Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Menjelajahi Pertokoan Permata Martapura

Hariyanto Wijoyo | 41 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se dunia.
Cukup lama juga saya tidak mengupdate BlogS Of Hariyanto dengan postingan terbaru, rasa-rasanya sudah hampir seabad lamanya saya mengabaikan blog-ku dengan kesibukan di dunia nyata.,,wow lebay banget ya.

Kini saya kembali lagi, kalau dalam bahasa Makassar mungkin bunyinya begini "I’m back", sama dengan kalimat yang diucapkan Arnold Schwarzenegger dalam film Expendables 2. Kembali hadir dengan postingan terbaru yang sedikit agak berbau aroma review tentang Menjelajahi Pertokoan Permata Cahaya Bumi Selamat Martapura, yaitu salah satu Pusat Penjualan Batu Intan Permata serta Batu Mulia Terbesar di Kalimantan Selatan, yang sudah sangat terkenal hingga ke seluruh dunia , biasa juga disebut dengan nama Pertokoan Permata CBS Martapura.

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN

Meskipun saya sudah berapakali berkunjung ke Kota  Martapura, namun rasanya saya tidak pernah bosan. Karena setiap kali saya menginjakkan kaki di Kalimantan Selatan, saya selalu menyempatkan diri untuk mampir di Martapura, atau tepatnya di Pertokoan Permata CBS Martapura, sentra Perhiasan Intan Permata serta beragam batu mulia yang sudah menjadi ikon trademark Kota Martapura. Dan selalu saja saya menemukan sesuatu yang baru unik dan eksotik serta menimbulkan kekaguman yang luarbiasa bila saya berkeliling di dalam area Pertokoan Permata CBS Martapura tersebut.

Perlu kita ketahui Kota Martapura adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan – Indonesia. Kota ini juga dikenal sebagai Kota Santri, dan memang di kota ini kita bisa melihat aktifitas para santri yang selalu tampil dengan pakaian khas, berbaju putih-putih dan bersarung , wara-wiri memenuhi Kota Martapura hampir setiap saat. Sehingga Kota Martapura sering juga disebut sebagai Kota Serambi Mekkah.

Yang lebih mengagumkan adalah, ternyata segala aktifitas kegiatan yang dilakukan di Kota Martapura ini selalu berlandaskan dalil sah yang dikutip dari Al Quran dan Al Haditz. Jadi tidak heran bila kita tiba di Pertokoan Permata CBS Martapura, kita akan melihat tulisan di dinding yang besar di depan Pertokoan Permata tersebut sebuah kutipan dari Surah Al Baqarah 275, yang berbunyi “ALLAH menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”...subhanallah.

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Suasana Di Sekitar Lokasi Pertokoan Permata CBS Martapura

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Toko Yang Menjual Aneka Kerajinan Rotan

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Aneka Baju Kaos Khas Kalimantan Selatan

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Aneka Dagangan Bingkai dan Frame Foto

Penduduk Kota Martapura mayoritas beragama Islam dan sebahagian adalah keturunan Arab. Ada satu peraturan yang wajib diikuti oleh setiap orang yang ingin membuka usaha atau berdagang di Kota Martapura, yaitu wajib mengikuti pelatihan tentang bagaimana melayani para pengunjung atau pelancong baik wisatawan lokal atau mancanegara sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya sikap atau perbuatan yang dapat menimbulkan citra negative bagi penduduk asli Kota Martapura. Jadi tak heran bila setiap pengunjung Pertokoan Permata CBS Martapura selalu dilayani dengan penuh sopan santun sesuai adab Islam, apakah pengunjung-nya niat membeli atau tidak membeli, para pedagangnya senantiasa menghadirkan senyuman diwajah mereka.

Lokasi Pertokoan Permata CBS Martapura berada di Pusat Kota Martapura, berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Banjarmasin, tetapi kalau dari Kota Banjarbaru untuk mencapainya hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit bila menggunakan sepeda motor. Meskipun namanya Pertokoan Permata tapi ternyata bukan hanya intan permata dan batu mulia yang di jual di pertokoan itu. Di pertokoan itu ada juga di jual lampit, yakni sejenis tikar khas Kalimantan yang terbuat dari rotan, juga berbagai ragam kerajinan yang terbuat dari bahan baku rotan. Dimana para sahabat-sahibit blogger sedunia mengetahui, bahwa kerajinan rotan adalah salah satu kerajinan andalan masyarakat Kalimantan.

Kalau mau cari baju kaos khas Kalimantan Selatan buat oleh-oleh kita tak perlu jauh-jauh mencarinya, karena bisa juga di beli di Pertokoan Permata CBS Martapura ini. Dan toko-toko atau tenant yang menjual baju kaos asli Kalimantan Selatan ini ternyata cukup banyak jumlahnya. Harga yang ditawarkan-pun ternyata cukup murah meriah, sekitar dua puluh ribuan hingga tiga puluh ribuan perlembarnya. Kualitas kain kaosnya juga cukup tebal dan bagus, paslah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Saat menjelajahi Pertokoan Permata CBS Martapura yang terdiri dari sekitar delapan puluh tujuh toko yang terbagi dalam empat blok ini, kita kan menemukan beberapa toko yang melayani pembuatan frame atau bingkai foto. Dan dalam kios tersebut kelihatan sangat banyak pajangan foto dan hiasan kaligrafi yang telah berbingkai. Dari sekian banyak foto tersebut,ada beberapa foto-foto menampilkan sosok seorang ulama kharismatik dan sangat dikagumi serta dihormati di Kalimantan Selatan yang bernama Tuan Guru KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang biasa disebut Guru Ijai atau Guru Sekumpul.

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Aneka Camilan Khas Kalimantan Selatan

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Mandau - Senjata Asli Khas Kalimantan

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Berpose Sejenak Di Depan Toko Yang Menjual Kain Sasirangan

Para sahabat-sahibit blogger sedunia sudah tahu yang namanya Amplang atau belum ??? Kalau sudah tahu, Alhamdulillah. Tapi kalau belum, maka saya akan beritahu. Amplang adalah makanan camilan tradisionil asli Kalimantan sejenis dengan kerupuk. Terbuat dari campuran adonan tepung tapioka, rempah-rempah dan ikan Tenggiri. Rasanya sangat renyah serta gurih dan camilan khas ini sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan lokal ataupun mancanegara, terutama bagi pecinta Wisata Kuliner.

Bila berkunjung ke Kalimantan Selatan, rasanya belum bisa disebut berkunjung di Bumi Borneo ini kalau belum membeli atau mencicipi jajanan tradisionil khas Kalimantan berupa Amplang yang model dan bentuknya sungguh beraneka ragam. Tapi yang paling top serta paling popular adalah Amplang Kuku Macan. Dinamakan demikian konon karena bentuk-nya yang kecil-kecil dan sangat mirip dengan Kuku Seekor Macan. Apakah Kuku Macan bentuknya memang seperti itu, manalah saya tahu…jumpa dengan macan asli saja saya belum pernah mengalaminya .

Camilan khas Kalimantan ini juga bisa dibeli di Pertokoan Permata CBS Martapura. Selain Amplang ada juga oleh-oleh jajanan tradisionil asli Kalimantan lainnya, seperti Abon Ikan Saluang atau Ikan Gabus, Ikan Bilis Goreng Tepung, Dodol Kandangan, Minuman Dari Lidah Buaya serta masih banyak lagi. Yang pasti semuanya terasa nikmat terasa di lidah. Jadi tak menyesal bila membelinya. Yang sering membuat penyesalan muncul adalah ketika ingin membeli, tetapi uangnya sudah tidak ada cukup lagi.

Di Kalimantan Selatan, ada sejenis kain batik adat khas Suku Banjar di Kalimantan Selatan. Kain ini aslinya dibuat dengan menggunakan teknik tusuk jelujur kemudian benangnya ditarik untuk mengikat kainnya dan kemudian dicelup atau disapu dengan pewarna sehingga menghasilkan motif yang sangat khas bercorak aneka warna dengan garis-garis atau motif yang menawan.

Nama kain ini adalah Kain Sasirangan dan seperti yang lainya, kain ini juga bisa dibeli di Pertokoan Permata CBS Martapura. Kain ini cukup mudah dikenali dari bentuk dan motifnya, walau hanya sekilas melihat, sahabat-sahibit blogger sedunia bisa langsung menebak bahwa itu adalah kain batik khas Kalimantan Selatan.

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Suasana Dalam Toko Kalimantan Yang Padat dan Ramai

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Aneka Souvenir Dan Perhiasan Di Toko Kalimantan

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Aneka Jenis Batu Intan Permata Yang Dijual Di Pertokoan Permata CBS Martapura

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Aneka Jenis Cincin Berhiaskan Batu Intan Permata

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Batu Permata Kecubung Wungu Seberat 44,50 Kg

Sepertinya dari tadi yang diulas adalah Tikar Lampit, Baju Kaos Khas Kalimantan, Amplang, dan Kain Sasirangan ya. Lalu bagaimana dengan ulasan Intan Permata dan Batu Mulia-nya. Bukannya Pertokoan Permata CBS Martapura ini adalah pusat penjualan Batu Intan Permata serta Batu Mulia.

Sabar sabar sabar para penonton ets maksud saya para sahabat-sahibit blogger, sesungguhnya orang sabar itu disayang ALLAH. Seperti yang saya katakan sejak awal postingan ini, bahwa meskipun namanya Pertokoan Permata CBS Martapura, tetapi ternyata yang dijajakan di pertokoan ini terdiri dari berbagai jenis aneka ragam souvenir oleh-oleh khas Kalimantan yang semuanya sungguh menarik hati dan seperti magnet menarik uang dari dompet untuk membeli setiap souvenir tersebut, yang memang bentuknya sangat unik eksotik indah kebangetan.

Dari sekian banyak toko-toko yang ada di Pertokoan Permata CBS Martapura yang memiliki lahan parkir yang dapat menampung sekitar hampir empat ratusan mobil tersebut, ada satu toko yang sepertinya mengunjungi toko tersebut sudah menjadi ritual wajib setiap berkunjung ke Pertokoan Permata Cahaya Bumi Selamat Martapura, namanya Toko Kalimantan.

Di Toko Kalimantan hampir semua jenis hiasan batu mulia intan permata bisa kita temukan. Tokonya selalu ramai dan dipadati oleh para pengunjung yang datang untuk membeli atau hanya untuk melihat-lihat saja. Selain beraneka ragam batu mulia, di Toko Kalimantan juga terdapat Aneka Kerajinan Khas Kalimantan Selatan. Karena hampir semuanya sudah tersedia di toko tersebut, maka bagi pengunjung yang tidak mau repot-repot keliling area Pertokoan Permata CBS Martapura yang super luas, cukup berkunjung ke Toko Kalimantan tersebut yang memang serba lengkap, jadi seperti melakukan One Stop Shopping.

Selain Toko Kalimantan, masih banyak lagi toko-toko yang terdapat di Pertokoan Permata CBS Martapura yang menjual beraneka ragam batu mulia. Ada yang sudah dipadukan dengan aneka bentuk perhiasan, dan ada juga yang masih berupa batu murni. Ukurannya mulai dari yang paling kecil sebagai penghias anting-anting atau cincin serta aneka bentuk hiasan permata lainnya , hingga yang berukuran super besar. Bahkan saat saya berkunjung ke pertokoan ini pada tanggal 30 Maret 2013, saya melihat ada tiga Batu Permata Kecubung Wungu yang sizenya sangat besar dan belum diolah menjadi hiasan, karena masih menempel dalam sebuah batu yang keseluruhan isi batu itu berwujud kecubung wungu yang sudah jadi . Pada label yang tertempel di batu itu tertulis, bahwa satu buah Batu Permata Kecubung Wungu memiliki berat sebesar 44,50 kilogram…sungguh luarbiasa.

Bicara soal harga, sangat bervariasi, ada yang berharga Rp.20.000,- perbijinya . seperti Batu Onyx yang sudah dijadikan penghias cincin, dan ada juga yang berharga lima puluh juta per satu batu permata. Itu harga yang sempat saya dengar dari proses tawar menawar antara penjual dan calon pembelinya. Dan dengar-dengar kabar, ada batu intan ukuran sebesar bola bekel yang harganya mencapai angka kisaran Tiga Milyar Rupiah..wow. Jadi saran bagi para sahabat-sahibit blogger sedunia, sebaiknya siapkan dana semaksimal mungkin bila hendak berkunjung ke Pertokoan Permata CBS Martapura, karena pertokoan ini ibarat magnet, yang memiliki daya tarik sangat besar sehingga berpotensi mempengaruhi otak pikiran untuk mengeluarkan uang dari dompet buat membelanjakannya sepuas hati.

Bagi yang tak kuat iman dan tak tahan godaan saat melihat kilauan intan permata, maka waspada dan selalulah waspada, bisa-bisa uang untuk membeli tiket pesawat terbang buat pulang ke kampung asal, habis terpakai buat membeli perhiasan yang memang keindahannya sangat memukau mata. Kalau saya sich, hanya sebatas melakukan Windows Shopping saja, karena memang saya lebih menikmati pemandangan visual pajangan ragam batu permata, Zamrud, Safir, Merah Delima, Akik, Kecubung dan Berlian serta banyak lagi Batu Mulia lainnya  yang kilau keindahannya sangat memanjakan mata di Pertokoan Permata CBS Martapura, juga dikarenakan saya memang tidak memiliki uang  untuk membeli perhiasan batu intan permata tersebut… ahhhaayyyyy ketahuan dech.

Ini ada tips dan trik berburu intan permata buat para sahabat-sahibit blogger sedunia yang hendak berburu intan permata di Kota Martapura, yaitu harus bertanya secara langsung tanpa perantara kepada pemilik toko mengenai keaslian intan permata yang akan dibeli. Karena bagi orang awam, sulit membedakan mana yang kelas satu dan mana yang bukan, kecuali bila intan permata tersebut dicek dengan alat yang hanya dimiliki oleh sang pemilik toko.

Jika tidak bertanya mengenai keasliannya, maka oleh pemilik toko akan menyebutkan bahwa semua intan permata jualannya adalah barang kelas satu, meskipun niat sebenarnya bukan hendak menipu. Biasalah pedagang, selalu mengatakan jualannya adalah jualan nomor satu, ibarat semua kecap pasti nomor satu. Namun, bila diminta untuk mengecek keaslian intan permata itu, maka dengan senang hati pemilik toko akan melakukannya, karena memang niatnya bukan untuk menipu. Karena menipu itu adalah salah satu perbuatan haram dan sangat terlarang yang tidak pernah dilakukan oleh para pemilik toko yang ada di Pertokoan Permata CBS Martapura.

Nah, bila ternyata setelah dicek ternyata intan permata itu bukan barang kelas satu, maka tentunya harganya akan disesuaikan dengan kualitas barang tersebut. Namun bila ternyata intan permata-nya terbukti barang kelas satu, maka harga-nya bisa menjadi selangit dan sulit untuk membuatnya menjadi turun harga. Ada barang ada harga-kan.

Pertokoan Permata CBS MARTAPURA KALIMANTAN SELATAN
Para Pedagang Permata Kaki Lima Sedang Menawarkan Dagangan-nya

Oh iya, di Pertokoan Permata CBS Martapura banyak juga terlihat ratusan orang-orang yang menjajakan batu permata dengan cara berkeliling ala Pedagang Kaki Lima, sambil membawa koleksi batu-nya dalam sebuah kotak yang akan ditawarkan kepada calon pembeli yang berminat. Masalah harga yang ditawarkan saya tidak tahu pasti, karena saya belum pernah bertransaksi langsung dengan mereka. Konon kabarnya mereka memang lebih senang berkeliling menjajakan dagangannya daripada harus menyewa toko. Tapi itulah yang membuat suasana Pertokoan Permata CBS Martapura menjadi salah satu pasar intan permata yang terunik di dunia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Bila berkunjung ke Kalimantan Selatan, rasanya memang kurang engkap sempurna bila belum mengunjungi Pusat Penjualan Batu Permata Cahaya Bumi Selamat Martapura.

Sekedar saran lagi buat para sahabat-sahibit blogger, yang berniat hendak berbelanja batu permata di Pertokoan Permata CBS Martapura salah satu pertokoan permata terbesar di Asia Tenggara, hendaknya selalu bersikap hati-hati dan senantiasa waspada. Apalagi bila membawa uang dalam jumlah yang cukup besar. Meskipun pedagang-pedagang di Pertokoan Permata CBS Martapura terkenal akan kejujurannya, namun bukan itu yang kita kuatirkan. Tapi yang perlu diwaspadai adalah para pengunjung yang datang dari berbagai daerah, yang tentunya kita tidak bisa menebak apakah mereka datang sebagai wisatawan atau datang dengan maksud lain.

Yang pasti kita perlu ekstra hati-hati menjaga harta benda kita selama berada di Pertokoan Permata CBS Martapura, apalagi ditempat-tempat yang sangat ramai dan padat pembeli, sehingga harus berdesak-desakan,  seperti kata Bang Napi, kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelaku tetapi juga karena adanya kesempatan, waspadalah waspadalah. [hw042013]

Category : , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

41 komentar

  1. Anonymous says:

    Terimakasih Pak sudah berbagi. Saya jadi tahu ko disi pasar permata Martapura dan tips belanja di sana.:)

  2. aku kalah saa pak hariyanto neh
    bolak balik lewat martapura tapi belu pernah kesampean mampir
    padahal pengen sekali kali kalo mau cuti cari oleh oleh
    susahnya penerbangan ke jogja itu jam 6 pagi
    jadinya lewat martapura selalu sebelum subuh
    thks tipsnya pak siapa tau suatu saat keturutan bisa kesitu

  3. batu permata memang sudah menjadi trademark Kota Martapura. walau namanya sudah sering saya dengar, tappi baru kali ini dapat info yang nyaris sempurna..

    keep share. bongkar semua ased kalimantan sob. dunia berhak mengetahui dan mengunjungi

  4. Martapura, petrodollarnya kalimantan ya bang?
    saya mah terinspirasi, andai bisa pasok Ubi Cilembu kesana, sepertinya bisa buming deh.
    saya pengen punya koleksi Mandau nya ih

  5. met siang mas wah jadi di daerah kalimantan itu gudangnya emas dan intan'y mas trmksih dah berbagi pengalamnya mas

  6. traveling-traveling GO..GO..GO...jadi ngiri dech ama bang haryanto :)

  7. batu permatanya mahal ya yg asli , pengen punya, tp lo jatuh pecah ga cantik dan ga laku lagi,, mau ke sana ko jauh ya

  8. sebanarnya kalau dilihat dari banyaknya pedagaang kain,sepintas mirip di tanah abang,namun perbedaannya banyak sekali yang menjual batu-batu permata khas kalimantan,yang paling khas senjatanya itu saya juga pernah punya senjata mandau,karena saya pernah lanma di kalimantan.

  9. martapura negeri istri saya namun saya belum pernah kesana pakwawa jadi pingin kesana

  10. pernah dapat oleh2 permata dari martapura dr saudara. katanya murah2 di bandingkan dengan jawa. apa bener pak?

  11. waduh, kalo jalan-jalan kesitu kayanya harus bawa uang banyak yah, takut kepincut sama permatanya....

  12. Keren daeng perjalannya... jadi pengen ikut tai saya banyak kerjaan... dan tidak ada uang... jiahahaha

  13. masya allaah, kupasannya kompre banget. mantepp Mas.
    ini kegiatan serangkaian dengan saat Mas Hary ke pasar Apung Muara Kuin bukan? soalnya kalo saya, biasanya satu rangkaian kegiatan tuh Mas.

    Saya beli beberapa intan dan berlian di situ. iseng-iseng saya cek di Jakarta. ternyata harganya memang bisa berlipat2 di Jakarta Mas.
    kalo mau bisnis permata di Jakarta, asyik banget tu beneran, hehe

  14. Wah jadi pengen ke martapura!! padahal deket tuh dengan kalimantan barat wong satu pulau hehe. Oiya mas kali2 berkunjung juga dong ke kalimantan barat,walupun cuacanya panas ekstream tapi oke juga tuh buat dikunjungi

  15. Wah Bener2 gudangnya pernak pernik ya di martapura

  16. wahhh...cantik2 permata itu....teringin pula nak ke sana..

  17. wah cantik2 yaa permata nya gan

  18. ikut menjelajah juga :D

  19. komentarku masuk spam ke'nya bang...maaf y

  20. martapura oh martapura, sudah hampir 6 bulan di kalimantan timur seh, hehee, tp blm sempet bisa kesono, btw bagus juga ya kalau pelatihan pedagang di terapkan di daerah lain, keren deh ulama sana. baru tahu juga kalau julukannya sama dengan kota aceh ya, owww ... batik itu tuh ygsaya cari, wah kudu kesono ini mah ... thanks sob reviewnya, bisa buat panduan ini :)

  21. Disamping poto-poto propilnya,inilah yang membuat ane kagum akan Martapura. Kota yang mewajibkan mengikuti pelatihan bagi para pedagar atau saudagarnya.Mantap sekali.
    Makasih banyak infonya,salam hangat and tentunya salam erat persahabatan.

  22. Martapura kota santri? Subhanallah... selama ini yang ada dipikiran saya itu kalau Kalimantan penduduknya kebanyakan dari suku dayak, jadi minimal mayoritas masih menganut animisme atau dinamisme. Tidak disangka! Ternyata memang harus banyak menjelajah ya, jadi selain refreshing pikiran juga menambah wawasan semakin luas. Dan bukan hanya permata menurut saya daya tariknya kalau begitu, tapi juga kebudayaan penduduknya yang seperti bapak bilang banyak keturunan Arabnya. Hmmm, so exited membayangkan perpaduan antara kebudayaan itu pak. Semoga suatu saat bisa kesana juga (^_^)/

  23. Gpp Admin blognya lebay gitu :)
    emang ya kalo kita lama gak update blog, kita jadi kangen, seakan akan blog ini udah menjado orang kesayangan.

    saya bisa liat di poto nya itu camilan khas Kalimantan adalah Amplang, Kal_Tim juga ada.

  24. Martapura terkena dengan batu-batunya ya pak

  25. selama 4 th di kalteng belum sekalipun ke martapura,,, memang disana islamnya masih sangat kental, tak heran kalau di toko2 bnyk terdapat tulisan arab yang berupa ayat al-Qur'an atau al-hadis,,, dan biasanya juga suka terpajang foto kyai sekumpul,,,

    Disini pun di kalteng, di toko2 milik suku banjar (banjarmasin) pasti sering terpampang kutipan ayat2 al-Qur'an / hadis,, dan tak banyak juga dipajang foto kyai sekumpul martapura sebagai wujud penghormatan kepada alim ulama setempat.

  26. R10 says:

    kalau tikar khas kalimantan berhias permata ada yg jual juga? :D

  27. .. bagi^ amplang nya donk pak. he..86x ..

  28. amplang itu sejenis kerupuk ikan ya pak..? saya pernah lihat liputan tentang amplang di tv.

  29. Sudah lama Martapura terkenal sebagai penghasil permata atau kota permata.
    namun seperti apa saya tak paham..., belum pernah ke sana Mas....

  30. wiih bnyk pernak pernik nya :D

  31. mas kerjaan nya jalan-jalan mulu yah? hehhe

  32. Jadi pengen ikut. Hehehe

  33. Andy says:

    kalau beli batu batu mulia, mending langsung ke ANTAM, soalnya lebih murah & ada sertifikat'a :)

  34. OWH mARTAPURA YA. Belum pernah kesana sob, ,,,

    @Kunjungan perdana sobat, FOllow sukses !!

  35. asik banget bisa jalan2 kesana :)

  36. MasyaAllah... Inddonesia memang sangat kaya dg beragam sumber dayanya. Sptnya memang asyik bgt ya pak bisa jalan-jalan ke Martapura, smoga suatu saat ada kesempatan utk menginjakkan kaki di martapura, khususnya ke pusat pertokoan permata. Sptnya brg2 disana sangat indah. Thx pak Hari atas sharingnya, sungguh menambah wawasan akan kekayaan negeri ini....

  37. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Senang dapat bersapa lagi. Wah... sungguh mengujakan segala barangan yang dijual di sini. Memang bagus sebagai tempat singgahan berwisata. Ternyata banyak sekali hasil negara yang bisa diadun menjadi barangan niaga yang menguntungkan.

    Mudahan bisa ke sana suatu hari nanti dan melihat sendiri budaya dan tradisi di Indonesia.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

    SITI FATIMAH AHMAD

  38. lengkap sekali dokumentasi nya kang hari, khusus buat kita2 para pembaca, batu permatanya lengkap juga

  39. kota yg sngat mnarik, begelimang dg permata, lebih salut lagi dg karakter Islaminya yg sangat kuat..

  40. baru aja muncul homepage udah dikejutkan dengan kata Martapura, loh martapura? deket dong hehehe saya di banjarbaru pak

New comments are not allowed.

41 komentar

  1. Anonymous says:

    Terimakasih Pak sudah berbagi. Saya jadi tahu ko disi pasar permata Martapura dan tips belanja di sana.:)

  2. aku kalah saa pak hariyanto neh
    bolak balik lewat martapura tapi belu pernah kesampean mampir
    padahal pengen sekali kali kalo mau cuti cari oleh oleh
    susahnya penerbangan ke jogja itu jam 6 pagi
    jadinya lewat martapura selalu sebelum subuh
    thks tipsnya pak siapa tau suatu saat keturutan bisa kesitu

  3. batu permata memang sudah menjadi trademark Kota Martapura. walau namanya sudah sering saya dengar, tappi baru kali ini dapat info yang nyaris sempurna..

    keep share. bongkar semua ased kalimantan sob. dunia berhak mengetahui dan mengunjungi

  4. Martapura, petrodollarnya kalimantan ya bang?
    saya mah terinspirasi, andai bisa pasok Ubi Cilembu kesana, sepertinya bisa buming deh.
    saya pengen punya koleksi Mandau nya ih

  5. met siang mas wah jadi di daerah kalimantan itu gudangnya emas dan intan'y mas trmksih dah berbagi pengalamnya mas

  6. traveling-traveling GO..GO..GO...jadi ngiri dech ama bang haryanto :)

  7. batu permatanya mahal ya yg asli , pengen punya, tp lo jatuh pecah ga cantik dan ga laku lagi,, mau ke sana ko jauh ya

  8. sebanarnya kalau dilihat dari banyaknya pedagaang kain,sepintas mirip di tanah abang,namun perbedaannya banyak sekali yang menjual batu-batu permata khas kalimantan,yang paling khas senjatanya itu saya juga pernah punya senjata mandau,karena saya pernah lanma di kalimantan.

  9. martapura negeri istri saya namun saya belum pernah kesana pakwawa jadi pingin kesana

  10. pernah dapat oleh2 permata dari martapura dr saudara. katanya murah2 di bandingkan dengan jawa. apa bener pak?

  11. waduh, kalo jalan-jalan kesitu kayanya harus bawa uang banyak yah, takut kepincut sama permatanya....

  12. Keren daeng perjalannya... jadi pengen ikut tai saya banyak kerjaan... dan tidak ada uang... jiahahaha

  13. masya allaah, kupasannya kompre banget. mantepp Mas.
    ini kegiatan serangkaian dengan saat Mas Hary ke pasar Apung Muara Kuin bukan? soalnya kalo saya, biasanya satu rangkaian kegiatan tuh Mas.

    Saya beli beberapa intan dan berlian di situ. iseng-iseng saya cek di Jakarta. ternyata harganya memang bisa berlipat2 di Jakarta Mas.
    kalo mau bisnis permata di Jakarta, asyik banget tu beneran, hehe

  14. Wah jadi pengen ke martapura!! padahal deket tuh dengan kalimantan barat wong satu pulau hehe. Oiya mas kali2 berkunjung juga dong ke kalimantan barat,walupun cuacanya panas ekstream tapi oke juga tuh buat dikunjungi

  15. Wah Bener2 gudangnya pernak pernik ya di martapura

  16. wahhh...cantik2 permata itu....teringin pula nak ke sana..

  17. wah cantik2 yaa permata nya gan

  18. ikut menjelajah juga :D

  19. komentarku masuk spam ke'nya bang...maaf y

  20. martapura oh martapura, sudah hampir 6 bulan di kalimantan timur seh, hehee, tp blm sempet bisa kesono, btw bagus juga ya kalau pelatihan pedagang di terapkan di daerah lain, keren deh ulama sana. baru tahu juga kalau julukannya sama dengan kota aceh ya, owww ... batik itu tuh ygsaya cari, wah kudu kesono ini mah ... thanks sob reviewnya, bisa buat panduan ini :)

  21. Disamping poto-poto propilnya,inilah yang membuat ane kagum akan Martapura. Kota yang mewajibkan mengikuti pelatihan bagi para pedagar atau saudagarnya.Mantap sekali.
    Makasih banyak infonya,salam hangat and tentunya salam erat persahabatan.

  22. Martapura kota santri? Subhanallah... selama ini yang ada dipikiran saya itu kalau Kalimantan penduduknya kebanyakan dari suku dayak, jadi minimal mayoritas masih menganut animisme atau dinamisme. Tidak disangka! Ternyata memang harus banyak menjelajah ya, jadi selain refreshing pikiran juga menambah wawasan semakin luas. Dan bukan hanya permata menurut saya daya tariknya kalau begitu, tapi juga kebudayaan penduduknya yang seperti bapak bilang banyak keturunan Arabnya. Hmmm, so exited membayangkan perpaduan antara kebudayaan itu pak. Semoga suatu saat bisa kesana juga (^_^)/

  23. Gpp Admin blognya lebay gitu :)
    emang ya kalo kita lama gak update blog, kita jadi kangen, seakan akan blog ini udah menjado orang kesayangan.

    saya bisa liat di poto nya itu camilan khas Kalimantan adalah Amplang, Kal_Tim juga ada.

  24. Martapura terkena dengan batu-batunya ya pak

  25. selama 4 th di kalteng belum sekalipun ke martapura,,, memang disana islamnya masih sangat kental, tak heran kalau di toko2 bnyk terdapat tulisan arab yang berupa ayat al-Qur'an atau al-hadis,,, dan biasanya juga suka terpajang foto kyai sekumpul,,,

    Disini pun di kalteng, di toko2 milik suku banjar (banjarmasin) pasti sering terpampang kutipan ayat2 al-Qur'an / hadis,, dan tak banyak juga dipajang foto kyai sekumpul martapura sebagai wujud penghormatan kepada alim ulama setempat.

  26. R10 says:

    kalau tikar khas kalimantan berhias permata ada yg jual juga? :D

  27. .. bagi^ amplang nya donk pak. he..86x ..

  28. amplang itu sejenis kerupuk ikan ya pak..? saya pernah lihat liputan tentang amplang di tv.

  29. Sudah lama Martapura terkenal sebagai penghasil permata atau kota permata.
    namun seperti apa saya tak paham..., belum pernah ke sana Mas....

  30. wiih bnyk pernak pernik nya :D

  31. mas kerjaan nya jalan-jalan mulu yah? hehhe

  32. Jadi pengen ikut. Hehehe

  33. Andy says:

    kalau beli batu batu mulia, mending langsung ke ANTAM, soalnya lebih murah & ada sertifikat'a :)

  34. OWH mARTAPURA YA. Belum pernah kesana sob, ,,,

    @Kunjungan perdana sobat, FOllow sukses !!

  35. asik banget bisa jalan2 kesana :)

  36. MasyaAllah... Inddonesia memang sangat kaya dg beragam sumber dayanya. Sptnya memang asyik bgt ya pak bisa jalan-jalan ke Martapura, smoga suatu saat ada kesempatan utk menginjakkan kaki di martapura, khususnya ke pusat pertokoan permata. Sptnya brg2 disana sangat indah. Thx pak Hari atas sharingnya, sungguh menambah wawasan akan kekayaan negeri ini....

  37. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Senang dapat bersapa lagi. Wah... sungguh mengujakan segala barangan yang dijual di sini. Memang bagus sebagai tempat singgahan berwisata. Ternyata banyak sekali hasil negara yang bisa diadun menjadi barangan niaga yang menguntungkan.

    Mudahan bisa ke sana suatu hari nanti dan melihat sendiri budaya dan tradisi di Indonesia.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

    SITI FATIMAH AHMAD

  38. lengkap sekali dokumentasi nya kang hari, khusus buat kita2 para pembaca, batu permatanya lengkap juga

  39. kota yg sngat mnarik, begelimang dg permata, lebih salut lagi dg karakter Islaminya yg sangat kuat..

  40. baru aja muncul homepage udah dikejutkan dengan kata Martapura, loh martapura? deket dong hehehe saya di banjarbaru pak

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend