Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Hariyanto Wijoyo | 86 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia, dimanapun kalian beraktifitas dalam kehidupan ini. Pernahkah sahabat-sahibit blogger mendengar tentang istilah Cave Tubing ??? Cave berarti Goa dan Tubing, diambil dari kata Tube yang berarti Celana Ban Dalam, kalau kalian pernah menonton film action superhero yang diangkat dari komik berjudul Batman The Dark Knight Rises, maka di dalam film itu ada sebutan Batcave atau Goa Kelelawar tempat Batman mempersiapkan segala peralatan-nya, termasuk mobil-nya sebelum beraksi.

Lalu apakah Cave Tubing berarti Goa Ban Dalam. Ternyata bukan itu maknanya. Karena arti sebenarnya Cave Tubing kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah sebuah kegiatan menyusuri atau menjelajahi goa dengan menggunakan ban dalam. Tentunya goa tersebut haruslah mempunyai aliran sungai, agar ban dalam-nya bisa berfungsi dan kita bisa bergerak menyusuri aliran sungai yang ada di dalam Goa. Karena kalau tidak ada aliran sungainya, maka para sahabat-sahibit hanya duduk di atas ban dalam yang tidak bakalan bergerak-gerak. Dan aktifitas yang bisa dilakukan dalam goa palingan duduk santai sambil minum kopi.

Kali ini saya akan berbagi kisah mengenai pengalaman-ku bersama rekan-rekan kantor saat melakukan aktifitas wisata sungai sekaligus wisata goa, yaitu Cave Tubing di Goa Pindul.

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran Satu, Desa Beringharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Tentunya di Negara Indonesia yang sama-sama kita cintai. Kalau menggunakan GPS, maka kita akan menemukan Goa Pindul terletak pada Koordinat GPS S7°55'42" E110°38'53" atau bisa juga dengan memasukkan koordinat -7.928505,110.647902.

Goa Pindul terbagi atas tiga zona, yaitu zona terang yakni saat pertama kali memasuki goa atau akan keluar dari Goa, kemudian zona remang ketika sudah di dalam goa dan masih bisa melihat cahaya dari mulut goa. Dan yang terakhir adalah zona gelap, yaitu zona di mana cahaya tidak bisa sampai sehingga benar-benar gelap gulita. Goa ini memiliki aliran sungai yang panjangnya sekitar 350 meter dengan lebar sungai mencapai lebar maksimal lima meter. Kedalaman air sungai antara 5 meter hingga 12 meter. Dan jarak antara langit-langit goa dengan permukaan air sungai dalam Goa Pindul adalah sekitar 4 meter. Dan waktu tempuh menyusuri sungai di dalam Goa Pindul adalah sekitar 45 meneit. Sebagai salah satu tempat wisata goa sekaligus wisata sungai yang cukup terkenal bagi penikmat wisata yang bisa memacu adrenalin , sepertinya Cave Tubing Goa Pindul bisa menjadi pilihan. Tapi apakah benar memang bisa memacu adrenalin, kita lihat saja nanti.

Begitu saya dan rombongan tiba di kilometer 0 lokasi Goa Pindul, kami sudah diarahkan oleh pengelola tempat wisata Cave Tubing Goa Pindul untuk menggunakan perlengkapan yang di sediakan, yaitu pelampung dan sepatu karet. Pelampung yang kami gunakan berwarna merah, dan sepatu karetnya berwarna hitam. Namun ternyata bisa juga tidak menggunakan sepatu karet, boleh juga menggunakan sandal atau alas kaki lainnya, yang penting terbuat dari bahan yang anti air. Bahkan bisa juga bertelanjang dada kaki, alias tidak memakai alas kaki apapun.

Bagi pengunjung yang sedang datang bulan atau sedang berada di bulan merah dan ingin ikut menjelajahi sungai di Goa Pindul tersedia perlengkapan tambahan, berupa pakaian semacam katelpak yang berwarna merah. Ini sebagai tanda bahwa mereka sedang kedatangan tamu istimewa. Dan ini hanya berlaku untuk pengunjung wanita saja, dan bagi kaum lelaki sangat tidak diperbolehkan menggunakan pakaian tersebut. Kalau ada lelaki yang nekat menggunakannya, maka harus segera diperiksa oleh dokter gynecolog, apakah benar dia datang bulan atau tidak.

Kalau pemandu wisata goa-nya lain lagi pakaiannya. Pelampungnya berwarna biru, ada yang menggunakan pakaian mirip pakaian ketat penyelam berwarna hitam, dan ada juga yang hanya bercelana pendek serta berkaos lengan panjang warna merah. Dan semuanya menggunakan headlamp di kepalanya.

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Saya Dan Sebagian Rombongan Berfoto Narsis Sebelum Menjelajahi Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Pakaian Khusus Wanita Yang Sedang Mendapat Tamu Istimewa

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Para Pemandu Wisata Sungai Plus Wisata Goa Pindul

Setelah selesai mengenakan perlengkapan, maka rombongan harus berjalan kaki menuju ke lokasi Cave Tubing Goa Pindul yang jaraknya tidak terlalu jauh, waktu tempuhnya mungkin hanya sekitar 2 menit perjalanan, karena memang sarana transportasi darat seperti mobil dan motor dilarang mengantarkan rombongan, dan juga disebabkan tidak ada jalan tembus yang bisa di lalui oleh kendaraan tersebut menuju ke lokasi Goa Pindul., jadi ya tetap jalan kaki dech :-)

Di tengah perjalanan, kami mampir untuk mengambil celana ban dalam sebagai salah satu perlengkapan yang sangat vital. Ban dalam ini masing-masing harus di bawa sendiri oleh orang yang akan memakainya. Ban dalam tersebut berukuran besar, mungkin ban dalam dari ban traktor, dan beratnya lumayan juga ringannya. Dan setelah berjalan beberapa saat menyusuri jalan menanjak dan menuruni tangga, akhirnya kami sampai juga ke tepian sungai di lokasi Goa Pindul. Sebelum tiba di tepi sungai, ada sebuah prasasti yang menyambut kami. Di mana dalam prasasti yang dibuat oleh mahasiswa KKN UGM Tahun 2011 tersebut berisikan kisah asal mula nama Goa Pindul.
Ternyata asal usul nama Goa Pindul itu berawal dari saat utusan Panembahan Senopati Mataram bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan hendak membuang seorang bayi laki-laki hasil hubungan gelap putir panembahan senopati, tetapi sebelum dibuang, bayi tersebut dimandikan terlebih dahulu di dalam goa. Ketika proses memandikan itu berlangsung, tiba-tiba pipi sang bayi terbentur batu. Karena peristiwa itu maka goa itu akhirnya dinamakan Goa Pindul. Pindul dari kata Pipi Kebendhul atau Pipi yang terbentur. Wah..ternyata bersejarah sekali ya asal usul nama Goa Pindul.

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Berjalan Kaki Menuju Lokasi Cave Tubing Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Memanggul Sendiri Ban Dalam Yang Akan Digunakan Untuk Cave Tubing Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Oke, lanjut kisah lanjut cerita, akhirnya saya dan rombongan tiba di tepian sungai di depan Goa Pindul. Dan sebelum memulai aktifitas cave tubing goa pindul kami berkumpul menjadi satu mendengarkan wejangan dan nasihat-nasihat serta arahan dari pemandu wisata goa plus wisata sungai yang akan kami jelajahi. Inti dari wejanagan itu adalah, bahwa rombongan akan memasuki lokasi yang bisa dibilang sangat aman, namun bisa juga menjadi sangat berbahaya. Itu semua tergantung dari bagaimana sikap rombongan selama berada di dalam goa. Apabila rombongan bersikap baik selama menyusuri sungai, maka dijamin semua akan aman. Namun bila rombongan ternyata bersikap kurang ajar, maka keamanan tidak terjamin. Namun pemandu tetap menjamin bahwa semuanya akan menjadi aman terkendali, selama menjelajahi sungai di dalam Goa Pindul dengan menggunakan celana ban dalam. Karena sesungguhnya ada ALLAH SWT yang senantiasa bersama kita dan selalu melindungi setiap hamba-NYA yang selalu menyandarkan diri hanya kepada-NYA.

Lalu kamipun berdoa bersama, memohon perlindungan kepada ALLAH SWT selama melakukan penjelajahan sungai di Goa Pindul. Seusai berdoa, maka aktifitas Cave Tubing Goa Pindul-pun dimulai. Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, satu persatu anggota rombongan masuk ke dalam sungai. Terlebih dahulu ban dalam di lempar ke dalam sungai dengan posisi pentil-nya menghadap ke bawah. Agar bokong tersebut aman saat menduduki ban dalam tersebut. Ban dalam tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan susunan karet yang bersilang di tengah ban, sehingga nyaman saat di duduki.

Di kiri kanan ban dalam, ada semacam pegangan yang berfungsi sebagai pegangan bagi rombongan. Jadi aturannya adalah, saya memegang pegangan ban dalam yang terdapat pada ban dalam anggota rombongan yang berada di kiri kanan saya, dan anggota rombongan di kiri kanan saya juga memegang pegangan yang terdapat pada ban dalam saya. Demikian seterusnya, sehingga membentuk rantai rombongan yang panjang, yang dengan semdirinya akan saling menarik ban dalam yang kami naiki, bilamana ban dalam anggota rombongan terdepan di tarik oleh pemandu sungai atau pemandu goa tersebut. Dan ini juga melambangkan persatuan dan kerja sama di antara sesame anggota rombongan. Kalau kerjasamannya baik, maka rombongan akan saling tarik menarik menyusuri sungai dalam Goa Pindul dengan teratur . Namun kalau salah satu anggota rombongan ternyata tidak mau ikut aturan, mau menang sendiri dan melepaskan pegangannya, maka praktis rombongan akan kacau balau saat menyusuri sungai. Ide yang Luarbiasa:-)

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Rombongan Foto Bareng Sebelum Melakukan Cave Tubing Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Mendengarkan Arahan Dari Pemandu
Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Satu per Satu Masuk Ke Dalam Sungai

Dan penjelajahan-pun di mulai. Aliran air sungai Goa Pindul sangatlah tenang, sehingga aktifitas Cave Tubing Goa Pindul ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun air yang tenang bukan berarti tak berbahaya, karena air beriak tanda tak dalam, dan air yang tenang berarti sangat dalam. Perlahan-lahan tapi pasti kami saling tarik menarik memasuki Goa Pindul. Awalnya memang terasa menyeramkan, apalagi bagi yang pertama kali berkunjung ke Goa Pindul. Pintu masuk goa nampak sangat rendah bila dilihat dari luar, namun kemudian terdengar suara tetesan air saat sudah berada di dalam goa yang terasa sunyi, hawanya sejuk sehingga semua terasa menyenangkan , apalagi saat menikmati keindahan stalagtikt dan stalagmit yang ada di dalam goa.

Sebelum kita lanjutkan, perlu sahabat-sahibit blogger mengetahui apakah itu yang dimaksud dengan Stalagtit dan stalagmit. Stalagtit yaitu batu kapur yang muncul dan tumbuh dari bagian atas langit-langit goa menuju ke dasar goa, sedangkan stalagmit tumbuh dari dasar goa ke atas permukaan goa.

Dalam Goa Pindul kita akan menemukan sebuah stalagtit yang sangat besar yang sudah menyatu dengan stalagmit, konon saking besarnya butuh sekitar lima orang untuk bisa memeluk-nya tersebut secara melingkar. Karena besarnya itu stalagtit ini masuk dalam peringkat 4 stalagtit terbesar di dunia, sehingga stalagtit ini dijuluki Soko Guru.

Bagi yang menyukai mitos, Goa Pindul juga terkenal dengan mitos air awet muda. Saat menjelajahi aliran sungai di dalam goa, kita akan menemukan stalagtit yang masih aktif yang sering dijuluki stalagtit Mutiara, ini bisa di lihat dari masih adanya tetesan air yang membentuk stalagtit tersebut, konon kabarnya tetesan air tersebut apabila bisa terkena wajah atau menampung airnya di tangan kemudian diusapkan ke wajah, maka bisa membuat awet muda dan menambah kecantikan.

Nah, bagi para sahabat-sahibit lelaki blogger se-dunia jangan kuatir, ada juga stalagtit perkasa yang berbentuk lingga, yang konon dipercaya mempunyai keampuhan menambah stamina dan vitalitas sehingga sanggup menjadi pejantan tangguh. Caranya, cukup dengan mengusahakan agar ada anggota tubuh yang terkena tetesan airnya, maka pengaruhnya akan segera terasa. Apanya yang terasa saya juga kurang paham, karena pada saat itu yang terasa hanyalah air sungai yang terasa dingin ha ha ha :-D
Mengapa hanya dianjurkan agar wajah atau tubuh terkena tetesan air yang menetes dari stalagtit, dan tidak di sarankan untuk menyentuhnya. Karena memang stalagtit dan stalagmit itu seharusnya tidak boleh disentuh. Sebab stalagtit dan stalagmite membutuhkan waktu proses yang sangat lama sehingga bisa terbentuk seperti yang kita lihat. Stalagtit dan stalagmit diketahui mengandung senyawa CaCO3, sehingga bila tersentuh oleh tangan kita yang mengandung zat asam maka akan memicu reaksi kimia yang bisa membebaskan ion kalsium, sehingga bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan stalagtit dan stalagmite tersebut. Dengan kata lain kita telah menghancurkan suatu proses alam yang bisa menghasilkan maha karya yang sangat indah.

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Saat Rombongan Cave Tubing Mendekati Pintu Masuk Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Memasuki Pintu Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Paling Belakang Adalah Stalagtit Yang Termasuk  dalam 4 Besar Dunia

Sepertinya tempat-tempat wisata selalu dipenuhi dengan unsur-unsur mitos. Apakah ini memang di sengaja untuk menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang akan mengunjunginya, ataukah memang sudah terbukti..wallahualam. Namun dibalik semua itu, Goa Pindul memang sangat menakjubkan. Kalau selama ini kita disuguhi keindahan alam, berupa pemandangan gunung, sawah dan pantai. Ternyata keindahan bebatuan dalam Goa Pindul juga tak kalah indahnya…subhanallah.

Selain stalagtit dan stalagmit, kita juga disuguhi pemandangan indah dari ornament-ornament yang terbentuk secara alamiah pada dinding Goa Pindul. Ornament itu bagaikan maha karya lukisan alam yang luarbiasa. Di langit-langit goa nampak kelelawar-kelelawar yang sedang bergantungan, ini menunjukkan bahwa Goa Pindul adalah goa yang hidup, karena memiliki habitat tersendiri bagi mahluk hidup yang berada di dalam nya.

Ditengah keasyikan melakukan aktifitas Cave Tubing Goa Pindul. tiba-tiba suasananya berubah menjadi tegang mencekam. Sambil menoleh kekiri dan kekanan bertanya kepada anggota rombongan lainnya mencoba mencari tahu apa yang terjadi, namun mereka juga tak tahu. Rombongan tiba-tiba terhenti di tengah perjalanan, sambil berbaring di atas ban dalam , terapung-apung di atas permukaan air sungai yang kedalamannya mencapai belasan meter,,tidak bergerak sama sekali, tentunya membuat kami merasa was-was. Suara-suara yang semula ramai menghiasi saat terkagum-kagum menikmati keindahan alam goa pindul, tiba-tiba menjadi sunyi mencekam.

Pemandu-pemandu kami yang berjumlah beberapa orang juga terdiam. Perlahan mereka mencoba mengatur dan menata kembali rombongan yang ada. Dan terasa pelan-pelan, satu demi satu kami mulai bergerak perlahan, dan ohh rupanya rombongan mulai memasuki celah yang sangat sempit, sehingga harus berhati-hati melewatinya. Apalagi rombongan kami terdiri dari dua baris. Jadi harus ekstra hati-hati, kalau tidak hati-hati, resikonya kepala bisa terantuk dinding goa yang penuh dengan stalagtit , atau ban dalam yang kami gunakan bisa bocor serta sobek akibat tergores bebatuan dalam goa pindul. Perlahan tapi pasti rombongan kami mulai melewati celah sempit itu, dan akhirnya semua bisa melewatinya dengan selamat…Alhamdulillah.

Mendekati pintu keluar Goa Pindul, nampak sebuah lobang besar di langit-langit goa. Lobang itu sangatlah besar sehingga cahaya matahari pun menerobos ke dalam gpa melalui lobang itu. Oleh masyarakat, lobang itu di sebut Sumur Terbalik. Dan lobang itu sering digunakan sebagai sarana latihan oleh TIM SAR sebagai jalan masuk vertikal ke dalam Goa Pindul.
Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Kelelawar Sedang Bergantungan Di Langit-langit Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Salah Satu Ornament Alam dalam Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Tegang Mencekam Saat Melintasi Celah Sempit Dalam Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Tegang Mencekam Saat Melintasi Celah Sempit Dalam Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Lobang Besar Di Langit-Langit Goa Yang Di Sebut Sumur Terbalik

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Saat Hampir Mencapai Pintu Keluar Goa Pindul

Cave Tubing Goa Pindul Jogjakarta
Akhir Dari Petualangan Cave Tubing Goa Pindul

Tak terasa waktu berjalan terus, hingga saya dan rekan-rekan se kantor yang tergabung dalam rombongan PT. AWA sampai juga di pintu keluar goa, ini menandakan bahwa ekspedisi Cave Tubing Goa Pindul sudah mendekati titik akhir. Dan akhirnya saling siram menyiramkan air sungai antara anggota rombongan satu sama lainnya diirngi dengan gelak tawa canda ceria serta wajah-wajah yang menderita kepuasaan menutup kisah cerita perjalanan menyusuri aliran sungai sepanjang Goa Pindul.

Ternyata memang benar, Cave Tubing Goa Pindul, bisa menjadi salah satu alternatif wisata sungai dan wisata goa, yang tentunya juga bisa memacu adrenalin , kala menurut pendapat saya termasuk dalam kategori skala sedang, sehingga sangat membantu untuk melepaskan ketegangan selama beraktifitas dalam melakukan tugas-tugas kantor. Dengan tarif tiga puluh ribu per orang, saya rasa itu adalah harga yang cukup sepadan ditukar dengan pengalaman sensional yang tak akan terlupakan, diasuransikan lagi...enak to.

Apabila sahabat-sahibit blogger sedunia berminat ke Goa Pindul silahkan menghubungi nomor di bawah ini :
GOA PINDUL
SMS / WhatsApp : 085741973511
PIN BBM : 22ED27A3
Twitter @goapindul

Akhirul kata, cukup sampai di sini ulasan mengenai cave tubing goa pindul, semoga bisa bermanfaat bagi para sahabat-sahibit blogger se-dunia. Samapi jumpa di postingan selanjutnya…

Salama ki'
Keep Happy Blogging Alway mari’ ki’ di’…salam :-)

Category : , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

86 komentar

  1. tongkrongin dulu pintu masuk goa nya ah

  2. wa'alaiqumsalam.wr.wb.
    saya baru tau istilah ini, dan menggaris bawahi ketiga zona terang remang dan gelap, saya lebih senang di zona remang remang bang.

    liat gambarnya tak kirain cuman berapa orang gituh, pas gambrnya kebuka wuiih banyak banget.
    shalut dengan pemda setempat yang kreatif menjadikan goa ini, menjadi taman wisata...

  3. met siang menjelang sore mas. wah hpy2 terus,ni jadi kepengen heheh kapan2 mau donk di ajak xixixi

  4. Waalaikumsalam wr wb.Klo mampir kesini selalu di suguhi photo2 yang sungguh keren abis.Kayak nya asik juga ya klo wisata ke Goa pindul!Terimakasih informasinya sob

  5. Mas berebes mau ga saya ajak!?ke zona remang2!xixi..

  6. wa'alaikumsalaam warohmatullah.
    kang hari traveling terus rek enaknya...
    senssaisi naik ban dalam truk gandeng gimana gitu waktu kecil dl pas banjir. hehe
    gua nya asik juga ya kang sama seperti gua ngerong di tempatku ada kelelawarnya juga. trima kasih live reportnya

  7. seru banget pak, kalau masuk kesana harus bergandengan ya pak?
    Wah..jadi pingin nih, menimati wisata cave tubing goa pindul di jogja.
    tapi sayang ya pak, airnya keruh, sepertinya abis hujan yah?

  8. wisata yang sertu ya pak bisa masuk gua begitu. Saya agak takut sepertinya untuk masuk kesana :)

  9. Senangnya bisa mengikuti petualangan dalam wisata air

  10. ya ya ya akhiir admin blogs of hariyanto sepat ngerasain sensasi gua pindul yang eksotis itu. keliatannya kedatangan sobat bersamaan dengan tamu dari berbagai kota lainnya. terlihat begitu meriah dan mengesankan.

    btw - memang sensasi yang terjadi diantara seperti dua alam gua pindul itulah yang selalu ditnggu dan mendebarkan.. hmmm jadi ingin mengulang lagi dah lama juga ga main kesana..

    keep share.

  11. ternyata stalaktit dan stalakmit bisa terhambat pertumbuhannya jika terkena sentuhan tangan manusia ya....saya baru tahu nih pak...:)

  12. masya allah, takjub saya.
    keren abis Mas.
    ini bener2 belum pernah saya tau.
    OK ini alternatif buat saya Insya Allah seandainya pas ke Yogya.
    mantep banget.

  13. Wisata air dan goa...memang cocok buat para macho man...kaya bang hari nih....hehe :)

  14. wah asikk banget kayaknya ya mas, suasananya agak2 menantang gitu. tapi sayangnya di air saya gak bisa berenang, kira2 itu dalam gak ya mas airnya :D

  15. Wah asyik dan menyenangkan sekali petualanganya pak bos..

  16. biarpun pke ban dalam dan celana dalam basah, tapi asik juga lho

  17. Keren sekali Pak goanya... tapi utk bisa sampai kesana kudu jalan kaki yang lumayan jauh juga ya? Apalagi sambil nenteng2 bawa ban segede itu hehehe...
    BTW gak capek emangnya duduk di dalam ban dalam posisi spt itu?
    Tapi pengalamannya seru juga sih... :D

  18. seruuuuu...! tp btw ada yg kena tai kelelawar gk.., klo di Soppeng katax, klo ada org luar dijatuhi tai kelelawar itu prtanda jodohnya nti org Soppeng hehehe...

  19. Asyik juga pak kalau bisa kesana

  20. Subhanalloh... pemandangan di Gua Pindul bagus banget ya pak.... Petualangannya pasti jusa seru tuch :)

  21. wah ini wisata yang aneh, keren banget mas, jadi pengin kesana hihi...

  22. wah serunya,saya pernah tinggal di jogja bang hampir 3 tahun.dan ternyat ada tempat untuk toubing juga,memang di jogja masih ada tempat yang asrinya di daerah gunung kidulnya,ya itu tempat toubing abang jadi masih alami apalagi kalu ke daerah wonosobo.tempatnya dingin.

  23. Wahahaha,, asik sekali kayaknya tuh!! :)

    Jadi mupeng ihh nyoba kesana!! :)

    Thanks banget nih infonya,, btw foto-fotonya keren!! :)

    udah penelusuran pasti pantatnya basah wwkwkwk!! :)

    Just kidding bang! :)

  24. Berangkat, Libura langsung ke Jogja nich

  25. tuch kan... saya nggak di ajak lagi..

    hmm..kepingin banget saya liburan pak. ya mbok di ajak to kalau mau liburann..hehehehe

  26. tuch kan... saya nggak di ajak lagi..

    hmm..kepingin banget saya liburan pak. ya mbok di ajak to kalau mau liburann..hehehehe

  27. Saya juga jadi pengen ikut. Hehehe

  28. serunya melampung diatas air dan bisa lihat kealamian gua pindul , airnya kuning ya apa karna hujan ya

  29. Itu berderet-deret gitu tubingnya jadi terlihat seperti apa ya? Hoho. Enakan mah jangan terlalu rame jadi berasa misterinya. Wisata yang gini ini yang asik, dekat dengan alam., selain itu juga nambah pengetahuan. Kalau ke pantai atau gunung kayaknya udah biasa

  30. berbakat nih wat jadi penulis hihihihi...

  31. wahhh seru banged tuu ngliad satu lagi kebesaran Tuhan walaupun aer nya coklat gitu kang iia :)

  32. Wuih senangnya jalan-jalan,,,

  33. asyik jalan jalan aja nih ya.... perasaan tulisannya jalan jalan terus.... mantap ya.. cave tubing goa itu.. ga pernah kesana...

  34. klo mampir ke blog kang hariyanto bikin ngiler.. gambarnya full adventure.. mantab

  35. asalamualaikum
    wah yang di gua, adem banget suka melihatnya
    saya belum pernah wisata ke gua ini

  36. di daerah gunung kidul memang banyak gua dan perbukitan kapur...sungguh indah dan layak jadi tujuan ketika berkunjung ke sana....

  37. maasya Allah keren bangeet.. tapi kalo akhwat kayak saya gini kira2 bakalan repot gak ya kalo ikutan kegiatan ke gua pindul gitu hehehe

  38. Tempatnya sungguh luar biasa. Kreasi alam yang menyenangkan, bisa melihat keindahan dalam gua. Saya belum pernah kesana.

  39. Gua pindul hahaha
    namanya lucu, oh iya kalau di tempat saya ada namanya gua jepang namun sayang tidak terawat sama sekali mas :(

  40. rame amat, kirain pd mau tawuran tuh

  41. Anonymous says:

    mantaapp abnget mas ceritanya , bagus2 pula tuh poto dan pemandangan nya mas

  42. seru banget wisata'nya bang,, kapan ya saya bisa kesana.. ternyata ramai juga rombongan'nya.. wuuiihh.. asik banget deh kliatan'nya..

  43. Iya aku pernah nonton batman 4.

    Wah.. Apa nggak seram didalamnya??
    Dan airnya agak keruh ya?

    Biayanya berapa? Maaf bacanya loncat2. Hehe

  44. wah, kayaknya asik yaa... basah2an.. :))

  45. Wah...tempatnya menarik sekali, menelusuri goa dengan membuat barisan pelampung.

  46. Subhanallah...
    Sungguh keindahan bebatuan dalam Goa Pindul juga tak kalah indahnya dengan tempat-tempat yang lain..…

  47. Terus terang saya sangat salut dengan Hariyanto,...
    sepertinya kehidupannya penuh dengan kebahagiaan,
    melakukan Wisata terus menerus tidak pernah istirahat...hehehe..

    sungguh sangat menyenangkan ya Mas,..
    Semoga sukses selalu
    terima kasih sudah berbagi

  48. wwwd says:

    Blognya sangat bagus mas, sepertinya sangat ringan loadingnya
    apa rahasianya yah..hehe

  49. kayak keren ^^ Masya Allah~ mau ka juga ke sana deh~ fufufu

  50. sekalian mo tanya ni bang, kolom komentarnya dibuat ngga ada reply-nya caranya dong bang

  51. Anonymous says:

    berkunjung lgi dimari mas :)

  52. wow seru sekali nampaknya ya, banyak lg pesertanya, saya baru tau lho kl di gunung kudil ada wisata macem ini, keren, kreatif.
    betul sob, jangan sampai alam terusak oleh tangan2 jahil ya ... semoga salagtit mutiaranya makin banyak ..

  53. mantap maang review nya.. (Y)

  54. wah complete banget kang reviewnya..ckck
    saya baru sekali ini lihat petualangan yang berbeda, yaitu didalam gua. apalagi beramai-ramai gitu. asyik banget.
    ternyata goa pindul ini sangat bersejarah ya , kelestarian alam seperti ini harus benar2 kita jaga ...
    salam :)

  55. Ajiiib juga tuh , sayang gaak ngajak2 ane :D hahaha

  56. Anonymous says:

    awas mas kejedot sama stalakmit Goa nya :D

  57. R10 says:

    airnya tenang tandanya airnya dalam

    apa masuk goa ga takut kejedot Stalagtit? :D

  58. ndop says:

    huwaaaa... kepingin ke sana, kalo gak bisa renang kayaknya aman kalo pakek ban begituuu hihihi

  59. Waw, pengalaman yg keren, Bang! Di tempat gue ada beberapa Cave yg misterius, tinggal ke bengkel buat mulung ban dalemnya! Hehehe

  60. Wa'alaikum salam wr. wb.

    menarik sob.
    Tube kalau di youtube ya berarti streaming video, apakah benar begitu.
    Tapi lain halnya dengan cave tubing diartikan ke dalam bahasa Indonesia, panjang artinya.

    Benar-benar bisa menambah ilmu pengetahuan saya, terutama tentang goa yang dimaksud.
    Kapan-kapan kalau ada kesempatan mampir ke sana alangkah senangnya hati.

  61. suka banget sama trip jalan2 gini :)

  62. mampir lagi nii kang sambil bawa es kopyor :) enak banged iia jadi akangnya.. jalan2 terus :) gag ada matinyaaa :) semangat!!!

  63. masih penasaran kang ama goa pindul, urusan wisata jogja emang tempatnya. kota yang penuh sensasi :)

  64. goa nya masih bagus banget.. itu mistik gak ya..
    seru banget tuh buat refreshing bang.. :)

  65. aduh indahnya, Allah memang maha segalanya,segala puji hanya milik Allah

  66. selamat sore gan, dan selamat berpetualang di tempat yg sangat indah

  67. jadi pengin ke sana gan,nampak asyik tuh tapi sedikit kelihatan agak mistis

  68. .. aq kira ban nya td buat apa pak. ternyata buat menelusuri goa. he..86x ..

  69. aku yang tinggal di jogja belum pernah kesana pak.. :D

  70. Anonymous says:

    wah ... tetep jalan2 terus nih sobat . oiya tanggal 21 saya juga mau jalan2 ke jogja loh ...

  71. Baru kali ini lihat orang pada di gua kyk lowo :p
    wahaha, rame amat tuh om :p

    itu yang di pakai mbak nya yang ada tamu istimewa maksudnya apa t uh? :p

  72. aku jadi tertarik ingin wisata ke gua sealam itu

  73. Yup..
    Jadi ngiri pingin liburan kayak bang Hariyanto. Giliran kemana lagi bang.. kapan ke Sampik Kalimantan Tengah ??

  74. wah mas asik banget itu ya, cuma kalau sendirian bisa takut kalau saya masuk...

  75. Kegitannya luar biasa mas, masuk Goa sudah dilengkapi pelampung dan binen dan juga sudah ada pemandunya....Asyik2, harga tiketnya juga lumayan murah. Pengalaman yang begitu terkesan menarik ya mas.

  76. Ah seru banget tapi kok agak serem ya :)

  77. silaturahim lagi mas, menikmati asyiknya cube goa yang eksotis

  78. jadi salah ketik, cave tubing maksudnya hehe...

  79. FB says:

    wow itu pas masuk sungai bawah tanahnya keren sob...

  80. .. balik lagi kesini pak. he..86x ..

  81. semenjak telah menikah... berpetualangan di alam ataupun jalan jalan pun smakin sering.. piu

  82. Wah jadi pngen kesana nih,
    td aq sblm baca terusanny aq pikir banny dpke ky gmn?
    Eh gtwny pd pegangan gt, jdny seru ya teriak" bareng. Hehe
    asik ksana rame" ya pak apalagy biayany cukup murah. Sensasiny berasa .

  83. Kunjungan siang Mas. Luar biasa Mas,..seneng adventure juga ya?
    wow keren kalo bisa begini.

  84. Sebelumnya, apa kabar neh Bang hary?

    Maaf lama gak mampir kesini.

    Tujuan wisata Goa Pindul makin berpamor dan bersinar, ckp srg dgr dan mbaca cerita tmn2 yg sdh sampai di Goa Pindul

  85. seruuu..mau donk berpetualang kaya begituuu,
    menantang,!

New comments are not allowed.

86 komentar

  1. tongkrongin dulu pintu masuk goa nya ah

  2. wa'alaiqumsalam.wr.wb.
    saya baru tau istilah ini, dan menggaris bawahi ketiga zona terang remang dan gelap, saya lebih senang di zona remang remang bang.

    liat gambarnya tak kirain cuman berapa orang gituh, pas gambrnya kebuka wuiih banyak banget.
    shalut dengan pemda setempat yang kreatif menjadikan goa ini, menjadi taman wisata...

  3. met siang menjelang sore mas. wah hpy2 terus,ni jadi kepengen heheh kapan2 mau donk di ajak xixixi

  4. Waalaikumsalam wr wb.Klo mampir kesini selalu di suguhi photo2 yang sungguh keren abis.Kayak nya asik juga ya klo wisata ke Goa pindul!Terimakasih informasinya sob

  5. Mas berebes mau ga saya ajak!?ke zona remang2!xixi..

  6. wa'alaikumsalaam warohmatullah.
    kang hari traveling terus rek enaknya...
    senssaisi naik ban dalam truk gandeng gimana gitu waktu kecil dl pas banjir. hehe
    gua nya asik juga ya kang sama seperti gua ngerong di tempatku ada kelelawarnya juga. trima kasih live reportnya

  7. seru banget pak, kalau masuk kesana harus bergandengan ya pak?
    Wah..jadi pingin nih, menimati wisata cave tubing goa pindul di jogja.
    tapi sayang ya pak, airnya keruh, sepertinya abis hujan yah?

  8. wisata yang sertu ya pak bisa masuk gua begitu. Saya agak takut sepertinya untuk masuk kesana :)

  9. Senangnya bisa mengikuti petualangan dalam wisata air

  10. ya ya ya akhiir admin blogs of hariyanto sepat ngerasain sensasi gua pindul yang eksotis itu. keliatannya kedatangan sobat bersamaan dengan tamu dari berbagai kota lainnya. terlihat begitu meriah dan mengesankan.

    btw - memang sensasi yang terjadi diantara seperti dua alam gua pindul itulah yang selalu ditnggu dan mendebarkan.. hmmm jadi ingin mengulang lagi dah lama juga ga main kesana..

    keep share.

  11. ternyata stalaktit dan stalakmit bisa terhambat pertumbuhannya jika terkena sentuhan tangan manusia ya....saya baru tahu nih pak...:)

  12. masya allah, takjub saya.
    keren abis Mas.
    ini bener2 belum pernah saya tau.
    OK ini alternatif buat saya Insya Allah seandainya pas ke Yogya.
    mantep banget.

  13. Wisata air dan goa...memang cocok buat para macho man...kaya bang hari nih....hehe :)

  14. wah asikk banget kayaknya ya mas, suasananya agak2 menantang gitu. tapi sayangnya di air saya gak bisa berenang, kira2 itu dalam gak ya mas airnya :D

  15. Wah asyik dan menyenangkan sekali petualanganya pak bos..

  16. biarpun pke ban dalam dan celana dalam basah, tapi asik juga lho

  17. Keren sekali Pak goanya... tapi utk bisa sampai kesana kudu jalan kaki yang lumayan jauh juga ya? Apalagi sambil nenteng2 bawa ban segede itu hehehe...
    BTW gak capek emangnya duduk di dalam ban dalam posisi spt itu?
    Tapi pengalamannya seru juga sih... :D

  18. seruuuuu...! tp btw ada yg kena tai kelelawar gk.., klo di Soppeng katax, klo ada org luar dijatuhi tai kelelawar itu prtanda jodohnya nti org Soppeng hehehe...

  19. Asyik juga pak kalau bisa kesana

  20. Subhanalloh... pemandangan di Gua Pindul bagus banget ya pak.... Petualangannya pasti jusa seru tuch :)

  21. wah ini wisata yang aneh, keren banget mas, jadi pengin kesana hihi...

  22. wah serunya,saya pernah tinggal di jogja bang hampir 3 tahun.dan ternyat ada tempat untuk toubing juga,memang di jogja masih ada tempat yang asrinya di daerah gunung kidulnya,ya itu tempat toubing abang jadi masih alami apalagi kalu ke daerah wonosobo.tempatnya dingin.

  23. Wahahaha,, asik sekali kayaknya tuh!! :)

    Jadi mupeng ihh nyoba kesana!! :)

    Thanks banget nih infonya,, btw foto-fotonya keren!! :)

    udah penelusuran pasti pantatnya basah wwkwkwk!! :)

    Just kidding bang! :)

  24. Berangkat, Libura langsung ke Jogja nich

  25. tuch kan... saya nggak di ajak lagi..

    hmm..kepingin banget saya liburan pak. ya mbok di ajak to kalau mau liburann..hehehehe

  26. tuch kan... saya nggak di ajak lagi..

    hmm..kepingin banget saya liburan pak. ya mbok di ajak to kalau mau liburann..hehehehe

  27. Saya juga jadi pengen ikut. Hehehe

  28. serunya melampung diatas air dan bisa lihat kealamian gua pindul , airnya kuning ya apa karna hujan ya

  29. Itu berderet-deret gitu tubingnya jadi terlihat seperti apa ya? Hoho. Enakan mah jangan terlalu rame jadi berasa misterinya. Wisata yang gini ini yang asik, dekat dengan alam., selain itu juga nambah pengetahuan. Kalau ke pantai atau gunung kayaknya udah biasa

  30. berbakat nih wat jadi penulis hihihihi...

  31. wahhh seru banged tuu ngliad satu lagi kebesaran Tuhan walaupun aer nya coklat gitu kang iia :)

  32. Wuih senangnya jalan-jalan,,,

  33. asyik jalan jalan aja nih ya.... perasaan tulisannya jalan jalan terus.... mantap ya.. cave tubing goa itu.. ga pernah kesana...

  34. klo mampir ke blog kang hariyanto bikin ngiler.. gambarnya full adventure.. mantab

  35. asalamualaikum
    wah yang di gua, adem banget suka melihatnya
    saya belum pernah wisata ke gua ini

  36. di daerah gunung kidul memang banyak gua dan perbukitan kapur...sungguh indah dan layak jadi tujuan ketika berkunjung ke sana....

  37. maasya Allah keren bangeet.. tapi kalo akhwat kayak saya gini kira2 bakalan repot gak ya kalo ikutan kegiatan ke gua pindul gitu hehehe

  38. Tempatnya sungguh luar biasa. Kreasi alam yang menyenangkan, bisa melihat keindahan dalam gua. Saya belum pernah kesana.

  39. Gua pindul hahaha
    namanya lucu, oh iya kalau di tempat saya ada namanya gua jepang namun sayang tidak terawat sama sekali mas :(

  40. rame amat, kirain pd mau tawuran tuh

  41. Anonymous says:

    mantaapp abnget mas ceritanya , bagus2 pula tuh poto dan pemandangan nya mas

  42. seru banget wisata'nya bang,, kapan ya saya bisa kesana.. ternyata ramai juga rombongan'nya.. wuuiihh.. asik banget deh kliatan'nya..

  43. Iya aku pernah nonton batman 4.

    Wah.. Apa nggak seram didalamnya??
    Dan airnya agak keruh ya?

    Biayanya berapa? Maaf bacanya loncat2. Hehe

  44. wah, kayaknya asik yaa... basah2an.. :))

  45. Wah...tempatnya menarik sekali, menelusuri goa dengan membuat barisan pelampung.

  46. Subhanallah...
    Sungguh keindahan bebatuan dalam Goa Pindul juga tak kalah indahnya dengan tempat-tempat yang lain..…

  47. Terus terang saya sangat salut dengan Hariyanto,...
    sepertinya kehidupannya penuh dengan kebahagiaan,
    melakukan Wisata terus menerus tidak pernah istirahat...hehehe..

    sungguh sangat menyenangkan ya Mas,..
    Semoga sukses selalu
    terima kasih sudah berbagi

  48. wwwd says:

    Blognya sangat bagus mas, sepertinya sangat ringan loadingnya
    apa rahasianya yah..hehe

  49. kayak keren ^^ Masya Allah~ mau ka juga ke sana deh~ fufufu

  50. sekalian mo tanya ni bang, kolom komentarnya dibuat ngga ada reply-nya caranya dong bang

  51. Anonymous says:

    berkunjung lgi dimari mas :)

  52. wow seru sekali nampaknya ya, banyak lg pesertanya, saya baru tau lho kl di gunung kudil ada wisata macem ini, keren, kreatif.
    betul sob, jangan sampai alam terusak oleh tangan2 jahil ya ... semoga salagtit mutiaranya makin banyak ..

  53. mantap maang review nya.. (Y)

  54. wah complete banget kang reviewnya..ckck
    saya baru sekali ini lihat petualangan yang berbeda, yaitu didalam gua. apalagi beramai-ramai gitu. asyik banget.
    ternyata goa pindul ini sangat bersejarah ya , kelestarian alam seperti ini harus benar2 kita jaga ...
    salam :)

  55. Ajiiib juga tuh , sayang gaak ngajak2 ane :D hahaha

  56. Anonymous says:

    awas mas kejedot sama stalakmit Goa nya :D

  57. R10 says:

    airnya tenang tandanya airnya dalam

    apa masuk goa ga takut kejedot Stalagtit? :D

  58. ndop says:

    huwaaaa... kepingin ke sana, kalo gak bisa renang kayaknya aman kalo pakek ban begituuu hihihi

  59. Waw, pengalaman yg keren, Bang! Di tempat gue ada beberapa Cave yg misterius, tinggal ke bengkel buat mulung ban dalemnya! Hehehe

  60. Wa'alaikum salam wr. wb.

    menarik sob.
    Tube kalau di youtube ya berarti streaming video, apakah benar begitu.
    Tapi lain halnya dengan cave tubing diartikan ke dalam bahasa Indonesia, panjang artinya.

    Benar-benar bisa menambah ilmu pengetahuan saya, terutama tentang goa yang dimaksud.
    Kapan-kapan kalau ada kesempatan mampir ke sana alangkah senangnya hati.

  61. suka banget sama trip jalan2 gini :)

  62. mampir lagi nii kang sambil bawa es kopyor :) enak banged iia jadi akangnya.. jalan2 terus :) gag ada matinyaaa :) semangat!!!

  63. masih penasaran kang ama goa pindul, urusan wisata jogja emang tempatnya. kota yang penuh sensasi :)

  64. goa nya masih bagus banget.. itu mistik gak ya..
    seru banget tuh buat refreshing bang.. :)

  65. aduh indahnya, Allah memang maha segalanya,segala puji hanya milik Allah

  66. selamat sore gan, dan selamat berpetualang di tempat yg sangat indah

  67. jadi pengin ke sana gan,nampak asyik tuh tapi sedikit kelihatan agak mistis

  68. .. aq kira ban nya td buat apa pak. ternyata buat menelusuri goa. he..86x ..

  69. aku yang tinggal di jogja belum pernah kesana pak.. :D

  70. Anonymous says:

    wah ... tetep jalan2 terus nih sobat . oiya tanggal 21 saya juga mau jalan2 ke jogja loh ...

  71. Baru kali ini lihat orang pada di gua kyk lowo :p
    wahaha, rame amat tuh om :p

    itu yang di pakai mbak nya yang ada tamu istimewa maksudnya apa t uh? :p

  72. aku jadi tertarik ingin wisata ke gua sealam itu

  73. Yup..
    Jadi ngiri pingin liburan kayak bang Hariyanto. Giliran kemana lagi bang.. kapan ke Sampik Kalimantan Tengah ??

  74. wah mas asik banget itu ya, cuma kalau sendirian bisa takut kalau saya masuk...

  75. Kegitannya luar biasa mas, masuk Goa sudah dilengkapi pelampung dan binen dan juga sudah ada pemandunya....Asyik2, harga tiketnya juga lumayan murah. Pengalaman yang begitu terkesan menarik ya mas.

  76. Ah seru banget tapi kok agak serem ya :)

  77. silaturahim lagi mas, menikmati asyiknya cube goa yang eksotis

  78. jadi salah ketik, cave tubing maksudnya hehe...

  79. FB says:

    wow itu pas masuk sungai bawah tanahnya keren sob...

  80. .. balik lagi kesini pak. he..86x ..

  81. semenjak telah menikah... berpetualangan di alam ataupun jalan jalan pun smakin sering.. piu

  82. Wah jadi pngen kesana nih,
    td aq sblm baca terusanny aq pikir banny dpke ky gmn?
    Eh gtwny pd pegangan gt, jdny seru ya teriak" bareng. Hehe
    asik ksana rame" ya pak apalagy biayany cukup murah. Sensasiny berasa .

  83. Kunjungan siang Mas. Luar biasa Mas,..seneng adventure juga ya?
    wow keren kalo bisa begini.

  84. Sebelumnya, apa kabar neh Bang hary?

    Maaf lama gak mampir kesini.

    Tujuan wisata Goa Pindul makin berpamor dan bersinar, ckp srg dgr dan mbaca cerita tmn2 yg sdh sampai di Goa Pindul

  85. seruuu..mau donk berpetualang kaya begituuu,
    menantang,!

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend