Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Masjid Nurul Iman Blok M Square Kota Jakarta

Hariyanto Wijoyo | 63 komentar

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger se-dunia di manapun kalian berada. Melihat foto di atas, mungkin ada di antara sahabat-sahibit blogger se-dunia yang berpikir bahwa melihat sepintas itu ada kemiripan dengan foto Ka'bah di Kota Mekkah. Saya hanya berani mengatakan “MIRIP” karena memang foto ini sebenarnya adalah foto sebuah miniatur Ka'bah yang terletak di puncak gedung pusat perbelanjaan yang sangat ramai di Kota Jakarta, tepatnya di lantai tujuh. Luarbiasa bukan, dan pusat perbelanjaan itu bernama Blok M Square.

Pada hari minggu kuturut ayah ke kota… eh kok malah nyanyi lagu naik delman, tapi memang benar pada hari minggu (10112013) seusai merampungkan tugas tour of duty dari perusahaan tempat saya bekerja selama seminggu di Jakarta, saya mencoba refreshing dengan menjelajahi kemacetan Kota Jakarta pada hari minggu, setelah mampir di Plaza Blok M, saya-pun menuju Blok M Square yang terletak di Jl. Melawai V, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tentunya dengan niat windows shopping, memanjakan mata dan telinga serta menjaga dompet agar tetap safe baik isi dan fisiknya sebelum saya kembali ke Kota Makassar.

Blok M Square merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang dimiliki oleh PD Pasar Jaya, yang dulu dikenal dengan nama Aldiron Plaza dan Pasar Melawai yang kemudian digabung jadi satu dan dikembangkan menjadi trade mall di kawasan Jakarta Selatan. Dan inilah salah satu pusat perbelanjaan yang sangat ramai dengan aktifitas jual beli antara pedagang dan masyarakat, dikarenakan sarana dan fasilitasnya yang sangat lengkap. Dan salah satunya adalah berupa sebuah Masjid yang sangat megah, yang dibangun di lantai 7 gedung Blok M Square ini. Masjid ini bernama Masjid Nurul Iman Blok M Square. Dengan posisinya yang berada dipuncak gedung pusat perbelanjaan yang sangat ramai, menandakan pengelola gedung ini sekan-akan hendak menyatakan kepada dunia bahwa Kegiatan Ibadah Haruslah Lebih Tinggi dan Lebih Diutamakan Daripada Kegiatan Duniawi Yang Bersifat Hedonisme…. Subhanallah :-)

Untuk menuju ke lantai tujuh, sahabat-sahibit blogger bisa menggunakan lift, atau kalau tak mau menunggu lama, bisa juga menggunakan tangga berjalan alias escalator. Pada pintu lift jelas tertulis petunjuk bahwa di lantai 7 ada sebuah masjid, demikian juga bila kita menggunakan escalator, pokoknya sahabat-sahibit dijamin tak bakalan nyasar hingga ke Kota Makassar dech, karena petunjuknya lengkap insya ALLAH sahabat-sahibit akan tiba dengan selamat di Masjid Nurul Iman Blok M Square. Bila sudah berada di lantai tujuh yang sebagian digunakan untuk lahan parkir dan sebahagian besar lagi digunakan untuk membangun masjid, maka akan terlihatlah miniature dari Ka'bah yang digunakan umat Islam untuk Latihan Manasik Haji. Miniatur Kabah ini dibuat semirip mungkin dengan Ka'bah yang ada di Mekkah. Ada miniatur Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim, dan di depannya berdirilah Masjid Nurul Iman Blok M Square yang sangat megah dan menawan hati, sehingga hatipun tergoda jadinya untuk masuk dan mendirikan sholat di dalam masjid tersebut…subhanallah. Ini mengingatkan saya akan Masjid Babussalam di Mall Rau Indah Kota Makassar.

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Pintu Lift Di Lantai 7 Blok M Square

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Miniatur Kabah Tempat Latihan Manasik Haji

Memasuki teras masjid, ada tempat penitipan sepatu dan sandal yang cukup luas dan itu tidak dipungut bayaran alias gratis, namun bila sahabat-sahibit blogger sedunia mau berinfaq dan bersedekah, sebuah kotak kecil terbuat dari kayu untuk memasukkan uang juga disediakan oleh pengurus masjid. Tempat masuk jamaah pria dan wanita dipisahkan, jadi kemungkinan untuk berbaur sangat kecil. Masjid Nurul Iman Blok M Square ini memiliki tempat wudhu dan toilet yang cukup bersih danmeskipun tempat wudhu dan toilet dalam satu ruangan, namun saat saya datang di masjid ini, toiketnya tidak bau pesing seperti toilet yang kita sering temui dipusat-pusat perbelanjaan lainnya. Tempat Wudhu pria berada di area selatan-barat daya bangunan, sedangkan untuk wanita berada di area utara-timur laut masjid. Setelah berwudhu sahabat-sahibit blogger sedunia akan masuk ke ruang utama masjid yang digunakan untuk sholat berjamaah dengan melalui pintu yang memiliki dua daun pintu yang sangat artistik dan lebar.

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Tempat Penitipan Sepatu dan Sandal

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Tempat Wudhu

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Pintu Keluar Masuk Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square sangatlah megah dan luasnya mencapai 3000 meter persegi sehingga dapat menampung jamaah sebanyak kurang lebih 3000 orang. Saya tiba di Masjid ini setengah jam usai jamaah melaksanakan sholat Dhuhur, itupun karena sebelumnya saya dari Plaza Blok M, dan saya tidak mengetahui bila ternyata ada masjid sebesar ini di Blok M Square. Nanti setelah saya kepepet ingin melaksanakan sholat, saya pun bertanya kepada seorang satpam dimana letak mushollah, eh malah ditunjukkan arah menuju Masjid Nurul Iman Blok M Square. Padahal saya kalau ke Jakarta sering singgah di Blok M Square, ya memang cuma singgah sebentar, kemudian melanjutkan langkah ke terminal Blok M untuk selanjutnya wara-wiri di seputaran Jakarta Bogor Tangerang dan Bekasi sekitarnya. Ketika saya tiba yang ada hanyalah jamaah yang akan mendengarkan tausiyah dan kajian-kajian Islamiah.

Kehadiran Masjid Nurul Iman Blok M Square
laksana sebuah Oase yang menyegarkan sebagai pelepas dahaga akan keimanan dan kerinduan kepada Sang Khaliq  di tengah hiruk pikuk aktifitas masyarakat menerobos padang kemacetan Kota Jakarta yang tak pernah kunjung usai. Saat kaki menapak ke dalam masjid, hamparan karpet hijau memenuhi masjid ini, meskipun sebagian karpet nampak tergulung karena tidak terpakai. Langit-langitnya yang penuh lukisan awan dan dihiasi dengan ornament lampu hias menambah kemegahan masjid ini. Ada hijab memanjang terbuat dari besi dan kain hijau yang terbentang membatasi antara jamaah wanita dan jamaah pria. Rasanya adem ayem berada dalam masjid ini, tak terasa bahwa masjid ini berada di lantai tujuh gedung pusat perbelanjaan yang super ramai di Kota Jakarta. Ibadah sholat pun jadi terasa lebih khusyuk lagi, sehingga seolah-olah enggan kaki melangkah meninggalkan masjid ini. Ingin hati rasanya berbaring di atas hamparan karpet hijau tersebut, namun ingin hati memeluk gunung, apa daya gunungnya meletus. Niat berbaring hendak melepas lelah sejenak pun kuurungkan setelah membaca sebuah pengumuman tertulis yang diletakkan di atas karpet berbunyi “DILARANG TIDUR DI DALAM MASJID, DI ATAS KARPET DAN SELAMA KAJIAN”,
Masjid Nurul Iman Blok M Square
Suasana Dalam Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Interior Langit-Langit Dalam Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Bentangan Hijab Terbuat dari Kain Hijau

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Pengumuman Di Atas Karpet Masjid

kehadiran Masjid Nurul Iman Blok M Square laksana sebuah Oase yang menyegarkan sebagai pelepas dahaga akan keimanan dan kerinduan kepada Sang Khaliq  di tengah hiruk pikuk aktifitas masyarakat menerobos padang kemacetan Kota Jakarta yang tak pernah kunjung usai.
Lalu kemanakan gerangan bila badan ingin berbaring dan beristirahat setelah lelah berkeliling sepanjang Gedung Blok M Square. Sahabat-sahibit blogger se-dunia tak usah bingung dan kuatir, karena pihak pengelola telah menyediakan teras masjid yang cukup luas dan bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Dan bila sahabat-sahibit ingin berbisnis dengan ALLAH SWT dan mendapatkan peluang untuk dibangunkan sebuah rumah di surge, maka sahabat-sahibit dapat bertemu dengan Panitia Pembangunan Masjid Nurul Iman Blok M Square yang ruangannya terletak di dekat pintu utama masjid. Di situ kalian bisa beramal dengan jalan menyumbangkan apa saja untuk pembangunan Masjid Nurul Iman Blok M Square. Yang balasannya berupa sebuah rumah yang dibangun di surga kelak, dan ingatlah ALLAH tak pernah ingkar akan janji-NYA.

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Sebahagian Jamaah Melepaskan Lelah Di Teras Masjid

Masjid Nurul Iman Blok M Square
Ruangan Panitia Pembangunan Masjid

Sudah ada dua masjid yang saya lihat dibangun di pusat perbelanjaan yang sangat ramai dengan memposisikan masjid tersebut sebagai benar-benar tempat ibadah yang sangat layak. Yang pertama adalah Masjid Babussalam Mall Ratu Indah Kota Makassar dan yang kedua Masjid Nurul Iman Blok M Square Kota Jakarta. Kedua masjid ini dibangun dengan kualitas bangunan yang sangat bagus dan megah. Bangunannya luas serta terpelihara dan terjaga dengan baik oleh pengelola gedung sehingga dapat dipergunakan oleh umat Islam untuk beribadah dan melakukan kajian-kajian Islami. Semoga saja akan bertambah lagi masjid-masjid serupa yang kelak akan dibangun di pusat-pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia, bahkan kalau bisa di seluruh dunia. Sehingga kegiatan duniawi tetap berjalan, namun ibadah kepada ALLAH SWT juga tetap terlaksana dengan baik, dengan demikian duniawi bisa kita kontrol agar tak keluar dari jalur yang telah ditetapkan ALLAH SWT, hingga akhirnya bisa selamat dunia dan akhirat.

Tabe.. salama ki’
Keep happy blogging always.. salam:-)

Category : , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

63 komentar

  1. Tabe Daeng Izin Menyimak :D

  2. In says:

    Bila masjidnya bersih dan nyaman seperti ini, enak banget ya buat beribadah dan berisitrahat di pinggir-pinggirnya untuk melempengkan pinggang.

    Salam,

  3. Mesjid di tengah2 pusat belanja ini memang megah dan indah.

  4. mantab ini, jarang-jarang ada pusat perbelanjaan yang punya masjid segede dan sebagus ini :) semoga mampu membuat pengunjung dan warga yang ada di pusat belanja itu semakin taat beribadah :)

  5. subhanallah :o indaah banget yak :)

  6. Wah wah... keren juga ya yg punya ide bangun tempat ibadah di puncak gedung...

  7. Subhannalloh indah ya ternyata.. maklum om mesti sering ke jakrta tapi belum pernah ke masjid ini hehe

  8. Anonymous says:

    Wuih keren juga ya? Saya malah belum pernah kesana, padahal dekat. Malas macetnya sih.

  9. Klo masjid Nurul Imam ada gak nih :D

  10. indah megah makmur pula ini masjid yah.. Ga percumah keindahan dan kemegahannya

  11. FB says:

    Wow mesjidnya ada miniatur kabahnya... Mesjidnya juga bagus.. Harusnya pusat perbelanjaan memang punya mesjid yg bagus seperti itu..

  12. pengen deh bisa berkunjung kesana. sepertinya sangat bersih

  13. Mantab tuh gan ada penitipan sepatu sendal mesjidnya.

  14. Lengkap sekali infonya gan
    semoga kemewahan masjid itu bisa menjadikan semangat para jemaahnya untuk lebih sering datang bukan untuk melihat serta foto2 tapi meningkatkan ibadah mereka

  15. Bener sobat ....mesjidnya bagus ....saya sering sholat disitu jika sedang menunggu waktu magrib, tidak jadi tulisan. Hebat terus menulis sobat.

  16. langit langit masjidnya bagus banget.... :O

  17. Subhanallah, Mesjidnya bagus Mas ^^. Harusnya setiap pusat perbelanjaan punya Mesjid, bukan hanya sekedar Mushollah.

  18. Wah blok M, dulu tempat main saya tuh, jadi kangen, udah lama ga jalan2 kesana..

  19. wah indahnya, memang seharunya masjid itu diperindah ya mas, masjid adalah rumah Allah.

  20. top markotop masjidnya ya bang, kelihatannya nyaman, terlihat juga banyak orang sampai ketiduran.

  21. liat foto foto yang tersaji dan m'baca aryikelnya selintas, saya bergumam menyebut kebesaran Allah,betapa pemilik/pemimpinpasar jaya sebagai pengelola Blok M square ini sungguh memuliakan mesjid sebagai tempat menghadap kepada-NYA...sungguh danamat megah, ada miniatur ka'bah nya pula, jadi setelah shalat kita bisa menghayal berangkat ke mekah menunaikan ibadah Haji....saya bisa berhaji ngga ya..?!

  22. Anonymous says:

    Besar juga Masjidnya

  23. Anonymous says:

    blok m square yang ada carrefour kan yah... waktu aku ke carrefour blok m square belum sepenuhnya jadi

    itu sebabnya aku blm pernah mencoba shloat disana

  24. Ternyata lumayan cukup besar juga ya masjid nurul iman ni. Saya malah nggak tahu pak, soalnya jarang berkunjung ke jakarta hehe :D

  25. subhanallah ya... jika dilihat dari foto2nya, masjidnya nampak rapi dan bersih... apalagi langit2 nya indah sekali, seperti langit betulan berhiaskan awan.. :D

  26. baru kali ini ada pusat perbelanjaan yang memiliki Masjid dan sarana ibadah yang sangat indah, luas dan bersih. Padahal, selama ini yang pernah saya temukan, sarana ibadah di tempat seperti ini hanya sekedar petak kecil yang harus menampung banyak jamaah jadinya sering antri dan kadang terkesan kotor

  27. sudah lama saya nggak di jakarta :) dulu liat blok m square lagi proyek saja ternyata ada sebuah mesjid indah
    pengelola nya sepertinya mengerti akan butuh nya tempat sholat yang akan menimbulkan orang orang disana igin selalu ke mesjid untuk berjamaah
    tapi ada beberapa pengelola yang malah membangun diskotik seperti sebuah mall di jaksel :)

  28. mesjid nya rapi ,bersih , ,pasti nyaman tuh , , ,
    salam kenal mass , , ,
    mampir diblog q ya , , ,

  29. Saya pengen maen kesana, tapi belum sempat :)

  30. Tempatnya adem dan bersih.. tenag banget rasanya kalo habis jalan jalan solat di mesjid ini serasa bukan di dalam kawasan ramai.

  31. Subhanallah indahnya :')

  32. kalau mesjidnya seperti ini tambah betah kita beribadah didalamnya

  33. tomo says:

    masjid yang indah dan megah

  34. Wah....mesjidnya sangat terawat, damai rasanya melihat suasana mesjid ini....fatao-fotonya bagus.

  35. Sepertinya masjidnya sangat besar ya gan

  36. Anonymous says:

    waw megah nya, ada ka'bah nya juga, dan halaman nya sangat bersih . . . semoga kerbersihan nya tetap terjaga karena kebersihan sebagian dari iman. ^^

  37. Bhahaha, payah gue! Berulang kali ke Blok M, tapi gak pernah mampir ke mesjidnya. Hiks

  38. hahahaha, keren amat pak har ini, saya yang sering lewat melawai kalau dari gelanggang remaja bulungan mau ke arah cipete selatan ini malah blum pernah tahu kalau dilantai atas ada miniatur ka'bah

    thx infone. lain waktu aku mesti ntobain numpang sholat disana

    btw. ada sedikit info pak, waspadai dengan cookies di browser, karena sering disusupi mata mata,, untuk kasusu ini aku barusan menemukan keganjilan cookies dan cara menutupnya.. klo berminat untuk siapa saja yg suka ngenet, silahkan lihat di URL ini

    http://www.tipswisatamurah.com/2013/11/waspadai-fungsi-cookies-di-browser.html

    sori ni liink hidup.. krn aku pikir bermanfaat untuk teman2 yg suka ngeblog. thx

  39. wah, ada masjid didalem MALLL...hahayyy

  40. masjidnya megah dan disainnya juga bagus, jadi pengen kesana tapi belum punya ongkos hikz hikz..

  41. keren gan mesjidnya


    berkunjung balik ke blog Bayu Setiawan ya, thx :)

  42. Subhanallah, kepedulian dengan peribadatan dari pengelola gedung
    Namun alangkah lebih indahnya kalau kita dapat memakmurkan masjid terdekat dimana kita tinggal

    salam dari pamekasan madura

  43. Keren banget masjidnya. Bener banget Mas, selama ini tempat ibadah di dalam pusat perbelanjaan itu cuma 'syarat' maksudnya yang peting ada, sehingga seringkali tempatnya nyempil dan ruangnya kecil sekali.

  44. indah benar masjid ni... teringin nak ke sana.,

    sihat bang? lama tak jenguk ke sini.. maaf sangat. saya agak sibuk kebelakangan ni. harap abang sihat sahaja..:)

  45. masjid yang indah ditengah-tengah hirukpikuk aktifitas duniawi

  46. luar biasa masjidnya

    biasanya pusat perbelanjaan masjidnya seadanya bahkan tidak mirip tempat solat

  47. SALUT DENGAN PIHA PENGelola Blok M square yg menyediakan fasilitas beribadah utk umat Islam yg sangat sangat comfort gettu. Jarang2 ada pusat perbelanjaan yg aware utk nyediakan tempat sholat yg memadai, kebanyakan ala kadarnya

  48. oh jadi miniatur ka'bah itu untu pembelajaran manasik haji ya mas.. wih keren deh. ini wajib di tiru nih oleh semua pemilik mall2 besar. untuk memberi masjid di lamam mall nya..

  49. serasa ada di Makkah.., klo duit gk cukup ke Makkah mending ke jakarta aja hehe....

  50. saya pernah sholat disana juga pak

  51. ndop says:

    Woh bagus banget ya masjidnya. Aku selalu seneng berlama lama di masjid apalagi kalo masjidnya adem haha.. Tapi gak pernah sampe tidur sih. Malu soalnya kalau ketauan ngorok #eh

  52. Menyenangkan dan sepertinya juga sangat menetramkan masjidnya...hanya saya belum pernah kesana, mungkin suatu saat bisa berkunjung ke sana

  53. melihat gambar masjidnya terasa indah
    terbawa seakan sedan didalam masjid beribadah

  54. Masjid bangunan tahun berapa gan kayak masih baru...

  55. walaupun di mall, tapi luas begini ya mas... ini keren

  56. Wa'alaikumussalam daeng, salam kompak blogger ceria.
    Kesan saya membaca artikel Anda, saya menghela nafas panjang teringat satu waktu saya kelamaan dalam sebuah kegiatan yang berputar di tempat belanja dan tersadar waktu salat akan segera usai. Saat itu saya berpikir untuk segera mencari tempat ibadah, namun sayang tidak ada.
    Saya jadi berpikir, apa mungkin pendiri mall sebesar ini non muslim ya ?
    Akhirnya kemudian saya hanya mengarah pada satu pusat perbelanjaan yang dekat dengan tempat ibadah, Masjid.

  57. Berbagi itu gudang keberkahan. Terima kasih sobat, tapi... emm... saya bingung dengan link hidup. Semoga aman-aman saja ya pak....
    Maaf mohon jangan salah paham, semoga menjadi kebaikan bersama.
    Salam.

  58. masjid yang indah ditambah ada miniatur ka'bah pasti jama'ah akan senang melakukan ibadah di masjid ini ya mas

  59. kan kalau mall identik dengan musik tuh,, kalau waktu adzan apakah smua musik di mall di matikan ya...
    jd hanya suara adzan yg terdengar saat dikumandangkan.. :D

  60. semua orang islam tentunya ingin naik haji

  61. Wah bagus banget mesjidnya, biasanya kalo ada di pusat perbelanjaan mesjidnya di basement ya kebanyakan.

  62. masjid yang megah dan indah, moga selalu dimakmurkan oleh umat ya mas :)

New comments are not allowed.

63 komentar

  1. Tabe Daeng Izin Menyimak :D

  2. In says:

    Bila masjidnya bersih dan nyaman seperti ini, enak banget ya buat beribadah dan berisitrahat di pinggir-pinggirnya untuk melempengkan pinggang.

    Salam,

  3. Mesjid di tengah2 pusat belanja ini memang megah dan indah.

  4. mantab ini, jarang-jarang ada pusat perbelanjaan yang punya masjid segede dan sebagus ini :) semoga mampu membuat pengunjung dan warga yang ada di pusat belanja itu semakin taat beribadah :)

  5. subhanallah :o indaah banget yak :)

  6. Wah wah... keren juga ya yg punya ide bangun tempat ibadah di puncak gedung...

  7. Subhannalloh indah ya ternyata.. maklum om mesti sering ke jakrta tapi belum pernah ke masjid ini hehe

  8. Anonymous says:

    Wuih keren juga ya? Saya malah belum pernah kesana, padahal dekat. Malas macetnya sih.

  9. Klo masjid Nurul Imam ada gak nih :D

  10. indah megah makmur pula ini masjid yah.. Ga percumah keindahan dan kemegahannya

  11. FB says:

    Wow mesjidnya ada miniatur kabahnya... Mesjidnya juga bagus.. Harusnya pusat perbelanjaan memang punya mesjid yg bagus seperti itu..

  12. pengen deh bisa berkunjung kesana. sepertinya sangat bersih

  13. Mantab tuh gan ada penitipan sepatu sendal mesjidnya.

  14. Lengkap sekali infonya gan
    semoga kemewahan masjid itu bisa menjadikan semangat para jemaahnya untuk lebih sering datang bukan untuk melihat serta foto2 tapi meningkatkan ibadah mereka

  15. Bener sobat ....mesjidnya bagus ....saya sering sholat disitu jika sedang menunggu waktu magrib, tidak jadi tulisan. Hebat terus menulis sobat.

  16. langit langit masjidnya bagus banget.... :O

  17. Subhanallah, Mesjidnya bagus Mas ^^. Harusnya setiap pusat perbelanjaan punya Mesjid, bukan hanya sekedar Mushollah.

  18. Wah blok M, dulu tempat main saya tuh, jadi kangen, udah lama ga jalan2 kesana..

  19. wah indahnya, memang seharunya masjid itu diperindah ya mas, masjid adalah rumah Allah.

  20. top markotop masjidnya ya bang, kelihatannya nyaman, terlihat juga banyak orang sampai ketiduran.

  21. liat foto foto yang tersaji dan m'baca aryikelnya selintas, saya bergumam menyebut kebesaran Allah,betapa pemilik/pemimpinpasar jaya sebagai pengelola Blok M square ini sungguh memuliakan mesjid sebagai tempat menghadap kepada-NYA...sungguh danamat megah, ada miniatur ka'bah nya pula, jadi setelah shalat kita bisa menghayal berangkat ke mekah menunaikan ibadah Haji....saya bisa berhaji ngga ya..?!

  22. Anonymous says:

    Besar juga Masjidnya

  23. Anonymous says:

    blok m square yang ada carrefour kan yah... waktu aku ke carrefour blok m square belum sepenuhnya jadi

    itu sebabnya aku blm pernah mencoba shloat disana

  24. Ternyata lumayan cukup besar juga ya masjid nurul iman ni. Saya malah nggak tahu pak, soalnya jarang berkunjung ke jakarta hehe :D

  25. subhanallah ya... jika dilihat dari foto2nya, masjidnya nampak rapi dan bersih... apalagi langit2 nya indah sekali, seperti langit betulan berhiaskan awan.. :D

  26. baru kali ini ada pusat perbelanjaan yang memiliki Masjid dan sarana ibadah yang sangat indah, luas dan bersih. Padahal, selama ini yang pernah saya temukan, sarana ibadah di tempat seperti ini hanya sekedar petak kecil yang harus menampung banyak jamaah jadinya sering antri dan kadang terkesan kotor

  27. sudah lama saya nggak di jakarta :) dulu liat blok m square lagi proyek saja ternyata ada sebuah mesjid indah
    pengelola nya sepertinya mengerti akan butuh nya tempat sholat yang akan menimbulkan orang orang disana igin selalu ke mesjid untuk berjamaah
    tapi ada beberapa pengelola yang malah membangun diskotik seperti sebuah mall di jaksel :)

  28. mesjid nya rapi ,bersih , ,pasti nyaman tuh , , ,
    salam kenal mass , , ,
    mampir diblog q ya , , ,

  29. Saya pengen maen kesana, tapi belum sempat :)

  30. Tempatnya adem dan bersih.. tenag banget rasanya kalo habis jalan jalan solat di mesjid ini serasa bukan di dalam kawasan ramai.

  31. Subhanallah indahnya :')

  32. kalau mesjidnya seperti ini tambah betah kita beribadah didalamnya

  33. tomo says:

    masjid yang indah dan megah

  34. Wah....mesjidnya sangat terawat, damai rasanya melihat suasana mesjid ini....fatao-fotonya bagus.

  35. Sepertinya masjidnya sangat besar ya gan

  36. Anonymous says:

    waw megah nya, ada ka'bah nya juga, dan halaman nya sangat bersih . . . semoga kerbersihan nya tetap terjaga karena kebersihan sebagian dari iman. ^^

  37. Bhahaha, payah gue! Berulang kali ke Blok M, tapi gak pernah mampir ke mesjidnya. Hiks

  38. hahahaha, keren amat pak har ini, saya yang sering lewat melawai kalau dari gelanggang remaja bulungan mau ke arah cipete selatan ini malah blum pernah tahu kalau dilantai atas ada miniatur ka'bah

    thx infone. lain waktu aku mesti ntobain numpang sholat disana

    btw. ada sedikit info pak, waspadai dengan cookies di browser, karena sering disusupi mata mata,, untuk kasusu ini aku barusan menemukan keganjilan cookies dan cara menutupnya.. klo berminat untuk siapa saja yg suka ngenet, silahkan lihat di URL ini

    http://www.tipswisatamurah.com/2013/11/waspadai-fungsi-cookies-di-browser.html

    sori ni liink hidup.. krn aku pikir bermanfaat untuk teman2 yg suka ngeblog. thx

  39. wah, ada masjid didalem MALLL...hahayyy

  40. masjidnya megah dan disainnya juga bagus, jadi pengen kesana tapi belum punya ongkos hikz hikz..

  41. keren gan mesjidnya


    berkunjung balik ke blog Bayu Setiawan ya, thx :)

  42. Subhanallah, kepedulian dengan peribadatan dari pengelola gedung
    Namun alangkah lebih indahnya kalau kita dapat memakmurkan masjid terdekat dimana kita tinggal

    salam dari pamekasan madura

  43. Keren banget masjidnya. Bener banget Mas, selama ini tempat ibadah di dalam pusat perbelanjaan itu cuma 'syarat' maksudnya yang peting ada, sehingga seringkali tempatnya nyempil dan ruangnya kecil sekali.

  44. indah benar masjid ni... teringin nak ke sana.,

    sihat bang? lama tak jenguk ke sini.. maaf sangat. saya agak sibuk kebelakangan ni. harap abang sihat sahaja..:)

  45. masjid yang indah ditengah-tengah hirukpikuk aktifitas duniawi

  46. luar biasa masjidnya

    biasanya pusat perbelanjaan masjidnya seadanya bahkan tidak mirip tempat solat

  47. SALUT DENGAN PIHA PENGelola Blok M square yg menyediakan fasilitas beribadah utk umat Islam yg sangat sangat comfort gettu. Jarang2 ada pusat perbelanjaan yg aware utk nyediakan tempat sholat yg memadai, kebanyakan ala kadarnya

  48. oh jadi miniatur ka'bah itu untu pembelajaran manasik haji ya mas.. wih keren deh. ini wajib di tiru nih oleh semua pemilik mall2 besar. untuk memberi masjid di lamam mall nya..

  49. serasa ada di Makkah.., klo duit gk cukup ke Makkah mending ke jakarta aja hehe....

  50. saya pernah sholat disana juga pak

  51. ndop says:

    Woh bagus banget ya masjidnya. Aku selalu seneng berlama lama di masjid apalagi kalo masjidnya adem haha.. Tapi gak pernah sampe tidur sih. Malu soalnya kalau ketauan ngorok #eh

  52. Menyenangkan dan sepertinya juga sangat menetramkan masjidnya...hanya saya belum pernah kesana, mungkin suatu saat bisa berkunjung ke sana

  53. melihat gambar masjidnya terasa indah
    terbawa seakan sedan didalam masjid beribadah

  54. Masjid bangunan tahun berapa gan kayak masih baru...

  55. walaupun di mall, tapi luas begini ya mas... ini keren

  56. Wa'alaikumussalam daeng, salam kompak blogger ceria.
    Kesan saya membaca artikel Anda, saya menghela nafas panjang teringat satu waktu saya kelamaan dalam sebuah kegiatan yang berputar di tempat belanja dan tersadar waktu salat akan segera usai. Saat itu saya berpikir untuk segera mencari tempat ibadah, namun sayang tidak ada.
    Saya jadi berpikir, apa mungkin pendiri mall sebesar ini non muslim ya ?
    Akhirnya kemudian saya hanya mengarah pada satu pusat perbelanjaan yang dekat dengan tempat ibadah, Masjid.

  57. Berbagi itu gudang keberkahan. Terima kasih sobat, tapi... emm... saya bingung dengan link hidup. Semoga aman-aman saja ya pak....
    Maaf mohon jangan salah paham, semoga menjadi kebaikan bersama.
    Salam.

  58. masjid yang indah ditambah ada miniatur ka'bah pasti jama'ah akan senang melakukan ibadah di masjid ini ya mas

  59. kan kalau mall identik dengan musik tuh,, kalau waktu adzan apakah smua musik di mall di matikan ya...
    jd hanya suara adzan yg terdengar saat dikumandangkan.. :D

  60. semua orang islam tentunya ingin naik haji

  61. Wah bagus banget mesjidnya, biasanya kalo ada di pusat perbelanjaan mesjidnya di basement ya kebanyakan.

  62. masjid yang megah dan indah, moga selalu dimakmurkan oleh umat ya mas :)

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend