Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?


Lazada Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Baupiapi Masakan Mandar Kaya Gizi

tularosa | 119 komentar

Assalamualaikum sahabat-sahibit blogger sedunia.
Apabila berkunjung ke suatu daerah, maka beragam keunikan akan kita temui yang merupakan ciri khas identitas daerah tersebut, salah satu-nya adalah mencoba kuliner khas atau masakan asli daerah tersebut. Dengan kata lain melakukan wisata kuliner untuk mengetahui identitas khas suatu daerah melalui sel-sel indra pengecap lidah kita.

Dan itulah yang saya lakukan saat tiba di Kota Mamuju, Ibukota Propinsi Sulawesi Barat (19092012). Bersama Pak Yunus , Pak Will dan Pak Muhammad sebagai tuan rumah, kami menuju ke Rumah Makan SULBAR yang terletak di jalan Cik Ditiro – Kota Mamuju, yang terkenal selalu menyediakan masakan khas asli Mandar. Mandar adalah nama suku yang mendiami Propinsi Sulawesi Barat.

Membutuhkan waktu yang tak begitu lama bagi pramusaji Rumah Makan Sulbar untuk memenuhi pesanan kami dalam waktu sekejap sudah terhidang memenuhi meja tempat kami duduk. Menunya terdiri dari ikan bakar dengan sambal cobek serta daun kemangi sebagai lalapannya serta sayuran secukupnya lengkap dengan nasi, menu ini sudah umum didapatkan di daerah-daerah pesisir penghasil ikan. Kemudian ada pula disajikan yang namanya Baupiapi, yaitu masakan khas Mandar, berupa ikan masak kuah yang merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Propinsi Sulawesi Barat. Ikan yang dijadikan Baupiapi adalah ikan cakalang atau ikan tuna.


Baupiapi adalah masakan khas mandar yang sangat kaya gizi. Hal ini bisa dilihat dari bahan-bahan yang digunakan sehingga menjadi Masakan Baupiapi. Mulai dari cabai rawit, merica, garam, minyak kelapa, kunyit, bawang mandar atau bawang merah, serta ikan cakalang atau tuna yang akan dimasak dan jangan lupa dengan asam manggga-nya.

Kalau diurai satu persatu, maka kandungan gizi yang terdapat dalam Baupiai, antara lain dari cabai rawit diketahui mengandung banyak vitamin C dan Betakaroten atau Provitamin A, juga mengandung mineral kalsium dan fosfor. Kemudian zat Kapsaisin yang membuat cabai rawit terasa pedas ternyata bersifat Stomakik, yaitu dapat meningkatkan nafsu makan serta mampu merangsang produksi Hormon Endorphin untuk membangkitkan sensasi kenikmatan.
Kemudian kunyit diketahui mengandung senyawa kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin), minyak asiri, lemak, karbohidrat, vitamin, protein, fosfor, kalium, zat pati, mineral.
Sedangkan pada bawang merah terdapat senyawa sulfur dan quercetin, dalam jejak minyak esensial . Ini adalah antioksidan yang sangat efektif membantu dalam menetralisir radikal bebas ada dalam tubuh manusia. Bawang juga mengandung komponen mineral seperti kalsium , magnesium , natrium , kalium selenium, dan fosfor.

Dari bahan ikan tuna atau ikan cakalang kita ketahui sebagai salah satu komoditas laut, ikan tuna / cakalang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 pada ikan air laut, seperti ikan tuna, adalah 28 kali lebih banyak daripada ikan air tawar.
Dan yang terakhir adalah asam buah mangga. Buah mangga diketahui mengandung kalium. Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

Tak lengkap rasanya bila Resep Baupiapi tak disajikan dalam postingan ini, ibarat sayuran tanpa garam. Berikut adalah resep dan cara memasak Baupiapi.

RESEP ASLI MANDAR MASAKAN BAUPIAPI

Bumbu yang disediakan :
- Cabai rawit sesuai selera
- Irisan bawang Mandar / bawang merah
- Asam mangga
- Merica secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak Mandar / minyak kelapa
- Kunyit (dihaluskan)
- Ikan Cakalang atau ikan Tuna yang akan dimasak

Alat untuk memasak : Kawali (wajan dari tanah liat)

Cara Memasak Baupiapi :
- Haluskan merica, cabe rawit dan garam
- Cuci bersih asam mangga dan sisihkan airnya
- Campur bumbu yang sudah dihaluskan dengan kunyit, minyak kelapa, irisan bawang mandar dan asam mangga, kemudian diremas-remas lalu sisihkan
- Potong-potong ikan Cakalang / Ikan Tuna sesuai selera, lalu dicuci bersih - Cucian terakhir ikan dicuci dengan air cucian asam mangga yang disisihkan (untuk mengurangi bau amis pada ikan)
- Masukkan ikan kedalam kawali
- Lumuri ikan dengan campuran bumbu minimal 30 detik (agar bumbu lebih meresap dah hasil masakan lebih gurih)
- Tambahkan air (tinggi air serata dengan ikan)
- Kemudian masak dengan api sedang
- Sisakan air sedikit saja untuk kuah
- Untuk menambah rasa gurih Baupiapi, tambahkan minyak Mandar/ Minyak kelapa sampai sendok makan kedalam masakan.

Paling nikmat bila hidangkan dengan nasi, singkong rebus,atau Jepa (roti ubi tradisional khas suku Mandar)

Apa yang membedakan Baupiapi dari masakan lainnya yang pernah saya temui dan pernah saya cicipi dan rasakan di daerah-daerah lainnya. ??

Yang membedakan adalah Cita Rasa Asam yang terdapat pada Masakan Baupiapi tersebut. Bila selama ini cita rasa asam yang saya temui pada masakan-masakan daerah lain diperoleh dari jeruk nipis, ataupun jeruk lemon maupun cuka , namun tidak demikian dengan masyarakat Mandar yang ada di Sulawesi Barat, mereka menggunakan mangga muda sebagai bahan untuk memperoleh cita rasa asam tersebut, dan dikenal dengan nama Asam Buah Mangga atau Asam Mangga

Bagi masyarakat suku Mandar, asam mangga mempunyai rasa asam alami yang tidak terlalu tajam, bila dibandingkan jeruk maupun cuka. Namun rasa asam ini lebih kuat bila dibandingkan dengan asam jawa. Proses pembuatan cita rasa asam ini, sebelumnya mangga muda dikupas terlebih dahulu kemudian dijemur selama beberapa hari hingga kering dan warnanya berubah. Seusai dijemur selama beberapa hari dan mangga telah berubah menjadi warna hitam kecokelatan maka olahan mangganya barulah bisa digunakan. Mangga tidak bisa lagi dimakan begitu saja setelah mengalami proses penjemuran, dan hanya bisa digunakan sebagai pelengkap atau bumbu masak.

Alhamdulillah, usai menyantap sajian nikmat di Rumah Makan SULBAR, kamipun kembali melanjutkan aktifitas wara-wiri mencari sesuap nasi dan segenggam berlian di bumi ALLAH Yang Maha Luas ini. Jikalau sahabat-sahibit blogger se-dunia menyempatkan diri berkunjung ke Propinsi Sulawesi Barat, jangan sungkan-sungkan untut ikut mencicipi Masakan Baupiapi, kuliner khas Mandar yang unik dan rasanya sangatlah nikmat. Kalau tak sempat, boleh-lah resep-nya diuji coba di rumah anda masing-masing.


Baupiapi Masakan Mandar Kaya Gisi ini diikutkan dalam lomba Jelajah Gizi
yang diselenggrakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa

Category : , , , , , , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

119 komentar

  1. kebayang ikan baupiapi nya pedes kang

    salam sehat selalu

  2. waduh enak bener nih.. makan makan terus... dan nyobain makanan yang enak enak khas daerah.. luar bisa.... ada resepnya lagi...

  3. wah yang kayak gini kesukaan anak saya Arien. meski belum pernah mencoba, saya berani tawarkan ke Arien. coba kalo berkesempatan ke sana, takminta Mas Hariyanto buat traktir saya, haha..
    btw di Jakarta ada nggak ya Mas? saya nyoba searching belum nemu tempatnya.

  4. wa'alaikum salam
    waw.. sore-sore gini jadi laper bener nih bang :D
    jadi pengiin nyobain nih,
    hunting ikan tuna yg agaksusah di kampung saya
    makasih sharenya :)

  5. ikut mencicipi Masakan Baupiapi, kuliner khas Mandar dong, dilihat dari screenshot,, sepertinya aromanya sedap dan membuat ngeces lidah dech, hehehe, nice share

  6. wah....lezat sekali masakan mandar....baru lihat aja nih udah kepingin mencicipinya....emmmmm, mantaf

  7. Terimakasih sudah menyertakan resepnya bang...kapan2 pengen nyoba bikin di rumah...dari penampakannya kayaknya enak ya...

  8. Baupiapi.... baru dengar nama masakan itu,tapi lihat dari gambarnya nampak lezat ya Bang
    jadi ngiler nih....hehe

  9. bang hari ini selalu saja bisa bikin orang ngiler,hehe

  10. segar dan bikin nafsu makan bertambah pak masakannya

  11. wah..siap dengan asam mangga ya? wah.. dengar pun macam sedap.. teringin nak merasa..

  12. Ih makin Ngiler saja ingin menikmati masakan yang satu ini apalagi pake asam mangga

  13. wuadoooooh,,tengah malam liat ini,bikin perut membludak protes heheh

    seger bgd pastinya ya Daeng :D

  14. Baupiapi pengguggah selera makan.. Jadi membuat lapar melihatnya saya gan..

  15. wah kayaknya enak tuh..
    kapan-kapan bisa dicoba.
    thanks infonya :)

  16. menu ikannya terlihat enak, pedes pedes gimana gitu om kayaknya...

  17. semoga sukses kontesnya Pak. Makananya terlihat enak cuman sayang saya ga bisa makan ikan.. :D

  18. owh baupiapi itu ikan masak kuah, sejenis gulai gitu ya, hanya beda cita rasanya aja bearti, itulah indonesia, beragam ya,

    mantap mantap

  19. jd penasaran pengen nyoba :)

  20. namanya pakai kata api tapi ternyata dikasih kuah...jadi inget lagi sama nila bakar dikasih kuah bersambel.
    pedes dan gurih..!!

  21. mmmmhhhh.. jadi ngiler lihat kulinernya.
    sulbar dekat ya dari sulut, masih satu pulau.. hehehe
    salam kenal aja dari bolaang mongondow...

  22. Masakan pedas. Mantaf. Aku penyuka masakan pedas.

  23. waaah senangnya...
    Enak kelihatannya. cmn masaknya mayan ribet

  24. indonesia kaya akan kuliner, coba masterchef tantangannya bikin kuliner dari suku indonesia yg blm dikenal publik

  25. Masakan yang istimewa! Saya belum pernah coba masakan yang salah satu bahannya menggunakan mangga muda, jadi penasaran. Terima kasih resepnya, bisa dicoba nih.

    Sukses dengan lombanya ya Bang :)

  26. saingan berat neh...aseling mantap bang, baupiapi..keren jugak namanya. di sana dominan rasa pedas juga ya bang

  27. Tampak pedas sekali, Om. . .
    Waaaah, saya suka kayaknya. :D

    Selamat ngontes ya, Om. )

  28. hmm..
    jadi laper nih..
    makasih info kuliner dan resepnya..
    kapan-kapan bisa dicoba nih :)

  29. Hmmm... jadi lapeeeerrr... wah.. asyiknya ya bisa nikmatin kuliner khas sulawesi barat... bagi dong mas... hehehe....

  30. wah orang rumah harus nyoba resep satu ini nii sepertiyna :) yummy :)

  31. wah postingannya komplit dengan kandungan dan resep deh

  32. wah, membayangkan rasanya
    tapi lidah saya tuh kurang bersahabat
    yg dianggap enak ya masakan khas Sunda aja

  33. wow kayanya pedas nya minta ampun,tapi mantaaapp...hehe

  34. wah mantaf, enak banget kayaknya....
    jadi tambah laper dimalam yang sunyi ini, tanpa ada pedagang lewat huu..huhh (T_T)

  35. Selain kandungan nolai gizinya yg tinggi... :)

    Masakan khas daerah sulawesi barat ini...menggugah selera nafsu makan..
    Mantapp bang Har... :)

  36. Wah komplit banget mas infonya, mulai dari kandunga gizi sampai cara masaknya, jangan jangan mas har bantuin masak di dapur nya ya hehe

  37. selain enak dimakan tentux bnyak mengandung gizi.thx for share.


    http://baguspost.blogspot.com

  38. baca ini jadi menelan ludah sob, resepnya saya kopy ya!

  39. Eka says:

    cocok buat menu buka puasa ntar sore nih Pak,,.... :)

  40. Belum pernah merasain masakan khas disana Mas :)

    Tapi kelihatannya enak sekali ya :)

  41. bikin ngiler dan laper deh kalau melihat makanan seperti ini, pengen mencicipi

  42. wah enak tuh bang kayanya hhe
    jadi pengen nyicipi :)

  43. kayaknya enak tu pak..
    mau nyoba deh.. :)

  44. pedes banget tu bang kayaknyaaa.. :))

  45. ngeliatnya aja udah pengen banget nyicipin sob

  46. Dilihat sepintas sepertinya sangat memuaskan bila disantap....
    maaf baru hadir lagi bang hehe Salam

  47. hmmmmmmmmmmm jadi ingin merasakan masakan mandar
    yang nampaknya enak banget tuh ngundang lapar... :)

  48. Kuliner yang unik dan mantap. Mampu menggugah selera ! Semoga menang.

  49. Masakan khas daerah memang mantap ya bang,kalau di sayamah bolokotok lenca bang.yang terbuat dari lenca campur oncom bandung wuih mantap.

  50. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Wah masakan ikan Baupiapi sangat menggugah selera. Mudahan puasa hari ini tidak terlerai..hehehe.

    Sayang sekali, saya kurang suka makan ikan sedangkan saya tahu ikan tinggi khasiat proteinnya.

    Hadir ini ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IEDUL ADHA 1433H.

    Semoga takbir yang bergema membawa seribu keberkatan bersama-sama erti pengorbanan sebenar.

    MAAF ZAHIR DAN BATIN.

    Siti Fatimah Ahmad
    Sarikei, Sarawak

  51. Datang Dari search Engine wah mantap bener nih masakan Kayaknya cocok untuk menu Lebaran Esok

  52. wah.. enak banget makanannya nih,.. :D patut dicoba deh..

  53. wajib nih dicoba makanannya.. :)

  54. selain bergizi enak pula, hadu jadi pengen mencicipi nih hehee... :)

  55. . . kayaknya enak tuch. he..86x. kirim donk kawan. he..86x. oia GudLuck ya untuk kontes nya?!? . .

  56. Perlu dicoba nih, masakan khas Mandar.
    semoga menang lombanya. :)

  57. Rohis Facebook mengucapkan..

    Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

    "Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

    “Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

    Maaf klo ada salah2 kata yaa..!

    *smile

  58. Sepertinya lezat tuh :) semoga suatu saat bisa mampir kesana

  59. Assalamu Alaikum WALAUPUN JEMARI TAK BERJABAT, RUPA TIDAK PERNAH KETEMU SECARA LANGSUNG NAMUN BLOGLAH YANG MENJADI AJANG SILAHTURAHMI KITA SELAMA INI DAN SAYA UCAPKAN Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha Bila saya ada Khilaf dalam pengajuan komentar di blog ini saya ucapakan Minta Maaf yang sebesar besarnya. Salam Sukses dan Jaya selalu Untuk Admin BlogS of Hariyanto Wassalam

  60. enak nih sob, mirip pizza :D

  61. Alhamdulillah, kita masih diberikan kesehatan dan umur panjang dalam menunaikan Hari Raya Idul Adha ditahun ini, segala kekliruan dan kesalahan yg dilakukan di hari kemarin semoga menjadi pelajaran berarti untuk kita, jika ada salah dan khilaf yg saya lakukan mohon dimaafkan lahir dan batin.

  62. Selamat hari raya Idul Adha 1433 hijriah semoga ALLAH swt senantiasa melapangkan rizkinya pada kita semuah

  63. Selamat hari raya qurban jg bang Har... :)
    Mohon mav lahir dan bathin :)

  64. Hadir lagi ,selamat idul adha, mohon maaf lahir batin.

  65. baru kali ini aku dengar masakan baupiapi...
    ini masakan khas mandar yah..

    kayanya makanannya enak banget nih.
    jadi kepingin mencoba makan baupiapi.. ^_^

  66. Jadi mengenal salah satu makanan khas dari tanah air kita tercinta

  67. Selamat hari idul adha sob, mohon maap lahir batin... :)

  68. walaikumsalam...
    nama makananya unik ya sob "Baupiapi"
    http://emmethe.blogspot.com/

  69. maaf sob..tolong hapus komentar saya yang atas,demi alloh tadi saya salah tidak memasukan link,kok jadi ada link itu???

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

  70. wah lezat sekali sepertinya mas...

    mampir dong diblog saya Saatnya yang Muda Melek Hukum untuk Berantas Korupsi !!!

  71. Promo kulinernya sangat mengena Om. Enak tuh masakan. Makasih

  72. Wow enak sekali tuh kayaknya pengen coba neh mas.. oh iya Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H

  73. Selamat hari Raya Idul Adha 1433 H. Semoga kita dapat meneladani kualitas pengorbanan Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS dan semoga ALLAH memberi kita kekuatan dalam meneladani dua teladan agung ini. Amin.

  74. Nyamm nyamm.. ini baru keren.. ga sekedar makan doang, tapi juga perhatikan gizinya :)

  75. Selamat hari Idul Adha Mas :)

    Maaf lahir dan batin ya. :)

  76. Tampak sangat berselera ya Bang hehe...

    Selamat hari raya idul adha ya Bang.

  77. Baru denger makanan ini, keliatanya Enak :q
    haha :D

  78. waah , kayaknya pedas dan asamnya terasa mantap ya pak Hari,
    cuma bisa mendoakan , moga termasuk pemenang dlm lombanya,

    Taqobbalalloh minna wa minkum....

  79. Aduuh bang.. bikin perut saya lapar.. hehehe

    Saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H.. Minal Aidin Walfaidzin ya bang.. Mohon Maaf lahir dan Batin.. :D

  80. Kami sekeluarga mengucapkan selamat idul adha 2012, semoga semangat berkorban dan keikhlasan dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Amin

  81. Sekali - sekali berkunjung ke Medan bang, ada makanan khas yg namanya Na Niarsik..

    :)

  82. Tambah lagi bang resep masakan nusantara yang jelas sarat gizi adan aman di konsumsi . .

  83. blognya sudah sya follow mas no 490, dtunggu follow backnya dblogq :)

  84. Selamat Berhari Raya Idul Adha, semoga Abang dan keluarga semua senantiasa berada dalam liputan Rahmaan dan Rahiim-Nya. :)

    wah.. liat2 gambar di postingan ini.. aslli jadi lapar ni, Bang.. :D
    Pastinya enak banget ya nikmatin hidangan2 istimewa kayak gitu bareng keluarga.. *ngiri..

  85. wah kalau masakan resep seperti ini rasanya pasti enak sobat, apalagi Ikan Tuna merupakan Ikan laut yg sangat spesial, pasti rasanya membuat saya ketagihan sobat.
    terima kasih sudah berbagi sobat

  86. Rea says:

    kagak meleduk tar kolestrolnya om?

  87. wow.. pasti enak donk, masakan ini gan.

  88. Assalamu'alaikum sobat....
    minal aidzin wal faidzin ya...
    selamat hari raya idul adha...
    maaf telat dateng,,,masih ada dagingnya ya,,,hehehe...

  89. wew, liat gambarnya jadi laper neh #emang blm makan 2 jam lalu, hehehehe :D

  90. wew.. bikin ngiler aja nih

  91. enak banget tuh kyanya..

  92. msakan banjar emank top dah..

  93. jaadi pengen nyoba baupiapi masakan mandar

  94. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
    Selamat Hari Raya Idul Adha, Maaf lahir dan bathin. Semoga ridho Allah senantiasa menyertai aktivitas hidup kita... aamiin.
    Back to topic.. ini kuliner khas Mandar, ya Kangmas?! Hmmm... ckckck.. begitu lihat fotonya, saya jadi menelan ludah, rasanya pingiiiin deh mencicipi. Nice share, Kangmas... God bless you.

  95. waw, dapat resep baru.
    Sepertinya perlu di kasih tau ke mama saya nih kang.
    biar nyoba buat sayur asam pakai asam mangga.
    kali aja enak.

    makasih banyak info nya kang

  96. mampir sejenak untuk baca artikel ini..

  97. Sory Sob Baru Mampir Nh,,, Enak Juga Ea Dipandang

  98. maaf sob kl komentarnya oot :-)
    cuma mau ngucapin
    selamat hari blogger
    mari menjadi blogger yang bermanfaat bagi semua

    ~write for a change~

  99. barokallah di idul adha ini tuk kita semua mas, n semoga barokah juga lombanya :)

  100. Hmm... sudah bisa dibayangkan betapa gurihnya makanan ini, karena menggunakan minyak kelapa... :)

  101. malem-melem begini, liat makanan dipiring jadi kepengen.
    met malem Kang

  102. Itu resep dari resto nya pak? O_o

  103. Waah, kayaknya manteff tuh.

  104. kalo sudah bahas masalah makanan paling jago nih, jadi ngiler hehe..

  105. semoga suatu saat bisa mampir kesana

  106. Andy says:

    rasanya gimana ya ? soalnya aku kagak terbiasa makan2 yg kaya begitu alias lidah kampung mas :)

  107. wah kuliner lagi bang, ehm.. sedap bener dah. lengkap dengan resepnya lagi. wah.. sayang saya cuma hobi makan ga hobi masak :D

  108. jadi penasaran sama rasa asam mangganya di masakan itu :)
    gud luck untuk kontesnya..

    Selamat hari raya idul qurban, semoga semangat kurban menjadikan kita insan2 yang lebih peduli pada sesama..

  109. afwan baru mampir, karena kemarin2 sibuk :D

    maaf juga kalo oot, ini kok kaze pasang blogroll akang kaga bisa bisa ya? padahal mau ditambah feednya supaya pas update langsung kaze dapat pertamax :D

    mungkin kaze pasang via linklist aja ya, oh ya makasih sudah bersedia pasang, ya. jazakumulloh

  110. wuih enak banget.... pengen nyicipi ah. hehehehe...

  111. wah saya jadi laper nih.... sedap banget tuh sajiannya.....

    apalagi diulas dengan detil, bikin mupeng untuk bisa hadir di tempat dan mencicipinya... kapan ya bisa kesana?

    Sukses untuk Kompetisinya ya pak... :)

  112. Karena bang Hariyanto belum update, saya ramaikan lagi Artikel ini dah :D

  113. mabatbh banget...
    bisa menggugah nafsu makan...
    :)

  114. wow asli ngiler!!! sebagai pecinta ikan kayaknya ga sah deh indra pengecap klau blum rasa masakan ini,hope bisa ngerasain kuliner ini meskipun hanya sekali :D nice share as always mas !!

New comments are not allowed.

119 komentar

  1. kebayang ikan baupiapi nya pedes kang

    salam sehat selalu

  2. waduh enak bener nih.. makan makan terus... dan nyobain makanan yang enak enak khas daerah.. luar bisa.... ada resepnya lagi...

  3. wah yang kayak gini kesukaan anak saya Arien. meski belum pernah mencoba, saya berani tawarkan ke Arien. coba kalo berkesempatan ke sana, takminta Mas Hariyanto buat traktir saya, haha..
    btw di Jakarta ada nggak ya Mas? saya nyoba searching belum nemu tempatnya.

  4. wa'alaikum salam
    waw.. sore-sore gini jadi laper bener nih bang :D
    jadi pengiin nyobain nih,
    hunting ikan tuna yg agaksusah di kampung saya
    makasih sharenya :)

  5. ikut mencicipi Masakan Baupiapi, kuliner khas Mandar dong, dilihat dari screenshot,, sepertinya aromanya sedap dan membuat ngeces lidah dech, hehehe, nice share

  6. wah....lezat sekali masakan mandar....baru lihat aja nih udah kepingin mencicipinya....emmmmm, mantaf

  7. Terimakasih sudah menyertakan resepnya bang...kapan2 pengen nyoba bikin di rumah...dari penampakannya kayaknya enak ya...

  8. Baupiapi.... baru dengar nama masakan itu,tapi lihat dari gambarnya nampak lezat ya Bang
    jadi ngiler nih....hehe

  9. bang hari ini selalu saja bisa bikin orang ngiler,hehe

  10. segar dan bikin nafsu makan bertambah pak masakannya

  11. wah..siap dengan asam mangga ya? wah.. dengar pun macam sedap.. teringin nak merasa..

  12. Ih makin Ngiler saja ingin menikmati masakan yang satu ini apalagi pake asam mangga

  13. wuadoooooh,,tengah malam liat ini,bikin perut membludak protes heheh

    seger bgd pastinya ya Daeng :D

  14. Baupiapi pengguggah selera makan.. Jadi membuat lapar melihatnya saya gan..

  15. wah kayaknya enak tuh..
    kapan-kapan bisa dicoba.
    thanks infonya :)

  16. menu ikannya terlihat enak, pedes pedes gimana gitu om kayaknya...

  17. semoga sukses kontesnya Pak. Makananya terlihat enak cuman sayang saya ga bisa makan ikan.. :D

  18. owh baupiapi itu ikan masak kuah, sejenis gulai gitu ya, hanya beda cita rasanya aja bearti, itulah indonesia, beragam ya,

    mantap mantap

  19. jd penasaran pengen nyoba :)

  20. namanya pakai kata api tapi ternyata dikasih kuah...jadi inget lagi sama nila bakar dikasih kuah bersambel.
    pedes dan gurih..!!

  21. mmmmhhhh.. jadi ngiler lihat kulinernya.
    sulbar dekat ya dari sulut, masih satu pulau.. hehehe
    salam kenal aja dari bolaang mongondow...

  22. Masakan pedas. Mantaf. Aku penyuka masakan pedas.

  23. waaah senangnya...
    Enak kelihatannya. cmn masaknya mayan ribet

  24. indonesia kaya akan kuliner, coba masterchef tantangannya bikin kuliner dari suku indonesia yg blm dikenal publik

  25. Masakan yang istimewa! Saya belum pernah coba masakan yang salah satu bahannya menggunakan mangga muda, jadi penasaran. Terima kasih resepnya, bisa dicoba nih.

    Sukses dengan lombanya ya Bang :)

  26. saingan berat neh...aseling mantap bang, baupiapi..keren jugak namanya. di sana dominan rasa pedas juga ya bang

  27. Tampak pedas sekali, Om. . .
    Waaaah, saya suka kayaknya. :D

    Selamat ngontes ya, Om. )

  28. hmm..
    jadi laper nih..
    makasih info kuliner dan resepnya..
    kapan-kapan bisa dicoba nih :)

  29. Hmmm... jadi lapeeeerrr... wah.. asyiknya ya bisa nikmatin kuliner khas sulawesi barat... bagi dong mas... hehehe....

  30. wah orang rumah harus nyoba resep satu ini nii sepertiyna :) yummy :)

  31. wah postingannya komplit dengan kandungan dan resep deh

  32. wah, membayangkan rasanya
    tapi lidah saya tuh kurang bersahabat
    yg dianggap enak ya masakan khas Sunda aja

  33. wow kayanya pedas nya minta ampun,tapi mantaaapp...hehe

  34. wah mantaf, enak banget kayaknya....
    jadi tambah laper dimalam yang sunyi ini, tanpa ada pedagang lewat huu..huhh (T_T)

  35. Selain kandungan nolai gizinya yg tinggi... :)

    Masakan khas daerah sulawesi barat ini...menggugah selera nafsu makan..
    Mantapp bang Har... :)

  36. Wah komplit banget mas infonya, mulai dari kandunga gizi sampai cara masaknya, jangan jangan mas har bantuin masak di dapur nya ya hehe

  37. selain enak dimakan tentux bnyak mengandung gizi.thx for share.


    http://baguspost.blogspot.com

  38. baca ini jadi menelan ludah sob, resepnya saya kopy ya!

  39. Eka says:

    cocok buat menu buka puasa ntar sore nih Pak,,.... :)

  40. Belum pernah merasain masakan khas disana Mas :)

    Tapi kelihatannya enak sekali ya :)

  41. bikin ngiler dan laper deh kalau melihat makanan seperti ini, pengen mencicipi

  42. wah enak tuh bang kayanya hhe
    jadi pengen nyicipi :)

  43. kayaknya enak tu pak..
    mau nyoba deh.. :)

  44. pedes banget tu bang kayaknyaaa.. :))

  45. ngeliatnya aja udah pengen banget nyicipin sob

  46. Dilihat sepintas sepertinya sangat memuaskan bila disantap....
    maaf baru hadir lagi bang hehe Salam

  47. hmmmmmmmmmmm jadi ingin merasakan masakan mandar
    yang nampaknya enak banget tuh ngundang lapar... :)

  48. Kuliner yang unik dan mantap. Mampu menggugah selera ! Semoga menang.

  49. Masakan khas daerah memang mantap ya bang,kalau di sayamah bolokotok lenca bang.yang terbuat dari lenca campur oncom bandung wuih mantap.

  50. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Wah masakan ikan Baupiapi sangat menggugah selera. Mudahan puasa hari ini tidak terlerai..hehehe.

    Sayang sekali, saya kurang suka makan ikan sedangkan saya tahu ikan tinggi khasiat proteinnya.

    Hadir ini ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IEDUL ADHA 1433H.

    Semoga takbir yang bergema membawa seribu keberkatan bersama-sama erti pengorbanan sebenar.

    MAAF ZAHIR DAN BATIN.

    Siti Fatimah Ahmad
    Sarikei, Sarawak

  51. Datang Dari search Engine wah mantap bener nih masakan Kayaknya cocok untuk menu Lebaran Esok

  52. wah.. enak banget makanannya nih,.. :D patut dicoba deh..

  53. wajib nih dicoba makanannya.. :)

  54. selain bergizi enak pula, hadu jadi pengen mencicipi nih hehee... :)

  55. . . kayaknya enak tuch. he..86x. kirim donk kawan. he..86x. oia GudLuck ya untuk kontes nya?!? . .

  56. Perlu dicoba nih, masakan khas Mandar.
    semoga menang lombanya. :)

  57. Rohis Facebook mengucapkan..

    Selamat Hari Raya idul Adha 1433 H

    "Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.

    “Smga Allah menerima amal2 kami & kamu, puasa kami dan kamu.

    Maaf klo ada salah2 kata yaa..!

    *smile

  58. Sepertinya lezat tuh :) semoga suatu saat bisa mampir kesana

  59. Assalamu Alaikum WALAUPUN JEMARI TAK BERJABAT, RUPA TIDAK PERNAH KETEMU SECARA LANGSUNG NAMUN BLOGLAH YANG MENJADI AJANG SILAHTURAHMI KITA SELAMA INI DAN SAYA UCAPKAN Selamat Merayakan Hari Raya Idul Adha Bila saya ada Khilaf dalam pengajuan komentar di blog ini saya ucapakan Minta Maaf yang sebesar besarnya. Salam Sukses dan Jaya selalu Untuk Admin BlogS of Hariyanto Wassalam

  60. enak nih sob, mirip pizza :D

  61. Alhamdulillah, kita masih diberikan kesehatan dan umur panjang dalam menunaikan Hari Raya Idul Adha ditahun ini, segala kekliruan dan kesalahan yg dilakukan di hari kemarin semoga menjadi pelajaran berarti untuk kita, jika ada salah dan khilaf yg saya lakukan mohon dimaafkan lahir dan batin.

  62. Selamat hari raya Idul Adha 1433 hijriah semoga ALLAH swt senantiasa melapangkan rizkinya pada kita semuah

  63. Selamat hari raya qurban jg bang Har... :)
    Mohon mav lahir dan bathin :)

  64. Hadir lagi ,selamat idul adha, mohon maaf lahir batin.

  65. baru kali ini aku dengar masakan baupiapi...
    ini masakan khas mandar yah..

    kayanya makanannya enak banget nih.
    jadi kepingin mencoba makan baupiapi.. ^_^

  66. Jadi mengenal salah satu makanan khas dari tanah air kita tercinta

  67. Selamat hari idul adha sob, mohon maap lahir batin... :)

  68. walaikumsalam...
    nama makananya unik ya sob "Baupiapi"
    http://emmethe.blogspot.com/

  69. maaf sob..tolong hapus komentar saya yang atas,demi alloh tadi saya salah tidak memasukan link,kok jadi ada link itu???

    Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

  70. wah lezat sekali sepertinya mas...

    mampir dong diblog saya Saatnya yang Muda Melek Hukum untuk Berantas Korupsi !!!

  71. Promo kulinernya sangat mengena Om. Enak tuh masakan. Makasih

  72. Wow enak sekali tuh kayaknya pengen coba neh mas.. oh iya Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H

  73. Selamat hari Raya Idul Adha 1433 H. Semoga kita dapat meneladani kualitas pengorbanan Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS dan semoga ALLAH memberi kita kekuatan dalam meneladani dua teladan agung ini. Amin.

  74. Nyamm nyamm.. ini baru keren.. ga sekedar makan doang, tapi juga perhatikan gizinya :)

  75. Selamat hari Idul Adha Mas :)

    Maaf lahir dan batin ya. :)

  76. Tampak sangat berselera ya Bang hehe...

    Selamat hari raya idul adha ya Bang.

  77. Baru denger makanan ini, keliatanya Enak :q
    haha :D

  78. waah , kayaknya pedas dan asamnya terasa mantap ya pak Hari,
    cuma bisa mendoakan , moga termasuk pemenang dlm lombanya,

    Taqobbalalloh minna wa minkum....

  79. Aduuh bang.. bikin perut saya lapar.. hehehe

    Saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H.. Minal Aidin Walfaidzin ya bang.. Mohon Maaf lahir dan Batin.. :D

  80. Kami sekeluarga mengucapkan selamat idul adha 2012, semoga semangat berkorban dan keikhlasan dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Amin

  81. Sekali - sekali berkunjung ke Medan bang, ada makanan khas yg namanya Na Niarsik..

    :)

  82. Tambah lagi bang resep masakan nusantara yang jelas sarat gizi adan aman di konsumsi . .

  83. blognya sudah sya follow mas no 490, dtunggu follow backnya dblogq :)

  84. Selamat Berhari Raya Idul Adha, semoga Abang dan keluarga semua senantiasa berada dalam liputan Rahmaan dan Rahiim-Nya. :)

    wah.. liat2 gambar di postingan ini.. aslli jadi lapar ni, Bang.. :D
    Pastinya enak banget ya nikmatin hidangan2 istimewa kayak gitu bareng keluarga.. *ngiri..

  85. wah kalau masakan resep seperti ini rasanya pasti enak sobat, apalagi Ikan Tuna merupakan Ikan laut yg sangat spesial, pasti rasanya membuat saya ketagihan sobat.
    terima kasih sudah berbagi sobat

  86. Rea says:

    kagak meleduk tar kolestrolnya om?

  87. wow.. pasti enak donk, masakan ini gan.

  88. Assalamu'alaikum sobat....
    minal aidzin wal faidzin ya...
    selamat hari raya idul adha...
    maaf telat dateng,,,masih ada dagingnya ya,,,hehehe...

  89. wew, liat gambarnya jadi laper neh #emang blm makan 2 jam lalu, hehehehe :D

  90. wew.. bikin ngiler aja nih

  91. enak banget tuh kyanya..

  92. msakan banjar emank top dah..

  93. jaadi pengen nyoba baupiapi masakan mandar

  94. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
    Selamat Hari Raya Idul Adha, Maaf lahir dan bathin. Semoga ridho Allah senantiasa menyertai aktivitas hidup kita... aamiin.
    Back to topic.. ini kuliner khas Mandar, ya Kangmas?! Hmmm... ckckck.. begitu lihat fotonya, saya jadi menelan ludah, rasanya pingiiiin deh mencicipi. Nice share, Kangmas... God bless you.

  95. waw, dapat resep baru.
    Sepertinya perlu di kasih tau ke mama saya nih kang.
    biar nyoba buat sayur asam pakai asam mangga.
    kali aja enak.

    makasih banyak info nya kang

  96. mampir sejenak untuk baca artikel ini..

  97. Sory Sob Baru Mampir Nh,,, Enak Juga Ea Dipandang

  98. maaf sob kl komentarnya oot :-)
    cuma mau ngucapin
    selamat hari blogger
    mari menjadi blogger yang bermanfaat bagi semua

    ~write for a change~

  99. barokallah di idul adha ini tuk kita semua mas, n semoga barokah juga lombanya :)

  100. Hmm... sudah bisa dibayangkan betapa gurihnya makanan ini, karena menggunakan minyak kelapa... :)

  101. malem-melem begini, liat makanan dipiring jadi kepengen.
    met malem Kang

  102. Itu resep dari resto nya pak? O_o

  103. Waah, kayaknya manteff tuh.

  104. kalo sudah bahas masalah makanan paling jago nih, jadi ngiler hehe..

  105. semoga suatu saat bisa mampir kesana

  106. Andy says:

    rasanya gimana ya ? soalnya aku kagak terbiasa makan2 yg kaya begitu alias lidah kampung mas :)

  107. wah kuliner lagi bang, ehm.. sedap bener dah. lengkap dengan resepnya lagi. wah.. sayang saya cuma hobi makan ga hobi masak :D

  108. jadi penasaran sama rasa asam mangganya di masakan itu :)
    gud luck untuk kontesnya..

    Selamat hari raya idul qurban, semoga semangat kurban menjadikan kita insan2 yang lebih peduli pada sesama..

  109. afwan baru mampir, karena kemarin2 sibuk :D

    maaf juga kalo oot, ini kok kaze pasang blogroll akang kaga bisa bisa ya? padahal mau ditambah feednya supaya pas update langsung kaze dapat pertamax :D

    mungkin kaze pasang via linklist aja ya, oh ya makasih sudah bersedia pasang, ya. jazakumulloh

  110. wuih enak banget.... pengen nyicipi ah. hehehehe...

  111. wah saya jadi laper nih.... sedap banget tuh sajiannya.....

    apalagi diulas dengan detil, bikin mupeng untuk bisa hadir di tempat dan mencicipinya... kapan ya bisa kesana?

    Sukses untuk Kompetisinya ya pak... :)

  112. Karena bang Hariyanto belum update, saya ramaikan lagi Artikel ini dah :D

  113. mabatbh banget...
    bisa menggugah nafsu makan...
    :)

  114. wow asli ngiler!!! sebagai pecinta ikan kayaknya ga sah deh indra pengecap klau blum rasa masakan ini,hope bisa ngerasain kuliner ini meskipun hanya sekali :D nice share as always mas !!

New comments are not allowed.
Fatbirder's Top 1000 Birding Websites
Google PageRank

celoteh backpacker Warung Blogger Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

KPK >ASEAN Blogger BAGUS
MY FRIENDSHIP BLOGROLL
Aul and The Home
Adatiffa Blogger
ChloeBelle's NesT
Icah Banjarmasin
There's No Place That Far
Facebook Pesantren Kilat 1430H
Sembilan Waroeng Makassar
Percikan KalbuKoe
Andi Batara Parenrengi
Sidercorner
Lettha's Blog
Sigodang Pos
Cinta Deras
Jai Shri Ram
Hobby Exchange
Aneka Resep Kue Nusantara
World Sportsholic
Devil Yue
Toraja Update
Putri Dumai
Ksatria Fantasy Blog
Muhasabah
Berbagi Ilmu Pengetahuan
Saleh Blog
Insan Robbani
Economic Article
Daeng Nawa Blogger Makassar
It-welove-It
Semproel's Blog
Trenggalek Jelita
Blog'e Cah Nganjuk
Operating System Gandzpandlim
Help Me Jesus
Mantab Jaya Blog
Aziscs1 Desain Grafis
Bengkel Bangun
Share Our Knowledge
Bisnis Pulsa Elektrik
Outbond di Mega Mendung | Outbond di Bogor | Outbond di Puncak
Mengukir Senyum di Udara
Bisnis Online Blog
Mencari Ilmu
Indonesia Ku
Random Buzz
Maunya Semua Ada Di Sini
Firdauzz's Site
Info Seputar Komputer
Kang Onk Design
Catatan Usang
Blog de Dibujo
Lampungsay
Kerajaan Air Mata
Zikir dan Kontemplasi
Tutorial Komputer dan Software
Bukan Catatan Manusia Biasa
Tulisan Yang Biasa Biasa Saja
SEO INDO
A-NX
Kompilasi Pena
DamarKun Share
Abah Koes.Blog
Souvenir Tasbih
Podomoroo
Venomia
Senantiasa Belajar
Portal Information
AreL Info
Spa finders 101
YncBizz
ON THE 7
Cindelaras
Bonsai Teknologi Informasi
Me & d'BC Network
Wisata Indonesia
DhaNdayi
AYRIY ZONE
Bunggsu
Blog Amatiran
Icapila Daeng Kana
Noorz's Point Of View
4Kopisusu Online
Blog Bermanfaat
Dokunimus
Lentera Langit
AREL
Desa Cilembu
Blogspot Pemula
Dhicomp
FREE DOWNLOAD POMALAA MP3
Forever Young
Bamz3r
Fitrianto's Blog
Samsul Bahri
Together We Share
Download Software Full Version Gratis
Ants Kaka
Hitam Putih
Shaka InghetS
Blog Pendidikan
Andax89.blogspot.com
Jelajah Dunia Informasi
Belajar Islam Itu Indah
Pemula Punya Blog
Penghuni 60
SA ( Share All )
Muara Info
Stairway To Heaven
Annash Mobilepc
Sebar Bola.Net
Kesehatanku
Ricdetop
Ngeposta
Blog Lanonadio
Obat Sakit 2011

Update My Friend