Around My Life

around my life

Seputar aktifitas kehidupanku dalam perjalanan usia sejak dahulu hingga saat ini yang tak terlupakan

TraveleR BLOGGER

product 1

Catatan perjalanan seorang blogger menjelajahi tempat tempat unik di seluruh negeri

My Google Plus Account

product 1

Am I Google Plus First Generation User !? Whatever it is, would You join in a circle with me ?

Musibah Terbesar

Hariyanto Wijoyo | 122 komentar

Assalaamualaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh sahabat-sahibit blogger se-dunia.
Jikalau suatu waktu kita mendapati bahwa rumah tempat tinggal kita terkena bencana kebakaran kemudian semuanya musnah hangus terbakar tanpa sisa kecuali hanya arang dan debu , itu sebenarnya bukanlah musibah terbesar yang kita pernah alami.
Bila kita kehilangan pangkat, jabatan serta segala harta benda sehingga hidup kita jatuh miskin tak punya apa-apa lagi, maka itu pun bukan musibah terbesar bagi kita.
Walaupun kita kehilangan orang yang sangat kita kasihi dan sayangi bahkan kita sangat cintai, sehingga meninggalkan duka lara memicu kesedihan yang mendalam tak tertahankan bahkan deraian air mata pun tak terbendungkan, namun sesungguhnya itulah bukanlah musibah terbesar bagi kita.

Dan pada suatu waktu kita kehilangan kesehatan lalu mengalami sakit penuh derita berkepanjangan yang tak kunjung sembuh , namun hal itu juga bukanlah musibah terbesar bagi kita.
Kemudian bilamana kita kehilangan akal sehat pikiran sehingga bersikap dan bertingkah bagaikan orang tak waras , maka itu juga bukanlah musibah terbesar bagi kita. Bahkan bila kita mengalami kecelakaan yang paling parah , itupun tidak termasuk sebagai musibah terbesar bagi kita.
Meskipun hujan deras nan lebat disertai angin topan yang bertiup bergemuruh meniupkan hembusan badai keseluruh permukaan alam raya, tetapi itu tidak termasuk sebagai Musibah Terbesar yang pernah kita alami.
Demikian juga dengan letusan gunung berapi yang dahsyat disertai gempa hebat yang menguncang bumi , itu juga bukanlah Musibah Terbesar bagi kita.

Lalu apakah Bencana Tsunami yang melanda negeri ini dan memakan ribuan korban jiwa termasuk musibah terbesar bagi kita, maka jawabnya adalah, Bencana Tsunami memang benar termasuk sebagai Musibah Besar bagi umat manusia, namun sesungguhnya Bencana Tsunami Bukanlah Musibah Terbesar bagi umat manusia, karena masih ada yang pantas kita sebut sebagai Musibah Terbesar , yang sedang mengancam kehidupan umat manusia tanpa kita sadari.

Bila demikian apakah sebenarnya yang dimaksud dengan Musibah Terbesar itu !!!???

Yang dimaksud dengan Musibah Terbesar bagi kita,umat manusia sebagai Hamba ALLAH adalah ;
Bila anugrah nikmat-NYA berupa Mata Telinga serta Hati Nurani kita telah mati dan menjadi buta tuli , sehingga tak bisa lagi melihat, mendengar dan menerima tuntunan ajaran agama yang dibawa oleh nabi akhir zaman,  Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam.
Kemudian perlahan-lahan Kegelapan telah menguasai kehidupan kita sehingga tak mampu lagi menerima CAHAYA ILAHI
Dan bila nikmat Iman Islam dalam diri kita telah sirna sehingga kita tak lagi beribadah kepada ALLAH Subhanahu wa-ta'ala, dan tak lagi mematuhi segala ajaran-NYA serta tidak lagi menjauhi segala larangan-NYA,
Semua itu menyebabkan kita tak pernah lagi Menegakkan Sholat, juga tidak beribadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan, tidak melaksanakan zakat serta segala ibadah lain-nya demi mendekatkan diri semata ikhlas dan tulus hanya kepada-NYA Sang Pencipta Alam Raya Beserta Segala Isinya.
Hingga kita-pun tak pernah lagi menyentuh dan membaca huruf demi huruf ayat-ayat suci Al Qur'an, bahkan dalam sepertiga malam-malam sepi dan hening kita sudah enggan datang menghadap kepada-NYA untuk bermunajat,

Lalu akhir-nya kita mengingkari semua nikmat ALLAH tersebut, dan mengganti-nya  dengan segala  kekufuran dan segala kemaksiatan yang ada dimuka bumi.
Maka bila semua itu telah terjadi pada kita , maka sesungguhnya Musibah Terbesar telah menimpa kita.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Andaikan kamu kehilangan segala-galanya, harta tidak punya ,rumah tidak ada, penghormatan tidak ada, hidup sakit-sakitan, namun kamu mendapatkan ALLAH maka kamu memiliki segala-galanya.
Sebaliknya jika kamu mendapatkan segala yang kamu inginkan dari kehidupan dunia ini, namun kamu tidak mendapatkan ALLAH, maka kamu kehilangan segala-galanya.“
۩۞۩ Hikmah Khotbah Jum'at, Masjid Miftahul Khayr, Sungai Walanae-Kota Makassar 12102012 ۩۞۩

Category : , , , ,

Terimakasih sudah berkenan membuka dan membaca halaman postingan ini. KOMENTAR ATAU TIDAK KOMENTAR TETAP TERIMAKASIH. Kalau mau berkomentar, disarankan untuk menggunakan NAMA dan Alamat URL anda, agar komentar anda bisa berguna menjadi BACKLINK GRATIS untuk BLOG ANDA.

122 komentar

  1. keren om...
    ane suka gaya ente...

  2. makasih sob, artikelnya keren..

  3. bener banget sob,,musibah terbesar Bila anugrah nikmat-NYA berupa Mata Telinga serta Hati Nurani kita telah mati dan menjadi buta tuli , sehingga tak bisa lagi melihat, mendengar dan menerima tuntunan ajaran agama yang dibawa oleh nabi akhir zaman, Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam.
    artikelnya bermanfaat banget,,thanks sob.

  4. Sangat mendalam maknanya.

  5. sejuk sekali membacanya. dan meski seseorang diguyur harta berlimpah tapi karena tidak shalat misalnya, maka kelak di pintu kubur akan menangis tersedu-sedu. tentu bukan itu yang kita harapkan bukan. tipuan dunia memang banyak dan menggoda. hingga saat kita kehilangan sedikit saja harta kita, rasanya kelimpungan dan nggak karuan.

  6. manusia yg banyak melakukan kesilapan..

  7. mudah muudahan saya tidak seperti ini ya pak

  8. semoga kita semua terhindar dari musibah besar yang dimaksud itu.

  9. itu sih jadi malapetaka....tidak hanya musibah besar itu.... semoga banyak yang belajar dari tulisan ini...

  10. Ulasan yang sangat bermanfaat, yang bisa saya jaadikan sebagai motivasi buat saya dan keluarga dan mudaH-mudahan bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari hari dari HIKMAH saya petik dari Artikel diatas. Sukses dan Sehat selalu TUK Hariyantowijoyo.

  11. Semoga kita semua tetap mendapatkan ridho Allah sehingga tetap mampu berpegang teguh pada Al Quran dan tuntunan Rosulluloh Muhammad SAW. Aamiin

  12. Anonymous says:

    Bener Pak.

  13. Jangan sampai musibah seperti itu menimpa kita Om, Amin.

  14. Pertanyaan Nabi kepada Iblis...
    “Hai Iblis! Siapakah saudara engkau?”
    Jawab Iblis:
    “Orang yang tidur meniarap / telungkup, orang yang matanya terbuka (mendusin) di waktu subuh tetapi menyambung tidur lagi. Lalu aku lenakan dia hingga terbit fajar. Demikian jua pada waktu zuhur, asar, maghrib dan isya’, aku beratkan hatinya untuk sholat.”

  15. Artikel yang sangat bagus sobat...
    Kebanyakan (90%) orang itu terfokus pada kehidupan duniawinya memburu materi, melupakan kehidupan akhiratnya,
    Mereka datang dan meratap di hadapan Allah hanya saat dirundung Susah...

    Semoga musibah itu tak menghinggapi saya... aminnn

  16. membaca artikel ini benar2 membuka hati dan pikiran untuk lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, jangan sampai hati dan pikiran kita ditutup oleh ALLAH.. dan memang benar itu adalah bencana terbesar..

  17. merinding bacanya..
    semoga kita semua terlindungi dari musibah besar itu.

  18. semuanya sudah ada yang ngatur ya sob :)

  19. astaqfirulloh. benar itu memang musibah paling besar. karena membatunya sebuah hati. yang kenal rasa.. aku berlindung dari musibah yang tipe ini pada Alloh SWT Tuhan semesta Alam

  20. wah kalau sampai bencana mata telinga serta hati nurani manusia yang sudah mulai usang, parah tuh sob... Hehehee

  21. Musibah terbesar itu adalah azab dari Allah SWT terhadap hambanya yg tidak taat dan telah tertutup mata batinnya untuk melihhat Allah dan menyebut nama Allah SWT. Mata, telinga dan penglihatan semua akan dikaburkan oleh-Nya.

  22. betul pak, tapi kadang kita lupa akan hal itu. terima kasih sudah mengingatkan pak!

  23. Musibah terbesar jk kita tdk bisa mengunakan segala yg ada pada diri kita utk lbh taqarrub ya Bang? menganggap semuanya hak milik kita dan lupa utk mensyukurinya...Semoga kita dijauhkan dr hal2 yg termasuk musibah ini ..Amiin

  24. setuju sangat dengan entri ni.. musibah terbesar adalah bila hati kita sudah hitam...dan tidak langsung dapat melihat nur daripada Ilahi.. semoga kita semua dijauhkan daripada musibah terbesar ini..amin....

    p/s : penguin betina yang sedang mengandung lebih gemuk daripada penguin jantan.hehehehe

  25. wah mantap nih artikel nya sob..? bener bgt tuch,musibah terbesar kita adalah,hilangnya nikmat dan anugrah yang diberikan allah...

  26. Segala sesuatunya udah kehendak yang di Atas.Kita cuma berdoa dan berserah :)

  27. ngabsent malam sob.. ;D ntar aku telat masuk kelas malam.. :D

  28. baru tahu hadist itu bang :)

  29. bisa dikategorikan kekurangan fisik dan mental kali ya mas yg dimaksud dengan musibah besar pada uraian diatas, :D nice dah, cukup mengisnpirasi :)

  30. sungguh kita tidak bisa berbuat apa2 jika mengalami "Musibah Terbesar" seperti penjelasan diatas, :)

  31. Sakit itu musibah yang besar (menurut saya sih), karena kalau kita sakit keinginannya cuman 1 yaitu sembuh

  32. Terimakasih telah diingatkan.

  33. makasih untuk artikelnya.
    Semoga musibah itu tak menghinggapi saya yah.. aminn

  34. ya, hanya bisa berdoa semoga kita terlindung dari musibah yang besar itu. aamiin.

  35. izin menyimak sobat dan support
    dan makasah artikelnya sangan menarik

  36. Innalillah...
    semoga Allah menjauhkan bencana besar itu dari kita. dam kita selalu dalam lindungan Allah dan Ridho-Nya. aamiin

  37. info yg bagus buat pencerahan..slm blogger buat daeng

  38. Anonymous says:

    Bagi setiap umat, segala musibah itu terkadang ada hikmahnya.
    Entah itu sakit, kehilangan, dan beragam musibah kecil maupun besar.
    Allah punya cara tersendiri yang terkadang banyak manusia tidak mampu mencapainya untuk mengerti, tapi Allahlah penguasa segala kehendak.
    Kita sebagai manusia, musibah terbesar adalah yg kita lakukan sendiri. Dan musibah terbesar adalah kita tidak pernah patuh akan perintahNya.
    Hidup, biarpun manusia diberi umur 100 tahun lebih. Tapi jika tidak pernah melakukan apa pun kepada Sang Pencipta, adalah musibah terbesar baginya.
    Namun jika telah mampu berfikir dan melaksanakan perintahNya, disegala umur pun disaat nyawa lepas dari raganya, Allah menjamin keselamatannya kelak.
    Semoga kita termasuk orang2 yg dilindungi Allah dari segala musibah. :)

  39. Semoga mata pintu hati kita masih memiliki cahaya iman sehingga musibah besar tidak menimpa pada diri kita semuah

  40. Anonymous says:

    sangat setuju mas, iman dan islam adalah hidayah allah yang luar biasa, suatu musibah yang besar jika keduanya tercabu dlam diri kita

  41. Walaikumsalam...wr.wb.
    semoga kita tergolong orang2 yang ber-iman dan terhindar dari Musibah Besar itu ya bang.
    postingnya bagus banget bang,penuh makna dan bermanfaat sekali.
    sukses selalu buat anda bang..aamiin

  42. Inna lillah. Musibah terbesar adalah kehilangan iman. Mudah2an kita terhindar dari hal2 semacam ini Pak ...

  43. Waalaikum salam

    Saya selalu merasa diingatkan saat membaca artikelnya Abang. Terima kasih ya Bang.

  44. Alhamdulillahi Robbil Alamiin, andika sudah mengetuk gairah duniawi saya agar sadar, bahwa apa yang kita cari dan kita miliki di dunia ini hanyalah titipan Allah SWT semata. Musibah terbesar adalah kebalikannya dari rahmat dan nikmat terbesar; Semoga Allah SWT senantiasa menganugerahkan iman dan takwa pada kita semua -kaum muslimin/muslimat- Aamiin ya Mujibassailin.
    Terimakasih, Kangmas... salam sahabat. Keep happy blogging, keep in touch, silaturrakhim. God bless you, Brada...

  45. sangat menyentuh tulisannya mas, kadang2 kita lupa akan anugerah Allah yang maha kuasa.
    tulisan yang sangat berarti buat saya,
    makasih mas.

  46. memang itu adalah kengerian yang teramat sangat bila sudah meninggalkan semua perintah Nya

  47. Musibah terbesar dan pastilah menyebabkan kesengsaraan dunia dan akhirat hiii

  48. ehm... orang yang seperti itu adalah orang yang telah tertutup mata hatinya ya kang, jadi betapapun hidayah datang tetap saja ia tidak bisa melihat. itulah musibah terbesar ya kang.

  49. ou masuk akal juga si kalau di pikir secara logis, namun banyak memang yang tidak bisa menerimanya apalagi dengan akal sehat. semoga saya tidak masuk salah satunya.

  50. seno says:

    kebanyakan orang yg bijak pasti bisa mengambil sesuatu yg baik dari terjadinya suatu musibah. kenapa kita tidak melakukan hal yg sama.

  51. bener, sob! tapi kita kadang gak nyadarin musibah terbesar itu! padahal itu lebih deket daripada urat leher kita sendiri! :)

  52. Semoga kita terlindung dari musibah terbesar dan menjadi orang yang senantiasa pandai bersyukur ya :)

  53. subhanalloh ini menjadi renungan yang dalam sob, karena ternyata musibah yang terbesar sesungguhnya dalam kehdupan itu adalah hilangnya keimanan boleh jadi karena kufur dan ingkar, na'udubillah

  54. evi says:

    Amit2 jangan sampai terkena musibah terbesar ini Pak.. Kalau sudah kehilangan hati nurani, kita bukan lagi manusia..tapi robot..Semoga kita dijauhkan dari musibah ini..

  55. sangat menyentuh dan tepat psotingannya mas, tq 4 share

  56. sanagat menarik untuk disimak sob

  57. setuju bang...musibah terbesar adalah manakala kita sudah tak bisa ingat lagi dengan DZat yang sudah menciptakan kita dan memberikan banyak nikmat untuk kita...mudah2an kita semua terhindar dari musibah besar seperti itu ya...

  58. nice artukel,love,peace and gaul.

  59. wew tidak beriabadah ternyate termasuk musibah terbesarr...
    kirain gempa bumi apa segala macam

  60. semoga kita selalu jauh dari musibah terbesar agar bisa menjalankan perintah Tuhan dan jauh dari segala larangan...

    amin,,,,

    artikel yang sejuk ...

  61. semoga saya dijauhkan dari musibah besar itu

  62. sangat bermanfaat pak hariyanto artikelnya

    benar benar jadi alarm buat saya secara pribadi

  63. Terima kasih sahabat telah banyak mengingatkan kepada kita semuanya

  64. disetiap kejadian pasti ada makna di baliknya. Tak terkecuali dengan musibah yang datang menimpa kita, Ujian, Peringantan atau Azab dari yang Kuasa ??

    Kitalah yang harus selalu berserah diri.

  65. amin bang mudah-mudahan saja semua orang yang ada di sini mendapatkan ridhonya.

  66. semoga kita semua umat muslim di jauhi musibah terbesar itu ya om...

  67. baca ulang pak, membuat hati saya cerah

  68. Hello from France
    I am very happy to welcome you!
    Your blog has been accepted in ASIA INDONESIA a minute!
    We ask you to follow the blog "Directory"
    Following our blog will gives you twice as many possibilities of visits to your blog!
    Thank you for your understanding.
    On the right side, in the "green list", you will find all the countries and if you click them, you will find the names of blogs from that Country.
    Invite your friends to join us in the "directory"!
    The creation of this new blog "directory" allows a rapprochement between different countries, a knowledge of different cultures and a sharing of different traditions, passions, fashion, paintings, crafts, cooking,
    photography and poetry. So you will be able to find in different countries other people with passions similar to your ones.
    We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world.
    The more people will join, the more opportunities everyone will have. And yes, I confess, I need people to know this blog!
    You are in some way the Ambassador of this blog in your Country.
    This is not a personal blog, I created it for all to enjoy.
    SO, you also have to make it known to your contacts and friends in your blog domain: the success of this blog depends on all Participants.
    So, during your next comments with your friends, ask them to come in the 'Directory' by writing in your comments:
    *** I am in the directory come join me! ***
    You want this directory to become more important? Help me to make it grow up!
    Your blog is in the list ASIA INDONESIA and I hope this list will grow very quickly
    Regards
    Chris
    We ask that you follow our blog and place a badge of your choice on your blog, in order to introduce the "directory" to your friends.
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/07/12/12071211040212502810092867.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/19/120319072128505749603643.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/24/1203240217091250289621842.png
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/28/120328020518505749640557.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/26/1203260602581250289633006.gif

    If you want me to know the blog of your friends, send me their urls which allows a special badge in the list of your country
    I see that you know many people in your country, you can try to get them in the directory?
    WE ASK YOU TO FOLLOW OUR BLOG "DIRECTORY"

  69. intinya nch bang, smua yg ada di dunia smuanya milik Allah ...

  70. semoga manusia selalu sadar dan ingat akan yang kuasa ya :)

  71. Betul mas zach...beda klw kehilangan waktu shalat..
    Seseorang keliatannya tenang2 aja..

  72. Betul mas zach...beda klw kehilangan waktu shalat..
    Seseorang keliatannya tenang2 aja..

  73. Trima kasih bang hari..telah mengingatkan.. :)
    Semoga kita tidak masuk golongan orang yg di tutup pintu hatinya..utk mengingat Allah..
    Amin

  74. subhanalloh,, semoga kita senantiasa dijauhkan dari sifat kufur..

    Mari tingkatkan ibadah kita supaya musibah tak datang menghampiri :)

  75. semoga jadi pelajaran untuk senantiasa ingat pada sang pencipta..

  76. Assalamu'alaikum
    artikelnya bagus sob...menyejukan hati mengingatkan kita semua akan kebesaran ILLAHI

  77. dan says:

    renungan singkat yang bisa kembali menyegarkan ingatan tentang hakikat kita sebagai manusia yang tujuan penciptaannya hanya untuk menyembah kepada SANG PENCIPTA...
    MAHA BESAR ALLAH.. SEMOGA TUBUH, KESEHATAN, KESEMPATAN DAN NIKMAT2 LAINNYA DAPAT MEMBUAT KITA SEMAKIN RENDAH DIRI UNTUK BERSERAH KEPADA SANG KHALIK...

  78. Subhanallah, sungguh artikel yang bermanfaat. Memang benar bencana terbesar adalah kita sudah tidak mengenal ajaran agama islam. Naudzubillah...

  79. ente ternyata setuju juga ya gan, ane juga gitu. ehm.. ni artikel jadi pencerahan juga buat kita ya gan.

  80. smoga musibah terbesar itu tidak menimpa kita ya..
    Makasih ya sudah diingatkan

  81. Anonymous says:

    sudah akhir jaman, sudah banyak manusia lupa ajaran agama

    maunya bebas dan liberal

  82. Popi says:

    setiap musibah yang menimpa kita anggap sebagai ujian yg insyalloh bisa mempertebal iman..

  83. Anonymous says:

    Musibah sangat besar itu sering kali tidak disadari oleh kebanyakan manusia. Semoga kita tidak termasuk ya, Pak. Na'udzu billahhi min dzalik.

  84. segala sesuatu.. bahkan yang terkecil seukuran zarrah pun sudah merupakan garisan-Nya

  85. Terima kasih pencerahannya, semoga kita semua termasuk kaum yang terhindar dari musibah terbesar ini...

  86. Ternyata keimanan itu adalah harta yang paling berharga. Saya suka dengan postingan ini.

  87. wahh... artikel yang sangat menarik sekali, dan bermanfaat tentunya.
    oh iya sob, link blog ini sudah saya pasang di blogroll blog saya... kalo berkenan segera pasang link blog saya yaaa. :)

  88. kalau sudah tdk shalat, tdk puasa Ramadhan, tidak zakat
    aduhhh ini bener2 musibah

  89. kunjungan perdana :) sambil baca2
    nice artikel, bermanfaat skaligus sbgai pengingat.

    visit, koment, n follow back y di blogq :)
    http://achsanarea23.blogspot.com

  90. . . kata^ yang terakhir,, bener^ membuat aq berfikir . .

  91. terkadang memang itulah musibah terbesar di dunia ini, semuanya akan lenyap.. kenikmatan dunia pun akan terasa hambar, kenikmatan akhirat juga belum tentu kita dapatkan..

  92. semoga kita semua terhindar dari musibah kecil dan besar serta tetap dalam lindungan ALLAH SWT

  93. kita kadang tidak menyadari bahwa kehidupan kita adalah anugrah yang tuhan berikan dan kita menyia nyiakan hidup ini, dan musibah yang terbesar dalam hidup kita adalah melepaskan diri dari ibadah

  94. jauhkan kami dari luput bersyukur atas nikmatMu, ya Rabb..

  95. Goiq says:

    terima kasih om sudah diingatkan :)

  96. semoga menjadi inspirasi bagi kita semua. nice share gan :)

  97. jadi lebih tau apa yang dimaksud dengan Musibah Terbesar

  98. mksih gan infonya jdi lebih ingat sma yang di atas..

  99. mkasih sudah di ingatkan

  100. Banyak sekali musibah yg terjadi karena manusia tidak berhukum dengan hukum Al Quran

  101. semoga tidak akan akan kembali lagi musibah itu.....

  102. kufur terhadap nikmat Allah memang jadi musibah terbesar, terutama bagi orang yang mati hatinya...

  103. Innalillah...
    Semoga musibah besar itu takkan pernah menimpa kita sebagai hamba Allah...

  104. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Zamn mutakhir ini banyak manusia tidak menyedari betapa musibah besar sedang melanda. Benar apa yang mas Hariyanto tulis diatas bahawa jika manusia sudah meninggalkan segala suruhan Allah dan menuruti larangan-NYA makan musibah besar akan menimpa mereka. malah dunia bisa jadi kiamat disebabkan olah tingkah manusia.

    Semoga kita sadar dan insafi diri untuk membaiki serta meningkatkan amal seta ketaatan kepada Allah swt. Mohon keampunan dari Allah atas segala dosa yang dipikul supaya ketenangan bisa kembali untuk menjadi hamba yang soleh. Aamiin.

    Tulisan yang sangat mengesankan saya. Salut untuk pencerahan rohani ini. Semoga diganjari Allah atas usaha mengingatkan sesama kita tentang hakikat kehidupan ini.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  105. perlu dihayati nih..


    #salam sukses dari Yousake NKRI ..

  106. mengesankan....
    bila seseorang mendapatkan Allah, maka ia telah memiliki segala-galanya,
    sebaliknya bila ia telah kehilangan Allah maka ia telah kehilangan segala-galanya...

  107. na'udzubillaahi min dzalika...

  108. Dan Allah Berada Lebih Dekat Daripada Urat Nadi Kita Sendiri

  109. setuju sob,,,
    mkasi uda mengingatkan

  110. semoga kita semua terlepas dari musibah besar,
    makasih sob

  111. selamat siang sobat datang memberi support kepada sobat

  112. hadir malam disini daeng, salam dari tolitoli :)

  113. musibah terbesar adalah saat iman sudah tdk ada di dada..
    :)

  114. Alhamdulillah sampai sini lagi... :)

  115. Musibah terbesar adalah ketika Allah tak bersama kita... Setuju skali itu.... Karena Allah bisa mengambil semua yang dititipkan-Nya...

  116. musibah merupakan peringatan dari Allah kepada umat manusia yang ada di muka bumi ini.

  117. Semoga selalu dekat dengan Allah pak !!

  118. benar sekali sobat, sebenarnya yg dikatakan musibah terbesar adalah apabila seluruh yg ada pada anggota tubuh kita tidak berfungsi karena sesuatu hal, sangat menarik bagus dan bermanfaat
    terima kasih sobat

New comments are not allowed.

122 komentar

  1. keren om...
    ane suka gaya ente...

  2. makasih sob, artikelnya keren..

  3. bener banget sob,,musibah terbesar Bila anugrah nikmat-NYA berupa Mata Telinga serta Hati Nurani kita telah mati dan menjadi buta tuli , sehingga tak bisa lagi melihat, mendengar dan menerima tuntunan ajaran agama yang dibawa oleh nabi akhir zaman, Muhammad Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam.
    artikelnya bermanfaat banget,,thanks sob.

  4. Sangat mendalam maknanya.

  5. sejuk sekali membacanya. dan meski seseorang diguyur harta berlimpah tapi karena tidak shalat misalnya, maka kelak di pintu kubur akan menangis tersedu-sedu. tentu bukan itu yang kita harapkan bukan. tipuan dunia memang banyak dan menggoda. hingga saat kita kehilangan sedikit saja harta kita, rasanya kelimpungan dan nggak karuan.

  6. manusia yg banyak melakukan kesilapan..

  7. mudah muudahan saya tidak seperti ini ya pak

  8. semoga kita semua terhindar dari musibah besar yang dimaksud itu.

  9. itu sih jadi malapetaka....tidak hanya musibah besar itu.... semoga banyak yang belajar dari tulisan ini...

  10. Ulasan yang sangat bermanfaat, yang bisa saya jaadikan sebagai motivasi buat saya dan keluarga dan mudaH-mudahan bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari hari dari HIKMAH saya petik dari Artikel diatas. Sukses dan Sehat selalu TUK Hariyantowijoyo.

  11. Semoga kita semua tetap mendapatkan ridho Allah sehingga tetap mampu berpegang teguh pada Al Quran dan tuntunan Rosulluloh Muhammad SAW. Aamiin

  12. Anonymous says:

    Bener Pak.

  13. Jangan sampai musibah seperti itu menimpa kita Om, Amin.

  14. Pertanyaan Nabi kepada Iblis...
    “Hai Iblis! Siapakah saudara engkau?”
    Jawab Iblis:
    “Orang yang tidur meniarap / telungkup, orang yang matanya terbuka (mendusin) di waktu subuh tetapi menyambung tidur lagi. Lalu aku lenakan dia hingga terbit fajar. Demikian jua pada waktu zuhur, asar, maghrib dan isya’, aku beratkan hatinya untuk sholat.”

  15. Artikel yang sangat bagus sobat...
    Kebanyakan (90%) orang itu terfokus pada kehidupan duniawinya memburu materi, melupakan kehidupan akhiratnya,
    Mereka datang dan meratap di hadapan Allah hanya saat dirundung Susah...

    Semoga musibah itu tak menghinggapi saya... aminnn

  16. membaca artikel ini benar2 membuka hati dan pikiran untuk lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, jangan sampai hati dan pikiran kita ditutup oleh ALLAH.. dan memang benar itu adalah bencana terbesar..

  17. merinding bacanya..
    semoga kita semua terlindungi dari musibah besar itu.

  18. semuanya sudah ada yang ngatur ya sob :)

  19. astaqfirulloh. benar itu memang musibah paling besar. karena membatunya sebuah hati. yang kenal rasa.. aku berlindung dari musibah yang tipe ini pada Alloh SWT Tuhan semesta Alam

  20. wah kalau sampai bencana mata telinga serta hati nurani manusia yang sudah mulai usang, parah tuh sob... Hehehee

  21. Musibah terbesar itu adalah azab dari Allah SWT terhadap hambanya yg tidak taat dan telah tertutup mata batinnya untuk melihhat Allah dan menyebut nama Allah SWT. Mata, telinga dan penglihatan semua akan dikaburkan oleh-Nya.

  22. betul pak, tapi kadang kita lupa akan hal itu. terima kasih sudah mengingatkan pak!

  23. Musibah terbesar jk kita tdk bisa mengunakan segala yg ada pada diri kita utk lbh taqarrub ya Bang? menganggap semuanya hak milik kita dan lupa utk mensyukurinya...Semoga kita dijauhkan dr hal2 yg termasuk musibah ini ..Amiin

  24. setuju sangat dengan entri ni.. musibah terbesar adalah bila hati kita sudah hitam...dan tidak langsung dapat melihat nur daripada Ilahi.. semoga kita semua dijauhkan daripada musibah terbesar ini..amin....

    p/s : penguin betina yang sedang mengandung lebih gemuk daripada penguin jantan.hehehehe

  25. wah mantap nih artikel nya sob..? bener bgt tuch,musibah terbesar kita adalah,hilangnya nikmat dan anugrah yang diberikan allah...

  26. Segala sesuatunya udah kehendak yang di Atas.Kita cuma berdoa dan berserah :)

  27. ngabsent malam sob.. ;D ntar aku telat masuk kelas malam.. :D

  28. baru tahu hadist itu bang :)

  29. bisa dikategorikan kekurangan fisik dan mental kali ya mas yg dimaksud dengan musibah besar pada uraian diatas, :D nice dah, cukup mengisnpirasi :)

  30. sungguh kita tidak bisa berbuat apa2 jika mengalami "Musibah Terbesar" seperti penjelasan diatas, :)

  31. Sakit itu musibah yang besar (menurut saya sih), karena kalau kita sakit keinginannya cuman 1 yaitu sembuh

  32. Terimakasih telah diingatkan.

  33. makasih untuk artikelnya.
    Semoga musibah itu tak menghinggapi saya yah.. aminn

  34. ya, hanya bisa berdoa semoga kita terlindung dari musibah yang besar itu. aamiin.

  35. izin menyimak sobat dan support
    dan makasah artikelnya sangan menarik

  36. Innalillah...
    semoga Allah menjauhkan bencana besar itu dari kita. dam kita selalu dalam lindungan Allah dan Ridho-Nya. aamiin

  37. info yg bagus buat pencerahan..slm blogger buat daeng

  38. Anonymous says:

    Bagi setiap umat, segala musibah itu terkadang ada hikmahnya.
    Entah itu sakit, kehilangan, dan beragam musibah kecil maupun besar.
    Allah punya cara tersendiri yang terkadang banyak manusia tidak mampu mencapainya untuk mengerti, tapi Allahlah penguasa segala kehendak.
    Kita sebagai manusia, musibah terbesar adalah yg kita lakukan sendiri. Dan musibah terbesar adalah kita tidak pernah patuh akan perintahNya.
    Hidup, biarpun manusia diberi umur 100 tahun lebih. Tapi jika tidak pernah melakukan apa pun kepada Sang Pencipta, adalah musibah terbesar baginya.
    Namun jika telah mampu berfikir dan melaksanakan perintahNya, disegala umur pun disaat nyawa lepas dari raganya, Allah menjamin keselamatannya kelak.
    Semoga kita termasuk orang2 yg dilindungi Allah dari segala musibah. :)

  39. Semoga mata pintu hati kita masih memiliki cahaya iman sehingga musibah besar tidak menimpa pada diri kita semuah

  40. Anonymous says:

    sangat setuju mas, iman dan islam adalah hidayah allah yang luar biasa, suatu musibah yang besar jika keduanya tercabu dlam diri kita

  41. Walaikumsalam...wr.wb.
    semoga kita tergolong orang2 yang ber-iman dan terhindar dari Musibah Besar itu ya bang.
    postingnya bagus banget bang,penuh makna dan bermanfaat sekali.
    sukses selalu buat anda bang..aamiin

  42. Inna lillah. Musibah terbesar adalah kehilangan iman. Mudah2an kita terhindar dari hal2 semacam ini Pak ...

  43. Waalaikum salam

    Saya selalu merasa diingatkan saat membaca artikelnya Abang. Terima kasih ya Bang.

  44. Alhamdulillahi Robbil Alamiin, andika sudah mengetuk gairah duniawi saya agar sadar, bahwa apa yang kita cari dan kita miliki di dunia ini hanyalah titipan Allah SWT semata. Musibah terbesar adalah kebalikannya dari rahmat dan nikmat terbesar; Semoga Allah SWT senantiasa menganugerahkan iman dan takwa pada kita semua -kaum muslimin/muslimat- Aamiin ya Mujibassailin.
    Terimakasih, Kangmas... salam sahabat. Keep happy blogging, keep in touch, silaturrakhim. God bless you, Brada...

  45. sangat menyentuh tulisannya mas, kadang2 kita lupa akan anugerah Allah yang maha kuasa.
    tulisan yang sangat berarti buat saya,
    makasih mas.

  46. memang itu adalah kengerian yang teramat sangat bila sudah meninggalkan semua perintah Nya

  47. Musibah terbesar dan pastilah menyebabkan kesengsaraan dunia dan akhirat hiii

  48. ehm... orang yang seperti itu adalah orang yang telah tertutup mata hatinya ya kang, jadi betapapun hidayah datang tetap saja ia tidak bisa melihat. itulah musibah terbesar ya kang.

  49. ou masuk akal juga si kalau di pikir secara logis, namun banyak memang yang tidak bisa menerimanya apalagi dengan akal sehat. semoga saya tidak masuk salah satunya.

  50. seno says:

    kebanyakan orang yg bijak pasti bisa mengambil sesuatu yg baik dari terjadinya suatu musibah. kenapa kita tidak melakukan hal yg sama.

  51. bener, sob! tapi kita kadang gak nyadarin musibah terbesar itu! padahal itu lebih deket daripada urat leher kita sendiri! :)

  52. Semoga kita terlindung dari musibah terbesar dan menjadi orang yang senantiasa pandai bersyukur ya :)

  53. subhanalloh ini menjadi renungan yang dalam sob, karena ternyata musibah yang terbesar sesungguhnya dalam kehdupan itu adalah hilangnya keimanan boleh jadi karena kufur dan ingkar, na'udubillah

  54. evi says:

    Amit2 jangan sampai terkena musibah terbesar ini Pak.. Kalau sudah kehilangan hati nurani, kita bukan lagi manusia..tapi robot..Semoga kita dijauhkan dari musibah ini..

  55. sangat menyentuh dan tepat psotingannya mas, tq 4 share

  56. sanagat menarik untuk disimak sob

  57. setuju bang...musibah terbesar adalah manakala kita sudah tak bisa ingat lagi dengan DZat yang sudah menciptakan kita dan memberikan banyak nikmat untuk kita...mudah2an kita semua terhindar dari musibah besar seperti itu ya...

  58. nice artukel,love,peace and gaul.

  59. wew tidak beriabadah ternyate termasuk musibah terbesarr...
    kirain gempa bumi apa segala macam

  60. semoga kita selalu jauh dari musibah terbesar agar bisa menjalankan perintah Tuhan dan jauh dari segala larangan...

    amin,,,,

    artikel yang sejuk ...

  61. semoga saya dijauhkan dari musibah besar itu

  62. sangat bermanfaat pak hariyanto artikelnya

    benar benar jadi alarm buat saya secara pribadi

  63. Terima kasih sahabat telah banyak mengingatkan kepada kita semuanya

  64. disetiap kejadian pasti ada makna di baliknya. Tak terkecuali dengan musibah yang datang menimpa kita, Ujian, Peringantan atau Azab dari yang Kuasa ??

    Kitalah yang harus selalu berserah diri.

  65. amin bang mudah-mudahan saja semua orang yang ada di sini mendapatkan ridhonya.

  66. semoga kita semua umat muslim di jauhi musibah terbesar itu ya om...

  67. baca ulang pak, membuat hati saya cerah

  68. Hello from France
    I am very happy to welcome you!
    Your blog has been accepted in ASIA INDONESIA a minute!
    We ask you to follow the blog "Directory"
    Following our blog will gives you twice as many possibilities of visits to your blog!
    Thank you for your understanding.
    On the right side, in the "green list", you will find all the countries and if you click them, you will find the names of blogs from that Country.
    Invite your friends to join us in the "directory"!
    The creation of this new blog "directory" allows a rapprochement between different countries, a knowledge of different cultures and a sharing of different traditions, passions, fashion, paintings, crafts, cooking,
    photography and poetry. So you will be able to find in different countries other people with passions similar to your ones.
    We are fortunate to be on the Blogspot platform that offers the opportunity to speak to the world.
    The more people will join, the more opportunities everyone will have. And yes, I confess, I need people to know this blog!
    You are in some way the Ambassador of this blog in your Country.
    This is not a personal blog, I created it for all to enjoy.
    SO, you also have to make it known to your contacts and friends in your blog domain: the success of this blog depends on all Participants.
    So, during your next comments with your friends, ask them to come in the 'Directory' by writing in your comments:
    *** I am in the directory come join me! ***
    You want this directory to become more important? Help me to make it grow up!
    Your blog is in the list ASIA INDONESIA and I hope this list will grow very quickly
    Regards
    Chris
    We ask that you follow our blog and place a badge of your choice on your blog, in order to introduce the "directory" to your friends.
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/07/12/12071211040212502810092867.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/19/120319072128505749603643.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/24/1203240217091250289621842.png
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/28/120328020518505749640557.gif
    http://nsm05.casimages.com/img/2012/03/26/1203260602581250289633006.gif

    If you want me to know the blog of your friends, send me their urls which allows a special badge in the list of your country
    I see that you know many people in your country, you can try to get them in the directory?
    WE ASK YOU TO FOLLOW OUR BLOG "DIRECTORY"

  69. intinya nch bang, smua yg ada di dunia smuanya milik Allah ...

  70. semoga manusia selalu sadar dan ingat akan yang kuasa ya :)

  71. Betul mas zach...beda klw kehilangan waktu shalat..
    Seseorang keliatannya tenang2 aja..

  72. Betul mas zach...beda klw kehilangan waktu shalat..
    Seseorang keliatannya tenang2 aja..

  73. Trima kasih bang hari..telah mengingatkan.. :)
    Semoga kita tidak masuk golongan orang yg di tutup pintu hatinya..utk mengingat Allah..
    Amin

  74. subhanalloh,, semoga kita senantiasa dijauhkan dari sifat kufur..

    Mari tingkatkan ibadah kita supaya musibah tak datang menghampiri :)

  75. semoga jadi pelajaran untuk senantiasa ingat pada sang pencipta..

  76. Assalamu'alaikum
    artikelnya bagus sob...menyejukan hati mengingatkan kita semua akan kebesaran ILLAHI

  77. dan says:

    renungan singkat yang bisa kembali menyegarkan ingatan tentang hakikat kita sebagai manusia yang tujuan penciptaannya hanya untuk menyembah kepada SANG PENCIPTA...
    MAHA BESAR ALLAH.. SEMOGA TUBUH, KESEHATAN, KESEMPATAN DAN NIKMAT2 LAINNYA DAPAT MEMBUAT KITA SEMAKIN RENDAH DIRI UNTUK BERSERAH KEPADA SANG KHALIK...

  78. Subhanallah, sungguh artikel yang bermanfaat. Memang benar bencana terbesar adalah kita sudah tidak mengenal ajaran agama islam. Naudzubillah...

  79. ente ternyata setuju juga ya gan, ane juga gitu. ehm.. ni artikel jadi pencerahan juga buat kita ya gan.

  80. smoga musibah terbesar itu tidak menimpa kita ya..
    Makasih ya sudah diingatkan

  81. Anonymous says:

    sudah akhir jaman, sudah banyak manusia lupa ajaran agama

    maunya bebas dan liberal

  82. Popi says:

    setiap musibah yang menimpa kita anggap sebagai ujian yg insyalloh bisa mempertebal iman..

  83. Anonymous says:

    Musibah sangat besar itu sering kali tidak disadari oleh kebanyakan manusia. Semoga kita tidak termasuk ya, Pak. Na'udzu billahhi min dzalik.

  84. segala sesuatu.. bahkan yang terkecil seukuran zarrah pun sudah merupakan garisan-Nya

  85. Terima kasih pencerahannya, semoga kita semua termasuk kaum yang terhindar dari musibah terbesar ini...

  86. Ternyata keimanan itu adalah harta yang paling berharga. Saya suka dengan postingan ini.

  87. wahh... artikel yang sangat menarik sekali, dan bermanfaat tentunya.
    oh iya sob, link blog ini sudah saya pasang di blogroll blog saya... kalo berkenan segera pasang link blog saya yaaa. :)

  88. kalau sudah tdk shalat, tdk puasa Ramadhan, tidak zakat
    aduhhh ini bener2 musibah

  89. kunjungan perdana :) sambil baca2
    nice artikel, bermanfaat skaligus sbgai pengingat.

    visit, koment, n follow back y di blogq :)
    http://achsanarea23.blogspot.com

  90. . . kata^ yang terakhir,, bener^ membuat aq berfikir . .

  91. terkadang memang itulah musibah terbesar di dunia ini, semuanya akan lenyap.. kenikmatan dunia pun akan terasa hambar, kenikmatan akhirat juga belum tentu kita dapatkan..

  92. semoga kita semua terhindar dari musibah kecil dan besar serta tetap dalam lindungan ALLAH SWT

  93. kita kadang tidak menyadari bahwa kehidupan kita adalah anugrah yang tuhan berikan dan kita menyia nyiakan hidup ini, dan musibah yang terbesar dalam hidup kita adalah melepaskan diri dari ibadah

  94. jauhkan kami dari luput bersyukur atas nikmatMu, ya Rabb..

  95. Goiq says:

    terima kasih om sudah diingatkan :)

  96. semoga menjadi inspirasi bagi kita semua. nice share gan :)

  97. jadi lebih tau apa yang dimaksud dengan Musibah Terbesar

  98. mksih gan infonya jdi lebih ingat sma yang di atas..

  99. mkasih sudah di ingatkan

  100. Banyak sekali musibah yg terjadi karena manusia tidak berhukum dengan hukum Al Quran

  101. semoga tidak akan akan kembali lagi musibah itu.....

  102. kufur terhadap nikmat Allah memang jadi musibah terbesar, terutama bagi orang yang mati hatinya...

  103. Innalillah...
    Semoga musibah besar itu takkan pernah menimpa kita sebagai hamba Allah...

  104. Anonymous says:

    Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Hariyanto...

    Zamn mutakhir ini banyak manusia tidak menyedari betapa musibah besar sedang melanda. Benar apa yang mas Hariyanto tulis diatas bahawa jika manusia sudah meninggalkan segala suruhan Allah dan menuruti larangan-NYA makan musibah besar akan menimpa mereka. malah dunia bisa jadi kiamat disebabkan olah tingkah manusia.

    Semoga kita sadar dan insafi diri untuk membaiki serta meningkatkan amal seta ketaatan kepada Allah swt. Mohon keampunan dari Allah atas segala dosa yang dipikul supaya ketenangan bisa kembali untuk menjadi hamba yang soleh. Aamiin.

    Tulisan yang sangat mengesankan saya. Salut untuk pencerahan rohani ini. Semoga diganjari Allah atas usaha mengingatkan sesama kita tentang hakikat kehidupan ini.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

  105. perlu dihayati nih..


    #salam sukses dari Yousake NKRI ..

  106. mengesankan....
    bila seseorang mendapatkan Allah, maka ia telah memiliki segala-galanya,
    sebaliknya bila ia telah kehilangan Allah maka ia telah kehilangan segala-galanya...

  107. na'udzubillaahi min dzalika...

  108. Dan Allah Berada Lebih Dekat Daripada Urat Nadi Kita Sendiri

  109. setuju sob,,,
    mkasi uda mengingatkan

  110. semoga kita semua terlepas dari musibah besar,
    makasih sob

  111. selamat siang sobat datang memberi support kepada sobat

  112. hadir malam disini daeng, salam dari tolitoli :)

  113. musibah terbesar adalah saat iman sudah tdk ada di dada..
    :)

  114. Alhamdulillah sampai sini lagi... :)

  115. Musibah terbesar adalah ketika Allah tak bersama kita... Setuju skali itu.... Karena Allah bisa mengambil semua yang dititipkan-Nya...

  116. musibah merupakan peringatan dari Allah kepada umat manusia yang ada di muka bumi ini.

  117. Semoga selalu dekat dengan Allah pak !!

  118. benar sekali sobat, sebenarnya yg dikatakan musibah terbesar adalah apabila seluruh yg ada pada anggota tubuh kita tidak berfungsi karena sesuatu hal, sangat menarik bagus dan bermanfaat
    terima kasih sobat

New comments are not allowed.
Lazada Indonesia
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net
hariyanto wijoyo Twitter Counter All Traveling Sites
Blogger Reporter Indonesia Fatbirder's Top 1000 Birding Websites

Warung Blogger KPK Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri indonesia Blogger

TOP STORY

Update My Friend