salam hangat..

  9. saya setuju kalo preventif dengan cara MDM itu pak!

  10. saya malah kebantu banget bisa kirim email lewat hp..
    kerjaan jadi bisa lebih mobile...

  11. bahaya ya, saya baru tahu lho :) *gaptek si

    tapi saya si belum pernah pake hp buat kirim email, karena hp saya tidak bisa email emailan :)
    makasi informasinya..

  12. Karena itu pake paket BES buat blackberry corporate... di jamin aman.. keluar masuk data terjaga dengan baik...
    Atau pake mobile management yang memang didaftarkan di perusahaan...

    tapi tentunya semua handphone itu harus dibelikan perusahan buat karyawannya.. tidak boleh bawa sendiri sendiri...

  13. ouuu gt ya.. slama ini ga kepikiran.
    untungnya ga pernah pk email ktr di hape, paling email pribadi aja sih.

  14. wah..saya selalu tidak log out.. bahaya benar.. lepas ni kena rajin log out..

  15. Untunya saya Masih Pake HP Jadul Jadi Gak Bisa Berkirim Email :D

  16. untuk nyolong akun tertentu, paling gampang memang dari hape
    bikin saja aplikasi gratisan yang keren tanpa iklan pokoknya yang asiklah
    begitu mereka login, aplikasi akan mencatat username dan password dan dikirimkan ke pembikinnya secara otomatis.

    keamanan data di internet ga ada yang bisa jamin selama masih pake aplikasi pihak ketiga. pake browser di laptop pun tidak bisa 100% aman. banyak tool kecil misalnya pemutar musik atau sekedar aplikasi hiburan yang saat diinstal dia menyisipkan plugin ke browser. siapa yang jamin plugin itu dibuat bukan untuk ngumpulin data..?

  17. aku juga sering kirim email lewat hp tp cuma ke majalah berharap dimuat tulisan saya eh, ternyata ga ada hehe

    hmmm bahaya ya bisi bocor rahasia kita

  18. untung perusahaan saya bekerja tidak menggunakan email :D
    makasih informasinnya bang,mengingatkan kita semua.

  19. Saya malah jarang buka email. Paling pas ada tugas doang.
    Nice info kawan. . .

  20. Setiap teknlogi ciptaan manusia pasti ada kelemahannya, ada celah untuk disusupi "oknum".
    Untung saja hpku tak ada pasilitas yang neko2 hehe,hp jadul N 1200.
    Nice share Ga,maksih sudah berbagi,salam.

  21. AZLA says:

    Benar sekali sobat , sarannya sangat bagus
    memang kadang kita lupa log out dan ternyata sangat membahayakan, terlebih kalau hilang wah..tambah membahayakan

    informasinya sangat menarik dan bermanfaat sekali sobat
    terima kasih banyak sudah berbagi

  22. Kalo kirim2 dan terima email sih...hp sy selalu on trus bang...termasuk pemberitahuan ada yg koment di postingan blog... :)

    Kalo buat urusan kantor...sy malah ogah...abisnya ndak di beri tambahan uang pulsa sih...hehe
    --------

  23. Tul..tuh lik...
    Di fb...katanya lagi marak banget tuh... :)
    Sekrng targetnya yg di cari...akun fb yg punya chip byk...jd inceran...

    Makanya kadang byk seliwuran tuh model2...aplikasi liar di dalemnya...
    #katanya sih :)

  24. Intinya kita harus selalu waspada aja, untuk kerjaan kantor, berpikirlah dua kali.. kalau ada tambahan baru hajar, heheheh (salam kenal...

  25. Belum pernah kirim email lewat HP.nokia 2300 ku cuma ada radio g bsa kirim email sob.Untuk sobat2 yang hp nya sudah canggih harus berhati2 dong klo kirim email.Trimakasih tips dan info nya

  26. Terima kasih mas Hariyanto informasinya, saya sendiri kurang memperhatikan hal2 tersebut selama ini. Lupa log out itu yang harus diperhatikan oleh pengguna HP sehingga tidak terjadi kemungkinan yang tidak pernah kita bayangkan. Sekali lagi terima kasih.

    Salam............

  27. wah ternyta ada bahayanya gak kirim pesan email lewat hape lagi dah

  28. Ohh seperti itu:D Mampir yah~

  29. untung saya nggak pernah email-emailan,kalaupun mau kirim-kirim mendingan langsung saja pakai semees.terima kasih bang infonya.

  30. kalau untuk email dengan hp belum pernah sih mas, ternyata bahaya juga ya mas... sebaiknya untuk pengguna yang sering buka email lewat hp harus lebih hati-hati...

  31. MANTEP artikelnya mas,dan terimakasih banget loh untuk do'anya semoga mas juga selalu dalam lindungan Allah SWT..

  32. bahaya juga y bang, kebanyakan dari kita kalau buka email di hape kadang suka lupa bwt nglogout.itu bisa jadi bahaya kalau ada temen yang iseng. :)

  33. alhamdulillah akhirnya bisa terbuka seluruh postingannya, oia sepertinya loading blognya berat sekali, saya harus mereload berkali2 :)

    terima kasih sharenya, penting juga buat yayasan kami utk lbh berhati2 agar data2 aman :)

    salam dari kota mojokerto, ditunggu folbeknya :)

  34. wah saya setuju sekali sama postingannya maz, dapat info lagi nich. karena sebelumnya belum tahu, terimakasih mas !!

  35. FS says:

    Tapi yg pribadi.an aman.aman aja kan??
    Kemudhan pastilah ada imbas.x


    Kebayang email. Orderan orang nyasar...kemana
    Atau email cinta kesasar ke abi.
    Hhhh...

  36. huo :o benarkah?
    Padahal aku sering ngirim lewat hp nih~ hmm...

  37. met mlm sobat wah trmkasih infonya sobat aq baru tahu,ni kalu dmpknya gitu

  38. ternyata bahaya juga yah, kirim email lewat handphone itu...
    terima kasih infonya sahabat.. :)

  39. baru tau mas, makasih infonya...
    bruntung saya punya hape yg jadoel...chiaahahaha....

  40. Perusahaan kecil mengabaikan, tapi kalo perusahaan besar pastinya tidak ya. Kalo pengalaman di kantor ta' bagaimana?

  41. Berarti harus hati-hati ya.. terimakasih infonya

  42. artikelnya bagus jd buat yg tdk tahu bs lbh berhati hati menggunakan smart phone ya,tfs.

  43. Saya sering kirim email pake hp salah satunya ke blogger waktu mau bikin blog, tapi alhamdulilah masih aman

    Mksh infonya sobat :)

  44. saya juga sering email2an via hp pak, namun bukan email yang penting kok, cuma email bisa, antar temen saja.

    mungkin kalau untuk rahasia perusahaan, lebih baik di lakukan lewat telfon atau ketemuan saja yang lebih aman. hehehehe

  45. Anonymous says:

    Ih loh saya malah baru tau mas , apa beda nya sama yang ngirim lewat laptop ? kan sama2 ada radiasi nya juga toh mas ? makasih infonya :) . Sekalian ngabarin kalau blog agan udah ane follow , d tunggu follbacknya kang .

  46. Memang itulah resiko kalo kita terlalu serius menggunakan gadget seperti handphone yang rawan kebocoran data seperti kena phising ataupun malware, seharusnya di beri pengaman yang khusus atau gunakan gadget khusus untuk keperluan kantor, yang kian marak kebocoran data.

  47. bahaya kebocoran data perusahaan melalui ponsel pribadi yang digunakan untuk handle tugas kantor saya baru tau dari artikel kang hari. tidak terpikir sebelumnya jika ponsel bisa menjadi celah bocornya data perusahaan. untungnya ponsel saya hanya ponsel biasa bukan smart phone.
    :)

  48. Oke Mas bisa dipraktekkan Coz memang banyak sisi negatifnya..
    Pake bahasa jawa juga "Mosok".. hehehe.. ^^

    Follback ya Mas:
    http://nomor2.blogspot.com/

  49. setelah membaca semua ini, ternyata bahaya juga kirim email lewat HP. memang kesannya lbh praktis tp resikonya sangat besar. terima kasih pak sudah mengingatkan.

  50. boro-boro ngirim email pake hp mas, hp saya aja cuma bisa buat sms n telpon, whehehe... tapi ilmunya bisa bermanfaat buat kedepannya

  51. ternyata rawan juga ya mas,,,

  52. saya jarang dan bisa dikatakan gak pernah menggunakan fasilitas handphone untuk internetan ataupun mengirimkan email, soal'nya rawan.. heheheheh..

  53. lho, ini malah yang biasanya saya lakukan tiap kali membalas sms mas :(

  54. enha says:

    Untung belum pernah ngirim email via hape. Belum bisa nyettingnya. haha.. Saya-nya yg katrok. (.>_<.)

  55. Kebetulan saya belum pernah pake hp untuk kirim e-mail, paling hanya untuk baca e-mail masuk aja :D
    Terima kasih infonya Bang!

  56. .. aq gak pernah pak email pake hape, cz hape aq jadul sich. huhh. he..86x ..

  57. wah, baru tau saya..
    padahal saya tiap hari kirim+terima email dari Android saya..
    kalo kayak gini mah, susah saya..hikz

  58. R10 says:

    ponselnya musti aman dari virus, baru berani kirim email lewat ponsel

  59. salam sahabatku
    Nguyu aku..dalam post sahabt menyatakan sebesar upil bisa di gambr.wakakaka.
    Terima kasih infonya.
    Lawatan petang tirana aduka.sekembalinya daku dari hospital.maaf lama enggak mampir.

  60. asli aku baca tulisan ini muter muter, penulisnya keren.. :D
    satu judul tapi di muterin kesana kemari jadi gak nyampe nyampe , pas baru mau kelar barulah kembali ke judul .. apa saya yang ndak paham ya??
    alhamdulilah saya gak pernah sih,cuma buka e-mail aja . karena hapeku saat ini dalam keadaan buluk ahaha. cuma bisa buat ngetik dan ngobrol . :) .

  61. Teknologi komunikasi dan informasi terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Segalanya untuk memudahkan dalam bekerja, cepat, canggih, efisien dan efektif. Di sisi lain tentu ada 'kerawanan' didalamnya yang harus diantisipasi dengan baik. Harus mengikuti prosedur, dilengkapi dengan 'sistem keamanan data' yang canggih, disiplin, dan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi. Terima kasih sharingnya. Salam sukses Sobat.

  62. menambah informasi baru, makasih kang ... memang banyak hal-hal yang harus dijaga dari dunia internet, tetapi dampaknya yang belum ditahu secara gamblang apa sebenarnya, maka dari itu kadang kita fine-fine aja.

  63. betul bisa kecolongan info kalo tuh hp ilang, sementara kita protek juga hp nya nya yah, biar lebih aman :D

  64. ndop says:

    untungnya aku orangnya pelit banget kalo ada yg mau pinjam HP. Kalopun dia pinjam, pasti aku ada tepat di sebelahnya untuk memantau sedang ngapain aja dg hpku. hihihi

  65. Sama seperti teman2 yg lain, saya baru tau kalau hal ini berbahaya.Makasih infonya mas Hari :)

  66. terimakasih informasinya mas, untung hape saya masih jadul jejee

  67. Oh, ternyata bahaya ya..
    Saya sih belum segitunya sama hape. Lagipula hape saya masih jadul2 :D

  68. oooh mamang baru sadar, iya bahaya ya mas kirim email kantor lewat ponsel, terimakasih sudah mengingatkan

  69. Belum pernah kirim atau terima apa-apa lewat email dengan menggunakan HP. Adanya info ini, sangat berguna agar kita musti hati-hati
    Terima kasih banget Mas, sudah diingatkan

  70. Wadowh! Kena dong gue, sob! Secara gue kan cuma beramunisikan hape? Ngeblog via hp, pesbukan via hp, twitteran, bahkan ngirim email lamaran kerja pun pake hp, yg penting sgala macam attachment yg dibutuhin udah didraft. Udah deh tinggal kirim kesana kemari! Bhahaha

  71. Memang umumnya orang tidak mau ribet, saat buka email tak mau sign oatu lagi. jangankan email, akun socialpun jarang orang yang mau sign out. Katanya biar praktis saat mau buka lagi.

  72. waaahh segitu bahaya kaah
    untung hp ku cuma buat tepon, sms dan bbm urusan kerja..

    aman..aman..:D

  73. Sependapat..
    Semua aktifitas sehari hari baik urusan pribadi atau pun urusan kantor memang sudah bisa kita lakukan melalui hp & itu yang membuat riskan jika saja hp tersebut hilang & jatuh sama orang" yang tidak kita kenal, mengingat semua data" kita tersimpan di hp tersebut..

    Terima kasih infonya sobat..
    Mesti harus lebih hati" lagi mengunakan & menyimpan data di hp..
    Mungkin penggunaan password di hp bisa sedikit meminimalisir hal tesebut..

  74. Kunjungan pagi di blog sahabat. :D

  75. Kalau saya handphone juga buat ngeblog gan karena bisa di lakukan di mana saja. Kalau buat kirim email sesekali saja

  76. Info yang bermanfaat, tapi selama ini saya hanya menggunakan hp hanya untuk sms dan call saja! Fiture nya ada tapi gak pernah coba!

    Lomba buat Puisi Cinta dengan tema Puisi Cinta Untuk Kekasih

  77. Saya enggak begitu suka mengakses yang berbau internet dari hape Pak.. kurang lego hehe

  78. evi says:

    Oh saya sering mengirim email lewat HP..Selama ini gak tahu kalau ada bahaya yg mengintip. Terima kasih atas sharingnya Pak Hari. Mulai saat ini saya akan berhati-hati menggunakan email lewat ponsel..

  79. Benar juga ya yg sobat tuliskan. meski hati-hati kalau begini!

  80. Ulasan yg sangat menarik, saya belum tahu sebelumnya klw ngrim pesan email via ponsel itu berbahaya....terima kasih atas beritanya gan!

  81. blom pernah ngirim imel lewat HP

  82. rumit pak lebih baik tetap make laptop

  83. wah,,tapi ribet juga sih mas,,,kalau mesti gonta ganti password,...
    sedang yang lama ini ajah,kadang sering lupa lupa juga,..
    hihi....

  84. untunglah belum pernah kirim2 data via email lewat hp.
    sebatas kirim2 pesan aja sih pernah. hehehe

  85. Anonymous says:

    Benar sobat.. biarpun hp atau smartphone tsb sudah direset atau diformat sekalipun data yg ada didalamnya masih bisa dilacak atau dimunculkan kembali.

  86. Waahh, ternyata begitu ya.. kalo pekerjaan saya mah jarang banget memerlukan pengiriman data via mail :D

  87. saya cukup sering mengirim email melalui handphone tapi syukur tidak ada masalah

  88. kalo saya paling cuma baca-baca email aja sih di hp, tiap mau ngirim gak pernah berhasil.. gagal mulu. hehe

  89. Untuk para pebisnis dan karyawan yang mengirimkan data suangat penting memang sangat beresiko pak, untung saya hanya ber'e-mail ria untuk bercandaan sama kawan-kawan doang :)
    Terima kasih informasinya pak :)


    salam guru pantura.

  90. Untung aja aku gak pernah ngirim email pekerjaan via ponsel.
    Bukan apa2 sih... repot jika harus mindahin data dari lappie ke ponsel hehehe
    BTW makasih banyak utk infonya

  91. Terimakasih banyak pak atas informasinya :)
    untung saya belum nyoba kirim email lewat hape heheheh :)

  92. wah..
    harus disimpen ini tipsnya kang.. :D

New comments are not allowed.

92 komentar

  1. saya malah baru ngeh soal ini Mas. ternyata bahaya begitu ya.
    tapi alhamdulillah, kalo saya nggak pernah sih kirim dari hp. karena hp saya cuma bisa buat nelfon dan sms, juga komen blog, hehe

  2. kantor saya dirumah Pak alias iobu rumah tangga :) berarti tidak masalah ya kirim dari ponsel

  3. mmang sngat riskan, slain mlwre, hp jg rentan hilang
    klo ane paling pake pswrd scren n ponsel

  4. Saya juga baru tahu ternyata ada bahayanya juga ber-email pake hape yah...

    Makasih infonya mas Hari, happy blogging

  5. sejak pyur jadi tukang ubi, hpku malah banyak nganggur alias ngga laku, jarang yang nelpon sih, kemaren kecucipun ngga nyesel2 banget, cuman ya gituh kalau ngga pegang hp hidup jadi kurang pas,aktivitas lebih banyak depan laptop, semua telpon dan email sudah ada tempat khusus dan yang hendelnyapun saya pilih gadis cantik, jadi ngga pernah punya resiko buruk akibat email via Hp, lagian engga bisa juga sih

  6. jujur saja mas, saya baru ngerti soal yang diatas2 itu,,lagi pula saya jarang menggunakan hp

  7. belum beruntung memliki ponsel cerdas pak nanti kalau sudah punya harus hati-hati ya

  8. Wah terimakasih Pak atas infonya sangat bermanfaat dengan membaca artikel ini. Salam hangat..

  9. saya setuju kalo preventif dengan cara MDM itu pak!

  10. saya malah kebantu banget bisa kirim email lewat hp..
    kerjaan jadi bisa lebih mobile...

  11. bahaya ya, saya baru tahu lho :) *gaptek si

    tapi saya si belum pernah pake hp buat kirim email, karena hp saya tidak bisa email emailan :)
    makasi informasinya..

  12. Karena itu pake paket BES buat blackberry corporate... di jamin aman.. keluar masuk data terjaga dengan baik...
    Atau pake mobile management yang memang didaftarkan di perusahaan...

    tapi tentunya semua handphone itu harus dibelikan perusahan buat karyawannya.. tidak boleh bawa sendiri sendiri...

  13. ouuu gt ya.. slama ini ga kepikiran.
    untungnya ga pernah pk email ktr di hape, paling email pribadi aja sih.

  14. wah..saya selalu tidak log out.. bahaya benar.. lepas ni kena rajin log out..

  15. Untunya saya Masih Pake HP Jadul Jadi Gak Bisa Berkirim Email :D

  16. untuk nyolong akun tertentu, paling gampang memang dari hape
    bikin saja aplikasi gratisan yang keren tanpa iklan pokoknya yang asiklah
    begitu mereka login, aplikasi akan mencatat username dan password dan dikirimkan ke pembikinnya secara otomatis.

    keamanan data di internet ga ada yang bisa jamin selama masih pake aplikasi pihak ketiga. pake browser di laptop pun tidak bisa 100% aman. banyak tool kecil misalnya pemutar musik atau sekedar aplikasi hiburan yang saat diinstal dia menyisipkan plugin ke browser. siapa yang jamin plugin itu dibuat bukan untuk ngumpulin data..?

  17. aku juga sering kirim email lewat hp tp cuma ke majalah berharap dimuat tulisan saya eh, ternyata ga ada hehe

    hmmm bahaya ya bisi bocor rahasia kita

  18. untung perusahaan saya bekerja tidak menggunakan email :D
    makasih informasinnya bang,mengingatkan kita semua.

  19. Saya malah jarang buka email. Paling pas ada tugas doang.
    Nice info kawan. . .

  20. Setiap teknlogi ciptaan manusia pasti ada kelemahannya, ada celah untuk disusupi "oknum".
    Untung saja hpku tak ada pasilitas yang neko2 hehe,hp jadul N 1200.
    Nice share Ga,maksih sudah berbagi,salam.

  21. AZLA says:

    Benar sekali sobat , sarannya sangat bagus
    memang kadang kita lupa log out dan ternyata sangat membahayakan, terlebih kalau hilang wah..tambah membahayakan

    informasinya sangat menarik dan bermanfaat sekali sobat
    terima kasih banyak sudah berbagi

  22. Kalo kirim2 dan terima email sih...hp sy selalu on trus bang...termasuk pemberitahuan ada yg koment di postingan blog... :)

    Kalo buat urusan kantor...sy malah ogah...abisnya ndak di beri tambahan uang pulsa sih...hehe
    --------

  23. Tul..tuh lik...
    Di fb...katanya lagi marak banget tuh... :)
    Sekrng targetnya yg di cari...akun fb yg punya chip byk...jd inceran...

    Makanya kadang byk seliwuran tuh model2...aplikasi liar di dalemnya...
    #katanya sih :)

  24. Intinya kita harus selalu waspada aja, untuk kerjaan kantor, berpikirlah dua kali.. kalau ada tambahan baru hajar, heheheh (salam kenal...

  25. Belum pernah kirim email lewat HP.nokia 2300 ku cuma ada radio g bsa kirim email sob.Untuk sobat2 yang hp nya sudah canggih harus berhati2 dong klo kirim email.Trimakasih tips dan info nya

  26. Terima kasih mas Hariyanto informasinya, saya sendiri kurang memperhatikan hal2 tersebut selama ini. Lupa log out itu yang harus diperhatikan oleh pengguna HP sehingga tidak terjadi kemungkinan yang tidak pernah kita bayangkan. Sekali lagi terima kasih.

    Salam............

  27. wah ternyta ada bahayanya gak kirim pesan email lewat hape lagi dah

  28. Ohh seperti itu:D Mampir yah~

  29. untung saya nggak pernah email-emailan,kalaupun mau kirim-kirim mendingan langsung saja pakai semees.terima kasih bang infonya.

  30. kalau untuk email dengan hp belum pernah sih mas, ternyata bahaya juga ya mas... sebaiknya untuk pengguna yang sering buka email lewat hp harus lebih hati-hati...

  31. MANTEP artikelnya mas,dan terimakasih banget loh untuk do'anya semoga mas juga selalu dalam lindungan Allah SWT..

  32. bahaya juga y bang, kebanyakan dari kita kalau buka email di hape kadang suka lupa bwt nglogout.itu bisa jadi bahaya kalau ada temen yang iseng. :)

  33. alhamdulillah akhirnya bisa terbuka seluruh postingannya, oia sepertinya loading blognya berat sekali, saya harus mereload berkali2 :)

    terima kasih sharenya, penting juga buat yayasan kami utk lbh berhati2 agar data2 aman :)

    salam dari kota mojokerto, ditunggu folbeknya :)

  34. wah saya setuju sekali sama postingannya maz, dapat info lagi nich. karena sebelumnya belum tahu, terimakasih mas !!

  35. FS says:

    Tapi yg pribadi.an aman.aman aja kan??
    Kemudhan pastilah ada imbas.x


    Kebayang email. Orderan orang nyasar...kemana
    Atau email cinta kesasar ke abi.
    Hhhh...

  36. huo :o benarkah?
    Padahal aku sering ngirim lewat hp nih~ hmm...

  37. met mlm sobat wah trmkasih infonya sobat aq baru tahu,ni kalu dmpknya gitu

  38. ternyata bahaya juga yah, kirim email lewat handphone itu...
    terima kasih infonya sahabat.. :)

  39. baru tau mas, makasih infonya...
    bruntung saya punya hape yg jadoel...chiaahahaha....

  40. Perusahaan kecil mengabaikan, tapi kalo perusahaan besar pastinya tidak ya. Kalo pengalaman di kantor ta' bagaimana?

  41. Berarti harus hati-hati ya.. terimakasih infonya

  42. artikelnya bagus jd buat yg tdk tahu bs lbh berhati hati menggunakan smart phone ya,tfs.

  43. Saya sering kirim email pake hp salah satunya ke blogger waktu mau bikin blog, tapi alhamdulilah masih aman

    Mksh infonya sobat :)

  44. saya juga sering email2an via hp pak, namun bukan email yang penting kok, cuma email bisa, antar temen saja.

    mungkin kalau untuk rahasia perusahaan, lebih baik di lakukan lewat telfon atau ketemuan saja yang lebih aman. hehehehe

  45. Anonymous says:

    Ih loh saya malah baru tau mas , apa beda nya sama yang ngirim lewat laptop ? kan sama2 ada radiasi nya juga toh mas ? makasih infonya :) . Sekalian ngabarin kalau blog agan udah ane follow , d tunggu follbacknya kang .

  46. Memang itulah resiko kalo kita terlalu serius menggunakan gadget seperti handphone yang rawan kebocoran data seperti kena phising ataupun malware, seharusnya di beri pengaman yang khusus atau gunakan gadget khusus untuk keperluan kantor, yang kian marak kebocoran data.

  47. bahaya kebocoran data perusahaan melalui ponsel pribadi yang digunakan untuk handle tugas kantor saya baru tau dari artikel kang hari. tidak terpikir sebelumnya jika ponsel bisa menjadi celah bocornya data perusahaan. untungnya ponsel saya hanya ponsel biasa bukan smart phone.
    :)

  48. Oke Mas bisa dipraktekkan Coz memang banyak sisi negatifnya..
    Pake bahasa jawa juga "Mosok".. hehehe.. ^^

    Follback ya Mas:
    http://nomor2.blogspot.com/

  49. setelah membaca semua ini, ternyata bahaya juga kirim email lewat HP. memang kesannya lbh praktis tp resikonya sangat besar. terima kasih pak sudah mengingatkan.

  50. boro-boro ngirim email pake hp mas, hp saya aja cuma bisa buat sms n telpon, whehehe... tapi ilmunya bisa bermanfaat buat kedepannya

  51. ternyata rawan juga ya mas,,,

  52. saya jarang dan bisa dikatakan gak pernah menggunakan fasilitas handphone untuk internetan ataupun mengirimkan email, soal'nya rawan.. heheheheh..

  53. lho, ini malah yang biasanya saya lakukan tiap kali membalas sms mas :(

  54. enha says:

    Untung belum pernah ngirim email via hape. Belum bisa nyettingnya. haha.. Saya-nya yg katrok. (.>_<.)

  55. Kebetulan saya belum pernah pake hp untuk kirim e-mail, paling hanya untuk baca e-mail masuk aja :D
    Terima kasih infonya Bang!

  56. .. aq gak pernah pak email pake hape, cz hape aq jadul sich. huhh. he..86x ..

  57. wah, baru tau saya..
    padahal saya tiap hari kirim+terima email dari Android saya..
    kalo kayak gini mah, susah saya..hikz

  58. R10 says:

    ponselnya musti aman dari virus, baru berani kirim email lewat ponsel

  59. salam sahabatku
    Nguyu aku..dalam post sahabt menyatakan sebesar upil bisa di gambr.wakakaka.
    Terima kasih infonya.
    Lawatan petang tirana aduka.sekembalinya daku dari hospital.maaf lama enggak mampir.

  60. asli aku baca tulisan ini muter muter, penulisnya keren.. :D
    satu judul tapi di muterin kesana kemari jadi gak nyampe nyampe , pas baru mau kelar barulah kembali ke judul .. apa saya yang ndak paham ya??
    alhamdulilah saya gak pernah sih,cuma buka e-mail aja . karena hapeku saat ini dalam keadaan buluk ahaha. cuma bisa buat ngetik dan ngobrol . :) .

  61. Teknologi komunikasi dan informasi terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Segalanya untuk memudahkan dalam bekerja, cepat, canggih, efisien dan efektif. Di sisi lain tentu ada 'kerawanan' didalamnya yang harus diantisipasi dengan baik. Harus mengikuti prosedur, dilengkapi dengan 'sistem keamanan data' yang canggih, disiplin, dan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi. Terima kasih sharingnya. Salam sukses Sobat.

  62. menambah informasi baru, makasih kang ... memang banyak hal-hal yang harus dijaga dari dunia internet, tetapi dampaknya yang belum ditahu secara gamblang apa sebenarnya, maka dari itu kadang kita fine-fine aja.

  63. betul bisa kecolongan info kalo tuh hp ilang, sementara kita protek juga hp nya nya yah, biar lebih aman :D

  64. ndop says:

    untungnya aku orangnya pelit banget kalo ada yg mau pinjam HP. Kalopun dia pinjam, pasti aku ada tepat di sebelahnya untuk memantau sedang ngapain aja dg hpku. hihihi

  65. Sama seperti teman2 yg lain, saya baru tau kalau hal ini berbahaya.Makasih infonya mas Hari :)

  66. terimakasih informasinya mas, untung hape saya masih jadul jejee

  67. Oh, ternyata bahaya ya..
    Saya sih belum segitunya sama hape. Lagipula hape saya masih jadul2 :D

  68. oooh mamang baru sadar, iya bahaya ya mas kirim email kantor lewat ponsel, terimakasih sudah mengingatkan

  69. Belum pernah kirim atau terima apa-apa lewat email dengan menggunakan HP. Adanya info ini, sangat berguna agar kita musti hati-hati
    Terima kasih banget Mas, sudah diingatkan

  70. Wadowh! Kena dong gue, sob! Secara gue kan cuma beramunisikan hape? Ngeblog via hp, pesbukan via hp, twitteran, bahkan ngirim email lamaran kerja pun pake hp, yg penting sgala macam attachment yg dibutuhin udah didraft. Udah deh tinggal kirim kesana kemari! Bhahaha

  71. Memang umumnya orang tidak mau ribet, saat buka email tak mau sign oatu lagi. jangankan email, akun socialpun jarang orang yang mau sign out. Katanya biar praktis saat mau buka lagi.

  72. waaahh segitu bahaya kaah
    untung hp ku cuma buat tepon, sms dan bbm urusan kerja..

    aman..aman..:D

  73. Sependapat..
    Semua aktifitas sehari hari baik urusan pribadi atau pun urusan kantor memang sudah bisa kita lakukan melalui hp & itu yang membuat riskan jika saja hp tersebut hilang & jatuh sama orang" yang tidak kita kenal, mengingat semua data" kita tersimpan di hp tersebut..

    Terima kasih infonya sobat..
    Mesti harus lebih hati" lagi mengunakan & menyimpan data di hp..
    Mungkin penggunaan password di hp bisa sedikit meminimalisir hal tesebut..

  74. Kunjungan pagi di blog sahabat. :D

  75. Kalau saya handphone juga buat ngeblog gan karena bisa di lakukan di mana saja. Kalau buat kirim email sesekali saja

  76. Info yang bermanfaat, tapi selama ini saya hanya menggunakan hp hanya untuk sms dan call saja! Fiture nya ada tapi gak pernah coba!

    Lomba buat Puisi Cinta dengan tema Puisi Cinta Untuk Kekasih

  77. Saya enggak begitu suka mengakses yang berbau internet dari hape Pak.. kurang lego hehe

  78. evi says:

    Oh saya sering mengirim email lewat HP..Selama ini gak tahu kalau ada bahaya yg mengintip. Terima kasih atas sharingnya Pak Hari. Mulai saat ini saya akan berhati-hati menggunakan email lewat ponsel..

  79. Benar juga ya yg sobat tuliskan. meski hati-hati kalau begini!

  80. Ulasan yg sangat menarik, saya belum tahu sebelumnya klw ngrim pesan email via ponsel itu berbahaya....terima kasih atas beritanya gan!

  81. blom pernah ngirim imel lewat HP

  82. rumit pak lebih baik tetap make laptop

  83. wah,,tapi ribet juga sih mas,,,kalau mesti gonta ganti password,...
    sedang yang lama ini ajah,kadang sering lupa lupa juga,..
    hihi....

  84. untunglah belum pernah kirim2 data via email lewat hp.
    sebatas kirim2 pesan aja sih pernah. hehehe

  85. Anonymous says:

    Benar sobat.. biarpun hp atau smartphone tsb sudah direset atau diformat sekalipun data yg ada didalamnya masih bisa dilacak atau dimunculkan kembali.

  86. Waahh, ternyata begitu ya.. kalo pekerjaan saya mah jarang banget memerlukan pengiriman data via mail :D

  87. saya cukup sering mengirim email melalui handphone tapi syukur tidak ada masalah

  88. kalo saya paling cuma baca-baca email aja sih di hp, tiap mau ngirim gak pernah berhasil.. gagal mulu. hehe

  89. Untuk para pebisnis dan karyawan yang mengirimkan data suangat penting memang sangat beresiko pak, untung saya hanya ber'e-mail ria untuk bercandaan sama kawan-kawan doang :)
    Terima kasih informasinya pak :)


    salam guru pantura.

  90. Untung aja aku gak pernah ngirim email pekerjaan via ponsel.
    Bukan apa2 sih... repot jika harus mindahin data dari lappie ke ponsel hehehe
    BTW makasih banyak utk infonya

  91. Terimakasih banyak pak atas informasinya :)
    untung saya belum nyoba kirim email lewat hape heheheh :)

  92. wah..
    harus disimpen ini tipsnya kang.. :D

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend